P. 1
RPP

RPP

|Views: 107|Likes:
Published by Yuni Fitriyah

More info:

Published by: Yuni Fitriyah on Dec 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2012

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester Standar Kompetensi : 5.

: : : :

SMP Tuna Palembang Matematika VIII (Delapan) 2 (Dua)

Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar

: 5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas. : 1. 2. Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.

Indikator

Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran

: 8 jam pelajaran (4 pertemuan).

a. Peserta didik dapat menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. b. Peserta didik dapat menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. B. Materi Ajar a. Menghitung luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. b. Menemukan dan menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. C. Metode Pembelajaran Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas. D.  Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran. - Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti: a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak, serta bagaimana menemukan dan menghitung rumus luas permukaan prisma dan limas tegak), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.

Penutup a. prisma tegak. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket mengenai penemuan rumus volume limas. prisma. Buku referensi lain. balok.c. balok. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus. balok. b. e. prisma. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menghitung volume balok. prisma tegak. Kegiatan Inti: a. dan limas segiempat beraturan. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kubus. b.Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus. Alat : Laptop LCD OHP . d. h. . dan limas tegak. kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut. Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket mengenai penghitungan volume kubus. prisma.Menyampaikan tujuan pembelajaran. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.  Pertemuan Ketiga dan Keempat Pendahuluan : . c. dan penghitungan tinggi limas jika alas dan tinggi serta volume limas diketahui. prisma dan limas tegak untuk menghadapi ulangan pada pertemuan berikutnya. e. g. balok. dan limas segiempat tegak. Alat dan Sumber Belajar Sumber : Buku paket. prisma. d. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menghitung luas permukaan balok. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas. prisma tegak. dan limas segiempat tegak. balok. Penutup a. dan limas tegak. balok. Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket mengenai penemuan rumus luas permukaan (sisi) kubus. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. E. dan limas tegak juga mengenai cara menemukan dan menghitung rumus volume prisma dan limas tegak). prisma. kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut. Peserta didik mengerjakan soal-soal dalam buku paket mengenai penghitungan volume kubus. dan limas tegak. Peserta didik mengerjakan soal-soal Latihan dalam buku paket mengenai penghitungan luas permukaan (sisi) kubus. b. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari. balok. Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

.... Berapa banyak batu bata yang akan dibutuhkan untuk membuat sebuah dinding dengan tinggi 1...75 m. Contoh Instrumen : 1. .... Tinggi limas itu adalah …...... Bentuk Instrumen : uraian singkat.. 6 m c. tebal 12 cm.. Luas sisi limas dengan alas persegi adalah 384 m2 ............... Penilaian Teknik : tugas individu. Mengetahui. Ukuran sebuah batu bata adalah 10 cm  12 cm  25 cm.. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika Yuni Fitriyah NIP. Panjang rusuk alasnya 12 m... pilihan ganda..F. ulangan harian. dan panjang 60 m ? (abaikan ketebalan semen). kuis... 10 m b. a. 8 m d. Jakarta........ 12 m 2..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->