P. 1
SEJARAH GUNUNG RINJANI

SEJARAH GUNUNG RINJANI

|Views: 862|Likes:

More info:

Published by: Rendra Dwijaya Kusuma on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

SEJARAH GUNUNG RINJANI

Gunung

Rinjani adalah

gunung

yang Barat.

berlokasi Gunung

di yang

Pulau Lombok, Nusa

Tenggara

merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

010m dpl) yang mempunyai kedalaman ± 230 meter.8 juta tahun yang lalu) terjadi aktivitas vulkanik. sejarah letusan Gunung Rinjani dimulai sejak tahun 1847 sampai tahun 2004. . kini pada jaman Praquarter (>1.376 m dpl). Lombok Tengah dan Lombok Barat. dimasa lampai Gunung Rinjani diperkirakan mencapai ketinggian ± 5.100 Ha. telah sembilan kali meletus yang berkisar dibagian dalam kaldera.Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur. berbentuk bulan sabit dengan luasan sekitar 1. dapat menerobos keluar sampai permukaan berupa kegiatan letusan atau lelehan lava. Pada masa fase penghancuran gunung api gunung rinjani telah membentuk suatu kaldera yang sebagian besar terisi air dan membentuk danau yang dinamakan Danau Segara Anak (± 2. sebagai akibat berlangsungnya gejala tektonik vulkanik. sedangkan kawah Gunung Rinjani sendiri belum pernah tercatat letusan.000 m diatas permukaan laut dengan letak sebelah barat Gunung Rinjani. yang selanjutnya pada masa Plistosen (<1.8 juta tahun yang lalu) daerah Rinjani merupakan endapan batuan sedimen. Menurut Informasi yang diperoleh dari Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Nusa Tenggara Barat. Akibat vulkanik yang terus menerus ditengah-tengah kaldera muncul kerucut baru gunung api yang dinamakan Gunung Baru Jari (± 2.

Gunung kecil ini terakhir aktif/meletus sejak tanggal 2 Mei 2009 dan sepanjang Mei. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut. . mengalir melewati jurang yang curam. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara= laut. 1966.296 .000. dan 1994. Gunung Barujari pernah tercatat meletus pada tahun 1944 (sekaligus pembentukannya).000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah.[2][3] Jika letusan tahun 2004 tidak memakan korban jiwa. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing.800 m.Selain Gunung Barujari terdapat pula kawah lain yang pernah meletus. memanjang kearah timur anda barat. karena banjir bandang pada Kokok (Sungai) Tanggekakibat desakan lava ke Segara Anak.disebut Gunung Rombongan.[4] Sebelumnya.Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.2376 m dpl. Di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru (atau Gunung Barujari) yang memiliki kawah berukuran 170m×200 m dengan ketinggian 2. danau) seluas 11. setelah sebelumnya meletus pula tahun 2004.500 m × 4. letusan tahun 2009 ini telah memakan korban jiwa tidak langsung 31 orang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->