Aurat dan Emansipasi Wanita

Lantas hal tersebut pun berubah menjadi sebuah demo besar-besaran di bundaran HI oleh sekelompok kaum wanita. Si korban yang dilecehkan memakai pakaian mini yang mengundang syahwat terhadap si pelecehnya. (QS. Dan didemo besar-besaran. Seberapa wajibkah wanita harus menutupi auratnya? 4. dan haknya sebagai seorang perempuan. Yang menjadi permasalahan yang akan dibahas pada makalah ini yaitu : 1. Malah dianggap mengancam kebebasan wanita dan harus segera diprotes. PERMASALAHAN. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur (jilbab)nya ke dadanya”. LATAR BELAKANG Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa sering terjadi pelecehan seksual yang telah terjadi di angkutan umum. Bagaimanakah pandangan Islam dalam memandang Emansipasi Wanita . Apa hubungan aurat dengan Emansipasi Wanita? 3. An-Nur : 30-31) Oleh karena itu. Pelecehan ini pun juga semata mata tidak ada penyebabnya. 2. Maha Suci Allah SWT. Seringkali ada pandangan. Mereka mengatakan bahwa hal tersebut semata karena merupakan bentuk kebebasan hak perempuan yang tidak bisa di jadikan alasan mengapa terjadi hal tersebut. yang sudah menetapkan batas wajar adab berpakaian bagi lakilaki maupun perempuan.BAB I PENDAHULUAN 1. Dan itu pun dianggap melanggar emansipasi wanita. kewajiban. bahwa ketika kebebasan berbusana dibatasi itu pun dibilang tidak sewajarnya. definisi emansipasi wanita perlu di perjelas lagi tujuannya sehingga mengetahui kodrat. Apakah pengertian Emansipasi Wanita dan aurat? 2. Seperti yang disampaikan Allah pada firman-Nya: “Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya.

TUJUAN Yang menjadi tujuannya adalah : 1. Pembaca memahami pentingnya menutup aurat . Bagaimana cara menyikapi Emansipasi Wanita tanpa melanggar aturan yng telah digariskan Allah SWT dalam Al-quran? 3. Pembaca mengerti pembahasan tentang topik diatas 3.5. Pembaca mengerti definisi emansipasi wanita dan aurat 2.

Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School).A. karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah.A. koran. Jepara. Woerjan. tetapi bukan istri utama. Sampai usia 12 tahun.A. juga ada majalah wanita Belanda De Hollandsche Lelie. Tjitrowikromo. Dari buku-buku.A. Karena Kartini bisa berbahasa Belanda. Kakeknya. Sosrokartono. keturunan langsung Raja Madura. Tetapi setelah usia 12 tahun. diangkat bupati dalam usia 25 tahun. adalah seorang yang pintar dalam bidang bahasa. Setelah perkawinan itu.BAB II PEMBAHASAN 1. Ayah Kartini pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. R. Pangeran Ario Tjondronegoro IV. Dari sisi ayahnya. Kartini pun kemudian .A. Dari kesemua saudara sekandung. Peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Kartini adalah anak perempuan tertua. Ia adalah putri dari istri pertama. Di antaranya terdapat majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang cukup berat. Kakak Kartini. maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R. Ibunya bernama M. ia juga menerima leestrommel (paket majalah yang diedarkan toko buku kepada langganan). Ngasirah. putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono. Sejarah Emansipasi Wanita Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. dan majalah Eropa. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi[2]. silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI. putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam). Karena M. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi. ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit. bupati Jepara. Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. seorang guru agama di Telukawur. Di sini antara lain Kartini belajar bahasa Belanda. Kartini banyak membaca surat kabar Semarang De Locomotief yang diasuh Pieter Brooshooft.

17 September 1904.A kartini. Anak pertama dan sekaligus terakhirnya. atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka. Rembang. Nama sekolah tersebut adalah "Sekolah Kartini". yang pada November 1901 sudah dibacanya dua kali. 1. Kecamatan Bulu.Surat-surat Kartini.M.Habis Gelap Terbitlah Terang 2. Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi wanita. Di antara buku yang dibaca Kartini sebelum berumur 20. K. sambil membuat catatancatatan. Dari suratsuratnya tampak Kartini membaca apa saja dengan penuh perhatian. Berikut daftar buku . An Indonesian Feminist 1900-1904 4. Madiun. dan kemudian di Surabaya. kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912. otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Yogyakarta.M. tapi juga masalah sosial umum.surat yang penuh dengan semangat dan perjuangan terutama bagi kaum wanita . Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan. roman-feminis karya Nyonya Goekoop deJong Van Beek dan sebuah roman anti-perang karangan Berta Von Suttner. Die Waffen Nieder (Letakkan Senjata). Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer. Kartini disuruh menikah dengan bupati Rembang. Beberapa hari kemudian.buku dan Surat . yang sudah pernah memiliki tiga istri. Semuanya berbahasa Belanda. Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya 3. karya Augusta de Witt yang sedang-sedang saja.Letters from Kartini. Kartini meninggal pada usia 25 tahun. Kartini dimakamkan di Desa Bulu.R. Kemudian karya Van Eeden yang bermutu tinggi. lahir pada tanggal 13 September 1904.beberapa kali mengirimkan tulisannya dan dimuat di De Hollandsche Lelie.Panggil Aku Kartini Saja . Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903. seorang tokoh Politik Etis. Lalu De Stille Kraacht (Kekuatan Gaib) karya Louis Coperus. Cirebon dan daerah lainnya. Kadang-kadang Kartini menyebut salah satu karangan atau mengutip beberapa kalimat. Oleh orangtuanya. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang. Kartini banyak menciptakan dan mengarang Buku . R. Malang.buku karangan R. terdapat judul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta karya Multatuli. Soesalit. Berkat kegigihannya Kartini.

Emansipasi wanita seringkali difahami secara keliru oleh para wanita di Indonesia sebagai menyetarakan kedudukan wanita dan laki-laki dalam segala hal. sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan. Seperti yang dibahas dari di atas. Setiap 21 April masyarakat Indonesia memperingati tanggal tersebut sebagai hari Ibu. . Abu Daud dan Baihaqi).. sesungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haidh (akil baligh) maka tak ada yang layak terlihat kecuali ini. status sosial dan lain-lain antara wanita dan pria yang dilakukan oleh kaum Wanita. Tanggal yang diambil dari kelahiran RA.Aku Mau . sedangkan untuk pria adalah bagian pusar (perut) ke bawah hingga lutut. baik itu atas gender. Dapat disimpulkan bahwa ‘emansipasi' adalah menyangkut persamaan hak. aurat bagi wanita adalah seluruh tubuhnya. Aurat (Arab: ‫ عورة‬Awrah) adalah bagian dari tubuh manusia yang diharamkan untuk dilihat dan dipegang.saw dengan pakaian yang tipis.5. Feminisme dan Nasionalisme. lantas Rasulullah berpaling darinya dan berkata : "Hai Asma. Seperti yang tercantum dalam hadits sebagai berikut : Dalam riwayat Aisyah RA. sosial." (HR. Pengertian emansipasi wanita. dan lain-lain. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903. 2.Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya 6. bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah.. Slogan yang senantiasa diusung dalam ‘perjuangan’ kaum wanita tersebut dikenal dengan istilah Emansipasi Wanita. aurat dan kaitannya Emansipasi dalam bahasa inggris ‘emancipation’ yang artinya emansipasi. ekonomi. emansipasi wanita adalah perjuangan persamaan hak. status sosial. Kartini yang diklaim sebagai pelopor semangat kebangkitan kaum wanita Indonesia dari keterbelakangan dan penindasan kaum laki-laki. Dalam Islam. kecuali kedua telapak tangan dan muka (Surah An Nuur 31 dan Al Ahzab 59). adalah sebagai berikut: emansipasi adalah pembebasan dari perbudakan dan persamaan hak di berbagai aspek kehidupan masyarakat (seperti persamaan hak kaum wanita dengan kaum pria). Dalam pengertian secara keseluruhan. pembebasan dan kemerdekaan.Dalam kamus besar bahasa Indonesia.

. dia pasti akan menyerang pengertian emansipasi yang ada seperti sekarang ini. tetapi apakah ibu sendiri menganggap masyarakat Eropa itu sempurna? Dapatkah ibu menyangkal bahwa dibalik hal yang indah dalam masyarakat ibu terdapat banyak hal-hal yang sama sekali tidak patut disebut sebagai peradaban?." ? (Surat Kartini kepada Ny. Bahkan di mana-mana sering ditemui anak muda atau bahkan yang sudah ibu-ibu memakai pakaian berbahan ‘irit’ tersebut. Paradigma barat yang selalu melekat pada emansipasi wanita saat ini. sebab menurut Kartini. Maafkan kami. Hal ini tertuang dalam surat Kartini kepada Nyonya Abendanon. tadinya kami mengira bahwa masyarakat Eropa itu benarbenar satu-satunya yang paling baik. perempuan dan laki-laki itu memiliki keunggulan dan juga kelemahannya masing-masing yang unik. Kartini akan menyerang keinginan perempuan untuk menjadi seperti pria yang sebenarnya berangkat dari perasaan rendah diri dan pengakuan jika pria lebih unggul. Abendanon 27 Oktober 1902) Jika Kartini sekarang masih hidup. Hal seperti ini sangat lumrah di kalangan masyarakat. 27 Oktober 1902 "Sudah lewat masanya. sebab itu mereka memerlukan satu dengan yang lainnya. saling melengkapi. Pandangan Islam terhadap Emansipasi Wanita .. Kartini bahkan menyerang peradaban barat. Mereka menginginkan tidak ada pembedaan dalam hak dan kebebasan antara laki-laki dan wanita termasuk dalam kebebasan berpakaian bagi para wanita.politik maupun beragama. Seperti yang kita ketahui saat ini emansipasi wanita seringkali digembar-gemborkan dengan paradigma bahwa kaum wanita mempunyai hak dan kebebasan yang sama dengan kaum pria yang sehingga muncul tindakan yang memakai pakaian di luar batas aurat yang diwajibkan. Kartini akan menyerang kontes ratu-ratuan yang mengumbar aurat. tiada taranya. 3. Maka adalah salah besar jika menganggap Kartini mencita-citakan persamaan antara perempuan dan laki-laki seperti dalam paradigma tersebut.

.

html .yahoo.org/wiki/Aurat http://abinyaazka.html http://narutomourahclub.blogspot.com/2010/09/dalil-dan-hadist-aurat-wanita-dan-hukum.answers.blogspot.com/question/index?qid=20080826050402AAvqyB9 http://id.com/2011/04/hari-kartini-dan-emansipasi-parawanita.wikipedia.http://id.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful