BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Masalah Bangsa Indonesia yang kita huni ini adalah bangsa yang kaya akan Sumber Daya Alam. Berbagai keanekaragaman pulau, flora, fauna, lestarikan. Kita patut bangga dan bersyukur. Kekayaan ini didukung pula oleh tempat – tempat wisata yang eksotik yang menambah keindahan. Keberadaan beberapa daerah pariwisata semakin meneguhkan bahwa bangsa Indonesia yabg kita huni ini adalah bangsa Indonesia yang sangat begitu indah. Adanya keanekaragaman pariwisata yang dimiliki banga Indonesia merupakan aset dan potensi yang patut untuk dibanggakan dan potensi tersebut memiliki arti yang sangat begitu penting untuk mengenalkan bangsa Indonesia dan juga akan dapat menarik para pelancong untuk mengunjungi tempat – tempat wisata yang ada di Indonesia. Maka dari itu kita pantas bersyukur kepada Allah SWT yang telah menganugerahi negeri Yang indah dan nyaman ini. Salah satunya adalah obyek wisata yang kami kunjungi kemarin yaitu Pulau Dewata Bali. Tempat wisata yang telah kami kunjungi antara lain yaitu: Tanah Lot, Danau Bedugul, Joger, Pantai Kuta, Danau Kintamani, Hutan sanggeh, Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Tenun Galuh, dan Pasar Sukowati. Seluruh tempat wisata tersebut telah memberikan kesan yang sangat mendalam dan juga takkan pernah terlupakan. Namun, ada tempat – tempat wisata yang kurang baik dan masih perlu ditingkatkan lagi. Karya tulis ini akan mengulas berbagai persoalan mengenai tempat wisata yang kami kunjungi tersebut.

Faktor yang menyebabkan tempat wisata itu memiliki daya daya tarik tempat wisata tersebut.

B. Rumusan Masalah 1. Obyek wisata mana sajakah yang akan dikunjungi ketika di Bali ? 2. Faktor apa sajakah yang menjadi daya tarik obyek wisata tersebut untuk dikunjungi? 3. Permasalahan apa sajakah yang terdapat dalam obyek wisata tersebut? C. Tujuan Penulisan 1. Untuk mengetahui obyek wisata yang dikunjungi di daerah Pulau Dewata Bali. 2. Untuk mengetahui faktor daya tarik tempat wisata tersebut. 3. Untuk mengetahui permasalahan yang dijumpai di lokasi wisata.

D. Manfaat Penulisan Manfaat yang diperoleh penyusun dalam mengikuti kegiatan karya wisata dan membuat laporan karya tulis wisata diantaranya adalah: 1. Memberikan wawasan kepada penyusun tentang obyek pariwisata di Indonesia. 2. Menambah pengetahuan dan informasi mengenai obyek wisata di Pulau Dewata Bali. 3. Memberikan pengalaman baru dalam membuat karya tulis. 4. Bermanfaat kepada pihak yang membutuhkan informasi mengenai obyak wisata yang terdapat di Pulau Dewata Bali.

E. Batasan Masalah Batasan masalah dalam laporan karya tulis wisata ini: a. Waktu kegiatan: Hari Sabtu – Rabu Tanggal 25 – 29 Juni 2011. b. Tempat wisata yang dikunjungi meliputi: Tanjung benoa, Garuda Wisnu Kencana(GWK), Pantai Kuta, Danau Kintamani, Hutan Sanggeh, Garuda Wisnu Kencana ( GWK), dan Pasar Sukowati. c. Tema penulisan karya tulis ini meliputi: Obyek Wisata yang dikunjungi, faktor yang menjadi daya tarik obyek wisata,dan permasalahan yang terdapat dalam obyek wisata tersebut. F. Metode Penulisan Penelitian karya tulis: a. Metode Observasi yaitu mengamati obyek wisata yang kita kunjungi secara mendalam yang tidak hanya melihat saja, melainkan juga memberi catatan dan kesan terhadap tempat wisata tersebut. b. Metode Dokumentasi yaitu memperoleh dokumen yang berkaitan dengan obyek wisata tersebut baik berupa brosur yang diberikan pihak,guide wisata, foto yang diperoleh dari kamera,maupun dari internet dan lain sebagainya.

Fasilitas c. Sebelum berangkat kami berkumpul di sekolah pukul 09. 25 juni 2011 saya dan teman – teman akan melaksanakan karya wisata ke Bali. Gambaran umum ini mempunyai beberapa aspek yang meliputi: a.. Proses Pemberangkatan Pada hari sabtu . Proses Pemberangkatan b. apa adanya dan belum dianalisis. bapak yusdi .& bapak syawal Sebelum berangkat. Biaya e. ibu nur . Pengelola d.BAB II GAMBARAN UMUM Gambaran umum ini memaparkan tentang obyek wisata secara global dan detail. masih banyak siswa – siswi yang masih bersama orang tuanya masing – masing. Saat itu sekolah menggunakan 2 bus. Sedangkan bus dua akan ditempati oleh siswa – siswi beserta guru pendamping bapak hasanudin. ibu diah . Selesai sholat kami menuju bus masing – masing. Dan . Informasi Gambaran umum ini akan menjelaskan tentang: a.00 WIB. Karena perjalanan kami akan memerlukan waktu yang sangat lama maka kami melaksanakan sholat dzuhur dan ashar menjadi satu atau mengqoshor. untuk mengucapkan selamat tinggal. Tempat lokasi b. satu bus surya sejati yang akan ditempati oleh siswa – siswi beserta guru pendamping bapak yoyok . Mengunjungi Tempat Wisata c. Proses Pemulangan A.

Setelah bus berhenti kami turun membawa peralatan sholat menuju ke mushola yang terletak .memohon keselamatan dalam perjalanan dan dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat. kami harus segera berangkat.00 WIB kami sampai dikota Ngawi. Itu pun masih gerbang kota Ngawi. sms-an.kota Klaten. Tak lupa senyum termanis kami persembahkan untuk mereka. Setelah berdo‟a bus mulai berjalan. Solo dan Ngawi Dalam perjalanan yang tidak dekat kebanyakan siswa – siswi menggunakn waktu untuk tidur. dan kami masih harus melewati kota Ngawi yang kebanyakan adalah hutan dan pemukiman penduduk sangat jarang sekali terlihat.kami mulai naik kedalam bus dan menempati tempet duduk masing – masing. kami pun menengok keluar jendela melambaikan tangan kepada orang tua dan keluarga. Bus mulai berjalan meninggalkan kawasan komplek kolombo menuju jalan laksda Adisutjipto. Sekitar pukul 19. Bus I parkir di sebelah timur pintu masuk rumah makan dan bus II parkir hampir dekat dengan pintu masuk rumah makan. medengarkan musik. Namun ada juga yang melakukan aktivitas lain. Namun waktu terus berjalan. Kebetulan untuk menuju pulau Bali kami melewati kota Solo. Disebuah rumah makan bus berhenti. Jadi. Sebelum berangkat Pak Hasanudin mengabsen siswa – siswi yang ikut dalam rombongan bus I.mungkin saat itu ada siswa maupunsiswi yang masih belum mau melepaskan tangannya dari orang tuanya. misalnya membaca buku. kami beristirahat dan melaksanakan sholat isya beserta makan malam di rumah makan tersebut. rute dari sekolah adalah SMP Muhammadiyah 3 Depok menuju jalan Laksda Adisutjipto melewati jalan Jogja – Solo . Setelah selesai kami berdo‟a bersama. Meskipun dengan rasa berat hati harus meninggalkan orangtua dan orang – orang yang kami sayangi. Suara mesin bus sudah terdengar. melihat keluar jendela atau melihat pemandangan diluar dan ada juga yang hanya sekedar bercerita bersama teman disampingnya.

Aku menengok keluar ternyata kami hampir sampei di pelabuhan. Kebetulan saat itu bus berhenti di pom bensin untuk mengisi bensin sekaligus ada siswa maupun guru pendamping yang ingin ke toilet. Dan bus segera berjalan untuk melanjutkan perjalanan. kami pun berjalan menuju meja tersebut. Begitu masuk kami disambut dengan ramah oleh pelayan rumah makan tersebut dan kami ditunjukkan meja makan siswa – siawi SMP Muhammadiyah 3 Depok. Setelah melaksanakan ibadah sholat isya kami berjalan memasuki rumah makan. Kemudian kami mencari tempat yang masih kosong untuk makan. mungkin karena kekenyangan atau memang kelelahan.anak terbangun dan turun untuk ke toilet.di sebelah barat rumah makan. Kami masih berada di daerah Ngawi. sekitar pukul 03.guru masuk ke dalam bus. Sudah banyak anak – anak dan guru pendamping yang sudah tidur. Namun kami harus berhati – hati karena suasana begitu sangat penuh. Anak – anak pun melanjutkan tidurnya. Sesampainya di meja makan kami mengambil makanan secukupnya dan mengambil satu gelas minuman.anak dan guru . Setelah itu aku bersandar dikursi dan membuka tirai jendela melihat keluar. Begitu bus berhenti anak . Suasana di mushola tersebut sangat penuh dan ramai karena bukan hanya siswa SMP Muhmmadiyah 3 Depok saja yang melaksanakan sholat melainkan juga dari SMP maupun SMA lain. Mungkin masih semalam. Keadaanya begitu sepi namun indah karena pohon – pohon di pinggir jalan diberi lampu warna warni yang dibentuk dengan unik dan sangat indah. kami mulai kembali ke bus untuk melaksanakan perjalanan yang masih jauh. Pagi – pagi buta. banyak orang yang berlalu lalang. Beberapa menit kemudian anak . Hasilnya hanya beberapa anak saja dan itu bisa dihitung dengan jari. Sekitar 30 menit setelah itu.00 dini hari aku terbangun karena mendengar suara anak – anak yang lain. Kami bersiap – siap membawa barang .

ternyata bus kami belum keluar dari kapal. Bali. Banyak dari kami yang mengucapkan “alhamdulillah” karena sudah sampai di tempat tujuan dengan selamat. Tak lama kemudian bus sudah memasuki halaman pelabuhan. Kapal mulai berlayar pelan – pelan meninggalkan pelabuhan. namun kami harus tetap bertahan merasakan goyangan kapal yang ke kiri dan ke kanan. Tak berapa lama kemudian kami menunggu. Udara begitu dingin. Kami tak menyangka kalau kami akan mengalami ini semua. Sebelum menyeberang jembatan kami semua turun dan berjalan dari jembatan memasuki kapal ferri. Tepat pukul 04. Sambil menunggu bus datang kami duduk dan mengganti jam dengan waktu indonesia tengah. Setelah sampai di kapal kami menuju balkon – balkon kapal mencari tempat istirahat.yang penting saja. Setelah semua murid menjawab “sudah” kami melanjutkan perjalanan ke tempat – tempat wisata. pak Hasanudin menyuruh kami agar mengecek teman sebelah apakah sudah lengkap. SEJARAH BALI B. Sebelum melanjutkan perjalanan. Namun.namun karena pemaandangan alam di sebelah . Namun karena penuh maka kami hanya berdiri di tepi. melihat pemandangan laut yang begitu luas tak terbatas. bus datang dan kami pun segera masuk kedalam.00 WITA kami telah tiba di pelabuhan Gili Manuk. Kemudian kami keluar dari kapal dan berjalan menuju halaman parkir bus untuk mencari bus kami. Mengunjungi tempat wisata Sebelum kami menuju tempat wisata kami melanjutkan perjalanan wisata yang cukup jauh.

kabupaten daerah tingkat II. . danau bedugul. tato. tenun galuh. 1 Tanah Lot. danau kintamani. yaitu: pura tanah lot.jadi hanya sebagian dari kami yang mandi. pantai kuta.dan sebelum menuju tempat wisata kami mandi dulu dan sarapan pagi terlebih dahulu. kami melanjutkan perjalanan ke tempat lokasi wisata. Untuk sampai di pantainya kami harus berjalan dari tempat parkiran bus melewati kios – kios pedagang yang menjual hasil produksi rakyat bali diantaranya adalah : baju – baju. Tanah lot terletak di wilayah kecamatan Kediri. kerajinan.makanan yang kami makan belum masak betul atau setengah matang awal pagi yang sungguh menyebalkan. Garuda wisnu kencana (GWK).Kita juga harus melewati anak tangga yang lumayan banyak dan melewati gapura tanah lot.kanan jalan yang sangat indah yang sudah terlihat tidak membuat kami merasa lelah. Setelah kami semua selesai makan. tari barong. Dan dalam beberapa menit kami melanjutkan perjalanan kami akan sampai di Tanah Lot.. dan hutan sangeh.Tanpa mandi dan cuci muka dan menggosok gigi kami menuju ke restoran untuk sarapan pagi. Tempat wisata Tanah Lot adalah sebuah pantai yang tardapat pura di tengah laut. Di gapura tersebut ada peresmian Tanah Lot. Dimana disetiap depan kios terdapat sesaji dan katanya sesaji – sesaji itu tidak boleh diinjak. Tabanan.melihat ombak yang bergulung-gulung membuat kami merasa nyaman.?? Tanpa di duga air di sana telah habis. tanjung benoa..namun setelah kami sampai di restoran apa yang kami dapatkan.Namun hal yang buruk terjadi. dan yang lainnya. Saat itu kondisinya lumayan padat. joger.

Ditempat inilah beliau melakukan meditasi dan melakukan pemujaan terhadap Dewa pengguasa laut. di Lombok beliau dikenal disebut “Tuan Semeru” atau guru dari semeru sebuah nama gunung di Jawa Timur. Pada waktu beliau datang ke Bali untuk menjalankan misinya yang berkuasa di Bali pada saat itu adalah Raja Dalem Waturenggong yang menyambut beliau dengan sangat hormat. Dengan kekuatan sepiritual yang dimiliki. Kemudian beliau memberi nama ” Tengah Lot” . dimana didesa tersebut dikepalai oleh seorang pemimpin suci yang disebut”Bendesa Beraban Sakti”. Sebelumnya masyarakat desanya beraban menganut ajaran momotheisme dalam waktu singkat banyak masyarakat beraban mengikuti ajaran Dang Hyang Nirarta yang kemudian membuat bendesa beraban sangat marah dan mengajak pengikutnya yang masih setia untuk mengusir bhagawan suci ini.Pura Tanah Lot memiliki sejarah yang sangat menarik untuk kita ketahui. Beliau menyebarkan agama sampai ke pelosaok-pelosak pulau Bali. Beo artinya burung) jadi itu adalah sebuah batukarang yang berbentuk burung. dan beliau mulai menyebarkan ajarannya kepada penduduk desa beraban. Tidak jauh dari tempat mata air itu beliau menemukan sebuah tempat yang sangat indah yang disebut “gili beo” (gili artinya batu karang . Dang Hyang Nirarta melindungi diri dari serangan bendesa beraban dengan memindahkan batukarang besar tempat beliau bermeditasi ke tengah lautan dan menciptakan banyak ular dengan selendangnya di sekitar batu karang sebagai pelindung dan penjaga tempat tersebut. beliau melihat sinar suci dari arah tenggara dan mengikuti sampai pada sumbernya yang ternyata adalah sebuah sumber mata air. Lokasi tempat batukarang ini termasuk dalam daerah desa Beraban. disebutkan saat beliau menjalankan “Dharma Yatra” di Rambut Siwi. yaitu: pada masa kerajaan majapahit ada seorang bhagawan yang bernama Dang Nyang Nirarta. Beliau terkenal dalam penyebaran ajaran agama hindu dengan nama “Dharma Yatra”.

Bagaimana ikwal perjalanan Danghyang Nirartha tatkala berkeliling di Pulau Bali dan sampai ditempat ini. Di sini Danghyang Nirartha pernah menginap satu malam dalam perjalanannya menuju daerah Badung dan kemudian ditempat inilah oleh orang-orang yang pernah menghadap kepada Dang Hyang Nirartha dibangun bangunan suci (Pura atau Kahyangan) sebagai tempat memuliakan dan memuja Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa ) untuk memohon kemakmuran dan kesejahteraan. Sebagai tanda terima kasih sebelum melanjutkan perjalanan beliau memberikan sebuah keris suci yang dikenal dengan nama ” Jaramenara/ Ki Baru Gajah” kepada Bendesa Beraban. Pura Tanah Lot ini terletak di Pantai Selatan Pulau Bali yaitu di wilayah kecamatan Kediri.yang berarti Tanah di tengah Laut. Sejarah Tanah Lot. Kabupaten Daerah Tingkat II Tabanan. dan menjadi pengikut setia dan ikut menyebarkan ajaran itu kepada penduduk setempat. sebagaimana tertulis dalam babad Dwijendra Tatwa yang secara singkat dapat diuraikan sebagai berikut: Pada suatu waktu Danghyang Niratha datang kembali ke Pura Rambut Siwi di dalam perjalanan beliau kelilling pulau Bali. Setelah berada di Pura Rambut Siwi untuk . yang pembangunannya erat kaitannya dengan perjalanan Danghyang Nirartha di Pulau Bali. dimana dahulu tatkala beliau baru tiba di Bali dari Brambangan (Blambangan) pada sekitar tahun icaka 1411 atau tahun 1489 M beliau pernah singgah di tempat ini. Saat ini keris itu disimpan di Puri Kediri yang sangat dikeramatkan dan diupacarai setiap hari raya kuningan. Upacara di Pura tanah lot setiap 210 hari sekali yakni pada”Buda Wage Langkir” sesuai dengan penanggalan kalTanah Lot. Akhirnya bendesa beraban mengakui kesaktian dan kekuatan spiritual dari Danghyang Nirarta. Pura atau Kahyangan ini diberi nama “Pura Pekendungan” yang sekarang lebih dikenal dengan “ Pura Tanah Lot” sebagai salah satu penyungsungan jagat.

Tidak antara lama Dang Hyang Nirartha beristirahat disana. sehingga karena asyiknya beliau memperhatikan serta memandang dan memikirkan segala sesuatu yang dipandang penting dan akan digubah. tahu-tahu Dang Hyang Niratha sudah sampai pada suatu tempat di pantai Selatan dipantai Selatan pulau Bali. Perjalanan beliau ini menyusuri pantai Selatan pulau Bali dengan diiring oleh beberapa orang yang teraut cinta bhaktinya kepada Dang Hyang Nirartha. Sesudah menyiratkan (memercikkan )tirtha terhadap orang orang yang ikut melakukan persembahyangan . Karena asyik memperhatikan dan memandang keindahan alam dengan segala isinya. Sebagaimana biasanya di dalam perjalanan Dang Hyang Nirartha senantiasa membawa lontar dan pengrupak (pisau raut untuk menulis pada daun lontar ) sehingga apaapa yang diangap penting baik yang dilihat maupun yang dirasakan kemudian disusun dalam bentuk kekimpoi atau gubahan lainnya. maka berdatangan kesana para nelayan untuk menghadap kepada Dang Hyang Nirartha sambil . kemudian beliau melanjutkan perjalanannya menunju arah Purwa (Timur) dan sebelum berangkat paginya Dang Hyang Niratha melakukan sembahyang “Surya Cewana” bersama orang-orang yang ada disana. lalu Danghyang Nirartha keluar dari Pura Rambut Siwi berjalan menuju arah ke Timur. Di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang terdiri dari tanah parangan (tanah keras) dan disinilah Dang Hyang Nirartha berhenti dan beristirahat. Demikian pula mengenai perjalanannya dari Pura Rambut Siwi ini. Terbayang oleh beliau bagaimana kebesaran Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa ) yang telah menciptakan alam semesta dengan segala isinya yang dapat membrikan kehidupan bagi manusia. Dalam perjalannya ini Dang Hyang Nirartha dapat menyaksikan bagaimana deburan ombak laut menerpa pantai menambah keindahan alam yang sangat mengasyikkan. sampai – sampai Dang Hyang Nirartha tidak merasakan kelelahan didalam perjalanannya.beberapa lama.

Dari tempat ini kemudian rakyat dapat memuja kebesaran sanghyang Widhi Wasa ( Tuhan YangMaha Esa ) untuk memohon wara nugrahaNya keselamatan dan kesejahteraan dunia.di Tanah Lot kami juga sempat menyaksikan ular suci dan berfoto – foto bersama guru – guru dan teman – teman yang lain. Dan kami membayar jasa kamar mandi . Pada malam harinya sebelum Dang Hyang Nirartha beristirahat. Selain itu kami juga sempat bermain air dan pakaian kami sampai basah.masing.susila da ajaran kebajikan lainnya kepada orang-orang yang datang menghadap ke sana. Kemudian setelah sore hari. yang akhirnya sesudah Dang Hyang Nirartha meninggalkan tenpat itu. Sekali dua kali saat ombak datang kami menjerit dan sengaja membasahi celana maupun baju yang kami pakai. beliau memberikan ajaran-ajaran seperti agama. Disamping hawanya segar. Di Tanah Lot kami melihat pemandangan yang sangat indah banyak wisatawan yang datang. para nelayan tersebut memohon kepada Danghyang Nirartha agar beliau berkenan bermalam dipondok mereka masing.membawa berbagai persembahan untuk diaturkan kepada beliau. juga pemandangannya sangat indah dan dari sana belaiu dapat melepaskan pandangan secara bebas kesemua arah. namun permohonannya ini semua ditolak oleh Dang Hyang Nirartha. Tatkala itu Dang Hyang Nirartha menasehatkan kepada orang-orang itu untuk membangun Parhyangan ( Pura atau Kahyangan ) disana karena menurut getaran batin beliau yang suci serta petunjuk gaib bahwa tempat itu baik untuk tempat memuja Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang maha Esa ) . karena beliau lebih senang bermalam di pulau kecil itu. Demikian antara lain nasehat Danghyang Nirartha kepada orang-orang yang mengahadap pada malam hari itu. kemudian oleh orang-orang tersebut dibangunlah sebuah bangunan suci (Pura atau Kahyangan) yang diberi nama Pura Pakendungan yang kini lebih dikenal dengan sebutan Pura Tanah Lot.baik wisatawan mancanegara maupun domestic.

. menuju tempat wisata selanjutnya yaitu Tanjung Benoa. 2. Bus mulai berjalan.00. masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Tanjung Benoa. Di perjalanan kami. 3. dan seperti 2. Meskipun di dalam bus kondisinya sangat gaduh. melihat kondisi wilayah Bali. Kami juga mendengarkan cerita dari Beli Ketut. Kami juga saling bertukar makanan satu sama lain juga bercerita cerita biasanya sms-an sama temen meskipun satu bus.Rp. Kabupaten Badung. Pantai Tanjung Benoa terletak di ujung timur pulau Bali.00 setiap anak.000.seharga Rp. Perjalanannya sangat lama dan memerlukan waktu berjam – jam.000. Tanjung Benoa.

Perahu akan menjadi terangkat dan terbang diatas air pada ketinggian 10-15 meter. Mereka sering melakukan itu karena mereka merasa membayar lebih mahal dibandingkan turis lokal. Diantara semua sarana olah raga air tersebut yang terasa agak asing didengar disini yaitu flying fish. parasailing dan jetski. Penumpang tidur terlentang di perahu yang kemudian akan ditarik dengan speedboat berkecepatan tinggi. jatah waktu pemaikan sering dikurangi menjadi sekitar 5 menit saja karena banyaknya antrian pengunjung yang ingin mencoba.Pantai ini merupakan tujuan wisata air yang cukup lengkap. Inilah yang disebut dengan flying fish. terkadang bisa terjadi kasus dimana perahu karet tersebut tidak bisa terbang. Namun untuk olahraga surfing yang banyak terdapat di pantai-pantai pulau Bali lainnya. flying fish. Mengingat adanya tiga orang dalam perahu. sehingga kurang mendukung untuk surfing. Tetapi di waktu-waktu padat pengunjung. Harga yang dikenakan untuk menikmati berbagai sarana olahraga air itu pun bermacam-macam berkisar antara Rp150 ribu sampai Rp200 ribu untuk pemakaian selama 10-15 menit. Berbagai sarana olahraga air disediakan disini seperti banana boat. tidak dapat dijumpai disini dikarenakan ombak di pantai ini cenderung tenang. petugas yang duduk ditengah. Selama berada diudara. Hal ini dikarenakan untuk bisa terbang dibutuhkan kecepatan speedboat yang tinggi dan juga . snorkling. Terkadang panjangnya antrian diperparah dengan beberapa turis luar yang berusaha menyela antrian. bertugas menyeimbangkan perahu agar tidak berputar atau terbalik karena hembusan angin. Olahraga air ini memakai sebuah perahu dari karet yang berkapasitas dua orang dengan satu lagi untuk petugas yang duduk ditengah sebagai penyeimbang.

karena merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah. bisa menyewa sepatu yang ditawarkan beberapa warga disana. pengemudi kapal menebarkan roti tawar kelaut sebagai pancingan. dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan biaya Rp.hembusan angin yang cukup kuat. Sayangnya jenis ikan yang mendekat kurang bervariasi sehingga kurang menarik untuk dinikmati . pengunjung juga disuguhi pemandangan objek wisata bawah laut. maka sensasi flying fish tidak akan bisa dirasakan. Yang berukuran besar usianya bisa mencapai 35 . Sepaket dengan perjalanan ke Pulau Penyu ini. Sebentar saja. Penangkaran ini sendiri bernama Pudut Sari. yang membuat dasar laut yang dangkal terlihat jelas. Pesona lain dari pantai ini yaitu adanya Pulau Penyu yang berjarak kurang lebih 20-30 menit perjalanan. Perahu motor tidak bisa merapat langsung ke lokasi Pulau Penyu karena pendangkalan. Jika takut kaki terantuk batu karang atau lainnya. hanya sekedar punggung yang terasa terhempas-hempas oleh permukaan air laut. dimodifikasi sedemikian rupa dengan bagian dasar tengah perahu dipasangi kaca. Pulau ini disebut Pulau Penyu. ikan-ikan itu akan datang mendekat. Pengunjung harus turun menyusuri sendiri pantai yang berair setinggi mata kaki sampai dengan bawah lutut orang dewasa. Untuk penyu yang berada di kandang merupakan penyu induk yang jumlahnya sekira 50 ekor.50 ribu per orang. Agar ikan-ikan mau mendekat. Perahu yang digunakan. Berbagai ikan-ikan air laut yang beraneka ragam warna tubuhnya akan menjadi tontonan disini. Pada Pulau Penyu ini terdapat ratusan ekor penyu berbagai ukuran dan usia. Jika salah satu faktor itu tidak mendukung.

di lokasi itu pun terdapat tempat penjualan makanan dan minuman.tahun lebih. Satwa tersebut sengaja dibiarkan berkembang biak secara alami. sopir bus binggung mencari tempat parkir karena kondisinya sangat penuh. Mereka akan kembali ke kandang setelah air laut surut. Terdapat pula semacam galeri yang menawarkan berbagai macam cinderamata. Penyu yang terdapat di tempat penangkaran tidak diperjualbelikan. Tanpa parkir kami turun dan berjalan menuju tanjung benoa. karena telah dipagari dengan bambu. Untuk setiap harinya induk penyu diberi makan rumput laut. Ketika air laut pasang mereka bisa leluasa ke pinggir pantai. Pengunjung bisa memegangi dan mengangkat induk penyu tersebut untuk berfoto bersama. anak penyu itu dilepas. Untuk menuju Pantai Tanjung Benoa tetap harus menggunakan bus-bus pariwisata. namun tidak sampai lepas ke laut. Kami pun duduk meskipun . Tidak hanya penyu yang dapat dijumpai di pulau ini. termasuk replika penyu berbagai ukuran terbuat dari kayu dan batu karang. kendaraan sewa maupun pribadi karena masih belum adanya transportasi umum yang melewati daerah tersebut. Sesampainya disana kami langsung mencari tempat peristirahatan. karena penangkaran itu sendiri semata-mata untuk upaya pelestarian satwa laut yang dikhawatirkan akan punah. apalagi dipotong untuk dikonsumsi. Ular. Setelah bertelur dan anak-anaknya itu kuat berenang di laut. sementara induknya tidak. Apabila ada yang tidak kembali. pekerja akan memindahkannya dengan tangan. Saat kami sampai di parkiran tanjung benoa. burung dan hewan lain yang jinak bisa dijumpai di sana. Kendati letaknya terpencil. monyet.

tidak bersama – sama dengan rombongan dari SMP Muhammadiyah 3 Depok. Karena ingin melihat pemandangan di Tanjung Benoa kami menuju ke sebuah tempat yang ada semacam gubuk tempat anak laki laki melihat pemandangan laut lepas. Kami pun bergabung dengan mereka. Kami melihat ada yang bermain banana boats, para layang ataupun hanya bermain di pasir. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini adalah kamar mandi, paralayang, banana boats, dan masih banyak lagi. Di Tanjung Benoa kami juga sempat foto – foto. Dan aku sempat mengambil penyu berwarna hijau di dekat bebatuan. Penyunya kecil – kecil dan banyak pula. Udara yang dingin bercampur panas pada sat itu membuat kami ingin berteduh. Sambil menunggu teman – teman yang tadi, ada diantara anak – anak yang membeli bakso, lotis, rujak, es campur, dan ada juga yang makan makanan yang dibawa sendiri. Tak berapa lama kemudian mereka telah kembali dan sudah masuk kedalam bus. Setelah panitia mengecek bahwa semua siswa sudah berkumpul semuanya bus mulai berjalan meninggalkan daerah kawasan Tanjung Benoa.

4. Joger. Tempat wisata yang selanjutnya adalah jogger. Lagi – lagi perjalanan yang harus kami tempuh jauh.banyak diantara kami yang mengeluh dan ingin segera menuju tempat penginapan. Di perjalanan, kami berkaraoke menyanyikan lagu, baik itu dangdut, pop, ataupun yang lain. Ada juga anak yang tidur, mungkin terlalu kelelahan.

Berjam – jam kemudian kami

sampai di central parker. Kami

mendapatkan dua tiket untuk menuju ke jogger dan pantai kuta. Karena jalan menuju ke jogger dan pantai kuta begitu padat dan tidak dapat dijangkau oleh angkutan besar seperti bus. Kami menunggu angkutan itu di sentral parker. Kami diantar sampai ke jogger. Kondisi di area parker jogger begitu padat dan untuk masuk kedalam jogger kami harus antre terlebih dahulu. Di dalam jogger, ramainya bukan main dan antrean di kasir begitu penuh. Sehingga untuk mengambil barang kami harus berdesak – desakan. Karena kondisinya sangat tidak meungkinkan kami memutuskan untuk keluar dari jogger dan tidak membeli apapun juga. Dan menurut data yang saya peroleh dari akses internet pada tanggal 6 Oktober 2008, Joger adalah sebuah pabrik dan toko baju di Bali yang bertuliskan kata-kata lucu dan nyeleneh. Mungkin bisa dikatakan mirip dengan Dagadu di Jogja. Joger sendiri merupakan sebuah singkatan. Yaitu Joseph (pemilik Joger) dan Gerard (sahabat Joseph). Menurut cerita Pak Joseph uang pemberian dari Gerard inilah yang digunakan untuk mulai merintis usahanya yang sekarang sudah berkembang pesat dan di kenal orang-orang sebagai Joger. Joger memang ahli dalam merangkai kata-kata yang dapat membuat kita tersenyum simpul. Walaupun kadang-kadang terkesan garing. Salah satu produk aneh di Joger adalah Jam mundur yang katanya di buat khusus untuk orang-orang yang berpikiran maju. Harganya relative murah. Hanya dengan 65.000 rupiah jam dinding yang berputar terbalik dapat anda bawa pulang. Sekedar informasi, pembelian di Joger dibatasi hanya sampai 12 pcs saja. Begitu masuk di area parker Joger kita akan menemukan sebuah tembok hijau bertuliskan “ INI TEMBOK JOGER BUKAN TEMBOK

BERLIN”. Yah rasanya kurang lengkap jalan-jalan ke Bali tanpa Singgah di Joger. Wisatawan yang umumnya datang bersama keluarga umumnya sangat tertarik terhadap hasil produksi "home industry" masyarakat setempat diantaranya baju kaos khas Bali, kain pantai, ikat kepala, patung, lukisan, anyam-anyaman, sprei tempat tidur dan alat musik tradisional. Harga aneka jenis hasil kerajinan rumah tangga yang ditawarkan, sejak adanya kebijakan kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) meningkat rata-rata 25% dibandingkan sebelumnya. Harga baju khas Bali yang bergambar lukisan barong atau "Baju Barong" misalnya untuk ukuran dewasa naik menjadi Rp21.000 lembar bila dibandingkan sebelumnya tercatat Rp17.000 per lembar,

sedangkan baju kaos biasa naik menjadi Rp20.000 per lembar dari sebelumnya Rp15.000 per lembar. "Kenaikan harga BBM sangat berpengaruh terhadap biaya produksi berbagai hasil kerajinan tangan masyarakat di salah satu daerah tujuan wisata terkenal di Indonesia bagian tengah tersebut," katanya. Sementara itu, hasil pantauan ANTARA, sejumlah obyek wisata seperti Kuta, Tanah Lot, Alas Kedaton, Sangeh, Ubud, Goa Gajah, dan lain-lainnya sejak mulai libur lebaran tahun ini "dipadati" wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. "Terjadinya ledakan Bom di kawasan wisata Kuta dan Jimbaran, 1 Oktober yang lalu, ternyata tidak banyak atau tidak lama pengaruhnya terhadap jumlah kunjungan turis ke obyek-obyek wisata di Bali," kata manajer operasional obyek wisata Tanah Lot, I Made Sujana. "Pihaknya tetap optimis bahwa keberadaan pariwisata Bali ke depan kembali akan menggeliat, asalkan tidak lagi terjadi tindakan-

Apalagi kondisi jalannya begitu penuh dan semrawut. dan menulis kata – kata di pasir pantainya. Baru mulai pada tahun 1930 sepasang suami istri asal California Amerika sangat terkesan dengan keindahan pantai Kuta yang waktu itu sama sekali belum terjamah campur tangan manusia. Setelah sampai di Pantai Kuta rasanya senang sekali. Pantai Kuta. Kami harus berjalan kurang lebih 1 km. Hubungan dagang yang terjalin antara perwakilan dagang tersebut dengan penduduk pribumi asli kemudian berkembang dengan sangat pesat. alias masih ." tegasnya. Aktivitas yang kami lakukan disana hanyalah bermain ombak. 5. 2000. Huh… menyebalkan sekali. Ketika diperjalanan dala ankutan itu sopirnya ugal – ugalan dan dengan seenaknya sendiri menurunkan kami diperempatan dan kami disuruh berjalan menuju pantai Kuta. Padahal kami sudah membayar dengan ongkos Rp.kemudian kami duduk – duduk di pasirnya bersama guru – guru pendamping menikmati pemandangan pantai yang sangat indah.tindakan kriminal. Menurut data yang diperoleh dari akses internetpada tanggal 6 Oktober 2008 pantai Kuta mulai dikenal ketika para pedagang dari Denmark membuka kantor perwakilan dagang disini.00.membuat istana pasir. Di depan jogger kami menunggu angkutan yang akan mengantar kami sampai ke Pantai Kuta. akhirnya kami terpaksa jalan.dan saat kami bermain tidak menggunakan alas kaki maka pasir – pasirnya menempel pada kaki dan celana dan itu sulit untuk di hilangkan. ledakan bom dan bencana alam yang menghantui wisatawan sedang berlibur. Setelah bermain kami duduk di pinggir pantai bersama rombongan dari SMP Muhammadiyah 3 Depok.

Mercure Hotel. Kuta Beach Hotel adalah hotel pertama yang berdiri di kawasan ini. bermain layang-layang. Biasanya hotel-hotel dikawasan ini bertaraf internasional atau setidaknya sebuah grup hotel internasional. area Kuta semakin menarik kunjungan para wisatawan tidak hanya dari Australia. sekedar rebahan di pasir pantainya yang hangat. Juga berdiri sebuah penginapan yang sangat nyaman bergaya butik resort yaitu Alam KulKul Boutique and Resort. liburan Lebaran Idul Fitri atau liburan tahun baru. dll. Dalam perkembangannya. atau cuci mata menyaksikan para turis bule berjemur. Waktu paling ramai di kawansan pantai Kuta adalah di sore hari atau sewaktu matahari terbenam (sunset).alami. Semua turis mancanegara ataupun lokal berkumpul menjadi satu disini. Apalagi ada momen momen khusus di dalam negeri seperti liburan sekolah. Kuta Bali. Hard Rock Hotel. Apabila tertarik dengan layanan kuncir rambut atau pembuatan tato sementara. Pada tahun 1960 ketika banyak turis Australia yang harus singgah di Bali untuk perjalanan ke Eropa. bisa dipastikan keramaian itu semakin menjadi. namun sayang harus ditutup karena tentara Jepang menyerbu pulau Bali pada waktu itu. itu juga bisa didapat di pantai ini. kini telah berubah menjadi sebuah tempat tujuan wisata ternama di Indonesia khususnya Bali. Dengan cepat berdirilah berbagai hotel di sepanjang kawasan pantai Kuta. yang dulunya dikenal sebagai perkampungan nelayan. Berawal dari awal ujung pantai Kuta terdapat Inna Kuta Beach Hotel. . bermain sepakbola. Di pantai Kuta pengunjung bisa melakukan selancar atau surfing. namun juga dari berbagai belahan dunia yang lain. Kuta mulai semakin dikenal kembali.

hiburan dan tempat penginapan dengan berbagai harga sangat banyak jumlahnya. spa. Event-event surfing nasional dan internasional juga sering digelar di sini. Pantai yang membentang lebih dari 2 km ini menawarkan pasir putihnya yang indah dan pesona sunset (matahari tenggelam). Setelah merasa cukup menikmati pemandangan di pantai Kuta kai kembali ke sentral parker lagi. Pantai Kuta juga dikenal sebagai tempat olahraga surfing alias selancar. delman.Salah satu daya tarik Kuta adalah pantai Kuta. Sebuah mini-city dengan segala fasilitas hiburan. Untuk menikmati keindahan dan suasana Kuta dapat ditempuh dengan jalan kaki. dengan mobil ataupun alat transportasi traditional. Dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). . Dan event akbar tahunan Kuta Karnival pun digelar di sini dengan berbagai kegiatan olahraga dan hiburan yang cukup menyedot animo pengunjung pantai Kuta. Fasilitas seperti restoran. Tentu saja jangan lupakan patung GWK itu sendiri. 6. Garuda Wisnu Kencana Ide Garuda Wisnu Kencana (GWK) begitu hebat. shopping dan tempat rekreasi seluas puluhan hektar. Kawasan wisata Kuta juga dikenal sebagai pusat perkembangan pariwisata Bali.

proyek GWK ternyata punya banyak kasus.Kami bisa mencapai GWK melalui beberapa jalur. Mereka memotong . Bali mengalami krisis dan proyek mulai mangkrak. patung megah yang dijanjikan belum juga berdiri. Batik juga pertama kali diperkenalkan . Penduduk lokal mulai berdemo menuntut janji pekerjaan sebagai kompensasi dari pembebasan tanah. 7. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia yang sampai saat ini masih ada.pilar raksasa ala bangunan di mesir. hanya ada sepetak batu dan semen berukuran semeter dua meter yang merupakan hasil upacara peletakan batu pertama oleh Mantan Presiden Megawati. Sekitar awal 2006.potong menjadi pilar .motong bukit seperti memotong keju. tapi tetap dengan style Bali. Proyek GWK dari awal berjalan lancar sampai Bom Bali I meledak.Rencananya akan menjulang setinggi 128 meter dan konon merupakan patung yang tertinggi di dunia untuk kategori Statue. Isu korupsi dan penyelewengan dana juga mulai menggerogoti GWK. Dibalik semua keindahan. Bukit dipotong . Tenun Galuh. Berkeliling GWK akan membuat kita kagum. Area yg aslinya bukit batu yg miring terjal disulap menjadi sebuah bangunan raksasa dengan arsitektur mengagumkan.

dan di parkiran bus kami juga sempat mentato tangan maupun lengan kami. pernak pernik kecil dan masih banyak lagi. gantungan kunci. tas dari rotan. Dan petenunan batik cap Galuh pada saat kini telah mempunyai 32 buah ATBM. 118/22-04/PM/VI/86 serta terdaftar sebagai wajib pajak dengan NPWP : 4. Kabupaten Gianyar.kepada dunia oleh Presiden Soeharto.0-58.244. Pertenunan Batik Cap Galuh memiliki hanya 5 (lima) buah Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). diantaranya adalah: alat memasak yag terbuat dari kayu. Ada juga yang membeli ikat kepala yang khas dari Bali. dan hasilnya pun sangat laku di pasaran baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sehingga perusahaan pertenunan yang dikelolanya dapat berkembang dengan pesat seperti yang dapat kita lihat pada saat ini. Mengenai lebih mutu design produk/barang-barang mutu sehingga yang dihasilkan mengutamakan mendapatkan perhatian yang sangat serius sekali dari konsumen. Pertenunan Cap Batik GALUH didirikan pada tahun 1976 di Br.kemudiankami kembali lagi ke parkiran bus. . Pada awal pelaksanaan kegiatan produksinya. Propinsi Bali oleh Bapak Pande Ketut Krisna. Di tenun galuh kami dapat melihat produksi batik dari Bali. Selain itu kami dapat melihat berbagai kerajinan yang bermacam – macam.139. Kami di tenun galuh tidak lama. lukisan. patung. yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB. baju. SIUP. Kecamatan Sukawati. Adanya keinginan untuk maju di dalam mengembangkan pertemuannya telah menjadi tekad bagi Bapak Pande Ketut Krisna. Desa Batubulan. Tegehe. pembuatan tenun Batik Cap Galuh memperoleh ijin usaha dari Departemen Perdagangan dengan no. Pada awal berdirinya.

Di pintu masuk kami dibagi oleh petugas tempat wisata tersebut selebaran atau brosur tentang tari barong dan keris. Tari Barong. 8. babak pertama. Tepatnya di daerah Celuk – Sukawati. Setelah kami berbelanja di pusat oleh – oleh Cahayu dan sebelum kami menuju lokasi Pasar Seni Sukowati kami menyaksikan pertunjukan tari barong.30 – 19.30 WITA.00 kami telah sampai di halaman parkir ditempat tersebut. Kira – kira sekitar pukul 10. Barong adlah makhluk mithologi yang menggambarkan “kebajikan” dan rangda adalah makhluk yang maha dahsyat menggambarkan “kebatilan”. tapi ada juga yang duduk meskipun berpencar.Tak lama kemudian kami masuk kedalam bus dan melanjutkan perjalanan ketempat wisata yang selanjutnya. Tapi tak membutuhkan waktu lama untuk memarkirkan bus. Setelah itu kami masuk dan mencari tempat duduk yang nyaman untuk melihat pertunjukan tari barong dan keris. Setelah bus sudah benar – benar berhenti kami semuanya turun dan segera menuju kedalam area pertunjukan. Sekitar pukul 10 lebih pertunjukan dimulai dan ceritanya adalah: tarian barong menggambarkan pertarungan antara “ kebajikan “ melawan “kebatilan”. Karena suasana ruangan yang sangat penuh maka ada diantara kami yang berdiri. babak ke empat dan babak ke lima. Kondisi parkirannya sangat padat. Gianyar. Pertunjukan tersebut dibuka pada setiap hari pada pukul 09. Gending pembukaan . babak kedua. babak ketiga. Tari barong terdiri dari beberapa babak yaitu: Gending pembukaan.

Mereka bertemu dengan kera dan akhirnya berkelahi. Dimana kera dapat memotong hidung dari salah satu dari tiga orang bertopeng. Semacam rangda dan memasukkan roh jahat kepada pengikut dewi kunthi yang menyebabkan mereka bisa marah. Babak Ketiga Muncullah dewi kunthi dan anaknya Sahadewa dan dewi kunthi telah berjanji kepada rangda untuk menyerahkan Sahadewa sebagai korban.Barong dank era sedang berada di dalam hutan yang lebat. Keduanya menemui patih dan bersama – sama menghadap dewi kunthi. Sebenarnya dewi kunthi tidak sampai hati untuk mengorbankan anaknya. Dan patih itupun tak luput dari kemasukkan roh jahat oleh setan kedalam hutan dan mengikatnya di muka istana sang rangda. Babak pertama Dua orang penari muncul dan mereka adalah pengikut – pengikut dari rangda yang sedang mencari pengikut – pengikut Dewi Kunthi yang sedang dalam perjalanan menemui patihnya. kemudian datang tiga orang bertopeng yang menggambarkan sedang membuat keributan dan merusak ketenangan hutan. Salah seorang pengikut dari rangda berubah menjadi setan. Tetapi setan memasuki roh jahat kepadanya yang menyebabkan dewi kunthi bisa menjadi marah dan berniat mengorbankan anakya serta memerintahkan kepada patihnya untuk membuang Sahadewa ke dalam hutan. Babak Kedua Pengikut – pengikut dewi kunthi tiba. Babak Keempat Turunlah dewa Siwa dan memberikan keabadian kepada Sahadewa dan keabadian itu tidak diketahui oleh Rangda dan .

Babak Kelima Kalika adalah seorang pengikut rangda yang menghadap Sahadewa. Karena sama saktinya. Dan menurut data yang diakses dari internet di www. Permintaan ini dipenuhi oleh Sahadewa dan sang rangda mendapat surga. Oleh karena itu saktinya rangda ini maka Sahadewa tidaj dapat membunuhnya dan akhirnya Sahadewa berubah menjadi barong. Kemudian muncullah pengikut – pengikut barong masing – masing dengan kerisnya yang hendak menolong barong dalam pertarungan melawan rangda. Penolakan ini menimbulakan perkelahian dan kalika berubah rupa menjadi babi hutan dan didalam pertarungan diantara Sahadewa melawan babi hutan. Mereka semuanya tidak berhasil melumpuhkan kesaktian sang rangda. Sahadewa mendapatkan kemenangan kemudian babi hutan ini berubah menjadi burung tetapi tetap dikalahkan.com/ tari barong pada tanggal 6 oktober menyebutkan bahwa Tari Barong adalahTarian yang merupakan peninggalan kebudayaan Pra Hindu . maka pertarungan antara barong melawan rangda ini tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah. Rangda menyerah kepada Sahadewa dan memohon untuk diselamatkan agar dengan demikian dia bisa masuk surga. Kemudian burung tersebut berubah kembali menjadi rangda.google.kemudian datanglah rangda untuk mengkoyak – koyak dan membunuh Sahadewa tetapi tidak dapat dibunuhnya karena kekebalan yang dianugerahkan oleh Siwa. Dan dengan demikian pertarungan dan pertempuran ini terus abadi “kebajikan” melawan “kebathilan”.

Setelah pertunjukan tari barong selesai kami kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan ke pasar sukowati. Topeng Barong dibuat dari kayu yang diambil dari tempat-tempat angker seperti kuburan. Untuk menarikannya Barong ini diusung oleh dua orang penari yang disebut Juru Saluk / Juru Bapang. Barong Ket ini merupakan perpaduan antara singa. . oleh sebab itu Barong merupakan benda sakral yang sangat disucikan oleh masyarakat Hindu di Bali. ijuk atau ada pula dari bulu burung gagak. satu penari di bagian kepala dan yang lainnya di bagian pantat dan ekornya. Tari Barong Keket ini melukiskan tentang pertarungan tanpa akhir antara kebajikan (dharma) dan keburukan (adharma) yang merupakan paduan yang selalu berlawanan. Ada beberapa jenis tari barong namun yang sering dipentaskan untuk konsumsi pariwisata yaitu jenis Barong Barong Ket atau Barong Keket adalah tari Barong yang paling banyak terdapat di Bali dan paling sering dipentaskan serta memiliki pebendaharaan gerak tari yang lengkap. sapi atau boma. Pasar Sukowati. yang diiringi dengan gamelan. Badan Barong ini dihiasi dengan ukiran-ukiran dibuat dari kulit.yang menggunakan boneka berwujud binatang berkaki empat atau manusia purba yang memiliki kekuatan magis. ditempel kaca cermin yang berkilauan dan bulunya dibuat dari perasok (serat dari daun sejenis tanaman mirip pandan). Pertunjukan tari ini dengan atau tanpa lakon. selalu diawali dengan pertunjukan pembuka. 9. Dari wujudnya. macan.

di pasar ini juga terkenal dengan barang-barang seni seperti lukisan dari berbagai aliran lukisan. Dan sebelum menuju ke pasar Sukawati. Display kerajinan yang dapat dari jalan menunjukkan barang apa yang dapat Anda peroleh. Selain pakaian-pakaian murah. Dan . selain batik khas bali juga tersedia berbagai macam baju-baju serta celana pendek harga miring yang akan cocok dipakai di pantai. sebaiknya datang ke pasar ini ketika pagi sekitar jam 8-10 karena para penjualnya baru selesai sembahyang dan mereka menggap jika jualan mereka berhasil di pagi tersebut akan mendatangkan kelarisan untuk jam-jam selanjutnya. ataupun ketika berada di Ubud yang tentram. untuk menghemat waktu tak ada salahnya jika langsung datang ke art shop atau pasar seni yang lengkap dalam menyediakan aneka kerajinan Bali. Pemandangan seperti ini lazim Anda jumpai sewaktu Anda menyusuri jalanan ramai di Kuta. Juga ada berbagai model tas. Jika anda berlibur di Bali memang hampir terdapat disepanjang jalan yang Anda lalui.Pasar ini mudah dijangkau karena teletak di jantung kota dibandingkan dengan Pasar Seni Sukowati yang menjauhi kota Densapar sekitar 20 km. Dan juga ada beberapa kaos yang bercorak Bali. Di kerajinan perak celuk ini kita bisa membeli berbagai macam kerajinan yang terbuat dari perak. Jika Anda menginginkan beberapa jenis kerajinan. Semua barang-barang disini bisa ditawar. dan sebagai tipsnya harganya bisa sepertiga dari harga pertama yang ditawarkan oleh penjualnya Dan untuk melancarkan tawarannya. sebaiknya mengunjungi Pusat Kerajina Perak Celuk. daerah tenang di Sanur. belum lengkap rasanya bila belum mengujungi pasar seni Sukowati Pasar Sukawati menyediakan pakaian-pakaian seperti Batik khas bali.

10. Gunung ini masih aktif sampai sekarang seperti penduduk Bali yang masih mengingat letusan yang terjadi pada tahun 1917 tersebut dimana letusan tersebut telah mengambil ribuan nyawa dan menghancurkan ratusan rumah penduduk Desa Batur Tua yang . disini kita juga bisa melihat secara langsung bagaiman para perajin membuat kerajinan perak tersebut. sama indahnya dengan keberadaan beberapa pura penting. kaos. Setelah merasa cukup dengan barang belanjaan. kain bali. Di daerah pegunungan sekitar Kintamani. kain pantai. salak dan masih banyak lagi. sprei tempat tidur. namun letaknya berada di tengah-tengah kawah besar berdiameter 14 Km. asbak. Dalam membeli kami harus pandai menawar harga. Udara pegunungan yang sejuk disertai pemandangan ke seluruh arah. Di pasar sukowati kami diberi waktu 2 jam untuk berbelanja. Gunung Batur bersebelahan dengan Danau Batur yang berbentuk sabit yang dikelilingi tembok tinggi pinggiran kawah. sarung. terdapat Gunung Batur dengan danau kawah yang dalam dan mata air panas alami yang ada di Toyabungkah. Gunung Batur adalah salah satu gunung berapi kecil. Ukuran kecuraman kawah akan membuat Anda membayangkan letusan dahsyat dari Gunung Batur yang terjadi sepuluh ribu tahun yang lalu. kerajinan. rok. celana. Di pasar Sukowati banyak yang kami beli diantaranya adalah: baju. yang telah membuat Kintamani menjadi salah satu tempat yang tidak terlupakan dalam agenda wisatawan Bali. kami kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan ketempat wisata yang selanjutnya. samurai. pedang. Selain itu.kelebihan lainnya. Danau Kintamani. tas. pernak pernik.

Anda dapat memilih salah satunya untuk menginap sesuai dengan budget Anda. Salah satu penginapan yang cukup baik di sekitar Kintamani adalah Penginapan Lakeside Di Penelokan (tempat melihat-lihat). dimana Anda dapat beristirahat dan mendapatkan menyantap makanan yang sesuai dengan selera Anda. Pemandangan alamnya yang berupa kombinasi pemandangan Danau Batur dan Gunung Batur yang berdiri di tengahtengah kaldera membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Bali Jika anda mempunyai waktu lebih dan suka petualangan atau fotografi. Obyek wisata Kintamani dapat dicapai sekitar 2 jam perjalanan dari Denpasar atau Kuta. Kintamani terkenal dengan mascot jeruknya. . ada baiknya anda menginap di daerah sekitar Gunung Batur untuk kemudian besoknya melakukan pendakian Gunung Batur atau kaldera Batur di sebelah timur Gunung Batur sambil menikmati indahnya matahari terbit yang muncul dari balik Gunung Rinjani di Lombok.) Pura Ulundanu Batur yang sebelumnya juga berada di dasar kaldera di sebelah selatan Gunung Batur turut dipindahkan ke tempatnya yang sekarang. Jeruk bisa menjadi alternative oleh-oleh ketika Anda mengunjungi Kintamani. Terdapat beberapa tempat penginapan mulai dari hotel berbintang sampai dengan jenis home stay di Kintamani. Bisa juga anda lewati ketika Anda inging berwisata ke Lovina.berada di dasar kaldera Batur. Pesona yang ditawarkan disini lebih banyak kepada wisata pemandangan alam. Selajutnya masyarakat yang masih hidup akhirnya mengungsi ke Desa Batur yang sekarang (Kalangayar. terdapat beberapa restoran. yang berarti tempat yang baru.

Tapi banyak juga bertebaran toko-toko souvenir sepanjang perjalan Denpasar-Kintamani terutama yang melewati jalur Tampaksiring. Anda dapat melakukan trekking ini dengan cara meminta pada sebuah kelompok guide lokal atau pelayanan wisatawan yang terdapat disana. merupakan suatu daya tarik bagi setiap pengunjung. . Dari Penelokan dapat memandang birunya Danau Batur dan buih-buih ombak yang menepi menemani sopir boat saat melayani wisatawan dan penumpang umum dalam setiap penyebrangan dari Desa Kedisan ke Desa Trunyan. Para nelayan juga mewarnai kesibukan di Danau Batur mengail ikan mujair yang hasil tangkapannya di jual di pasar Kota Bangli. sehingga di Bangli dikenal dengan sate mujairnya yang merupakan makanan ciri khas Kabupaten Bangli. Apa yang menarik di Kintamani?? Wisata Trekking & Hiking di Gunung Batur atau Kaldera Batur Jika anda punya waktu cukup dan suka petualangan kecil. Sisasisa lahar yang membeku berwarna hitam. Gunung batur Nama obyek wisata kawasan Batur disesuaikan dengan potensi yang ada yaitu Gunung Batur dan Danau Batur. ada baiknya anda menyempatkan diri menginap satu hari di Toya Bungkah untuk selajutnya mendaki ke puncak Gunung Batur untuk melihat matahari terbit. Nama Pura Batur berasal dari nama Gunung Batur yang merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan di emong oleh Warga Desa Batur. maka Pura bersama warga desa Batur dipindahkan di tempat sekarang. Pura Batur berada di kaki sebelah Barat Daya Gunung Batur. Danau Batur teduh membiru. Gunung Batur tegak menjulang. Sebelum meletusnya Gunung Batur pada tahun 1917. Akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh letusan Gunung Batur ini.

Kunjungan yang paling menonjol sekitar bulan Agustus. Luasnya areal dan banyaknya pelinggih-pelinggih maka diperkirakan bahwa Pura Batur adalah Penyiwi raja-raja yang berkuasa di Bali. menghubungkan Obyek Wisata Kawasan Batur dengan Obyek Wisata Tampaksiring dan Besakih. Desember. penginapan. Obyek Wisata Kawasan Batur berada pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya berhawa sejuk pada siang ahri dan dingin pada malam hari. Mengenai fasilitas angkutan umum dan angkutan penyeberangan sudah tersedia. Sumber-sumber yang menyebutkan tentang Batur adalah Lontar Kesmu Dewa. Lontar Usana Bali dan Lontar Raja Purana Batur. Sedangkan rute obyek. serta warung-warung minuman dan makanan kecil. Disebutkan bahwa Pura Batur sudah ada sejak jaman Empu Kuturan yaitu abad X sampai permulaan abad XI. rumah makan. saat menyambut Tahun Baru dan suasana Tahun Baru. bahkan sering dikunjungi oleh tamu Negara baik dari pusat maupun tamu dari luar negeri. Kecamatan Kintamani Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli. restourant. Untuk mencapai lokasi ini dari Ibu Kota Bangli jaraknya 23 km. karena lokasi ini menghubungkan kota Bangli dan kota Singaraja. . Idul Fitri dan Hari Raya Natal. toilet. wartel. Kunjungan Obyek wisata Kawasan Batur ramai dikunjungi oleh wisatawan Mancanegara dan Nusantara. Demikian pula pada hari-hari Raya Galungan. Obyek wisata ini dapat dilalui dengan kendaraan bermotor.Obyek Wisata Kawasan Batur terletak di Desa Batur. Di obyek wisata Kawasan Batur sudah tersedia tempat parkir.

Ditempat ini banyak anak – anak kecil yang menjual dagangan berupa pernak pernik atau asesories. Utara dan Timur memohon keselamatan di bidang persawahan. . Namun sangat begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan mancanegara atau wisatawan domestic. Jadi saya hanya dapat mengambil data dari internet saja. Didaerah ini kami juga sempat makan disebuah rumah makan dengan makanan khas daerah pegunungan batur. Di Pura Batur yang diistanakan adalah Dewi Danu yang disebutkan dalam Lontar Usana Bali yang terjemahannya sebagai berikut : Adalah ceritera. karena kami tidak mengunjungi obyek wisata ini secara langsung. terjadi pada bulan Marga Sari (bulan ke V) waktu Kresna Paksa (Tilem) tersebutlah Betara Pasupati di India sedang memindahkan Puncak Gunung Maha Meru dibagi menjadi dua. Udara disekitar gunung batur ini sangat dingin. Kami tak begitu tahu bagaimana keadaan danau kintamani.sekaligus merupakan Kahyangan Jagat. Kedua Gunung ini merupakan lambang unsur Purusa dan Pradana dari Sang Hyang Widhi. keduanya itulah sebagai ulunya Pulau Bali. sedahan-sedahan datang ke Pura Batur menghaturkan "Suwinih". Sehingga pada saat puja wali yang jatuh pada Purnamaning ke X (kedasa) seluruh umat terutama pada semua kelian subak. Demikian kalau terjadi bencana hama. Pura Batur merupakan tempat Pemujaan Umat Hindu di seluruh Bali khususnya Bali Tengah. dipegang dengan tangan kiri dan kanan lalu dibawa ke Bali digunakan sebagai sthana Putra beliau yaitu Betara Putrajaya (Hyang Maha Dewa) dan puncak gunung yang dibawa tangan kiri menjadi Gunung Batur sebagai sthana Betari Danuh. Tapi kami tak begitu tertarik.

Pemimpin tertinggi ini berdiam ditempat yang paling luas di. Entah bagaimana caranya. pemimpin kera dipilih karena memiliki kekuatan dan kharisma yang sangat luar biasa. Taman wisata alam sangeh terletak di desa sangeh. Namun sekarang kera sangeh tidak lagi seliar dan sejahil dahulu. . Kera-kera sangeh dahulu memang dikenal sangat liar dan seringkali mengganggu para pengunjung. Kera sangeh juga dikenal sangat jahil. sekitar 20km dari denpasar. karena seringkali mengambil barang-brang pengunung yang akan dikembalikan bila kera-kera tersebut diberi sepotong makanan. karena sekarang kera-kera tersebut telah diurus dengan baik.Setelah makan kami kembali kebus dan melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang selanjutnya. Bahkan mereka memiliki hak-hak yang lebih dibanding kera lainnya. padahal sangeh terletak di sebuah pulau terkenal di indonesia yaitu bali. mungkin memang belum banyak dikenal oleh masyarakat indonesia. Kera sangeh juga memiliki beberapa kelompok yang masing-masing kelompok memiliki satu pemimpin. Namun kelompok-kelompok tersebut memilki pimpinan teringgi atau bisa dibilang raja dari seluruh raja kera yang ada di sangeh. bali. Taman wisata alam sangeh memiliki pesona wisata hutan yang banyak dihuni oleh ratusan kera. Ditempat raja kera ini tinggal terdapat sebuah pura yang sangat terkenal kesakralannya yaitu pura bulit sari. pohon pule memiliki banyak taman wisata alam sangeh. badung. Di bali. 11. Hutan Sangeh.

bahkan diantara pohon pala tersebut konon ada yang telah berumur lebih dari tigaratus tahun. Dari perkiraan banyak orang. sebelum memberikan jatah tersebut pada kera-kera lain. Menurut pengelola taman wisata ini. Sebenarnya rencana pembuatan taman ini sangat dirahasikan namun akhirnya pembuatan taman ini diketahui oleh beberapa orang. Hingga orang-orang yang ingin memiliki kayu pohon pala tidak pernah kesampaian. Bisanya raja kera akan mendapat jatah pertama sampai ia puas. pohon tersebut . Hutan wisata ini memang banyak ditumbuhi tanaman pala (dipterocarpustrinervis). Ada hal menarik diceritakan oleh para pengunjung dan pengelola taman wisata sangeh tentang sebuah pohon yang telah tua dan akan roboh. karena selain tumbuhnya lurus. kita pasti akan tertarik dengan keindahan pohon pala yang tumbuh dihutan ini. pohon pala juga memiliki kayu yang sangat bagus. Menurut informasi hutan pala ini telah berumur ratusan tahun. yang artingya ada orang yang melihat. menurut beberapa sumber pohon pala sangeh konon tidak bisa ditanam ditempat lain. hanya sebagian kecil saja yang dimanfaatkan para pengusaha untuk membuat beberapa kios tempat menjual beraneka ragam cinderamata. akibatnya pembuatan taman itu dihentikan. hingga akhirnya kawasan itu diberi nama sangeh. menjadi tempat bermukim kera. Sebagian besar kawasan hutan wisata ini. Jika kita sempat mengunjungi taman wisata ini. Agar terlihat cantik taman ini ditanami pohon pala yang khusus didatangkan dari gunung agung.seperti saat mengawini kera betina atau saat mendapat jatah makanan. hutan wisata sangeng dibuat sebagai taman dari kerajaan mengwi. Namun anehnya.

sedangkan di tengah lubang tersebut tumbuh batang yang mengarah ke bawah yang terlihat seperti alat kelamin pria. Objek wisata ini terletak di kabupaten Tabanan dan terkenal akan danau dan restorannya. Selain pohon pala. “sekitar awal januari. masih ada tanaman yang terkenal di hutan sangeh. akhirnya pohon itu roboh sendiri. Bedugul Bali. Keistimewaan karena kayunya sering digunakan untuk keperluan khusus. sehingga hanya sedikit sekali menimbulkan kerusakan. Ini mengherankan karena seharusnya pohon itu tumbang persis di bangunan utama pura. Danau Bedugul. Pohon itu tumbuh persis di pelataran depan tempat wisata sangeh dan sebenarnya merupakan pohon pule.” kata sumohon. Awalnya pohon tersebut akan ditebang namun tidak ada yang berani karena takut mendapat kutukan. kata subawa. namun kenyataanya semua ternyata melenceng. misalnya.akan roboh kearah pura bukit sari. Masyarakat kadang-kadang ada yang meminta kayu pule itu. Tetapi. hanya pada tembok luar pewaregan saja. 12. tentu saja tidak boleh begitu saja orang mengambil kayu atau dahannya karena harus disesuaikan dulu hari baiknya serta memberi persembahan sebagai tanda minta ijin. Persis antara bangunan bale kulkul dan pewaregan. karena bagian bawah pohon itu berlubang sehingga menyerupai alat kelamin perempuan. membuat topeng yang dipakai sebagai sungsungan. Masyarakat setempat biasa menyebutnya pohon lanang wadon. . mengarah ke barat daya. merupakan salah satu objek wisata pilihan di Bali juga.

sayang sekali. . Ada Danau Beratan. Dan untuk urusan perut. Tempat wisata Bali ini mirip dengan yang ditawarkan di Kintamani Bedugul terkenal akan keindahan danau Tamblingan dan andapun bisa menikmati keindahannya dengan menyewa speedboat atau perahu untuk berkeliling danau. Tahkukah Anda. Kabupaten Tabanan ini memiliki banyak hal menarik yang layak Anda nikmati. Selain mengoleksi aneka tanaman konservasi. Tak hanya suasana pegunungan yang sejuk. dan Buyan. kawasan wisata yang berada di Kecamatan Baturiti. tak boleh dilewatkan. Anda yang suka menikmati dan mengamati tanaman. tersedia pula sarananya di sini. tentu memberikan suasana tersendiri selama liburan di Bali. Anda yang ingin memacu adrenalin. Bedugul juga memiliki tiga buah danau yang luar biasa indah. yakni objek wisata petualangan Treetop. Jalan-jalan ke Bali tanpa menyambangi Bedugul? Ah. Sangeh.Suhu udara di Bedugul jauh lebih dingin dibandingkan tempat wisata lainnya di Bali. Tamblingan. Taman Ayun dan tempat wisata lainnya. Kebun Raya Bedugul. dengan suhu kurang lebih 18 drajat celcius. Objek wisata ini juga merupakan persinggahan untuk mengunjungi objek wisata lainnya seperti Tanah Lot. Bahkan. kebun raya ini juga ditumbuhi ribuan jenis anggrek. silakan cicipi satai dan gulai kelinci.

Anda bisa memilih sebuah vila . masyarakat lokal pun membangun tempat-tempat peristirahatan di sana. Biasanya.Terhampar di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut. Jagung hangat yang masih mengepul itu bisa Anda beli dengan „uang kecil‟ Rp 700 per biji. yang dijajakan para pengasong. Pada zaman penjajahan. Tak heran. wisatawan yang datang dan menginap di Bedugul adalah wisatawan „berkelas‟. banyak orang Belanda yang membangun pesanggrahan di sana dengan view menghadap danau. Jagung rebus. Wisatawan juga bisa sepuasnya menikmati keindahan danau sembari berperahu keliling danau atau memancing. Harga makanan dan tarif penginapan relatif murah. Hawa yang sejuk dan suasana yang tenang membuat orang betah berlama-lama di sana. Mereka tinggal di sini agak lama untuk menikmati ketenangan. Ingin menginap dengan tarif Rp 40 ribu per malam? Tak sulit mendapatkannya di Bedugul. Bedugul memang beda. Dibanding kawasan wisata lain di Bali. Bedugul berhawa sejuk. Kini. Bedugul bukanlah kawasan wisata yang mahal. bisa menjadi teman setia. Ada yang dipakai sendiri. Namun. kawasan ini sejak lama dikenal sebagai tempat peristirahatan. Jika enggan berperahu atau memancing. ada pula yang disewakan. Anda bisa duduk berlama-lama di restoran di tepi danau sambil melepas pandangan jauh ke tengah danau. yang dikenal sebagai kawasan penghasil dan pemasok sayur-sayuran untuk Denpasar. jika menginginkan penginapan yang lebih bergengsi.

Kawasan wisata sebaik Bedugul. Untuk makanan.000. dan Denpasar. ”Kami menyediakan penginapan dan disewakan . pemilik warung satai kelinci di Pasar Bedugul. Hanya dengan Rp 6. Untuk makanan. jangan khawatir akan menguras kantong Anda. wisatawan asing yang datang ke sini tak lebih dari 20 persen dari total jumlah wisatawan yang datang ke Bali. sempatkan mencicipi makanan khas Bedugul yakni satai kelinci. Ada nasi campur. mestinya bisa menyerap wisatawan secara maksimal. sangat memperhatikan soal ini. Anda sudah dapat menikmti satu porsi nasi campur dan segelas teh manis. sebab pedagang makanan di Bedugul yang rata-rata Muslim.” kata Patakun. harga tetap lokal. ”Kita tidak membedakan harga. Kuta. Walau yang berbelanja wisatawan asing. ayam goreng. makanan serupa mesti Anda tebus dengan harga Rp 8.000. Namun faktanya. Harganya cukup murah.000 untuk satu porsi atau sepuluh tusuk. bahkan bisa mencapai Rp 20 ribu jika Anda membelinya di Nusa Dua. atau satai/gulai kambing. ruang keluarga. Anda harus menanyakannya. Namun jangan terlampau khawatir. Bagaimana dengan kehalalan makanan-makanan itu? Tentu. Sanur. dan dapur dengan tarif Rp 300 ribu per malam. Sementara di Denpasar. hanya Rp 6.berisi dua kamar tidur. ruang tamu. Anda yang ingin bersantap dengan menu lain juga tersedia. harga makanan di Bedugul relatif lebih murah. Itu pun hanya sebagian kecil saja yang menginap. Dibanding Nusa Dua.

Ini karena biro perjalanan wisata biasanya menempatkan wisata ke Bedugul dalam satu paket dengan kunjungan ke objek wisata lainnya seperti Hutan Kera Sangeh. Belum lagi jika mengingat tarif penginapan dan harga makanan yang lebih murah. Alhasil. salak. Sementara wisatawan domestik. Proses Pemulangan . Setelah merasa cukup kami kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan. umumnya tidak mendapat informasi lengkap mengenai kawasan wisata ini. Melakukan perjalanan wisata ke Bedugul sebenarnya sangat menguntungkan.untuk wisatawan. dan masih banyak lagi. mereka lebih memilih tinggal di Denpasar ketimbang Bedugul. mestinya Bedugul menjadi alternatif mereka untuk menginap. Pura Taman Ayun. Jika berkunjung ke Bedugul pagi hingga siang hari. dan Pura Tanah Lot. harmonica alias jagung rebus. Kami juga sempat melaksanakan sholat jum‟at berjamaah di sebuah masjid dekat kawasan danau bedugul.” kata Wenni S Lestari. jika melihat jarak tempuh yang hanya 45 km dari Denpasar. C. maka sore harinya dimanfaatkan untuk menikmati panorama matahari terbenam di Tanah Lot. Di danau bedugul kami juga sempat membeli buah strawberry. tetapi hingga kini belum banyak yang memanfaatkannya. Padahal. petugas Humas Kebun Raya Eka Karya Bedugul.

mengobrol. . Sekitar satu jam kemudian kami sudah sampai di pelabuhan ketapang kemudian melanjutkan perjalanan lagi menuju ke kota Jogja. Namun bukan untuk mengunjungi tempat wisata yang lain melainkan untuk kembali ke kota asal atau untuk kembali ke kota Jogja. kami mulai meninggalkan kawasan danau bedugul dan melewati jalan menuju pelabuhan. Sekitar pukul 10.00 WITA. Sambil menunggu kapal datang kami berkumpul dan melakukan aktivitas yang bermacam – macam seperti makan. Kami harus melewati kota Bali kemudian menyeberangi selat. kami melanjutkan perjalanan kembali. mungkin sehari semalam. Wow. Entah pukul berapa kami sampai dipelabuhan saat itu. yang jelas ketika kami sampai di pelabuhan kami harus menunggu kapal ferrynya terlebih dahulu karena kami datang telalu cepat dan kapalnya belum sampai di pelabuhan. melihat pemandangan dan foto – foto. melewati kota Ngawi. Tentunya perjalanan kami akan membutuhkan waktu yan tak singkat melainkan memerlukan waktu yang panjang. Aktivitas yang kami kerjakan didalam kapal adalah bernyanyi bersama – sama. ternyata ikannya banyak sekali dan sangat bermacam – macam. Selain itu kami juga melihat pemandangan di dalam laut. Solo. Klaten...Setelah kami selesai melaksanakan sholat dzuhur berjama‟ah. Tak berapa lama kemudian kapal sudah datang kamipun segera masuk kedalam kapal dan duduk ditempat duduk yang sudah disediakan. dan baru akan sampai ke kota Jogja.

bersih dan nyaman dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan. tempat wisata yang indah. ongkos yang terjangkau dan murah. kami sampai di Jogja tepatnya di sekolahan. Faktor yang menjadi daya tarik antara lain adalah: tempat wisata yang mudah terjangkau.Dan setelah semalam melewati perjalanan dan sempat makan malam pada pukul 21. kira-kira pukul 09.00 di rumah makan di daerah Situbondo. .30 wib. BAB III Pembahasan Dan Hasil Karya Tulis Selama melaksanakan karya wisata di bali penulis mendapatkan hasil yang berupa: A.

dan danau bedugul. Begitu juga dengan aku. Sebelum berangkat kami berjabat tangan dengan orang tua maasing – masing. bus berhenti di sebuah rumah makan di daerah ngawi. danau kintamani. Dengan rasa berat hati.00 wib. tanjung benoa. gwk.B. Apalagi harus jauh dari mereka. joger. Banyak diantara kami yang sudah tidur. dan fasilitas yang belum maksimal. . C.00karena kami melaksanakan sholat dzuhur dan ashar secara bersama sama atau biasa disebut mengqoshor. Rasanya berat sekali. keamanan.00 wib. Adapun penjelasan secara rinci dan detail: Pada tanggal 25-29 juni 2011 kemarin saya dan teman – teman yang lain melaksanakan karya wisata ke pulau bali bersama sama dengan beberapa guru pendamping. Disepanjang jalan kami melihat – lihat pemandangan yang sangat indah. tak terasa hari sudah mulai gelap dan waktu telah menunjukkan pukul 18. Selama ada di bali. Tak terasa air mataku berjatuhan dan rasanya berat sekali untuk meninggalkan kedua orang tua. pasar sukowati. penulis dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yaitu:puratanah lot. Kami berangkat pada pukul 09. hutan sangeh. tari barong. Namun bagaimanapun juga kami harus tetap melaksanakan study tour ke bali. Dan sekitar pukul 19. Permasalahan yang terdapat di tempat wisata ternyata masih sangat banyakdan beragam yang meliputi aspek kebersihan. kami semua naik ke bus dan setelah semuanya masuk bus mulai berjalan meninggalkan daerah komplek kolombo. jawa timur. keluarga dan orang – orang yang disayangi. pantai kuta. Lamipun turun dan melaksanakan sholat isya berjamaah kemudian diteruskan dengan makan malam di rumah makan setempat. Waktu terus berjalan . Perjalanan menuju ke pulau bali sangat jauh dan memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk sampai disana.

untuk sampai ke pantainya kami harus berjalan terlebih dahulu. Sesampainya di pelabuhan ngurah rai kami membetulkan jam dan melanjutkan perjalanan ke restoran untuk sarapan pagi dan mandi. akupun tak tahan dengan kedinginan itu. Namun tidak denganku. kamar mandi dankios kios . Rasanya saat dikapal badan terasa terombang ambing. Kami semuanya pun kembali tertidur. Sekaligus ada siswa maupun guru pendamping yang ingin ke toilet.00 dini hari kami terbangun karena sudah sampai di pelabuhan dankami segera turun dan berjalan menuju kapal ferry. Begitu bus berhenti anak anak terbangun dan turun untuk ke toilet. Beberapa menit kemudian siswa dan guru pendamping sudah kembali dan bus mulai melanjutkan perjalanan. Di perjalanan hampir semua siswa dan guru – guru tidur. Pukul 04. Beberapa lama kemudian kami sampai di parkiran tanah lot.Setelah makan kami melanjutkan perjalanan yang masih panjang.. Perjalanan dari pelabuhan menuju restoran cukup lama. Dan angin bertiup dengan kencang. Diperjalanan kami melihat pemandangan. Namun itu bukan tanah lot. Meskipun terasa lelah namun semua itu akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan pantainaya. Malam hari. Diperjalanan kami melihat pemandangan yang sangat indah yang berupa hamparan pasir dan laut lepas yang sangat bersih. Untuk sampai ditempat itu memerlukanwaktu yang lumayan lama. Mungkin karena kekenyangan atau memang sudah bener – benar kelelahan. aku tidak turun karena kelelahan dan kedinginan. Tak berapa lama kemudian kapal mulai meninggalkan pelabuhan. Sekitar 30 menit kemudian kami kembali kebus danmelanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang pertama yaitu pura tanah lot. Keadaan disekitar tanah lot pun bersih dan fasilitasnya ada pusat informasi wisatawan. entah pukul berapa bus memasuki pom bensin dan mengisi bensin. Apalagi makanan yang disediakan belum benar – benar matang. Sesampainya disana ternyata airnya habis dan kami tidak bisa mandi.

selain itu kami bisa melihat pemandangan di daerah tersebut. Sesampainya disana pun kami kami lewat pinggir pantai pemandangan disini kurang enak karena disini ada sampah-sampah yang agak menumpuk. pertama kali menginjakkan kaki disini khususnya saya tidak terlalu menikmati sekali di tempat ini selain karena saya sudah capek karena terlalu lama di dalam bus dan perjalanan yang sangat lama dan jauh. Setelah mandi kami kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan ke tanjung benoa. Ternyata makan dibus juga mengasyikkan. Diperjalanan kami kami dibagikan makan siang dan kamipun makan bersama sama di dalam bus. Mungkin kami sudah cukup lapar makananpun langsung cepat habis lagian lauknya enak juga. Sebenarnya sangat disayangkan apabila pantai ini tetap kotor. Tetapi ada hal yang tidak menyenangkan dan bila kita memendang dan menikmatinya.perbelanjaan. Di tempat ini saya dan sebagian teman-teman menyempatkan untuk beristirahat sejenak di sebuah tempat beristirahat seperti gazebo yang sudah di sediakan di pinggir pantai sekalian untuk menikmati pemandangan yang indah di pantai ini.lengket.kamipun melahapnya dengan segera. Suasana di pantai ini sangat sejuk dan terlihat indah dengan warna air laut yang biru membentang luas di perairain daerah bali. Tanjung benoa benar-benar surganya permainan air. Sebelum melanjutkan perjalanan aku. erna. Yaitu salah satunya sampah-sampah yang berserakan dan banyak menumpuk di pingiran pantai ini. apalagi pantai ini sangatlah indah bila di nikmati saat kita lagi . apalagi di pantai ini ombaknya tidak terlalu besar seperti di pantai tanah lot dan pantai kuta yang ombaknya besar jadi sangat bersahabat jika beristirahat sambil menikmati pemandangan ini. anis dan adila menyempatkan diri untuk mandi karena badan kami sudah terasa lengket.

30 wita. Penjagaan di pintu masuk di joger sangat ketat. kami sampai di tempat tujuan wisata kami yang ke tiga yaitu. Setelah agak lama di tempat wisata ini. sampai-sampai apabila pengunjung sudah banyak masuk di tempat ini akan di tutup dan menunggu pengunjung yang ada di dalam setelah keluar dan barulah di . Setelah lama di perjalanan kami menuju ke joger. joger Tetapi sekarang di jogger tidak di perkenankan untuk memarkir kendaraan besar dan menggingat padatnya di perkotaan dan menuju ke jogger dan pantai kuta kecil sehingga dilarang karena kemungkinan menambah kemacetan jadi terpaksa sekarang parker kendaraan besar yang akan menuju ke joger dan pantai kuta. dan kira-kira pukul 15. giliran kami yang di persilahkan masuk. Sebelum masuk kita juga di beri kartu tanda telah mengunjungi tempat ini dan stiker. kami melnjutkan ke tujuan wisata ke tiga yaitu joger. kami juga melewati kota di di bali dan juga melewati ibu kota dan pusat pemerintahan di bali yaitu denpasar. di alihkan di utara joger dan jaraknya agak jauh sehingga harus kita tempuh dengan naik mini bus yang menuju ke arah ke dua tempat wisata tersebut.leleh dan jenuh dan ada daya tarik tersendiri di sini. kira-kira pukul 14. Setelah sampai di joger kami harus mengantri dan menggingat banyaknya pengunjung disini. jadi harus menunggu lama untuk mengantri. Setelah agak lama.kami di menuju di tempat wisata joger kira-kira memerluhkan waktu 1jam untuk sampai di tempat wisata tersebut.30 wita. yaitu banyak permainan air dan olahraga air di tempat ini sehingga banyak wisatawan berdatangan disini dan ingin mencobanya langsung permainan air yang ekstrim itu.

kerajinan tangan dari kayu. dll yang semuanya bertulisakan kata-kata iseng.buka kembali. pantai kuta. jadi seakan saat itu dan sampai saat ini saya menyesal karena tidak membawa cinderamata dari bali khususnya di joger dan seakan saya tidak di bali. kami melihat banyak barang dan tulisan-tulisan unik dan lucu seperti. Saat kami masuk di joger. Saat menuju ke pantai kuta kami juga harus menempuhnya dengan naik mini bus lagi. barang pecah belah. pakaian dll yang punya nilai tersendiri dan bisa menarik banyak konsumen khususnya wisatawan yang berkunjung di sana. Dan setelah sampai tujuan kami langsung berhamburan ke tempat yang kami inginkan. Tetapi sayangnya saya tidak membeli cinderamata di joger. suatu tempat pembuat asesoriess. gelas. sehingga juga joger ini termasuk tempat yang ramai dan kemingkinan omset dari joger ini sangatlah besar karena dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan membeli produk barang dari joger dan bagi wisatawan joger adalah salah satu tujuan wisata favorit jika berlibur ke bali. topi. kaos. sandal. . Kesan dan rasa saya salut di joger adalah. Saat menuju pantai kuta kira-kira menempuh waktu 25 menit dan bisa lebih apabila keadaan kota macet dan mengingat bila waktu sore dan malam hari kota di bali akan semakin ramai dan kemungkinan kemacetan akan terjadi dan semakin banyaknya orangorang berlalu lalang di daerah kota di bali. kami melanjutkan perjalanan ketempat wisata yang ke empat yaitu. Setelah menikmati dan melihat barang-barang produk joger . manik-manik. souvenir.

Dan sekitar 20 menit lebih kami sudah sampai di garuda wisnu kencana. . Dan ada nilai plus bagi pantai kuta ini yaitu sebagai pantai favorit di bali dan di tambah pantai ini jarang terkena erosi dan kebersihannya sangat terjaga jadi juga sebagai daya tarik dari wisatwan untuk mengunjung pantai ini.30 wita kami melanjutkan perjalanan menuju hotel yang kami sewa dan sudah di sediakan pihak study tour selama di bali. dan di perbolehkan untuk naik dan melihat langsung patung tersebut sambil berfoto-foto. sekitar pukul 20. Waktu sudah senja dan sudah puas menikmati pantai kuta. Setelah selesai beristirahat dan makan. Kami pun setelah itu langsung beristirahat dan ada yang mandi terlebih dahulu untuk melepas lelah setelah 1 setengah hari tidak beristirahat dan mandi.30 kami keambali di tempat parkiran bus kami berada. garuda wisnu kencana. akhirnya kami sudah sampai di hotel. Waktu itu itu menujukkan pukul 19. Disana kami mengunjungi patung garuda wisnu kencana.30 wita. kami melajutkan kembali di perjalanan tempat wisata yang ke lima yaitu. Perjalanan kira-kira selama 30 menit untuk menuju hotel. Makanya tidak heran apabila pantai kuta jika saat mejelag sore dan malam pasti ramai. Setelah agak lama di gwk. sekitar pukul 18. kami dipersilahkan dahulu untuk makan malam di bus yang sudah di sediakan pihak study tour. Setelah mandi kami langsung beristirahat untuk perjalanan besok pagi ke tempat wisata tari barong. Kami langsung di beri kunci hotel untuk menuju kamar yang sudah di sediakan.Pemandangan dan sususana pantai ini sangatlah indah dengan gulungan ombak yang begitu besar dan apalagi saaat menjelang senja sambil memandangi laut yang indah dan melihat sun set. Dan setelah sampai di tempat parkiran bus.

Dilihat dari segi atristik dan seni dengan padunan corak budaya bali yang sangat indah. Danau kintamani juga terdapat dan bersebelahan dengan gunung batur yang salah satu gunung api tertinggi di bali.30 kami sampai di tempat tujuan. kami melanjutkan perjalanan yang ke delapan di danau kintamani. Di cahayu kami hanya di beri waktu 1 jam untuk berbelanja dan setelah itu meneruskan perjalanan. Kerjajinan kain tenun dan batik bali di sini tidak kalah bagus dengan jogja. Setelah sampai di tujtuan kami langsung di pertontonkan tariantarian khas bali dan drama-drama. Setelah puas di danau kintamani.sesudah sarapan kami lalu meneruskan perjalanan ke tempat wisata tari barong. akhirnya sekitar pukul 13. sekitar pukul 14. Sebelum menuju ke tempat wisata tari barong. Dan juga kami di persilahkan langsung untuk melihat kerajinan di sini.Setelah semalam kami beristirahat kami melajutkan perjalanan yang ke enam yaitu tari barong. pasar sukowati.30 kami melanjutkan perjalanan yang ke sembilan yaitu. Setelah lama perjalanan menuju danau kintamani. Setelah agak lama dan puas menikmati tempat wisata tari barong . Pasar sukowati adalah salah satu pasar atau pusat oleh-oleh dan perbelanjaan . Sebelum ke tari barong kami menyempatkan di cahayu yaitu. salah satu pusat oleh-oleh di bali. Setelah lama di tenun galuh. sekitar pukul 11. tenun-tenun dan batik bali. kami di persilahkan untuk sarapan pagi dahulu sebelum meneruskan perjalanan. Di danau kintamani kita hanya bisa menikmatinya dari jalan dan sangat jauh untuk menuju danau tersebut.00 kami melanjutkan perjalanan yang ke tujuh yaitu tenun galuh. Untuk menuju kesana kami harus menempuh waktu yang cukup lama sekitar 1 setengah jam. Di tenun galuh kami disuguhkan beberapa kerajinan kai-kain.

Saya menyempatkan untuk melihat-lihat sejenak dan bila ada yang saya minati saya akan beli. samurai. sekitar pukul 17. kami pun sampai di pasar sukowati. kami langsung di persilahkan untuk ber istirahat dan sekalian mandi danb makan malam yang sudah di sediakan. Psar sukowati ini sangat ramai pengunjung. Akhirnya saya hanya menikmati sejenak disana dan mengambil kesimpulan bahwa mengapa pengunjung banyak datang di sini dan tidak mamilih tempat pusat cinderamata di bali. kami akan check out dari hotel dan menuju ke tanpat wisata yang terakhir yaitu hutan .barang-barang khas bali. Setelah mandi dan makan malam saya memeutuskan untuk beristirahat untuk perjalanan yang terakhir besok dan check out dari hotel dan kembali pulang ke jogja Saat pagi dan waktu menunjukan pukul 06. karena juga merupakan pusat perbelanjaan barang-barang dan oleh-oleh khas bali. Di pasar sukowati banyak diperjual belikan barang-barabg khas bali seperti. makanan atau oleh-oleh dan jajanan khas bali. lukisan. karena di pasar sukowati harganya lebih terjangkau dari pada pusat atau tempat perbelanjaan lainya.30 wita. dll. celana. kami kembali ke hotel untuk beristirahat dan segera check out dari hotel dan meneruskan perjalanan yang terakhir ke hutan sangeh dan danau bedugul.00 wita. Setelah lama berkunjung di pasar sukowati sekalian survey tentang pasar itu pada pedagang.00 wita. kaos. Disana kami di persilahkan untuk berkunjung dan berbelanja bila yang berminat di pasar tersebut. sehingga banyak wisatawan datang dan berkun jung untuk membeli oleh-oleh di sini. Setelah menepuh perjalanan kira-kira 1 jam. Setelah sampai kira-kira pukul 18.

Dan keinukan dan kelebihan dari obyek ini adalah adanya sebuah pohon dan dinamakan pohon lanang wadon karena terkesan pohon ini mirip sepasang laki-laki dan perempuan yang sedang berpelukan. Di hutan ini juga terdapat banyak kera-kera di biyarkan hidup liar dan bagi wisatawan dilarang untuk mengusik kera tersebut. Setelah sarapan. memerluhkan waktu 2 jam karena mengingat jarak dari hotel ke hutan sangeh sangat jauh.sangeh dan danau bedugul. Setelah puas di hutan sangeh.00 wita. Dan di tempat ini juga di sediakan oleh-oleh dari bali. kami menikmati hutan sangeh ini. dan kira-kira pukul 07. Agar sampai danau bedugul kami harus menempuh waktu 1 jam. Di obyek ini sangatlah asri dan di jaga kebersihannya sehingga seakan wisatawan nyaman di obyek tersebut. Setelah beristirahat sebentar sambil menikmati makanan yang sudah di sediakan kami akhirnya kembali ke jogja setalah 2 hari menikmati tempat-tempat wisata di bali. Setelah kira-kira pukul 11.30 wita. Setelah melewati perjalanan yang cukup lama karena dari bedugul ke pelabuhan gilimanuk sangatlah jauh dan lama kira-kira membutuhkan . kami melanjutkan perjalanan yang terakhir yaitu danau bedugul.30 wita. kami berangkat menuju hutan sangeh.setelah sampai di tujuan kira-kira pukul 10. kami sampai di daanu bedugul. Tidak lupa sebelum check out kami di persilahkan untuk sarapan pagi terlebih dahulu. Setelah hanya menikmati sebentar kami menuju bis dan melanjutkan untuk pulang ke jogja. Di danau ini kami hanya melihat orang mincing dan bermain boat di danau. Agar sampai di hutan sangeh.

Tenun Galuh. Gwk. Pantai Kuta. kami sampai di jogja dan sekolahan BAB IV Kesimpulan dan Saran Setelah kami mengadakan study tour di obyek-obyek wisata di pulau bali. yang kami laksanakan pada tanggal 24 . kami sampai di pelabuhan.28 Juni 2008. tepatnya di Tanah Lot. Tanjung Benoa. Hutan Sangeh. Dipelabuhan untungnya kami langsung bisa masuk kapal dam menyebarang selama 1 jam menuju pelbuhan ketapang. Dan setelah semalam melewati perjalanan dan sempat makan malam pada pukul 21. Setelah sampai di pelabuhan ketapang kira-kira pukul 17. Pasar Sukowati.00 wib. kira-kira pukul 07. kami mendapat banyak pengetahuan tentang tempat wisata yang kami kunjungi di Bali.00 wib.00 di rumah makan di daerah situbondo.waktu 2 setengah jam. Tari Barong. Danau Kintamani. Dan Danau Bedugul. kami meneruskan perjalanan pulang ke jogja. dan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi kami . Joger.

Tenun Galuh. Obyek wisata yang dikunjugi meliputi: Tanah Lot. Dan Danau Bedugul. 3. 2) Fasilitas perlu dioptimalkan lagi. Tanjung Benoa. Faktor yang menjadi daya tarik obyek wisata tersebut adalah: tempat wisata yang indah. . 2. Joger. Permasalahan yang terdapat dalam obyek wisata tersebut meliputi aspek kebersihan dan fasilitas yang belum memadai. Danau Kintamani. Pantai Kuta. Saran: 1) Kebersihan tempat wisata lebih diperhatikan lagi karena banyak wisata yang berkunjung. agar menambah daya tarik pengunjung. Dari pengalaman yang kami peroleh. pengelola yang ramah. GWK. yang belum pernah tau dan menikmati tempat wisata di pulau Bali. maka kami dapat menarik kesimpulan antara lain : 1. Pasar Sukowati. dan memberikan informasi pengetahuan yang sangat baik. Hutan Sangeh. Tari Barong.terutama bagi saya sendiri.

sekilas tentang tari barong dan keris.DAFTAR PUSTAKA Anonimous. diakses tanggal 22 Oktober dan 06 November 2008. 2008. Mukti. Bali: pengelola tempat wisata pertunjukan tari barong. . panduan penyusunan laporan karya tulis wisata. abdullah. Yogyakarta. 2008.

PENUTUP Alhamdulillahi rabbil ’alamien.b Penyusun . Wassalamu ’alaikum w.r w. Sebagai manusia yang tak sempurna dan kesempurnaan hanya milik allah. Puji syukur hanya pantas kami berikan kepada-Nya. akhirnya laporan karya tulis ini dapat selesai. Kritik dan saran sangat kami butuhkan untuk menjadi lebih baik. Tentu laporan karya tulis ini masih jauh dari sempurna.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful