Menyiapkan Presentasi Usaha.

Seiring dgn kecanggihan komputer dlm menulis, kemampuan presentasi yg profesional menjadi suatu kemampuan baru yg dituntut dlm bekerja. Orang menyenangi presenter yg terbuka, menarik dan informatif. Apakah anda merasa ragu mengenai kemampuan berbicara anda di depan umum ? Mengembangkan dan menyalurkan kemampuan mempresentasikan bisnis, seperti kebanyakan jabatan dlm bisnis, adalah perumusan dan kemampuan belajar. Mempelajari formula, mempraktekan kemampuan dan anda akan berkompetisi sebagai presenter. Inilah dasar-dasar dlm berpresentasi yg akan membantu meningkatkan kemampuan anda : Merencanakan Presentasi Anda . Dalam membuat presentai , berpikirlah layaknya seorang reporter dan coba menjawab pertanyaan "Siapa, Apa, Kenapa, Bagaimana dan Dimana."   Siapa yang akan hadir dan berapa banyak ? Apakah isi dari presentasi anda dan pilih alat peraga apa agar memenuhi kebutuhan dari grup anda. Alat peraga harus terlihat nyata bagi semua orang. Apa tujuan dari presentasi anda ? Apakah untuk menjelaskan suatu rencana kerja atau ada suatu projek yang perlu dibahas ? apa untuk menjelaskan kepada orang apa yg harus dilakukan-dan bagaimana, atau untuk melaporkan apa yg telah dilakukan dan dikerjakan; atau ingin mengeluarkan suatu ide; atau akan menjelaskan dan memecahkan masalah; apa untuk mendapatkan konsensus utk sebuah keputusan; atau untuk melakukan latihan; atau untuk memberikan motifasi. Kenapa mereka ada disana? Apakah kemauan hadirin? Apakah setiap saat setiap orang menghadiri pertemuan tersebut. Apakah mereka akan bertanya "Apa pentingnya pertemuan ini bagi saya?". Pastikan anda bisa menjawab pertanyaan tsb. Infomasi apakah yang dibutuhakan utk menunjang tujuan anda?. Bagaimana anda menyajikannya? Pastikan point-point anda padat, jelas dan dapat dimengerti oleh peserta dan hadirin. Pergunakan visualisasi utk menjelaskan dan memperkuat pesan anda. Dimana tempat pelaksanaanya?. Ruangan presentasi yg digunakan akan berdampak pada bagaimana anda menyajikan presentasi. Akankah anda memerlukan sebuah proyektor atau dapatkah anda menggunakan flip marts? Akankah anda membutuhkan mikrofon atau podium?

  

Format presentasi. Dari Toats Master Internasional termasuk komunikasi atau program kepemimpinan menghadirkan tipe-tipe fomat Presentasi.mereka terdiri dari opening/ pembukaan yg mana akan menarik perhatian hadirin dan mengantarnya ke topik presentasi. Kemudian body/isi, yang mana mempunyai poin terpenting. Tiap poinnya bermula dari suatu pernyataan fakta yg diikuti dgn materi pembantu. Presentasi diakhiri dengan closing/penutupan yg terdiri dari kesimpulan, dan panggilan utk beraksi/amanat. Dalam menyajikan presentasi, penjadwalan/pembagian waktu yg ideal adalah:    Pembukaan - 10 -20 % Isi - 65 -75 % Penutupan - 10 -20 %

Toasmaster membuat setiap poin anda menjadi jelas utk dinyatakan, terilustrasi dan mendukung. Bersikaplah seperti para peserta tdk mengetahui sama sekali tentang topik anda, jangan menganggap mereka tahu segalanya. Hindari bahasa yg kacau. Ambilah beberapa menit utk tiap poin penting, kecuali hadirin menganggap poin tsb tdk penting. Aturlah poin anda secara logis.

Jika dalam rangka memberikan masukan diperlu seorang ahli.. Berakhir dengan tepat waktu. bukan pada mereka. Merasa nervous akibat dari sesuatu yg positif. fakta-fakta dan tunjukkan bahwa data tersebut perlu utk dibawa pulang oleh mereka. Masalah-masalah yg terjadi/muncul selama presentasi anggap saja sesuatu yang lucu misalkan peralatan anda tidak berfungsi. Mengetahui seberapa jauh anda menguasai waktu akan membuat anda percaya diri. tetapi dia merupakan presenter yang baik. Pergunakan kontak mata. Kita akan mempunyai lebih banyak kekuatan dan energi ketika tubuh tegak dan berat yg seimbang diatas kaki kita. Pergunakan cerita pendek yg lucu utk membawakan data statistik. kekeliruan anda. Aturlah sebaik mungkin postur tubuh anda. anda akan mendapat cukup udara dan mengatasi panik. Buatlah humor ( bukan lelucon ). Maka bersikaplah tenang. bukan pd bagaimana anda dapat melewati.Tips untuk kesuksesan presentasi:      Rencanakan waktu anda. Buat peserta/penonton anda mengatakan " Wow. Buat agar poin anda jelas. ini menunjukan betapa pentingnya presentasi tsb bagi anda. Belajarlah menertawakan diri anda sendiri. bergabunglah dengan Toastmasters Internasional utk menambah kemampuan baru anda secara berkesinambungan. kita akan bernapas dengan sesak. ambil napas dalam-dalam. Bicara dengan jelas. Berlatihlah sampai anda merasa yakin/nyaman dgn kemampuan anda. Cook Diterjemahkan Oleh : Duta Puspita . Ini akan membantu peserta anda mengetahui bahwa anda sedang berbicara dengan anda. Sebelum menyampaikan presentasi pada waktu berikutnya. Pergunakan kemampuan presentasi anda sehingga berdampak positif kepada penampilan anda. Ketika kita nervous. " Ditulis oleh : Ethel M.dan lakukanlah semaksimal mungkin. sesuatu yg lucu yg terjadi dlm perjalanan menuju ruang pertemuan. Inilah beberapa tips tambahan dalam bagaimana mengontrol rasa takut/nervous: Menyadari bahwa semua orang menginnginkan anda agar berhasil. sewalah pelatih pribadi. Segeralah tinggalkan gaya atau model kebiasaan diperusahaan anda dan beranikan diri utk tampil beda. Selagi anda merasa punya waktu. Janganlah minta maaf. bukan saja saya mempelajari sesuatu. Cari muka/wajah yg suportif dan tatap mata mereka utk membuat poin. Lupakan kesempurnaan. Pergunakan alat peraga atau gambaran yg dpt diterima semua orang. Beralihlah dari baik ke paling baik. anda mendapati segumpalan odol/pasta gigi dibaju anda dst. Konsentrasi pada pesan. Membangun kepercayaan diri Ketakutan/demam panggung adalah wajar. Jika anda berkonsentrasi dgn napas yg dalam. tanyakan pd rekan yg terpercaya agar dapat memberikan anda masukan.

kita memerlukan bebrapa langkah khusu untuk mengungkap keinginan lawan bicara. Orang senang dengan ahli. Sehingga saat manfaat itu tepat maka simpati untuk Anda akan lebih.http://wirausaha.itgo. Maka akan mempengaruhi minat pendengar pada ide Anda. Kuasai yang Anda bicarakan dengan bukti pemikiran yang baik dan positif. Jangan mengubah-ubah pemikiran karena Anda dinilai tidak fokus dan sulit dipercaya. karena rasanya pasti berbeda. Kita berkewajiban menanamkan rasa percaya kepada orang. Mengulang poin penting dalam pola sama akan membuat pendengar fokus dan mengingat apa yang Anda bicarakan. Sebelumnya. Pahami posisi mereka dan temukan perasaan mereka sehingga Anda bisa menyelami dengan trik yang seimbang dengan pemikiran mereka. Pergunakan perkataan dari para ahli dalam pembicaraan Anda. Imbangi Pro-Kontra Sampaikan ide dengan memilih pro dan menyamarkan yang kontra. Tunjukkan Keahlian Anda Dapatkan kata-kata dari para ahli. Pergunakan Konsensus Orang terpengaruh oleh apa yang dilakukan orang lain. Jangan menipu. Anda perlu memahami kebutuhan khalayak. Berikut hal yang bisa kita pelajari untuk memberikan sebuah presentasi bisnis di era modern. . Nyatakan bahwa ide-ide Anda telah diakui di tempat lain dan banyak dukungan. kuncinya ada pada keseimbangan yang Anda berikan pada presentasi.htm diakses tanggal 25 desember 2011 jam 04. Tunjukkan Manfaat yang Diperoleh Orang-orang akan lebih percaya dan tertarik saat Anda menunjukkan bahwa isi yang sedang disampaikan memberi manfaat pada mereka. Anda wajib tulus dalam pengungkapan pujian dan kesenangan ini. Buat struktur yang jelas tidak panjang lebar tanpa tujuan.com/presentasi. tetapi Anda hanya perlu jujur untuk menyampaikannya. Tentu ada sebagian tema pasti mengandung kontra. Tunjukkan hal-hal yang memiliki nilai sama dengan pendengar. Selain latihan dasar berbicara di depan orang. Mencari Persamaan Orang-orang memiliki pemikiran yang sama tentang hal yang bagus dan disenangi.00 wib Menciptakan kesan presentasi yang profesional dalam bisnis ternyata tidak mudah. Jangan menutup kelemahan dalam informasi. Kesan jujur harus benar-benar tulus sehingga terlihat dari hal yang sedang kita sampaikan. Raih Kepercayaan Orang tidak jujur akan disukai banyak orang. Miliki Struktur yang Baik Atur posisi dari presentasi Anda dengan baik. Besarkan Ego Lawan Bicara Sanjung dan puji merupakan hal canggih dalam meraih penghargaan dan keterbukaan lawan bicara.

arah pikiran mereka. Semoga Berhasil! Sumber: http://id. Berhati-hati dengan percaya diri kosong.com/social-sciences/1915656-langkah-profesional-menyampaikanpresentasi-bisnis/#ixzz1hURETLUD diakses tanggal 25 desember 2011 jam 04. Berikan kesan ide yang Anda sampaikan termasuk jarang atau bahkan belum ada. Sebelum percaya diri. Atur visual dan audio presentasi dan diri Anda dengan maksimal. orang yang penuh ragu akan cepat mati. apa-apa yang Anda bawa harus benar dan tepat. Sehebat apapun ide Anda. sangat penting bagi Anda memahami sifat dan karakter dari khalayak. pertemuan jarang akan terjadi. Hukum alam dalam dunia bisnis adalah menangnya sebuah percaya diri. Karena orang layak diperlakukan seperti yang mereka inginkan. Tujuannya adalah empati untuk mereka. orang akan memilih menyudahi pembicaraan dengan orang egomaniak. Ubahlah pembicaraan Anda menjadi Menarik Sangat disarankan membuat pembicaraan presentasi dengan menarik dan menyenangkan. Percaya Diri Dalam bisnis. karena Anda mengormati mereka lebih dulu. Unik Hal yang Anda sampaikan harus berbeda sehingga orang tertarik mendengarkan Anda. Rendah Hati Tak ada orang yang mempertahankan orang sombong. Diplomatis Terkadang ada saat di mana Anda harus menaruh banyak penghormatan kepada pendengar. siapa mereka.Tunjukkan keinginan Anda untuk disetujui dengan bukti pengakuan orang banyak yang menyukai ide Anda. Apalagi jika sifat sombong sudah terbaca dari awal. Dapatkan kehormatan dari mereka. dan alasan mereka berpikir dengan cara mereka. Yang bertujuan untuk mengisi rasa percaya diri Anda. Pendengar tetu akan lebih tahan dengan bahasa dan penampilan yang segar. Lakukan dengan benar dan orang bisa berubah pikiran karena Anda.shvoong.10 wib . Ingat. dan kesiapan Anda untuk memberi argumen yang lebih baik untuk menunjukkan Anda lebih baik dari mereka.