 Uncategorized  Artikel Kimia  Gas  Struktur Atom & Sistem Periodik Struktur Lewis dan Molekul SF4 -Sulfur (IV) Flourida

Posted by indigoMorie on Jul 26, 2011 | Leave a Comment Struktur Lewis maupun molekul SF4 sulfur(IV) flourida atau belerang tetraflourida sangat mudah ditentukan. Caranya gampang kok, yuk checkit dot. Belerang (S) berada di golongan VI A bersama dengan oksigen oleh sebab itu dia memiliki 6 elektron valensi, sedangkan flourin (F) berada di golongan VIIA dengan demikian memiliki elektron valensi 7. Perhatikan gambar dibawah ini untuk melihat struktur Lewis masing-masing unsur.

Perhatikan gambar dibawah untuk lebih memahami.Atom F punya satu elektron yang tidak berpasangan. maka bentuk dasar geometrinya adalah trigonal piramid namun disebabkan yang berpasangan adalah 4 dan 1 pasangan elektron bebas maka bentuk geometri dari SF4 adalah ‘seewsaw’ atau nama lainnya bipiramid segita (bayangkan seperti mainan jungkat jungkit anak-anak TK). . Perhatikan gambar dibawah: struktur lewis sf4 Dari gambar diatas diketahui bahwa ada 5 pasangan elektron. dan elektron inilah yang akan dipakai untuk berikatan secara kovalen dengan 1 elektron dari S. disebabkan SF4 membutuhkan 4 atom F maka elektron S yang tersisa adalah 2 dan ini menjadi pasangan elektron bebas.

SF4 dibuat dari mereaksikan antara SCl2 dengan Cl2 dan NaF dengan reaksi sebagai berikut: SCl2 + Cl2 + 4 NaF -> SF4 + 4 NaCl SF4 dipergunakan dalam sintesis kimia organik untuk mengubah aldehid CHO dan keton C=O menjadi gugus fungsi CF atau CF2. struktur lewais SF4. geometri SF4. Tags: bentuk molekul SF6. Bentuk lain adalah SF6 yang memiliki geometri oktahedral. struktur lewis SF6 6 Votes . Struktur Lewis dan Molekul SF4 -Sulfur (IV) Flourida.SF4 dimana bilangan oksidasi S adalah +4 sedangkan F masing-masing -1.

Gambar 1. aturan oktet akan terpenuhi jika kita menempatkan ikatan rangkap dua di antara atom O pusat dengan salah satu dari dua atom O ujung. Istilah resonansi itu sendiri berarti penggunaan dua atau lebih struktur lewis untuk menggambarkan molekul tertentu. pada struktur resonansi terdapat dua atau lebih struktur Lewis untuk satu molekul yang tidak dapat dinyatakan secara tepat dengan hanya menggunakan satu struktur Lewis. dan keduanya merupakan struktur yang identik. Keanehan pada ikatan O3 ini dapat diatasi dengan menggunakan konsep resonansi. Dalam kasus ozon ini. padahal menurut struktur diatas. Gambar 1.1 Struktur Lewis Ozon Faktanya kedua struktur ini tidak ada yang benar karena panjang ikatan dua ikatan O ternyata memiliki nilai yang sama diantara panjang O – O dan O=O. kedua ikatan pada atom O pusat akan memiliki panjang yang berbeda dikarenakan ikatan tunggal akan memiliki panjang ikatan yang lebih panjang dibandingkan dengan ikatan rangkap.Ketika kita menggambarkan struktur Lewis dari Ozon (O3). Karena itu kita dapat menggambarkan ikatan rangkap dua baik dengan atom O pada ujung kiri maupun kanan.2 Struktur resonansi Ozon Istilah resonansi sering disalahartikan dengan mengatakan bahwa molekul seperti ozon berpindah secara cepat dari satu struktur resonansi ke satu striktur resonansi lain. Konsep resonansi hanyalah sebuah cara untuk . Namun hal ini tidaklah tepat karena perlu diingat bahwa tidak satupun dari struktur resonansi yang diberikan dapat menggambarkan secara tepat struktur resonansi yang sesungguhnya. yang merupakan struktur tesendiri yang unik dan stabil. struktur resonansi dari molekul O3 dapa digambarkan dengan menggunakan kedua struktur Lewisnya.

Biasanya ditandai dengan garis putus-putus. Garis putus-putus pada NO2. ion NO2- Gambar 1. Gambar 1. ion NO3Oleh karena banyaknya struktur yang terbentuk apabila mengalami resonansi maka dalam penggambaran struktur lewis nya dengan mendistribusikan kepadatan elektron yang sama di antara ikatan.menggambarkan model ikatan tersebut Contoh lainnya dari molekul yang beresonansi adalah benzena (C6H6). dan ion NO3-. Gambar 1. biasanya digunakan lambang lingkaran didalam struktur benzen yang menunjukan distribusi yang merata dari ikatan sekeliling cincin karbon. benzena Gambar 1.5.3.6.4. Untuk molekul benzena (C6H6).dan lambang lingkaran pada C6H6 Molekul-molekul yang mengalami resonansi dalam pembentukan ikatan kimia akan memiliki energi yang lebih rendah atau sering disebut dengan energi resonansi.dan NO3. ion NO2-. Dengan adanya energi .

Struktur resonansi seperti gambar 2 memberikan muatan 0 pada belerang dan -1 pada atom oksigen dan +1 pada atom fluor. 2 ikatan tunggal dan 1 pasang elektron yang tak digunakan bersama (lone pair elektron) pada atom belerang sebagai pusatnya.resonansi menandakan molekul yang mengalami resonansi lebih stabil daripada molekul dengan ikatan kimia yang biasa. SOF2. . struktur lewis. Struktur seperti gambar 1 memberikan muatan 0 pada belerang. Kita bisa menggambarkan 2 kemungkinan rumus struktur yang memadai dari informasi di atas. Struktur lewis lainnya yang bisa diberikan adalah struktur resonansi yang terdapat pada gambar 2. hibridasi. Bagaimana Struktur Lewis dan Hibridisasi pada Molekul SOF2? Kata Kunci: belerang. orbital. Yang perlu diperhatikan disini adalah atom belerang boleh melampaui oktet karena adanya orbital 3d. ikatan sigma.ditambah 7 masing-masing untuk atom fluor -golonganVII-) dalam struktur oktet dimana terdapat 1 ikatan rangkap dua.kita bisa menempatkan ke 26 elektron valensi ( 6 masing-masing untuk atom belerang dan oksigen -golongan VI. oksigen dan kedua atom fluor dimana oksigen dan fluor memenuhi kaidah hukum oktet. fluor. Atom oksigen yang bermuatan negatif berdampingan dengan atom fluor netral yang elektronegativitasnya lebih tinggi dari oksigen sehingga akan terjadi daya tolak antar kedua unsur ini. hukum oktet. tetrahedron Ditulis oleh Soetrisno pada 11-06-2003 Untuk menggambarkan struktur lewis SOF2 . ikatan atom.

struktur yang harus dihindari ialah muatan formal besar yang tandanya sama yang terletak pada dua atom yang berdampingan.. Penggambaran orbital molekul pada SOF2 dapat dijelaskan seperti berikut ini. kita dapat menyimpulkan bahwa rumus struktur SOF2 yang memadai adalah struktur pada gambar 1. Struktur lewis untuk SOF2 menunjukkan adanya ikatan rangkap dua antara S dan O (muatan S=O) sehingga terdapat peningkatan rapatan elektron yang membuat tolakan antara ikatan S=O dan ikatan S-F lebih besar daripada sesama ikatan S-F. Secara kasar kita dapat menyimpulkan. sudut ikatan yang terbentuk tidak sama dengan sudut yang dibentuk oleh tetrahedron beraturan ( 109o29′). dan sudut yang dibentuk oleh pasangan elektron yang tidak digunakan bersama dengan fluor atau oksigen lebih besar daripada sudut 109o29′. Karena perbedaan dari tiap-tiap unsur pada tiap sudut.[SS] (Pertanyaan dari Fadli pada forum diskusi) Kata Pencarian Artikel ini: . Khususnya. Pertama-tama kita dapat menggambarkan distribusi elektron unsur belerang pada keadaan dasar yaitu [Ne] 3s22p4. Karena orbital hibrida pada SOF2adalah sp3maka keempat orbital hibrida tentulah mengarah ke empat sudut tetrahedron.Ditinjau dari prinsip muatan formal dimana struktur sedapat mungkin menghindari muatan formal yang besar. Maka. elektron-elektron pada sub kulit 2p4 ter-eksitasi menjadi 2p33d1 sehingga konfigurasi elektron menjadi [Ne] 3s22p33d1 dan orbital hibridanya adalah sp3. Kedua atom fluor akan berikatan dengan kedua elektron tunggal membentuk ikatan sigma ( ikatan tunggal )dan atom oksigen akan berikatan dengan kedua elektron tunggal lainnya membentuk ikatan sigma dan pi (ikatan rangkap dua). Melalui proses hibridisasi (perlu diingat bahwa atom belerang memiliki sub kulit 2d yang dapat ikut terlibat dalam proses hibridisasi). Sementara pasangan elektron pada orbital pertama merupakan pasangan elektron yang tak digunakan bersama. sudut yang dibentuk ikatan O-S-F lebih besar daripada F-S-F.

atau didukung oleh. rumus hibridisasi.struktur lewis. berlisensi CC-BY-SA. Sumber Deskripsi di atas dari artikel Wikipedia Struktur Lewis. Struktur Lewis dikembangkan oleh Gilbert N. cara menggambar struktur lewis. hukum lewis. gambar struktur lewis. Lewis. siapa pun yang terkait dengan topik ters . Cara Membuat struktur lewis. struktur oksigen vvvvvvvvvvvvvvvvvvv Struktur Lewis adalah diagram yang menunjukkan ikatan-ikatan antar atom dalam suatu molekul. hukum oktet. daftar lengkap kontributor di sini. Halaman Komunitas tidak tergabung dengan. menggambar struktur lewis. Struktur Lewis digunakan untuk menggambarkan ikatan kovalen dan ikatan kovalen koordinat. struktur resonansi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful