P. 1
SEL

SEL

|Views: 79|Likes:
Published by ayu_septyani

More info:

Published by: ayu_septyani on Dec 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2012

pdf

text

original

I. PRAKTIKUM KE II. TANGGAL PRAKTIKUM III. JUDUL PRAKTIKUM IV. TUJUAN V. LANDASAN TEORI.

: DUA ( DUA ). : 6 OKTOBER 2008 : Mengenal Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. : Untuk dapat melihat dan mengengetahui Perbedaan sel.

Sel adalah unit terkecil yang menyusun makhluk hidup. Terdapat beragam kehidupan yang berwujud organisme bersel tunggal. Sel dapat dipisahkan sebagai unit dari fungsi dan struktur dari organisme. Sel yang akan diamati kali ini adalah sel yang berasal dari organisme bersel kompleks, yaitu sel bunga Rheo discolor dan sel epitel mukosa pada pipi manusia. Hewan dapat bergerak secara aktif dikarenakan struktur selnya yang lentur, fleksibel, dan tidak kaku seperti tumbuhan. Kekakuan pada sel tumbuhan disebabkan karena tumbuhan memiliki dinding sel, hal ini merupakan salah satu pembeda sel tumbuhan dan sel hewan. Umumnya sel berukuran 30-50 milimikro. Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan strukturnya antaralain adalah sebagai berikut : Sel Hewan: 1. Membran sel. 2. Lisosom, organel sel bermembran yang hanya ada pada sel hewan. Berfungsi dalam proses pencernaan interseluler, banyak ditemukan pada fagosit atau sel-sel yang berfunggang masuk kedalam jaringan tubuh. 3. Sentrosom. 4. Sentriol, organel tak bermembran sel yang hanya ada terdapat pada sel hewan. Berukuran kecil, berju,lah sepasang, terletak dekat membran inti dalam posisi tegak lurus. Saat terjadi pembelahan sel, maka organrl ini akan memisah untuk membentuk gelendong.

Pada organisme bersel satu disebut vakuola kontraktil dan vakuola makanan. 5. umumnya ukuran vakuola pada sel hewan berukuran lebih kecil daripada sel tumbuhan. 3. serta trmpat yang berbeda. Berfungsi sebagai tempat pempat penyimpanan air dan cadangan makanan pada sel tumbuhan. Kloroplas. . pencegah dehidrasi yang terjadi secara berlebihan. 4. Membran sel. 6. lebih banyak tersusun atas selulosa dan berfungsi Sebagai pelindung. juga merupakan plastida yang mengandung klorofil plastida.5. fungsi. bentuk hubungan antar sel yang berdekatan yang terjalin karena adanya jaluran membran RE sel melalui celah khusus diantara sel yang berhimpitan. Retikulum Endoplasma. hanya ada pada sel hewan. hampir mencapai setengah violume sel. Vakuola. dan terbentuk pada saat pembelah sel tepatnya pada saat pembagian sel anak ( sitokinosis ) yang berlangsung setelah pembagian materi inti ( kriokinesis ) selesai. Vakuola Disgestif. pemertahan bentuk. 2. merupakan organel bermembran sel yang mengandung pigmen. organel bermembran sel yang berukuran besar. 6. Plasmodesmata. Sel Tumbuhan: 1. Adanya dinding sel yang kokoh menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak melawan gravitasi bumi. Dinding Sel. ada dua retikulum endoplasma yaitu RE kasar dan RE halus yang mempunyai struktur. Cincin kontraktil.

Mikroskop. ambil preparat daun dan letakkan di kaca objek. Kaca objek dan kaca penutup. 2. jika tidak ada dapt diganti dengan sel daunnya yang diambil dengan cara: pertama-tama lipat daun bunga dengan bagian ungu di luar.VI. Metilen blue. Kegiatan 1: Preparat segar sek hewan. Jarum besar bertangkai 5. ALAT dan BAHAN. potong setipis mungkin dan arah waktu memotong mengarah ke kita. 5. Pipet. 6. CARA KERJA. Bahan: 1. 1. 2. 4. Pinset anatomi yang runcing. Tusuk gigi. Cabut beberapa helai rambut tangkai benang sari bunga Rheo discolor dengan . 4. Dengan menggunakan jarum besar bertangkai. Silet tajam. 3. Sel epitel mukosa mulut. Bulu/rambut tangkai benang sari bunga Rheo discolor ( Jadam ) 2. Kapas dan tissue. kemudian tutup dengan kaca penutup sambil kaca dimiringkan sekitar 45 derajat agar tidak ada gelembung air. Alat: 1. 4. pinset. 3. 3. Letakkan preparat di mikroskop kemudian amati. Aquadest atau air biasa VII. . Tetesi objek dengan aquadest. 6.

4. . Sediakan kaca objek yang bersih. Beri setetes metilen blue. 1.Kegiatan 2: Preparat segar sel hewan. Tutup dengan kaca penutup seperti kegiatan pertama. Korek bagian dalam pipi dengan tusuk gigi. 3. Sentuhkan sedikit material preparat yang ada ujung tusuk gigi ke kaca objek. 5. Bilas sisa metilen blue yang terdapat di kaca objek kemudian fiksasi. 7. 6. Amati preparat di bawah mikroskop. 2.

PERTANYAAN dan JAWABAN 1. hak ini bukan disebabkan oleh pengamat melainkan karena perbesaran mikroskop masih terlalu kecil untuk mendapatkan hasil yang terjelas. Pada pengamatan kedua didaptkan bahwa sel hewan tidak mempunyai bentuk yang tetap dan tipis. Penumpukan bayangan pada sel diakibatkan karena pengamat masih terlalu tebal memotong ataupun mengorek bahan yang akan di amati. yang diamati sebenarnya bukanlah sel melainkan jaringan. berbentuk sgi enam. Terdapat beberapa bintik kebil yang mungkin merupakan inti sel dan bintik besar yang mungkin merupakan gelembung udara. Pada kedua pengamatan tersebut. serta sebelum sel diamati sel harus di beri metilen blue agar srtiap bagiannya dapat dibedakan kemudian difiksasi agar sel cepat mati dan posisi sel tidak berubah. Selain itu diantara sel terdapat bagian yang berwarna yang disebabkan adanya klorofil. Apakah perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan ? NO 1 2 3 4 5 6 7 8 PEMBEDA Dinding sel Membran sel Kloroplas Vakuola Plasmodesmata Lisosom Sentriol Cincin kontraktil SEL HEWAN Tidak ada Ada Tidak ada Ada Tidak ada Ada Ada Ada SEL TUMBUHAN Ada Ada Ada Ada Ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada 2. Pada pengamatan pertama menggunakan preparat segar sel tumbuhan didapatkan hasil bahwa sel tumbuhan mempunyai bentuk yang tetap. sel mukosa tetap tidak didapat karena sel mukosa tersebut terbawa air pada waktu membersihka kelebihan metilen blue. Apa yang dapat dengan jelas dari suatu sel? . kadang meskipun telah sesuai dengan prosedur. PEMBAHASAN. ketetapan bentuk ini disebabkan karena sel tumbuhan mempunyai dinding sel. X. sehingga sel yang kecil tidak terlihat.IX.

Jelaskan mengapakelebihan metilen blue harus dicuci dengan air mengalir? Jawab: Metilen blue dipegunakan pada preparat yang transparan sehingga Bagian-bagian preparat dapat dibedakan. KESIMPULAN. yang dapat dilihat dengan jelas Adalah membran sel dan inti sel. Dari hasil pengamatan didapat kan kesimpulan bahwa sel hewan tidak mempunyai bentuk yang tetap sehingga harus difiksasi sebelum di amati agar posisinya tidak berubah. Sedangkan sel tumbuhan mempuyai bentuk yang tetap karena mempunyai dinding sel dan berbentuk seperti segienam. XI. 4.Jawab: Berdasarkan pengamatan yang dilakukan. jika kelebihan metilen blue tidak dicuci Dikhawatirkan akan menutupi bagian-bagian preparat. . DAFTAR PUSTAKA. XII. 3. Apa sebabnya untuk menutup kaca penutup diperlukan jarum bertangkai? Jawab: Jarum bertangkai dipergunakan untuk menahan kaca penutup yang Membentuk kemiringan agar tidak ada gelembung udara antara kaca objek dan Kaca penutup.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.edu.crayonpedia. Diakses tanggal 19 Oktober 2008. 2000. Tim Dosen Biologi Umum./centrocome. 2008. . BIOLOGI :edisi ke lima jilid satu.jpg. 1996. Anonim. Neil A. http://stearnslab. Kalifornia: Department of Botani and Plant Sciences. Diakses tanggal 19 Oktober ’08 Anonim. Universitas Sriwijaya. 2005.Campbell. http://www. Panduan Praktikum Biologi Umum.stanford. Indaralaya: Program Studi Pendidikan Biologi.org/mw/4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->