P. 1
budidaya pertanian

budidaya pertanian

|Views: 1,260|Likes:

More info:

Published by: Ferdy Synyster' Getz on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2014

pdf

text

original

A.PENGERTIAN PERTANIAN DAN BUDIDAYA TANAMAN 1.

PENGERTIAN PERTANIAN
Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam (bahasa Inggris: crop cultivation) serta pembesaran hewan ternak (raising), meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekedar ekstraksisemata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan. Sebagian besar penduduk di dunia bermata pencaharian dalam bidang pertanian, namun pertanian hanya menyumbang 4% dari PDB dunia.Adapun Kelompok ilmu-ilmu pertanian mengkaji pertanian dengan dukungan ilmu-ilmu pendukungnya. Inti dari ilmu-ilmu pertanian adalah biologi dan ekonomi. Karena pertanian selalu terikat dengan ruang dan waktu, ilmu-ilmu pendukung, seperti ilmu tanah, meteorologi, permesinan pertanian, biokimia, dan statistika, juga dipelajari dalam pertanian. Usaha tani (farming) adalah bagian inti dari pertanian karena menyangkut sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam budidaya. Petani adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh "petani tembakau" atau "petani ikan". Pelaku budidaya hewan ternak (livestock) secara khusus disebut sebagai peternak.

2.PENGERTIAN BUDIDAYA TANAMAN
Budidaya tanaman adalah proses menghasilkan bahan pangan serta produk produk agroindustri dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan.Adapun cakupan objek budidaya tanaman meliputi tanaman pangan,hortikultura dan perkebunan.Budidaya tanaman memiliki dua cirri penting yaitu:1.selalu melibatkan barang dalam volume besar 2.proses produksinya memiliki resiko yang relative tinggi.

c.
Petani padi yang bekerja di sawah berlokasi di pinggiran kota Solo ini adalah pria berumur bertopi caping. Keadaan fisiknya sudah cukup renta, kulit coklat berkerut membalut tubuhnya dengan kaos putih kumal dan celana pendek berwarna hitam. Tingginya sekitar 160 cm dan bertubuh kurus. Petani tersebut membawa cangkul untuk mengolah sawahnya dan juga celurit yang digunakan untuk memotong rumput yang nantinya digunakan sebagai makanan ternaknya. 2 petak tanah dikerjakannya sambil mengusir burung-burung yang mendekat dengan tangannya sebagai perilaku yang khas darinya. Karena padi sudah ditanam cukup lama, pekerjaan dari petani tersebut sedikit lebih mudah, hanya menjaga sawah dari kawanan burung dan beberapa hewan perusak padi seperti tikus dan serangan hama. Kemudian petani tersebut juga mengairi sawah dengan menggunakan selang yang cukup besar dan mengalirkan air dari sungai kecil yang berada di samping sawah dialirkan ke sawah itu sendiri. Petani tersebut tampak bersemangat mengusir burung-burung yang dapat memakan habis padinya dengan ucapan samar “hush… hush…” pertanda untuk mengusir hewan tersebut. Petani tersebut berada di pinggiran sawah sambil sesekali melihat ke tengah sawah. Suasana di arela persawahan tersebut cukup panas, tenang dan sepi, tidak ada orang lain selain petani sendiri. Padi di sawah tersebut berwana hijau menyegarkan mata dan juga terdengar kicauan burung diantara pepohonan yang mengelilingi sawah tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->