OBSERVASI PAMERAN PMW NASIONAL 2011

Oleh: Virdina Afidianti 1042620011 2A Manajemen Pemasaran

JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA

POLITEKNIK NEGERI MALANG 2011

Diharapkan dengan mengadakan observasi ini. kita dapat mengetahui bagaimana wirausaha itu dan melihat secara langsung produk-produk kreatif dari para peserta yang akhirnya dapat memotivasi kita untuk terus belajar dan berusaha menjadi seorang entrepreneur. Kampus 2. Acara ini diikuti oleh politeknik-politeknik yang tersebar di seluruh Indonesia.BAB I PENDAHULUAN Acara Pameran PMW Nasional 2011 adalah salah satu dari rangkaian acara Seminar dan Pameran Kewirausahaan Mahasiswa Se-Indonesia Tahun 2011. pada tanggal 24 November 2011 untuk mengembangkan bakat wirausaha para pesertanya maupun mahasiswa lainnya. . Acara ini diadakan oleh ETU (Entrepreneurship Training Unit) yang bertempat di Politeknik Negeri malang.

serta salah satu universitas swasta di Kota Malang. Politeknik Negeri Palembang 18. Politeknik Negeri Kupang. tata standnya yang berbeda dari standstand yang lain. stand paling menarik menurut saya adalah stand Politeknik Media Kreatif. 2. Stand – stand tersebut diisi oleh beberapa politeknik yang ada di Indonesia. Di bawah ini adalah nama politeknik-politeknik yang berpartisipasi dalam acara tersebut: 1. 3. Politeknik Media Kreatif 7. Politeknik Negeri Jember 10. pihak sponsor acara. Politeknik Sriwijaya 13. banyak stand yang disediakan sekitar 34 buah. barang-barang yang didisplay menarik. Politeknik Bangka Belitung 6. Politeknik Negeri Jakarta 8. Politeknik Negeri Padang 9. Politeknik Payakumbuh 12. Politani Kupang. Politeknik Negeri Pontianak 5. Politeknik Negeri Manado Dari beberapa stand di atas. Politeknik Negeri Bandung 14. Politeknik Negeri Semarang 17.BAB II HASIL OBSERVASI Dari hasil observasi yan saya lakukan pada tanggal 24 November 2011 di Pameran PMW Nasional 2011. 4. inovatif dan kreatif. Politeknik Banjarmasin 16. Politeknik Negeri Bali 11. Politeknik Ujung Pandang 15. mahasiswa PMW Politeknik negeri Malang. . Politeknik NegeriMalang.

ST. Selain itu. 1. mereka mencari dan menerima order dari luar juga. Para peserta yang juga masih mahasiswa yang tentu saja aktif kuliah mengalami kesulitan dalam memanage waktu. inilah beberapa data yang saya dapat. Ide Bisnis Ide bisnis dari PMW yang bertemakan Merchandise Polinema ini didapat setelah melihat peluang pasar berkaitan dengan cindera mata yang banyak dicari tamu-tamu Polinema ketika ada kunjungan-kunjungan dari instansi-instansi lain. clothing maupun merchandise lainnya. Dari hasil interview dan observasi langsung. Selain itu jika terpaku pada produk yang ada. 4. pin. Dana Dana bisnis ini berasal dari DIKTI yang mereka terima bersih sekitar 15 juta rupiah. Untuk produksi pertama memakai dana tersebut sekitar 5-6 juta rupiah. 5. . maka sulit untuk mendapat pasar karena biasanya produkproduk tersebut dikeluarkan ketika ada event di Politeknik Negeri Malang.Saya juga mewawancarai salah satu stand yaitu stand dari Politeknik Negeri Malang. 3. Kendala Kendala utama dalam bisnis ini adalah waktu. Untuk mempromosikan Politeknik Negeri Malang mereka berinisiatif membuat produk khas Politeknik Negeri Malang (Polinema). dan personal selling. mereka juga menerima order mug. 2. Salah satu langkah untuk menghadapi kendala tersebut. Pemasaran Pemasaran bisnis ini melalui banner. gantungan kunci. Pembimbing Pemnbimbing PMW ini adalah Bapak Suselo Utoyo. brosur. MMT.

dan karena mereka adalah anggota sebuah UKM yang juga bergerak dalam bidang kewirausahaan di Politeknik Negeri Malang. Mereka mengenalkan dan mempromosikan produk mereka juga di setiap event Polinema. saat ini saya sedang belajar dan mengembangkannya. Karakteristik Wirausaha Menurut saya. brosur) ataupun online. 8. cukup mampu membaca peluang. 7. dan lainnya dari warga Polinema ataupun dari luar warga Polinema 9.6. Beberapa produk mereka juga dijual secara continue di sekretariatan UKM USMA. 10. pin. ingin terus mencoba sesuatu yang baru. Promosi Promosi dilakukan melalui media periklanan cetak (pamphlet. sedangkan mereka membimbing dan mengembangkan kemampuan wirausaha mereka di luar. Implementasi Mereka mengeluarkan produk-prodk tersebut di setiap event di Politeknik Negeri Malang. gantungan kunci. dan berpikiran terbuka. maka nantinya bisnis tersbut akan diturunkan pada angkatan berikutnya. Bentuk Bimbingan Bentuk bimbingan beliau adalah dengan memberikan saran-saran membangun dan memberikan mereka kesempatan untuk menjual maupun mempromosikan produk mereka pada dosen dan ketika ada event di Politeknik Negeri Malang. Tindak Lanjut Bisnis Setelah Kuliah Setelah kuliah mereka tetap melanjutkan bisnis tersebut. . tetapi tentunya semua itu belum maksimal. saya memiliki cukup karakteristik wirausaha. karena cukup kreatif. Mereka terus menerima order clothing. mug.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful