P. 1
Oma Snack and Lunch - Business Plan

Oma Snack and Lunch - Business Plan

|Views: 134|Likes:
Business Plan Kuliah Inovasi dan Kewirausahaan Prodi Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom
Business Plan Kuliah Inovasi dan Kewirausahaan Prodi Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Kuliah Inov Sistem Informasi on Dec 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2012

pdf

text

original

E

xecutive

S

ummary

Oma Snack and Lunch adalah sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang kuliner. Kata “Oma” merupakan singkatan atau kependekan dari nama pendiri perusahaan ini yaitu Okky dan Selma, dan kata “snack and lunch” mempunyai makna bahwa perusahaan ini bergerak dibidang kuliner khususnya yaitu berbagai macam cemilan dan menu untuk makan siang. Makanan yang disajikan oleh Oma Snack and Lunch adalah berbagai macam sate cemilan dan juga sayur asem beserta lauk untuk menu makan siang.

Target pasar yang akan menjadi sasaran dari Oma Snack and Lunch adalah mahasiswa kampus pendidikan Telkom (IT Telkom, Politeknik Telkom dan IM Telkom) dan warga yang bertempat tinggal di sekitar kawasan kampus. Alasannya karena di lokasi tempat usaha Oma Snack and Lunch adalah kawasan pendidikan Telkom dimana terdapat banyak mahasiswa yang tinggal di kawasan tersebut. Selain itu, makanan yang disajikan oleh Oma Snack and Lunch adalah makanan yang terjangkau dan sangat cocok bagi mahasiswa.

Penyajian cemilan yang berbeda dengan yang lain dan rasa sayur asem yang lezat yang disajikan oleh Oma Snack and Lunch akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan untuk rela mengeluarkan uangnya untuk dapat menikmati kelezatan dari cemilan dan sayur asem yang disajikan oleh Oma Snack and Lunch.

1

E

xecutive

S

ummary

Keunggulan
Keunggulan dari Perusahaan Kuliner Oma Snack and Lunch adalah penyajian makanan yang berbeda dari yang lain dan juga terdapat layanan delivery service. Oma Snack and Lunch melakukan inovasi dalam hal produk dan proses pelayanannya. Oma Snack and Lunch menjual sate cemilan, sate cemilan adalah berbagai macam cemilan yang disajikan dengan cara ditusuk menggunakan tusuk sate. Cemilan yang diseidakan oleh Oma Snack and Lunch adalah antara lain bitterballen, pancake, donat dan dayur (daging sayur). Inovasi selanjutnya adalah inovasi pada prosesnya yaitu proses pelayanan. Untuk menu sayur beserta lauk, Oma Snack and Lunch menyediakan layanan delivery service dimana pelanggan memesan melalui sms kemudian pesanan akan diantarkan ke alamat tujuan.

Visi
Menjadi perusahaan No. 1 di Indonesia yang fokus bergerak di bidang kuliner yang menyediakan berbagai macam cemilan dan sayur asem beserta lauknya yang berbeda dari yang lain dengan harga yang terjangkau tetapi tetap menjaga kualitas rasa dan kadar gizinya.

2

E

xecutive

S

ummary

Misi
 Menawarkan makanan yang berbeda dengan yang lain  Menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau  Melakukan promosi dengan gencar melalui berbagai media

Don’t worry if hungry, OMA is comiiiiiiiing !!!

3

T

echnical and

O

rganization

P

lan

Gambaran Bisnis
Melihat jam perkuliahan yang semakin pagi dan padatnya kegiatan mahasiswa banyak mahasiswa mengeluh tidak sempat sarapan atau membeli makan. Dengan melihat keluhan mahasiswa tersebut, maka muncullah ide untuk mendirikan Oma Snack and Lunch. Oma Snack and Lunch adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang menyediakan berbagai macam cemilan dan menu makan siang. Oma Snack and Lunch hadir lebih dekat dengan mahasiwa untuk menyediakan kemudahan dalam memperoleh cemilan dan makan siang.

Produk
Produk yang kami tawarkan ke pasar adalah berbagai macam sate cemilan dan sayur asem beserta lauk. Alasan kami memilih makanan ini karena di sekitar kawasan pendidikan Telkom belum ada tempat makan yang menjual berbagai macam cemilan ala café seperti bitterballen. Tetapi cemilan dari Oma Snack and Lunch berbeda dengan yang dijual di café karena bitterballen yang disediakan di Oma Snack and Lunch disajikan dengan cara ditusuk seperti sate.

4

T

echnical and

O

rganization

P

lan

Produk
Selain cemilan, Oma Snack and Lunch juga menyediakan sayur asem beserta lauknya. Lauknya antara lain ayam goreng, telur mata sapi/telur dadar dan tempe tahu goreng. Perusahaan juga memilih sayur asem beserta lauk sebagai menu yang disediakan karena biasanya menu masakan rumahan ini hanya dijual di warung makan atau warung tegal dan jarang ada warung tegal yang melayani delivery service. Sedangkan sekarang ini banyak mahasiswa yang menginginkan layanan pesan antar makanan dengan harga yang terjangkau karena kebanyakan layanan pesan antar makanan yang ada di kawasan pendidikan Telkom rata-rata harganya cukup mahal. Dengan melihat peluang bisnis tersebut ,

makanan yang disediakan oleh Oma Snack and Lunch dirasa dapat laku dipasaran karena makanan yang disajikan oleh Oma Snack and Lunch adalah menu makanan yang sehat dan bergizi, lezat dan harganya terjangkau untuk kantong mahasiswa.

5

T

echnical and

O

rganization

P

lan

Lokasi Perusahaan
Lokasi yang menjadi basecamp atau tempat usaha dari Oma Snack and Lunch ini adalah jalan sukabirus. Alasan penentuan lokasi perusahaan didasarkan pada beberapa variable yaitu target pasar dari perusahaan, ketersediaan bahan baku, ketersediaan sumber daya manusia dan juga sarana transportasi. Selain didasarkan pada variabel-variabel tersebut alas an yang lain adalah karena pendiri dari perusahaan merupakan mahasiswa Institut Teknologi Telkom. Oleh karena itu, dipilihlah lokasi perusahaan di dekat kawasan pendidikan Telkom agar mudah terjangkau.

Manajemen dan Karyawan
Pimpinan Manager Marketing & Transportasi

Manager Keuangan

Manager Produksi

Staff Keuangan

Staff Marketing

Staff Produksi

Staff transportasi

6

T

echnical and

Job Description
1. Pimpinan  Mengawasi aktivitas dalam perusahaan  Memberikan perusahaan  Memotivasi seluruh pegawai 2. Manajer Keuangan keputusan yang terkait dengan

O

rganization

P

lan

kelangsungan

 Mengatur keungan perusahaan dengan benar, baik income maupun outcome. 3. Manajer Marketing & Transportasi  Mengatur perusahaan  Mengatur pengantaran produk agar sampai ke pelanggan tepat waktu 4. Manajer Produksi  Mengatur pembuatan produk agar mendapatkan rasa yang lezat  Memberikan ide mengenai pengembangan produk 5. Staf pada seluruh divisi  Membantu manajer pada masing-masing divisi serta bekerja dengan sungguh-sungguh. strategi pemasaran untuk meningkatkan profit

7

P

roduct
Sate Donat

Cemilan
Sate BitterBallen

Sate Pancake

Menu Makan Siang
 Paket A (Nasi + Sayur Asem + Ayam Goreng)  Paket B (Nasi + Sayur Asem + Telor Ceplok / Dadar)  Paket C (Nasi + Sayur Asem + Tempe Tahu)

8

M
Usia

arketing

Segmentasi
Segmentasi merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan atau kemiripan dalam hal keinginan dan atau karakteristik perilaku pembelian. Dalam bisnis “Oma Snack And Lunch”, segmentasi didasarkan pada usia dan penghasilan.

- Mahasiswa (17-22 tahun) Mahasiswa umunya menginginkan cemilan atau makanan dengan porsi banyak dan rasa yang lezat, tapi harganya murah. Makanan yang disediakan pada OMA SNACK AND LUNCH sangat variatif dan harganya cukup terjangkau. Untuk cemilan dapat di dapatkan dengan mudah, karena kami hadir sampai ke gedung perkuliahan. Sedangkan untuk makan siangnya, kami menyediakan pelayanan delivery sehingga sangat memudahkan pembeli untuk mendapatkan makanan. - Warga (8-50 tahun) Warga sekitar IT Telkom juga dapat menikmati makanan yang ditawarkan oleh OMA SNACK AND LUNCH karena kami menyediakan pelayanan delivery untuk warga sekitar IT Telkom.

9

M

arketing

- Dosen dan Staf IT Telkom (> 25 tahun) Dosen ataupun staf IT Telkom juga dapat menikmati makanan kami, karena lingkungan kerja mereka merupakan lingkup penjualan produk kami. Sehingga mudah untuk didapatkan. Penghasilan Lingkungan penjualan OMA SNACK AND LUNCH berada dalam lingkungan kampus pendidikan telkom. Sehingga calon pembeli yang memungkinkan yakni mahasiswa, dosen dan warga yang tinggal di sekitar kampus pendidikan telkom. Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau untuk ketiga calon pembeli yang kami perkirakan. Maka segmentasi penghasilan dibagi menjadi 3, yakni : - Rp 500.000,- s/d Rp 7.999.999,Penghasilan pada rentang tersebut dimiliki oleh mahasiswa dan sebagian warga (misalnya : pelajar) yang bertempat tinggal atau

melakukan aktivitas di sekitar kampus pendidikan telkom. - Rp 800.000,- s/d Rp 1.500.000,Penghasilan pada rentang ini dimiliki oleh mahasiswa dan sebagian warga (misalnya : pekerja atau buruh) yang bertempat tinggal atau melakukan aktivitas di sekitar kampus pendidikan telkom.

10

M

arketing

- > Rp. 1.500.000,Penghasilan pada rentang ini dimiliki oleh dosen dan sebagian warga (misalnya : pegawai) yang bertempat tinggal atau melakukan aktivitas di sekitar kampus pendidikan telkom.

Targeting
Siapa pasar sasaran ? Pengertian dari pasar sasaran ialah konsumen yang mempunyai ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan OMA SNACK AND LUNCH. Dari segmentasi yang telah dilakukan, maka pasar sasaran dapat dilihat sebagai berikut: - Dilihat dari segmen usia, produk-produk yang ditawarkan oleh OMA SNACK AND LUNCH dapat dinikmati oleh semua usia. Karena teksture cemilan yang kami sediakan sangat lembut sehingga mudah dikunyah oleh anak kecil maupun nenek/kakek. - Untuk meraih jumlah pembeli yang potensial, maka yang menjadi target utama OMA SNACK AND LUNCH yakni pembeli yang mempunyai penghasilan Rp 800.000,- s/d Rp 1.500.000,- yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi kampus pendidikan telkom.

11

M

arketing

Positioning & Tagline
OMA SNACK AND LUNCH hadir dengan membawa suatu diferensiasi yang berbeda dalam produk yang kami tawarkan. Kami mengutamakan rasa dan harga yang terjangkau. Jenis produk dan packaging yang kami lakukan juga berbeda dibandingkan cemilan yang lain. Selain itu, kami juga memberikan kemudahan dengan pelayanan delivery service kepada seluruh pembeli sekitar kampus pendidikan telkom dan kami juga melayani pembelian langsung di sekitar kampus pendidikan telkom sehingga memberi kemudahan baagi pembeli. Tagline

Dont worry, if hungry, OMA is comiiiiiinngg !.

Gambaran Singkat & Tujuan Strategi Pemasaran
Pemasaran yang dilakukan oleh OMA SNACK AND LUNCH yaitu dengan melakukan pemasaran melalui media yang saat ini sedang diminati oleh seluruh kalangan, yakni jejaring sosial. Kami melakukan iklan dengan mengupload foto-foto dari produk yang kami tawarkan dan kalimatkalimat untuk menarik minat pembeli.

12

M

arketing

Iklan tersebut kami lakukan pada jejaring sosial berikut : facebook, twitter, blackberry messager. Selain itu, kami akan menyebarkan brosur pada wilayah yang terjangkau oleh pelayanan delivery kami.

Analisis Pasar
Siapa Kompetitornya Kompetitor untuk produk cemilan yang kami tawarkan yaitu para wirausahaan lainnya yang bergerak pada bidang cemilan yang juga membawa dagangan mereka ke wilayah ruang kuliah IT Telkom atau penjual lain yang berada di sekitar kampus pendidikan telkom. Sedangkan untuk produk makan siang, kompetitornya berupa delivery lain yang menggunakan pelayanan yang sama yakni pelayanan delivery order. Tren Pasar Ketertarikan pembeli terhadap produk kuliner sangat dipengaruhi oleh porsi makanannya, rasa yang ditawarkan serta harga jualnya. Berdasarkan pengamatan selama 6 bulan belakangan, banyak para pengusaha menawarkan pelayanan delivery order karena target pasar yang menyukai kemudahan.

13

M

arketing

Namun para pengusaha biasanya menawarkan menu yang hampir sama, yakni menu-menu modern dengan harga yang tinggi. Disini OMA SNACK AND LUNCH menawarkan produk yang berbeda. Diharapkan usaha ini dapat memiliki inovasi yang unggul sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal

Isi Strategi Pemasaran
Metode Penjualan Dan Distribusi Proses penjualan dan pendistribusian produk OMA SNACK AND LUNCH dibagi menjadi dua cara, yakni : 1. Untuk cemilan yang di tawarkan OMA SNACK AND LUNCH, penjualannya dilakukan dengan turun langsung menjual cemilan kepada calon pembeli yang telah ditargetkan. Wilayah penjualan berada disekitar kampus pendidikan telkom (IT Telkom, IM Telkom, dan Politeknik Telkom). 2. Untuk makan siang yang ditawarkan oleh OMA SNACK AND LUNCH, penjualan dilakukan dengan mengirimkan sms untuk pemesanan dan kemudian produk akan didistribusikan langsung oleh petugas OMA SNACK AND LUNCH ke alamat yang dituliskan oleh pelanggan dalam pemesanan yang telah dilakukan.

14

M

arketing

Kebijakan Harga Harga yang ditawarkan oleh OMA SNACK AND LUNCH sangat beragam dan terjangkau, mulai dari Rp 2.500,- s/d Rp 8.000,-. Harga tersebut sangat terjangkau dan disesuaikan oleh kantong mahasiswa (merupakan pasar potensial) yang penghasilan perbulannya masih sangat terbatas.

Strategi pemasaran dan penjualan (promosi offline dan online) Promosi yang dilakukan oleh OMA SNACK AND LUNCH dilakukan melalui media online dan offline dengan penjalasan sebagai berikut : 1. Online Secara online dilakukan melalui jejaring sosial, karea media ini meripakan media yang sedang diminati oleh semua kalangan saat ini, khususnya semua mahasiswa kampus pendidikan telkom. 2. Offline Secara offline dilakukan dengan menyebarkan brosur yang berisi katalog produk sehingga calon pembeli dapat melihat gambaran umum mengenai produk-produk yang ditawarkan oleh OMA SNACK AND LUNCH.

15

M
Kemasan LUNCH

arketing

Kemasan termasuk komponen yang penting untuk membuat konsumen tertarik membeli produk kita. Karena calon pembeli pertama kali melihat kemasan terlebih dahulu, baru kemudian melihat isi didalamnya. Untuk produk makan siang, kemasan yang disediakan oleh OMA SNACK AND berupa sterofoam dimana sebelum makanan diletakkan

didalamnya, dialaskan yerlebih dahulu dengan plastik, hal tersebut menunjukan bahwa kami peduli dengan kesehatan pelanggan.

Sedangkan untuk produk cemilan, kami menyajikan dalam bentuk menyerupai sate, sehingga terlihat berbeda dan lebih unik.

Evaluasi Strategi Pemasaran
Perusahaan akan mengevaluasi setiap strategi pemasaran yang direncanakan oleh marketing OMA SNACK AND LUNCH. Apabila kondisi fakta yang terjadi tidak sesuai dengan perencanaan yang sudah dirumuskan oleh bagian marketing, maka akan dilakukan perbaikan agar target penjualan yang sudah direncanakan oleh OMA SNACK AND LUNCH tetap sesuai dengan target.

16

F

inance

Demand

Income

17

F

inance

Device Cost

Research Cost

18

F

inance

Operational Cost

19

F

inance

Operational Cost

Operational Cost

20

F

inance

Profit & Lost

Cash Flow

21

F

inance

Balance Sheet

Feasibility Study

22

F

inance

Feasibility Study

Karena IRR > MARR, maka usaha ini LAYAK untuk dijalankan

23

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->