KEWIRAUSAHAAN KOPERASI

Disusun Oleh : Fahrul Lubis Rahmawati Ryan Willy Septiano

Kerja sama antar koperasi dan antar koperasi dan usaha Negara dan usaha swasta sebagai mitra usaha dikembangkan secara lebih nyata .KEWIRAUSAHAAN KOPERASI A) Kebutuhan akan wirausaha koperasi a. c. Pemberian kemammpuan yang seluas-luasnya disegala sector kegiatan ekonomi dan penciptaan iklim usaha yang mendukung dengan kenudahan memperoleh permodalan d. Pelaksanaan fungsi dan peranan koperasi dtingkatkan melalui upaya peningkatan –kebersaman dan manajemen yang lebih profesional. Pembangunan kopersai diarahkan agar makin memikliki kemampuan menjadi badan usaha yang makin efisien dan menjadi gerakan ekonomi rakyat yang tangguh dan berakar pada masyarakat b.

Dan hak penguasaan lainnya. Competitive adventages juga bisa diperoleh dari arsitektur koperasi. . Arsitektur koperasi didasasrkan pada prinsip identitas yang menyatakan anggota sebagai pemilikdan sebagai pelanggan. paten.C) Competitive anventages pada koperasi Wirausaha koperasi adalah orang yang mempunyai kemampuan dan kemauan dalam inovasi atau mendapatkan strategi bagi pembangunan koperasi.Kedudukan anggota dalam koperasi menjadi sangat kuat karena ia adalah sebagai pemilik dan sekaligus sebagai pelanggan karena itu anggota mempunyai kebebasan untuk keluar jika: Hubungan pribadinya dengan koperasi terganggu Badan usaha koperasi tidak lagi dapat menunjukkan kepentingan ekonomis anggota yang bersangkutanSyarat keanggotaan itu lenyap. Arti dari competitive adventages adalah keunggulan bersaing dalam koperasi Strategi asset adalah asset yang diperoleh melalui hak monopoli.lisensi.

.B) Pengertian kewirausahaan koperasi Kewirausahan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara koperatif. dengan mengambil prakarsa inovatif serta keberanian mengambil resiko dan berpegang teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama.

Fungsi kewirausahaan koperasian Kewira koperasian rutin tugasnya adalah meluruskan atau mengendalikan sesuatu agar berjalan sesuai dengan program yang telah ditetapkan. Wira usaha dapat bertindak berdasarkan informas yang akurat. Rendahnya tingkat ketidakpastian memungkinkan wirausaha mampu memaksimumkan tujuan atau pengembangan usaha para anggota koperasi. Manajer mempunyai informasi yang banyak tentang sumber daya tujuan dan resiko yang dihadapi. tugas utama dari wirakop dalam hal ini adalah mencari peluang yang menguntungkan dari dua kondisi yang berbeda. .D). Kewira koperasian arbitrage disini dimaksudkan sebagai keputusan yang diambil dari dua kondisi yang berbeda dan keputusan itu memberikan peluang yang menguntungkan. Dan juga kewira koperasian rutin mempunyai krakteristik sebagai berikut: Kegiatan kewira koperasian berhubungan dengan evaluasi dan koreksi bila terjadi misal lokasi sumber daya.

Kewira usahaan arbitrage mempunyai karakteristik sebagai berikut: Wirakop mempunyai informasi yang banyak tentang perbedaan harga barang tertentu bila ia beli saat ini dan jual pada waktu yang akan datang. . Wirakop yang inovatif bebarti wirakop yang selalu tidak puas dengan kondisi yang diperoleh. Inti kewira koperasian terdiri dari penemuan dan pelaksanaan peluang yang menguntungkan yang sampai saat ini belum dikenali dan direalisasikan. Ia sangat diperlukan terutama pada kondisi dimana perusahaan atau koperasi yang menghadapi masalah ketidakpastian yang serius dalam lingkungan yan dinamis. Kewira koperasian inovatif artinya mencari mamfaat dan menemukan sesuatu yang baru.

d. Kewirakoperasian birokrat adalah pihak yang secara tidak langsung berhubungan dengan pengembangan gerakan koperasi. Setiap kegiatannya memang diharapkan untuk memacu perkembangan tehadap anggota. b. Kewirakoperasian anggota sebagai pemilik koperasi dapat menjadi wirakop bila ia mampu menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk pertumbuhan koperasi. Kewira koperasian katulis disini diartikan sebagai pihak yang bekompeten terhadap pengembangsn koperasi kendatipun ia tidak mempunyai hubungan langsung dengan organisasi koperasi. Koperasi tentu sangat mengharapkan perubahan yang memberikan keuntungan. c. .E) Tipe kewirausahaan perkoperasian a. Kewirakoperasian manajer pada koperasi yang mengangkat manajer sebagai pelaksana dan penanggung jawab kegiatan operasional.

biaya monitoring kontrak. Tugas wirakop yang kedua inin adalah menekan biaya transaksi. seperti biaya pencarian informasi. Tugas wirakop dalam hal ini adalah meningkatkan efisiensi koperasi melalui integrasi vertical tersebut. biaya kontrak. Pemamfaatan interlinkage market arti dari interlinkage market adalah hubungan transaksi antar pelaku ekonomi dipasar.F) Tugas wirakoperasi a. biaya legal jika kontrak dilanggar dan biaya resiko yang mungkin timbul. c. biaya transaksi tersebut adalah biaya diluar biaya produksi yang timbul karena adanya transaksi. b. . Dan tugasnya wirakop ini menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan dan cara pelaku dalam interlinkage market tersebut.

Pengendalian ketidakpastian tugas wirakop ini adalah meningkatkan pelayanan terhadap anggotanya dengan jalan menyediakan barang-barang atau jasa-jasa yang dibutuhkan oleh anggotanya. e. f. g. Pemamfaatan trust capital disini diartikan sebagai pengumpulan mudal. . Pengembangan manfaat partisipasi tugas dalam hal ini adalah meningkatkan partisipasi intensif para anggota koperasi dengan jalan menyediakan pelayanan yang dibutuhkan anggotanya. Tugas wirakop dalam hal ini adalah mengelola modal tersebut secara efisiensi dan meningkatkan peranan anggota dalam meningkatkan partisipasi intensif dalam pemamfaatan jasa pelayanan koperasi dan partisipasi konstibutif dalam pembentukan permodalan yang baru.d. Penciptaan inovasi tugasnya adalah menciptakan inovasi-inovasi baru yang menguntungjkan bagi koperasi dan anggotanya.

. Menciptakan economies of scale adalah penghematan pada koperasi yang ditimbulkan oleh penambahan kapasitas produksi. Produksi dicapai pada saat koperasi berproduksi dengan biaya rat-rata jangka panjang yang paling rendah.h. Tugasnya adalah menciptakan economies of scale dan mengendalikan produksi pada tingkat produksi yang optimal.

pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu meninngkatkan pertumbuhan ekonomi. Melalui kegiatan inovatif penciptaan pengetahuan baru dan penerapannya b. yang merupakan sasarna utama pembangunan ekonomi. Melalui kegiatan peningkatan kegiatan kerja ( berprestasi lebih banyak dalam satuan waktu keja tetap atau waktu kerja yang dperpanjang ) .G) Prasayarat keberhasilan wirausaha koperasi Koperasi sebagai unit usaha yang bergeak dibidang ekonomi dan social. Syarat – syarat yang menadai dua perlu bagi pertumbunhan ekonomi yaitu: a.

Negosiasi dengan pemerintah atau badan resin yang berwenang g. Pengadaan. Mengenal keuntungan atau mamfaat benefit dari kombinasi-kombinasi baru b. fungsi inovatif dapat dijabarkan dalam berbagia bidang kegiatan seperti: a. pendidikan dan memimpin tenaga kerja f. Pembiyaan d. Negosiasi dengan pemasok dan pelanggan . Fungsi ini disebut inovatif.Hakikat dari fungsi wirausaha ( termasuk wirakop) adalah melihat dan menerapkan kemungkinan – kemungkinan baru dibidang ekonomi. Secara subtansi dan organisatoris. perencanaan dan pembangunan tempat-tempat produksi e. Evaluasi keuntungan ( benafit ) yang terkandung dalam kombinasi baru itu c. Teknologi.

Jadi inovator tidak mempunyai hak untuk menerapkan tindakan inovatif b. Kemungkinan bertindak inovatif tidak selalu merupakan kemungkinan yang diizinkan menurut hukum.Dalam melaksanakan fungsi tersebut. Kalaupun kemungkinan inovasi tertentu terlarang dan masih dalam rangka kesanggupan seorang atau kelompok. Untuk itu diperlukan kemampuan baik personal maupun organisatoris. c. seorang wirausaha koperasi dihadapkan pada kendala sebagai berikut: a. . maka perseorangan itu perlu memiliki motivasi untuk menerapakan inovasi itu. Kemungkinan inovatif yang diperolehkan harus ditemukan dan kemudian dilaksanakan penerapannya.

etika agama.Adapun keberhasilan inovasi seorang wirausha koperasi dijelaskan ada tiga factor sebagai berikut: 1. Bila diterjemahkan dalam bahasa ekonomi. . hak bertindak yang terlarang bertalian dengan biaya dan keuntungan tertentu. ketentuan-ketentuan konkrek dan peraturan-perarturan pihak pengembang kekuasaan politik. hak bertindak mempengaruhi arus mamfaat yang diharapkan dari kemungkinan bertindak dan mempengaruhi nilai sumberdaya yang diperlukan untuk pelaksanaannya. hak betindak merupakan kemungkinan bertindak dalam kelompok yang tidak terlarang yang meliputi berbagai pembatasan normative terhadap tindakan disamping peraturanperaturan abstrak yang dikondifikasikan juga nilai-nilai social budaya.

motivasi untuk berprestasi Menyebabkan suatu peristiwa mempunyai nilai baik positif ataupun negative bagi wirausha koperasi kiranya yang paling penting adalah motivasi-motivasi dalam pencapaian hasil yaitu hasil kegiatan usaha perusahaan koperasi dan hasil kegiatan usaha perusahaan anggotanya.2. 3. kemampuan (konpetensi) Kecenderungan individu atau organisasi untuk meningkatkan kemampuannya sangat tergantung dari rangsangan economies dan harapan untuk dapat menerapakan peningkatan kemampuannya kedalam tindakan-tindakan inovatif yang nyata. . makin tinggi hasil yang diperoleh akan semakin besar dorongan untuk melakukan suatu tindakan.

Tetapi merupakan juga cermat dan penuh perhitungan dalam mengambil keputusan yang hendak dikerjakan. mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan darinya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses. Perwirakoperasi adalah orang yang mempunyai sikap mental positif yang berorientasi pada tindakan dan mempunyai motivasi tinggi dalam mengambil resiko pada saat mengejar tujuannya.H) Jiwa dan semangat wirausaha koperasi Secara definitive seorang wirausaha ( termasuk wirakop) adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesmpatan-kesempatan bisnis. Menurut Meredith ( 1984 ) para wirausaha ( termasuk wirakop )mempunyai cirri dan watak yang berlainan dengan individu kebanyakan. .

Jangan berlagak pintar. Inovasi yang efktif harus dimulai dari kecil e. Agar berhasil seorang inovator harus membina kekuatannya k. Lakukanlah inovasi yang ada dimasa sekarang i.I) Prinsip – prinsip inovasi Tugas utama dari wirausaha koperasi adalah menciptakan inovasi-inovasi baru yang menguntungkan kemudian agar ia berhasil melaksanakan misinya beberapa prinsip yang perlu dipehatikan oleh wirausaha ( termasuk koperasi ) seperti yang dikemukakan oleh Peterk Drucker ( 1988 ) ialah: a. Inovasi bersifat konseptual dan perceptual c. Harus diingat bahwa inovasi adalah kariya j. Inovasi harus mempunyai tujan dan sistematis dimulai menganalisis peluang b. Ionovasi yang berhasil harus mengarah pada kepemimpinan f. Inovasi yang menyimpang dari intinya akan cendrung buyar h. Agar efektif sebuah inovasi harus sederhana dan harus difokuskan d. Inovasi harus ditangani oleh manusia biasa g. Harus diingat inovasi adalah dampak dalam perekonomian dan masyar .

KESIMPULAN Secara definitive seorang wirausaha ( termasuk wirakop) adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesmpatan-kesempatan bisnis. mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan darinya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses. Menurut Meredith ( 1984 ) para wirausaha ( termasuk wirakop )mempunyai cirri dan watak yang berlainan dengan individu kebanyakan. Tetapi merupakan juga cermat dan penuh perhitungan dalam mengambil keputusan yang hendak dikerjakan. Perwirakoperasi adalah orang yang mempunyai sikap mental positif yang berorientasi pada tindakan dan mempunyai motivasi tinggi dalam mengambil resiko pada saat mengejar tujuannya. .

Fahrul Lubis Rachmawati Ryan Willy Septiano TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful