PENGERTIAN GENETIKA Genetika.

Ilmu yang mempeljri tentang apa yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan bagaimana cara pewarisan / penurunn tersebut. Genetika, menjelaskan tentang: 1. Adanya persamaan dan perbedaan sifat turunan pada makhluk hidup.

Variasi adalah perbedaan antara individu dalam satu spesies. Variasi ada 2 macam   Variasi somatis/ V. Lingkungan = makanan, temperatur, tempat hidup dan faktor luar lainnya. Variasi Germinalis/ V. Hereditas pada keturunan tertentu.

Genetika mempelajari persamaan/ perbedaan untuk faktor herediter terhadap lingkungan. Rumus P=G+E

Keterangan: P /Phaenotype = sifat individu yang dapat di indera G /Genotype = sifat herediter individu yang dibawa oleh gen-gen yang merupakan dasar genetisnya, biasanya dipakai simbul = Aa, Bb dst. E /Environtment = lingkungan. 2. 3. 4. Apa yang diturunkan dari induk kepada keturunannya. Bagaimana mekanisme materi genetika itu diturunkan. Bagaimana kerja materi genetika tersebut.

Manfaat Genetika:

Genetika merupakan cabang Biologi, sebagai ilmu terapan dipakai dalam bidang: 1. Kedokteran,mendiagnosis suatu penyakit, apakah karena faktor keturunan atau bukan, sehingga dapat dipakai untuk pengobatannya. Contoh: Sindrom talidomida merupakan fenokopi (bukan keturunan tapi menyerupai kelainan genetis) dari Fokomelia. 2. Kedoktern hewan dan Peternakan: pencarian bibit unggul, mendapatkan unggas pedaging, petelur, ternak pedaging,tahan penyakit dll. 3. 4. Pertanian Psikologi

yang perludiperhatikan = Mempunyai daurhidup yang pendek Mempunyai turunan yang cukup banyak Mempunyai variasi sifat Mudah dilakukan Silsilah keluarga Anak kembar Anak kembar fraternal (dizigotik/ DZ) Anak kembar identik (monozigotik/ MZ) 4. b. Antropologi Cara mempelajari penurunan sifat genetis. Sitologi/Sitogenetika: kromosomsebagai sifatyang diturunkan dapat diketahui bentuk. 6.  1. 2. a. Meradiasi Mencari sifat heterosis dengan breeding. Kawin sekerabat membuat sifat genetis yang buruk lebih sering muncul. c. C/ pd Bacteri + Virus. Pennsylvania. 7.5. b. a.jumlah dan sifat-sifatnya. Kawin sekerabat. Peneliti McKusick dkk. c. Morfologi anatomi . d. Ellis – von Cleveld (suatu tipe cebol) Anemia hemolitik defisiensi piruvat kinasa Hemofilia B Distrofi muskular pinggang Percobaan/ eksperimen Membuat perubahan sifat genetis. b. ada 9 cara: Penangkaran/ Hibrid / Penyilangan / Crossing. 3. Cotoh: kawin sekerabat pada Orde Amish jumlah cacat genetis lebih banyak. Contoh: a. dan Indiana. dapat digunakan untuk mempelajari tingkah laku suatu karakter. Pemisahan bahan genetis dari individu yang satu ke yang lain. menemukan ada 4 kelainan genetis yang langka pada populasi umum di dapat dalam frekuensi relatif tinggi pada orang-orang Amish yang hidup di Ohio. Keempat kelianan itu adalah: 5.

. serta variasinya. 8. Analisis Biokimia/Fisiologi Biokimia Dapat mengetahui susunan kimia dalam kromosom serta gena yang terdapat dalam kromosom. 9.serta mengambil kesimpulan dari padanya.kemudian dapat dipakai untuk meneliti kelainan-kelainan yang timbul dari padanya.Dengan persilangan yang terus menerus dapat dibuat sistimatika morfologi anatomi suatu spesies yang normal. Biometrika Perhitungan yang bersifat matematika yang berguna untuk menyusun data obyek genetika.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful