KEPEMIMPINAN DAN HASTABRATA

A. PENDAHULUAN

Kepemimpinan merupakan sesuatu yang abstrak, tetapi sebenarnya kita sering menemuinya di kehidupan kita sehari-hari, mulai di keluarga, masyarakat, dan bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di Indonesia, presiden Soekarno merupakan salah satu contoh pemimpin terbaik yang pernah berkuasa di negara kita tercinta, Republik Indonesia. Namun, semenjak wafatnya beliau, bangsa ini seolah kehilangan sosok seorang pemimpin yang benar-benar mampu menggerakan rakyatnya. Sedangkan Hasta Brata sendiri memiliki pengertian delapan laku kebajikan yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Di kebudayaan Jawa, hasta brata lahir dan digunakan sebagai pedoman untuk mencetak seorang pemimpin yang baik. Ke-delapan laku kebajikan ini di analogikan dari alam yaitu : bumi, air, angin, bulan, matahari, langit, api dan bintang. Kedua hal diatas sangat erat kaitannya untuk mencetak calon-calon pemimpin yang nantinya akan memimpin bangsa ini. Dalam hasta brata, banyak sekali nilainilai yang patut dipelajari dan dipahami yang berkaitan dengan kepemimpinan. Dalam paper ini, kami akan membahas lebih dalam tentang Kepemimpinan dan Hasta Brata.

B. KEPEMIMPINAN

Pengertian Apakah arti kepemimpinan? Kepemimpinan bisa diartikan sebagai suatu proses dalam mengelola dan memanajemen sebuah kelompok untuk mencapai tujuan utama yang ingin dicapai bersama. Namun menurut Tannebaum, Weschler and Nassrik (1961,24) kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu. Sedang menurut Shared Goal, Hemhiel & Coons (1957,7) memberikan arti yang hampir sama dengan sebelumnya yaitu Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957, 7). Dan Rauch & Behling (1984,46) memberikan pengertian yang berbeda tentang kepemimpinan yaitu adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984, 46).

1

Pemimpin adalah inti dari suatu kelompok . Tugas dan Peran Pemimpin Menurut James A. tugas utama seorang pemimpin adalah: 1. John C. untuk mencapai outcome yang terbaik. Dalam kasus ini. orang yang dipimpin. Seorang pemimpin bertanggung jawab untuk bekerja dengan orang lain. Seorang pemimpin bertanggungjawab untuk menyusun tugas menjalankan tugas. dan kekuatan. salah satu dengan atasannya. mengadakan evaluasi. realisasi dan konsekuensi. Covey (1997). dengan sengaja mempengaruhi dari orang ke orang lain dalam susunan aktivitasnya dan hubungan dalam kelompok atau organisasi. bimbingan. Pemimpin bertanggung jawab untuk kesuksesan stafnya tanpa kegagalan. keselamatan. teman sekerja atau atasan lain dalam organisasi sebaik orang diluar organisasi. 2 . Pengertian Pemimpin Dalam konsep kepempimpinan yang melingkupi sebuah kelompok ada dua peran yang selalu melekat yaitu pemimpin. Namun lebih dari itu seorang pemimpin juga harus mampu membaca keinginan bersama dari kelompok yang sifatnya bukan individu. Menurut Stephen R. orang yang memimpin dan anggota. Maxwell mengatakan bahwa inti kepemimpinan adalah mempengaruhi atau mendapatkan pengikut. staf.F Stonen. Mungkin prinsip menciptakan kepercayaan dan berjalan sebagai sebuah kompas/petunjuk yang tidak dapat dirubah. mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Pemimpin adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan (akontabilitas). sebagai paradigma terdiri dari beberapa ide utama berdasarkan motivasi pribadi dan sikap serta mempunyai pengaruh yang kuat untuk membangun dirinya atau organisasi.Banyak definisi kepemimpinan lainnya yang menggambarkan asumsi bahwa kepemimpinan dihubungkan dengan proses mempengaruhi orang baik individu maupun masyarakat. Prinsip-Prinsip Dasar Kepemimpinan Prinsip. Pemimpin bekerja dengan orang lain. Tanpa ada seorang pemimpin maka tujuan bersama akan sulit untuk diraih. Prinsip merupakan suatu pusat atau sumber utama sistem pendukung kehidupan yang ditampilkan dengan 4 dimensi seperti. 2. prinsip adalah bagian dari suatu kondisi. sikap yang bijaksana. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin.

dan mendengar. observasi. Selanjutnya dapat mengidentifikasi masalah dengan akurat. Konflik selalu terjadi pada setiap tim danorganisasi. 4. Manajer adalah seorang mediator. belajar melalui membaca. Peran Pemimpin adalah : 1. penanganan gangguan. direktur. sumber alokasi. tetapi juga diluar sekolah. Dalam upaya pencapaian tujuan pemimpin harus dapat mendelegasikan tugas-tugasnya kepada staf. Kemudian pemimpin harus dapat mengatur waktu secara efektif. Seorang pemimpin harus mampu mengajak dan melakukan kompromi. Menurut Henry Mintzberg. penyebar informasi dan juru bicara. 2. pelatih. 5. Oleh karena itu. pemimpin seharusnya lebih berprinsip pada pelayanan yang baik. 3. mentor konsultasi. 7. Pemimpin harus dapat menguraikan seluruh pekerjaan menjadi lebih jelas dan kaitannya dengan pekerjaan lain. Coney) sebagai berikut: 1. 3 . Seorang pemimpin harus menjadi seorang pemikir yang analitis dan konseptual. seorang pemimpin harus dapat mewakili tim atau organisasinya. dan negosiator. Karakteristik Pempimpin Karakteristik seorang pemimpin didasarkan kepada prinsip-prinsip (Stephen R. 2. Pemimpin membuat keputusan yang sulit. Dalam memberi pelayanan. Fungsi Peran informal sebagai monitor.dan menyelesaikan masalah secara efektif. Pemimpin adalah politisi dan diplomat. Contohnya. Berorientasi pada pelayanan Seorang pemimpin tidak dilayani tetapi melayani. sebab prinsip pemimpin denganprinsip melayani berdasarkan karir sebagai tujuan utama. Pemimpin harus berpikir secara analitis dan konseptual. menulis. Sebagai seorang diplomat. berfungsi sebagai pengusaha. dalam kasus ini fungsinya sebagai pemimpin yang dicontoh. Seorang yang belajar seumur hidup Tidak hanya melalui pendidikan formal. Seorang pemimpin harus dapat memecahkan masalah. Mempunyai pengalaman yang baik maupun yang buruk sebagai sumber belajar. jadi pemimpin harus dapat menyusun tugas dengan mendahulukan prioritas. Peran hubungan antar perorangan. Proses kepemimpinan dibatasi sumber. pemimpin harus dapat menjadi seorang mediator(penengah). pembangun tim.3. Peran Pembuat keputusan. 6. Pemimpin menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas.

Sinergi Orang yang berprinsip senantiasa hidup dalam sinergi dan satu katalis perubahan. dinamisasi dan kebebasan. Keseimbangan dalam kehidupan Seorang pemimpin harus dapat menyeimbangkan tugasnya. Menggunakan energi yang positifdidasarkan pada keikhlasan dan keinginan mendukung kesuksesan orang lain. Seorangpemimpin harus dapat dan mau bekerja untuk jangka waktu yang lama dan kondisitidak ditentukan. Menurut The New Brolier Webster International Dictionary. istirahat dan rekreasi. Membawa energi yang positif Setiap orang mempunyai energi dan semangat. Keseimbangan juga berarti seimbang antara kehidupan dunia dan akherat. staf. sehinggamereka mempunyai motivasi dan mempertahankan pekerjaan yangbaik. Sinergi adalah kerja kelompok dan memberi keuntungan kedua belah pihak. kepercayaan harus diikuti dengan kepedulian. b. pada dasarnya mengandung pengertian sebagai suatuperwujudan tingkah laku dari seorang pemimpin. keberanian. kreatifitas. yang menyangkut kemampuannya dalam memimpin. e. Sinergi adalah satu kerja kelompok. Berorientasi kepada prinsip kemanusiaan dan keseimbangan diri antara kerja dan olah raga. Sebab kehidupan adalah suatu tantangan yang dibutuhkan. a. d.3. ketrampilan. c. Oleh karena itu. teman sekerja. yang mana memberi hasil lebih efektif dari pada bekerja secara perorangan. kemauan. Percaya pada orang lain Seorang pemimpin mempercayai orang lain termasuk staf bawahannya. Mereka selalu mengatasi kelemahannya sendiri dan lainnya. Latihan mengembangkan diri sendiri Seorang pemimpin harus dapat memperbaharui diri sendiri untuk mencapai keberhasilan yang tinggi. Oleh karena itu. Rasa aman tergantung pada inisiatif. seorang pemimpin harus dapat menunjukkanenergi yang positif. Perwujudan tersebut 4 .Untuk itu dibutuhkan energi positif untuk membangun hubungan baik. seperti . Seorang pemimpin harus dapat bersinergis dengan setiap orang atasan. Melihat kehidupan sebagai tantangan Kata „tantangan’ sering di interpretasikan negatif. Gaya Kepemimpinan Gaya kepemimpinan. mempunyai rasa aman yang datang dari dalam diri sendiri. Dalam hal ini tantangan berarti kemampuan untuk menikmati hidup dan segala konsekuensinya.

Pengertian gaya kepemimpinan yang demikian ini sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh Davis dan Newstrom (1995) yang menyatakan bahwa pola tindakan pemimpin secara keseluruhan seperti yang dipersepsikan atau diacu oleh bawahan tersebut dikenal sebagai gaya kepemimpinan.biasanya membentuk suatu pola atau bentuk tertentu. Unsur manusia. setiap permasalahan kepemimpinan selalu meliputi 3 (tiga) unsur yang terdiri dari : 1. Kedua teori yang ekstrim di atas tidak seluruhnya mengandung kebenaran. pada dasarnya dapat diterangkan melalui tiga aliran teori berikut ini. Bakat tersebut kemudian dikembangkan melalui pendidikan yang teratur dan pengalaman yang memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut. Namun demikian. Dalam keadaan yang bagaimanapun seseorang ditempatkan karena ia telah ditakdirkan menjadi pemimpin. penelitian yang jauh lebih mendalam masih diperlukan untuk dapat mengatakan secara pasti apa saja faktor yang menyebabkan timbulnya sosok pemimpin yang baik. Jadi teori ini merupakan kebalikan inti teori genetika. Teori ini menggabungkan segi-segi positif dari kedua teori terdahulu sehingga dapat dikatakan merupakan teori yang paling mendekati kebenaran. yaitu manusia yang melaksanakan kegiatan memimpin atas sejumlah manusia lain atau manusia yang memimpin dan manusia yang dipimpin. Para penganut teori ini mengetengahkan pendapat yang mengatakan bahwa setiap orang bisa menjadi pemimpin apabila diberikan pendidikan dan pengalaman yang cukup. Berbicara mengenai takdir. Jika teori pertama di atas adalah teori yang ekstrim pada satu sisi. Gaya kepemimpinan dari seorang pemimpin. Teori Genetis (Keturunan). maka sebagai reaksi terhadap kedua teori tersebut timbullah aliran teori ketiga. Inti dari teori menyatakan bahwa “Leader are born and nor made” (pemimpin itu dilahirkan (bakat) bukannya dibuat).. Teori Ekologis. sesekali kelak ia akan timbul sebagai pemimpin. secara filosofis pandangan ini tergolong pada pandangan fasilitas atau determinitis. Inti aliran teori sosial ini ialah bahwa “Leader are made and not born” (pemimpin itu dibuat atau dididik bukannya kodrati). Teori yang disebut teori ekologis ini pada intinya berarti bahwa seseorang hanya akan berhasil menjadi pemimpin yang baik apabila ia telah memiliki bakat kepemimpinan. 2. Para penganut aliran teori ini mengetengahkan pendapatnya bahwa seorang pemimpin akan menjadi pemimpin karena ia telah dilahirkan dengan bakat kepemimpinan. Teori Sosial. 3. Unsur sarana. 1. 5 . Esensinya. 2. maka teori inipun merupakan ekstrim pada sisi lainnya.

sifat. Aspek Kemampuan Manajerial (managerial skill). mengorganisir. bahkan sampai mengancam jiwa sekalipun. Secara sederhana untuk mengukur keberhasilan kepemimpinan dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: 1. Dari beberapa uraian diatas semestinya kita tidak akan kekurangan teori tentang kepemimpinan. walaupun harus menghadapi berbagai tantangan atau hambatan. Unsur tujuan. Karena pada dasarnya manajemen yang baik harus menghasilkan (perform). Aspek kedua ini tidak akan lepas dari aspek pertama. keberhasilan kepemimpinan akan sangat tergantung kepada tiga unsur tersebut yang meliputi : syarat. melaksanakan serta melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap suatu kegiatan yang sedang dilaksanakan atau yang dikehendakinya. dan memahami substansi dari fenomena tersebut menjadi acuan model manajemen apa yang paling tepat untuk diterapkan. teknik. 2. gaya. adalah kemampuan seorang pemimpin untuk merencanakan. Cita-cita seorang pemimpin tidak akan pernah berubah. Pencapaian tujuan (goal success). serta dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah kongkrit menuju perubahan yang lebih baik dimasa depan. dan kemampuan untuk berkomunikasi. sehingga manajemen yang baik akan menghasilkan performance kinerja yang baik. karena kemampuan menangkap fenomena organisasi/daerah. asas dan jenis kepemimpinan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kepemimpinan. Disamping hal tersebut adanya sebuah kepercayaan diri. Secara normatif. adalah kemampuan dasar yang melekat pada pribadi seseorang. watak. dan sikap berani mengambil resiko terhadap segala tindakan yang dilaksanakan. ciri. seorang pemimpin akan memiliki daya kreativitas untuk berinovasi. 3. Aspek Pencapaian Tujuan (goal success) Kemampuan personal (internal resources). adalah tujuan akhir dari kepemimpinan. Kemampuan manajerial (managerial skill). prinsip. yang merupakan kepekaan dalam menangkap danmenterjemahkan arti sebuah masalah/tantangan (fenomena).yaitu Prinsip dan Teknik Kepemimpinan yang digunakan dalam pelaksanaan Kepemimpinan. Dengan kemampuan personal (internal resources). 3. karena hal tersebut selalu menjadi isu sosial yang sangat menarik untuk dibahas. dan mampu menuangkan kedalam sebuah imajinasi secara terstruktur yang selanjutnya dirumuskan dalam sebuah visi. 6 . termasuk bakat dan pengetahuan serta pengalaman pemimpin tersebut. sebagai dampak (out come) dari kegiatan atau program yang dijalankan dengan manajemen yang baik. Aspek Kemampuan Personal (internal resources).

yang dianalogikan dengan sifat-sifat alam. sebuah etika kepemimpinan jawa yang menguraikan tentang sifat-sifat kepemimpinan yang baik. Delapan watak utama tersebut diambil dari watak para Dewa bangsa kita yang merupakan manifestasi dari Gusti Kang Murbeng Dumadi. seorang pemimpin utama. Ke-delapan Dewa tersebut adalah :         Batara Wisnu : simbol bumi / tanah [earth] Batara Bayu : simbol angin / maruto [wind/hurricane] Batara Baruna : simbol air / laut [water/sea] Batari Ratih/Chandra : simbol bulan [moon] Batara Surya : simbol matahari [sun] Batara Indra : simbol langit / angkasa [sky] Batara Brama : simbol api / dahana [fire] Batara Kartika/Ismaya : simbol bintang [star] Batara Wisnu adalah Dewa Keabadian dan Kesejahteraan. meskipun tidak tampak tetapi dapat dirasakan berhembus tanpa henti. Sifat Angin adalah. air. yaitu: bumi. pemurah.C. Segala perilaku baik atau jelek kasar atau rumit di dunia dapat diketahui olehnya tanpa yang bersangkutan mengetahuinya. Sifat Bumi sendiri adalah sentosa. Sehingga. Hasta Brata adalah delapan laku. suci hati. Batara Bayu adalah Dewa Angin yang merupakan perlambang kekuatan. Ia bisa masuk ke mana saja ke seluruh penjuru dunia tanpa kesulitan. bersahaja. angin. api. matahari. suci. kuat. merata ke seluruh penjuru dan tempat. Sebagaimana Angin. dan masing-masing mewakili sifat dari alam raya. tindakan serta tingkah laku sehari-hari. yang tugasnya adalah memelihara dan membangun peradaban di bumi ini. memberikan segala kebutuhan yang diperlukan makhluk yang hidup di atasnya. teguh santosa. Ia melihat keadaan sekaligus memberikan kesejahteraan yang dilaluinya. pemurah serta selalu berusaha memperjuangkan kehidupan rakyat yang tergambar dalam tutur kata. HASTABRATA HASTA BRATA (delapan laku kebajikan). dan bintang. perlambang dari Kebijaksanaan. seorang pemimpin seharusnya bersifat 7 . seorang pemimpin seharusnya bersifat sentosa. angkasa. Sebagaimana Bumi. Menurut bahasa. Menjadi tumpuan bagi hidup dan pertumbuhan benih dari seluruh makhluk hidup. bulan. Hasta berarti delapan sedangkan Brata berarti laku. pendiam dan dahsyat. Perwatakannya gagah berani. watak atau sifat utama yang diambil dari sifat alam. watak atau sifat utama yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan oleh seorang pemimpin atau siapa saja yang terpilih menjadi pemimpin.

Batari Ratih adalah Dewi Bulan. tidak terlena oleh sanjungan dan mampu menampung segala aspirasi rakyat dari golongan maupun suku mana-pun serta bersifat pemaaf. Sifat Laut adalah Luas. menerima dan menjadi wadah apa saja. ia menguasai angkasa. berhatihati dalam bertindak seperti jalannya matahari yang tidak tergesa-gesa namun pasti dalam memberikan sinar cahayanya kepada semua makhluk tanpa pilih kasih. Sifat dari Matahari adalah terang benderang memancarkan sinarnya tiada pernah berhenti. di mana sifat Samudera bisa menampung seluruh air sungai dengan segala sesuatu yang ikut mengalir di dalamnya. Seorang panglima perang yang ulung yang laksana api dapat membasmi musuh dan segala kejahatan sekaligus bisa menjadi pelita bagi manusia yang sedang dalam kegelapan. Perwatakannya luhur. Sebagaimana Bulan. Batara Baruna adalah Dewa Laut atau Samudera. memberikan sinar kesejukan pada perasaan dan pandangan makhluk di bumi pada malam hari. bertugas menerangi dunia ini bersama-sama dengan Batara Kartika. Sifat Api adalah panas membara. tetapi kalau sudah berubah menjadi hujan merupakan berkah serta sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup. hujan dan petir. seluas samudera. seorang pemimpin harus bisa memberikan pencerahan kepada rakyat. segalanya diterangi. memberikan kesejahteraan dan memberi hujan di bumi. menghanguskan dan memusnahkan apa saja tanpa pandang bulu. Sifat Langit kadang sangat indah. Batara Surya adalah Dewa Matahari. kalau disulut akan ber kobar membakar. sering diutus untuk memberikan pahala kepada orang yang berjasa dalam kehidupannya. tidak tergesa-gesa. belas kasih dan bijaksana. seorang pemimpin hendaknya luas hati dan kesabarannya. tetapi juga sangat diperlukan dalam kehidupan. Sebagaimana Matahari. bulan bersinar di kala gelap malam tiba. dapat menampung apa saja yang jelek ataupun baik. seorang pemimpin harus berwibawa dan menakutkan bagi siapa saja yang berbuat salah dan melanggar peraturan. Sebagaimana Lautan. dan memberikan suasana tenteram dan teduh. Batara Brama adalah Dewa Api. pengasih dan cinta kepada seni serta keindahan. Sebagaimana 8 . ramah dan sabar kepada siapa saja. sabar. wataknya pelan. Batara Indra adalah Dewa Langit. Sebagaimana Langit. tetap sabar dan berwawasan sangat luas. diberinya sinar cahaya tanpa pandang bulu. sebagai planet pengiring matahari. seorang pemimpin hendaknya selalu rendah hati. menyuarakan dengan lantang kepentingan rakyat sebagai bagian dari kekuatan berkebangsaan. Namun di samping itu selalu berusaha juga untuk memberikan kesejahteraan. kadang menakutkan. Tidak mudah tersinggung bila dikritik. mempunyai tugas menerangi dunia. Ia menyediakan apa yang diperlukan di dunia. berbudi luhur serta menebarkan suasana tentram kepada rakyat. selalu dapat mencermati setiap permasalahan dari bangsa yang terjadi.teguh dan bersahaja. namun samudera tidak tumpah. Sifat Bulan adalah selalu berbuat lembut. memberi perkembangan hidup dan kesehatan kepada semua makhluk yang terjadi di siang hari. tidak pernah menolak apapun yang datang memasukinya.

Sesuai disebutkan diatas. seorang pemimpin harus berani menindak siapapun yang bersalah tanpa pilih kasih dengan berpijak kepada kebenaran dan keadilan . Keberadaan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi. menghiasi langit di malam hari. menyuarakan dengan lantang kepentingan rakyat sebagai bagian dari kekuatan berkebangsaan. budaya dan tingkah laku serta mempunyai konsep berpikir yang jelas. pasti akan membawa hasil (out put) serta dampak (out come) yang bisa positif atau negatif. selalu dapat mencermati setiap permasalahan dari bangsa yang terjadi. Seorang pemimpin seharusnya bersifat sentosa. Batara Kartika adalah Dewa Bintang. Hastabrata dengan lugas memberikan penjelasan yang membumi daripada teori kepemimpinan barat. Bertugas menerangi dunia inibersama-sama dengan Batari Ratih. tindakan serta tingkah laku sehari-hari. seorang pemimpin harus bisa menjadi kiblat kesusilaan.Api. Hasta Brata merupakan konsep sosial yang menguraikan tentang kepemimpinan yang baik. dengan beberapa pendekatan dan indikator yang terukur. D. 2. 9 . tidak mudah terombang-ambing. bertanggung jawab dan dapat dipercaya. menjadi kiblat dan sumber ilmu perbintangan. Seorang pemimpin seharusnya bersifat teguh dan bersahaja. Karena dewasa ini isu kepemimpinan baik nasional maupun di daerah tengah menjadi isu yang cukup menjadi perhatian semua kalangan. suci hati. memberikan sinar harapan dan pencerahan kepada makhluk di bumi pada malam hari. Secara lugasSifat-sifat kepemimpinan dalam hal ini seorang pemimpin yang bisa kita jadikan panutan yang berasal dari Hastabrata adalah 1. Hasta Brata memberikan konsep kepemimpinan menggunakan perumpamaan alam yang merupakan lingkungan sehari-hari kita sehingga mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN DAN HASTABRATA Pemahaman tentang konsep kepemimpinan di daerah. yang artinya adalah kesucian yang bersinar. pemurah serta selalu berusaha memperjuangkan kehidupan rakyat yang tergambar dalam tutur kata. Sifat Bintang adalah menyinari. Dengan demikian sehingga keberhasilan atau kegagalan seorang peminpin dapat dinilai atau diukur dari beberapa aspek tersebut. diera otonomi daerah yang lebih pro dengan rakyat sangat perlu bagi kita semua. nama lainnya adalah Sanghyang Ismaya. khususnya Manusia Indonesia yang menjunjung nilai luhur budaya bangsa. namun sebenarnya kepemimpinan tersebut dapat diukur dan dinilai dari beberapa aspek. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kepemimpinan itu bersifat abstrak. teguh. sebab Hasta Brata lebih dianggap dekat dengan manusia. komunitas atau masyarakat sebagai sebuah konsekuensi kontrak sosial antara pemimpin dengan yang dipimpin. Bercita-cita tinggi mencapai kemajuan bangsa. Sebagaimana Bintang.

bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Seorang pemimpin harus bisa memberikan pencerahan kepada rakyat. Dari sisi sejarah pun sudah dapat kita lihat bahwa sikap-sikap yang telah ditekankan di atas merupakan prinsip dasar untuk menjadi pemimpin yang baik. teguh. E. orang tersebut harus mengerti benar apa yang dimaksud dengan kepemimpinan dan nilai-nilai apa saja yang terkandung di dalamnya. Untuk mencetak seorang pemimpin yang baik. Semua itu sebenarnya dapat kita pelajari dari apa yang terdapat di alam sekitar kita. niscaya apa yang dipimpinnya selalu memiliki hasil seperti yang diharapkan oleh apa yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus berani menindak siapapun yang bersalah tanpa pilih kasih dengan berpijak kepada kebenaran dan keadilan . Jika sudah terlahir pemimpinpemimpin yang baik di negeri ini. Banyak sekali nilai/ilmu kepemimpinan yang dpat dipelajari dari alam sekitar kita. Bercita-cita tinggi mencapai kemajuan bangsa. Untuk melakukan hal itu diperlukan ketrampilan / kemampuan tentang kepemimpinan. budaya dan tingkah laku serta mempunyai konsep berpikir yang jelas. Dan apabila Hasta Brata dimiliki oleh setiap pemimpin. 4. 6. Seorang pemimpin harus berwibawa dan menakutkan bagi siapa saja yang berbuat salah dan melanggar peraturan.3. dapat harum lagi namanya di mata dunia seperti dahulu kala. Seorang pemimpin harus bisa menjadi kiblat kesusilaan. bukan tidak mungkin negara kita Indonesia tercinta. 7. Seorang pemimpin haruslah dapat mengemban amanah dan kepercayaan yang telah di berikan oleh anggotanya dan juga memperhatikan dan memenuhi seluruh keinginan dan harapan mereka. berbudi luhur serta menebarkan suasana tentram kepada rakyat. 8. KESIMPULAN Dari apa yang sudah disampaikan. Seorang pemimpin hendaknya luas hati dan kesabarannya. tidak mudah terombang-ambing. tidak terlena oleh sanjungan dan mampu menampung segala aspirasi rakyat dari golongan maupun suku mana-pun serta bersifat pemaaf. Seorang pemimpin hendaknya selalu rendah hati. Tidak mudah tersinggung bila dikritik. Ilmu inilah yang dibahas dan dijabarkan di dalam Hasta Brata dan dapat kita jadikan sebagai pedoman untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. berhati-hati dalam bertindak seperti jalannya matahari yang tidak tergesagesa namun pasti dalam memberikan sinar cahayanya kepada semua makhluk tanpa pilih kasih. kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan. 5. 10 . Namun di samping itu selalu berusaha juga untuk memberikan kesejahteraan.