P. 1
Fungsi Limit

Fungsi Limit

|Views: 69|Likes:
Published by Conk Ony's

More info:

Published by: Conk Ony's on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2012

pdf

text

original

1. Kecepatan Sesaat Kecepatan sesaat Adalah kecepatan rata-rata untuk selang waktu ∆ t yang mendekat Nol.

Kecepatan sesaat dapat di rumuskan dalam persamaan limit sebagai berikut : v= Apabila perpindahan suatu titik di lambangkan dalam sumbu X dan waktu dalam sumbu Y maka kecepatan sesaat dalam suatu perpindahan di tunjukkan oleh kemiringan garis singgung pada titik tersebut. Apabila kecepatan sesaat dari suatu grafik bernilai Negatif, berarrti arah kecepatan tersebut berlawanan dengan arah gerakan benda atau arah perpindahan benda. Demikian pula jika kecepatan saat itu adalah Nol maka benda dikatakan tidak berpindah. Selain di tentukan dari kemiringan garis singgung di suatu titik, kecepatan sesaat juga dapt di turunkan dari sebuah perpindahan. Penulisan kecepatan sesaat yang merupakan harga limit dinyatakan dengan untuk mendekati Nol dapat . pernyataan tersebut menunjukkan diferensial atau

turunan dari perubahan posisi di rumuskan : v = Jika perpinadan dinyatakan dengan meter dan waktu dalam sekon maka kecepatan sesaat dinyatakan dalam m/s. Penggunaan istilah kecepatan sesaat sering bermakna ganda, yaitu berarti kecepatan sesaat atau besar kecepatan sesaat atau laju. Oleh karena itu, kalian harus membedakan pengertian laju sesaat yang hanya menunjukan besar kecepatan sesaat dan kecepatan sesaat yang menunjukkan berapa cepatnya suatu benda dan ke mana arahnya.

Adapun nilai kecepatan sesaat di peroleh dengan mengintegral nilai percepatan dan di rumuskan : v = vo + ∫ a dt Istilah percepatan rata-rata tidak begitu banyak digunakan. Namun secara teoritis. Percepatan sesaat di rumuskan : a= dari nilai percepatan sesaat. Oleh karena itu.2. . dengan mengambil ∆ t yang mendekati Nol. Percepatan sesaat Percepatan sesaat sebagai perubahan kecepatan sesaat terhadap waktu dapat di tentukan dengan analogi seperti kecepatan sesaat. jika adaistilah “percepatan” dalam mekanika selalu diartikan sebagai percepatan sesaat. dapat juga ditentukan nilai kecepatan sesaat. percepatan sesaat dapat di definisikan sebagai harga limit percepatan rata-rata.

2 Kecepatan saat t = 2 s Adalah v = 4t .Contoh Kecepatan Sesaat. Jawab.2 = 4(2) – 4 = 4 m/s 2. v= = v = 3t2 – 6t + 1 Kecepatan t = 3 sekon adalah : v = 3(3)2 – 6(3) + 1 = 27 – 18 + 1 = 10 m/s .2. Sebuah benda bergerak dengan persamaan r = t3 .2t . v= = v = 4t . Persamaan gerak suatu benda yang bergerak sepanjang garis lurus menempuh jarak s meter pada waktu t detik dinyatakan dengan r = 2t2.3t2 + t – 2 dengan dalam meter dan t dalam sekon . 1. Hitunglah besar kecepatan sesaat jika t = 3 sekon ! Jawab . Tentukan kecepatan benda tersebut pada waktu t = 2 sekon.

Hitunglah kecepatan saat t = 5 sekon. Posisi sebuah partikel r = t2 + 4t – 4 .dengan r dalam meter dan t dalam sekon.3. Jawab. v= = v = 2t + 4 Kecepatan t = 5 sekon adalah : v = 2(5) + 4 = 10 + 4 = 14 m/s .

dengan v dalam m/s dan t dalam sekon .Contoh Percepatan Sesaat 1. a= = . Sebuah mobil bergerak dengan persamaan kecepatan v =( 2t2 – 3t + 7)m/s . Hitung percepatan saat t = 3 sekon ! Jawab.

a = 4t – 3 Percepatan t = 3 sekon adalah : a = 4 (3) – 3 a = 9 m/s2 2.6 Percepatan t = 4 sekon adalah : a = 20 (4) . Posisi sebuah partikel yang bergerak dalam persamaan kecepatan v = (10t2 – 6t) m/s dinyatakan v dalam m/s dan t dalam sekon. Tentukan besar percepatan saat t = 2 sekon ! Jawab . Hitunglah percepatan saat t = 4 sekon ! Jawab .6 a = 74 m/s2 3. a= = a = 4t + 8 Percepatan t = 2 sekon adalah : a = 4(2) + 8 . a= = a = 20t . Nambuhan menaiki motor dengan persamaan kecepatan v = (2t2 + 8t) m/s.

Tentukan kecepatan bola ketika t = 2 sekon ! Jawab. Persamaan gerak suatu benda yang bergerak sepanjang garis lurus menempuh jarak s meter pada waktu t detik dinyatakan dengan y = 3t2 + 2. Sebuah bola dilemparkan lurus ke atas dengan ketinggian setelah t sekon diberikan y = 35t – 6t2. v (a) = v (t) = v (t) = v(t)= v(t)= v (t) = = 35 – 12t Kecepatan t = 2 sekon Adalah v = 35 – 12 t = 35 – 12 (2) = 35 – 24 = 11 m/s 2. Jawab. Tentukan kecepatan benda tersebut pada waktu t = 2 sekon.a = 16 m/s2 Contoh Penerapan Ilmu Kinematika 1. .

v (a) = v (t) = v (t) = v(t)= v(t)= v (t) = = 40 – 10t . ! Jawab.tentukan keepatan bola ketika t = 3 sekon.v (a) = v (t) = v (t) = v(t)= v(t)= v (t) = v (t) = = 6t Kecepatan saat t = 2 s Adalah v = 6t = 6 (2) = 12 m/s 3. Sebuah peluru dilemparkan vertikal keatas dengan ketinggian setelah t dengan persamaan y = 40 t – 5t2.

Kecepatan saat t = 3 s Adalah v = 40 – 10t = 40 – 10 (3) = 10 m/s .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->