Obat-obatan & ibu menyusui - Thread Not Solved Yet Obat-obatan & ibu menyusui

Sebagian besar obat-batan belum diuji pada wanita menyusui sehingga belum diketahui secara pasti bagaimana pengaruhnya terhadap anak yang disusuinya. Karena sangat sedikit masalah yang telah dilaporkan, maka meminum obat yang dijual bebas dan obat yang diresepkan, dalam jumlah tidak terlalu banyak dan hanya jika diperlukan, akan aman. Bahkan ibu-ibu yang harus meminum obat secara rutin setiap hari untuk penyakit yang dideritanya (misalnya epilepsi, diabetes atau hipertensi) biasanya bisa menyusui anaknya. Meskipun demikian, ibu masih tetap harus berkonsultasi dengan dokter anaknya. Untuk meminimalkan pemaparan obat-obatan pada bayi yang disusui, ibu sebaiknya meminum obat setelah menyusui atau sebelum bayi tidur.

Obat-obatan yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui

Pada bulan Januari 1994, The American Academy of Pediatrics telah mengeluarkan daftar obat yang biasanya bisa diberikan pada ibu menyusui: # Asetaminofen # Antibiotik # Anti-epilepsi (Primidon harus dibawah pengawasan) # Antihistamin # Alkohol dalam jumlah terbatas (dalam jumlah banyak, pada bayi, alkohol bisa menyebabkan ngantuk, kelemahan dan penambahan berat badan abnormal) # Anti-hipertensi # Aspirin (harus dibawah pengawasan) # Kafein # Dekongestan # Ibuprofen # Insulin # Kuinin # Obat tiroid.

Obat-obatan yang tidak aman dikonsumsi oleh ibu menyusui

Beberapa jenis obat hanya boleh diminum oleh ibu menyusui jika ibu berhenti menyusui selama

beberapa hari atau beberapa minggu. Agar produksi ASI tetap terjaga, selama ibu berhenti menyusui, ibu bisa memompa ASI dan membuangnya, sementara bayinya bisa meminum ASI yang sebelumnya telah dibekukan atau minum susu formula.

Obat-obatan radioaktif yang digunakan untuk pemeriksaan diagnostik tertentu (misalnya Gallium-69, Iodine-125, Iodine-131 atau Technetium-99m) bisa digunakan asalkan untuk sementara waktu ibu berhenti menyusui.

Obat-obatan yang sebaiknya tidak diminum oleh ibu menyusui adalah: # Bromokriptin (obat untuk penyakit Parkinson, juga menyebabkan berkurangnya pembentukan ASI) # Sebagian besar obat-obat kemoterapi untuk kanker (obat ini membunuh sel-sel di dalam tubuh ibu sehingga bisa melukai bayinya) # Ergotamin (untuk sakit kepala migren, karena menyebabkan muntah, diare dan kejang pada bayi) # Litium (untuk penyakit manik-depresif, karena dikeluarkan melalui ASI) # Metotreksat (untuk artritis, karena bisa menekan sistem kekebalan bayi) # Obat-obatan yang disalahgunakan.

Beberapa jenis obat, seperti kokain dan PCP, bisa menimbulkan keracunan pada bayi. Amfetamin, Heroin dan marijuana bisa menyebabkan iritabilitas, pola tidur yang buruk, tremor dan muntah. Bayi juga menjadi ketagihan terhadap obat-obat tersebut. # Merokok tembakau. Ibu menyusui sebaiknya tidak merokok. Nikotin bisa menyebabkan muntah, diare dan gelisah pada bayi; juga akan mengurangi pembentukan ASI. Ibu menyusui yang merokok aktif maupun pasif, bisa meningkatkan resiko terjadinya sudden infant death syndrome (SIDS, sindroma kematian bayi mendadak) dan infeksi saluran pernafasan dan telinga.

sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m

MaPhia Black

  
Search...

About Me

MaPhia BlacK *MiztEriOuzZ *Kawaii *ImOutzZ *ManiEzZ Lihat profil lengkapku

My COMMUNITY

TinggaLkan jEjak
<a href="http://www.shoutmix.com/?nouna_dho">View shoutbox</a> ShoutMix chat widget

FoLLow mE Ukey??

LABELS
                                      

AFGAN SYAHREZA (1) Agnes Davonar (1) ANALISA (5) ARTIKEL (11) ARTIKEL KESEHATAN (5) ASUHAN KEBIDANAN (12) ASUHAN KEPERAWATAN (1) ASUHAN NEONATUS (14) Avenged Sevenfold (2) BERBAGI CERITA HANTU (1) BISNIS ONLINE (3) BISNIS WARNET (5) Bondan ft. Fade2Black (2) BUG DORK (1) CONTOH ASUHAN KEBIDANAN (88) DADALI (1) EKONOMI MAKRO (2) EKONOMI MIKRO (2) EPISTEMOLOGI (34) ETIKA PROFESI DAN HUKUM KEBIDANAN (4) FAKULTAS HUKUM (2) FILSAFAT ILMU (1) FORMAT PENGKAJIAN (13) GIZI REPRODUKSI (3) KOMPUTER_MANIA (5) KONTES SEO (1) KOTAK (1) KUMPULAN PENYAKIT (2) LAPORAN GIZI REPRODUKSI (2) LARA HATI (1) MAKALAH ASUHAN KEBIDANAN (3) MAKALAH BIOLOGI REPRODUKSI (2) MAKALAH GIZI REPRODUKSI (1) MAKALAH ASUHAN KEBIDANAN (3) MAKALAH ASUHAN NEONATUS (6) MAKALAH ASUHAN PERSALINAN (1) MAKALAH FARMAKOLOGI (3) MAKALAH KESEHATAN REPRODUKSI (2) MAKALAH KOMUNIKASI KESEHATAN (1)

                         

MAKALAH PENGANTAR KEBIDANAN (1) MANAJEMEN INFORMATIKA (1) MATHEMATICS (1) MoZZa (1) MUOZA_LUPH (1) NEWSLATTER (1) NOUNA DHO (19) PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (1) PENYAKIT IBU HAMIL (1) PROGRAMER (1) PROMOSI KESEHATAN (1) PSIKOLOGI (1) REALIGI (5) REMAJA (3) SATUAN PENYULUHAN (3) SENSEI ANNE AHIRA (17) SEVENTEEN (1) SMASH (1) Suharti S.S.T. S.Pd (1) TIPE - X (1) TIPS (5) TOKOH DUNIA (4) TRIK (12) TUTORIAL PHP (1) UNGU CLIQUERZ (1) WEBSITE (5)

.:: LINK EXCHANGE ::.
<a href="http://maphiablack.blogspot.com/"><b><blink>MaPhia ? ? ? ??? ? Black</blink></b></a><br/>

|K|ibim's |B|log --> L <-Ladida Cafe Let's Be Smart Lora Malunk Blog --> M <-MagaHaya! .

com Planet Hobbies Prapatan Kertek Simple Blog --> R <-Rainbow Lady's Challenge Blog Rasyakreebo RINKO SAMANI BLOG Recipes Health Beauty Run-D BLoG --> S <-Shanushy Ngeblog .Mahakarya Blog Yoedha Majapahit 1478 Majapahit Info Mantab Jaya Blog Masakan Khas Indonesia Me and Coffe Midi Karaoke Henny Fadilla Mimpi Okkanz Mascipul[dot]com MISS SIDAMULYA Modern Technology Modification Blog Movie Online Site Mr. Dhie Music Instrument Myria DiFa --> N <-Natural Health *Nova Maya Sari* --> O <-Obat Sakit 2011 Obet_Master7 Ody_Ercha OJ Free Backlink OZENK POTGIETER OZY-W --> P <-Parking Pengelana Jagat Penghuni 60 Pier's BLOG | Kumpulan Askep .Artikel Kesehatan Pinginbelajar.

COM --> T <-Tambelan Blog TanThowi.com Terminal Transit the dark anco Tips Online | Aulia Net | Bermain Blog Tutorial Blogging Tutorial Blog Terbaru Tulus Dari Hati --> U <-Urang Kapuas --> V <-V12gether Blog --> W <-Warna Tulisan wArNa-wArNa cErIa.XNOTHINGTOLOSE SHOP --> Y <-Yang Penting SHARE Yayat's Blog YobelCELL AUTOREFILL --> Z <-Zulfa Bakery . Weblog Zauma Zalfiah Wedding Dresses Wicak Kudus Kretek Widodo World Cup 2010 South Africa --> X <-..Saonone's Online Notes S@ndhie Salomegank Se Avancee Se-Masa Setya Blog Share With Irfan Shawn Ann's World Silver Nitrate SMILENET4U Soni Site's STICKSERIES.

Jumat.sehingga insane kesehatan di tuntut untuk selalu memperbaiki dan mengembangkan ilmu yang di miliki demi keparipurnaan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. semoga mkakalah ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi mahasiswa pada umumnya.prodi D3KEBIDANAN. Oleh karena itu. 21 Januari 2011 ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU NIFAS Diposkan oleh MaPhia BlacK di 18:28 BAB I PENDAHULUAN 1.2 Tujuan 1. khususnya di sini adalah bagi mahasiswa STIKES BHAKTI AL-QODIRI.Belakangan persainganpun tidak dapat di elakkan. kritikan dan saran sangat di harapkan demi perbaikan untuk makalah selanjutnya.3 Rumusan masalah 1. Makalah ini di lengkapi dengan asuhan kebidanan. Untuk mengetahui bagaimana cara penulisan asuhan kebidanan yang baik dan benar.1 Latar belakang Dewasa ini ilmu kesehatan berkembang sangat pesat. Akhirnya. Penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk mengetahui cara memberikan asuhan kebidanan yang baik. Bagaimana asuhan kebidanan pada ibu posh partum? . Makalah ini di susun khusus untuk menambah referensi dalam keilmuan tenaga kesehatan. 1.Karena petugas kesehatan di tuntut untuk paripurna dalam memberikan pelayanan. 2. 1. dengan harapan makalah ini dapat membantu terlaksananya proses perkuliahan yang berkualitas.

diperkirakan bahwa 60% kematian ibu akibat kehamilan terjadi setelah persalinan. spiritual. Dengan pemantauan dan asuhan yang dilakukan pada ibu dan bayi pada masa nifas diharapkan dapat mencegah atau bahkan menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. bidan menggunakan asuhan yang berupa memantau keadaan fisik. ibu akan melalui fase-fase sebagai berikut : 1) Fase Taking In Fase ini merupakan fase ketergantungan yang berlangsung dari hari pertama sampai hari kedua setelah melahirkan. disamping nafsu makan ibu yang memang sedang meningkat.1 Adaptasi Psikologis Ibu Nifas Masa nifas merupakan masa yang paling kritis dalam kehidupan ibu maupun bayi. psikologis. Hal ini membuat ibu cenderung menjadi pasif terhadap lingkungannya. perlu diperhatikan pemberian ekstra makanan untuk proses pemulihannya. kesejahteraan sosial ibu/keluarga. Oleh karena itu kondisi ini perlu dipahami dengan menjaga komunikasi yang baik. Pengalaman selama proses persalinan sering berulang diceritakannya. ibu nifas menjadi sangat sensitive. seperti mudah tersinggung. dan 50% kematian masa nifas terjadi dalam 24 jam pertama. . Pada masa ini. Dalam menjalani adaptasi setelah melahirkan. sehingga diperlukan pengertian dari keluarga-keluarga terdekat. Setelah proses kelahiran tanggung jawab keluarga bertambah dengan hadirnya bayi yang baru lahir. Dalam memberikan pelayanan pada masa nifas. Pada saat ini fokus perhatian ibu terutama pada bayinya sendiri. Pada fase ini. Kelelahannya membuat ibu perlu cukup istirahat untuk mencegah gejala kurang tidur. memberikan pendidikan dan penyuluhan secara terus menerus. dorongan serta perhatian anggota keluarga lainnya merupakan dukungan positif bagi ibu. Perubahan psikologis mempunyai peranan yang sangat penting. Peran bidan sangat penting dalam hal memberi pegarahan pada keluarga tentang kondisi ibu serta pendekatan psikologis yang dilakukan bidan pada ibu nifas agar tidak terjadi perubahan psikologis yang patologis.

pengunjung dan suami. taking hold dan letting go yang merupakan perubahan perasaan sebagai respon alami terhadap rasa lelah yang dirasakan dan akan kembali secara perlahan setelah ibu dapat menyesuaikan diri dengan peran barunya dan tumbuh kembali pada keadaan normal. Keinginan untuk merawat diri dan bayinya meningkat pada fase ini. Oleh karena itu ibu memerlukan dukungan karena sat ini merupakan kesempatan yang baik untuk menerima berbagai penyuluhan dalam merawat diri dan bayinya sehingga tumbuh rasa percaya diri. 3) Fase Letting Go Fase ini merupakan fase menerima tanggung jawab akan peran barunya yang berlangsung 10 hari setelah melahirkan. Sejak dalam kandungan bayi hanya mengenal ibu yang memberinya rasa aman dan nyaman sehingga stress yang dialaminya tidak bertambah berat. Dengan bertemu dan mengenal suami serta keluarga ibu. Walaupun perubahan-perubahan terjadi sedemikian rupa. Pada fase taking hold. Perubahan perasaan ini merupakan respon alami terhadap rasa lelah yang dirasakan. sehingga sulit menerima kahadiran bayinya. Keadaan ini disebut dengan baby blues. bidan akan memiliki pandangan yang lebih mendalam terhadap setiap permasalahan yang mendasarinya. Ibu sudah mulai menyesuaikan diri dengan ketergantungan bayinya. ibu merasa khawatir akan ketidakmampuan dan rasa tanggung jawabnya dalam merawat bayi. bidan dapat mengantisipasi hal-hal yang bias menimbulkan stress psikologis. Fase-fase adaptasi ibu nifas yaitu taking in. ibu sebaiknya tetap menjalani ikatan batin dengan bayinya sejak awal. Banyak ketakutan dan kekhawatiran pada ibu yang baru melahirkan terjadi akibat persoalan yang sederhana dan dapat diatasi dengan mudah atau sebenarnya dapat dicegah oleh staf keperawatan. . Selain itu perasaan yang sangat sensitive sehingga mudah tersinggung jika komunikasinya kurang hati-hati. Ada kalanya ibu mengalami perasaan sedih yang berkaitan dengan bayinya.2) Fase Taking hold Fase ini berlangsung antara 3-10 hari setelah melahirkan. yang disebabkan oleh perubahan perasaan yang dialami ibu saat hamil.

khawatir. sedih. merasa hilang semangat. yang disebabkan oleh perubahan perasaan yang dialami ibu saat hamil sehingga sulit menerima kehadiran bayinya. adanya perasaan kehilangan secara fisik sesudah melahirkan yang menjurus pada suatu perasaan sedih. tubuh ibu mengalami perubahan besar dalam jumlah hormone sehingga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Keadaan ini disebut baby blues. Perubahan perasaan ini merupakan respon alami terhadap rasa lelah yang dirasakan. Penyebab yang menonjol adalah :  Kekecewaan emosional yang mengikuti rasa puas dan takut yang dialami kebanyakan wanita selama kehamilan dan persalinan. hadirnya seorang bayi dapat membuat perbedaan besar pada kehidupan ibu dalam hubungannya dengan suami. perubahan hormonal. Perubahan ini akan kembali secara perlahan setelah ibu dapat menyesuaikan diri dengan peranan barunya dan tumbuh kembali dalam keadaan normal.  Rasa sakit pada masa nifas\  elelahan karena kurang tidur selama persalinan  Kecemasan ketidakmampuan merawat bayi setelah pulang dari rumah sakit  Rasa takut tidak menarik lagi bagi suami Gejala-gejalanya antara lain : Sangat emosional. Selain itu. mudah marah dan gelisah. Disini hormon memainkan peranan utama dalam hal bagaimana ibu bereaksi terhadap situasi yang berbeda. maupun anggota keluarga lain. . Etiologi : berbagai perubahan yang terjadi dalam tubuh wanita selama kehamilan dan perubahan cara hidupnya sesudah mempunyai bayi. juga karena semua perubahan fisik dan emosional selama beberapa bulan kehamilan. Disamping perubahan fisik. kurang merasa menerima bayi yang baru dilahirkan. orang tua. kurang percaya diri. harga diri rendah. sangat kelelahan. menangis tanpa sebab jelas. mudah tersinggung.Ada kalanya ibu mengalami perasaan sedih yang berkaitan dengan bayinya. Post partum blues ini dialami 80% wanita setelah bersalin yaitu merupakan semacam perasaan sedih atau uring-uringan yang melanda ibu dan timbul dalam jangka waktu dua hari sampai dua minggu pasca persalinan. Setelah melahirkan dan lepasnya plasenta dari dinding rahim. tidak sabaran. terlalu sensitive.

suami dan keluarga bahwa hal ini merupakan suatu hal yang umum dan akan hilang sendiri dalam dua minggu setelah melahirkan. jika depresi yang ibu alami berkepanjangan mungkin ibu perlu perawatan dirumah sakit. apalagi bila ada sisa-sisa bekuan darah dalam rahim.Hal-hal yang dapat dilakukan seorang bidan :  Menciptakan ikatan antara bayi dan ibu sedini mungkin  Memberikan penjelasan pada ibu. Gangguan Rasa Nyeri pada Ibu Nifas  Kram perut Perempuan yang pertama kali melahirkan akan mengalami kontraksi rahim yang cenderung bersifat tonik menimbulkan nyeri perut seperti “kram”. gejala fisik seperti banyak wanita sulit bernafas atau perasaan berdebar-debar. A. perasaan tidak berdaya atau kehilangan control. memberikan bantuan dalam merawat bayi dan dorongan pada ibu agar tumbuh rasa percaya diri. Nyeri perut ini juga dapat timbul saat bayi mengisap payudara. sedikit atau tidak ada perhatian terhadap penampilan pribadi. Jika ditemukan sejak dini penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat-obatan dan konsultasi dengan psikiater. Oleh karena itu penting sekali bagi seorang bidan untuk mengetahui gejala dan tanda dari post partum blues sehingga dapat mengambil tindakan mana yang dapat diatasi dan mana yang memerlukan rujukan kepada yang lebih ahli dalam bidang psikologi.  Memberikan bantuan dalam merawat bayi  Menganjurkan agar beristirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi Post partum blues ini apabila tidak ditangani secara tepat dapat menjadi lebih buruk atau lebih berat. tidak menyukai atau takut menyentuh bayi. terlalu cemas atau tidak perhatian sama sekali pada bayi. nafsu makan hilang. post partum yang lebih berat disebut post partum depresi (PPD) yang melanda sekitar 10% ibu baru. Gejala-gejalanya : sulit tidur bahkan saat bayi telah tidur. Kadangkala nyeri ini sangat hebat dan membutuhkan obat pereda nyeri.  Simpati. Biasanya keluhan nyeri . pikiran yang menakutkan mengenai bayi.

bila perlu berikan analgesik. dan sebagainya). ASI dikeluarkan dengan tangan atau pompa dan diberikan pada bayi dengan cangkir/sendok. Menyusui bayi tanpa jadwal (nir jadwal dan on demand). penggunaan bra yang ketat serta keadaan puting susu yang tidak bersih dapat menyebabkan sumbatan pada duktus. sehingga sisa ASI terkumpul pada daerah duktus. Lakukan perawatan payudara pasca persalinan (masase. sakit. Jangan memberikan minuman lain pada bayi.  Pembengkakan Payudara a) Penyebab Payudara bengkak disebabkan karena menyusui yang tidak kontinyu. dan ASI tidak keluar kemudian badan menjadi demam setelah 24 jam. Keluarkan sedikit ASI sebelum menyusui agar payudara lebih lembek. puting susu kencang. b) Gejala Perlu dibedakan antara payudara bengkak dengan payudara penuh. panas dan keras.menghilang dengan sendirinya. . Menyusui bayi segera setelah lahir dengan posisi dan perlekatan yang benar. Bila ASI dikeluarkan tidak ada demam. Pada payudara bengkak: payudara odem. tidur tengkurap dengan bantal dibawah perut. sehingga lebih mudah memasukkannya ke dalam mulut bayi. Bila bayi belum dapat menyusu. c) Pencegahan 1. Rasa nyeri pada perut ini disebabkan oleh kontraksi dan relaksasi yang terus-menerus pada uterus banyak terjadi pada multipara. Selain itu. 2. kulit mengkilat walau tidak merah. Sedangkan pada payudara penuh: payudara terasa berat. Hal ini dapat terjadi pada hari ke tiga setelah melahirkan. 2. Keluarkan ASI dengan tangan/pompa bila produksi melebihi kebutuhan bayi. 5. 4. 3. d) Penatalaksanaan 1. Anjurkan ibu untuk mengosongkan kandung kemih.

psikologis. (2001). Makan makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan perbanyak minum. Perawatan perineum adalah pemenuhan kebutuhan untuk menyehatkan daerah antara paha yang dibatasi vulva dan anus pada ibu yang dalam masa antara kelahiran placenta sampai dengan kembalinya organ genetik seperti pada waktu sebelum hamil.  Nyeri Perineum Pengertian Perawatan Luka Perineum Perawatan adalah proses pemenuhan kebutuhan dasar manusia (biologis. 5. adalah pencegahan terjadinya infeksi pada saluran reproduksi yang terjadi dalam 28 hari setelah kelahiran anak atau aborsi. 4. 8. 6. Bentuk Luka Perineum Bentuk luka perineum setelah melahirkan ada 2 macam yaitu : 1. (Hamilton. Sedangkan menurut Moorhouse et. 2004). al. Bentuk rupture biasanya tidak teratur sehingga jaringan yang robek sulit dilakukan penjahitan. Tujuan Perawatan Perineum Tujuan perawatan perineum menurut Hamilton (2002). Rupture Rupture adalah luka pada perineum yang diakibatkan oleh rusaknya jaringan secara alamiah karena proses desakan kepala janin atau bahu pada saat proses persalinan. Post Partum adalah selang waktu antara kelahiran placenta sampai dengan kembalinya organ genetik seperti pada waktu sebelum hamil (Mochtar. 2002). Untuk mengurangi rasa sakit dapat diberi kompres hangat dan dingin. bermanfaat untuk membantu memperlancar pengeluaran ASI. 2000). Lakukan pemijatan pada daerah payudara yang bengkak.3. Tetap mengeluarkan ASI sesering yang diperlukan sampai bendungan teratasi. . sebaiknya ibu tetap rileks. Bila ibu demam dapat diberikan obat penurun demam dan pengurang sakit. 7. Perineum adalah daerah antara kedua belah paha yang dibatasi oleh vulva dan anus (Danis. Pada saat menyusui. adalah mencegah terjadinya infeksi sehubungan dengan penyembuhan jaringan. 2002). sosial dan spiritual) dalam rentang sakit sampai dengan sehat (Aziz.

Mencegah kontaminasi dari rektum 2. Arteri pudenda interna 3. lingkup perawatan perineum adalah 1. Tuberositas ischii 2. Episotomi Episiotomi adalah sebuah irisan bedah pada perineum untuk memperbesar muara vagina yang dilakukan tepat sebelum keluarnya kepala bayi (Eisenberg. A. Insisi episiotomi dapat dilakukan di garis tengah atau mediolateral. Episiotomi. 2001). kecuali bila pasien sudah diberi anestasi epiderual. 2002). Bersihkan semua keluaran yang menjadi sumber bakteri dan bau.2. Pada gambar berikut ini dijelaskan tipe episotomi dan rupture yang sering dijumpai dalam proses persalinan yaitu : 1. Sedangkan menurut Hamilton (2002). Insisi garis tengah mempunyai keuntungan karena tidak banyak pembuluh darah besar dijumpai disini dan daerah ini lebih mudah diperbaiki (Jones Derek. Episiotomi medial 2. Waktu Perawatan Menurut Feerer (2001). 1996). Tindakan ini dilakukan jika perineum diperkirakan akan robek teregang oleh kepala janin. Saat mandi . suatu tindakan yang disengaja pada perineum dan vagina yang sedang dalam keadaan meregang. waktu perawatan perineum adalah 1. harus dilakukan infiltrasi perineum dengan anestasi lokal. Episiotomi mediolateral Sedangkan rupture meliputi 1.. Arteri rektalis inferior Lingkup Perawatan Lingkup perawatan perineum ditujukan untuk pencegahan infeksi organ-organ reproduksi yang disebabkan oleh masuknya mikroorganisme yang masuk melalui vulva yang terbuka atau akibat dari perkembangbiakan bakteri pada peralatan penampung lochea (pembalut) (Feerer. Menangani dengan lembut pada jaringan yang terkena trauma 3.

2. untuk itu maka perlu dilakukan penggantian pembalut. Penatalaksanaan 1. Setelah buang air besar. Sedangkan bahan yang digunakan adalah air hangat. pembalut nifas baru dan antiseptik (Fereer.Pada saat mandi. baskom dan gayung atau shower air hangat dan handuk bersih. Mengisi botol plastik yang dimiliki dengan air hangat . Ibu Pos Partum Perawatan perineum sebaiknya dilakukan di kamar mandi dengan posisi ibu jongkok jika ibu telah mampu atau berdiri dengan posisi kaki terbuka. untuk itu diperlukan pembersihan perineum. 2001). Setelah buang air kecil Pada saat buang air kecil. diperlukan pembersihan sisa-sisa kotoran disekitar anus. kebersihan. mencegah infeksi. 3. Alat dan bahan Alat yang digunakan adalah botol. b. Pada saat buang air besar. setelah terbuka maka ada kemungkinan terjadi kontaminasi bakteri pada cairan yang tertampung pada pembalut. demikian pula pada perineum ibu. Penatalaksanaan Perawatan khusus perineal bagi wanita setelah melahirkan anak mengurangi rasa ketidaknyamanan. untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dari anus ke perineum yang letaknya bersebelahan maka diperlukan proses pembersihan anus dan perineum secara keseluruhan. dan meningkatkan penyembuhan dengan prosedur pelaksanaan menurut Hamilton (2002) adalah sebagai berikut: a. Persiapan a. pada saat buang air kecil kemungkinan besar terjadi kontaminasi air seni padarektum akibatnya dapat memicu pertumbuhan bakteri pada perineum untuk itu diperlukan pembersihan perineum. Mencuci tangannya b. ibu post partum pasti melepas pembalut. 2.

Antibiotik spektrum luas / spesifik : Efektif bila diberikan segera sebelum pembedahan untuk patolagi spesifik atau kontaminasi bakteri. Dapat terjadi penipisan proteinkalori. b. h. tidak efektif karena koagulasi intrvaskular. sehingga menyebabkan glukosa darah meningkat. Antikoagulan : Dapat menyebabkan hemoragi.c. Sarana prasarana . Obat-obatan a. 3. Jika diberikan setelah luka ditutup. Pasang pembalut dari depan ke belakang. Berkemih dan BAB ke toilet e. Posisi pembalut tepat c. Cuci kembali tangan 3. g. Perineum tidak lembab b. Buang pembalut yang telah penuh dengan gerakan ke bawah mengarah ke rectum dan letakkan pembalut tersebut ke dalam kantung plastik. 4. Gizi Faktor gizi terutama protein akan sangat mempengaruhi terhadap proses penyembuhan luka pada perineum karena penggantian jaringan sangat membutuhkan protein. Keringkan perineum dengan menggunakan tissue dari depan ke belakang. Ibu merasa nyaman Faktor yang Mempengaruhi Perawatan Perineum 1. Semprotkan ke seluruh perineum dengan air f. d. 2. Evaluasi Parameter yang digunakan dalam evaluasi hasil perawatan adalah: a. Salah satu sifat genetik yang mempengaruhi adalah kemampuan dalam sekresi insulin dapat dihambat. Steroid : Dapat menyamarkan adanya infeksi dengan menggangu respon inflamasi normal. Keturunan Sifat genetik seseorang akan mempengaruhi kemampuan dirinya dalam penyembuhan luka. c.

ikan dan daging ayam. Pada anak normal. Masalah ini umum ditemui pada anak-anak. Komplikasi Munculnya infeksi pada perineum dapat merambat pada saluran kandung kemih ataupun pada jalan lahir yang dapat berakibat pada munculnya komplikasi infeksi kandung kemih maupun infeksi pada jalan lahir. Buang air besar mungkin disertai rasa sakit dan menjadi lebih jarang dari biasa. 2004). akan mempengaruhi asupan gizi ibu yang akan sangat mempengaruhi penyembuhan luka. Infeksi Kondisi perineum yang terkena lokia dan lembab akan sangat menunjang perkembangbiakan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya infeksi pada perineum. Penanganan konstipasi hanya diperlukan jika pola BAB atau konsistensi feses menyebabkan masalah pada anak. Budaya dan Keyakinan Budaya dan keyakinan akan mempengaruhi penyembuhan perineum.  Konstipasi Konstipasi adalah kondisi di mana feses memiliki konsistensi keras dan sulit dikeluarkan. 2. Dengan demikian frekuensi BAB yang lebih jarang atau konsistensi feses yang sedikit lebih padat dari biasa tidak selalu harus ditangani sebagai konstipasi. konsistensi feses dan frekuensi BAB dapat berbeda-beda. misalnya kebiasaan tarak telur. Umumnya . misalnya kemampuan ibu dalam menyediakan antiseptik. Kematian ibu post partum Penanganan komplikasi yang lambat dapat menyebabkan terjadinya kematian pada ibu post partum mengingat kondisi fisik ibu post partum masih lemah (Suwiyoga. Bayi yang disusui formula dan anak yang lebih besar mungkin mengalami BAB setiap 2-3 hari. 3. Dampak Dari Perawatan Luka Perineum Perawatan perineum yang dilakukan dengan baik dapat menghindarkan hal berikut ini : 1. 5.Kemampuan ibu dalam menyediakan sarana dan prasarana dalam perawatan perineum akan sangat mempengaruhi penyembuhan perineum. Bayi yang disusui ASI mungkin mengalami BAB setiap selesai disusui atau hanya sekali dalam 7-10 hari.

dengan nutrisi yang baik. Hal ini disebut encopresis atau fecal incontinence. masalah ini dapat ditangani.  Nutrisi yang buruk. Jika anak mengalami konstipasi yang cukup berat. misalnya antasid. serta rendah serat (sayuran. BAB mungkin disertai rasa sakit Turun atau hilangnya napsu makan Rewel Mual atau muntah Turunnya berat badan Noda feses di celana dalam anak yang menandakan banyaknya feses yang tertahan di rektum (bagian usus besar terdekat dengan anus).  Kebiasaan BAB yang tidak baik.  Beberapa obat dapat menyebabkan konstipasi. Kurangnya aktivitas fisik. dan obat batuk yang mengandung kodein. obat pereda nyeri. fenobarbital (obat kejang). misalnya pada anak dengan riwayat feses yang lebih padat dari normal pada minggu-minggu awal setelah lahir. dan penggunaan obat yang sesuai jika diperlukan.   Kurangnya asupan cairan. whole grains). misalnya tidak tersedianya cukup waktu untuk BAB dengan tuntas. Gejala dan Tanda Konstipasi dapat menyebabkan gejala berikut:       Sakit perut. perbaikan kebiasaan BAB. misalnya yang tinggi lemak hewani dan gula (pencuci mulut.  Mengedan untuk mengeluarkan feses yang keras dapat menyebabkan robekan kecil pada lapisan mukosa anus (anal fissure) dan perdarahan  Konstipasi meningkatkan risiko infeksi saluran kemih Konstipasi dapat disebabkan oleh:  Kecenderungan alami gerakan usus yang lebih lambat. . ia dapat kehilangan kemampuan merasakan kebutuhan ke toilet untuk BAB sehingga menyebabkan anak BAB di celananya. makananmakanan manis). buah-buahan.

banyak minum Diare. Jika anak belum siap untuk menjalani toilet training. tidak tahan cuaca dingin. kemungkinan masalah organik yang mungkin menyebabkan konstipasi harus diteliti dengan lebih cermat. Toilet training pada anak yang belum siap secara emosional dapat mengakibatkan anak memberontak dengan menahan keinginan BAB. Namun sebab-sebab ini relatif jarang dan umumnya disertai gejala lain. atau beberapa kelainan metabolik. Hal ini seperti lingkaran setan karena mengedan untuk mengeluarkan feses yang keras dapat menyebabkan terjadinya fissure. keterbelakangan mental. kelainan saraf tulang belakang.  Kadang konstipasi dapat terjadi karena penganiayaan seksual (sexual abuse). Konstipasi dapat merupakan akibat dari beberapa penyakit seperti tidak adanya saraf normal di sebagian usus (Hirschprung disease). dan nyeri yang disebabkan fissure menyebabkan anak menahan kebutuhan BAB yang memperparah konstipasi. atau terabanya benjolan di perut       Perut yang kembung Lemahnya otot atau refleks kaki. denyut nadi yang lambat Banyak BAK. tunggu beberapa bulan sebelum memulainya kembali.  Toilet training yang dipaksakan. gagal tumbuh. muntah kehijauan. kaliber feses yang kecil. Umumnya masalah ini dapat ditangani dengan cara sebagai berikut: Kebiasaan BAB yang baik . demam. terutama apabila konstipasi disertai gejala lain seperti:5  Keluarnya feses pertama lebih dari 48 jam setelah lahir. pneumonia berulang Anus yang tidak tampak normal baik bentuk maupun posisinya Lebih dari 95% konstipasi pada anak di atas satu tahun adalah konstipasi fungsional (tidak ada kelainan organik yang mendasarinya). misalnya robekan pada lapisan mukosa anus (anal fissure). kurangnya hormon tiroid. Adanya kondisi anus yang menyebabkan nyeri. diare yang diserai darah. Penanganan Pada bayi di bawah usia satu tahun. adanya lesung atau rambut di punggung bagian bawah Selalu tampak lelah.

dan peach. Jika orang tua mencurigai adanya masalah tersebut. sekali di antara waktu makan.   Berikan minimal 3 sajian sayuran setiap hari.  Anak juga harus belajar untuk tidak menahan keinginan BAB. aprikot.2. Beberapa laksatif yang dapat diberikan adalah: . anak harus dievaluasi oleh dokter. yogurt) justru dapat mengakibatkan konstipasi pada sebagian anak. dan oatmeal. wheat.2 Salah satu caranya adalah dengan membiasakan duduk di toilet secara teratur sekitar lima menit setelah sarapan.3  Berikan minimal 2 sajian buah setiap hari. Laksatif  Laksatif mungkin dibutuhkan untuk menangani konstipasi. Biasakan anak untuk minum setiap kali makan. Hindari sereal seperti corn flakes. Makanan tinggi serat  Serat membuat BAB lebih lunak karena menahan lebih banyak air dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Buah yang dimakan beserta kulitnya. Anak harus duduk selama lima menit. memiliki banyak kandungan serat. dan sebelum tidur. misalnya plum. Banyak minum dapat mencegah konstipasi. bahkan jika anak telah menyelesaikan BAB sebelum lima menit tersebut habis. Anak yang mengalami konstipasi harus dilatih untuk membangun kebiasaan BAB yang baik. Memperbanyak jumlah serat dalam makanan anak dapat mencegah konstipasi. Berikan sereal yang tinggi serat sepert bran. whole grain. Jika laksatif tidak bekerja atau harus diberikan berulang kali. orang tua hendaknya membicarakan masalah tersebut dengan anak maupun pihak sekolah. Beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan serat anak adalah:1. bahkan jika anak tidak merasa ingin BAB. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak susu sapi atau produk susu lainnya (keju.  Berikan roti gandum (wheat) sebagai ganti roti putih. Kadang anak mengalami kekhawatiran jika harus menggunakan toilet di sekolah.

 Jus prune: Jus prune adalah laksatif ringan yang efektif pada sebagian anak.   Coloxyl (docusate). Agarol (parafin cair dan fenoftalein). bekerja dengan melunakkan feses. laksatif hanya boleh digunakan dengan pengawasan dokter dan sesuai dosis yang diberikan. magnesium hydroxyde. Laksatif ini berbentuk cairan. barley malt extract.3 Supositoria Jika setelah 2-3 hari penggunaan laksatif konstipasi anak tidak membaik.  Senokot (senna).Supositoria harus dilapisi dengan pelicin yang larut dalam air seperti KY jelly sebelum dimasukkan ke rektum (bagian usus besar terdekat dengan anus). Laksatif ini bekerja dengan menstimulasi usus untuk mengosongkan isinya. Bentuk laksatif ini adalah tablet dan bekerja dengan cara yang sama seperti senokot. Karena itu. Laksatif ini berbentuk cairan dan bekerja dengan cara yang sama seperti agarol. serta menstimulasi usus untuk mengosongkan isinya.  Parachoc (parafin cair dengan rasa coklat-vanila). Perlu diingat bahwa penggunaan laksatif jangka panjang dapat berbahaya bagi anak.  Durolax (bisacodyl). BAB biasanya akan terjadi 30 menit setelah pemberian supositoria. Laksatif ini bekerja dengan melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. atau magnesium citrate. Laksatif ini berbentuk butiran yang dapat dicampur dengan makanan seperti es krim. sorbitol. Irigasi usus .4 Namun bayi di bawah usia satu tahun memiliki risiko lebih besar untuk mengalami keracunan magnesium. supositoria seperti glycerin atau durolax suppositories dapat digunakan.  Psyllium husk (salah satu merknya adalah metamucil). Enema Enema tidak boleh diberikan pada anak kecuali jika dokter memerintahkannya. bekerja dengan melunakkan dan melicinkan feses.  Laksatif lain yang digunakan misalnya lactulose. Laksatif ini berupa tablet atau tetes. Jus ini mungkin akan terasa lebih enak jika dicampur dengan jus buah lain. Jangan gunakan vaselin karena vaselin tidak larut dalam air.

 Hemoroid Di kalangan masyarakat penyakit wasir atau ambeien sudah sangat dikenal. sakit.rasanya perih. wanita hamil biasanyalebih rentan terkena ambeien karena otot-otot pinggul semakin tidak elastis karena kehamilan. o Wanita hamil. o Sembelit ( konstipasi ). diare berkepanjangan dan anal seks. keluhan yang dialami sbb: . yang akan di ikuti pendarahan .Hal ini dilakukan di RS dengan memberikan cairan bernama Golytely baik dengan cara diminum atau melalui selang lambung. tak jarang diikuti konstipasi. Faktor utama penyebab timbulnya wasir diantaranya : o Pola hidup yang tidak sehat. perut terasa kembung. panas. proses penuaan. duduk kurang nyaman dan jalan tidak dapat terlalu lama. membuat penderita wasir pucat pasi. kebiasaan jongkok atau duduk terlalu lama. Wasir atau ambeien dalam bahasa kedokteran disebut tabiban hemoroid adalah pelebaran pembulu darah balik (vena) pada poros usus dan anus yang disebabkan karena otot dan pembulu darah sekitar anus kurang elastis sehingga aliran darah terhambat dan membesar. tati membuat resah bagi yang mengalaminya. yang berpotensi menderita wasir. Biasanya keluar tonjolan ambeien di muara anus ( dubur ). tekanan rongga perut meningkat lantaran adajanin dalam kandungan.Ada keluar benjolan dan darah disekitar anus . o Kondisi yang sama dapat dialami oleh wanita pasca melahirkan karena mengejang. . Walau penyakit ini tidak tergolong berbahaya. pinggul terasa pegal.ada benjolan yang bisamasuk kembali dan ada yang tidak . o Kegemukan. kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejang saat buang air besar. Dalam keadaan hamil. Penderita biasanya mengeluh apabila mau buang air besar.ada keluar benjolan dan tak keluar darah . gatal dan nyeri Semua ini akibat makanan yang masuk tidak bisa dicerna dengan baik. Semua orang dapat menderita ambeien tetapi umumnya berusia diatas umur 40 tahun.Hal ini hanya diperlukan pada sebagian kecil anak yang mengalami konstipasi yang sangat berat.

penderita akan sangat merasa kesakitan. Selain gejala tersebut bisa juga timbul nyeri yang amat sangat.Gejala-gejal wasir atau ambeien Awalnya penderita mengeluh adanya pendarahan yang berwarna merah segar keluar melalui dubur sewaktu buang air besar. sebagai berikut pembagian berdasarkan gejalanya : o Terjadinya pendarahan dengan rasa gatal. o Benjolan tidak bisa masuk kembali walaupun sudah dibantu. Jika itu berlanjut biasanya ada sesuatu yang keluar dari dubur yang mula-mula bisa masuk kembali atau dimasukkan. o Terjadinya pendarahan dengan benjolan besar. o Terjadinya pendarahan dengan rasa sakit dan muncul benjolan kecil. bisa menetes atau bisa juga pendarahan yang deras. hal ini karena wasir yang keluar terjepit sehingga terjadi jepitan pada pembulu darah dan menimbulkan bendungan yang disertai nyeri yang amat sangat. namun tidak mengganggu proses buang air besar / BAB.  Usahakan BAB secara rutin. sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali. tetapi bisa masuk kembali.  Makan menu tinggi serat . . o Terjadinya pendarahan ditandai dengan benjolan yang menonjol setelah buang air besar dan tidak dapat masuk sendiri. Gejala wasir atau ambeien dapat diketahui ringan sampai parahnya.. Pengobatan Wasir atau ambeien Untuk pengobatan penderita wasir yang ringan sbb :  Banyak minum air untuk menjaga agar usus kita tetap terhidrasi dan tinja cukup lunak sehingga mudah dikeluarkan. karena adanya proses pengerasan dan pembekuan darah. lama kelamaan benjolan tersebut tidak bisa masuk kembali walaupun dibantu dengan tangan dengan demikian klep/penutup dari otot-otot dubur bisa terganggudan ini menyebabkan cairan usus maupun darah bisa keluar sehingga penderita mengeluh ada bercak pada celana dalamnya.

serat selulose dapat menyimpan air sehingga makanan dapat lebih lunak. Ambeien yang lebih berat dapat diatasi dengan cara : . Untuk memilih pengobatan lebih tepat harus diketahui derajat keparahan dari wasir atau ambeien.Penyuntikan cairan iritan ( sudah diterima didunia kedokteran ). . bengkoang dan sayursayuran karena mengandung serat selulose yang tidak diserap oleh pencernaan sehingga dapat merangsang gerak usus lebih lancer.Operasi mengangkat benjolan tersebut. kebutuhannya kira2 sebesar 200 mg perhari Di kalangan masyarakat penyakit wasir atau ambeien sudah sangat dikenal. beras merah dan pasta. . cukup oleskan krim yang mengandung kortikosteroid dan bahan anestetik local dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.Bagi penderita yang sudah muncul benjolan kecil. Asam folic merupakan suplemen tambahan yang ditambahkan dalam makanan ibu hamil. pembuluh darah yang membengkak akan mengalami pengerutan. serat yang dikandung dapat melancarkan buang air besar. Pencegahan Untuk mencegah ambeien agar tidak menghampiri sebaiknya perbaikilah pola makan dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah plum.Transproctoscopic Doppler ultrasound haemorhoidal artery ligation dengan hanya menjalani tindakan pengikatan pembuluh darah arteri yang mengarah ke pembengkakan ambeien. Walau penyakit ini tidak tergolong berbahaya. membuat penderita wasir pucat pasi. Buah sirsak bisa untuk mengobati ambeien karena banyak mengandung zat gizi dan serat atau konsumsi nanas 4 atau 5 buah setiap hari karena bromelinnya dapat menhentikan pendarahan.Mengikat bagian yang bengkak dengan karet agar mati dan lepas dengan sendirinya. .Daun wungu karena senyawa flavonoid dalam daun wungu mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan.Bagi ibu hamil untuk menghindari wasir atau ambeien bisa meningkatkan serat dengan cara memakan roti dan cereal. yang akan di ikuti pendarahan . . tati membuat resah bagi yang mengalaminya. . Biasanya keluar tonjolan ambeien di muara anus ( dubur ).

Fungsi ginjal kembali normal dalam waktu satu bulan setelah wanita melahirkan. keluhan yang dialami sbb:  Ada keluar benjolan dan darah disekitar anus  ada keluar benjolan dan tak keluar darah  ada benjolan yang bisamasuk kembali dan ada yang tidak  rasanya perih. 3. gatal dan nyeri semua ini akibat makanan yang masuk tidak bisa dicerna dengan baik.  Diuresis Pada masa hamil. dan langsung diberikan untuk sel-sel yang disebut cairan interstisial. Penderita biasanya mengeluh apabila mau buang air besar. Hemostatisinternal Tubuh. yang disebut dengan cairan intraselular. Cairan ekstraselular terbagi dalam plasma darah.Wasir atau ambeien dalam bahasa kedokteran disebut tabiban hemoroid adalah pelebaran pembulu darah balik (vena) pada poros usus dan anus yang disebabkan karena otot dan pembulu darah sekitar anus kurang elastis sehingga aliran darah terhambat dan membesar. Edema adalah tertimbunnya cairan dalam jaringan akibat gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh. pada pasca melahirkan kadar steroid menurun sehingga menyebabkan penurunan fungsi ginjal. perubahan hormonal yaitu kadar steroid tinggi yang berperan meningkatkan fungsi ginjal. pinggul terasa pegal. 2. Hemostatis internal. sakit. terdiri dari air dan unsur-unsur yang larut di dalamnya. panas. perut terasa kembung. Dehidrasi adalah kekurangan cairan atau volume air yang terjadi pada tubuh karena pengeluaran berlebihan dan tidak diganti. . duduk kurang nyaman dan jalan tidak dapat terlalu lama. Urin dalam jumlah yang besar akan dihasilkan dalam waktu 12 – 36 jam sesudah melahirkan Hal yang berkaitan dengan fungsi sistem perkemihan. antara lain: 1. Beberapa hal yang berkaitan dengan cairan tubuh antara lain edema dan dehidrasi. Keseimbangan asam basa tubuh. dan 70% dari cairan tubuh terletak di dalam sel-sel. Pengeluaran sisa metabolisme. Keseimbangan asam basa tubuh. Begitu sebaliknya.

Untuk mempercepat penyembuhan keadaan ini dapat dilakukan latihan pada otot dasar panggul. Rortveit dkk (2003) menyatakan bahwa resiko inkontinensia urine pada pasien dengan persalinan pervaginam sekitar 70% lebih tinggi dibandingkan resiko serupa pada persalinan dengan Sectio Caesar. Bila kemudian keluhan tak dapat berkemih dalam waktu 4 jam.5 kg selama masa pasca partum. Pengeluaran sisa metabolisme. racun dan zat toksin ginjal. lakukan kateterisasi dan bila jumlah . Bila PH >7. 3. 2.40. asam urat dan kreatinin. sehingga menyebabkan miksi. Keadaan ini disebut dengan diuresis pasca partum. Pengeluaran kelebihan cairan yang tertimbun selama hamil kadang-kadang disebut kebalikan metabolisme air pada masa hamil (reversal of the water metabolisme of pregnancy).35 disebut asidosis. Kehilangan cairan melalui keringat dan peningkatan jumlah urin menyebabkan penurunan berat badan sekitar 2. Setelah plasenta dilahirkan. Ibu post partum dianjurkan segera buang air kecil. Ureter yang berdilatasi akan kembali normal dalam tempo 6 minggu.Keasaman dalam tubuh disebut PH. Batas normal PH cairan tubuh adalah 7. kadar hormon estrogen akan menurun. pasca melahirkan ibu merasa sulit buang air kecil. agar tidak mengganggu proses involusi uteri dan ibu merasa nyaman. antara lain: 1.4 disebut alkalosis dan jika PH < 7. Diaforesis yaitu mekanisme tubuh untuk mengurangi cairan yang teretansi dalam tubuh. Bila wanita pasca persalinan tidak dapat berkemih dalam waktu 4 jam pasca persalinan mungkin ada masalah dan sebaiknya segera dipasang dower kateter selama 24 jam. terjadi selama 2 hari setelah melahirkan. Depresi dari sfingter uretra oleh karena penekanan kepala janin dan spasme oleh iritasi muskulus sfingter ani selama persalinan. Adanya odema trigonium yang menimbulkan obstruksi sehingga terjadi retensi urin. hilangnya peningkatan tekanan vena pada tingkat bawah. hal ini merupakan mekanisme tubuh untuk mengatasi kelebihan cairan. dan hilangnya peningkatan volume darah akibat kehamilan. Namun demikian. Hal yang menyebabkan kesulitan buang air kecil pada ibu post partum.35-7. Sepuluh persen pasien pasca persalinan menderita inkontinensia (biasanya stres inkontinensia) yang kadang-kadang menetap sampai beberapa minggu pasca persalinan. Zat toksin ginjal mengekskresi hasil akhir dari metabolisme protein yang mengandung nitrogen terutama urea.

Tampak sakit dan lemah. Perlukaan karena persalinan merupakan tempat masuknya kuman kedalam tubuh. Temperatur badan dapat meningkat. Infeksi Lokal 1. 5. Gangguan Pada Infeksi Masa Nifas Setelah persalinan terjadi beberapa perubahan penting diantaranya makin meningkatnya pembentukkan urin untuk mengurangi hemodilusi darah. Perubahan warna lokal. Infeksi kala nifas adalah infeksi peradangan pada semua alat genitalia pada masa nifas oleh sebab apapun dengan ketentuan meningkatnya suhu badan melebihi 38 oC tanpa menghitung hari pertama dan berturut-turut selama dua hari. 4.residu > 200 ml maka kemungkinan ada gangguan proses urinasinya. kateter dibuka dan pasien diharapkan dapat berkemih seperti biasa. Faktor Predisposisi Infeksi Masa Nifas Faktor predisposisi infeksi masa nifas diantaranya adalah : . bernanah serta kotor. Lochia : berbau. Infeksi General 1. 6. 6. 2. 4. Pernapasan dapat meningkat dan napas terasa sesak. 3. Pembengkakan luka episiotomi. Temperatur meningkat diatas 39 oC. Maka kateter tetap terpasang dan dibuka 4 jam kemudian . Kesadaran gelisah sampai menurun dan koma. Terjadi penanahan. Gambaran klinis infeksi umum dapat dalam bentuk : 1. Tekanan darah dapat menurun dan nadi meningkat. Terjadi gangguan involusi uterus. bila volume urine < 200 ml. terjadi penyerapan beberapa bahan tertentu melalui pembuluh darah vena sehingga terjadi peningkatan suhu badan sekitar 0. 7. 3. 5. B. 2. Pengeluaran lochia bercampur nanah. 2.5 oC yang bukan merupakan keadaan patologis atau menyimpang pada hari pertama. Mobilisasi terbatas karena rasa nyeri. sehingga menimbulkan infeksi pada kala nifas.

dan didahului oleh pengalaman baru. anemia pada saat kehamilan. Sudah terdapat infeksi intrapartum: persalinan lama terlantar. dukungan keluarga. kepribadian dan kedewasaan. 3. 2.1. Stuart (1996) mendefinisikan cemas sebagai emosi tanpa obyek yang spesifik. Tertinggalnya plasenta selaput ketuban dan bekuan darah. Persalinan berlangsung lama sampai terjadi persalinan terlantar. Keadaan yang dapat menurunkan keadaan umum. Sedangkan takut mempunyai sumber yang jelas dan obyeknya dapat didefinisikan. ketuban pecah lebih dari enam jam. Perawat dapat mengidentifikasi cemas lewat perubahan tingkh laku klien. 4. Manipulasi penolong: terlalu sering melakukan pemeriksaan dalam. mempunyai kekuatan tersendiri dan sulit untuk diobservasi secara langsung. malnutrisi. . kecemasan dapat dikomunikasikan dan menular. konsep diri. Bagaimana mereka menerimanya tergantung dari kebutuhan. penyebabnya tidak diketahui. terdapat pusat infeksi dalam tubuh (lokal infeksi). 4. Takut merupakan penilaian intelektual terhadap stimulus yang mengancam dan cemas merupakan respon emosi terhadap penilaian tersebut. Gangguan Cemas Pada Ibu Nifas Pengertian Cemas adalah emosi dan merupakan pengalaman subyektif individual. Infeksi yang didapat di rumah sakit (nosokomial). Hal ini menjadi perhatian perawat. 5. hal ini dapat mempengaruhi hubungan terapeutik perawat klien. Hubungan seks menjelang persalinan. 2. Ketuban pecah dini atau pada pembukaan masih kecil melebihi enam jam. Terjadinya Infeksi Masa Nifas Terjadinya infeksi masa nifas adalah sebagai berikut: 1. pengetahuan. kelelahan dan ibu hamil dengan penyakit infeksi. Bostrom (1995) mengemukakan stressor sebagai factor presipitasi kecemasan adalah bagaimana individu berhadapan dengan kehilangan dan bahaya yang mengancam. yaitu perdarahan antepartum dan post partum. keinginan. C. Tindakan operasi persalinan. 3. Lebih jauh dikatakan pula. alat yang dipakai kurang suci hama.

perasaan terisolasi (Hudak dan Gallo. Kecemasan muncul bila ada ancaman ketidakberdayaan. rasa tidak mampu.1997). Pada tingkat ini lahan persepsi melebar dab individu akan berhati-hati dan waspada. Kecemasan Ringan Kecemasan ringan berhubungan dengan ketegangan akan peristiwa kehidupan sehari-hari. rasa takut. Respon Fisiologis  Sesekali nafas pendek  Nadi dan tekanan darah naik  Gejala ringan pada lambung  Muka berkerut dan bibir bergetar Respon Kognitif  Lapang persegi meluas  Mampu menerima ransangan yang kompleks  Konsentrasi pada masalah  Menyelesaikan masalah secara efektif Respon perilaku dan Emosi  Tidak dapat duduk tenang  Tremor halus pada tangan  Suara kadang-kadang meninggi 2. Kecemasan sedang .Kecemasan adalah suatu kondisi yang menandakan suatu keadaan yang mengancam keutuhan erta keberadaan dirinya dan dimanifestasikan dalam bentuk prilaku seperti rasa tak berdaya. 1997). phobia tertentu (Hamid dkk. perasaan kehilangan fungsi-fungsi dan harga diri. kehilangan kendali. Stuart dan Sundeen (1995) membagi kecemasan menjadi 4 tingkatan yaitu : 1. kegagalan pertahanan. Individu terdorong untuk belajar yang akan menghasilkan pertumbuhan dan kreativitas.

Individu tidak mampu berfikir berat lagi dan membutuhkan banyak pengarahan/tuntutan. Respon Fisiologis             Sering nafas pendek Nadi ekstra systole dan tekanan darah naik Mulut kering Anorexia Diare/konstipasi Gelisah Respon Kognitif Lapang persepsi menyempit Rangsang Luar tidak mampu diterima Berfokus pada apa yang menjadi perhatiannya Respon Prilaku dan Emosi Gerakan tersentak-sentak (meremas tangan) Bicara banyak dan lebih cepat Perasaan tidak nyaman 3. Respon Fisiologis Sering nafas pendek Nadi dan tekanan darah naik Berkeringat dan sakit kepala Penglihatan kabur Respon Kognitif Lapang persepsi sangat menyempit Tidak mampu menyelesaikan masalah . Kecemasan Berat Pada kecemasan berat lahan persepsi menjadi sempit.Pada tingkat ini lahan persepsi terhadap lingkungan menurun/individu lebih memfokuskan pada hal penting saat itu dan mengesampingkan hal lain. Individu cenderung memikirkan hal yang kecil saja dan mengabaikan hal-hal yang lain.

Respon Prilaku dan Emosi Perasaan ancaman meningkat Verbalisasi cepat Blocking Panik Pada tingkat ini persepsi sudah terganggu sehingga individu sudah tidak dapat mengendalikan diri lagi dan tidak dapat melakukan apa-apa walaupun sudah diberi pengarahan/tuntunan. Respon Fisiologis Nafas pendek Rasa tercekik dan berdebar Sakit dada Pucat Hipotensi Respon Kognitif Lapang persepsi menyempit Tidak dapat berfikir lagi Respon Prilaku dan Emosi Agitasi, mengamuk dan marah Ketakutan, berteriak-teriak, blocking Persepsi Kacau Kecemasan yang timbul dapat diidentifikasi melalui respon yang dapat berupa respon fisik, emosional, dan kognitif atau intelektual. Respon Fisiologis Kardiovaskuler meningkat/menurun Saluran Pernafasan : Nafas cepat dangkal, rasa tertekan di dada, rasa seperti tercekik Gastrointestinal : Hilang nafsu makan, mual, rasa tak enak pada epigastrium, diare Neuromuskuler : Peningkatan refleks, wajah tegang, insomnia, gelisah, kelelahan secara umum, ketakutan, tremor Saluran Kemih : Tak dapat menahan buang air kecil : Palpitasi berdebar, tekanan darah meningkat/menurun, nadi

Sistem Kulit : Muka pucat, perasaan panas/dingin pada kulit, rasa terbakar pada muka, berkeringat setempat atau seluruh tubuh dan gatal-gatal Respon Kognitif : konsentrasi menurun, pelupa, raung persepsi berkurang atau menyempit, takut kehilangan kontrol, obyektifitas hilang Respon emosional : Kewaspadaan meningkat, tidak sadar, takut, gelisah, pelupa, cepat marah, kecewa, menangis dan rasa tidak berdaya

BAB III ISI

3.1 Merumuskam Diagnos/ Masalah Aktual Berasal dari data – data dasar yang di kumpulkan menginterpretasikan data kemudian diproses menjadi masalah atau diagnosis khusus. Kata masalah dan diagnosis sama – sama digunakan karena beberapa masalah tidak dapat diidentifikasikan dalam mengembangkan rencana perawatan kesehatan yang menyeluruh. Masalah sering berkaitan dengan bagaimana ibu menghadapi kenyataan tentang diagnosisnya dan ini seringkali bisa diidentifikasi berdasarkan pengalaman bidan dalam mengenali masalah seseorang. Diagnosa sebaiknya memasukkan juga riwayat paritas, contoh P2OO AH 2 partus aterm spontan, PP hari ke2 ibu dan bayi normal. Beberapa masalah yang mungkin ada pada masa nifas:

1. Masalah nyeri Nyeri setelah melahirkan disebabkan oleh kontraksi dan relaksasi uterus berurutan yang terjadi secara terus – menerus. Nyeri ini lebih umum terjadi pada wanita dengan paritas tinggi dan pada wanita menyusui. Alasan nyeri lebih berat pada paritas tinggi adalah penurunan tonus otot uterus secara bersamaan menyebabkan intermitten ( sebentar – sebentar ). Berbeda pada wanita primipara, yang tonus uterusnya masih kuat dan uterus tetap berkontraksi tanpa relaksasi intermitten. Pada wanita menyusui, isapan bayi menstimulasi produksi oksitosin oleh hipofisis posterior. Pelepasan oksitosin tidak memicu refleks let down (pengeluaran ASI) pada payudara, tetapi jugamenyebabkan kontraksi uterus.Nyeri setelah melahirkan akan hilang jika uterus tetap berkontraksi dengan baik, yang memerlukan kandung kemih kosong. Ibu harus diingatkan bahwa pengisian kandung kemih yang sering seiring tubuhnya mulai membuang kelebihan cairan setelah melahirkan akan menyebabkan kebutuhan berkemih yang sering. Kandung kemih yang penuh menyebabkan posisi uterus keatas, menyebabkan relaksasi dan kontraksi uterus yang lebih nyeri. Jika kandung kemih kosong, beberapa wanita merasa nyerinya cukup berkurang dengan mengubah posisi dirinya berbaring telungkup, dengan bantal atau gulungan selimut diletakkan dibawah abdomen. Kompresi uterus yang konstan pada posisi ini dapat mengurangi kram secara signifikan. Analgesia yang efektif bagi sebagian besar wanita yang kontraksinya sangat nyeri dapat diperoleh dengan mengutamakan asetaminofen (tylenol) ataupun ibuprofen (motrin). Meskipun produk yang mengandung aspirin tidak direkomendasikan bagi ibu menyusui karena resiko penurunan hitung trombosit dan dapat menyebabkan sindrom Reye, ibuprofen dan asetaminofen terbukti aman. Masalah nyeri yang lain juga bisa disebabkan karena luka jahitan bekas laserasi jalan Lahir.

2. Masalah infeksi Infeksi puerperium adalah infeksi bakteri yang berasal dari saluran reproduksi selama persalinan atau puerperium. Infeksi tidak lagi bertanggung jawab terhadap tingginya insiden mortalitas puerperium seperti dahulu, saat lebih dikenal sebagai demam nifas. Akan tetapi, infeksi puerperium masih bertanggung jawab terhadap presentase signifikan morbiditas puerperium. Beberapa faktor predisposisi :

. Tindakan bedah vaginal. Bakteri dalam nasofaring atau tangan personel yang menangani persalinan atau di udara dan debu lingkungan. khususnya dengan pecah ketuban.Tanda dan gejala infeksi umumnya termasuk peningkatan suhu tubuh. b. dan bekuan darah. selaput ketuban. d. organisme yang normalnya berada dalam saluran genetalia bawah atau dalam usus besar. Tertinggalnya sisa placenta. nyeri. seperti pnemonia. Masalah cemas Cukup sering ibu menunjukkan depresi ringan beberapa hari setelah kelahiran. Semua keadaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh penderita. Infeksi saluran genetalia bawah c. Sumber infeksi ketiga paling baik dicegah dengan mencuci tangan dan teknik asepsis yang cermat. Wanita sebaiknya secara rutin di jalani menjalani penapisan terhadap adanya infeksi saluran genetalia bawah dan segera ditangani saat pranatal. emosional yang mengikuti rasa puas dan takut yang dialami kebanyakan wanita selama kehamilan dan persalinan. pemeriksaan lebih lanjut. preeklamsia. malaise umum. atau “ biru postpartum “. paling mungkin merupakan akibat sejumlah faktor.a. seperti perdarahaan banyak. dan penanganan memerlukan diskusidankalaborasidengandokter. Persalinan lama. b. Depresi ringan sekilas tersebut. c. juga infeksi lain. Organisme pada infeksi puerperium berasal dari 3 sumber : a. dan sebagainya. 3. penyakit jantung. (3) kelelahan karena kurang tidur selama persalinan dan postpartum padak kebanyakan Rumah Sakit. terutama pada infeksi berat. (2) Rasa sakit masa awal yang telah diterangkan diatas. yang menyebabkan perlukaan pada jalan lahir. Penyebab yang menonjol adalah : (1) kekecewaan. Peningkatan kecepatan nadi dapat terjadi. Bakteri dari sumber infeksi pertama adalah bakteri endogen dan menjadi patogaen hanya jika terdapat kerusakan jaringan atau jika terdapat kontaminasi saluran genetalia dari usus besar. Interpretasi kultur laboratorium dan sensifitas. dan lokia berbau tidak sedap.

Identitas Nama isteri Umur Tanggal lahir Agama Pendidikan Alamat 2. gangguan ringan ini hilang sendiri dan biasanya membaik setelah 2 atau 3 hari. dan rasa aman. 3. Seperti ditekankan oleh Robinson dan Stewart (1986). Ardi kurnia : 39 tahun : Islam : PT : Dosen : Tanggul. Watson dkk (1984) melaporkan bahwa 12 % wanita mengalami gangguan depresif yang secara klinis relevan pada 6 minggu setelah kelahiran. terapi yang efektif tidak perlu apa – apa kecuali antisipasi. Jember Pekerjaan Alamat . Begitu depresi postpartum menetap. aspek situasional atau masalah jangka panjang mempunyai peranan etiologik yang penting. Para wanita khususnya yang rentan terhadap depresi yang lebih berat adalah mereka yang mengalami kesulitan perkawinan yang besar. dan (5) Rasa takut menjadi tidak menarik lagi bag suaminya. Ana Lestari :34 tahun :08 januari 1966 : Islam : SMA : Tanggul. Jember Nama suami Umur Agama Pendidikan : Tn. yang memerlukan konsultasi cepat. meskipun kadang kala menetap sampai 10 hari.00 WIB Di : BPS A. atau bertambah buruk. tetapi pada 90 % kasus. perlu dipertimbangkan yang khusus untuk mencari gejala – gejala depresi psikotik.(4) kekecewaan pada kemampuannya untuk merawat bayinya setelah meninggalkan Rumah Sakit. Pada sebagian besar kasus. DATA SUBYEKTIF 1.2 Konsep Dasar Managament Asuhan Kebidanan pada Cemas Ibu Nifas FORMAT PENGKAJIAN LAPORAN ASUHAN KEBIDANAN LANGKAH (PENGKAJIAN DATA) Tanggal : 17 Desember 2010 Jam : 10. Status Perkawinan :Ny. pemehaman.

Odema. Riwayat kebidanan a. Keluhan utama: Ibu mengatakan merasa takut. persalinan dan nifas masa lalu: c. anyir : nyeri pinggang. berdebar-debar. Riwayat kesehatan yang lalu 6. nyeri perut : sedikit. Riwayat kehamilan. Pola kebiasaan sehari-hari : 17 Desember 2010 Di BPS : spontan. Riwayat kehamilan sekarang ANC: TM I TM II TM III : 1 kali : 2 kali : 2 kali Keluhan selama hamil ini : Anemia. Mual. berbau khas : 02 Maret 2010 b. nyeri payudara. masih belum bisa menerima kehadiran anaknya 4. Haid Menarche Siklus Banyak Warnanya Baunya Keluhan Fluor Albus HPHT : 13 tahun : 28 hari : 1 hari 100cc : merah kehitaman : amis. kental. Muntah Imunisasi TT : 2 kali rnah didapat: Konsumsi Fe. gelisah. oleh bidan : Partus lama : Anemia. Perawatan Payudara dan Pemberian ASI Eksklusif d. Riwayat persalinan sekarang Waktu dan tempat Jenis persalinan dan penolong Penyulit persalinan 5.Perkawinan ke Umur Kawin Lama Kawin : 1(satu) ::- 3. tidak nyaman. Riwayat kesehatan keluarga 7. flu dan batuk : Tidak ada .

Nasi 1 piring. DATA OBYEKTIF 1. Pola eliminasi selama dan sebelum hamil Sebelum: BAB 1x sehari. BAK 5x sehari Selama hamil: BAB 3 hari sekali. Kebiasaan buruk tidak ada 8. Pola hubungan seksual Ibu mengatakan bahwa dalam hubungan seksual tidak teratur. Sayur 5 sendok. dan menguranginya bila merasa capek d.a. keramas 2hari sekali e. Pola nutrisi sebelum dan selama hamil Sebelum: Makan 3x sehari. Pisang 1 buah. Pisang 1 buah. Fe 1 kapsul/hari b. Pola aktifitas sehari-hari Ibu tetap melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasa. Nasi 1 centong. Ganti celana dalam 2x sehari. Data social budaya Ibu dan keluarga masiih belum siap menerima kelahiran bayinya 10. Pola istirahat sebelum dan selama hamil Sebelum: 8 jam sehari semalam Selama hamil: 6 jam sehari semalam f. BAK 3x sehari c. Sayur 3 sendok. TTV TB BB : 155 cm : 60 kg . Pemeriksaan fisik umum a. Data psikososial Ibu tidak tenang dan gelisah karena masih tinggal dengan mertua dan belum mempunyai rumah sendiri 9. Susu 1 gelas. Lauk ikan 1 potong. Pola personal hygiene Mandi 2x sehari. Selama hamil: Makan 2x sehari. Lauk 1 butir. Air 1 gelas. 1 minggu sekali D. Keadaan umum: Baik b.

Kesimpulan: G1POOOOO pada Postpartum Dengan cemas . Pemeriksaan khusus a.TD Nadi RR Lila : 130/90 mmHg : 88x/mnt : 12x/menit :- 2. Palpasi Leher Mamae Perut Kaki c. Pemeriksaan penunjang: 5. Inspeksi Kepala Muka Mata Hidung Telinga Mulut Leher Ketiak Mamae Perut ::: Pucat :::::::- Genetalia eksterna: Anus Ekstremitas b. Perkusi : : : : : : : ::- 3. Pemeriksaan dalam(bila ada indikasi) 4. Auskultasi Ibu Bayi d.

tidak nyaman.LANGKAH II IDENTIFIKASI DIAGNOSA. MASALAH DAN KEBUTUHAN Diagnosa masalah dan kebutuhan DX: G1POOOOO dengan cemas Interpretasi data DS: Ibu mengatakan merasa takut. badan gemetaran nyaman DO: o Ibu terlihat pucat o TD 130/90 mmHg o Nadi 8x/menit o RR 12x/menit Kebutuhan: o Berikan konseling o Penggantian pola makan dengan banyak serat o Beri penyuluhan tentang menejemen laktasi serta merasa tidak . masih belum bisa menerima kehadiran anaknya DO: o Ibu terlihat pucat o TD 130/90 mmHg o Nadi 8x/menit o RR 12x/menit Masalah: o BAB tidak lancar o ASI tidak keluar o Gemetaran o Tidak nyaman DS: Ibu mengatakan BAB tidak lancer. gelisah. ASI tidak keluar.

LANGKAH III ANTISIPASI MASALAH POTENSIAL DAN PENANGANANNYA:  Syok Penanganan: Pertahankan tekanan darah normal Beri dukungan serta support biar ibu tenang

LANGKAH IV IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SEGERA: 1. Berikan konseling tentang kecemasan 2. Berikan nutrisi yang cukup 3. Anjurkan ibu istirahat secara teratur 4. Berikan penyuluhan tentang ASI

LANGKAH V RENCANA TINDAKAN/ INTERVENSI DIAGNOSA TUJUAN KRITERIA HASIL RENCANA RASIONAL

GIPOOOOO dengan cemas

Untuk Ibu

tenang, 

Berikan Dengan diberikannya bayi konseling atau

mengurangi dan nyaman dan dapat konseling, meredakan kecemasan pada ibu  Untuk mengatasi masalahmasalah yang 
menyusui dengan bahwa lancar

merupakan perekat perkawinan Anjurkan untuk makanan

penyuluhan serta anjuran makan ibu istirahat untuk dan

makan teraturdiharapkan masalah

terjadi pada ibu

berserat seperti kecemasan pada buah dan sayur    Anjurkan ibu ibu dapat teratasi

banyak minum Anjurkan ibu

banyak istirahat Berikan konseling pada

keluarga pasien untuk lebih bersikap perhatian

terhadap pasien

LANGKAH VI IMPLEMENTASI/PELAKSANAAN TINDAKAN(sesuai rencana) NO TANGGAL/JAM
IMPLEMENTASI/PELAKSANAAN TINDAKAN

1.

18 Desember 2010  Berikan konseling pada ibu untuk merangsang produksi ASI
Pukul 09:00 WIB

supaya lancer dengan cara:          Perawatan payudara Mengkonsumsi makanan berserat terutama sayuran hijau Anjurkan ibu menyusui bayi sesering mungkin

 Berikan konseling tentang masalah BAB dengan cara: Anjurkan ibu meminum air putih sesering mungkin minimal 8 gelas perhari Anjurkan ibu untuk makan buah dan sayur Anjurkan ibu olahraga teratur

 Berikan konseling pada ibu tentang kecemasan dengan cara: Anjurkan ibu senam nifas Anjurkan ibu makan teratur Anjurkan ibu untuk berpikir tenang

: G1P1OOOOO dengan cemas : Berikan konseling pada ibu untuk merangsang produksi ASI supaya lancer dengan cara: o Perawatan payudara o Mengkonsumsi makanan berserat terutama sayuran hijau o Anjurkan ibu menyusui bayi sesering mungkin b. Berikan konseling tentang masalah BAB dengan cara: o Anjurkan ibu meminum air putih sesering mungkin minimal 8 gelas perhari o Anjurkan ibu untuk makan buah dan sayur o Anjurkan ibu olahraga teratur c.LANGKAH VII EVALUASI DX S : GIP1OOOOO dengan cemas : Ibu mengatakan merasa takut. gelisah.ASI tidak keluar.gemetaran dan merasa tidak nyaman merasa tidak nyaman : Ibu mengatakan BAB tidak lancer. Berikan konseling pada ibu tentang kecemasan dengan cara: o Anjurkan ibu senam nifas o Anjurkan ibu makan teratur o Anjurkan ibu untuk berpikir tenang Masalah S : BAB tidak lancer. tidak nyaman. masih belum bisa menerima kehadiran anaknya O : o Ibu terlihat pucat o TD 130/90 mmHg o Nadi 8x/menit o RR 12x/menit A P a.ASI tidak keluar serta gemetaran dan .

) NIP……………………… Pembimbing Pendidikan Mahasiswa (…………………….nadi meningkat 88x/menit.... (……………………….dan berikan penyuluhan tentang manajemen laktasi Pembimbing Lahan Praktek (…………………………. gemeteran dan merasa tidak nyaman P : Berikan konseling. seorang bidan dituntut untuk paripurna.TD 130/90 mmhg. .) NIDN………………. Bidan harus benar-benar memahami kebutuhan ibu dalam setiap fase sehingga dapat memberikan asuhan yang tepat sesuai dengan prioritas kebutuhan.rr 12x/menit A : G1P1OOOOO denagn cemas yang disertai BAB tidak lancer..) NIM………………….O : pucat. BAB IV PENUTUP 4. pergantian pola makan dengan banyak serat.ASI tidak keluar. dari mulai konsepsi sampai dengan kelahiran dan mengikuti perkembangan serta pertumbuhan anak.1 Kesimpulan Dari makalah yang telah dibahas diatas dapat disimpulkan bahwa dalam memberikan asuhan yang diberikan kepada ibu.

Gabung Multiply Buka Toko.kellymom. jika masih bisa home therapy. Gratis Masuk ke Site Bantuan English CARI lifalfirano GO thealfiranos BerandaBlogFotoKalenderTinjauan Mar 31. sebaiknya obat tidak dikonsumsi.com/health/meds/aap-approvedPelanggara meds. Sebaiknya obat hanya Lif dikonsumsi pada kondisi terpaksa. Padahal banyak obat yang boleh dikonsumsi untuk ibu-ibu yang hamil dan menyusui mulai dari tingkat L1 (safest) sampai L4. Salah satu obat paling aman  Pesan untuk ibu hamil dan atau menyusui adalah acetaminophen atau parasetamol. takut obat bakal berpengaruh terhadap ASI dan atau lifalfirano bayi. alias tidak ada pilihan lain. '08 3:40 Daftar obat-obatan yang boleh untuk ibu menyusui dan AM ibu hamil untuk semuanya Kadang-kadang kondisi sedang menyusui membuat kita ragu-ragu untuk mengkonsumsi obat. Pribadi  Laporkan Berikut ini linknya: http://www.html n Pregnanc Lactation y Risk Risk AAP Category* Category* approved Generic name Trade Name * * ?* Analgesics (Pain-killers) [more] Approve Acetaminophen Tylenol B L1 d Approve Colchicine Colchicine D L4 d Approve Nefopam Acupan NR d Non-steroidal anti-inflammatory analgesics (NSAIDs) [more] Approve Azapropazone (apazone) Rheumox L2 d Dipyrone (banned in the US NR Approve .

Pediaprofin Indocin d Approve d - NR Ibuprofen Indomethacin Ketorolac Toradol.& UK) Flufenamic acid Advil.) B (1st. Aleve Butazolidine Feldene Profenal Tolectin Mefenamic acid B (1st. Approve 2nd trim. Approve 2nd trim. Naproxen. Naprosyn. Acular Ponstan.) D (3rd d trim. Ponstel Anaprox.) Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d B L1 L3 L2 NR L3 L4 (for chronic use) NR L2 NR L3 Naproxen Phenylbutazone Piroxicam Suprofen Tolmetin B C Narcotic analgesics [more] Butorphanol Stadol Tylenol #3.) D (3rd d trim.) D (3rd d trim. Nuprin. Approve 2nd trim. Approve 2nd trim.) Approve C d Approve B d Approve d L3 Codeine Fentanyl L3 L2 L2 L3 (if used early postpartu m) Meperidine Demerol B .) B (1st.) D (3rd d trim. #4 Sublimaze B (1st. Motrin.

Kefzol d Approve Claforan d Approve Mefoxin d Approve Cefzil d Ceftazidime. Anesthetics [more] Dolophine Morphine Darvocet N. Amoxicillin Amoxil Aztreonam Cefadroxil Cefazolin Cefotaxime Cefoxitin Cefprozil Ceftazidime Approve d Approve Azactam d Ultracef. Approve Fortaz. Propacet. d Taxidime B B B B B B C B L1 L2 L1 L1 L2 L1 L1 L1 . Darvon Fluothane Xylocaine Brevital Pentothal Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d B B C L3 L3 L2 [contents] Halothane Lidocaine Methohexital Thiopental Antacids. Approve Duricef d Approve Ancef. GI meds Cimetidine (Antacid) C C B C L2 L2 L3 L3 [contents] Tagamet B C - L2 L2 L1 [contents] Cisapride (GI tract Propulsid stimulant) Domperidone (used for nausea & vomiting. Motilum stimulates lactation) [more] Antibiotics Larotid.Methadone Morphine Propoxyphene Anesthesia.

Approve ole Trimpex d Anticoagulants Bishydroxycoumarin Approve (dicumarol) d Fleroxacin C D B C B D C D L2 B C L1 L3 [contents] - NR . Approve Ticarcillin Ticar. Ilosone - Approve d Approve d Approve d Approve d B C B L2 L3 L3 L1 L3 early postnatal NR L2 L2 NR L2 L2 L1 L3 NR L2 Erythromycin B Approve d Approve Gentamicin Garamycin d Kebecil. ERYC. Approve Sulfisoxazole Azod Gantrisin Achromycin. Approve Tetracycline Sumycin. d Timentin Trimethoprim/sulfamethoxaz Proloprim.Ceftriaxone Ciprofloxacin [more] Clindamycin Rocephin Cipro Cleocin E-Mycin. d Terramycin Ticarcillin. Approve Kanamycin Kantrex d Approve Moxalactam Moxam d Approve Nitrofurantoin Macrobid d Approve Ofloxacin Floxin d Approve Penicillin d Approve Streptomycin Streptomycin d Approve Sulbactam d Gantrisin. Ery-tab.

Actifed C B C NR L2 L1 NR L1 [contents] C C L2 L2 [contents] Alferon N. Epitol Zarontin Epsom salt Dilantin Depakene. Nizoral Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d D L2 [contents] C C B D D L2 L4 L1 L2 L2 [contents] C C L2 L2 [contents] Antihistamines [more] Dexbrompheniramine maleate with d-isoephedrine Fexofenadine Loratadine Terfenadine Triprolidine Antivirals Acyclovir [more] Zovirax Allegra Claritin Seldane Actidil. Panwarfin Tegretol. d Solganal Asthma meds (see also: steroids) C L5 [contents] . Depakote Diflucan Nizoral Shampoo. Approve Gold salts Myochrysine.Warfarin Anticonvulsants Carbamazepine Ethosuximide Magnesium sulfate Phenytoin Valproic acid Antifungals Fluconazole [more] Ketoconazole Coumadin. Approve Interferon-alpha [more] Interferon d Alpha Arthritis meds (see also: pain meds) Ridaura.

Lunelle injection. Prometrium Tylenol #3. Hormones [more] Dyphylline Estratab. d Dyphylline Bricanyl. etc. Seasonale. Permarin. #4 X L3 (may interfere with milk production ) X L2 L1 L4 (if used first 3 days postpartu m) L2 L3 [contents] Medroxyprogesterone Approve d D Norethynodrel Progesterone Cough meds [more] Codeine Approve d Approve d Approve d X - C L3 . Cycrin Enovid Crinone.Dilor. OrthoApprove Novum. Menest Approve d Approve d C B C L3 L2 L3 [contents] L3 (may interfere with milk production ) NR Estradiol X Clogestone - Contraceptive pill with estrogen/progesterone Levonorgestrel Preven. DepoProvera. d Theo-Dur Contraceptives. Norlestin. Quibron. Plan d B Provera. d Ovral. Approve Terbutaline Brethine d Aminophyllin Approve Theophylline e. Norinyl. Approve Lufyllin. Ortho-Evra patch. Approve Mirena. Norplant.

Approve Pseudoephedrine L4 (for C Novafed. Approve Acetazolamide C L2 Diamox d L4 (may Approve Bendroflumethiazide Naturetin inhibit D d lactation) Approve Chlorothiazide Hydrodiuril D L3 d Approve Chlorthalidone Hygroton D L3 d Hydrodiuril. Immodium Advanced ** Note: Pepto-Bismol & Kaopectate (bismuth subsalicylate is the active ingredient in both) are not recommended for routine use by nursing moms. Oramide. Lactation risk category = L1. acute use) Halofed. d chronic Actifed use) Diabetes meds [contents] Note: Insulin has not been reviewed by the AAP. due to the association of salicylates with Reyes syndrome in children. Approve Tolbutamide D L3 Orinase d Diarrhea meds [contents] Imodium. D L2 d Oretic Approve Spironolactone Aldactone D L2 d . Approve Hydrochlorothiazide Esidrix. Kaopectate II Caplets. Pepto Diarrhea Control. Pregnancy risk category = B.Noscapine Decongestants [more] - Approve d - NR [contents] L3 (for Sudafed. [more] Diuretics [contents] Dazamide. Maalox Approve Loperamide Antidiarrheal B L2 d Caplets.

Dilacor-XR. Nadolol L2 L2 L2 L3 L2 (topically) L3 (orally) L4 Minoxidil C Nadolol C .) D (2nd. Normodyne Aldomet Toprol XL. Approve Disopyramide Napamide d Approve Flecainide Tambocor d Approve Mexiletine Mexitil d Pronestyl. Blood Pressure meds (Antiarrhythmics. Approve Procainamide Procan d Quinaglute. Lopressor Loniten. Approve Quinidine Quinidex d Antihypertensives Captopril Capoten Approve d C C B C C L2 L3 L2 L3 L2 L3 (if used after 30 days) L3 D Diltiazem/Diltiazem HCL Cardizem Sr. Rogaine Corgard. Minodyl. d Cardizem CD Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d C C (1st trim. Antihypertensives.Galactagogues (milk supply) [more] Domperidone Motilum Approve d - [contents] L1 [contents] Heart. Cardiac stimulants) Antiarrhythmics Norpace.) C C C B Enalapril/Enalapril Maleate Vasotec L2 Hydralazine Labetalol Methyldopa Metoprolol Apresoline Trandate. Approve Diltiazem. 3rd trim.

Nifedipine Oxprenolol Adalat. Trasicor Inderol Betapace Blocadren Calan. Procardia Apsolox. Isoptin. SlowTrasicor. Covera-HS Lanoxin. Lanoxicaps Epsom salt Aralen. Novochloroquine Plaquenil Daraprim Quinamm Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d C L2 - NR Propranolol Sotalol Timolol Verapamil Cardiac stimulants Digoxin Laxatives [more] Cascara/Cascara Sagrada Danthron Magnesium sulfate Senna Malaria meds Chloroquine Hydroxychloroquine Pyrimethamine Quinine Medical Testing [more] Diatrizoate Fluorescein C B C C L2 L3 L2 L2 C L2 [contents] C B - L3 NR L1 L3 [contents] C C C D L3 L2 L4 L2 [contents] - C NR L3 .

Approve Depo-Medrol. Approve Noctec d Approve d Approve d Approve Seconal d C D D Imitrex C L3 [contents] L3 NR L5 L3 [contents] L3 [contents] Solu-Medrol. d Medrol Approve d Deltasone. Approve Meticorten.Gadopentetic (Gadolinium) Iohexol Iopanoic acid Metrizamide Metrizoate Omnipaque Telepaque Amipaque Isopaque Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d C B D B B L2 L2 L2 L2 L2 [contents] Migraine meds (see also: pain meds) [more] Sumatriptan Sedatives [more] Chloral hydrate Methyprylon (withdrawn from use in US & Canada) Bromide Secobarbital Sleep Aids Zolpidem/Zolpidem Tartrate Ambien Steroids Methylprednisolone [ high dosage methylprednisolone] Prednisolone Prednisone Thyroid meds [more] Carbimazole Methimazole (active metabolite of carbimazole) Propylthiouracil Tapazole PTU Approve d Approve d Approve d D D D Approve d B Aquachloral. d Orasone C C C L2 L2 L2 [contents] L3 L3 L2 .

Approve 2nd trim. L4 in high doses (may inhibit lactation) L3 (do not overdose) L1 B-6 (pyridoxine) - A D.) Approve C d Approve A d Approve d Approve d Approve D C L1 L1 [contents] NR L3 L2 . - A (1st. vitamin (Phytonadione) Riboflavin/B2 Miscellaneous Acitretin (Anti-psoriasis) Alcohol/Ethanol [more] Allopurinol Soriatane Zyloprim. Levo-T. Laniazid Rifadin. vitamin Calciferol.Thiouracil Synthroid. Thyroid.) C (3rd d trim. Delta-d - A Folic acid K-1. Levothroid. Levoxyl Seromycin Ethambutol. Rimactane - Approve d Approve d - NR Levothyroxine A L1 Tuberculosis meds Cycloserine Ethambutol Isoniazid Rifampin Vitamins [more] B-1 (thiamin) B-12 (Cyanocobalamin) Approve d Approve d Approve d Approve d A Approve d Approve d Approve d Approve d C B C C [contents] L3 L2 L3 L2 [contents] NR L1 L2. Myambutol INH.

NoDoz.Lopurin Antimony Atropine (Anticholinergic. Atrofen Vivarin. in a vaginal douche) Ivermectin (Antiparasitic) Mectizan Nalidixic acid (Urinary AntiNegGram infective) Norsteroids Pyridostigmine (Muscle stimulant) Scopolamine (Motion sickness) Sulfapyridine Mestinon. lupus) Iodides Iodine Belladonna. drying agent) Azapropazone/apazone (Antirheumatic) Baclofen (muscle relaxant) Barbiturate Caffeine [more] Carbetocin (Antihemorrhagic) Chloroform Cisplatin (Anti-cancer) Dapsone (Antileprosy) Hydroxychloroquine (Antirheumatic. Coffee Duratocin Platinol Avlosulfon. Atropine Rheumox Lioresal. eg. DDS Plaquenil - d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d Approve d C C B D C C C B C C - NR L3 L2 L2 NR L2 NR NR L4 L4 L2 NR NR NR L3 L4 NR L2 L3 NR Iodine (povidone-iodine. Regonol Transderm Scope Dagenan .

Food. belum? Selanjutnya : Mitos vs Ilmiah balas Tautan Bersponsor Hi-Def Video . PhD (2004 edition). Accessories.Timolol (glaucoma med) Blocadren Approve d D L3 * Per the AAP Policy Statement The Transfer of Drugs and Other Chemicals Into Human Milk. Electronics and much .    Approved: (Table 6) Maternal Medication Usually Compatible With Breastfeeding Caution: (Table 5) Drugs That Have Been Associated With Significant Effects on Some Nursing Infants and Should Be Given to Nursing Mothers With Caution NR: Not Reviewed. revised September 2001.Upgrade to Multiply Premium * Your photos & videos as large as possible for all your friends and family * Your video in HD (up to Shop at the Multiply Marketplace Low Prices on Shoes. ** Per Medications' and Mothers' Milk by Thomas Hale. Jewelry. T-Shirts. This drug has not yet been reviewed by Hale Kata kunci: serba serbi Sebelumnya: Sudah lapor pajak. Lactation Risk Categories  L1 (safest)  L2 (safer)  L3 (moderately safe)  L4 (possibly hazardous)  L5 (contraindicated) Pregnancy Risk Categories A (controlled studies show no risk) B (no evidence of risk in humans) C (risk cannot be ruled out) D (positive evidence of risk) X (contraindicated in pregnancy)      NR: Not Reviewed. Clothing. This drug has not yet been reviewed by the AAP.

untuk semuanya Kirim lifalfirano pesan pribadi . balas datinginuse menulis on Nov 18. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis.... Komentar telah dihapus atas permintaan penulis. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis. balas auroraonlineshop menulis on Jul 28. more.. '08 makasih infonya ya.. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis.. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis... Komentar telah dihapus atas permintaan penulis.. Visit us at http://auroraonlineshop. '09 Meet Your Perfect Love Near Now! Komentar telah dihapus atas permintaan penulis...1080p) * Automated backup and permanent storage * Ad-free browsing. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis. '09 Meet Your Perfect Love Near Now! balas datinginuse menulis on Nov 18.com/. '10 Hi. trusted sellers. Komentar dihapus atas permintaan pemilik blog. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis.multiply. Thank you :) balas audio video balasan Tambahkan Komentar U2FsdGVkX1-Rx reply reply 1 4815:U2FsdGVkX Tuliskan komentar di entri blog. KomentarKronologis Kebalikan Berdasar topik balas atiraz menulis on Mar 31. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis. We are here to provide you the latest fashionable of nursing wear and any other baby stuff with wide range of choices and affordable price. Komentar telah dihapus atas permintaan penulis. Komentar dihapus atas permintaan pemilik blog. Great deals on local items. Safe Shopping from friendly.

Nyeri akut hebat sesudah luka atau pembedahan.Demam tinggi yang tidak bisa diatasi antipiretik lain.Kutip pesan asli Kirim submitted Pratinjau dan Cek Ejaan Pasar Filipina · Pasar Indonesia · Buka Toko.Nyeri hebat akut atau kronik bila analgesik lain tidak menolong. Anak-anak: 250 – 500 mg 3 – 4 kali sehari (maksimum 1 gram untuk < 6 tahun dan 2 gram untuk 6 – 12 tahun). .Nyeri karena tumor atau kolik. defisiensi G6PD. Dosis: Oral Dewasa: 500 – 1000 mg 3 – 4 kali sehari (maksimum 3 gram sehari). . granulositopenia. . Gratis © 2011 Multiply · Indonesian · Perihal · Blog · Syarat · Privasi · Perusahaan · Iklankan · API · Bantuan · Sitemap Obat Analgetik 8 Antalgin Indikasi: Karena risiko efek sampingnya. Komposisi: Tiap tablet mengandung Antalgin 500 mg. Kontra Indikasi: Alergi dipiron. payah jantung. . hamil trisemester pertama dan 6 minggu terakhir. penggunaannya sebagai analgesik-antipiretik sangat dibatasi yaitu: . bayi < 3 bulan. porfiria intermiten.

Retensi cairan dan garam. 5 mg. Dexamethasone ……………. 0.Jangan diberikan pada wanita hamil karena akan terjadi hypoadrenalism pada bayi yang dikandungnya atau diberikan dengan dosis yang serendah-rendahnya.. Dexamethasone ……………. Efek Samping: Infeksi lambung. Reaksi elaergi cukup sering: reaksi kulit dan edema angioneurotik. . Jangan digunakan untuk kelainan yang ringan. 20 mg hydrocortisone.75 mg setara obat sbb: 25 mg Cortisone. Efek samping yang berat: agranulositosis. Tiap ml injeksi Dexamethasone Harsen mengandung: Dexamethasone Sodium phosphat ….Dexamethasone Harsen tidak boleh diberikan pada penderita herpes simplex pada mata. Penggunaan pada ibu hamil dan menyusui: Jangan diberikan pada wanita hamil karena potensi karsigonik dari metabolit nitrosamin.75 mg. Sebagai perbandingan Dexamethasone 0. 0. dapat menimbulkan hipotermia yang berat. masih ada obat lain yang lebih aman..5 mg Indikasi: Dexamethasone Harsen adalah obat anti inflamasi dan anti alergi yang sangat kuat. Jangan lebih dari 1 gram karena dapat menimbulkan syok. b. Interaksi Obat: Bila digunakan bersama dengan klorpromazine. Kontra Indikasi: . 5 mg prednisone.. hiperhidrosis. Penggunaan pada anak: Jangan diberikan pada bayi kurang dari 3 bulan (atau BB < 5 kg). pansitopenia dan nefrosis. Komposisi: Tiap tablet Dexamethasone Harsen mengandung: a. .5 mg.Parental 500 – 1000 mg sekali suntik. peptio ulcer aktif atau psikosis kecuali dapat menguntungkan penderita. tuberkulose aktif. Hati-hati pada penderita yang pernah memiliki penyakit darah. 5 mg prednisolone. Jenis: Tablet Produsen: PT Kimia Farma Dexamethasone 0. Perhatian: Pengobatan harus segera dihentikan bila timbul gejala pertama turunnya jumlah sel darah atau granulositopenia atau sakit tenggorokan atau tanda infeksi lain.

sehingga pengobatan untuk kekurangan adrenocotical tidak berguna. termasuk bentuk juvenil.75 mg setara obat sbb: 25 mg Cortisone.3 mg/kg berat badan/perhari dibagi dalam 3 atau 4 dosis. 5 mg prednisolone. HARUS DENGAN RESEP DOKTER Jenis: Tablet DIVOLTAR Indikasi: . ankilosing. Perhatian: .Penyakit reumatik inflamatoar dan degeneratif: artritis reumatoid. Dexamethasone Harsen praktis tidak mempunyai aktivitas mineral conticoid dari cortisone dan hydrocortisone. alergi dermatitis dll.Penambahan nafsu makan dan berat badan lebih sering terjadi. . Dosis: Dewasa: Oral: 0. tendinitis.5 mg – 10 mg per hari (rata-rata 1. . osteoartritis. 5 mg prednisone. penyakit kulit. dan penyakit priai akut.Pengobatan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan efek katabolik steroid seperti kehabisan protein.08 mg – 0. pengobatan rheumatik arthritis dan penyakit colagen lainnya. .5 mg – 3 mg per hari) Parenteral: 5 mg – 40 mg per hari Untuk keadaan yang darurat diberikan intra vena atau intra muskular. penyakit inflamasi pada masa dan kondisi lain dimana terapi glukocorticoid berguna lebih menguntungkan seperti penyakit leukemia tertentu dan lymphomas dan inflamasi pada jaringan lunak dan anemia hemolytica.Kekurangan adrenocotical sekunder yang disebabkan oleh pengobatan dapat dikurangi dengan mengurangi dosis secara bertahap. bursitis. . tenosinovitis.Ada penambahan efek Corticosteroid pada penderita dengan hypothyroidism dan chirrhosis. Efek Samping: . . salah urat dan dislokasi. air dan kehilangan potassium jarang terjadi bila dibandingkan dengan beberapa glucocorticoid lainnya. osteoporosis dan penghambatan pertumbuhan anak. Sebagai perbandingan Dexamethasone 0.Menghilangkan/mengurangi rasa nyeri dan inflamasi nonreumatik. . Obat ini digunakan sebagai glucocorticoid khususnya: untuk anti inflamasi.Uraian dan Penggunaan: Dexamethasone Harsen adalah obat anti inflamasi dan anti alergi yang sangat kuat. Anak-anak: 0.Kelainan muskulo-skeletal akut: periatritis.Penimbunan garam. 20 mg hydrocortisone.

Userasi dan pendarahan saluran cerna. harus dimonitor sebagai tindakan berjagajaga(mis. nyeri kepala atau pusing. DIVOLTAR hancur dan melarut langsung dalam usus halus. ekskresi obat yang utuh melalui ginjal kurang dari 1%. .Penderita asma yang mengalami serangan asma. trombositopenia. Kadar puncak dalam plasma akan dicapai setelah 1 – 4 jam. Dosis: Dewasa: Dosis awal 75 – 150 mg sehari. hati dan hitung darah). 2. DIVOLTAR dapat meningkatkan kadar plasma lithium atau digoksin. 3. Reaksi kulit. analgesik dan antipiretik yang kuat. . Dengan demikian. 4. Efek Samping: Pada awal pengobatan. tetapi sangat jarang. . retensi cairan dan peningkatanserum transaminase kadang-kadang terjadi. . Obat ini 99. Diklofenak dimetabolisme hampir sempurna dalam hati. DIVOLTAR tidak boleh diberikan selama kehamilan. gagal ginjal dan sindroma nefrotik juga terjadi.penderita dengan gangguan saluran cerna atau dengan riwayat ulkus peptikum. dan anemia aplastik dapat juga terjadi. Gunakan dengan hati-hati pada: . Leukopenia.Kontra Indikasi: .penderita usia lanjut (lebih mudah mengalami efek samping obat-obat antiinflamasi nonsteroid). Efek samping ini biasanya ringan. DIVOLTAR merupakan penghambat prostaglandinsintetase.Ulkus peptikum atau perdarahan saluran cerna. ikterus. dimana diklofenak diabsorpsi dengan cepat. sendawa.7% terikat pada protein plasma dan waktu paruh eliminasinya 1 – 2 jam.Hipersensitivitas terhadap diklofenak. iritasi lambung dikurangi. Bila ini terjadi.penderita dengan insufisiensi hati. Diklofenakmengalami metabolisme lintasan pertama dalam hati. urtikaria atau rinitis akut bilamendapat asetosal atau obat-obat antiinflamasi nonsteroid lainnya. fungsi ginjal. Peringatan dan Perhatian: 1. kecuali bila mutlak diperlukan. Sebagai tablet salut enterik. nausea dandiare. jantung atau ginjal yang parah. . dapat terjadi nyeri epigastrum. Penderita dengan pengobatan jangka panjang dengan DIVOLTAR seperti halnya dengan obat-obat antiinflamasi nonsteroid lainnya. dibagi dalam 2 – 3 dosis. hepatitis. Komposisi: Tiap tablet salut enterik mengandung: Diklofenak natrium 25 mg atau 50 mg Farmakologi: DIVOLTAR adalah obat antiinflamasi nonsteroid dengan struktur kimia yang baru (suatu derivat asam asetat). Obat ini mempunyai sifat antiinflamasi. Seperti obat antiinflamasi nonsteroid lainnya. DIVOLTAR harus dihentikan.

diare.Untuk terapi jangka panjang. anemia. osteoartritis dan ankilosing spondilitis. Anak 1 tahun atau lebih 1 – 3 mg/kg sehari. Komposisi: Natrium Diklofenak 25 mg Tablet Salut Enterik Tiap tablet salut enterik mengandung: Natrium Diklofenak 25 mg.Dalam kasus terbatas gangguan hematologi (trombositopenia. Cara Kerja Obat: Diklofenak adalah golongan obat non steroid dengan aktivitas anti inflamasi. Simpan pada suhu kamar (di bawah 30 derajat Celsius). indigesti. Penyimpanan: Lindungi dari cahaya. Efek Samping: . dibagi dalam 2 – 3 dosis. Tablet harus ditelan seluruhnya sewaktu makan atau setelah makan.Efek samping yang umum terjadi seperti nyeri/keram perut. Kontra Indikasi: . . nausea. SGPT) hepatitis. kelainan pada hasil uji hati.Penderita tukak lambung. Aktivitas diklofenak dengan jalan menghambat enzim siklo-oksigenase sehingga pembentukan prostaglandin terhambat. Natrium Diklofenak 50 mg Tablet Salut Enterik Tiap tablet salut enterik mengandung: Natrium Diklofenak 50 mg. . analgesik dan antipiretik. pruritus dan tinitus. pusing. konstipasi. leukopenia. tukak lambung.Peninggian enzim-enzim aminotransferase (SGOT. dosis biasanya 75 – 100 mg sehari.Penderita yang hipersensitif terhadap diklofenak atau yang menderita asma. ruam. retensi cairan. . flatulen. agranulositosis). sakit kepala. . HARUS DENGAN RESEP DOKTER Jenis: Tablet Produsen: PT Kalbe Farma Natrium Diklofenak Indikasi: Pengobatan akut dan kronis gejala-gejala reumatoid artritis. urtikaria atau alergi pada pemberian aspirin atau NSAIA lain.

Pada anak-anak efektivitas dan keamanannya belum diketahui dengan pasti. hati. . sakit gigi dan menurunkan demam Kontra Indikasi: . karena diklofenak dapat menyebabkan retensi cairan dan edema. . . penderita usia lanjut dan penderita dengan luka atau perdarahan pada saluran pencernaan. metotreksat.Diklofenak tidak dianjurkan untuk ibu menyusui karena diklofenak diekskresikan melalui ASI.Hindarkan penggunaan pada penderita porfiria hati. siklosporin dan litium sehingga meningkatkan toksisitasnya. .Ankilosing spondilitis : 4 kali sehari 25 mg ditambah 25 mg saat akan tidur.Penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat . HARUS DENGAN RESEP DOKTER Jenis: Tablet Sanmol Indikasi: Sanmol diindikasikan untuk meringankan raa sakit pada keadaan sakit kepala. Tablet harus ditelan utuh dengan air.Hipersensitif terhadap paracetamol . .Reumatoid artritis : 3 – 4 kali sehari 50 mg atau 2 kali sehari 75 mg.Diklofenak menurunkan aktivitas obat-obatan diuretik. Interaksi Obat: . Dosis dan Cara Pemakaian: .Hati-hati penggunaan pada penderita gangguan fungsi ginjal.Peringatan dan Perhatian: . .Diklofenak meningkatkan konsentrasi plasma digoksin. Kemasan: Natrium Diklofenak 25 mg Tablet Salut Enterik Dus berisi 5 strip @ 10 tablet Natrium Diklofenak 50 mg Tablet Salut Enterik Dus berisi 5 strip @ 10 tablet Penyimpanan: Simpan di tempat yang sejuk dan kering serta terlindung dari cahaya.Osteoartritis : 2 – 3 kali sehari 50 mg atau 2 kali sehari 75 mg.Hati-hati penggunaan selama kehamilan karena diklofenak dapat menembus plasenta. jantung.Penggunaan bersama aspirin akan menurunkan konsentrasi plasma dan AUC diklofenak. sebelum makan. . . .Hati-hati penggunaan pada penderita dekomposisi jantung atau hipertensi.

. 6 – 9 tahun: 10 – 15 ml. Atau menurut petunuk dokter. diduga bekerja langsung pada pusat penghantar panas di hipotalamus. sakit gigi. Efek Samping: . 3 – 4 kali sehari. Penggunaan obat ini pada penderita yang mengkonsumsi alkohol. bekerja dengan meningkatkan ambang rangsang rasa sakit dan sebagai antipiretik. dapat mengakibatkan risiko kerusakan fungsi hati. 3 – 4 kali sehari.Hipersensitif terhadap paracetamol Komposisi: Tiap 5 ml mengandung Paracetamol 120mg. . menurunkan demam yang menyertai influenza dan demam setelah imunisasi. 2 – 6 tahun: 5 – 10 ml. 9 – 12 tahun: 15 – 20 ml. segera hubungi unit pelayanan kesehatan. Farmakologi: SANMOL mengandung Paracetamol yang bekerja sebagai nalgesik. 3 – 4 kali sehari.Penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat . 3 – 4 kali sehari.Reaksi hipersensitivitas.Penggunaan jangka lama dan dosis besar dapat menyebabkan kerusakan hati. Dosis: 1 – 2 tahun: 5 ml. Kontra Indikasi: . Perhatian:    Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita penyakit ginjal.Deskripsi: N/A Jenis: Tablet Produsen: PT Sanbe Farma Sanmol Syrup Indikasi: SANMOL diindikasikan untuk meringankan rasa sakit pada keadaan sakit kepala. Bila setelah 2 hari demam tidak menurun atau setelah 5 hari nyeri tidak menghilang.

tuberkulosis dan infeksi-infeksi lainnya. sakit gigi. SUMAGESIC lebih manjur dan bekerja lebih cepat daripada asam asetilsalisilat sebagai antipiretik. tonsilitis. SUMAGESIC juga menurunkan demam dengan cara mempengaruhi pusat pengatur suhu dalam otak untuk menurunkan panas dengan jalan mengeluarkan peluh. Juga ideal untuk menurunkan demam yang menyertai flu. asetaminofen menyembuhkan rasa sakit sebanding dengan penyembuhan oleh 600 mg asam asetilsalisilat dan 60 mg kodeina tanpa efek samping dari obat-obat tersebut. SUMAGESIC dua kali lebih aman daripada asam asetilsalisilat dan jauh lebih aman dibandingkan dengan obat-obat analgetik-antipiretik lainnya. Jenis: Fls Produsen: PT Sanbe Farma SUMAGESIC Indikasi: SUMAGESIC ideal untuk menyembuhkan rasa sakit termasuk sakit kepala. sakit pada otot dan persendian. . karenanya dapat diberikan dengan aman kepada penderita-penderita hiperasiditas (pengeluaran asam lambung yang berlebihan). osteoarthritis dan sakit karena trauma ringan dan tindakan pembedahan. tukak lambung dan gastritis (radang pada lambung). masuk angin. Kontra Indikasi: N/A Komposisi: Setiap tablet mengandung: Asitominofen …………………………………… 600 mg Sumagesik mengandung dosis optimum yang efektif dari 600 mg asetaminofen. Khasiat antipiretiknya hampir dua puluh lima kali lebih hebat daripada aspirin. 1/4 – 1/2 tablet Dewasa ……………………………………………. SUMAGESIC menyembuhkan rasa sakit dengan cara bekerja pada pusat rasa sakit dalam otak dan mencegah timbulnya rangsangan rasa sakit pada tempat-tempat bersangkutan. terlindung dari cahaya. Pada dosis ini. Aturan Pakai: (3 – 4 kali sehari) Anak-anak …………………………………………. SUMAGESIC adalah analgetik-antipiretik pilihan utama bagi penderita yang peka terhadap asam asetilsalisilat dan obat-obatan sejenis.Penyimpanan: Simpan pada suhu kamar (25 – 30 derajat C). 1 tablet Atau menurut petunjuk dokter. SUMAGESIC tidak menyebabkan iritasi lambung. rheumatoid arthritis.

tendosynovitis.Reaksi hipersensitif terhadap diclofenac . dan sebagainya. spondilitis ankilosa. dengan atau tanpa pembentukan gumpalan-gumpalan. obat ini menurunkan ketegangan otot-otot pembuluh darah. Kontra Indikasi: . bengkak.Nyeri yang disebabkan oleh inflamasi non-rematik. Kejang betis.Artritis rematik.Tendovaginitis. Kontra Indikasi: N/A Deskripsi: Thrombophop gel adalah suatu bentuk baru dalam terapi heparin sodium untuk kulit. keseleo. Komposisi: VOLTADEX 25 mg .Bila aspirin atau obat anti-inflamasi diketahui menimbulkan asma.Penyimpanan: Simpan pada suhu 25 – 30 derajat Celsius.Ulkus peptikum . heparin juga berkhasiat sebagai anti-radang. sehingga melancarkan peredaran darah. Jenis: Tube Produsen: PT Tunggal Idaman Abdi VOLTADEX Indikasi: . Heparin dapat mencegah pembekuan darah dan membantu proses fibrinolisa. maka VOLTADEX tidak boleh diberikan. atau rinitis. Mikrotrombi (butir-butir bekuan darah) yang terdapat disekitar kulit dapat diserap lebih cepat. Furunculosis dan bengkak-bengkak. sehingga dapat menyembuhkan bengkak dan mehilangkan rasa nyeri. .gangguan-gangguan olah raga dan kecelakan-kecelakan seperti memar. Jenis: Tablet Produsen: PT Medifarma Lab Thrombophop Gel Indikasi: Flebitis permukan. urtikaria. spondiloartritis. osteoartritis. Penyumbatan pembuluh balik yang berlebihan.

anti-inflamasi.Hati-hati bila digunakan pada penderita dengan riwayat dekompensasi jantung atau hipertensi.Tiap tablet salut enterik mengandung: Diclofenac sodium 25 mg VOLTADEX 50 mg Tiap tablet salut enterik mengandung: Diclofenac sodium 50 mg Farmakologi: VOLTADEX adalah turunan asam fenil asetat yang memiliki khasiat antirematik. Tablet harud ditelan utuh pada waktu atau sesudah makan. Efek samping yang paling sering terjadi adalah gangguan saluran cerna. .Nyeri dan inflamasi setelah operasi.Sebagai ajuvan pada nyeri inflamasi yang berat dari infeksi telinga. seperti operasi tulang atau gigi.Hati-hati bila digunakan padawanita hamil atau menyusui (hanya bila sangat diperlukan). .Nyeri inflamasi setelah trauma. muntah. Tetapi efek samping tersebut akan hilang sendiri berangsur-angsur tanpa menghentikan penggunaan VOLTADEX. 3 kali sehari. antipiretik. kembung. Efek Samping: Pada umumnya VOLTADEX ditoleransi dengan baik dalam tubuh. mual. VOLTADEX harus diberikan dengan hati-hati dan fungsi ginjal harus terus dimonitor. . maka pada penderita seperti ini. Dosis sehari jangan melebihi 150 mg. Peringatan dan Perhatian: . dan analgetik. Dosis: 25 mg – 50 mg. . seperti karena terkilir. Untuk pengobatan jangka panjang cukup dengan dosis 75 – 100 mg sehari. HARUS DENGAN RESEP DOKTER Jenis: Tablet Produsen: PT Dexa Medica Kalium Diklofenak Indikasi: Sebagai pengobatan jangka pendek untuk kondisi – kondisi akut sebagai berikut: . selain itu dapat pula timbul sakit kepala. sukar tidur. . hidung atau tenggorokan. ruam kulit.Karena kegagalan ginjal akut mungkin dapat terjadi pada penderita yang sudah mempunyai gangguan fungsi ginjal. dan pruritus. Anak-anak umur 6 tahun atau lebih: 1 – 3 mg/kg berat badan sehari dalam dosis terbagi.

Obat ini mempunyai efek analgesik dan antiinflamasi. penyakitnya sendiri harus diobati dengan terapi dasar. kalium diklofenak mengurangi nyeri spontan dan nyeri pada waktu bergerak serta bengkak dan luka dengan edema. Pada percobaan-percobaan klinis Kalium Diklofenak juga menunjukkan efek analgesik yang nyata pada nyeri sedang dan berat.Umumnya takaran permulaan untuk dewasa 100-150 mg sehari. Pada kalium diklofenak. Prostaglandin mempunyai peranan penting sebagai penyebab dari inflamasi.Seperti halnya dengan anti inflamasi non steroid lainnya. Penghambatan biosintesa prostaglandin. Zat aktifnya adalah sama dengan sodium diklofenak. nyeri dan demam. urtikaria atau rhinitis akut ditimbulkan oleh asam asetilsalisilat atau obat-obat lain yang mempunyai aktivitas menghambat prostaglandin sintetase Tablet Salut Enterik 25 mg & 50 mg Komposisi: Kalium Diklofenak 25 mg Tiap tablet salut enterik mengandung Kalium Diklofenak 25 mg Kalium Diklofenak 50 mg Tiap tablet salut enterik mengandung Kalium Diklofenak 50 mg Cara Kerja Obat: Farmakodinamik Kalium diklofenak adalah suatu zat anti inflamasi non steroid dan mengandung garam kalium dari diklofenak. .misalnya faringotonsilitis. Sesuai dengan prinsip pengobatan umum. kalium diklofenak dikontraindikasikan pada pasien dimana serangan asma. otitis. Dengan adanya inflamasi yang disebabkan oleh trauma atau setelah operasi.Pada kasus-kasus yang sedang. Tablet kalium diklofenak memiliki mula kerja yang cepat. juga untuk anak-anak di atas usia 14 tahun 75-100 mg sehari pada umumnya mencukupi.Tukak lambung . mempunyai hubungan penting dengan mekanisme kerja kalium diklofenak. Dosis harian harus diberikan dengan dosis terbagi 2-3 kali . Demam sendiri bukan suatu indikasi.Hipersensitif terhadap zat aktif] . yang telah dibuktikan pada beberapa percobaan. Dosis: Dewasa: . Kalium diklofenak secara in vitro tidak menekan biosintesa proteoglikan di dalam tulang rawan pada konsentrasi setara dengan konsentrasi yang dicapai pada manusia. Kontra Indikasi: . ion sodium dari sodium diklofenak diganti dengan ion kalium.

karena obat ini mungkin menyebabkan serangan. pasien yang mempunyai riwayat tukak lambung. Peringatan dan Perhatian:  Ketepatan diagnosa dan pengawasan yang ketat harus dilakukan pada pasien-pasien dengan gejala gangguan saluran pencernaan.  Mutagenisitas. obat ini harus dihentikan. Hal ini dapat terjadi setiap waktu selama pengobatan dengan atau tanpa gejala peringatan atau riwayat sebelumnya. Tetapi bila berlawanan dengan rekomendasi untuk pemakaiannya dimana kalium diklofenak diberikan untuk jangka waktu lama. dengan ulkus kolitis.  Pengobatan dengan kalium diklofenak untuk indikasi seperti tersebut di atas biasanya hanya untuk beberapa hari.  Karena prostaglandin penting untuk mempertahankan aliran darah pada ginjal.  Pemantaun fungsi ginjal sebagai tindakan pencegahan direkomendasikan jika digunakan pada kasus-kasus tertentu.  Seperti halnya dengan anti inflamasi non steroid lainnya. atau pasien dengan penyakit Crohn.  Walaupun jarang. dsb) kalium diklofenak harus dihentikan. pasien yag diobati dengan diuretik. sebaiknya seperti halnya obat-obat anti inflamasi non steroid yang mempunyai aktivitas yang tinggi lainnya. . Hepatitis mungkin terjadi tanpa gejala-gejala prodromal. karsinogenik atau teratogenik pada studi yang dilakukan. dan jika tanda-tanda klinis atau gejala-gejala tetap dengan berkembangnya penyakit hati atau jika terjadi manifestasi lainnya (misalnya eosinofilia.misalnya pada fase peri atau sesudah operasi dari operasi bedah yang besar. Jika test fungsi hati yang abnormal tetap atau menjadi lebih buruk.  Pada pasien dengan usia lanjut perhatian harus diberikan sesuai dengan prinsip-prinsip pengobatan kedokteran. dan pada pasien dengan ”extracellular volume depletion”dari berbagai sebab. obat harus segera dihentikan. reaksi alergi termasuk reaksi anafilaktik/anafilaktoid. dapat juga terjadi walaupun tanpa pernah terpapar dengan obat ini sebelumnya. ruam.  Pemantauan fungsi hati diindikasikan sebagai tindakan pencegahan. juga pada pasien yang menderita gangguan hati yang berat.Anak-anak: Tablet kalium diklofenak tidak cocok untuk anak-anak.  Bila terjadi perdarahan saluran pencernaan atau ulkus pada pasien yang menerima kalium diklofenak. Seperti halnya dengan antiinflamasi non steroid lainnya. kenaikan satu atau lebih enzim hati mungkin terjadi dengan kalium diklofenak. dilakukan hitung darah. apabila timbul tukak lambung atau perdarahan lambung selama masa pengobatan dengan kalium diklofenak . perhatian khusus harus diberikan pada pasien dengan gangguan fungsi jantung atau ginjal. Penghentian pengobatan diikuti oleh penyembuhan seperti keadaan sebelum pengobatan.  Perhatian harus diberikan jika menggunakan kalium diklofenak pada pasien-pasien dengan porfiria hati. Khususnya direkomendasikan untuk menggunakan dosis efektif terendah pada pasien tua yang lemah atau dengan berat badan rendah. karsinogenisitas dan studi toksisitas reproduksi: Diklofenak tidak menunjukkan efek mutagenik.  Umumnya perdarahan saluran pencernaan atau ulkus/ perforasi mempunyai konsekwensi yang lebih serius pada orang tua.

kalium diklofenak tidak dianjurkan untuk digunkan pada ibu yang menyusui. Jenis: Tablet Produsen: PT Dexa Medica RHEUMACYL pegel linu Indikasi: .  Efek pada kemampuan mengemudi atau menggunakan mesin: Pasien yang mengalami pusing atau gangguan saraf pusat lainnya harus dihindarkan dari mengemudi kendaraan atau menjalankan mesin. Pemakaian pada waktu kehamilan dan laktasi: Pada masa kehamilan. Panax gingseng 10 mg.Membantu meredakan pegel linu. Sesudah pemberian oral dosis 50 mg setiap 8 jam. . Myristicae semen 12.5 mg. hal ini terutama berlaku pada 3 bulan terakhir dari masa kehamilan (karena kemungkinan terjadinya inertia uterus dan atau penutupan yang prematur dari ductus arteriosus). Zingiber aromaticum rhizoma 12. dan encok. kalium diklofenak hanya digunakan pada keadaan yang sangat diperlukan dan dengan dosis efektif yang terkecil Seperti halnya obat-obat penghambat prostaglandin sintetase lainnya. Curcuma domestica rhizoma 20 mg.Membantu memelihara kesehatan tubuh. Kontra Indikasi: N/A Komposisi: Setiap kapsul mengandung ekstrak berkhasiat: Zingiberis rhizoma 12. Mengandung Bupleurum Falcatum yang dikenal pada pengobatan tradisional china untuk meredakan nyeri. Recrofracti fructus 10 mg. sakit otot pinggang. Bupleurum falcatum 25 mg. Royall jelly 5 mg. Terbuat dari kombinasi tanaman berkhasiat. seperti obat-obat lainnya yang diekskresikan ke dalam air susu ibu. Aturan Pakai: Dewasa dan anak diatas 12 tahun minum 1-2xsehari 2 kapsul.5 mg.5 mg. Menthae folia 5 mg. Sebaiknya diminum sebelum tidur. zat aktif dari kalium diklofenak dijumpai dalam air susu ibu. .

.Anjuran: Istirahat yang cukup Jenis: Kapsul Produsen: PT Tempo Scan Pasific Thrombogel 10gr Indikasi: Trombosis permukaan.v.Penderita yang mendapat pengobatan penghambat monoamin oksidase (MAO). Deskripsi: Heparin adalah suatu antikoagulan yang dapat mencegah terbentuknya gumpalan-gumpalan dalam darah dan membatu mencegah pembekuan darah yang telah terbentuk. Komposisi: Tiap kapsul mengandung: Tramadol Hidroklorida………………………………. . Jenis: Tube Produsen: PT Tunggal Idaman Abdi TRAMADOL Indikasi: TRAMADOL diindikasikan untuk mengobati dan mencegah nyeri yang sedang hingga berat.Keracunan akut oleh alkohol.Nyeri pasca bedah. .Penderita yang hipersensitif terhadap TRAMADOL. Kontra Indikasi: . mencegah dan mengobati radang pembuluh balik setelah penyuntikan i. analgesik atau obat-obat yang mempengaruhi SSP lainnya. . Haematomata. Kontra Indikasi: Hipersensitif terhadap komponen obat-obat.Nyeri akut dan kronik yang berat.50 mg Cara Kerja Obat: TRAMADOL adalah analgesik kuat yang bekerja pada reseptor opiat. hipnotik. Tromboflebitis. seperti tersebut di bawah ini: .

Penggunaan TRAMADOL bersama dengan tranquillizer juga dapat meningkatkan efek analgesiknya. kulit kemerahan. Apabila sakit masih terasa.TRAMADOL dapat mengurangi kecepatan reaksi penderita. pusing. Dosis perhari: hingga 8 kapsul. Tidak boleh diberikan lebih lama daripada yang diperlukan. gangguan fungsi ginjal dan hati yang berat atau hipersekresi bronkus. Dosis untuk dewasa dan anak berumur di atas 14 tahun: Dosis tunggal: 1 kapsul. pruritus. . lelah. kecuali benar-benar diperlukan.TRAMADOL mengikat secara stereospsifik pada reseptor di sistem saraf pusat sehingga menghentikan sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri. berkeringat. . Efek Samping: . obstipasi. perlu dilakukan penyesuaian dosis. TRAMADOL tidak dapat menekan gejala putus obat. seperti kemampuan mengemudikan kendaraan ataupun mengoperasikan mesin. akibatnya impuls nyeri terhambat. mulut kering dan sakit kepala. Meskipun termasuk agonis opiat. akibat pemberian morfin. karena dapat meningkatkan resiko kejang atau syok. Perhatian: . . .Dapat terjadi penurunan fungsi paru apabila penggunaan TRAMADOL dikombinasi dengan obat-obat depresi SSP lainnya atau bila melebihi dosis yang dianjurkan. dapat meningkatkan efek sedasinya. oleh karena itu dokter harus menetapkan lamanya pengobatan.1% TRAMADOL diekskresikan melalui ASI (Air Susu Ibu).Penggunaan TRAMADOL bersama dengan obat-obat yang bekerja pada SSP (seperti: tranquillizer. . setalah selang waktu 30 – 60 menit.TRAMADOL sebaiknya tidak diberikan pada wanita hamil. ringan.Lama pengobatan Pada pengobatan jangka panjang. muntah. kemungkinan terjadi ketergantungan. dapat ditambahkan dosis tunggal kedua 1 kapsul TRAMADOL lagi.Meskipun TRAMADOL berinteraksi dengan reseptor apiat sampai sekarang terbukti insidens ketergantungan setelah penggunaan TRAMADOL. Interaksi Obat: . dispepsia. .TRAMADOL tidak boleh digunakan pada penderita ketergantungan obat. . Pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal dan hati.0. sedasi. efek samping yang dapat terjadi: mual. Dosis: Seperti halnya obat-obat analgesik. .Hati-hati bila digunakan pada penderita dengan trauma kepala. . dosis harus diatur sesuai dengan beratnya rasa sakit dan respon klinis dari penderita. peningkatan tekanan intrakranial. Di samping itu TRAMADOL menghambat pelepasan neutrotransmiter dari saraf aferen yang bersifat sensitif terhadap rangsang. hipnotik).Sama seperti umumnya analgesik yang bekerja secara sentral.

dechacare. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. Informasi yang tersedia di DechaCare. konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kami Mencantumkan Merk Bukan Bermaksud Beriklan…Kami Hanya Bermaksud Memudahkan Pembaca Memahami dan Mengerti Apa Yang Kami Informasikan.Kami Tidak Bertanggung Jawab Jika Anda Menggunakan Tanpa Konsultasi dengan Dokter Atau Apoteker …. DechaCare. saran.Kemasan: Dus isi 5 strip @ 10 kapsul. Penyimpanan: Simpan di tempat sejuk dan kering.com DechaCare. ..com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi-informasi yang disajikan dalam situs ini.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat.Obat yang akan di gunakan Sebaiknya terlebih dahulu di Konsultasikan dengan Dokter atau Apoteker Anda…Kami Hanya Memberikan Informasi Hanya Untuk Ilmu Pengetahuan.com hanya memberikan informasi sesuai dengan informasi-informasi yang tertera pada kemasan dan brosur obat.. HARUS DENGAN RESEP DOKTER Jenis: Kapsul Produsen: PT Sanbe Farma Perlu di Baca ……….terimaksih info ini kami dapat dari : http://www. terlindung dari cahaya.

Kita tidak bisa menyerahkan penyakit kita sepenuhnya kepada obat-obatan. tips wanita Cara memilih obat sesuai kebutuhan . Dosisnya pun tidak bisa seenak-enaknya saja. kalau salah konsumsi seperti itu akan menimbulkan masalah yang lain dalam tubuh. Bukan malah . Bila terjadi keluhan. karena manfaat yang di rasakan tidak akan sama antara sakit yang satu dengan lain nya.Kebanyakan orang awam yang tidak memiliki pengetahuan seputar obat. hendaknya periksakan ke dokter. padahal hal tersebut salah. akan meminum sembarang obat dan dengan dosis yang sembarangan pula. Yang biasanya untuk meredakan nyeri kita langsung meminum antibiotik atau aspirin saja. Karena dokterlah yang lebih mengerti tentang obat-obatan tersebut.Bagaimana mengkonsumsi obat yang benar Oleh Richa Anggraini Putri · 17 Oktober 2011 · Tidak ada komentar Kesehatan · Tagged: Kesehatan. Meminum obat ternyata tidak bisa sembarangan. Karena mereka tidak tahu. karenanya perlu dikonsultasikan dulu pada dokter.

membeli obat-obatan dengan merk yang terkenal saja. minum lah obat saat setelah menyusui atau menjelang si bayi tidur. Untuk yang menyusui sebaiknya tidak di anjurkan meminum obat karena dampak yang ditimbulkan akan sangat berbahaya bagi sang bayi. Untuk itu penggunaan untuk wanita menyusui harus sedini mungkin di hindari. Karena akibat yang ditimbulkan akan semakin fatal. Wanita hamil pun tidak di anjurkan untuk selalu mengkonsumsi obat-obatan. fungi. Tentu hal itu tidak pernah kita inginkan. . dan tidak sembarang obat dapat dikonsumsi wanita hamil dan menyusui. karena obat yang diminum sang ibu terkontaminasi dengan ASI yang diberikan ibunya tersebut. virus. protozoa. amoeba. BAB II KEMOTERAPETIKA PENGERTIAN Kemoterapi adalah obat atau zat yang berasal dari bahan kimia yang dapat memberantas dan menyembuhan penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Akibat salahnya persepsi kita terhadap obat yang terkadang bisa sembarangan kita minum pun dapat menjadi penyakit baru dalam tubuh kita. Bila harus terjadi juga. Wanita hamil dan menyusui??? Wanita hamil masih dapat meminum obat dengan dosis yang rendah. Karena obat yang masuk dalam janin dapat mengganggu tumbuh kembang nya janin dalam rahim serta dapat memicu penyebab kecacatan bagi sang bayi nantinya. Bayi akan mengalami gangguan pada sistem saraf otak. dan harus dengan resep dokter. agar obat yang terdeteksi dalam ASI tidak terlalu banyak. cacing dan sebagainya tanpa merusak jaringan tubuh manusia. Daya tahan tubuh akan semakin berkurang dan melemahnya sistem saraf tubuh. Oleh karena itu penggunaan nya harus dengan dosis yang sangat rendah.

 Bakteriostatika yaitu obat yang pada dosis lazim berkhasiat menghentikan pertumbuhan dan pembiakan bakteri. sublimat. 1. Anti TBC 2. Sulfonamida C. Anti jamur D. Anti neoplastika (sitostatika) F. Anti amuba 3. kemoterapi dibedakan atas :  Bakterisida yaitu obat yang pada dosis lazim berkhasiat untuk mematikan hama.Berdasarkan khasiatnya terhadap hama / bakteri. contoh : fenol. Anti virus E. iodium. yang dapat . Adalah zat-zat yang dihasilkan oleh mikroba terutama fungi dan bakteri tanah. Antibiotika B.contohnya antibiotika spektrum sempit. Anti Lepra A. Anti Parasitik. ANTIBIOTIKA Pengertian antibotika Antibiotika berasal dari bahasa latin yang terdiri dari anti = lawan. Lain-lain 1. bios = hidup. Anti malaria 2. Anti cacing 4. Yang termasuk kelompok kemoterapi adalah : A. sedang pemusnahan selanjutnya dilakukan oleh tubuh sendiri secara fagositosis (kuman dilarutkan oleh leukosit atau sel-sel daya tangkis tubuh lainnya).

sedang toksisitasnya terhadap manusia relatif kecil. hingga bersifat lebih permeable akibatnya zat-zat penting dari isi sel dapat keluar (kelompok polipeptida) 3. Kemudian banyak zat dengan khasiat antibiotik diisolir oleh penyelidik-penyelidik lain diseluruh dunia. namun toksisitasnya hanya beberapa saja yang dapat digunakan sebagai obat. 2. molekul lipoprotein dari membran sel dikacaukan pembentukannya. Mekanisme kerja Mekanisme kerja antibiotika antara lain : 1. kalau obat yang sama kemudian diberikan secara oral atau suntikan maka ada kemungkinan terjadi reaksi hipersentitiv atau allergi seperti gatal-gatal kulit kemerah-merahan. Menghambat sintesa dinding sel. Guna . bentolbentol atau lebih hebat lagi dapat terjadi syok. Menghambat pembentukan asam-asam inti (DNA dan RNA) akibatnya sel tidak dapat berkembang (rifampisin) Efek samping Penggunaan antibiotika tanpa resep dokter atau dengan dosis yang tidak tepat dapat menggagalkan pengobatan dan menimbulkan bahaya-bahaya lain seperti: 1. Florey. atau semi sintetis. atau karena belum diketahui struktur kimianya. Antibiotik pertama kali ditemukan oleh sarjana Inggris dr. Menghambat sintesa protein sel. Aktivitas antibiotik umumnya dinyatakan dalam satuan berat (mg) kecuali yang belum sempurna permurniannya dan terdiri dari campuran beberapa macam zat. Antibiotik juga dapat dibuat secara sintetis. akibatnya sel tidak sempurna terbentuk (kloramfenicol. aktivitasnya dinyatakan dalam satuan internasional = Internasional Unit (IU). tetrasiklin) 4. Menghambat sintesa membran sel. Alexander Fleming (Penisilin) pada tahun 1928.menghambat pertumbuhan atau membasmi mikroba jenis lain. contohnya Penisilin dan Kloramfenikol. Dibidang peternakan antibiotik sering dimanfaatkan sebagai zat gizi tambahan untuk mempercepat pertumbuhan ayam negeri potong. Sensitasi / hipersensitif Banyak obat setelah digunakan secara lokal dapat mengakibatkan kepekaan yang berlebihan. akibatnya pembentukan dinding sel tidak sempurna dan tidak dapat menahan tekanan osmosa dari plasma. Tetapi penemuan ini baru dikembangkan dan digunakan dalam terapi di tahun 1941 oleh dr. akhirnya sel akan pecah (penisilin dan sefalosporin).

Contohnya eritromisin. Penggolongan antibiotik berdasar aktivitasnya Berdasarkan luas aktivitas kerjanya antibiotika dapat digolongkan atas : 1. sefalosporin. dianjurkan menggunakan kemoterapi dengan dosis yang tepat atau dengan menggunakan kombinasi obat. 2. dan berkuasa menimbulkan infeksi baru misalnya timbul jamur Minella albicans dan Candida albicans. dan kloramfenicol. 3. kanamisin. Zat-zat dengan aktivitas luas (broad spectrum) Zat yang berkhasiat terhadap semua jenis bakteri baik jenis bakteri gram positif maupun gram negatif. Khususnya. Spesies mikroorganisme yang lebih kuat atau resisten akan kehilangan saingan. Zat-zat dengan aktivitas sempit (narrow spektrum) Zat yang aktif terutama terhadap satu atau beberapa jenis bakteri saja (bakteri gram positif atau bakteri gram negatif saja). maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya resistensi artinya bakteri tidak peka lagi terhadap obat yang bersangkutan. klindamisin (hanya terhadap bakteri gram positif). streptomisin. gentamisin (hanya terhadap bakteri gram negatif saja) 2.anak-anak dan orangtua sangat mudah dijangkiti supra infeksi ini. Contohnya ampisilin.mencegah bahaya ini maka sebaiknya salep-salep menggunakan antibiotika yang tidak akan diberikan secara sistemis (oral dan suntikan). atau waktu terapi kurang lama. Super infeksi Yaitu infeksi sekunder yang timbul selama pengobatan dimana sifat dan penyebab infeksi berbeda dengan penyebab infeksi yang pertama. Selain antibiotik obat yang menekan sistem tangkis tubuh yaitu kortikosteroid dan imunosupressiva lainnya dapat menimbulkan supra infeksi. Supra infeksi terutama terjadi pada penggunaan antibiotika broad spektrum yang dapat mengganggu keseimbangan antara bakteri di dalam usus saluran pernafasan dan urogenital. Untuk mencegah resistensi. Resistensi Jika obat digunakan dengan dosis yang terlalu rendah. Kelompok antibiotika Antibiotika yang akan dibicarakan adalah: .

kemudian digunakan Penisilium chrysogenum yang dapat menghasilkan Penisilin lebih banyak. 7. Sekarang dibuat secara semi sintetis. (penisilinase dan cefalosforinase) maka khasiat anti bakteri (aktivitas) antibiotik penisilin menjadi lenyap Rumus Bangun Mekanisme kerja : Penisilin merintangi/ menghambat pembentukan/ sintesa dinding sel bakteri sehingga bila sel bakteri tumbuh dengan dinding sel yang tidak sempurna maka bertambahnya plasma atau air yang terserap dengan jalan osmosis akan menyebabkan dinding sel pecah sehingga bakteri menjadi musnah. 2. 3. Penisilin termasuk antibiotik golongan betalaktam karena mempunyai rumus bangun dengan struktur seperti cincin β lactam yang merupakan syarat mutlak untuk menunjukan khasiatnya. 4. Golongan Penisilin Antibiotik pertama yang ditemukan dari Alexander Fleming tahun 1928 di London yang satu dekade kemudian dikembangkan oleh Florey untuk penggunaan sistemik dengan menggunakan biakan Penisilium notatum. 8. Golongan Penisilin Golongan Sefalosforin Golongan Aminoglikosida Golongan Kloramfenikol Golongan Tetrasiklin Golongan Makrolida Golongan Rifampisin dan Asam Fusidat Golongan lain-lain 1. Akibat kebutuhan penisilin dalam jumlah besar pada saat perang dunia II. . Jika cincin menjadi terbuka oleh enzym β lactamase.1. 5. 6.

saluran penceranaan (desentri). Banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi atau peradangan pada saluran pernafasan (bronkitis). Bakteri bentuk L dapat menimbulkan infeksi kronis (misalnya infeksi paru-paru dan saluran kemih) karena lama berkembangnya. tapi aktivitasnya lebih ringan dari penisilin G dan penisilin V. Asam klavulanat adalah senyawa β lactam dari hasil fermentasi Streptomyces clavuligerus. indikasi. meningo . dan infeksi saluran kemih. Contohnya kloksasilin. H. terbentuk derivat-derivat Penisilin seperti di bawah ini : A. dikloksasilin. tetapi absorbsinya lebih cepat dan lengkap. Coli. Resistensi bakteri ini terbentuk dengan cara : Bakteri membentuk enzym β lactamase atau bakteri mengubah bentuknya menjadi bakteri huruf L yaitu bentuk bakteri tanpa dinding sel. Kombinasi kloksasilin dengan asam klavulanat menghasilkan efek sinergisme dengan khasiat 50 kali lebih kuat. pemberian sebaiknya dalam keadaan sebelum makan. Contohnya Augmentin (Beecham). Benzil Penisilin (Penisilin G). otitis media. B. streptococus endo karditis. (2) Penisilin V = Fenoksimetil Penisilin Penisilin ini tahan asam lambung.Resistensi Pemakaian yang tidak tepat dapat menyebabkan bakteri terutama golongan Stafilococcus dan Bacteri Coli menjadi resisten terhadap penisilin. karena itu penggunaannya secara injeksi atau infus intra vena. Banyak di gunakkan terutama pada bronkitis menahun dan infeksi saluran kemih. Penisilin spektrum luas : (1) Ampisilin Spektrum kerjanya meliputi banyak kuman gram positif dan gram negatif yang tidak peka terhadap penisilin-G. Obat Generik. Khasiatnya terhadap kuman-kuman gram positif lebih ringan daripada penisilin-penisilin spektrum sempit. Penisilin spektrum sempit : (1) Benzil penisilin = Penisilin G Tidak tahan asam lambung. kontra indikasi dan efek samping. sehingga pemberian secara oral akan diuraikan oleh asam lambung. (3) Penisilin tahan Penisilinase Derivat ini hampir tidak terurai oleh penisilinase. Umumnya digunakan untuk kuman-kuman yang resisten terhadap obat-obat tersebut. efektif terhadap E. Influenza dan Staphylococcus aureus. (2) Amoksilin Spektrum kerjanya sama dengan ampisilin. Bakteri semacam ini dengan mudah dapat dimatikan dengan kotrimoksazol atau tetrasiklin. flukloksasilin. Indikasi Infeksi tenggorokan. 1. Derivat ( turunan ) Penisilin Berdasarkan perkembangannya.

Cara penyimpanan Dalam botol tertutup rapat. Kaptab 500mg Serbuk injeksi. kadang-kadang kolitis Ampisilin (generik) Kapsul 250mg. serbuk injeksi . syr.Kontra indikasi Efek samping Sediaan kokus. ruam. kaptab Spesialite obat-obat penisilin. Hipersensitiv itas (alergi) terhadap penisilin Reaksi allergi berupa urtikaria. otitis media. pnemonia dan profilaksis amputasi pada lengan dan kaki. kapsul 250 mg. salmonelosis. Kontra indikasi dan efek samping sama dengan Benzil Penisilin. Dalam wadah tertutup baik. Co Amoksiklav (amoksisilin-asam klavulanat). Hipersensitiv terhadap penisilin Mual. juga untuk profilaksis endokarditis dan terapi tambahan Kontra indikasi dan efek samping sama dengan ampisilin. Sediaan Amoksisilin (generik). 5. 500mg. demam rematik. 3. Ampisilin Indikasi Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara penyimpanan Infeksi saluran kemih. Kontra Indikasi dan Efek Samping sama dengan ampisilin. tablet 250mg.diare. nyeri sendi. pada suhu tidak lebih dari 25o C 4. NO 1 2 GENERIK Benzilpenisilin Penisilin V DAGANG Prokain Penisilin G Meiji Panadur LA Fenocin Ospen PABRIK Meiji Indonesia Sunthi Sepuri Dumex Alpharma Indonesia Novartis Indonesia . gonorrhoe. bronkitis kronis. Sediaan Coamoksiklav (generik). syok anafilaktik. profilaksis infeksi pneumokokus. Amoksisilin Indikasi (lihat ampisilin). sirup kering. meningitis. Fenoksi Metil Penisilin (Penisilin V) Indikasi Tonsilitis. kering. sinusitis. Sediaan Phenoxymethyl Penicillin (generik). Benzatin Penisilin G (generik) Injeksi 2. kaptab 500mg. otitis media. diare.

dengan mekanisme kerja berdasarkan perintangan sintesis dinding sel. Golongan Sefalosporin Cephalosporin diperoleh dari biakan Cephalosporinum acremonium. daya antimikrobanya terletak pada cincin β lactam. yakni rash. 3. Seperti halnya penisilin. termasuk E.coli. porfiria Efek samping diare dan kolitis. sakit kepala Sediaan Cefaclor (generik) kapsul 250mg. namun sefalosporin bukan merupakan obat pilihan pertama untuk penyakit manapun. anafilaksis. karena masih terdapat obat – obat lain yang kurang lebih sama khasiatnya dan jauh lebih murah harganya. 500mg 2. urticaria. Pada penggunaan i. Aktivitas Bersifat bakterisid dengan spektrum kerja luas terhadap banyak kuman gram positif dan negatif. Efek samping yang terpenting pada penggunaan oral berupa gangguan lambung-usus dan reaksi reaksi alergi seperti penisilin. Sefadroksil Indikasi. kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor Sediaan Cefadroksil (generik). Seftazidim Indikasi. mual muntah. indikasi. Sefotaksim Indikasi. Sefaklor Indikasi Infeksi bakteri gram positif dan gram negatif Kontra indikasi hipersensitiv terhadap sefalosporin. Klebsiella dan Proteus Obat Generik. Alergi silang sering terjadi dengan derivat penisilin. Walaupun aktivitasnya luas.3 4 Kloksasilin Ampicillinum Ikaclox Penbritin Omnipen Viccilin Ikapharmindo Beecham Wyeth Meiji NO 5 GENERIK Amoksisillin (Amoxicillinum ) Co-Amoxyclav DAGANG Amoxil Topcillin Ospamox Augmentin Clavamox PABRIK Beecham Dankos Biochemi Beecham Kalbe Farma 6 2. kontra indikasi dan efek samping 1. kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor Sediaan Cefotaxime (generik) serbuk inj 4. sirup kering.v sering terjadi tromboflebitis dan nyeri di tempat suntik. 500mg. kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor . kapsul 250mg.

7. influenzae. NO GENERIK dan LATIN Sefadroksil Sefotaksim Sefaleksin(Cephalexinum) DAGANG Duricef Cefat Claforan Clacef Tepaxin Cefabiotic Ospexin Rocephin Velocef Ceficin Cefacidal Ceclor Cloracef Cefurox Kalcef Zinnat Ceftum PABRIK Bristol-Myers Squib Sanbe Farma Hoechst Dexamedica Takeda Bernofarm Novartis Roche Bristol-Myers Squib Kalbe Farma Squib Tempo Ethica Prafa Kalbe Farma Glaxo Wellcome Dexamedica Seftriaxone Sefradin(Cephadrinum) Sefazolin Sefaklor Sefuroksim Seftazidim . kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor Sediaan Cephalexin (generik) kapsul 250 mg. 500mg. Sefazolin Indikasi Profilaksis bedah (lihat sefaklor). 500mg 8. Sefuroksim Indikasi Profilaksis tindakan bedah. Kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor Sediaan Sefazolin (generik). Kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor Sediaan Cephradin (generik) kaps 250mg. Sefradin Indikasi Profilaksis bedah (lihat sefaklor). 6. Seftriakson Indikasi. sirup kering.gonorrhoeae. Kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor Sediaan Cefuroxime (generik) serbuk inj. lebih aktif terhadapH. 9. serbuk inj Spesialite obat-obat golongan sefalosporin. kontra indikasi dan efek samping lihat sefaklor Sediaan Ceftriaxone (generik) serbuk inj. dan N. Sefaleksin Indikasi.Sediaan Ceftazidime (generik) serbuk inj 5.

Toksisitasnya sangat besar karena dapat menyebabkan kerusakan pada saraf otak ke 8 yang melayani organ keseimbangan dan pendengaran. yang aktif terutama terhadap mikroba gram negatif termasuk terhadap basil tuberkulosis. Penggunaan lokal banyak dikombinasikan dengan antibiotik lain (polimiksin B. artinya dapat pulih kembali kalau penggunaan obat diakhiri meski kadang-kadang tidak seutuhnya. Karena baik sebagai antibiotik usus (aktif terhadap bacteri usus) maka digunakan untuk sterilisasi usus sebelum operasi. Obat generik :c) Kanamisin . Gejala-gejala awalnya adalah sakit kepala. Mekanisme kerja Dengan mengikatkan diri pada ribosoma sel-sel bakteri. Tersedia untuk penggunaan topikal dan oral. menyebabkan kerusakan organ pendengaran lebih cepat dari streptomisin sehingga obat ini tidak digunakan lagi sekarang. Penggolongan Berdasarkan rumus kimianya digolongan sebagai berikut :  Streptomisin  Neomisin  Kanamisin  Gentamisin  Framisetin a) Steptomisin Diperoleh dari steptomyces griseus oleh walksman (1943) dan sampai sekarang penggunaannya hampir terbatas hanya untuk tuberkulosa. Pemberian melalui parenteral karena tidak diserap oleh saluran cerna. vertigo. basitrasin) untuk menghindari terjadinya resistensi. dehidrostreptomisin. Derivat streptomisin. sehingga biosintesa proteinnya dikacaukan. Tahun 1943 berhasil diisolasi suatu turunan Streptomyces griseus yang menghasilkan streptomisin. mual dan muntah.3. Golongan Aminoglikosida Golongan ini ditemukan dalam rangka mencari anti mikroba untuk mengatasi kuman gram negatif. Resistensinya sangat cepat sehingga dalam penggunaan harus dikombinasi dengan INH dan PAS Na atau rifampisin. Golongan ini mempunyai 2 atau 3 gugusan amino pada rumus molekulnya. Obat generik : b) Neomicin Diperoleh dari Streptomyces fradiae oleh Waksman. Kerusakan bersifat bersifat revesible. penggunaan secara parenteral tidak dibenarkan karena toxis. Kemudian ditemukan lagi berbagai antibiotik lain yang bersifat mirip streptomisin sehingga antibiotik ini dimasukan dalam satu kelompok yaitu antibiotik golongan aminoglikosida.

Spesialite obat-obat golongan Amino glikosida. 7. misalnya salap atau kasa yang diimpragnasi. Pseudomonas . Juga digunakan dalam pengobatan infeksi saluran kemih oleh pseudomonas (suntikan) Efek sampingnya gangguan kesimbangan dan pendengaran. 2gr /vial. 10 mg/ml. 1 gr /vial. 5. Klebsiella. telinga. GENERIK Kanamisina Sulfat Gentamisina DAGANG Kanabiotic Kanarco Kanoxin Ottogenta Pyogenta Sagestam Garamycin Tobryne Nebcin Neobiotic PABRIK Berno Farma Ponco Dumex Alpharma Otto Kalbe Farma Sanbe Farma Schering Fahrenheit Tempo Scan Pasific Bernofarm 2. toksis terhadap ginjal . serbuk inj. infeksi luka bakar. Persediaan dalam bentuk larutan atau bubuk kering untuk injeksi. Hanya di gunakan secara lokal saja. osteomielitis pneumonia. atau membersihkan usus untuk persiapan pembedahan. Berkhasiat terhadap infeksi oleh kuman garam negatif seperti Proteus. hidung dan tenggorokan. Berkhasiat bakteriostatik pada basil TBC. yang antara lain dapat menyebabkan meningitis. Golongan Kloramfenikol . Obat generik : Kanamysin. 3. Tobramisina Sulfat Neomisin Sulfat (Neomycini Sulfat) Framisetin (Framycetin) Streptomisin (Streptomycini) Amikasin (Amikacini) Sofra Tulle Daryant-Tulle Sterptomycin Meiji Amikin Darya Varia Darya Varia Meiji BMS 4. e) Framisetin: Diperoleh dari Streptomyces decaris. d) Gentamisin Diperoleh dari Mycromonospora purpurea. 6.Diperoleh dari Streptomyces Kanamyceticus (Umezawa 1955). infeksi saluran kencing. bahkan yang resisten terhadap streptomisin sehingga menjadi obat pilihan kedua bagi penderita TBC. Enterobacter. Sebaiknya penggunaan gentamisin secara sistemis hanya diterapkan pada infeksi-infeksi yang berat saja.pemakaian oral hanya kadang-kadang diberikan untuk infeksi usus. Rumus kimia dan khasiatnya mirip Neomisin. dan 40 mg/ml. dan penggunaan gentamisin secara topikal khususnya di lingkungan rumah sakit dibatasi agar tidak terjadi resistensi pada kuman-kuman yang sensitif. Efek sampingnya gangguan keseimbangan dan pendengaran toksis terhadap ginjal Sediaan : dalam bentuk injeksi dan salap (topikal) Obat generik: Gentamisin (generik) Cairan inj. NO 1. 4.

penggunaan sistemik sebaiknya dicadangkan untuk infeksi berat akibat Haemophilus influenzae. neuritis optik. Bentuk tetes mata sangat bermanfaat untuk konjungtivitis bakterial. pneumonia (disebabkan Haemophilus influenzae). Dalam tubuh bentuk ester akan diubah menjadi kloramfenikol aktif. Kloramfenikol merupakan kristal putih yang sangat sulit larut dalam air (1 : 400) dan rasanya sangat pahit. ibu hamil dan menyusui. Derivat kloramfenikol ialah tiamfenikol. abses otak dan infeksi berat lainnya. Penggunaan Kloramfenikol merupakan drug of choice = obat pilihan untuk thypus-abdominalis dan infeksi parah meningitis. diare. Mekanisme kerja : merintangi sintesis protein bakteri. meningitis . demam tifoid. Efek samping :  Kerusakan sumsum tulang belakang yang mengakibatkan pembuatan eritrosit terganggu sehingga timbul anemia aplastis.Sebaiknya tidak diberikan pada bayi prematur untuk menghindari gray sindrom karena enzym perombakan di hati bayi belum aktif. Karena toksisitasnya. maka untuk anak-anak digunakan bentuk esternya yaitu K-Palmitat dan K Stearat/ Suksinat yang tidak pahit rasanya dan dibuat dalam bentuk suspensi. Golongan Tetrasiklin . dipakai sebagai pengganti kloramfenikol karena dianggap lebih aman (namun belum terdapat cukup bukti untuk itu) Obat Generik  Kloramfenicol (generik) Kapsul 250 mg. muntah. suspensi 125 mg/5 ml  Tiamfenicol (generik) kapsul 250 mg. neuritis perifer  Pada bayi atau bayi prematur dapat menyebabkan gray sindrome. Spesialit obat-obat kloramfenikol NO 1 GENERIK Kloramfenicol DAGANG Chloramex Colme Colsancetine Kalmicetin Kemicetine Biothicol Urfamycin Thiamycin Thiambiotic PABRIK Dumex Alpharma ind Interbat Sanbe Kalbefarma Carloerba / Dankos Sanbe Zambon Interbat Prafa 2 Tiamfenikol 5.Kloramfenikol diisolasi pertama kali pada tahun 1974 dari Streptomyces venezuelae.Merupakan antibiotik dengan spectrum luas dan memiliki daya antimikroba yang kuat maka penggunaan obat ini meluas dengan cepat sampai tahun 1950 ketika diketahui bahwa obat ini dapat menimbulkan anemia aplastik yang fatal.  Gangguan gastrointestinal : mual. 500 mg.  Gangguan neuron: sakit kepala.

diberikan secara oral. kolera. Penggunaan saat ini semakin berkurang karena masalah resistensi. Sifat kimia Berwarna kuning. absorbsi dihambat oleh susu . terlindung dari cahaya. Mg. vertigo Peringatan / larangan :  Tidak boleh diberikan pada anak-anak di bawah 8 tahun. Tetrasiklin merupakan antibiotik dengan spektrum luas. bersifat bakteriostatik dan mekanisme kerjanya dengan jalan menghambat sintesa protein bakteri. muntah-muntah .di tempat yang kering.Antibiotik golongan tetrasiklin yang pertama ditemukan adalah klortetrasiklin yang dihasilkan oleh Streptomyces aureofaciens. Kontra indikasi Penderita yang hipersensitiv terhadap tetrasiklin Anggota golongan tetrasiklin yang lain :  Klortetrasiklin. bersifat amfoter dan mudah terurai oleh cahaya menjadi anhidro dan epi tetrasiklin yang toksis untuk ginjal. Penggunaan lokal sering dipakai karena jarang menimbulkan sensitasi. parenteral. ibu hamil dan menyusui  Tidak boleh diberikan pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal dan fungsi hati. Tetrasiklin sendiri dibuat secara semi sintetis dari klortetrasiklin. Tetrasiklin yang telah mengalami penguraian mudah dilihat dari sediannya yang berwarna kuning tua sampai coklat tua. infeksi saluran empedu. Efek samping:  Mual.  Mengendap pada jaringan tulang dan gigi yang sedang tumbuh (terikat pada kalsium) menyebabkan gigi menjadi bercak-bercak coklat dan mudah berlubang serta pertumbuhan tulang terganggu. maka tetrasiklin tidak boleh diminum bersama dengan susu dan obat – obat antasida. Penggunaan Tetrasiklin banyak digunakan untuk mengobati bronchitis akut dan kronis. pneumonia. Kemudian ditemukan oksitetrasiklin dari Streptomyces rimosus. disentri amoeba.diarre karena adanya perubahan pada flora usus. Dengan logam bervalensi 2 dan 3 (Ca. Fe ) membentuk kompleks yang inaktif. Tetrasiklin harus disimpan.  Foto sensitasi  Sakit kepala. topikal.

1 2 Doxycycline Dotur Interdoxin 3 Oxytetracyclin e Minosiklin Teramycin 4 Minocin Phaphros. absorbsi tidak dihambat baik oleh makanan maupun susu  Minosiklin. NO GENERIK Tetrasiklin NAMA DAGANG Dumocycline Super Tetra Tetra Sanbe PABRIK Dumex Alphara ind Darya Varia Sanbe Novartis Indonesia Interbat Pfizer Indonesia. parenteral. Berkhasiat sebagai bakteriostatik. Pemberian secara oral. bronchitis dan jerawat. sirup kering 200 mg / 5 ml . 500 mg. Dihasilkan oleh Streptomyces erythreus. dianjurkan untuk meningitis. 6. Golongan Makrolida Kelompok antibiotik ini teridiri dari eritromisin dan spiramisin a) Eritromisin. cairan injeksi 50 mg/ vial : diberikan secara oral. Karena memiliki spektrum antibakteri yang hampir sama dengan penisilin. maka obat ini digunakan sebagai alternatif pengobatan pengganti penisilin. bagi yang sensitif terhadap penisilin. Oksitetrasiklkin (generik). topikal. Untuk mencegah pengrusakan oleh asam lambung maka dibuat tablet salut selaput atau yang digunakan jenis esternya (stearat dan estolat) . Antibiotik ini tidak stabil dalam suasana asam (mudah terurai oleh asam lambung) dan kurang stabil pada suhu kamar. dengan mekanisme kerja merintangi sintesis protein bakteri. Sediaan : Erytromisin (generik) kapsul 250 mg. absorbsi dihambat oleh susu  Doksisiklin. bersifat long akting. Spesialite obat-obat golongan Tetrasiklin.

hanya lebih lemah. b) Asam fusidat Dihasilkan oleh jamur antara lain Fusidum coccineum . 250 mg. 500 mg. Golongan Rifampisin dan Asam Fusidat a) Rifampisin Antibiotik yang dihasilkan dari Streptomyces mediterranei. Keuntungannya adalah daya penetrasi ke jaringan mulut. keringat dan air mata. Sediaan : Spiramisin (generik) tabl.b) Spiramisin Spektrum kegiatannya sama dengan eritromisin. dahak. Berkhasiat bakteriostatik . Roxythromyci n Azithromycin Rulid 4 Zithromax Zycin Pfizer Interbat 7. Penderita dengan pengobatan rifampisin perlu diberitahu bahwa obat ini dapat menyebabkan warna merah pada urin. Spesialite obat-obat golongan makrolida NO 1 GENERIK Erytromisin NAMA DAGANG Erysanbe Erythrocyn Sanbe PABRIK Abbot Indonesia Rhone Poulenc Ind Dankos Hoechst 2 Spiramisin Rovamycine Spiradan 3. Berkhasiat bakteriostatik terhadap mikobakterium tuberculosa dan lepra. juga pemakai lensa kontak dapat menjadi merah permanen. Merupakan satu-satunya antibiotik dengan rumus steroid Aktifitasnya mirip penisilin tetapi lebih sempit. tenggorokan dan saluran pernafasan lebih baik dari Eritromisin.

memiliki khasiat bakteriostatik terhadap gram positif dengan spektrum lebih sempit dari eritromisin. c) Golongan Kuinolon : Obat golongan ini bekerja dengan jalan menghambat pembentukan DNA kuman. Golongan lain-lain Kelompok ini terdiri dari :  Linkomisin  Klindamisin  Golongan Kuinolon a) Linkomisin Berasal dari Streptomyces lincolnensis.berdasarkan penghambatan sintesis protein bakteri. biasanya obat ini dikombinasikan dengan eritromysin atau penisilin Spesialite obat-obatan golongan Rifampisin dan Asam Fusidat NO 1 GENERIK Rifampicin NAMA DAGANG Kalrifam Rifam Rifamtibi 2 Asam fusidat Rucidin PABRIK Kalbe Farma Dexamedica Sanbe Farma Leo Pharmaceutical 8. Khususnya dianjurkan pada radang sumsum tulang. Sejak tahun 1981 digunakan sebagai lotion untuk pengobatan jerawat. Merupakan obat pilihan ke kedua bagi kuman yang resisten terhadap penisilin khususnya pada radang tulang (osteomielitis) b) Klindamisin Merupakan derivat linkomisin. Golongan ini terdiri dari :  Asam nalidiksat .

saluran cerna (termasuk Thypus abdominalis) dan gonorrhoe. Di Indonesia saat ini. 400 mg (3) Siprofloksasin Terutama aktif terhadap kuman gram negatif termasuk salmonella dan shygella.lain. pneumonia tapi bukan merupakan obat pilihan utama untuk Streptococcus pneumonia. Hati-hati untuk pengendara karena dapat menurunkan kewaspadaan. Preparat : Asam nalidiksat (generik ) tablet 500 mg. saluran nafas bawah. juga beredar asam pipemidat (2) Ofloksasin. Interaksi golongan kuinolon. Sediaan: Ofloksasin (generik) tabl 200 mg. Kontra indikasi : untuk pasien epilepsi. Ofloksasin  Spirofloksasin  Norfloksasin. (1) Asam Nalidiksat Efektif untuk infeksi saluran kemih. Siprofloksasin terutama digunakan untuk infeksi saluran kemih. Sediaan: Ciprofloksasin (generik ) tablet 200 mg. wanita hamil/ menyusui. Tidak dianjurkan untuk anak remaja yang sedang dalam pertumbuhan. kaptab 500 mg (4) Norfloksasin Indikasi : efektif untuk infeksi saluran kemih Kontra Indikasi : dapat menimbulkan anorensia. ansietas dan lain – lain. Perhatian : hati-hati pada pengendara karena dapat mengurangi kewaspadaan. Digunakan untuk infeksi saluran kemih. bila muncul tanda inflamasi atau nyeri pada tendon. maka pemakaian obat harus dihentikan dan tendon yang sakit harus diistirahatkan sampai gejala hilang. Dapat menimbulkan tremor. NO 1 2 3 4 GENERIK Ciproflokxacin Ofloxacin Lincomycin Nalidixic Acid DAGANG Ciproxin Baquinor Tarivid Lincocin Negram PABRIK Bayer Sanbe Farma Kalbe/Daichi Up John Sanofi B. sindrom Steven Johnson dan lain . SULFONAMIDA Pengertian Sulfonamida merupakan kelompok kemoterapi dengan rumus dasar : . gonorrhoe. Meskipun aktif terhadap kuman gram positif seperti Str. gagal ginjal. depresi. gangguan fungsi hati dan ginjal. Sediaan Generik: Spesialite obat-obat golongan Kuinolon.

tetapi kemudian penggunaannya terdesak oleh antibiotik. yaitu :  Efek sistemis. Untuk menghindari terjadinya kristal uria. contohnya sulfacetamid 1. sulfamezatin. Selain sebagai kemoterapi derivat sulfonamida juga berguna sebagai diuretik dan anti diabetik oral (ADO).COOH Efek samping Efek samping yang terpenting adalah kerusakan pada sel-sel darah yang berupa agranulositosis. Efek samping yang lain ialah reaksi alergi dan gangguan pada saluran kemih dengan terjadinya kristal uria yaitu menghablurnya sulfa di dalam tubuli ginjal. pada pengobatan dengan sulfa perlu :  penambahan Na. sulfa merupakan kemoterapi yang utama. Sebelum ditemukan antibiotik. sulfamerazin.H2N – C6H4 – SO2NH R Adalah anti mikroba yang digunakan secara sistemis maupun topikal untuk beberapa penyakit infeksi. trisulfa  Efek lokal. . Mekanisme kerjanya berdasarkan antagonisme saingan antara PABA (Para Amino Benzoic Acid) yang rumus dasarnya mirip dengan rumus dasar sulfa : H2N – C6H4 . anemia aplastis dan hemolitik. Trisulfa Indikasi Infeksi oleh kuman gram pos dan neg yang peka terhadap obat ini misalnya infeksi saluran nafas dan saluran pencernaan. Sulfa bersifat bakteriostatik luas terhadap banyak bakteri gram positif dan negatif.5 liter / hari)  dengan membuat preparat kombinasi (trisufa) yang terdiri dari sulfadiazin. Pertengahan tahun 1970 penemuan preparat kombinasi trimetoprim dan sulfametoksazol meningkatkan kembali penggunaan sulfonamida.bicarbonat untuk melarutkan senyawa yang mengkristal.  minum air yang banyak (minimum 1. contohnya kotrimoksazol. Penggolongan Berdasarkan efek yang dihasilkan sulfonamida dibagi menjadi 2.

muntah. gangguan fungsi hati yang berat Pada penggunaan jangka panjang perlu dilakukan hitung jenis sel darah. Tablet 480 mg Wadah kedap udara. mual. terlindung dari sinar Kontra indikasi Perhatian Efek samping Sediaan Cara penyimpanan 3. Efek samping Sediaan Cara penyimpanan 2. infeksi saluran kemih. infeksi THT. diare.Kontra indikasi Hipersensitiv terhadap obat ini kehamilan dan masa menyusui. ruam (termasuk sindrom Stevens – Johnson) reaksi allergi. terlindung dari sinar. Gangguan darah. diare dll. Sulfacetamid Adalah golongan sulfonamida yang digunakan dalam salep dan tetes mata. demam tifoid dan shigellosis Hipersensitiv terhadap sulfa. Cotrimoksazol (generik) Suspensi 240 mg/ 5 ml. Gangguan kulit. kristal una dan gangguan darah Tablet 500 mg (generik) Dalam wadah tetutup baik. . muntah. Kotrimoksazol Kotrimoksazol merupakan kombinasi antara trimetroprim dan sulfametoksazol dengan perbandingan 1 : 5 Indikasi Antibakteri spectrum luas. gagal ginjal. hindari penggunaan pada bayi di bawah 6 minggu. bronkitis kronis.

Penyebabnya Plasmodium falcifarum dengan gejala : serangan demam tidak menentu disertai nyeri kepala hebat. bila terjadi kerusakan eritrosit dalam jumlah besar dan kemudian .Spesialite Obat-obat Sulfonamida NO 1 2 3 GENERIK Sulfadiazin+Sulfamerazin+ Sulfamezatin Sulfacetamida Natrium (Sulfacetamidum Natricum) Cotrimoksazole (Trimetoprim+Sulfamethoxazole DAGANG Trisulfa Albucid Bactrim Bactricid PABRIK Kimia Farma Indo Farma Nicholas Roche C. ANTI PARASITIK 1. Ciri-ciri penyakit malaria adalah :  demam berkala. sehingga timbul rasa mual dan muntah  anemia Ada 3 jenis penyakit malaria yaitu : a. Anti Malaria Pengertian Anti malaria adalah obat-obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal (protozoa) yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles betina yang menggigit pada malam hari dengan posisi menjungkit. Malaria tropika. disertai menggigil  nyeri kepala dan nyeri otot  hati membesar.

Contohnya primakuin d) Obat – obat pembunuh gametosid (1) Klorokuin Malaria yang disebabkan plasmodium falciparum sudah resisten terhadap kloroquin hampir diseluruh bagian dunia. gangguan saluran cerna. over dosis. Malaria tertiana Penyebabnya Plasmodium vivax dan ovale Dengan gejala : demam berkala yang timbul 3 hari sekali Sifat penyakit : sering kambuh (residitif) karena adanya bentuk exo eritrocyt sekunder.menyumbat pembuluh kapiler ke otak maka dapat menimbulkan kematian dalam beberapa hari. diindikasikan juga untuk arthritis rheumatoid dan lupus eritematosus Penderita gangguan fungsi hati / ginjal. Sifat penyakit ini tidak residif (dapat sembuh total. Efek samping kejang. tidak berulang kambuh) b. roll on dan semprot sangat efektif dan tidak berbahaya jika digunakan pada kulit. pirimethamin. Obat terpilih untuk pengobatan malaria Indikasi ringan (yang disebabkan plasmodium vivax). tetapi efek perlindungannya hanya beberapa jam saja b) Obat-obat penyembuh / pencegah demam = kurativum Contohnya kina. Malaria kwartana Penyebabnya Plasmodium malariae Dengan gejala : demam berkala setiap 4 hari sekali Sifat penyakit : residitif (sering kambuh) karena adanya bentuk exo eritrosit sekunder. sangat toksis Sediaan Klorokuin (generik) tablet . anti nyamuk listrik. Di Papua Nugini dilaporkan plasmodium vivax juga resisten terhadap kloroquin. sakit kepala. digunakan juga bersama proguanil bila terdapat malaria falsiparum yang resisten terhadap klorokuin. profilaksis/ pencegahan malaria di daerah dengan kemungkinan resistensi kloroquin masih rendah. halofantrin) c) Obat-obat pencegah kambuh. Kontra indikasi kehamilan. Penggolongan obat malaria a) Obat-obat pencegah / profilaktik Untuk perlindungan terhadap gigitan nyamuk (kloroquin. c. Kelambu yang telah diimpregnasi dengan permetrin dapat mencegah berbagai gigitan nyamuk. meflokuin. gangguan neurologis (hindari untuk pasien epilepsi). kloroquin. gangguan penglihatan. begitu juga anti nyamuk bakar. meflokuin) sebenarnya yang terpenting adalah perlindungan pribadi terhadap gigitan nyamuk. anti nyamuk semprot. Formula Dietiltoluamid (DEET) dalam lotio.

Sediaan generik (4) Primaquin. riwayat epilepsi. Penyakit yang berkaitan dengan granulositopenia (artritis rematoid. diare sakit perut. harus digunakan bersama sulfadoksin atau dapson . terlindung dari sinar dan kelembaban. Indikasi Pengobatan radikal malaria Vivax atau ovale. pusing. Efektif terhadap malaria ringan. 150 mg Cara penyimpanan (2) Dalam wadah tertutup baik. pengobatan Indikasi malaria falsiparum (lihat atas) Hindari penggunaan pada wanita hamil Kontra indikasi (efek teratogenik pada hewan percobaan). menyusui. lupus eritematosus). Mual. Tidak boleh digunakan untuk malaria ringan. muntah. juga bila meflokuin sudah digunakan untuk profilaksis. tetapi sekarang jarang digunakan. anak di bawah 4 tahun Mual. anemia hemolitik Primaquin (generik) tablet 15 mg Dalam wadah tertutup baik. pengobatan kambuhnya malaria lain dengan siklus ekso eritrosit sekunder. Pirimetamin tidak boleh digunakan tersendiri. depresi. hindari kehamilan sampai 3 bulan menyusui. muntah. kehamilan. (3) Meflokuin Digunakan untuk profilaksis malaria di daerah endemis malaria falsifarum yang resisten terhadap kloroquin. terlindung dari sinar dan kelembaban. sakit perut. Pengobatan malaria falsiparum. Halofantrin Digunakan untuk pengobatan malaria falsifarum. tapi tidak dianjurkan.100 mg. Efek samping gangguan keseimbangan. kecuali yang telah resisten terhadap Kloroquin Kemoprofilaksis malaria. Indikasi Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara penyimpanan (5) Pirimetamin. dan dapat digunakan bersama atau sesudah kinina.

penglihatan kabur. mual. ruam kulit. muntah. menyusui. karena diyakini berkhasiat oksitosik maka banyak disalahgunakan untuk abortus. dosis besardapat menyebabkan ruam kulit. gangguan keseimbangan. wanita hamil. terlindung terhadap sinar. neuritis optik Sakit kepala. Pirimetamin (generik) tablet 25 mg. juga berkhasiat analgetik-antipiretik Kina (generik) tabl 200 mg Kuinin dihidroklorida (generik) cairan injeksi 25 % Dalam wadah tertutup baik. terlindung dari sinar. Depresi sistem hematopoesis. Pirimetamin + Sulfadoksin (generik) tabl S-doksin 300mg + pirimetamin 25 mg Cara Penyimpanan (6) Wadah kedap udara. Kina Merupakan obat malaria tertua dari alkaloid pohon Cinchona succirubra. Sediaan Cara penyimpanan Spesialite Obat-obat Malaria: NO 1 GENERIK dan LATIN Klorokuin Chloroquinum Sulfadoxin+Pyrimetamin Kinin Sulfat(Quinini Sulfas) Eukinin/Kinin Etil Karbonat (Quinini Aethyl Carbonat) Meflokuin DAGANG Nivaquine Riboquin Resochin Fansidar Suldox Tablet Kina Euchinin Malacid PABRIK Rhone Poulenc Dexa medica Bayer Roche Dumex Kimia Farma Kimia Farma Dexa medica 2 3 4 5 . telinga berdenging. insomnia. Pengobatan malaria falsiparum Indikasi Kontra indikasi Efek samping Hemoglobin uria. gangguan darah.Kontra indikasi Efek samping Sediaan Gangguan fungsi hati/ ginjal.

meliputi senyawa nitro-imidazol (metronidazol tinidasol) yang berkhasiat terhadap bentuk histolitika di dinding usus dan jaringan-jaringan lain. otak khususnya hati) di sini tropozoid . Obat golongan ini merupakan obat pilihan dalam kasus amubiasis. diare berlendir dan berdarah.tropozoid ini hidup dari eritrosit dan sel-sel jaringan yang dilarutkan olehnya dengan jalan fagositosis sehingga jaringan yang ditempatinya akan mati (nekrosis). akibatnya terjadi luka-luka kecil pada mukosa usus sehingga menimbulkan kejang perut.  Bentuk Histolitika Pada kasus tertentu tropozoid melewati dinding usus. berkembang menjadi 2 kali lebih besar. meliputi senyawa-senyawa metronidazol dan tinidazol. Obat generik. dengan perantaraan lalat atau tangan yang kotor atau makanan dapat masuk lagi ke tubuh manusia yang lain Penggolongan obat Dibagi menjadi dua golongan besar yaitu: 1. akan keluar bersama tinja si penderita. kontra indikasi dan efek samping . indikasi. Bila metronidazol dan tinidazol tidak efectif dapat digunakan dihidroemetin. Penyakit yang disebabkan amuba umumnya menyerang usus. memperbanyak diri dengan pembelahan dan hidup dari bakteri-bakteri yang ada di usus. lalu menerobos ke organ-organ lain (jantung.2 . 2. Anti Amuba Pengertian Adalah obat-obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh mikro organisme bersel tunggal (protozoa) yaitu Entamoeba histolytica yang dikenal dengan dysentri amuba. paru-paru. serta mulas pada waktu buang air besar. Obat amubiasid jaringan. Sebagian tropozoid ada yang menjadi kista. Obat amubiasid kontak. kista akan pecah dan berkembang menjadi bentuk aktif yang disebut tropozoit.  Bentuk minuta (kecil) Bila makanan yang terinfeksi oleh kista amuba masuk ke usus manusia. Dengan gejala diare berlendir dan darah disertai kejang-kejang dan nyeri perut. Bila pengobatannya tidak tepat penyakit ini dapat menjalar ke organ-organ lain khususnya hati dan menyebabkan amubiasis hati yang berciri radang hati (hepatitis amuba) Bentuk amuba dan cara penularannya :  Bentuk kista merupakan bentuk yang tidak aktif dari amuba yang memiliki membran pelindung yang ulet dan tahan getah lambung. antibiotika antara lain tetrasiklin dan golongan aminoglikosida.

muntah. urin berwarna gelap. Umumnya merupakan gangguan lambung usus seperti mulas. Larva dan telur cacing ada di mana-mana di atas tanah. Gejala penyakit cacing sering kali tidak nyata. ngantuk dan reaksi kulit seperti ruam urtikaria. tablet vaginal 500 mg. kejang-kejang kehilangan nafsu makanan pucat (anaemi) dan lain – lain. meskipun ada juga yang melalui luka dikulit. Anti Cacing Pengertian Anthelmetika atau obat-obat anti cacing adalah obat-obat yang dapat memusnahkan cacing parasit yang ada dalam tubuh manusia dan hewan. Tablet metronidazol (generik) 250 dan 500 mg . terlindung dari sinar. Vaginal tablet harus ditaruh ditempat sejuk Spesialit obat-obat anti amuba : NO 1 2 3 4 5 GENERIK dan LATIN Kloroquin Fosfat (Chloroquinini Phosphas Metronidazol (Metronidazolum DOEN) Tinidazol Nimorazol Secnidazol DAGANG Resochin Nivaquin Corsagyl Flagyl Fasigyn Naxogin Sentyl Flagentyl PABRIK Bayer Rhone P Corsa Rhone P Pfizer Pfizer Sunthi Sempuri Rhone P 3. gangguan pengecapan. dan abses amuba hepar) juga infeksi oleh trikomonas. Pencegahannya sebenarnya mudah sekali yaitu :  Menjaga kebersihan baik tubuh maupun makanan  Mengkomsumsi makanan yang telah di masak dengan benar (daging. Penularan penyakit cacing umumnya terjadi melalui mulut.Metronidazol Indikasi Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara Penyimpanan Infeksi amuba (amubiasis intestinalis. terutama bila sistim pembuangan kotoran belum memenuhi syarat-syarat hygiene. hindarkan penggunaan dosis besar pada wanita hamil dan menyusui Mual. vertigo. Dalam wadah tertutup baik. ikan dll)  Mencuci tangan sebelum makanan. di Indonesia termasuk penyakit rakyat yang umum dan sampai saat ini diperkirakan masih cukup banyak anak-anak di Indonesia yang menderita infeksi cacing sehingga pemerintah perlu mencanangkan pemberantasan cacing secara masal dengan pemberian obat cacing kepada seluruh siswa sekolah dasar pada momen-momen tertentu. Hipersensitif. . Infeksi oleh cacing merupakan salah satu penyakit yang paling umum tersebar di dunia. Penggolongan.

Cacing betina menempatkan telurnya disekitar anus pada malam hari sehingga menyebabkan rasa gatal. Pengobatan: mencakup pembasmian cacing sekaligus pengobatan anemia. menjalar ke organ-organ lain bila tidak diobat dengan tepat. Taenia sulit dibasmi karena kepala cacing yang memiliki semacam alat hisap terhunjam dalam selaput lendir usus sehingga sulit kontak dengan obat dan segmen – segmen (bagian tubuh cacing) yang telah rusak karena obat. Gejala penyakit tergantung pada tempat yang terinfeksi . Taenia solium terdapat dalam daging babi.Obat yang paling banyak digunakan untuk cacing pita adalah niklosamid dan prazikuantel. cacing ini menyebabkan anemia karena defisiensi besi. f) Schistosoma Adalah sebangsa cacing halus yang ditularkan oleh larva yang disebut myracidium melalui kulit atau siput yang dimakan manusia.Taenia saginata terdapat dalam daging sapi. Dengan garukan. Microfilaria dari cacing akan membendung getah bening pada kaki dan daerah sekitar kandung kemih sehingga mengakibatkan daerah yang diserang menjadi bengkak dan besar sehingga keadaan ini disebut elephantiasis. Gejala yang tampak disamping gangguan lambung usus adalah anemia . penularannya melalui Larva yang masuk ke dalam kulit kaki yang terluka cacing tambang hidup pada usus halus bagian atas dan menghisap darah pada tempat dia menempelkan dirinya di mukosa usus. a) Cacing kremi (Oxyuris vermicularis) Termasuk golongan cacing bulat. bisa gatal – gatal. Seperti cacing pita. dapat dilepaskan dan cacing kemudian membuat segmensegmen baru. Obat yang sesuai adalah mebendazol (obat pilihan untuk semua pasien di atas 2 tahun) dan piperazin.Cara penularan yang demikian disebut reauto infeksi. diare berlendir. hematuria dan lain – lain. Obat pilihan Frazikuantel efektif terhadap semua jenis schistosoma. yang penularannya lewat daging yang mengandung telur cacing pita karena kurang lama dimasak. b) Cacing gelang (Ascaris lumbricoides) Termasuk cacing bulat yang dapat mencapai ukuran cukup besar dan cukup berbahaya karena dapat keluar dari usus. c) Cacing pita (Taenia saginata/ Taenia solium/ Taenia lata) Merupakan cacing pipih beruas-ruas. kulit kemerahan. Schistosoma japonicum tersebar lebih luas dalam saluran cerna dan sistem porta. Mebendazol merupakan pilihan karena memiliki Spectrum luas dan efektif terhadap cacing tambang. e) Filaria Ditularkan oleh Larva microfilaria dari cacing Wuchereria bancrofti dan Brugia malay melalui gigitan nyamuk culex.Obat cacing digolongkan berdasarkan khasiatnya terhadap jenis cacing yang menginfeksi. Obat pilihan yang paling efectif adalah levamisol. Schistosoma hematobium dewasa hidup dalam vena saluran kemih sedangkan Schistosoma mansonii hidup di vena kolon. Taenia lata terdapat dalam daging ikan. . masa hidup cacing dewasa tidak lebih dari 6 minggu. telur cacing akan pindah ke tangan dan dapat tertelan kembali . d) Cacing tambang (Ankylostoma duodenale dan Necator Americanus) Adalah dua macam cacing tambang yang menginfeksi manusia.

kontra indikasi dan efek samping 1.kehamilan Mual. Larva yang dihasilkan dapat menembus dinding usus dan menyusup ke jaringan. muntah. 500 mg Wadah kedap udara. Kehamilan (efek teratogenik) dan ibu Kontra indikasi menyusui Kadang-kadang sakit perut. obat alternatif : albendazol. cacing tambang.g) Cacing benang (Strongiloides stercularis) Ditularkan melalui kulit oleh larva yang berbentuk benang dan hidup dalam usus. diare. Invermectin merupakan obat alternatif yang paling efektif untuk infeksi kronis. diare ginjal. Tablet 300 mg. kadang-kadang cacing askaris akan bermigrasi keluar melalui hidung/ mulut selama pengobatan terutama pada anak dengan infeksi berat. muntah. reaksi Efek samping hipersensitiv Tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 Peringatan tahun. Tidak dianjurkan dipakai terus menerus pada anak-anak (nefrotoksik) Piperazin (generik) Sirup 1 gr/ 5 ml. Mebendazol Infeksi tunggal maupun campuran yang Indikasi disebabkan cacing kremi. indikasi. insomnia. mual. Obat generik. ruam kulit) Tidak untuk anak di bawah 2 tahun . Piperazin Indikasi Kontra indikasi Efek samping Peringatan Sediaan Cara Penyimpanan 3. cacing tambang. 100 mg Sediaan 2. terlindung dari sinar Infeksi tunggal/ campuran cacing gelang. Mebendazol (generik) tabl. Obat pilihan : Tiabendazol. menimbulkan siklus auto infeksi. Obat pilihan untuk cacing gelang dan kremi Sangat jarang (sakit kepala. Pyrantel pamoat Indikasi Kontra indikasi Efek samping Peringatan Cacing kremi dan cacing gelang Gangguan fungsi epilepsi. cacing cambuk. kolik. cacing kremi. cacing gelang.

mual. Faktor hygiene juga sangat . Anti jamur (fungistatika) Adalah obat-obat yang digunakan untuk menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Albendazol Indikasi Kontra indikasi Efek samping Sediaan Pyrantel Pamoat (generik)tablet 365 mg Suspensi 115 mg/5 ml Terlindung dari sinar. 200 mg Spesialit obat-obat anti cacing: NO 1 2 NO 3 4 5 6 7 GENERIK dan LATIN Piperazin (Piperazinum) Mebendazol (Mebendazolum) GENERIK dan LATIN Pirantel Pamoat (Pyranteli Pamoas) Levamizol HCl Oxantel Pamoate+Pyrantel Pamoate Dietil karbamazin Albendazol DAGANG Piperacyl Upixon Vermox DAGANG Combantrin Ascaridil Quantrel Filarzan Helben PABRIK Bode Bayer Janssen PABRIK Pfizer Janssen Pfizer Mecosin Mecosin 4. Dietil karbamazin (generik) tabl. Infeksi oleh jamur dapat terjadi pada :  Kulit oleh dermatofit (jamur yang hidup di atas kulit)  Selaput lendir mulut.muntah. bronchi. sakit kepala. ginjal yang berat.Sediaan Cara Penyimpanan 4. Salah satu sebab meluasnya infeksi oleh fungi ialah meningkatnya pemakaian antibiotik spektrum luas atau pemakaian kortikosteroid yang kurang tepat. 1000 mg Wadah kedap udara (hidroskopis) Terapi tambahan (sesudah operasi) untuk kista hidatid atau obat primer strongiloides Kehamilan Gangguan saluran cerna. Dietil karbamazin Indikasi Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara Penyimpanan 5. Filariasis Penyakit hati. pusing. sakit kepala. kehamilan Menyebabkan kambuhnya malaria. Albenazol (generik) tabl. usus dan vagina oleh sejenis ragi yang disebut candida albicans. gangguan darah.

muntah diare (diberikan peroral).. Amfoterisin B Dihasilkan oleh Streptomyces nodosus Kandidiasis intestinal Indikasi Kontra indikasi Efek samping Sediaan Anoreksia. muntah Griseofulvin (generik) tablet 125 mg 2. 3. sariawan pada Indikasi mulut. Nistatin. indikasi. kontra indikasi efek samping. nistatin) 2.000 UI Wadah kedap udara. mikonazol) Obat genetik. iritasi lokal pada pemakaian topikal. terlindung dari sinar. muntah diare. Infeksi dermatofitosis kulit. Asam-asam organik (asam salisilat. asam undesilinat) 3. penyembuhan berlangsung sangat perlahan.mempengaruhi penyebaran infeksi oleh fungi. efektif untuk mengobati infeksi kulit dan kuku yang menahun. bila daya tahan tubuh turun. vaginitis pada vagina) Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara penyimpanan Mual. amfoterisin. Indikasi rambut dan kuku bila terapi topikal gagal Gangguan fungsi hati. suhu dibawah 5C. Derivat imidazol (ketokonazol. (generik)- . klotrimazol. kehamilan Kontra indikasi Efek samping Sediaan Sakit kepala. mual. mual. 1. asam benzoat. berkhasiat fungistatik pada penggunaan oral terhadap banyak dermatofit. maka pengobatan jamur sering mengalami kegagalan. Penggolongan 1. Infeksi jamur sering berkaitan dengan gangguan daya tahan tubuh. kulit kepala. Antibiotika (griseofulvin. Griseofulvin Dihasilkan oleh Penisillium griseofulvinum. sakit kepala. Nistatin (generik) tabl 500. Berasal dari streptomyces moursei Kandidiasis (stomatitis.

konsentrasi 5-10%) 5. infeksi dermatofit pada kulit atau kuku tangan. kandidiasis Indikasi kulit.sakit kepala. Mikonazol Merupakan derivat imidazol dengan kasiat fungisid kuat Terapi topikal tinea pedis.wadah kedap udara Kontra indikasi Efek samping Sediaan Kandidiasis mukosa resisten yang kronis. Pada suhu 15-30oC . kemerahan. Kalbe farma Johnson & Johnson Ind Zeneca Phapros Bayer 3 4 5 6 7 Miconazole Itraconazole Janssen Konimex Janssen .4. dalam salep konsentrasi 3-6 % juga bersifat keratolitik (melarutkan lapisan tanduk kulit. mukosa saluran cerna. Asam Salisilat Asam organik berkasiat fungsisida.urtikaria. Bila efek samping sangat mengganggu pemakaian harus dihentikan. Gangguan hati. Hipersesitivitas. Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara penyimpanan 6. pruritus. Mikonazole nitrat (generik). krim. muntah nyeri perut. Ketokonazol Indikasi Rasa terbakar. kehamilan dan menyusui Mual. kandidiasis vaginal. Ketokonazol (generik) tablet 200mg Spesialite obat-obat anti jamur NO 1 2 GENERIK dan LATIN Amfoterisin Nistatin/Nursein (Nystatinum DOEN) Ketokonazol (Ketoconazolum DOEN) Griseofulvin/Fulvicin (Griseofulvinum) Clotrimazole DAGANG Amphotec Fungizone Candistatin Flagystatin Mycostatin Mycoral Nizoral Fulcin Grivin Canesten Canesten UT Canesten SD Daktarin Mexoderm Sporanox PABRIK Astra Zeneca Indonesia Squibb Indonesia Pharos Rhone Poulenc Squibb Indonesia. ruam. serbuk warna putih.

termasuk herpes genitalis. dengan ukuran antara 20 dan 300 mikron. juga merusak se-sel hospes dimana virus berada. Memiliki efek samping yang sangat toksis bagi hospes maka hanya digunakan secara lokal sebagai salep dan tetes mata. Sediaan Acyclovir (generik). Hanya beberapa anti virus yang saat ini digunakan. Asiklovir dapat merupakan obat penyelamat untuk pasien herpes simpleks atau herpes zoster. Sediaan. muntah. Aktivitasnya jauh lebih kuat dibandingkan virustatika lain. Pengembangan obat anti virus baik sebagai pencegahan maupun terapi belum dapat mencapai hasil yang diinginkan. Penggunaan asiklovir meliputi pengobatan sistemik dan topikal. kadangkadang mual. tabl 200mg. tanpa mengganggu fisiologi sel-sel tuan rumah. Idoksuridin (IDU) Indikasi : terapi keratitis pada herpes simpleks secara topikal Spesialite obat-obat anti virus NO 1 GENERIK dan LATIN Asiklovir (Acyclovirum) DAGANG Clinovir Poviral PABRIK Pharos Kalbe Farma . gangguan saluran cerna. seperti dalam tubuh manusia atau hewan. Asiklovir Obat ini berkhasiat terhadap herpes simplex dan herpes zoster. serta tahan suhu-suhu rendah dan tinggi sekali. Asiklovir Indikasi Herpes simpleks dan varisella zoster Kontra indikasi Gangguan fungsi ginjal. antara lain idoksuridin pada penggunaan topikal dan herpes simplex conjungtivitis serta asiklovir. Efek samping pada penggunaan parenteral adalah tromboflebitis di tempat suntik. karena obat-obat anti virus selain menghambat dan membunuh virus.D. Idoksuridin (IDU) Berkhasiat virustatik terhadap sejumlah virus kelompok DNA. Di luar tubuh manusia kerap kali virus berbentuk seperti kristal tanpa tanda hidup. gangguan neurologis. Asiklovir aktif terhadap virus herpes tetapi tidak bisa memusnahkannya. kristal tersebut bernyawa kembali dan memperbanyak diri. kehamilan dan menyusui Efek samping Ruam kulit. Kontra Indikasi dan Efek Samping 1. Baru jika keadaan sekitarnya baik. sakit kepala. Secara lokal terjadi rasa nyeri dan terbakar. dan hanya efektif bila digunakan pada awal penyakit. ANTI VIRUS (virustatika) Virus (dalam bahasa latin dan sanskerta : visham = racun) merupakan mikro-organisme hidup yang terkecil. Sejumlah obat anti virus sudah banyak dikembangkan tetapi hasilnya belum memadai karena toksisitasnya sangat tinggi. sangat ulet yaitu tahan asam dan basa.400mg 2. tremor dan kekacauan. Tidak bersifat karsinogen dan karsinogenik.

Sebab-sebab kanker. yaitu dengan melakukan penyinaran pada daerah yang terdapat sel-sel kanker dengan menggunakan sinar radio aktif. menurut para ahli. dimana produksi leukosit menjadi abnormal tinggi sedangkan eritrosit sangat berkurang. Efek Samping Efek samping penggunaan obat-obatan neoplastika. lebih dari 80% dari semua tumor pada manusia diakibatkan oleh pengaruh zat-zat karsinogen Pengobatan Pengobatan kanker dikenal beberapa cara. 2. yang memperbesar resiko infeksi kuman. Tumor setempat ini seringkali menyebarkan sel-selnya melaui saluran darah dan limfe ke tempat-tempat lain dari tubuh (metastasis). tenggorokan. yaitu pengobatan dengan menggunakan obat-obatan yang dapat menghambat atau membunuh sel-sel kanker. Jenis-jenis kanker yang paling sering terdapat adalah kanker kulit. Suatu kelompok sel dengan mendadak menjadi liar dan memperbanyak diri secara pesat dan tidak tertahankan serta mengakibatkan pembengkakan atau benjolan. ANTI NEOPLASTIKA (Sitostatika) Pengertian kanker Kanker atau karsinoma (Yunani = karkinos = kepiting) adalah pembentukan jaringan baru yang abnormal dan bersifat ganas (maligne). paru-paru. yang disebut tumor atau neoplasma (neo = baru.2 Methisoprinol Isoprinosine Darya Varia E. antara lain: 1. yaitu dengan mengangkat sel-sel kanker sehingga tidak terjadi perluasan daerah yang terkena kanker 3. Sel-sel kanker ini menginfiltrasi ke dalam jaringan-jaringan sekitarnya dan memusnahkannya. Gejala umum dari penyakit-penyakit kanker adalah nyeri yang sangat hebat. plasma = bentukan). Operasi / pembedahan.  Gangguan pada kantong rambut dengan rontoknya rambut atau alopesia.  Pembentukan sel-sel darah terhambat  Hiperurisemia  Terganggunya fungsi reproduksi . dimana berkembang neoplasma sekunder. Kemoterapi. Radiasi / penyinaran. lambung-usus dan alat-alat kelamin. adalah :  Depresi sumsum tulang dengan gangguan darah dan berkurangnya sistem tangkis. Begitu pula leukimia atau kanker darah.

 Siklofosfamid Adalah derivat klormetin dengan cincin fosfat. Selain merusak sumsum tulang. Kerjanya pendek sekali karena dalam darah terurai dalam beberapa menit.Kombinasi dari dua atau lebih sitostatika kerapkali digunakan. Serba . karena kerjanya mirip dengan efek penyinaran dengan sinar-sinar ionisasi. Dengan demikian daya kerjanya diperkuat dan terjadinya resistensi dapat dihindarkan. Zat – zat alkilasi 2. sitostatika dapat dibagi dalam beberapa golongan : 1. b) Thiotepa Memiliki daerah indikasi yang lebih luas daripada derivat-derivat mustin. maka khusus digunakan pada leukemia kronis guna menekan produksi leukosit. Banyak digunakan pada kanker sumsum tulang. tetapi dapat digunakan oral. a) Klormethin Merupakan sitostatika pertama yang digunakan (1946) terhadap kanker limfogranuloma dan leukemia akut. Antimetabolit 3. yang membentuk pelat-pelat darah. seringkali mengakibatkan kerontokan rambut dan radang mukosa kandung kemih dengan perdarahan. kerjanya jauh lebih lama lebih kurang 6 jam. d) Lomustin . yang baru aktif setelah dioksidasi di hati. yakni yang memiliki titik kerja di dalam sel yang berlainan. Antimitotika 4. khasiat dan penggunaannya sama. Obat-obat ini terutama digunakan pada kanker korion. yaitu juga pada kanker yang sudah tersebar. limfogranuloma dan leukimia. Efek samping perintangan produksi megkaryocyt di sumsum tulang. tiotepa dan busulfan. Penggolongan Berdasarkan mekanisme kerjanya. Efek samping ringan.  Melfalan Adalah derivat klormetin yang mengandung fenilalanin.serbi 1) Zat-Zat Alkilasi Yang terpenting adalah klormethin dan derivatnya. c) Busulfan Berkhasiat spesifik terhadap sumsum tulang. Antibiotika 5. Obat-obat ini juga disebut radiomimetikam. maupun pada jenis-jenis kanker lain yang gagal pengobatannya dengan penyinaran.  Klorambusil Adalah derivat klormertin dengan cincin aromatik.

Banyak digunakan pada leukemia akut guna memelihara remisi (perbaikan gejalagejala)yang kurang dicapai dengan obat-obat lain. Karena sifatnya yang lipofil dan mudah melintasi sawar otak. b) Podofilin . misalnya merkaptopurin dan prednison. a) Vinblastin Merupakan alkaloid tanaman Vinca rosea bersama derivatnya vindesin dan vinkristin.  Vinkristin Digunakan pada leukemia akut pada anak-anak. muntah. 2) b) Fluorouracil Digunakan pada tumor-tumor lambung. Efek samping utama neuritis perifer. Antagonis asam folat ini efektif sekali pada kanker korion. Juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit bersisik (psoriasis) yang parah sebagai obat terakhir.Mampu mengalkilasi dan menghambat berbagai proses di dalamsel. maka obat ini merupakan obat pilihan pertama pada tumor otak.gejala lenyap. umumnya dikombinasikan dengan obat lain. misalnya vinkristin bersama prednison. polineuritis lebih cepat terjadi dan terapi harus segera ditunda hingga gejala . rambut rontok dan obstipasi. Terutama digunakan bila radioterapi atau sitostatika lainnya tidak efektif.  Vindesin Khasiat kurang lebih sama dengan vinblastin. Efek samping sama dengan MTX. juga bila sudah terjadi metastatis. 3) Anti Mitotika Zat ini mencegah pembelahan sel dengan merintangi pembelahan inti sel.  Sitarabin Berkhasiat virustatik terhadap virus-virus DNA. mual. Anti metabolit – anti metabolit Obat-obat ini menggangu sintesis DNA dengan jalan antagonisme saingan metotreksat (MTX). Digunakan antara lain pada leukemia akut pada anak-anak dan pada kanker buah dada. Depresi sumsum tulang praktis tidak terjadi. a) Merkaptopurin Terutama digunakan pada leukemia akut pada anak-anak. tetapi kurang menekan sumsum tulang dan neurotoksis. Efek samping sama dengan vinblastin. juga dalam hal MTX atau zatzat alkilasi tidak efektif lagi. Digunakan pada leukemia akut pada anak-anak. Banyak digunakan sebagai imunosupresivum pada transplantasi ginjal dan organ-organ lain guna memperkecil bahaya penolakan organ-organ baru oleh tubuh si penerima.  Azathioprin Dalam tubuh dirombak menjadi merkaptopurin. usus besar atau (kolon) dan poros usus (rektum).

d) L-Asparaginase Enzim ini diperoleh dari pembiakan bakteri E. dan sebagainya. maka pengawasan darah seksama harus dilakukan bila obat-obat lain tidak efektif. dalam kombinasi dengan klormethin.coli. tumor menjadi ringan. 5) Serba-serbi Obat-obat lain yang digunakan pada kanker terdiri dari kortikosteroida. a) Mitomisin Sangat toksis untuk sumsum tulang. yang pertumbuhannya dapat dihambat oleh androgen atau estrogen. biasanya dikombinasikan dengan klorambusil dan MTX. Dua glikosida semisintetisnya adalah teniposida dan etoposida  Teniposida Digunakan pada limfoma Hodgkin. digunakan antara lain pada kanker testis dan ovarium. Androgen diberikan pada kanker payudara. perasaan nyaman. Pada leukemia tertentu sel-sel kanker tidak dapat membentuk 1-asparagin yang diperlukannya untuk sintesis proteinnya. a) Kortikosteroida Hampir pada semua kombinasi obat pada terapi kanker mengandung prednison atau turunannya. Urin dapat berwarna merah seperti doksorubisin. karena efeknya langsung terhadap sel-sel kanker sendiri dan menghasilkan pengaruh yang baik seperti demam menurun.Damar ini diperoleh dari akar tanaman Podophyllum peltatum yang antara lain mengandung zat antimitotik podolifotoksin. b) Hormon-hormon kelamin Kerapkali digunakan dengan hasil yang baik.  Etoposida Dapat digunakan oral. pada jenis-jenis kanker yang tergantung dari hormon. biasanya dengan vinkristin dan prednison. Maka zat ini menggunakan asparagin tersebut sehingga sel-sel kanker terhenti . hormon kelamin. kanker otak dan kandung kemih. lambung-usus dan rambut rontok. misalnya estrogen diberikan pada kanker prostat (guna meniadakan efek hormon pria). c) Prokarbazin Dianjurkan sebagai obat pilihan kedua pada limfogranuloma. Efek samping sama dengan sitostatika lain yakni gangguan darah. prokarbazin dan asparaginase. 4) Antibiotika Terutama digunakan pada kanker korion yang sudah metastasis. atau anti hormon. nafsu makan bertambah. vinkristin dan prednison. b) Doksorubisin Digunakan khusus pada leukemia akut dan limfogranouloma yang tidak dapat diobati dengan sitostatika lain.  Daunorubisin Merupakan derivat doksorubisin dengan khasiat dan efek samping yang sama.

Selain paru-paru. f) Interferon Daya sitostatiknya telah dibuktikan untuk beberapa bentuk kanker. kulit dan otak. gangguan SSP dan hati. Kuman TBC pertama kali ditemukan oleh dr Roberet Koch (1882). Efek samping mual. Selain itu juga berdaya anti virus dan dianjurkan sebagai pencegah influensa sampai 24 jam sesudah terjadinya infeksi.perkembangannya. NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 GENERIK dan LATIN Dokosorubisin Hidroklorida (Doxorubici Hydrochloridum) Fluorourasil (Fluorouracilum) Bleomisin Sulfat (Bleomicini Sulfas) Sisflatin(Cisflatinum) Siklofosfamida (Cyclophosphamidum Metotreksat(Methotrexatum Sitarabin (Cytarabin) Vinkristin Sulfat (Vincristini Sulfas) Vinblastin Sulfat (Vinblastini Sulfas) DAGANG Adiamycin RD Adrucil Bleocin Cisplatin Endoxan Farmitrexat Erbabin Krebin Vinblastine Sulphate DBL PABRIK Carlo Erba Carlo Erba Kalbe Farma Kalbe Farma Asta Carlo Erba Kalbe Farma Kalbe Farma Tempo Scan Pasific F.  Perumahan yang tidak memenuhi syarat. yang pada umumnya dimulai dengan membentuk benjolan-benjolan kecil di paruparu dan ditularkan lewat organ pernafasan. Spesialite obat-obat sitostatika. Hanya digunakan pada leukemia akut dan sebagai obat pilihan kedua. alergi. serta pada kanker ovarium. LAIN-LAIN 1. hal ini disebabkan:  Masih kurangnya kesadaran untuk hidup sehat. Sampai saat ini di Indonesia penyakit TBC masih merupakan penyakit rakyat yang banyak mengambil korban. Tuberkulosis adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberkulosis.(ventilasi dan masuknya cahaya matahari)  Kebersihan/hygiene  Kurang gizi/gizi tidak baik. Penularan kuman TBC dapat melalui: . e) Cisplatin Terutama digunakan pada kanker testis dalam kombinasi dengan vinkristin dan bleomisin. ginjal. organ tubuh lain yang dapat dijangkiti kuman TBC adalah tulang. muntah. Anti Tuberkulosis (TBC) Pengertian: Anti tuberculosis adalah obat-obat atau kombinasi obat yang diberikan dalam jangka waktu tertentu untuk mengobati penderita tuberkulosis.

muntah. Saluran pernafasan (sebaiknya penderita menutup mulut dengan sapu tangan ketika batuk atau bersin. Obat generik. istirahat total di sanatorium dan diet makanan bergizi yang kaya lemak dan vitamin A. lepra. Rifampisin Indikasi Pengobatan tuberkulosis. Sampai tahun 1970-an kombinasi standar untuk pengobatan TBC menggunakan ketiga obat di atas. tinja. kontra indikasi dan Efek samping 1. kapsul 300mg.dan air mata. wanita hamil dan menyusui Efek samping Mual. liur. 450mg. Tujuan pengobatan kombinasi :  Mencegah resistensi  Praktis karena dapat diberikan sebagai dosis tunggal.meningitis Kontra indikasi Pasien kelainan hati. Basil TBC terkenal sangat ulet dan sulit ditembus zat kimia (obat) karena dinding sel bakteri mengandung banyak lemak dan lilin (wax). dan mengusahakan agar ruangan tempat penderita mempunyai ventilasi yang baik. ethambutol dan rifampisin. Untuk menentukan seseorang terinfeksi oleh basil TBC atau tidak biasanya dilakukan dengan reaksi Mantoux . Obat TBC yang pertama kali ditemukan adalah streptomisin. bentuk pengobatan terbatas pada terapi simptomatis seperti mengurangi batuk dan menghilangkan demam. Dengan pengobatan modern. sehingga pengobatan TBC memerlukan periode waktu yang cukup lama . pusing. indikasi. ganguan penglihatan Peringatan Perlu penerangan rifampisin menyebabkan warna merah pada urin. yaitu penyuntikan yang dilakukan dilengan atas dengan tuberkulin (filtrat dari pembiakan basil TBC). Cara pencegahan TBC adalah dengan memberikan vaksinasi sedini mungkin pada bayibayi yang baru lahir. Sesudah tahun 1970 kombinasi standar untuk TBC menjadi INH. Bila ditempat penyuntikan tidak timbul bengkak merah berarti orang tersebut tidak terinfeksi TBC. Sediaan Rifampisin (generik).  Mengurangi efek samping. Pengobatan Sebelum ditemukan obat-obat yang dapat memusnahkan penyebab penyakit. setelah 4 sampai 6 minggu pasien bebas bermasyarakat seperti biasa karena tidak lagi menularkan kuman TBC. diare. disusul kemudian dengan PAS dan INH.  Lewat makanan dan minuman Penularan TBC dapat dihindari dengan cara menggunakan desinfektan pada sapu tangan atau barang-barang yang digunakan. Vaksin yang digunakan adalah vaksin BCG (Basil Calmette Guerin). dahak keringat. kaptab 600mg .

INH (generik) . NO 1 GENERIK dan LATIN Isoniazid (Isoniazidum) DAGANG INH Ciba Isonex Rifabiotic Rifamtibi Pezeta Cetabutol Kalbutol Etibi Pehadoxin PABRIK Novartis Indonesia Dumex Bernofarm Sanbe Novartis Indonesia Soho Kalbe farma Rocella Phapros 2 Rifampisin (Rifampicinum) Pyrazinamid (Pyrazinamidum) Ethambutol 3 4 5 Isoniazida+Vit B6 . 500mg Wadah kedap udara Kontra indikasi Efek samping Sediaan 4. Penyakit hati. buta warna merah/hijau. Khasiat tuberkulostatik paling kuat dibanding obat lain. tbl 500mg) Wadah kedap udara terlindung dari sinar Spesialite obat-obat TBC.300mg Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara penyimpanan Tuberkulosis dalam kombinasi dengan obat lain. Ethambutol Indikasi Kontra indikasi Efek samping Sediaan Cara penyimpanan 3. resistensinya sangat cepat. tabl 250mg. Isoniazid Indikasi Tuberkulosis dengan kombinasi bersama obat lain anak dibawah 6 thn. Pyrazinamid Indikasi Tuberkulosis. khasiatnya diperkuat oleh isoniazida Penderita ganguan hati Hepatotoksik (menimbulkan kerusakan hati) terutama pada dosis lebih dari 2 g/hari Pyrazinamide (generik). neuritis optik.2. gangguan fungsi ginjal Neuropati perifer (ganguan saraf dengan gejala kejang-kejang) yang dapat dicegah dengan pemberian pyridoxin (vitamin B6). Neuritis optik. kombinasi dengan obat Lain. tabl 100mg. neuritis perifer Etambutol (generik). gangguan visual. INH kalau digunakan sebagai obat tunggal.

dan seumur hidup pada bentuk – L dan borderline. Pembangkitnya Mycobacterium leprae ditemukan oleh dokter Norwegia Hansen (1873). Obat generik.000 pasien lepra yang diobati di sejumlah rumah sakit khusus (Leproseri) yang diawasi oleh Lembaga Kusta Departemen Kesehatan. atau jika lebih hebat bisa diberikan zat supresif (penekan) seperti kortikosteroid. yang efektif untuk meredakan gejala-gejalanya tanpa menyembuhkan penyakit. kontra indikasi dan efek samping . WHO menganjurkan sebagai terapi pilihan pertama suatu kombinasi dari dapson dengan rifampisin atau klofazimin selama sekurang-kurangnya 6 bulan. khusus pada bentuk – L terjadi benjol-benjol merah kebiruan. memiliki sifat-sifat yang mirip dengan basil TBC. juga pertumbuhannya lambat sekali setelah waktu inkubasi yang lama. Pencegahan Tes Lepromin adalah suatu injeksi intrakutan dari suspensi jaringan lepra dan digunakan untuk menetapkan apakah seseorang memiliki daya tangkis cukup terhadap lepra bentuk – L. Untuk mengatasi gejala-gejala ini. Gejala-gejala berupa demam tinggi. yang kemudian lama-kelamaan akan dimusnahkan oleh sistem tangkis tubuh sendiri. Semula diduga bahwa reaksi-reaksi ini merupakan efek samping khusus dari dapson. Obat lepra tidak boleh dihentikan atau dikurangi dosisnya berhubungan meningkatnya bahaya resistensi. Pada tahun 1950 ditemukan dapson yang mampu menghentikan pertumbuhan basil lepra. bahwa vaksinasi BCG memberikan perlindungan yang lumayan terhadap infeksi dengan bentuk – L. lebih kurang satu tahun. indikasi. Hasil tes negatif berarti orang tersebut sangat peka untuk infeksi dengan bentuk tersebut. Anti Lepra (Leprostatika) Lepra atau kusta adalah suatu infeksi kronis yang terutama merusak jaringan-jaringan saraf. Pada tahun 1965 telah dibuktikan di Uganda. Di Indonesia terdapat kurang lebih 100. obat lepra sering dikombinasi dengan asetosal atau sedativa.6 INH+Vit B6+Ethambutol 7 Rifampicin+INH Inoxin Intam 6 Meditam Mycotambin-INH Forte Rimetazid Ramicin-Iso Dexa Medica Rhone P Medikon UAP Biochemie Westmont 2. Pengobatan Sejak dahulu kala obat satu-satunya terhadap lepra adalah minyak kaulmogra. radang dan nyeri sendi. tetapi kemudian ternyata dapat juga ditimbulkan oleh leprostatika lainnya kecuali klofazimin. klofazimin dan rifampisin. yaitu sangat ulet karena mengandung banyak lemak dan lilin yang sukar ditembusi obat. rasa lelah dan habis tenaga. Kemudian disusul dengan monoterapi dapson selama 5 – 7 tahun pada bentuk tuberkuloid. Efek samping Yang terpenting adalah reaksi lepra yaitu suatu reaksi alergi yang diakibatkan oleh basil mati yang berjumlah besar di dalam jaringan-jaringan. Kemudian ditemukan leprostatika lain antara lain thiambutosin.

Dalam waktu 3-4 minggu bentuk – L yang ganas sudah menjadi tidak bersifat menular lagi. Sama dengan waktu yang diperlukan dapson untuk mengeluarkan seluruh kuman mati dari jaringan. perubahan warna rambut dll Sediaan Generik: Spesialite obat-obat anti lepra. Dapson : diaminodifenilsulfon (DDS) ) Rumus bangun obat ini mirip sulfonamida : R-NH-C6H4-SO2-R. Spektrum kerja kurang lebih sama. 3. NO 1 2 GENERIK dan LATIN Diamino Difenil Sulfon (DDS) Clofazimine DAGANG Dapson Lamprene PABRIK Indofarma Novartis . namun kegiatannya lebih kurang 10 kali lebih kuat. kontra indikasi dan efek samping (lihat anti TBC). maka meskipun gejala-gejala klulit dan luka-luka dalam beberapa bulan lenyap. juga gangguan lambung-usus. Rifampisin Antibiotik ini merupakan obat satu-satunya yang bekerja leprosid terhadap basil lepra.Samping : gatal-gatal dan kulit kering.1. Kerjanya lebih cepat dan efektif dari pada dapson. E. dan untuk bentuk – L setelah kurang lebih 5 tahun 2.100mg. Indikasi Leprostatik kuat berdasarkan persaingan terhadap PABA Kontra indikasi Efek samping Sukar tidur dan anemia ringa. demikian pula agranulositosis. kuman masih tetap berada dalam selaput lendir. Cara penyimpanan Terlindung dari sinar Lama pengobatan Dapson tidak mematikan baksil lepra. Karena itu terapi harus diteruskan hingga kuman lenyap sama sekali dari jaringan-jaringan tersebut untuk bentuk-T kurang lebih 3 tahun. Klofazimin juga berkhasiat anti radang dan mencegah terjadinya benjol-benjol pada bentuk -L. Indikasi. Setelah pengobatan beberapa bulan sebagian besar basil di dalam mukosa dan kulit dimusnahkan. Klofazimin Obat ini memiliki khasiat leprostatik yang sama kuatnya dengan dapson. misalnya saraf dan otot-otot polos yang memerlukan waktu lebih lama. Sediaan Dapson (generik) tabl 50mg. kecuali di tempat-tempat yang sulit. sekaligus lebih toksis.warna coklat kehitaman pada lesidan kulit yang terkena sinar mata hari. terjadi . Resistensi dapat timbul dalam waktu singkat. kulit dan saraf.

Dalam upaya penyediaan vitamin A yang cukup untuk tubuh ditempuh kebijaksanaan sebagai berikut : 1.5%). termasuk kasus buta senja yang semula sudah tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat di perkirakan akan muncul kembali. Buku 2 merupakan suplemen dari buku 1 yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan kapsul Vitamin A dosis tinggi secara benar dan aman. Bila disuatu desa terdapat KLB campak. 2. yang dijelaskan secara rinci pada buku 2. hari 1 : 1 kapsul. Sedangkan pada bayi dan balita penderita xeropthalmia seperti bercak bitot.33 % (<0. Pemberian kapsul Vitamin A menunjang penurunan angka kesakitan dan angka kematian anak (30-50%). Oleh karena itu pemerintah Indonesia melakukan . pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi diberikan kepada bayi dan balita penderita xeropthalmia. Pemberian Kapsul Vitamin A Dosis Tinggi Suplemen : Penggunaan Kapsul Vitamin A Dosis Tinggi Secara Aman Akselerasi Cakupan Kapsul Vitamin A Keterpaduan Pemberian Kapsul Vitamin A dan Imunisasi Campak. Peningkatan konsumsi sumber vitamin A alami 2. Fortifikasi vitamin A pada bahan makanan 3. Untuk pengobatan. Ada tambahan kelompok sasaran bayi dengan Vitamin A 100. Buku 1 telah dicetak 3 kali pada tahun 1993. sehingga Indonesia mendapat HKI Award pada tahun 1993. hari 2 : 1 kapsul dan 4 minggu berikutnya 1 kapsul. 3.Pedoman Suplementasi Kapsul Vitamin A Pedoman ini disusun dalam rangka program penanggulangan masalah Kurang Vitamin A (KVA) di Indonesia yang terdiri dari 4 buku yaitu: 1. untuk mencegah masalah kebutaan karena kurang Vitamin A. penyakit infeksi khususnya campak dan tidak mendapatkan kapsul Vitamin A secara rutin memicu timbulnya kasus-kasus xeropthalmia. seluruh bayi dan balita di desa tersebut diberi 1 kapsul Vitamin A dengan dosis sesuai umur. dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. diberikan Vitamin A dengan dosis sesuai umur sebagai berikut. Pemberian Vitamin A dosis tinggi ini bila diberikan sesuai dosis yang dianjurkan tidak akan menyebabkan hypervitaminosis. Dengan melakukan distribusi kapsul Vitamin A pada balita yang dilakukan secara serentak pada bulan Februari dan Agustus dimulai tahun 1982. balita (Agustus dan Pebruari) dan ibu nifas (segera <30 hari setelah melahirkan). Distribusi vitamin A dosis tinggi secara berkala Buku 1 menjelaskan secara rinci tentang masalah KVA di Indonesia dan cara pemberian kapsul Vitamin A 200. campak pneunomia. Krisis moneter yang berkepanjangan mengakibatkan timbulnya kasus gizi buruk terutama pada balita. Program penanggulangan Vitamin A di Indonesia telah dilaksanakan sejak tahun 1995 dengan suplementasi kapsul Vitamin A dosis tinggi. ternyata dapat meningkatkan cakupan dan menurunkan prevalensi X1b menjadi 0. 1995 dan tahun 2000.000 SI (biru) 1 kali pada Februari dan Agustus. diare. mata keruh atau kering. Selain faktor gizi buruk. gizi buruk dan infeksi lain sebanyak 1 kapsul dengan dosis sesuai umur. 4.000 SI (merah) 2 kali/tahun kepada kelompok sasaran. Data dari beberapa daerah telah ditemukan Xeropthalmia tingkat ringan sampai berat.

silahkan menghubungi kami melalui Forum Diskusi. balita dan ibu nifas) yang dilakukan melalui kegiatan pemasaran sosial dan mobilisasi sosial. kecamatan. kabupaten/kota. propinsi dan pusat. Akselerasi cakupan kapsul vitamin A adalah upaya mempercepat pencapaian cakupan distribusi vitamin A untuk semua kelompok sasaran ( bayi. kritik dan lain sebagainya. balita. Buku 3 menjelaskan secara rinci bagaimana melakukan akselerasi cakupan kapsul Vitamin A.akselerasi untuk menanggulangi masalah ini. Akselerasi cakupan vitamin A dilakukan pada semua tingkatan yaitu tingkat desa/kelurahan. Kegiatan akselerasi ini diikuti dengan keterpaduan pemberian kapsul Vitamin A dan imunisasi campak yang dijelaskan dalam buku 4. Keberhasilan akselarasi ini akan berpengaruh besar pada upaya penurunan prevalensi KVA di masyarakat. Jika anda mengalami kesulitan mendapatkan informasi yang diinginkan atau ingin memberikan saran. dan untuk mrngukur keberhasilan akselarasi tersebut dilakukan pula pemantauan dan penilaian pada semua tingkat administrasi. . Akselerasi ini bertujuan agar semua bayi. ibu nifas mendapat dan meminum kapsul vitamin A dosis tinggi dalam upaya menurunkan prevalensi KVA.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful