Makalah HUBUNGAN FIQH DAN USHUL FIQH Yang di bombing oleh Dosen : Abd Wadud Nafis Lc.

MEi

Kelompok:13 1. Holil nawawi : 083112033 2. Desta jesi : 083112008 3. Faiz-Faizul Hannan : 083112020

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER (STAIN) JEMBER, DESEMBER 2011

penuliasan. tetapi juga harus bisa memberi pemahaman yang akurat dan terperinci dalam penjelasan nya. agar masalah tersebut dapat terpecahkan tanpa menimbulkan pertanyaan-pertanyaan lagi. baik dalam segi bahasa. solawat dan salam semoga dilimpahkan kepada nabi Muhammad SAW yang di utus membawa syari’ah yang mudah sebagai jalan dalam menempuh kebahagiaan dunia akhirat menuju keridoan-Nya. kami beri judul ‘ hubungan fiqh dan ushul fiqh’.KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah. dan apa ushul fiqh? Apa hubungan dan perbedaan antara keduanya. Oleh karena itu dalam makalah yang sangat sederhana ini kami akan membahas mengenai pengertian fiqh. Dalam makalah ini. dan penyusunan kalimatnya oleh karena itu kami mohon kepada para pembaca untuk memberi keritik dan saran kepada kami. dan hubungan antara fiqh dan ushul fiqh. ushul fiqh. mahasiswa bahkan masyarakat sekalipun yang kurang memahami apa itu fiqh. alasannya karena banyak sekali kita jumpai pelajar. Mudah mudahan dalam makalah yang sangat sederhana ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca yang budiaman. . tentunya dalam makalah ini terdapat banyak kekurangan. agar lebih teratur lagi dalam membuat makalah di kemudian hari. Dalam setiap persoalan atau masalah dalam agama. tentunya hokum yang digunakan untuk memberi keterangan pada masalah tersebut tidak hanya bersifat memecahkan saja. pasti dibutuhkan keterangan atau hokum ( fiqh ) untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut. tuhan semesta alam.

. Obyek fiqih…………………………………………………1 C.4 3. Daftar pustaka………………………………………………………….. B. C. FIQIH……………………………………………………………1 A. Pengertian……………………………………………….DAFTAR ISI PENDAHULUAN KATA PENGANTAR …………………………………………………i DAFTAR ISI……………………………………………………………ii LATAR BELAKANG………………………………………………….1 B. perbedaan fiqh dan usul fiqh………………………………. Urgensi/ tujuan fiqih………………………………………..5 PENUTUP…………………………………………………………………. iii TUJUAN PEMBAHASAN RUMUSAN MASALAH PEMBAHASAN 1.5 usul sebagai kaidah ……………………………………. B. . Pengertian usul fiqh………………………………………3 Ruang lingkup usul fiqh…………………………………....2 D.4 hubungan fiqh dan usul fiqh…………………………………4 A. usul fiqh sebagai mitode ijtihad………………………. 4.. PENGERTIAN USUL FIQH A.3 tujuan usul fiqh……………………………………………4 manfaat mempelajari usul fiqh…………………………. D. Manfaat ilmu fiqih …………………………………………3 2.

Apa itu fiqih? Apa pengertia usul fiqih Apa hubungan fiqih dan usul fiqih . oleh karena itu disini akan di bahas tentang hubungan fiqih dan usul fiqh B. fiqih sendiri pun juga mempunyai sendi-sendi dasar yang membentuk suatu hokum yaitu yang biasa di sebut sebagai usul-fiqih antara fiqih dan usul fiqih tentunya mempunyai hubungan dan perbedaan. 1.A. 2 3. RUMUSAN MASALAH 1. TUJUAN PEMBAHASAN Adapun Tujuan Pembahasan Dalam Makalah Ini Yaitu. 2. LATAR BELAKANG Fiqih Adalah Ilmu Yang Mempelajari Tentang Dasar –Dasar Hukumislam yang mengatur kehidupan manusia. untuk mengetahui kukum –hukum islam untuk mengetahui dasar hokum islam C.

jama’nya fuqaha. . sebagaimana orang yang banyak ilmunya disebut dengan alim. FIQIH A. mubah. Fiqh diperoleh melalui proses istinbath dan istidlal dari sumbersumber hokum yang benar dengan dalil yang terperinci.an dan al-haditsserta yang bercabang darinya berupa ijma’ dan ijtihad. haram. dalil – dalil tafshiliyah ( terperinci ) mengenai hokum-hukum itu. seperti: wajib. syah. maka mereka menggali hokum itu dari ruh syari’at dan maksud maksudnya. Sedangkan menurut istilah yaitu: Pengetahuan hokum-hukum syari’at yang berkaitan dengan oerbuatan yang diambil dari dalil-dalilnya yang teroerinci “ yaitu berupa nas-nas al-qur. Pengertian Fiqih Menurut Bahasa Ialah Faham /Pemahaman sedangkan menurut tarjemah mu’jamnya yaitu. berasal dari Al qur’an.HUBUNGAN FIQIH DAN USUL FIQH 1. batal atau lainnya. B. Dalam pada itu. apabila mujtahid tidak memperoleh nash.atau kesadaran penuh terhadap inti suatu masalah. Ijma’ dan qiyas. Al hadits. namun dalam kenyataaannya tersusun dalam dua bagian: pertama. dengan demikian. suatu hokum tidak dinamakan fiqh apabila untuk memperoleh hokum tersebut tidak melalui istinbath dan istidlal kepada salah satu sumber syari’at. Orang yang ahli fiqh disebut faqih. hokum-hukum syarak amaliyah dan yang kedua. Hokum fiqh di ambil dari wahyu baik yang di tilawatkan (Al qur’an) maupun wahyu yang tidak di tilawatkan (sunnah rosul). ilmu fiqih adalah ilmu yang mempelajari tentang hukum-hukum islam Menurut fengertia fuqaha ( ahli hokum islam ). sunnah. Dengan kata lain. obyek fiqh Walaupun fiqh adalah hokum sarak mengenai perbuatan manusia. makruh. pemahaman terhadap apa yang di bicarakannya . fiqih merupakan pengertian zhanni (sangkaan = dugaan) tentang hokum islam tentang hokum syari’at yang berhubungan dengan tingkah laku manusia.