P. 1
Uts Ict Nunu

Uts Ict Nunu

|Views: 337|Likes:
Published by Noenue Nuii

More info:

Published by: Noenue Nuii on Dec 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2014

pdf

text

original

UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2011/2012

(Diajukan untuk Memenuhi Tugas Take Home Mata Kuliah Bahan dan Media Pembelajaran ICT)
Dosen: Bpk Subaryo, S. Pd.

Disusun oleh: Nurul Nurjanah NPM.095060186

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG

Jelaskan mengapa saudara menggunaka Macromedia Flash atau Adobe Flash untuk membuat pembelajaran interaktif! 7. termasuk contoh-contohnya! 4.SOAL ! 1. Jelaskan apa yang di maksud media pembelajaran? 2. Jelaskan ruang lingkup materi pembelajaran ICT di SD! 5. dan bahan pembelajaran? 3. Jelaskan jenis-jenis animasi yang dapat di buat dengan menggunakan Flash berikan masing-masing contoh penggunaannya! . Jelaskan perbedaan media. Jelaskan kelebihan media pembelajaran berbasis video dibandingkan dengan media pembelajaran berbasis teks! 6. alat peraga. Jelaskan pengelompokan media pembelajaran ICT berdasarkan yang saudara ketahui.

CD. dll). modul. Bahan pembelajaran adalah seperangkat materi (bentuk bahan) yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. internet) . gambar. dan lain-lain. CD audio.  MEDIA AUDIO adalah media atau bahan yang mengandung pesan dalam bentuk audiktif. model/maket).  MEDIA AUDIO VISUAL adalah merupakan kombinasi audio dan visual. lembar kerja siswa. audio visual (video/film. o contohnya program video yang di upload ke internet. dan lain-lain. audio (radio. grafik suara. brosur. dan tiga dimensi. peta. VCD). 4) Ruang Lingkup Materi Pembelajaran ICT di SD adalah : .Aspek Pemahaman Konsep dan Oprasi Dasar . alat. visual (foto. Contohnya: Bahan cetak (buku. media ini terdiri dari dua macam. teks. CD interaktif. multi media (CD interaktif. o contohnya gambar bergerak. papan tulis. PH). yaitu media yang di proyeksikan: media ini terdiri dari proyeksi diam/gambar dan media proyeksi gerak.JAWABANNYA : 1) Media pembelajaran adalah bahan. computer based. spidol/kapur dll.Contohnya gambar. kaset. Bisa juga di artikan suatu kombinasi antara computer dan video (gambar. dan animasi) yang mendorong perkembangan pengetahuan serta untuk memperkaya informasi dalam melengkapai materi pelajaran yang inovatif untuk disajikan di kelas kepada pesrta didik. 2) Media adalah sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajikan informasi. Media visual tidak diproyeksikan : media ini meliputi gambar fotografik. kaset. grafis. maupun metode/teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar profes interaksi komunikasi edukatif antara guru dan peserta didik dapat berlangsung secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah di cita-citakan. 3) Pengelompokan media pembelajaran ICT :  MEDIA VISUAL adalah media yang hanya dapat di lihat dengan menggunakan indra penglihatan. Alat peraga adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu dalam proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien. o contohnya radio.

dan macam-macam perangkat lunak mendemonstasikan pembuat dan perangkat lunak penggunakan ikon untuk lainnya. Siswa mampu menunjukan Pengolahan gambar: ikon pengolah gambar dan Ikon-ikon untuk mengolah mendemonstrasikannya gambar (nama dan fungsinya). Macam-maca perangkat lunak. mengkomunikasikannya 3. lingkungan belajar sehat dengan peralatan teknologi informasi dan komunikasi. dan penggunaan fungsi ikon pengolah data. pengkopi. secara kreatif penghapus. Siswa mampu menunjukan Pengolah kata: perangkat lunak pengolah Nama dan ciri-ciri perangat . menggambar. lingkungan belajar yang merancang seta sehat dan nyaman untuk belajar menggambar secara kreatif teknologi informasi komputer. untuk mengolah gambar pemadu. Aspek Pemecahan Masalah. teks. perangkat output. dan penggunaan fitur.- - Mencakup pengenalan secara sederhana. dll. perangkat lunak menggambar dan perangkat lunak pengola data. menggambar. cara . Esplorasi. perangkat stirage/penyimpan. table. Aspek Pengolahan informasi untuk Produktivitas Mencakup penggunaan ikon. pnggunaan ikon untuk merancang dan membuat gambar secra kreatif 4. Sswa mampu menggunakan Pengolahan gambar: ikon untuk membuat. dan grafik. cara menggunakan serta mewarnai gambar. 2. dan mewarnai menggambar. Siswa mampu menunjukan Teknologi informasi dan perangkat kelas komputer komunikasi umum: perangkat input.enggunakan gambar dengan ikon untuk menggambar. mengolah dokumen dan mengintegrasikan gambar. kombinasi beberapa gambar secara kreatif dengan memanfaatkan ikon-ikon pengolah gambar 5. pemotong. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Standar Kompetensi Dasar Ruang Lingkup Materi Lulusan 1 2 1. perangkat proses. dan Komunikasi Mencakup mewarnai. membuat dan mengolah gambar. Siswa mampu menunjukan Pengolahan gambar: perangkat lunak. Nama dan fungsi ikon untuk memilih.

kata serta mendemonstrasikannya untuk mengolah dokumen secara kreatif 6. Dengan kata lain.Mengembangkan imajinasi peserta didik .Mengatasi keterbatasan jarak dan waktu .Video dapat diulangi bila perlu untuk menambah kejelasan . serta mengintegrasikan gambar. teks dengan variasi gambar (menyelipkan gambar. dan musik.Mengembangkan pikiran dan pendapat peserta didik .Kendali berada di tangan siswa sehingga tingkat kecepatan belajar dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya. sangat sabar dalam menjalankan intruksi seperti yag diinginkan program yang digunakan. Siswa mampu menunjukan menu dari ikon standar pengolah kata serta mengintegrasikan gambar ke dalam dokumen 7. table.Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan gambaran yang lebih realistik . yang dapat menambah realism. video tape. dan grafik ke dalam dokumen 5) Kelebihan Media Berbasis Video di Banding Media Berbasis Teks . gaya huruf. computer dapat berinteraksi dengan siswa secara perorangan misalnya dengan bertanya dan menilai jawaban. ukuran huruf. melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi karena tersedianya animasi grafik. . menyimpan file. .Kemampuan merekam aktifitas siswa selama menggunakan suatu program penhgajaran member kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa slalu dapat di pantau . integrasi gambar. tidak pernah lupa. dan grafik ke dalam dokumen lunak penglah kata. mencetak file) Pengolah kata: Menu dari ikon standar (jenis huruf. warna. menyatukan teks dengan gambar) Pengolah kata: Ikon pendukung untuk membuat gambar. dan grafik. tidak pernah bosan. . ikon-ikon pengolah kata dan fungsinya (membuka file. warna huruf).Dapat mengatasi siswa yang lamban menerima pelajaran karena dia dapat memberikan iklim yang lebih bersifat efektif dengan cara yang lebih individual.Dapat berhubungan dan mengendalikan peralatan lain seperti compact disk.Pesan yang di sampaikan cepat dan mudah diingat . menutup file.Dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan. . dan lain-lain dengan program pegendali dari komputer. Siswa mampu menunjukan ikon pendukung untuk merancang teks. table. .

tetapi yang di kenal ada tiga jenis animasi yaitu frame by frame animation. animation dengan path (lintasan). gambar dirubah sedikit sedikit pada setiap frame sehingga pada saat dimainkan. serta animasi bergerak sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan langsung oleh guru. Contohnya :  Bukalah lembar kerja baru dengan menekan File kemudian New  Dengan menggunakan circle tool buatlah lingkaran pada stage dengan cara mengklik circle tool kemudian mengarahkan pointer (yakinkan pointer telah berbentuk silang) pada stage kemudian dengan tetap menekan tombol mouse tarik dan berhenti apabila ukuran lingkaran telah seseuai dengan yang dikehendaki. coba lihat hasil tampila animasinya dengan mengklik menu Control.  Klik pada frame 2 klik kanan lalu klik insert keyframe  Rubahlah sedikit gambar yang telah anda buat  Lakukan lagkah 3 dan 4 untuk frame selanjutnya  Jika telah selesai. motion tweened dan shape tween animation. Teks Movie. dan masking). Media yang berbasis teknologi dan informasi ini diharapkan mampu memecahkan kesulitan yang di alami siswa. gambar-gambar. Sedangkan komunikasi adalah penyampaia pikiran oleh seseorang kepada orang lain melalui media. Jenis-jenis animasi yang teradapat di flash lima (frame by frame animation. Frame by frame animation.- - Sagat kuat mempengaruhi emosi seseorang Sangat baik menjelaskan suatu proses dan keterampilan. motion tween. baik yang pandai maupun yang kurang pandai Menumbuhkan minat dan motivasi belajar Dengan video penampilan peserta didik dapat segera dilihat kembali dievaluasi. 7) . 6) Ada berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. mampu menunjukan rangsangan yang sesuai dengan tujuan dan respon yang di harapkan pesera didik Semua peserta didik dapat belajar dari video. gambar akan terlihat bergerak. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi yang berbasis informasi dan komunikasi. shape tweened animation. Informasi adalah data yang telah di olah menjadi bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia. Salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran adalah program Macromedia Flash karena program ini dapat menampilkan informasi yang berupa tulisan.

digunakan untuk membuat animasi gerakan-gerakan seperti bola menggelindingi dan sebagainya. Contohnya :  Bukalah lembar kerja baru dengan menekan Ctrl+N  Gambarlah bola pada stage  Klik pada frame 1 klik kana lalu create motion tween  Klik pada frame lalu tujuan misalnya pada frame 15 kemudian klik kanan lalu insert key frame (yakinkan pada tome line muncul tanda panah)  Tarik bola pada tujuan akhir  Test animasi anda dengan menkan Ctrl+Enter Shape Tween Animation. Setelah itu akan muncul tanda panah dengan latar belakang hijau  Test animasi dengan menekan Ctrl+Enter  Cobalah dengan bentuk-bentuk yang lain  Dasar-dasar interaktif - .- Motion Tween Animation . Contohnya :  Bukalah lembar kerja baru dengan menekan Ctrl+N  Gambarlah lingkaran pada stage  Klik kanan pada frame 20 lalu klik insert key frame  Hapus gambar bola yang ada di stage kemudian gantikanlah dengan gambar kotak  Klik pada frame 10 (atau sebarang frame diantara 1-20) lalu buka panel properties lalu rubahlah combo box tween dari none menjadi shape. digunakan untuk merubah bentuk suatu objek secara perlahan-lahan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->