P. 1
Fisiologi Kehamilan - Pusing Dan Mudah Lelah

Fisiologi Kehamilan - Pusing Dan Mudah Lelah

|Views: 90|Likes:

More info:

Published by: Kedokteran Duaribusepuluh Unsoed on Dec 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2013

pdf

text

original

MUDAH LELAH DAN GEJALA PUSING PADA HAMIL MUDA

17 Agustus 2009 oleh PRO-HEALTH http://forbetterhealth.wordpress.com/2009/08/17/mudah-lelah-dan-gejala-pusing-pada-hamilmuda/ Penyakit dan keluhan selama kehamilan dan persalinan seperti nyeri punggung, nyeri pinggul dan kram kaki adalah sebagai gangguan yang tidak dapat dihindari karena mereka menganggap itu ada hubungannya dengan kehamilan. Namun, dalam sebuah penelitian memperkirakan bahwa rasa nyeri ini disebabkan oleh makin bertambahnya berat badan. Selain itu juga cedera akibat penggunaan otot yang berlebihan. Di saat seorang wanita hamil berjalan, otot-otot mereka harus bekerja lebih keras agar mereka bisa berjalan seperti biasa. Penggunaan otot secara berlebihan ini dapat dihindari dengan program pengkondisian dan olahraga yang benar. Dokter yang menangani wanita hamil yang mengalami masalah tulang dan otot juga harus menekankan perlunya berolahraga selama kehamilan sebagai suatu cara pencegahan ataupun pemulihan. Berikut ini beberapa gangguan kehamilan yang sering terjadi terutama pada masa hamil muda.

MUDAH LELAH
Pada minggu pertama kehamilan, tubuh akan memproduksi darah lebih banyak dari biasanya. Tambahan produksi darah ini diperlukan untuk membawa zat makanan dari tubuh ibu ke janin. Jantung harus bekerja lebih keras untuk mendistribusikan lebih banyak darah keseluruh tubuh. Demikian pula dengan denyut nadi yang meningkat 10-15 kali per menit di masa kehamilan. Tubuh yang belum terbiasa dengan keadaan ini akan terasa lelah. Selain itu frekuensi pernafasan akan lebih cepat, sehingga nafas pendek seolah seperti tersengalsengal. Hal ini terjadi karena paru-paru melakukan penyesuaian dengan perubahan tubuh secara keseluruhan. Ketika metabolisme tubuh meningkat, maka tubuh akan membutuhkan energi ekstra, sehingga banyak karbondiosida (CO2) yang terbentuk. Cara mengatasi kelelahan : 1. Atur waktu istirahat, jika mulai lelah pada siang hari, istirahat dan jangan memaksakan diri untuk bekerja. Bila tubuh sudah bisa menyesuaikan diri, biasanya lelah dan mengantuk akan hilang dengan sendirinya. 2. Olah raga untuk meningkatkan energi anda. Misalnya jalan kaki selama 30 menit sehari. Tubuh akan terasa lebih bugar dan tidak mudah lelah 3. Makan makanan bergizi yang seimbang. Hal ini penting, karena kekurangan protein dan zat besi akan membuat ibu hamil merasa kelelahan 4. Menghindari minum kopi dan teh terlalu banyak dan memperbanyak minum susu hangat sebelum tidur. Hal ini akan membantu ibu hamil untuk bisa tidur nyenyak 5. Bila rasa lelah itu sangat mengganggu dan tidak hilang selama berminggu-minggu sekalipun sudah beristirahat. Perlu konsultasi dengan dokter, karena kemungkinan ibu

Jaga kadar gula darah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Peningkatan pada hormon progesteron akan menyebabkan otot polos menjadi rileks dan mengakibatkan pembuluh darah melebar. Seperti buah-buahan. Misalnya ketika sedang berbaring dan hendak bangun. kreakers. Cara mengatasi pusing :       Pusing yang terjadi akibat perasaan tegang dapat diatasi dengan mengompres leher bagian belakang dengan air es. pada ibu hamil dengan riwayat penyakit jantung harus hati-hati karena kerja jantung akan semakin berat sehingga bisa terjadi "decompensasi . Latihan relaksasi : Memejamkan mata Menarik nafas dalam Membayangkan suasana yang tenang Pejamkan mata beberapa detik setiap kali pusing menyerang Makan makanan dengan gizi seimbang disertai dengan istirahat dan olah raga yang cukup Untuk mengurangi pusing. pasokan darah ke kepala juga menjadi berkurang sehingga ibu sering merasa pusing dan apabila dibiarkan tetap berkelanjutan dapat menyebabkan ibu hamil itu pingsan. Tekanan darah yang tiba-tiba menurun akan menyebabkan ibu hamil merasa pusing dan hal ini bisa sangat mengganggu. Kelelahan dan stres juga dapat memicu terjadinya pusing yang biasanya menyertai penyesuaian emosi serta fisik pada awal kehamilan. sebagian besar disebabkan oleh perubahan kadar hormon dan sirkulasi darah.hamil tersebut mengalami anemia yang gejalanya sama yaitu mudah merasa lelah dan mengantuk PUSING Penyebab gangguan ini tidak diketahui dengan pasti. Peningkatan berbagai macam hormon pada awal kehamilan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. atau yoghurt rendah lemak. Anemia atau berkurangnya jumlah sel darah merah. Perubahan fisiologi saat kehamilan Perubahan fisiologis pada sirkulasi darah ibu Volume darah ibu mengalami peningkatan dengan kondisi jumlah sel darah merah menurun dan jumlah plasma darah meningkat atau terjadi semacam pengenceran darah (hemodelusi) terjadi saat umur kelahiran sekitar 16 minggu dan puncaknya saat umur 32 minggu. Hal ini terjadi karena pasokan oksigen yang dibawa oleh sel-sel darah merah ke otak jumlahnya berkurang. roti gandum. sehingga tekanan darah akan menurun. hati-hati ketika merubah gerakan dari satu gerakan ke gerakan lain. Dengan demikian ibu hamil akan mengalami anemia fisiologis. Selain itu bila ibu hamil berdiri. juga dapat menyebabkan pusing.

cordis". Karena itu ibu hamil harus waspada dan memeriksakan kehamilannya untuk memperoleh tablet Fe (penambah zat besi) dan pemeriksaan kadar hemoglobin minimal satu kali pada trimester III http://bidanku.id/index.web.php?option=com_content&view=article&id=78:perubahanfisiologi-saat-kehamilan-bagian3&catid=34:umum&Itemid=55 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->