Kesan dan pesan (kritik) selama mengikuti Kuliah Praktikum Mineraloogi dan Petrologi. 1.

Kesan: Memberikan Tambahan ilmu yang lebih banyak serta mampu menyupai wawasan untuk mata kuliah teori Mineralogi dan petrologi.. Banyak dapat pengalaman, terutama pada bidang petrologi juga banyak pengalaman lain berupa rute – rute trans musi, sebab jika kami pulang ke palembang sampe malam maka kami menggunakan transmusi, supaya lebih adem dan murah. hehehe... Banyak ilmu yang sudah di dapat, terlebih cara asisten menerangkan lebih enak dan gampang di mengerti, Saya lebih banyak paham mengenai praktikum karena kakak telah membimbing dan mengajar kami denga sangat baik, terlihat bahwa kakak sangat menguasai meteri praktikum, kami sangat mudah mengerti. Dan juga makasih sudah mengajarkan dan membantu kami disiplin dalam membagi aktu unutk belajar. Kakak juga membuat kami disiplin dalam praktikum. Sya setuju dengan cara kedisiplinan kakak, kalau bukan dari kita siapa lagi yang mau mulai....  Makasih juga unutk “The king” yang telah banyak di kasih tahu, sangat2 membantu saya dengan mudah memahami dan mengingat suatu materi, terlebih saat saya menjawab Soal Mid Mineralogi dan Petro logi dari Buk wiwik. Walaupun terkadang praktikan lain merasa risih dengan kak dika namun saya jujur sangat merasa bangga sebab mempunyai asisten praktikum yang bayak memberikan ilmu terutama ilmu selain yang di praktikumkan pada hari itu dibandingkan dengan asisten yang lainnya. 2. Kritik dan Pesan: Masalah waktu Praktikum. Seharusnya dapat mengefisienkan waktu untuk praktikum sehingga mahasiswa yang dari palembang tidak selalu malam pulangnya. Misalnya dengan tidak melakukan Perbincangan diluar materi lebih dari 20 menit, dll. Untuk tahun depan di usahakan jangan lagi di buat Kuis gabungan karena menurut saya itu terlalu repot, dan banyak menyebabkan diskriminasi. Akhir kata saya mohon maaf apabila selama praktikum memberikan sesuatu yang buruk. Terima kasih

. terkadang kami harus mencari untuk pulang ke Palembang begitu sulit. angkutan . .KRITIK DAN SARAN 1.saran : Untuk kebersihannya lebih baik jika ada jadwal piket praktikan untuk membersihan laboratorium. 2. Asisten ( Fradika ) . Laboratorium mineralogi dan petrologi . Dan untuk kelengkapan perlengkapan praktikum saya harap bias mengajukannya ke pihak universitas supaya bias ditambah dan lebih lengkap lagi. sehingga kebersihan lebih terjaga. Dan untuk perlengkapan praktikum masih kurang memadai khususnya untuk batuan dan mineral yang banyak hilang.kritik : Terlalu lama waktu praktikumnya. Dan dalam penguasaan materi serta disiplinnya sudah sangat baik dan dapat ditingkatkan lagi untuk kedepannya.kritik : Laboratorium sudah cukup nyaman.saran : Saya harap waktu praktikum bisa ditentukan dan disepakati dengan asisten lain jadi bisa lebih kompak lama waktu praktikumnya dengan asisten lain. hanya saja kurang bersih dan terasa debu dimana-mana.

bukan saya sebagai mahasiswa malas membaca-baca buku tapi karena referansi yang saya punya kurang. secara pikiran saya yang sempit ini. dan kami dituntut disiplin. Saya selama diajar kak dika mendapatkan banyak ilmu tentang petrologi dan mineralogi. banyak faktornya salah satunya kakak menjelaskan lebih detail. termotivasi dan senang belajar dengan kakak. tidak mungkin kan nilai kami dibawah praktikan yang lain karena nilai harus berbanding lurus dengan kemampuan. saya pernah tukar pikiran dengan praktikan lain dan ternyata ilmu yang saya dapat lebih banyak daripada mereka. di perpus juga tidak ada pembahasannya. seperti halnya usaha yang berbanding lurus dengan gaya dan jarak. 6. 2. karena cara mengajar kakak yang disiplin. tepat waktu datang ke lab. Kakak juga mau ditanyai tentang pelajaran dan saran-saran diluar praktikum. serta menceritakan pengalaman-pengalaman kakak yang bermanfaat. Saya merasa cepat mengerti pelajaran karena kak dika menjelaskannya memakai bahasa mudah dimengerti. selalu mengajar dengan semangat. Dengan kakak juga diajarkan untuk berusaha keras sehingga saya harus disiplin dengan mengatur waktu sebaik-baiknya. 7. 4. 3. boleh donk kalo praktikannya fotokopi. saya hanya memberi saran bukan maksud mau mendikte kak dika. oleh karena itu banyak nilainya yang agak kurang memuaskan tetapi dari segi kemampuan kami lebih banyak mendapatkan ilmu petro dan mineral. kesan saya selama mengikuti praktikum : 1. usaha akan semakin besar bila gaya yang bekerja semakin besar dan usaha juga semakin besar bila jarak semakin . Kemarin waktu kuis ada beberapa soal (dag banyak) yang tidak dijelaskan tetapi masuk. maaf bukan saya mau membandingkan dengan praktikan lain. 5.KESAN-KESAN PRAKTIKUM PETROLOGI DAN MINERALOGI DENGAN KAK FRADIKA Assalamualaikum wwb. Saya juga semangat. Mengenai penilaian kak. Kak dika punya catatan lengkap di buku yang di sampul plastik warna hitam. tolong kak yang dijelasin saja dimasuki kuis. Praktikan kak dika ketika belajar petro punya tingkat kesulitan yang relatif jauh lebih tinggi dari yang bukan.

. Mohon dipertimbangkan lebih jauh. begitu juga hal nya dengan kami kak dika. W = F.jauh.s.

Lebiah giat belajar karena kesepakan yang telah dibuat jika gagal pada respon awal.Diatur lagi penataan ruangan. maka setidaknya diberi keringanan dengan diberi beberapa point.Kurangnya kesepakatan atau kerjasama antar asisten kelompok satu dan kelompok lainnya. kuis dan mid. misalnya penulisan batuan atau mineral terjadi kesalahan dan kesalahan itu tidak fatal.Cara mengajar asisten membuat materi lebih mudah dipahami. apalagi buat praktikan yang dari bukit.Kesan – kesan selama praktikum Mineralogi dan Petrologi. apalagi jawaban itu benar hanya saja terjadi kesalahan terhadap penulisan. misalnya tetap boleh mengikuti praktek tapi ada tugas tambahan dan pada akhir praktek kembali ada respon akhir untuk yang gagal pada respon awal. akibatnya timbul kesenjangan antara kelompok satu dengan kelompok lainnya. Hanya inilah kesan kesan dan saran saran yang dapat disampaikan. dan penilaian yang jauh berbeda antara kelompok satu dengan yang lainnya. seperti kebersihan ruangan dan lingkungan sekitar. Terimakasih. . Segi positif : .Lebih disiplin terhadap waktu . . Segi negative : . misalnya terjadi perbedaan terhadap penilaian. setidaknya apabila gagal pada respon awal konsekuensinya lebih ringan. bukan disalah total. . . Saran untuk perbaikan lab. semoga dapat menjadi masukan yang bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan untuk kedepannya. Mohon maaf apabila ada kata kata yang salah atau tidak berkenan.Lebih diberi keringanan.Ditambah lagi alat alat untuk praktek . .Kesepakatan gagal respon awal terlalu berat.Cara mengajar asisten membuat praktikan nyaman. lebih ditingkatkan. .Ditambah lagi sampel sampel batuan atau mineral untuk praktek. Mineralogy dan petrologi : . . jumlah tugas yang diberikan. bau udara dalam ruangan dan ditambahnya pendingin ruangan. Sehingga hasil nilai akhir yang didapat tidak sesuai.Ilmu yang didapat lebih mudah dipahami. kedisiplinan dalam praktek. .Kenyamanan lab. kecurangan dalam respon.

Terakhir saya mengucapkan terimakasih atas semua bimbingan dan kerja keras kakak. Maaf kak ini gak ada maksd membanding. 3.. 2. 2. Untuk Sistem Penilaian dimohon juga kajujurannya. Mohon maaf bila kami ada salah dalam mengikuti kuliah dengan kakak. sehingga nantinya tidak ada kesenjangan antar praktikan. kakak benar-benar menjelaskannya dengan sebaik mungkin dan sedetail-detailnya. mksdnya dlam hal penguasaan materi kami yakin kami mempunyai nilai lebih dibangdingkan Praktikan lain selain asisten kak dika Jadi saya mohon di komper saja dalam rapat akhi nanti.. . tapi jauh didalam hati saya benar-benar mengerti inti dari materi tersebut dan saya juga merasa lebih mengerti praktikum bersama kakak dibandingkan dengan asisten lain Pesan: 1.bandinigkan. walau saat praktikum saya jarang sekali untuk bertanya.Kesan – kesan kuliah Praktikum Mineralogi dan Petrologi 1. Terus terang saya lebih mengerti belajar dengan kak dika dibandingkan dengan asisten lainnya. Dalam hal penjelasan materi. Saya mendapat banyak pengetahuan dan saya dipacu untuk terus bekerja disiplin dengan aturan yang kakak buat.