OBSERVASI MANTENENCE AND REPAIRING PADA PABRIK MEBEL DI PT.

MULTI MANAO INDONESIA

Untuk Tugas Mata Kuliah Perawatan Mesin Yang Dibimbing oleh Bapak Alvian Mizar

Oleh Abdurrahman Khaffidin Arga Rio Mugafi Arif Rahman Hakim Chairil Anwar Putra Abdul Hamid Bagus Purnomo Aji Bayu Bagus Ananta

: ( 100511401931 ) ( 100511401859 ) ( 100511401892 ) ( 100511401896 ) ( 100511401904 ) ( 100511401924 ) ( 100511401934 )

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN DESEMBER 2011

Pendataan mesin/peralatan dan contoh kartunya. b. Mahasiswa mendapatkan informasi tentang pemeliharaan dan perbaikan yang benar. . B. Sistem inventarisasi mesin/peralatan dan contoh paket pencatatannya (kartunya). c.Pada dasarnya mata kuliah ini bisa dikonsumsikan sebagai bahan ajar yang sesuai dengan jurusan teknik mesin. Dengan melakukan observasi bertujuan agar kami dapat mengetahui apakah permasalahan dalam pemeliharaan dan perbaikan di perusahaan/industri sudah memenuhi kelayakan dan standar yang sesuai untuk menjaga usia pakai mesin dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan/industri. Sistem pembuatan kode dalam mesin/peralatan dan sistem penentuan prioritas pekerjaan. Manfaat a. Mahasiswa dapat menerapkan ilmu perawatan mesin saat melaksanakan praktek industri. Latar Belakang Mata kuliah perawatan mesin adalah salah satu mata kuliah yang menjelaskan tentang bagaimana seharusnya menjalankan suatu pemeliharaan dan perbaikan yang baik dan benar dalam suatu perusahaan dan industri. Tujuan Agar mahasiswa memiliiki pemahaman dan pengetahuan tentang teori dan penerapan pemeliharaan dan perbaikan dalam permesinan. Mampu merancang jadwal pemeliharaan dan perbaikan yang benar. C. D.PENDAHULUAN A. sehingga ke depannya mampu menjalankan maintenance dan repair suatu perusahaan/industri dengan tata cara yang benar. Selain itu kami juga bisa melihat secara langsung bagiamana kegiatan pemeliharaan dan perbaikan tersebut berlangsung apakah kegiatan disana berlangsung secara optimal. Informasi/data yang diperlukan      Struktur/tata kerja organisasi bagian/divisi pemeliharaan dan perbaikan mesin (maintenance dan repair) Standard Operasional Prosedure (SOP) dalam melakukan pemeliharaan dan perbaikan mesin/peralatan.

Laporan hasil perbaikan dan contohnya. Trouble shooting dan cara penyelesainnya pada salah satu jenis mesin. Narasumber Bagian/divisi Maintenance and Repair Mechine F. Kartu dan kerusakan dan perbaikan mesin/peralatan. Catatan pekerjaan/kartu riwayat mesin. . Program perawatan mesin (preventive dan corrective maintenance). Pengelolaan dan pengontrolan suku cadang. Permintaan perbaikan/laporan kerusakan perawatan mesin dan contohnya. E. Waktu dan Tempat Kegiatan ini akan dilakukan selama 1 hari dengan alokasi waktu 2-4 jam untuk wawancara dengan narasumber dan observasi mesin dan peralatan. Uraian spesifikasi pekerjaan perawatan mesin dan contohnya.         Sistem penjadwalan perawatan mesin dan dan contoh jadwal perawatan (minimal 2 mesin).

Manao Indonesia didirikan pada tahun 1980 dengan memulai bisnis dalam mengumpulkan dan mengekspor hasil mebelnya ke Singapura dan Hongkong. Multi Manao Indonesia tedapat banyak divisi yang bertugas untuk mengoptimalkan pekerjaan dimesin maupun LSM nya. Pada tahun 1984. Divisi Maintenance dan Repair Divisi Maintenance & Repair adalah suatu divisi khusus yang menangani dan bertanggung jawab terhadap perawatan & perbaikan permesinan yang ada di suatu indutri. Berikut bagian pengurus Divisi Maintenance & Repair yang ada pada pabrik PT. Bahan utama yang digunakan adalah kayu meranti dan kayu jati. Dan salah satunya adalah divisi maintenance dan repair yang kami observasi. mulai dari pelayanan hingga ke fasilitas pabrik serta teknologi yang digunakan. Manao Indonesia terus memperbaiki diri. Manao Indonesia. PT. Pada pabrik PT. Multi Manao Indonesia . Pt. Manao Indonesia percaya bahwa kepuasan pelanggan dan keyakinan mereka telah memungkinka bagi PT. Jawa Timur.PT MULTI MANAO INDONESIA. dan Jepang merupakan pasar utamanya. Manao Indonesia. dengan tujuan export ke luar negeri. pendiri dari PT. Multi Manao Indonesia PT. Adalah sebuah perusahaan manufaktur furniture kayu di Gersik. Manao Indonesia untuk mempertahankan bisnis ini di masa depan. PT. Dalam beberapa tahun kemudian. Manao Indonesia mengembangkan pasar hingga ke Amerika serikat dan Eropa. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi PT.

3. Bertanggung jawab thd semua kegiatan Perawatan thd semua fasilitas (baik produksi & pendukungnya). 4. Bagian yang dijalankan yakni :  Mesin Kelistrikan Pada Mesin Gerinda. Bagian yang dijalankan yakni :  Radial Bor  Gear Box  Roll Plate  Machine control Job Dis yang di kerjakan oleh bagian Maintenance and Repair di PT. STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP) Proses pada suatu pekerjaan harus dirancang dan dikembangkan. Langkah-langkah kerja yang tertib ini disebut SOP (standard operating procedures). kapan sajapun dan dimana sajapun dilakukan langkah-langkahnya tidak berubah. kesalahan prosedur dapat terjadi. sebutan lainnya Protap (Prosedur tatap). bila suatu pekerjaan tidak dirancang dengan baik. Perawatan dan perbaikan pada mesin – mesin yang ada di pabrik. . Las listrik. Multi Manao Indonesia 1.KEPALA BAGIAN MAINTENANCE AND REPAIR OLEH BAPAK ANDAKA KEPALA BAGIAN ELEKTRO OLEH BAPAK AGUS SULISTYO Pada bagian keelektonikan ini merawat kelistrikan pada mesin pabrik. Untuk itu perlu dibuat suatu prosedur tetap yang bersifat standard. Mesin Bor. Mengorganisasikan seluruh personil dan pekerjaan pada bagian perawatan 2. dan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan maintenance dan repair mesin dan peralatan mekanik produksi.  Travo  Panel  Motor Listrik KEPALA BAGIAN MECHANICAL OLEH BAPAK SONY Pada bagian permesinan ini merawat dan memperbaiki mesin industry yang digunakan. dapat menimbulkan kecelakaan atau kerusakan. sehingga siapa sajapun. Pengarahan.

SOP merupakan hasil finalisasi dan kesempurnaan prosedur kerja. Operasi pasien di rumah sakit. Prosedur maintenance pada pabrik ini meliputi : Foto. dan dapat dipertanggung jawabkan. Dengan adanya SOP diharapkan pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. SOP yang ada di pabrik PT. tepat waktu.Lembaga atau perusahaan yang besar dan bonafide umumnya telah memakai SOP dalam melaksanakan tugas. seperti : Departemen/dinas Kimpraswil. dan lainnya. Bapedal. Multi Manao Indonesia yaitu dengan cara Prosedur Maintenance. Dan Prosedur Maintenance sendiri adalah suatu cara untuk mempermudah pekerja dalam melaksanakan pekerjaan (Maintenance) secara rutin.: . POLRI.

C 19017/4 Hot press machine: L 131 651 “ “ Listrik (minor) Listrik (minor) 5 smooth bonwel Orma 5 . Inventaris yang dibuat harus mengandung informasi yang jelas dan mudah dimengerti dengan cepat.E.C 11360/61/2:5 HP Uv machine: No. Dengan demikian pekerjaan perawatan akan lebih mudah. Inventarisasi bertujuan untuk memberi tanda pengenal bagi semua fasilitas di industri.Sistem inventarisasi mesin/peralatan dan contoh paket pencatatannya (kartunya).62 B/10 MTM/M0 III/III/ Lokasi Bengkel Perawatan “ Kelompok Listrik (minor) Listrik (minor) Lembar ke:…… Tingkat Keterangan Prioritas 5 amada type H-250 5 fujiyama MTM/M0 IV/ III/ MTM/M0 V/III/ Sanding machine:No. termasuk gedung dan isinya. B. Sistem investarisasi di PT Multi Manao Indonesia sebagai berikut : Lembar Inventaris No.Identitas Keterangan fasilitas MTM/M0 Band II/III/ saw:No. System inventarisasi adalah Inventaris adalah suatu daftar semua fasilitas yang ada di seluruh bagian. sehingga dapat membantu kelancaran pekerjaan.

Pembuatan kode pada mesin disini bertjuan untuk: memudahkan dalam menentukan melakukan maintenance . .Sistem pembuatan kode dalam mesin/peralatan dan sistem penentuan prioritas pekerjaan.

3.Indonesia JADWAL PERAWATAN NAMA MESIN : MBM 15 KW Band Saw NO. 282.Sistem penjadwalan perawatan mesin dan dan contoh jadwal perawatan NAMA PERUSAHAAN: PT. Minyaki semua tentang mesin Berhenti 12 1 Jam Oil cleaning C 1. PEMBELIAN : 1999 LOKASI : R. MULTI MANAO INDONESIA ALAMAT: Jl. 2. 2. Driyorejo No. Jawa Timur. BAGIAN WAKTU CATATAN TH. B 1. NO. Perawatan Bulanan Penggantian betel motor Penggantian gergaji pemotong Berhenti Berhenti 50 51 2 Jam 2 Jam Belt Gergaji Pemotong. Tool kit . Produksi URAIAN TUGAS Perawatan Harian : Periksa level pelumas Periksa oil pada mesin Penambahan cooling Jalan Berhenti Jalan 10 Menit 20 Menit SAE 20 SAE 20 Perawatan Mingguan Membersihkan bagian gergaji pemotong Berhenti 45 1 Jam Sapu pembersih 2.Gresik 61177. KODE GAMBAR DETAIL NO. : T 15 01 :N KEADAAN MESIN A 1.

MULTI MANAO INDONESIA ALAMAT: Jl. A 1.Indonesia JADWAL PERAWATAN NAMA MESIN : MS. Jawa Timur. Produksi URAIAN TUGAS Perawatan Harian : Periksa level pelumas Periksa oil pada mesin Penambahan cooling Jalan Berhenti Jalan 10 Menit 20 Menit SAE 20 SAE 20 Perawatan Mingguan Minyaki semua tentang mesin Berhenti 12 1 Jam Oil cleaning Penggantian amplas penghalus Berhenti . KODE GAMBAR DETAIL NO. 2. 282.Sanding machine:No.Gresik 61177. PEMBELIAN : 2002 LOKASI : R. 2. 3.C 11360 NO. : MTM/M0 III/III/ 01 :N KEADAAN MESIN NO. Driyorejo No. BAGIAN WAKTU CATATAN TH. B 1.Sistem penjadwalan perawatan mesin dan dan contoh jadwal perawatan NAMA PERUSAHAAN: PT.

: .Permintaan perbaikan/laporan kerusakan perawatan mesin dan contohnya Foto.

Sanding mancine Jenis Komponen Yang Rusak Gergaji. NO KERUSAKAN (TROUBLE) 1 2 3 4 Membersihkan bagian gergaji pemotong PERBAIKAN/ PERAWATAN INSTRUMEN Mengganti dengan gergaji yang baru. Komponen Yang Rusak 1 2 3 4 Gergaji Landasan Gergaji Landasan Amplas Bearing Jumlah 4 4 4 8 8 Komponen . Penggantian belt motor. Bearing Landasan Amplas. No 1 2 Nama Mesin Ms. Bend Saw Ms. Landasan Gergaji. dibawa ke bengkel mesin jika kerusakan berat. Trouble shooting dan cara penyelesainnya pada salah satu jenis mesin. Untuk Perwatan coorective maintenance. Pembersihan landasan yang kotor. Bearing Perawatan secara preventivnya maka dapat disimpulkan pergantian komponennya: No.Program perawatan mesin (preventive dan corrective maintenance). Pada saat jam kerja mesin yaitu pukul 08:00 – 16:00. Mengganti dengan bearing yang baru Di las menjadi seperti ukuran semula Perbaikan manual jika kerusakan ringan. grease .komponen yang kritis tersebut mengalami penggantian setiap bulan sekali pada mesin – mesin tersebut. dilakukan ketika akhir produksi. las - Bearing yang rusak Landasan gergaji Kerusakan motor mesin 5 6 Korosi landasan amplas Macetnya belt motor gergaji mesin.

melainkan melakukan kerja sama dengan pihak penyuplai suku cadang. Contohnya dimana jika terjadi kerusakan yang membutuhkan suku cadang. Dimana PT.Pengelolaan dan pengontrolan suku cadang. Berdasarkan informasi yang kami peroleh saat melakukan observasi. MULTI MANAO INDONESIA tidak menyediakan suku cadang sendiri. MULTI MANAO INDONESIA menerapkan sistem suku cadang dengan bekerja sama dengan pihak luar. . maka divisi maintenance and repair akan langsung memesan suku cadang tersebut pada penyuplai nya. pengelolaan dan pengontrolan suku cadang pada PT.

Saran Dalam hal ini kami yang telah melakukan observasi di PT. Multi Manao Indonesia berharap agar dalam bidang teknik melakukan penambahan devisi di managemen pengelolaan perawatan mesin. Dalam bidang maintenance dan repair di industri tersebut masih belum ada. Hal ini pasti tidaklah terjadi tanpa pengelolaan managemen yang tepat dan perawatan mesin yang baik. kami tidak tahu benar atau tidaknya pernyataan yang beliau sampaikan. Harus diperhatikan bahwa hasil industri yang besar dan berkualitas merupakan peran serta atas kinerja mesin (sarana dan prasarana) yang tepat dan optimal.PENUTUP Pada dasarnya industri Pabrik PT. Oleh karena itu demi kelancaran pengelolaan industri dan hasil industri kami berharap dapat diadakan secepatnya. Oleh karena itu dalam perawatan mesin harus diperhatikan dan dilakukan secara terjadwal. di suatu perusahaan yang kualitas produksinya menengah – atas sangat di perlukan devisi untuk menangani perawatan dan pebaikan mesin atau maintenance and repair yang dilakukan secara teratur dan terjadwal demi kelancaran hasil produksi bagi industri tersebut. Keterangan ini kami peroleh dari hasil observasi yang kami lakukan yang dibimbing langsung oleh Ketua Bidang Maintenance and repair yaitu Bapak Andaka. Kemudian juga ditunjang dengan perawatan mesin yang sesuai standart operasional prosedur (SOP). . Sebab. Multi Manao Indonesia bisa dikatakan sebagai perusahaan dengan hasil produksi kerajinan yang cukup besar khususnya di wilayah kota Gersik. Hal ini harus di perhatikan dengan sangat sebab apabila dalam perawaan mesin yang kuarang diperhatikan dan tidak terjadwal akan mengakibatkan trobel pada mesin dan akan terjadi kerusakan kecil sampai dengan kerusakan yang besar dan paling parah mesin harus di overhoul untuk mengembalakan kinerja mesin seperti awal mula beroperasi . Kami sebagai tamu hanya bisa percaya saja terhadap apa yang di katakan beliau.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful