P. 1
Catatan Harian Seorang Demonstran

Catatan Harian Seorang Demonstran

|Views: 238|Likes:

More info:

Published by: Eka Tantra Yudhistira on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2015

pdf

text

original

CATATAN HARIAN SEORANG DEMONSTRAN

Saya dilahirkan pada tanggal 17 Desember 1942 ketika perang tengah berkecamuk di Pasifik.Kira-kira pada umur lima tahun saya masuk sekolah Shin Hwa School.Baru saja dua tahun saya pundah ke gang Komandan.Terus saya naik walaupun dari kelas dua ke kelas tiga ke kelas empat saya dicoba.Pada tangal 1 desember 1945 saya pindah ke jalan Pembnagunan sore.Waktu ujian penghabisan saya lulus dengan angka 8 untuk berhitung,8 untuk bahasa dan 9 untuk pengetahuan umum.Dugaan saya adalah 7-710.Kemudian ketika ditambah angka saya menjadi 9-9-9.Di SMP Strada dari kelas satu saya naik ke kelas dua.Angka-angka saya untuk kuartal pertama rata-rata 5,5 kedua 6 dan ketiga 7. 4 Maret 1957 Hari ini adalah hari dimana dendam mulai membatu. Ulangan Ilmu Bumiku 8 tapi dikurangi 3 jadi tinggal 5.Aku tak senang dengan itu. aku iri karena di kelas merupakan orang ketiga terpandai dari ulangan tersebut.Aku percaya bahwa setidak-tidaknya aku yg terpandai dalam Ilmu Bumi dari seluruh kelas.Dendam yang disimpan,lalu turun ke hati,mengeras sebagai batu.Kertasnya kau buang.Biar aku dihukum,aku tak pernah jatuh dalam ulangan. Kamis,10 Desember 1959 Siang tadi ketika aku sedang momong kera,aku bertemu dengan seorang (bukan pengemis) yang tengah makan kulit mangga.Rupanya dia kelaparan.Inilah salah satu gejala yang mulai nampak di ibukota.Dan kuberikan Rp 2,50 dari uangku.Uangku hanya Rp 2,50 waktu itu (Rp 15,- uang cadanganku). Ya,dua kilometer dari pemakan kulit "paduka" kita mungkin lagi tertawatawa,makan-makan dengan istri-istrinya yang cantik.Dan kalau melihat gejala pemakan kulit itu,alangkah bangga hatiku."Kita,generasi kita,ditugaskan untuk memberantas generasi tua yang mengacau.Generasi kita yang menjadi hakim atas mereka yang dituduh koruptor-koruptor tua,seperti (nama-nama pejabat tinggi,red.).Kitalah yang dijadikan generasi yang akan memakmurkan Indonesia".Yang berkuasa sekarang adalah orang-

1

orang-prang malang".Mereka bukan hendak melanjutkan perkawinan atau tugas dari Tuhan.27 Mei 1960 Beberapa hari yang lalu aku pernah debat dengan Suparjo.orang yang dibesarkan di zaman Hindia Belanda almarhum.Harga barang membumbung.Gerombolan menteror.Bagiku cinta bukan perkawinan.Perkawinan bagiku identik dengan perhubungan kelamin.Kebenaran cuma ada di langit dan dunia hanyalah palsu.Ali dan sebagainya.Dia tidak mau mengakui bahwa manusia tidak lebih tinggi dari anjing.Hatta.Aku kira tak usah dijelaskanpendirian Suparjo kawanku yang baik itu.Hatta tak berani menyatakan kebenaran (walaupun kadangkadang ia menyatakan).Aku kira ada yang disebut cinta sejati.ia akan hancur.Tapi aku sangsi akan kebenaran itu.Tapi itu akan cemar bila kawin.Dia tidak mebantah tetapi dia yakin kebenaran pendiriannya.Jadi perkawinan didorong oleh naluri biologis.Jadi identik pula dengan nafsu.Soekarno telah berkhianat terhadap kemerdekaan.'Aku besertamu.Mereka adalah pejuangpejuangkemerdekaan yang gigih. Siapakah yang bertanggung jawab atas hal ini?Mereka generasi tua: Soekarno.Ong Eng Die.Lie Kiat Teng.semua makin payah.walaupun tak aku sangkal. Aku jadi ingat omongan si 2 .puas atau keturunan?Aku yakin 99% memikir yang pertama. Aku kemukakan alasan-alasan sebagia berikut:kalau kita bersetubuh apakah yang dipikir.Jadi bagiku tak ada tujuan perkawinan buat apa yang disebut cinta dan variasi-variasinya yang nonsens."Tanahku yang malang".Karena pendiriannya umum dan sesuai dengan pendapat Gereja Katolik.Yamin telah memalsukan (atau masih dalam zaman romantik) sejarah Indonesia. Jum'at.palsu.Sjahrir.Bagiku mustahil pendirian yang kedua.Manusia itu sadar akan hal ini.semuanya pemimpin-pemimpin yang harus ditembak di Lapangan Banteng. Indonesia sekarang turun.Cuma pada kebenaran masih kita harapkan.Tapi mereka maludisamakan dengan kemenakannya.seorang fanatik Katolik tapi bagiku baik.Kurang lebih 1-2 tahun yang lalu aku yakinbahwa cinta=nafsu.Aku mempertahankan bahwa tujuan perkawinan sebenarnya ialah nafsu.Lihatlah Soekarno.Tentara menteror.Dan rakyat yang makin menderita. Aku pun telah pernah merasa jatuh simpati dengan orang-orang tertentu. dan aku yakin itu bukan nafsu.Tapi hal yang ini dibantah dengan keras olehnya.Ali Iskak.Tetapi kini mereka telah menghianati apa yang diperjuangkan.dan selama tantangan sejarah belum dapat dijawabnya.Dan radio masih berteriakteriak menyebarkan kebohongan.Semua menjadi teror.

Segera semuanya akan terlupa seperti kata Sara: Let us be forgotten as the flower be forgotten.Dia pernah bilang bahwa dia punya kawan. Aku malas atau memang sibuk.Dia tidak mungkin mengadakan hubungan kelamin sebab baginya Ubermensh-nya suci dan mau dikotori. Sekolah SMA baru saja selesai. Tetapi lebih baik kujelaskan situasiku pada bulan-bulan akhir-akhir ini.Setelah berunding sebentar maka kami memutuskanjam 05. Aku kira aku pun akan bersikap seperti itu.jadi seperti analisanya A. Tetapi ada perasaan sayang akan kenangan-kenangan tadi.selama aku masih ingat dan humor-humornya masih segar.Sebab kalau aku kawin.dari pikiran Lie Bun Som jika tak salah. Semua kenangan-kenangan manis terbayang kembali. Gide.Aku sebenarnya agak berat akan nasib si Kisut selam empat hari aku ga ada. Bagiku masyarakat tak mungkin hidup tanpa sejarah. Pada tanggal 10-13 Juni aku ke Cipanas. There are men and women so lonely they believe.Lain kali akan kutulis pendapatku tentang sejarah. Tetapi aku mempunyai kesadaran yang teguh bahwa let the dead be dead. Tetapi malas dan sibuk sekali dengan pengumuman-pengumuman ujian. 3 .aku tak tega menyetubuhinya. Kalau aku jatuh cinta aku tak mengawaininya. God too is lonely.5 Agustus 1961 Hampir setahun aku tdk menulis. Dan di sanalah juga suatu titik akhir.Aku yakin inilah cinta sejati. Rencana itu datangnya tiba-tiba saja. Aku seolah-olah takut menghadapi ke muka dan berhadapan dengan masa kini dan masa lampau terasa nikmatnya. Karena itu aku akan menulis tentang pengalamanku di Cipanas. Aku pun sebenarnya bermalas.30 tanggal 10 Juni akan berada di rumah Nikko di jalan Alaydrus. Aku memang berniat menulis tentang pengalaman-pengalaman disana. Dan aku sadar bahwa semuanya akan dan harus berlalu.Kawan itu jatuh cinta dengan gadis yang merupakan ideal typenya.Bun Som.Llalu dia bilang pada si Bun Som: "Aku tak mungkin mengawininya. Sabtu.Paling banyak aku cium". Tetapi hari belakangan ini aku membaca kutipan dari surat Van Gogh tentang ketekunannya atau (dan kesadarannya) tentang the lost memory.

Sehari sebelumnya (tanggla 18) Si Eng Lay berkata bahwa ia mungkin akan nonton konser dengan karcis (yang tak dipakai) dari Bian Seng.Paul dan Niko.apa ada yang keluar? 'Enggak" katanya.lalu gue ke Si Bun Som dan lampunya sudah terang.Sejak itu sore-sore aku sudah ke rumah si Bun Som menyelesaikan perundingan tanpa Fredy.bangsat nih anak.kataku pada Niko.Pagi-pagi aku pikir alangkah celakanya bila dirampok. "Belon datang".Gue tanya ama tukang becak di depan situ."Lu liat".Waduh gue ketiduran."Yang lain mana?"tanyaku.Lalu pergi duluan". Aku pikir si Som memang biasa jam karet."Dasar jam karetr.kataku walaupun tidak kesal hatiku.Jo dan dia bangun.gue serem disentri".Jo.30 persis dan di depan rumah Niko ada bus Mulia. Aku diam saja.Dia lagi makan."Siapa tuh".Udeh 05.katanya. "Lu lihat selimut gue.Gue udeh berak-berak.aku sudah sampai.Setelah barang-barang baweaan diturunkan. "Wah. 4 ."Selimut timpean dari PELNI"kata si Paul.Wah udeh bangun. Memang suami adik Niko bekerja di PELNI. "Perut gue sakit dan hampir-hampirgue gak jadi.30'.Orang yang tak bisa pegang janji.lu bawa kebiasaan kelas".Pukul 05.Kami berjanji datang 05.Lalu si Niko mengeluh lagi tentang perutnya. "Nik.Sep?" tanya Niko dan ia memperlihatkan selimutnya yang panjang.kata si Paul dengan nada suaranya yang khas."Gue datang di rumah si Bun Som pintunya maish ditutup masih gelap.maksudku si Parjo dan lain-lain.Kurang lima menit dari waktu yang ditentukan.Mujur malam itu kau tak jadi nonton konser.Jadi langsung ke Cipanas sebaba busnya bus Ekspres.15 aku keluar dari rumah menuju ke rumah Niko.Buat dua orang juga cukup.dan kemudian dia mengeluh.Wah guelupa dia. Dan terenyata si Paul datang.35 datranglah beca.mana yang lain".Aku agak kesal waktu itu.gue pikir.Agak berat juga jinjingan koperku .brengsek deh mereka".kami bertiga mengobrol sambil bergurau.Terus gue ketokketok.Kemudian gue suruh dia lekas.Kelupaan. Kira-kira 06.Lalu gue pergi ke si Jawa (ia selkalu menyebut Jawa).

Lalu menyusul masa test.Masa perpeloncoan diadakan dari tanggal 27-1 (September-Oktober).apalah gunany asemua ini.Baru-baru terpikir olehku.lalu ditolak) dan Sejarah (lulus).Jum'at.Ketika baru dipelonco kami dibentak-bentak.Aku ikut FIKIP (lulus).Kami dari (SMA) Kanisius lulus semua.Psikologi (cadangan.20 Oktober 1961 Pengumumam ujian sudah selesai.ditendang tas kami dan dimaki-maki. 5 .Di mana kadang-kadang manusia disuruh menjadi binatang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->