P. 1
LATAR BELAKANG

LATAR BELAKANG

|Views: 72|Likes:
Published by Puput Susanto

More info:

Published by: Puput Susanto on Dec 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2012

pdf

text

original

PERENCANAAN KARIR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 SEMARANG 1.

Latar Blakang Gerakan perubahan terus meningkat dan berdampak pada perubahan pola-pola kebutuhan dan permasalahan karir individu yang semakin kompleks. Kebutuhankebutuhan mendesak dari gerakan perubahan yang dimaksud diantaranya merencanakan pendidikan pasca sekolah menengah yang berorientasi karir, memperoleh ketrampilan umum dalam cakap kerja, adaptasi kerja, dan peningkatan kerja, membutuhkan informasi karir secara cepat, akurat, mudah dan inovatif sehingga memiliki orientasi karir yang mantap yang pada akhirnya dapat membuat keputusan. Namun sering terjadi permasalahan karir yang terjadi yaitu belum memiliki pemahaman yang mantap tentang kelanjutan studi setelah lulus, program studi yang dimasukinya bukan pilihan sendiri, belum memahami jelas pekerjaan yang cocok dengan kemampuan sendiri, masih bingung untuk memilih jenis pekerjaan yang sesuai minat atau kemampuan dan merasa pesimis bahwa setelah lulus akan mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Kebutuhan-kebutuhan dan permasalahan-permasalahan karir sebagaimana yang telah dikemukakan sangat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat dan generasi muda Indonesia, tidak terkecuali para siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di satu sisi, pemerintah optimis bahwa SMK diprioritaskan untuk mengembangkan kemampuan siswa agar dapat bekerja dalam bidang tertentu, kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja, kemampuan melihat peluang kerja, dan kemampuan mengembangkan diri di masa-masa mendatang. Paradigma masyarakat pun memiliki tanggapan yang positif tentang SMK. Para orang tua juga mengharapkan anaknya yang melanjutkan pendidikan ke SMK dapat cepat bekrja setelah lulus SMK. Mereka mrenganggap SMK sebagai jalan paling cepat untuk masuk dunia kerja. Kenyataannya diketahui masih besarnya kesenjangan antara kualitas lulusan SMK dan kebutuhan dunia usaha. Banyak disaksikan outcome sebuah lembaga SMKmenjadi pengangguran serta terdapat kesenjangan antara informasi mengenai potensi dirinya dengan dunia kerja.

Studi pendahulaun dengan melakukan wawancara terhadap 10 orang siswa SMK Negeri 4 Semarang yang diambil secara acak dari jurusan Otomotif. Itu semua terjadi karena kurangnya orientasi karir sehingga sulit membuat keputusan apakah mau melanjutkan studi ke perguruan tinggi atau bekerja. Gambar Bangunan. Rumusan Masalah Berdasarkan permasalahan diatas. maka masalah utama yang akan diteliti “Bagaimanakah Perencanaan karir pada Siswa SMK Negeri 4 Semarang?” . Mesin Produksi. Persiapan karir itu diawali dengan munculnya dorongan untuk mengembangkan minat karir terhadap pekerjaan tertentu. yang hasilnya sangat menentukan keputusan karir mereka. dan mulai muncul dorongan untuk menekuni bidang pekerjaan tertentu. sebagaimana diketahui bahwa siswa SMK berada pada fase perkembangan remaja. Listrik. Permasalahan-permasalahan karir yang telah dikemukakan berakar pada masalah orientasi karir. Permasalahan ini mejadi bahan pemikiran tentang upaya-upaya pengembangan pola pikir siswa SMK dalam merencanakan karir mereka kedepan sesuai dengan jurusan atau konsentasi belajar yang mereka pilih. Multimedia. Elektro menunjukkan bahwa masih banyak siswa lulusan SMK yang kebingungan mau bekerja dimana atau melanjutkan studi kemana. Ketiga dorongan ini akan menjadi arah orientasi karir. dan salah satu tugas perkembangan remaja adalah mulai mempersiapkan karir masa depan. mengembangkan kemampuan sesuai dengan minat karir.

dalam profesi pemprosesan data.Tinjauan Teori Perencanaan karier Perencanaan karier adalah Proses melalui mana seseorang memilih sasaran karier dan jalur kesasaran tersebut. 3. Sebagai contoh. Suatu karier adalah semua pekerjaan atau jabatan yang dipunyai atau dipegang selama kehidupan kerja seseorang. manajer departemen sistem. jalur karier adalah pola pekerjaan pekerjaan berurutan yang membentuk karier seseorang. pemimpin proyek. analisis senior. Konsep karier Istilah karier telah digunkan untuk menunjukan orang-orang pada masing-masing peranan an status mereka. Dalam konteks ini semua orang dengan sejarah kerja mereka disebut mempunyai karier. pemrogram senior. analisis dan pemrogram junior. analisis dan pemrogram . 1. Karier sebagai sejarah pekerjaan seseorang atau serangkaian posisi yang dipegangnya selama kehidupan kerja. . Karier sebagai petunjuk pekerjaan –pekerjaan yang membentuk suatu pola kemajuan yang sistematik dan jelas-jalur karier. Literatur ilmu pengetahuan tentang perilaku pada umumnya menggunakan tiga isilah tersebut dengn tiga pengertian. Karier sebagai suatu urutan promosi atau pemindahan atau transfer lateral ke jabatanjabatan yang lebih menuntut tanggung jawab atau ke lokasi-lokasi yang lebih baik dalam atau menyilang hirarki hubungan kerja selama kehidupan kerja seseorang. analisis sistem. 2. jalur karier umumnya dimulai dengan operator komputer dan kemudian meningkat menjadi pemrogram junior. dan wakil direktur bidang pelayanan informasi.

KERANGKA PERENCANAAN KARIER DAN PENGEMBANGAN KARIER Perencanaan karier Sasaran-sasaran karier Jalur-jalur karier Pengembangan karier Umpan balik .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->