LAPORAN HASIL OBSERVASI POSYANDU SEJAHTERA

DI RW 01 GEBANG SARI GENUK - SEMARANG

Di susun oleh : KELOMPOK

Abdullah Arief Setyanto Dika Aswin Bahar Farah Ramadhani Ismawadi Utomo

PRODI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG 2010

penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi kesempurnaan tugas ini. sehingga penyusun bisa menyelesaikan tugas yang berjudul “ Laporan Hasil Observasi Posyandu Sejahtera di RW 01 Desa Ngablak Genuk . Dengan selesainya tugas ini.Semarang” dengan baik. semoga tugas ini dapat memberikan manfaat bagi penyusun pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini masih jauh dari kata sempurna.KATA PENGANTAR Syukur alhamdulillah penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat. sehingga tugas ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas keperawatan kumonitas yang diberikan oleh dosen pengampu. penyusun mengucapkan terima kasih yang setulus– tulusnya atas segala bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak. taufik serta hidayah–Nya. Oleh karena itu. Semarang. 12 November 2011 Penyusun .

Genuk Semarang : Genuk : 19 april 2008 : 9 November 2011 .LAPORAN HASIL OBSERVASI POSYANDU BALITA DI RT 01 RW II DESA SENDANG KULON KANGKUNG . 19 OKTOBER 2011 a.KENDAL RABU. Alamat d. Jenjang posyandu c. Tanggal observasi : SEJAHTERA : Pratama : RW 01 Ngablak. Tanggal Didirikannya Posyandu f. Nama posyandu b. Wilayah kerja Puskesmas e.

Rutinitas penyelenggara rabu : 9 November 2011 : 08. gizi buruk.Semarang C.00 WIB.Semarang yang meliputi 3 RT . penimbangan bayi/balita dan. DPT). Jam c. campak. Waktu pelaksanaan a. Lingkup Posyandu Lingkup posyandu ini terletak di RW 01 Ngablak Genuk .BAB I LATAR BELAKANG A. Tanggal b. PELAKSANAAN POSYANDU 1. B. Sedangkan pelaksanaan program pokok masih 2 program (KIA dan Gizi) dan deteksi dini penyakit potensial (DBD. Sistem Informasi Posyandu (SIP) di posyandu Sejahtera . PENDAHULUAN Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah kegiatan yang di laksanakan oleh. pengisian KMS. pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan). dengan jumlah bayi/balita ± 67 tetapi yang datang hanya 43. dari dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. polio. E. Posyandu Sejahtera termasuk dalam posyandu tingkat pratama karena walaupun kegiatan posyandu sudah teratur dilakukan dan memiliki 5 kader tetapi karena posyandu hanya memiliki 3 meja dalam setiap pelaksananya. Tempat 2. Dari pihak puskesmas memberikan penyuluhan kesehatan 1 bulan sekali. Penyelanggaraan 3 meja Penyelenggaraan posyandu Sejahtera dilaksanakan tiga meja yaitu dari pendaftaran. : Satu bulan sekali setiap minggu ke 2 pada hari : RW 01 Ngablak Genuk .00 – 11. Sasaran Posyandu : - Bayi / Balita D.

e. 4. Balita telah membawa KMS yang sudah berisi identitas balita d. Pemberian vit. b. Diinformasikan kepada ibu balita akan kondisi status kesehatan dan gizi balitanya. Dari pihak Puskesmas mengutus bidan desa dan perawat untuk memberikan pelayanan kesehatan. b. Pengisian KMS a. Tiga meja meliputi : 1. Pelayanan Posyandu dan Program Pokoknya Pelayanan posyandu yang sudah dilakukan adalah KIA. . Balita menuju meja 2 untuk dilakukan pengisian KMS oleh kader kesehatan dibantu mahasiswa. Gizi ibu dan anak pelayanan imunisasi. 2. Balita menuju meja 1 untuk dilakukan pencatan/registrasi b. Balita menuju meja 2 untuk dilakukan penimbangan BB. Dilakukan pencatatan KMS. c. Pemberian Makanan Tambahan Ibu balita di berikan makanan tambahan oleh kader kesehatan.Penimbangan BB Balita dengan membawa KMS menuju meja 2 untuk dilakukan penimbangan BB oleh kader kesehatan dibantu mahasiswa.ini belum menggunakan sistem komputerisasi tetapi masih menggunakan sistem manual yaitu pendataannya dengan tulisan tangan. F. G. Kunjungan Puskesmas ke Posyandu Kunjungan Puskesmas ke Posyandu minimal 1 bulan sekali dan bergilir dari posyandu 1 ke posyandu yang lain. A diberikan setiap bulan Maret dan September. Penyuluhan kesehatan dilakukan oleh petugas Puskesmas ( Bidan dan Dokter). Balita menuju meja ke 3 untuk dilakukan penyuluhan dan pemberian makanan tambahan sambil tetap membawa KMS. Registrasi dilakukan oleh kader difasilitasi mahasiswa. c. Pelayanan Kesehatan Balita a. d. Pencatatan/registrasi data a.

J.macam – macam vitamin. Revitalisasi Posyandu Pernah di lakukan revitalisasi.Obat – obatan yang adalah Paracetamol. Kegiatan tambahan / integrasi lainnya Untuk saat ini di posyandu sejahtera belum melakukan kegiatan tambahan atau integrasasi lain selain kegiatan yang dilakukan diposyandu setiap bulannya. Meningkatnya cakupan bayi dan balita yang di layani.H. Dari 67 anak yang didata. setelah bulan november . I. c.Dari bulan Oktober sebanyak 35 orang meningkat menjadi 43 anak di bulan November. b. Menguatnya kapasitas pemantauan pertumbuhan anak. Indikator outcome / dampak a. yang direvitalisasi adalah pelayanan minimal posyandu bayi dan balita oleh puskesmas Indikator keberhasilan 1. Indikator input. meningkat dari bulan lalu yang didata 67 anak yang datang hanya 35 anak. 4. Jumlah kader yang telah dilatih sebanyak 3 prang dan yang aktif bekerja sebanyak 3 orang. Jenjang Posyandu Jenjang Posyandu di daerah ini termasuk Pratama (kegiatan lebih teratur. kader minimal 5 orang tetapi masih menggunakan 3 meja).Dari bulan oktober sebanyak 5 anak yang mengalami kurang gizi berada di garis kuning. Meningkatnya jenis pelayanan yang dapat diberikan oleh posyandu yaitu pedidikan kesehatan yang diberikan oleh petugas puskesmas minimal 1 bulan sekali b. yang datang keposyandu sebanyak 43 anak.BB tidak naik selama 3 bulan berturut . Indikator out put / keluaran a.turut 3. Indikator proses a. Meningkatnya partisipasi masyarakat untuk ke posyandu. Jumlah sarana dan obat – obatan yang cukup lengkap. a. 2. Dari 43 anak yang datang didapat 3 anak yang gizinya kurang. Meningkatnya status gizi balita.

Kas : Berasal dari APBD dan dari puskesmas penyelenggara kegiatan serta iuran swadaya masyarakat . Ibu Maesyaroh dengan pendidikan terakhir SD.00 WIB. Daftar hadir kader sejumlah 5 orang 3. Paracetamol. obatobatan berupa Vit. Kunjungan kerumah biasanya didampingi oleh kader dan dilakukan penkes pada orang tua anak dengan kurang gizi misalnya. Pelaksana Posyandu / Kader Pelaksanaan posyandu Sejahtera ini bertempat di RW 01 Ngablak Genuk – Semarang yang diadakan tanggal 9 November 2011 jam 08. kartu KMS. Inventaris : Timbangan untuk balita. Tamu : Sejumlah 2 orang (mahasiswa yang observasi). Secara garis besar tugas kader posyandu dalam melakukan kegiatan bulanan posyandu kegiatan diluar posyandu sudah baik dan berjalan lancar. mencatat hasil penimbangan dan evalusi tindakan yang sudah dilakukan selama posyandu berlangsung. Tensi dan Stetoskop. Ibu Aminah dengan pendidikan terakhir SMA. Kunjungan rumah :Dilakukan setiap ada petugas puskesmas yang ada bertugas diposyandu setiap bulannya.00 – 11. 8. Notulen : dilakukan oleh kader posyandu sendiri.A. pelaksanaan posyandu ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali. 5. Susunan pengurus Ketua Sekretaris Bendahara Anggota Anggota : Ibu Sri Hartini : Ibu Indah Lestari : Ibu Aminah : Ibu Maesyaroh : Ibu Sumiati 2. Kader yang hadir sejumlah 5 orang. Ibu Indah Lestari dengan pendidikan terakhir SMA. Administrasi Daftar Buku 1. dan melaksaankan L. K. Timbangan pijak. yaitu Ibu Sri Hartini dengan pendidikan terakhir SMA. dan terakhir Ibu Sumiati dengan pendidikan terakhir SMP.berkurang menjadi 3 anak yang mengalami kurang gizi dan BB tidak naik selama 3 bulan bertutut – turut. 7. Daftar tamu : Sejumlah 43 6. 4.

M. Kerjasama Kader Dengan Linsek Dan Linprog Kerjasama yang dilakukan kader dengan Linsek dan Limprog adalah kerjasama dalam hal penyuluhan kesehatan serta peningkatan kualitas kader yang bekerja sama dengan kelurahan. . kecamatan serta puskesmas.

3. .BAB II ANALISA SWOT Strenght ( Kekuatan ) 1. Minimnya inventaris untuk menunjang posyandu. 2. 5. kesempatan dan kemampuan untuk menambah program pengembang an dan program tambahan lainnya. Kurangnya minat masyarakat thd pelaksanaa posyandu 2. Jumlah kader masih minimal. Ada rendah. perlunya peningkatan gangguan gizi yang tidak perlu terjadi pada anak balita posyandu masih 2. kader. sejumlah 5 orang. berjalan ada 2 program. Tingkat kualitas program pokok Opportunity ( Peluang ) 1. Masyarakat yang kompeten kurang dilibatakn. Puskesmas secara rutin melihat dan mengobservasi pelaksanaan posyandu. pelaksanaan 3 meja berjalan 4. 4. kompeten (mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari puskesmas. Permintaan masyarakat tentang Kualitas pelayanan posyandu rendah. Pendanaan dari APBD dan iuran swadaya masyarakat. Program. 2. 3. Dukungan masyarakat. Treatment ( Ancaman ) 1. 3. Dilaksanaka n pelatihan kader yang dilaksanaka n oleh puskesmas. Weakness ( Kelemahan ) 1. tingkat SMP. puskesmas.

2. 6.BAB III INTERVENSI 1. Optimalkan kegiatan posyandu dalam pemenuhan sarana dan prasarananya. 3. . 5. 4. Tingkatkan kualitas program pokok posyandu yang masih rendah. Optimalkan penggunaan sarana dan prasarana posyandu yang ada dengan baik sebagaimana fungsinya. Optimalkan pembinaan dan pelatihan kader secara rutin dengan melibatkan peran puskesmas. Optimalkan kegiatan 5 meja. Libatkan masyarakat yang berkompeten di sekitar desa dan patisipasi warga masyarakat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful