P. 1
Definisi ASI Eksklusif Dan Ibu Bekerja

Definisi ASI Eksklusif Dan Ibu Bekerja

|Views: 474|Likes:
Published by Afini Faza

More info:

Published by: Afini Faza on Dec 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2014

pdf

text

original

Definisi Menyusui Eksklusif dan Ibu Bekerja Oleh Afini Faza, 1106064442

ASI memiliki kandungan energy dan nutrisi yang dibutuhkan bayi selama pertumbuhan dan perkembangannya di enam bulan yang pertama. Pemberian ASI juga memberikan manfaat yang penting bagi ibu. Para ibu ditekankan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya. Pengertian menyusui eksklusif adalah memberikan hanya ASI bagi bayi tanpa memberikan sumber makanan yang lain termasuk air putih kecuali obat, vaksin, dan vitamin tertentu.1 Untuk memudahkan pemberian ASI eksklusif, WHO merekomendasikan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh ibu baru, yaitu:1 1. Melakukan inisisasi menyusu dini selama satu jam pertama pasca melahirkan 2. Bayi hanya menerima ASI tanpa makanan tambahan yang lain termasuk air putih 3. Menyusui sesuai dengan permintaan bayi saat bayi menginginkan baik di siang maupun di malam hari 4. Jangan menggunakan botol atau dot bayi Setelah bayi berusia enam bulan, mereka bisa diberi makanan pendamping selain ASI dengan tetap melanjutkan pemberian ASI hingga mereka berusia dua tahun.2 ASI dapat meningkatkan perkembangan sensorik dan motoric bayi serta dapat menghindarkan dari paparan penyakit infeksi. Pemberian ASI secara eksklusif dapat menurunkan angka kematian pada bayi serta membantu mempercepat kesembuhan bayi saat terserang suatu penyakit.3 Sedangkan manfaat bagi ibu, pemberian ASI secara eksklusif dapat membantu menekan risiko terserang kanker payudara dan kanker ovarium.1 Ibu bekerja adalah ibu yang memiliki kegiatan di luar rumah sebagai upaya untuk memberikan nafkah kepada keluarganya. Selain mendapatkan nafkah bagi keluarga, tujuan lain dari ibu bekerja adalah menerapkan ilmu yang telah dimilikinya dan menjalin suatu hubungan sosial dengan orang lain yag memiliki lingkungan kerja yang sama dengan ibu bekerja tersebut.4 Sehingga ibu yang bekerja memiliki peran ganda, yaitu sebagai ibu rumah tangga dan memiliki peran sebagai pencari nafkah keluarga. Alasan yang mendukung ibu untuk bekerja menuut Gunarsa (2000) antara lain :

Bekerja dapat meningkatkan wawasan dan wawasan tersebut dianggap dapat berpengaruh untuk meningkatkan pola pengasuhan anak 1 2 WHO. misalnya saja seorang ayah dalam keluarga tersebut tidak memiliki penghasilan yang cukup bagi keluarganya 2. 2001. Karena ingin membina pekerjaan. 2007 . 285(4): 413-420 4 Santrock. Bekerja merupakan penghargaan bagi seseorang 8.1. Karena keharusan ekonomi untuk menghidupi keluarga. Adanya permintaan dari orang tua ibu 6. Kramer MS. Menambah pengalaman dan memperluas hubungan sosial 4. Adanya kesadaran bahwa pembangunan nasional memerlukan tenaga kerja yang banyak baik dari pria atau wanita 5. Ingin memiliki kebebasan secara finansial. Journal of the American Medical Association. Issue 4 3 Kramer M et al Promotion of Breastfeeding Intervention Trial (PROBIT): A randomized trial in the Republic of Belarus. misalnya ibu yang bergelar sarjana akan lebih memilih untuk bekerja 3. Kakuma R. The Cochrane Library. 2009. maksudnya ingin membantu keluarga dengan tidak menggantungkan diri kepada suami untuk memenuhi kebutuhannya sendiri 7. 2006 Optimal duration of exclusive breastfeeding (Review).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->