P. 1
Peranan Kpu Dalam Penyelenggaraan

Peranan Kpu Dalam Penyelenggaraan

|Views: 136|Likes:
Published by Ayu Geg

More info:

Published by: Ayu Geg on Dec 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/26/2011

pdf

text

original

PERANAN KPU DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU DI ERA REFORMASI

Pertanyaan
1. Mengapa pada pemilu tahun 1999 Gus Dur dapat lolos dari Seleksi,pemilihan presiden padahal syarat untuk menjadi presiden adalah tidak memiliki cacat jasmani ataupun rohani 2. Seberapa besar peran pemilu untuk mencapai tujuan dari NKRI. 3. Kenapa Pada saat sudah ada Kpu masih saja ada yang melakukan kecurangan seperti pada saat vooting ataupun pada saat pelaksanaa pemilu, apa yang dilakukan utnuk mengatasi hal tersebut. 4. Apa yang mendasari perbedaan jumlah kursi, pada saat pelaksanaan pemilu, dari tahun ke tahun. 5. Apakah KPU dapat mencoret nama peserta calon legislatif yang abmoral yang terkena tindak pidana? 6. Cara-cara mengatasi kendala-kendala pemilu.

Jawaban
1. Karena pada tahun 1999, keputusan tertinggi masih berada di tangan

MPR dan pada tahun ini belum terbentuk KPU, oleh karena itu hanya mengandalkan vooting dari anggota MPR dan DPR, karena banyak suara yang jatuh ke tangan Gus Dur oleh sebab itu Gus durlah yang menduduki jabatan preseden namun itu tidak bertahan lama karena masyarakat Indonesia menginginkan beliau turun, karena tidak sehat jasmani dan rohani. 2. Masih 80 persen karena KPU yang masih terbilang baru terbentuk oleh sebab itu, belum sepenuhnya dapat mengatasi tujuan dari pada NKRI.
3. Pada saat pelaksanaan pemilu sudah dibentuk PANWASLU dimana itu

adalah singkatan dari Panitia Pengawas Pemilu, yang langsung mengawasi pelaksanaan pemilu, namun namanya juga manusia maka tidak sepenuhnya PANWASLU dapat mengatasi kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan pemilu. 4. Perbedaan yang mendasari perbedaan jumlah kursi ialah

Adapun cara-cara untuk mengatasi kendalay dalam pemilu. 6. fungsinya badan ini ialah menyaring masalah-masalah yang timbul saat pelaksanaan pemilu samapai akhir pemilu. karena KPU memiliki wewenang untuk menyeleksi calon peserta anggota legislatif dan KPU mencoret siapapun yang mencalonkan diri di bawah peraturan yang ada. dibentuknya badan KPU atau disebut dengan Badan Pengawas pemilu. ialah. .5. Dapat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->