Mimikri berarti kesukaan melindungi, dan mimikri merupakan salah satu bentuk perilaku atau rupa yang pertama

kali tumbuh pada sejumlah hewan, khususnya serangga, di mana spesies tersebut menyerupai spesies lain dalam hal perilaku maupun rupa. Biasanya mimikri menyerupai suatu spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya, misalnya bila berhadapan dengan predator. Salah satu contohnya adalah lalat bunga, yang banyak dari spesiesnya menyerupai tawon. Istilah ini jangan dikelirukan dengan kamuflase, di mana seseorang bertindak terhadap bahaya dari spesies hewan lain yang mencari mangsa di lingkungan sekitarnya. Mimikri juga ada pada ikan yang hidup di beting. Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Contoh-contohnya adalah belang pada harimau, zebra, belalang, dan seragam tempur motif loreng pada tentara modern. Kamuflase memang suatu bentuk tipuan dan penyamaran. Kata kamuflase dalam bahasa Indonesia dipinjam dari bahasa Belanda, yang pada gilirannya meminjam dari bahasa Perancis, 'camoufler' yang berarti 'menyamarkan'. mimikri : proses adaptasi dimana warna kulit hewan akan berubah sesuai dengan tempatnya ia singgahi untuk melindungi diri dari predator dan mencari mangsanya contoh : -bunglon yg berada dahan pohon yg berwarna coklat tidak akankelihatan karena kulitnya berubah mengikuti warna dahan pohon tersebut -gurita yang merubah pigmen kulitnya sesuai keadaan sekitarnya atau mengikuti warna terumbu karang yang ada di sekitarnya. akan tetapi perubahan pigmen kulit bunglon tidak secepat perubahan pigmen gurita karena bunglon tidak bisa merubah warna kulitnya kedalam beberapa warna secara sekaligus kamuflase : proses adaptasi yang menyamakan atau menyeragamkan warna kulit dengan lingkungan sekitarnya untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari makan contoh : -Chetah/singa suka mengintai mangsanya diantara rumput alang2 yang berwarna coklat agar tidak terlihat oleh mangsanya hal ini terjadi karena warna rambut singa sama dengan warna rumput tersebut. -ular piton hijau suka berdiam di dahan pohon yang berwarna hijau sambil mengintai mangsanya yaitu katak pohon atau burung perbedaan : mimikri : perubahan pigmen kulit sesuai tempat yang di singgahi - kamuflase: warna pigmen kulit tidak berubah, akan tetapi hewan yang menggunakan cara ini akan berada di tempat yang sesuai dengan warna kulit untuk melindungi diri dari predator dan mencari mangsa. Berikut ini 10 daftar kemampuan super dari laba-laba.

10. Mimikri semut Yang cukup menarik, ada ratusan spesies laba-laba (Kebanyakan adalahdari laba-laba pelompat) yang sangat mirip dengan semut. Ya, itu adalah laba-laba pada gambar di atas. Beberapa arachnida menggunakan penyamaran ini untuk berburu serangga yang tidak takut semut, atau untuk melindungi diri dari predator pemangsa laba-laba. Lainnya, tentu saja, mungkin memangsa semut itu sendiri, seperti serigala berbulu domba. 9. Raja Kamuflase Beberapa spesies bisa membuat jaring yang mirip sutera, dan semua mangsanya bisa disimpan dengan balutan seperti mummy dalam jangka waktu lama. Wwarna jaring yang mirip warna mereka menciptakan kamuflase lain bagi laba-laba. Hal ini berguna untuk membingungkan predator terbang seperti capung, lalat perampok atau burung kecil yang mungkin mencoba untuk menukik demi memangsa laba-laba lezat dari sarangnya.

Tidak hanya tubuh laba-laba berwarna persis seperti kotoran burung (lengkap dengan tempat mirip benih). karena itu sangat tidak menggugah selera bagi laba-laba predator lainnya tapi tampak menggoda bagi seekor lalat. tujuan dari hal ini telah lama jadi perdebatan. Itu penyamaran yang sempurna untuk laba-laba. yang menggunakan jerat mereka dengan cara yang beda dengan arakhnida lainnya. Pesona Mematikan Yang aneh lagi dari laba-laba bola atau mastophorea. ditambah umpan (mirip orang mancing).” Tubuhnya yang berbulu halus adalah sebagai perangkat yang memungkinkan udara terus menempel padanya saat menyelam. Laba-Laba Penyelam Argyroneta aquatica adalah salah satu laba-laba sejati yang dapat ditemukan di dalam air. ia mendapat nama “Laba-laba Penyelam. Sekarang kita tahu bahwa hal ini adalah jaring khusus yang reflektif terhadap sinar ultra-violet yang menciptakan pola-pola khusus yang digunakan oleh bunga untuk menarik serangga penyerbuk. yaitu mengeluarkan jaring yang digumpalkan mirip bola lalu diulur dengan tali.8. Berikut ini 10 daftar kemampuan super dari laba-laba. Koloni Jaring Super Laba-laba. tapi begitu mangsanya berusaha kabur. 3. taring mereka bak racun korosif. hal ini dimungkinkan dengan kekuatan dan keahlian serbaguna yang mereka miliki. Kotoran palsu Celaenia excavata adalah laba-laba yang melaukan penyamaran diri sebagai segumpal kotoran burung. Jaring tangan mini Spesies laba-laba “Ogre Faced” atau “Net casting” adalah laba-laba yang menghasilkan Deinopidae. 4. dan ini adalah jelas penyamaran paling meyakinkan. 2. Jebakan Bunga Banyak laba-laba yang berada di taman-taman membuat sarang tipis dengan pola yang berbeda. dan mereka bisa mengeluarkan zat perekat yang bahkan 25 kali lebih kuat dari baja. namun laba-laba memperlihatkan spesialisasi lain yang tidak biasa. Kkaki mereka dirancang agar dapat melalui medan apapun. namun ia juga seperti duduk di atas sebuah “splatter” yang sangat meyakinkan dibuat dari sutranya sendiri. di antara hewan predator lainnya adalah spesies yang terbilang sangat sukses dalam kerajaan binatang. dengan tergantung terbalik dia membuat jaring kecil diantara dua kaki depannya untuk mereka gunakan menjangkau atau meraup serangga lain yang lewat Sutra khusus ini bersih dan tidak lengket. jaring itu langsung menjerat rambut dan sendi serangga seperti velcro. sehingga ngengat jantan mendekat dan terjerat dalam umpan tersebut. Setiap laba-laba bola mengeluarkan feromon yang bisa menarik ngengat jantan yang sedang mencari pasangan di musim kawin. Mungkin anda akan berfikir bahwa laba-laba tidak membutuhkan hal-hal lain untuk hidup dengan apa yang telah mereka miliki. sehingga laba-laba ini bisa keluar masuk air . 5. 7. yang memungkinkan laba-laba untuk menjebak serangga yang cukup besar dan kuat dengan hanya sejumlah kecil dari sutra.

terdapat pula sepasang atau beberapa alat bantu mulut serupa tangan yang disebut pedipalpus. Selain sepasang rahang bertaring besar (disebut chelicera). Morfologi Anatomi laba-laba: (1) empat pasang kaki (2) cephalothorax (3) opisthosoma Tak seperti serangga yang memiliki tiga bagian tubuh. dan harus mampu menyentuh sesuatu untuk membungkusnya dalam anyaman. mulut laba-laba berupa alat pengisap untuk menyedot cairan tubuh mangsanya. laba-laba tukang meludah. Laba-Laba Penembak Hampir semua laba-laba membuat sutera dari organ yang disebut pemintal di ujung perut. Tetapi tidak demikian untuk genus Scytodes. yang sebetulnya merupakan gabungan dari kepala dan dada (thorax). . yang menjadi tempat bagi sang betina membesarkan anaknya dan mengkonsumsi mangsanya. laba-laba hanya memiliki dua. 1. Sedangkan segmen bagian belakang disebut abdomen (perut) atau opisthosoma. Antara cephalothorax dan abdomen terdapat penghubung tipis yang dinamai pedicle atau pedicellus. Pada cephalothorax melekat empat pasang kaki. Perlahan-lahan merayap mendekati serangga lain yang tidak curiga. lalu meludah menyemprotkan aliran jaring yang dicampur dengan racun.Jaringnya yang tersusun mirip seperti kapal selam buatan manusia. Laba-laba tidak memiliki mulut atau gigi untuk mengunyah. yang memiliki kelenjar sutra tambahan terhubung ke mulut mereka. Sebagai gantinya. Segmen bagian depan disebut cephalothorax atau prosoma. dan satu sampai empat pasang mata. Pada beberapa jenis laba-laba. pedipalpus pada hewan jantan dewasa membesar dan berubah fungsi sebagai alat bantu dalam perkawinan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful