Tugas Fisika

Materi Termodinamika
Dosen Pengampu : Drs. Susulawati, M.Si., P.hD

Disusun oleh: Kurniawan Arizona (I2E011012)

PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2011

SOAL

1. Jelaskan mengenai gerak translasi,rotasi dan gerak vibrasi dari atom atau molekul! 2. Jelaskan macam-macam termometer ! 3. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk pembakaran makanan, berapa kalori yang dihasilkan, dan berapa perubahan suhu yang terjadi sebelum dan sesudah makan? SOLUSI 1. Menurut Abdurrouf (2001), Pada molekul diatomik , sumbangan energi berasal dari berbagai sumber yang tak gayut, yaitu yaitu gerak translasi molekul, gerak rotasi molekul, gerak vibrasi atom sepanjang sumbu, gerak electron mengelilingi inti dan spin inti.

Gambar 1. Ilustrasi gerak dwiatom (dari kiri ke kanan: gerak translsi,gerak rotasi dan gerak vibrasi)1

Pada tilisan ini hanya akan dijelaskan terkait dengan gerak translasi, rotasi dan vibrasi secara terpisah sebagai berikut: a. Gerak Translasi Stokey (2000) mendifinisikan gerak translasi adalah gerak pusat massa dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan demikian gerak translasi pada skala atomik merupakan gerak yang terjadi pada atom atau molekul yang
2

menyebabkan atom

atau molekul tersebut berpindah tempat . Lebih jelasnya perhatikan gerak trnslasi pada molekul H2O di bawah ini:

Gambar 2. Gerak tranlasi H2O
1

3

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRutE7XfVq7qYYnxc6Og6nbvrbFbdc6hMWamt5SZwW8SpoWRULX j_9yz_o7 diakses Desember 2011 2 Ibid 3 gb11.jpg chem-is-try.org. diakses 5Desember 2011

Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona

Page 2

Gerak rotasi H2O 6 Untuk menyederhanakan analisa. Rotasi merupakan perputaran molekul yang selang energinya sangat kecil sekitar 10-3 eV. molekul melakuakan rotasi terhadap sumber massanya. gerak rotasi molekul. Gerak Rotasi Menurut Hidayat (2003). Spektrumnya di daerah gelombang mikro dengan panjang gelombang berkisar antara 0. pada pembahasan ini ditinjau molekul dwi atom (walaupun secara garis besar juga berlaku untuk molekul komplek). gerak vibrasi atom sepanjang sumbu. tingkat energi yang berlainan dengan kelima sumber yang dipaparkan di atas4 bersifat diskrit. Hal ini diperjelas oleh Kusminarto (1993) yang menyatakan bahwa disamping mengalami gerak translasi. b. Gambar 3.Menurut Abdurrouf(2001).1 cm). gerak electron mengelilingi inti dan spin inti 5 ibid 6 gb11.2011) . kecuali yang bersumber dari gerak translasi. Dengan demikian perhitungan tingkat energi pada gerak translasi pada atom atau melokul dapat dilakukan dengan pendekatan klasik5 (sebagai energi kitentik) sebagai berikut: ⁄ dengan m adalah massa molekul dan v adalah kecepatan molekul.org.1 mm.Tingkat energi molekul terendah timbul dari rotasi di sekitar pusat massanya (Hidayat. Sedangkan keempat sumber selain translasi tingkat energi harus ditangani secara diskrit kecuali pada temperatur tinggi. Momen inersia Karena maka Diketahui momentum sudut L pada gerak rotasi dirumuskan Karena L terkuantisasi ( yang mana Sehingga energi molekul yang berotasipun terkuantisasi dengan perumusan sebagai berikut: sehingga √ ) 4 gerak translasi molekul. diakses 5Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 3 .jpg chem-is-try.

Chem-Is-Try.µ adalah massa tereduksi molekul tersebut dan ro adalah jarak rata-rata antara dua atom pada suatu molekul.1 eV dengan spekrumnya di daerah infra merah ( .Org%20_%20Situs%20Kimia%20Indonesia%20__files/kuantum01_12g.2003. Gerak rotasi dari dua sistem 7 Energi yang ditimbulkan oleh rotasi terhadap sumbu simetrinya sendiri diabaikan Karen massa atom yang terkonsentrasi dalam intinya mempunyai jari-jari 10-4 kali jari-jari atom. diakses 5Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 4 . c. Gerak vibrasi H2O 8 Untuk menyederhanakan masalah ditinjau molekul paling sederhana yaitu molekul dwiatom. Transisi yang diperbolehkan untuk molekul dwiatom tegar (Hidayat.jpg chem-is-try. molekul juga dapat menyerap dan memancarkan energi electromagnet yang berhubungan dengan transisi keadaan energi rotasional.jpg diakses Desember 2011 8 gb11. 7 www. adalah Gambar 5. Sama halnya dengan atom. gerak vibrasi pada molekul adalah getaran molekul yang selang energinya lebih besar 0. I adalah momen inersia molekul Gambar 4. Gerak Vibrasi Menurut Hidayat (2003). hal8-3 sampai 8-4 dengan sedikit perubahan).org.

Gerak vibrasi dari dua sistem 9 Kusminarto (1993) memaparkan. Sehingga energi molekul karena rotasi dan vibrasi dapat dinyatkan sebagai persamaan: ( 2. Ini berarti bahwa transisi hanya terjadi antara aras yang bersebelahan sehingga diserap atau dipancarkan dalam suatu transisi adalah sama Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Hidayat (2003). molekul akan bergetar bila energinya cukup untuk bereksitasi. bentuk energi potensial dapat didekati dengan bentuk fungsi parabola sehingga gerak osilasi relatifnya merupakan osilasi sederhana dengan frekuensi sudut √ dengan µ adalah massa tereduksi molekul . Suatu benda yang terasa panas umumnya memiliki suhu yang lebih tinggi dari pada benda serupa yang dingin. Hal ini tidak cukup jelas dan 9 www.Org%20_%20Situs%20Kimia%20Indonesia%20__files/kuantum01_12g. Sehingga energi vibrasi molekul dwiatom adalah: ( ) dengan v adalah bilangan bulat h adalah tetapan Planck dan f adalah frekuensi getaran. Aturan seleksi untuk transisi dwikutub listrik aras (tingkatan energi-red) vibrasi adalah yaitu: . Bentuk energi potensial molekul mengisyaratkan bahwa inti-inti atom penyusun molekul melakukan gerak osilasi relative. jarak inti atom dalam molekul dianggap tetap.Gambar 6.jpg diakses Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 5 . Di sekitar jarak kesetimbangannya r o. ) Konsep temperatur berakar dari ide kualitatif ‘panas’ dan ‘dingin’ yang berdasarkan pada indera sentuhan.Chem-Is-Try.

Demikian juga dengan warna yang dipancarkan benda. Ada beberapa jenis termometer tergantung dari rentang suhu yang dapat dideteksi dan fungsi dari masing – masing termometer.diantaranya: a) Termokopel Termokopel terdiri dari sepasang kawat logam yang tidak sama dihubungkan bersamasama pada satu ujung (ujung pengindera atau ujung panas) dan berakhir pada ujung lain (titik referensi atau ujung dingin) yang dipertahankan pada suatu temperatur konstan yang diketahui (temperatur referensi). Banyak sifat zat yang berubah terhadap temperatur. Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 6 . temperatur merupakan ukuran mengenai panas dan dinginnya benda. penunjukan alat ukur tersebut akan sebanding dengan selisih temperatur antara ujung panas dan titik referensi. Sebatang besi lebih panjang ketika panas dari pada waktu dingin. Bila titik referensi ditutup oleh sebuah alat ukur atau instrumen pencatat seperti Gambar 2.6. 1999) Bila antara ujung pengindera dan titik referensi terdapat perbedaan temperatur. zat padat seperti besi bersinar jingga atau bahkan putih. 1999). Efek termolistrik yang diakibatkan oleh potensialpotensial kotak pada titik-titik sambung ini dikenal sebagai efek Seebeck. Gambar 6. Alat yang digunakan untuk mengukur temperatur disebut termometer. Pada temperatur yang lebih tinggi. suatu gaya gerak listrik (ggl) yang menyebabkan arus di dalam rangkaian akan dihasilkan. Sebagai contoh. sebagian besar zat memuai ketika dipanaskan. Tetapi banyak sifat benda yang dapat diukur tergantung pada suhu (Young at all. Besarnya ggl termal bergantung pada bahan kawat yang digunakan pada selisih beberapa bahan termokopel (Cooper.indera dapat terkelabui. Rangakaian dasar termokopel (Cooper. Menurut Giancoli (2001). paling tidak pada temperatur tinggi elemen pemanas kompor akan memancarkan warna merah ketika panas. Penulis mencoba menampilkan beberapa jenis termometer. 2008).

Hal ini penting karena akan berpengaruh terhadap jangkauan temperatur yang akan terukur dan ketelitiannya. b) Termometer Air Raksa Termometer air raksa merupakan termometer yang dibuat dari air raksa yang ditempatkan pada suatu tabung kaca. Dapat mengukur suhu 270°C sampai +1000°C. Beberapa jenis termokopel Di dalam memilih termokopel harus melakukan beberapa pertimbangan. Dapat mengukur suhu -200oC sampai +1350oC. Tipe J Terbuat dari Iron dan Konstanta. 2010) Berdasarkan beberapa jenis termokopel di atas dipilih termokopel jenis K. Tipe ini mudah didapatkan karena harganya murah. Tanda yang dikalibrasi pada tabung membuat temperatur dapat dibaca sesuai panjang air raksa di dalam gelas sesuai dengan Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 7 . sedangkan tipe R dan tipe S dapat mengukur suhu sampai suhu +1600oC. Ada beberapa jenis termokopel dengan karakteristiknya masing-masing : Tipe K Terbuat dari Chromel (campuran Ni-Cr) dan Alumel (campuran Ni-Al). Kepekaannya sekitar 41uV/°C. Kepekaannya 68uV/°C. harganya murah. Tipe B. Dapat mengukur suhu pada -40oC sampai +750oC. (Anonimous(a). Termokopel ini hanya dapat digunakan pada suhu yang sangat tinggi (> 300oC). Tipe R dan Tipe S Ketiga tipe termokopel ini terbuat dari bahan Platinum-Rhodium. memiliki range yang cukup lebar yaitu 200oC sampai +1350oC. Tipe B dapat mengukur suhu sampai suhu +1800oC. karena mudah didapatkan dipasaran. dan bentuk ujung termokopel ini sesuai dengan desain reaktor yang telah dibuat. akan tetapi kepekaannya sangat rendah yaitu sebesar 10uV/oC. Tipe E Terbuat dari Chromel dan Konstanta (campuran Cu-Ni).Gambar 7.

sejak dulu Isaac Newton bekerja dengan sesuatu yang mirip. Celsius memakai dua titik penting pada skalanya: suhu saat es mencair dan suhu penguapan air. Pembaca kemudian dapat membaca temperatur maksimun selama waktu yang telah ditentukan. Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 8 . Anders Celsius merumuskan skala Celsius. Untuk mengembalikan fungsinya. tidak seperti air.89 °F) dan hanya dapat digunakan pada suhu di atasnya. Jika termometer mengandung nitrogen. Pada area di mana suhu maksimum tidak diharapkan naik di atas 38. Air raksa. biasanya ada bohlam air raksa pada ujung termometer yang berisi sebagian besar air raksa.89 °F) termometer yang memakai campuran air raksa dan thallium mungkin bisa dipakai.6 °F). termometer air raksa sebaiknya dimasukkan ke dalam tempat yang hangat saat temperatur di bawah 37 °C (-34.1 °C (-78 °F). pemuaian dan penyempitan volume air raksa kemudian dilanjutkan ke bagian tabung yang lebih sempit. membuatnya sulit diamati ketika membeku. Jenis khusus termometer air raksa. variasi terlihat dengan variasi tekanan atmosfir). bekerja dengan adanya katup pada leher tabung dekat bohlam. yang dipaparkan pada publikasinya ”the origin of the Celsius temperatur scale” pada 1742.83 °C (-37. Termometer air raksa umumnya menggunakan skala suhu Celsius dan Fahrenhait. Jika ini terjadi termometer tidak dapat digunakan hingga kembali ke kondisi awal. Termometer ini mempunyai titik beku of -61. ketinggian air raksa turun perlahan. Saat suhu naik. disebut termometer maksimun. Termometer ini mirip desain termometer medis. Saat dia mengeluarkan termometer dari uap air.derajat suhu yang dideteksi. Dia menemukan titik yang sama pada kalibrasi pada uap air yang mendidih (saat percobaan dilakukan dengan ketelitian tinggi. Untuk meningkatkan ketelitian. air raksa didorong ke atas melalui katup oleh gaya pemuaian. Dengan melakukan eksperimen yang sama berulang-ulang.83 ° C (-37. Untuk menghindarinya. gas mungkin mengalir turun ke dalam kolom dan terjebak di sana ketika temperatur naik. dia menemukan es mencair pada tanda kalibrasi yang sama pada termometer. Ini bukanlah ide baru. Ruangan di antara air raksa dapat diisi atau dibiarkan kosong. Air raksa akan membeku pada suhu -38. Pengukuran suhu celsius menggunakan suhu pencairan dan bukan suhu pembekuan. Saat suhu turun air raksa tertahan pada katup dan tidak dapat kembali ke bohlam membuat air raksa tetap di dalam tabung. tidak mengembang saat membeku sehingga tidak memecahkan tabung kaca. Ini berhubungan dengan kecepatan pendinginan (dan pemuaian kaca tabung). Eksperimen untuk mendapat kalibrasi yang lebih baik pada termometer Celsius dilakukan selama 2 minggu setelah itu. termometer harus diayunkan dengan keras.

Termometer Galileo 12 Meskipun ia tidak menciptakan Termometer Galileo.wikipedia. astronom dan filsuf yang memiliki peran utama dalam revolusi ilmiah abad keenam belas.11 c) Termometer Galileo Galileo Galilei adalah seorang fisikawan. Dia adalah yang pertama menemukan bahwa kepadatan cairan perubahan sebagai akibat dari peningkatan atau penurunan suhu. Italia matematika.jpg/150px -Galileo_Thermometer_24_degrees. 10 11 Thermometer+Air+Raksa. yaitu penampilannya yg unik bila di bandingkan dgn termometer biasa itu alasan yg membuat thermometer ini menjadi alasan betapa indahnya ilmu pengetahuan.org/wiki/Termometer_air_raksa pada tanggal 30 November 2011 12 http://upload. itu dinamai untuk menghormatinya karena tanpa penemuannya itu akan tidak mungkin untuk menciptakan itu. Celsius mengklaim bahwa ketinggian air raksa saat penguapan air sebanding dengan ketinggian barometer.org/wikipedia/commons/thumb/d/d5/Galileo_Thermometer_24_degrees. Termometer Air Raksa10 Tekanan udara memengaruhi titik didih air. Termometer yg menyandang namanya ini terdiri dari sebuah silinder kaca tertutup. Gambar 9. Perangkat ini telah diproduksi sejak akhir abad ketujuh belas.Gambar 8.jpg diaksep Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 9 . Karena perubahan suhu. mereka naik dan turun tergantung dari sejumlah prinsip-prinsip matematika. Di dalamnya ada cairan bening dan serangkaian bola kaca. Masing-masing memiliki berat yang melekat padanya.com pada 30 November 2011 Thermometer air raksa diakses di alamat http://id.blogspot.wikimedia. Namun Termometer Galileo memiliki estetika yang melampaui fungsinya.jpg diakses di alamat wwwdblok-anovhan.

objek akan tenggelam.com/2011/02/sekilas-tentang-galileo-dan-asalmula. Ini 13 Thermometer Galileo diakses di http://squad1. dan bertanggung jawab atas kenyataan bahwa bahkan perahu terbuat dari baja bisa mengapung (tentu saja. sebuah bar yang solid baja dengan sendirinya akan tenggelam). Galileo menemukan bahwa kepadatan cairan merupakan fungsi dari temperatur . interior objek hijau telah cekung.html pada tanggal 30 November 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 10 . Menentukan apakah benda mengapung atau tenggelam dalam cairan. masing-masing kubus 10 cm dan lebar 10 cm (yaitu. namun volumenya tetap sama. Satu-satunya faktor yang menentukan apakah sebuah objek besar akan naik atau turun dalam suatu cairan tertentu berkaitan kerapatan objek kepadatan cairan di mana ia ditempatkan.blogspot. yang berarti bahwa massa air yang dipindahkan oleh salah satu objek di atas ketika sepenuhnya terendam. Jika massa benda kurang dari massa pengungsi cair.Cara kerja Thermometer Galileo Termometer Galileo bekerja sesuai dengan prinsip daya apung.blogspot. 1 liter). sehingga mengapung setengah jalan keluar dari air seperti objek coklat pada Gambar 10.com/2011/02/sekilas-tentang-galileo-dan-asalmula.5 kg. Air memiliki kepadatan 1 kg / L.5 kg) sama dengan massa objek. objek akan mengapung. Dalam Gambar 11. Gambar 1013 Misalkan ada dua objek. Massa air yang dipindahkan oleh objek ukuran ini adalah 1 kg.html pada tanggal 30 November 2011 14 Thermometer Galileo diakses di http://squad1. Dalam contoh di atas. Jika massa benda lebih besar dari massa pengungsi cair. Massa total objek sekarang 0. adalah 1 kg. Objek coklat di sebelah kiri terapung karena massa air itu lebih besar dari massa objek. Gambar 1114 Tidak semua benda yang terbuat dari bahan hijau di atas akan tenggelam. cairan di mana objek telah mengambang diasumsikan air. Objek mengapung setengah tenggelam karena itu titik di mana massa air yang dipindahkan (0. Objek hijau di sebelah kanan telah tenggelam karena massa air yang menggusur (1 kg) kurang dari massa objek (2 kg).

kiri) dan beberapa di bawah.com/2011/02/sekilas-tentang-galileo-dan-asalmula. bola kaca kecil yang sebagian diisi dengan cairan (berwarna) berbeda.html pada tanggal 30 November 2011 16 Thermometer Galileo diakses di http://squad1. Perubahan densitas dari cairan bening.999 kg /L objek lebih berat daripada massa air yang dipindahkan. densitas cairan L. 0. Dalam termometer Galileo. Dalam wadah tangan kiri. Gambar 12 menunjukkan benda 1 kg berongga yang terbuat dari bahan hijau 15. Kepadatan efektif disesuaikan dengan cara tag logam menggantung dari bawah bola kaca. Jika tidak ada umbi di celah (Gambar 13. hampir mengapung atau tenggelam.blogspot. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan sangat kecil dalam densitas cairan dengan mudah dapat menyebabkan obyek mengapung. Bola dan bobot harus di ukur masing" secara rinci sehingga tidak macet satu sama lain saat bola kaca 15 Thermometer Galileo diakses di http://squad1. tapi mengambang di celah. dengan perubahan suhu.html pada tanggal 30 November 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 11 . berkurang kepadatannya.com/2011/02/sekilas-tentang-galileo-dan-asalmula.001 kg /L berat objek kurang dari air yang dipindahkan.adalah kunci untuk bagaimana termometer Galileo bekerja. 1. kepadatan cairan L. Gambar 13 menunjukkan representasi skematik termometer Galileo pada dua temperatur yang berbeda (tanda suhu pada contoh ini adalah dalam Fahrenheit)16. maka objek mengapung.blogspot. Dalam wadah kanan. seperti suhu air meningkat atau menurun dari 4oC. maka objek tenggelam. Jika ada beberapa lampu di bagian paling atas (Gambar 13. maka satu mengambang di kesenjangan (76o hijau) menunjukan suhu. menyebabkan lampu naik atau tenggelam. kanan) maka rata-rata nilai dari bola atas dan di bawah kesenjangan memberikan suhu perkiraan.

Thermometer ini tidak bisa mengukur yang tinggi suhunya di atas 78 °C. tergantung pada produsen dan pekerjaan yang berhubungan dengan suhu. yang merupakan alternatif dari termometer air raksa dengan fungsi yang sama. Karena termometer ini adalah transparan.mengapung atau tenggelam. maka cairan yang dibuat harus terlihat dengan penambahan pewarna merah atau biru. sebagai alternatif. malam hari dan mengukur suhu tubuh.blogspot. Ruang di bagian atas cairan merupakan campuran dari nitrogen dan uap dari cairan. Termometer Alkohol18 Satu setengah dari gelas yang mengandung kaplier biasanya diberi label yang berlatar belakang bewarna putih dan kuning untuk membaca skala. Tetapi tidak sama seperti air raksa dalam termometer kaca. Thermometer ini hanya bisa mengukur suhu badan makhluk hidup (manusia dan hewan).html pada tanggal 30 November 2011 18 http://t3. Dengan meningkatnya suhu maka volumenya naik. Thermometer alkohol ini adalah yang paling banyak digunakan 17 Thermometer Galileo diakses di http://squad1.com/images?q=tbn:ANd9GcScQHFUvR2MfPIIe8rOJh1kMFokpDy0-AST7STEIckjTWiymVTi diakses Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 12 . Batas dari termometer etanol ini adalah 78° C. Isi termometer alkohol tidak beracun dan akan menguap dengan cukup cepat.com/2011/02/sekilas-tentang-galileo-dan-asalmula. Gambar 14.gstatic. setidaknya setengah ukuran diameter tabung untuk mempertahankan urutan mereka susun atau. Dalam penggunaan termometer alkohol ini diatur oleh titik didih cairan yang digunakan. dan bermanfaat untuk mengukur suhu di siang hari. jauh lebih sedikit dari diameter tabung untuk secara bebas melewati satu sama lain dalam tabung17. d) Termometer Alkohol Termometer alkohol adalah termometer yang menggunkan alkohol sebagai media pengukur. Cairan yang digunakan dapat berupa etanol murni atau asetat isoamyl.

keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang keoefisien muainya lebih rendah.com/images?q=tbn:ANd9GcRFDhkKTi3PROmSDjnhX69Hvyx4f83EPfN00GGesAfSGr9YI0kHcA diakses desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 13 . Pada termometer.karena bahaya yang ditimbulkan sangat kecil ketika terjadi kasus kerusakan pada termometer19. Gambar 15. apabila suhu berubah menjadi tinggi. Logam dengan koefisien muai lebih besar (tinggi) akan lebih cepat memanjang sehingga kepingan akan membengkok (melengkung) sebab logam yang satunya lagi tidak ikut memanjang. keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang keofisien muainya lebih tinggi.wikipedia. Kata bimetal sendiri memiliki arti yaitu bi berarti dua sedangkan kata metal berarti logam. sedangkan jika suhu menjadi rendah. keping bimetal dapat difungsikan sebagai penunjuk arah karena jika kepingan menerima rangsanag berupa suhu. Prinsipnya. Biasanya keping bimetal ini terbuat dari logam yang koefisien muainya jauh berbeda. Aplikasi 19 20 http://id. seperti besi dan tembaga. e) Termometer bimetal mekanik Termometer bimetal mekanik adalah sebuah termometer yang terbuat dari dau buah kepingan logam yang memiliki koefisien muai berbeda yangdikeling (dipelat) menjadi satu. sehingga bimetal berarti "dua logam". Macam-macam termometer mekanik20 Cara Kerja Keping Bimetal sengaja dibuat memiliki dua buah keping logam karena kepingan ini dapat melengkung jika terjadi perubahan suhu.org/wiki/Termometer_alkohol diakses Desember 2011 http://t2. maka keping akan langsung melengkung karena pemuaian panjang pada logam.gstatic.

bahkan jika Anda berdiri agak jauh dari benda tersebut.Selain digunakan sebagai termometer. yaitu: * Pirometer Radiasi. Pirometer22 Pirometer dibagi menjadi 2. f) Pirometer Pirometer adalah sebuah termometer yang sangat akurat yang mengukur suhu benda dengan jalan mengukur besarnya radiasi total atau radiasi pada salah satu panjang gelombang. keping bimetal juga digunakan pada lampu sein mobil. suatu benda yang panas akan memancarkan radiasi dan cahaya disekelilingnya. Prinsip kerja pirometer ini yaitu dengan mengukur radiasi total yang dipancarkan oleh benda yang diukur. radiasi yang datang diubah menjadi panas dan akan menaikkan temperatur sensor atau sebuah sel peka cahaya mengubah energi cahaya menjadi besaran listrik. Besarnya radiasi dan intensitas cahaya ini tergantung dari suhu benda dan dari warna atau panjang gelombang sinar yang dipancarkan.wikipedia.org/wiki/Termometer_bimetal_mekanik diakses pada bulan Desember 2011 http://t3. Gambar 16. Secara teori. 21 22 http://id. termostat. Pengukuran radiasinya dilakukan dengan menggunakan sensor panas seperti termokopel.com/images?q=tbn:ANd9GcRvGt0jx53BJx4wF7i8olvzMbcx649udqPGktfOmx4QKICddQE8eZN tumg diakses di bulan Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 14 . setrika. semakin tinggi suhu benda tersebut maka makin besar radiasi dan intensitas cahaya yang dipancarkan. dan lain lain21. Dengan mengukur radiasi total atau radiasi pada salah satu panjang gelombang maka temperatur benda akan dapat ditentukan tanpa menyentuh benda tersebut.gstatic. Pirometer dapat mengukur suhu yang sangat tinggi (kira-kira 500oC – 3000oC).

termometer gas jarang digunakan. Termometer gas biasanya terdapat di Laboratorium untuk kegiatan penelitian. Besarnya arus yang melalui filamen lampu dapat langsung dikalibrasi menjadi temperatur dari benda tersebut24. Bila terang filament dan benda telah sama maka keduanya akan terlihat baur menjadi satu. Radiasi ini dinyatakan oleh terang benda tersebut pada warna yang sesuai dengan panjang gelombang. filamen dari lampu dapat dibuat sama terang dengan benda yang akan diukur suhunya.html diakses Desember 2011 25 http://t2. Bila suhu salah satu lebih tinggi maka akan terlihat berbeda. misalnya di pabrik-pabrik farmasi dan yang sering berhubungan dengan gas dalam produksi.com/2011/03/prinsip-kerja-termokopel-pirometer-dan.gstatic.Gambar 17 Pirometer Radiasi23 * Pirometer Optik.com/images?q=tbn:ANd9GcRlvQHpPrOJEGmy-AFo-HCdSHTg46NhDZgjfJbTaWBKi9 nIOP68.com/images diakases pada bulan Desember 2011 http://aichatwins. termometer gas juga banyak dipakai dalam kegiatan industri. Dengan mengatur arus yang melalui lampu. Gambar 18 termometer gas25 23 24 http://t2. Selain itu.gstatic. Pengukuran terang benda ini dilakukan dengan cara membandingkan dengan suatu lampu standard yang terangnya dapat diatur. Jika sejumlah gas dipanaskan dan volumenya dijaga tetap. Dikases bulan Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 15 . tekanannya akan bertambah. Prinsip kerja pirometer ini yaitu dengan mengukur radiasi pada salah satu warna (panjang gelombang). Sifat termometrik ini dimanfaatkan untuk mengukur suhu pada termometer gas. Pirometer optic bekerja berdasarkan pengukuran radiasi pada suatu panjang gelombang tertentu. g) Termometer Gas Dalam kehidupan sehari-hari.blogspot.

makanan yang mengandung lemak (±9kalori/gram) akan menghasilkan kalori lebih besar dibanding karbohidrat(±4 kalori/gram) 26 dan protein (±4kalori/gram) . Detektor akan mengkonversi energi menjadi sebuah sinyal listrik.org/wp-content/themes/guzel-pro/images/chem-is-try/logo3. Setelah browsing internet dan mencari di beberapa literatur. Namun yang jelas dari beberapa keterangan yang ada.2009. Gambar 19. makanan yang mengandung lemak. penulis belum menemukan jawaban yang tepat dan pasti terkait dengan berapa lama waktu yang diperlukan untuk pembakaran. Termometer Non-kontak atau termometer inframerah.chem-is-try. Alat ini sangat berguna untuk pengukuran di tungku atau suhu permukaan dan lain sebagainya. yang menguatkan dan melemahkan dan ditampilkan dalam unit suhu setelah dikoreksi terhadap variasi suhu ambien26. Hal ini Rahayu.protein maupun vitamin memiliki nilai kalori yang berbeda.org/materi_kimia/kimia-industri/instrumentasi-dan-pengukuran/termometer-nonkontak-atau-termometer-inframerah/ pada bulan Desember 2012 27 http://www. kabrohidrat.chem-is-try. berapa kalori yang dihasilkan dan berapa perubahan suhu yang terjadi sebelum dan sesudah makan.Termometer infra merah terdiri dari sebuah lensa yang focus mengumpulkan energi infra merah dari obyek ke alat pendeteks/detektor. Prinsip dasar termometer infra merah adalah bahwa semua obyek memancarkan energi infra merah. Diaksels dialamat http://www. Sebagaimana yang telah kita pelajari semenjak duduk di bangku SDSMA.Termometer Infra Merah27 3. maka molekulnya semakin aktif dan semakin banyak energi infra merah yang dipancarkan. Semakin panas suatu benda. Suparni Setyowati.h) Termometer Infra Merah Termometer non-kontak atau termometer inframerah dapat mengukur suhu tanpa kontak fisik antara termometer dan obyek di mana suhu diukur. Termometer ditujukan pada permukaan obyek dan secara langsung memberikan pembacaan suhu. Seperti yang kita pelajari di pelajaran biologi. pertanyaan di atas tentunya tidak serta merta kita menyamaratakan dari setiap jenis makanan yang dikonsumsi.gif Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 16 .

Sebagaimana disebutkan pada uraian sebelumnya.upi. * Rangsangan saraf simpatis Rangsangan saraf simpatis dapat menyebabkan kecepatan metabolisme menjadi 100% lebih cepat. sangat terkait dengan laju metabolisme. yang mana kalori disini terkait erat dengan besaran energi (kalor). Disamping itu.edu/Direktori/FPOK/JUR. c= kalor jenis._PEND.pdf diakses bulan Desember 2011 Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 17 ._OLAHRAGA/195906281989012-LILIS_KOMARIYAH/Modul9Kebutuhan _Zat_Gizi_dan_Jumlah_Kalori_yang_diperlukan_oleh_atlet. Sesuai dengan persamaan: Ket: Q= Kalor. rangsangan saraf simpatis ini dipengaruhi stress individu yang menyebabkan peningkatan produksi epineprin dan norepineprin yang meningkatkan metabolisme. produksi panas tubuh juga meningkat. karena kalori yang yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. 29 Komariah memaparkan: 28 29 ibid http://file. semakin banyak sumber makanan yang kita makan (massa) berdampak pada makin besar energi yang dihasilkan28. = perubahan temperatur. rangsangan saraf simpatis dapat mencegah lemak coklat yang tertimbun dalam jaringan untuk dimetabolisme. Hamper seluruh metabolisme lemak coklat adalah produksi panas.tentunya sangat relevan dengan perubahan suhu badan kita setelah kita mengkonsumsi makanan. Demikian halnya juga dengan perubahan suhu tubuh kita. Hal ini memberi dampak jumlah panas yang diproduksi tubuh menjadi berbeda pula. makin besar energi yang dihasilkan kenaikan suhu pada tubuh manusia pun makin meningkat. * Hormon pertumbuhan Hormone pertumbuhan ( growth hormone ) dapat menyebabkan peningkatan kecepatan metabolisme sebesar 15-20%. Terkait dengan beberapa hal yang mempengaruhi suhu tubuh * Kecepatan metabolisme basal Kecepatan metabolisme basal tiap individu berbeda-beda. Akibatnya. m = massa makanan/benda Dari persamaan di atas. Umumnya. makanan berlemak akan sangat membantu mengatasi suhu luar (secara empirik hal ini bisa kita rasakan). Di saat dingin.

3 – 40. Dengan demikian. * Hormon kelamin Hormone kelamin pria dapat meningkatkan kecepatan metabolisme basal kira-kira 1015% kecepatan normal.* Hormon tiroid Fungsi tiroksin adalah meningkatkan aktivitas hamper semua reaksi kimia dalam tubuh sehingga peningkatan kadar tiroksin dapat memengaruhi laju metabolisme menjadi 50100% diatas normal. mengakibatkan gesekan antar komponen otot / organ yang menghasilkan energi termal. fluktuasi suhu lebih bervariasi dari pada laki-laki karena pengeluaran hormone progesterone pada masa ovulasi meningkatkan suhu tubuh sekitar 0.6°C di atas suhu basal. * Demam ( peradangan ) Proses peradangan dan demam dapat menyebabkan peningkatan metabolisme sebesar 120% untuk tiap peningkatan suhu 10°C. * Gangguan organ Kerusakan organ seperti trauma atau keganasan pada hipotalamus. Berbagai zat pirogen yang dikeluarkan pada saai terjadi infeksi dapat merangsang peningkatan suhu tubuh. dalam arti lemak menyalurkan panas dengan kecepatan sepertiga kecepatan jaringan yang lain.0 °C. dapat menyebabkan mekanisme regulasi suhu tubuh mengalami gangguan. Kelainan kulit berupa jumlah kelenjar keringat yang sedikit juga dapat menyebabkan mekanisme pengaturan suhu tubuh terganggu. Pada perempuan. Selain itu. menyebabkan peningkatan produksi panas. * Status gizi Malnutrisi yang cukup lama dapat menurunkan kecepatan metabolisme 20 – 30%. Latihan (aktivitas) dapat meningkatkan suhu tubuh hingga 38. * Aktivitas Aktivitas selain merangsang peningkatan laju metabolisme. Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 18 . orang yang mengalami mal nutrisi mudah mengalami penurunan suhu tubuh (hipotermia). Hal ini terjadi karena di dalam sel tidak ada zat makanan yang dibutuhkan untuk mengadakan metabolisme.3 – 0. individu dengan lapisan lemak tebal cenderung tidak mudah mengalami hipotermia karena lemak merupakan isolator yang cukup baik.

Proses kehilangan panas melalui kulit dimungkinkan karena panas diedarkan melalui pembuluh darah dan juga disuplai langsung ke fleksus arteri kecil melalui anastomosis arteriovenosa yang mengandung banyak otot. Kecepatan aliran dalam fleksus arteriovenosa yang cukup tinggi (kadang mencapai 30% total curah jantung) akan menyebabkan konduksi panas dari inti tubuh ke kulit menjadi sangat efisien. lingkungan dapat memengaruhi suhu tubuh manusia. Begitu juga sebaliknya.* Lingkungan Suhu tubuh dapat mengalami pertukaran dengan lingkungan. Dengan demikian. kulit merupakan radiator panas yang efektif untuk keseimbangan suhu tubuh. artinya panas tubuh dapat hilang atau berkurang akibat lingkungan yang lebih dingin. Perpindahan suhu antara manusia dan lingkungan terjadi sebagian besar melalui kulit. Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 19 .

Jurusan Fisika Universitas Brawijaya: Malang Cooper. 1993.Diktat Fisika Modern.DAFTAR PUSTAKA Abdurrouf. danR.D. Pearson Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 20 . Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran Edisi kedua. 1992.Lilis. Erlangga: Jakarta.blogspot.D. C.com pada 30 November 2011 Termometer air raksa diakses di alamat http://id. Erlangga: Jakarta.org/wiki /Termometer_air_raksa pada tanggal 30 November 2011 Termometer Galileo diakses di http://squad1. 1999. Fisika Statistik. Physics Principles and Applications Sixth Edition.upi. Fakultas MIPA UGM: Jogjakarta Stocky.terjemahan Pantur Silaban dan Erwin Sucipto. Kamus Fisika Bergambar. Erlangga: Jakarta. Pokok-Pokok Fisika Modern.pdf Termometer+Air+Raksa.wikipedia. 2003.com/2011/02/sekilas-tentanggalileo-dan-asal-mula. Giancoli. United States Halliday. terjemahan Sahat Pakpahan. 2005.Resnick. 2000. Fisika Jilid I. terjemahan Abdul Djamil Husin. Achmad.edu/ Direktori/FPOK/JUR._PEND.blogspot. Education Increase. Di akse pada bulan Desember 2011 di alamat http://file.jpg diakses di alamat wwwdblok-anovhan. D. Hidayat. 2001. W. Jurusan Fisika F MIPA Universitas Brawijaya:Malang Kusminarto. dkk.Studi Keadaan setimbang._OLAHRAGA/195906281989012LILIS_KOMARIYAH/Modul9Kebutuhan_Zat_Gizi_dan_Jumlah_Kalori_yang_dip erlukan_oleh_atlet.html pada tanggal 30 November 2011 dan beberapa situs yang ada pada footnote di isi makalah. Modul Kebutuhan Zat Gizi dan Jumlah Kalori yang Diperlukan oleh Atelt. C. Alamat situs internet yang diakses pada makalah ini diantaranya: Komariah.

United States Halliday. Fisika Jilid I. D.D.edu/ Direktori/FPOK/JUR. Fisika Statistik. Erlangga: Jakarta. C. Physics Principles and Applications Sixth Edition._PEND. terjemahan Abdul Djamil Husin. Hidayat. terjemahan Sahat Pakpahan.jpg diakses di alamat wwwdblok-anovhan. dkk.wikipedia. C. Jurusan Fisika F MIPA Universitas Brawijaya:Malang Kusminarto. 2005. Di akse pada bulan Desember 2011 di alamat http://file.blogspot. Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran Edisi kedua. Erlangga: Jakarta.Diktat Fisika Modern. 2001. W.upi._OLAHRAGA/195906281989012LILIS_KOMARIYAH/Modul9Kebutuhan_Zat_Gizi_dan_Jumlah_Kalori_yang_dip erlukan_oleh_atlet.html pada tanggal 30 November 2011 dan beberapa situs yang ada pada footnote di isi makalah.D.com pada 30 November 2011 Termometer air raksa diakses di alamat http://id. Modul Kebutuhan Zat Gizi dan Jumlah Kalori yang Diperlukan oleh Atelt. Pearson Tugas Termodinamika Disusun: Kurniawan Arizona Page 21 .Resnick.com/2011/02/sekilas-tentanggalileo-dan-asal-mula. Erlangga: Jakarta. 1992. Fakultas MIPA UGM: Jogjakarta Stocky.blogspot. Education Increase.Studi Keadaan setimbang. Giancoli.DAFTAR PUSTAKA Abdurrouf. 1999. danR. 1993. 2003. Kamus Fisika Bergambar.org/wiki /Termometer_air_raksa pada tanggal 30 November 2011 Termometer Galileo diakses di http://squad1. Alamat situs internet yang diakses pada makalah ini diantaranya: Komariah. Achmad.pdf Termometer+Air+Raksa. Jurusan Fisika Universitas Brawijaya: Malang Cooper.terjemahan Pantur Silaban dan Erwin Sucipto. Pokok-Pokok Fisika Modern.Lilis. 2000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful