MANUSIA EKONOMI YANG BERMORAL

ZOON POLITICON MAHLUK INDIVIDU HAKEKAT MANUSIA

seorang manusia / pribadi yang merupakan kesatuan antara jasmani dan rohani. Dimana setiap individu memiliki ciri khas yang berbeda (bentuk fisik, bakat, kemampuan, cara bergaul, dll) : Mahluk Individu seorang manusia / pribadi yang merupakan kesatuan antara jasmani dan rohani. Dimana setiap individu memiliki ciri khas yang berbeda (bentuk fisik, bakat, kemampuan, cara bergaul, dll) 3 naluri individu :1. mempertahankan hidup2. mempertahankan keturunan3. ingin tahu dan mencari

kepuasanMahluk Individu

MAHLUK SOSIAL HOMO SOCIALIS

makhluk yang membutuhkan kawan (socius) dalam memenuhi kebutuhan hidup dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya : manusia yang tindakan hidupnya lebih bermakna sosial daripada individual.Homo Sosialis makhluk yang membutuhkan kawan (socius) dalam memenuhi kebutuhan hidup dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinyamanusia yang tindakan hidupnya lebih bermakna sosial daripada individual.Homo Sosialis

Tindakan ekonomi yang dilakukan selalu dengan cara efisien. Menggunakan barang dan jasa sesuai keperluannya. Tindakan ekonomi yang dilakukan atas dasar kepentingan sendiri bukan faktor yang lain / orang lain. MANUSIA YANG BERMORAL Ciri – ciri Makhluk Sosial & Ekonomi yang bermoral : Ciri – ciri Makhluk Sosial & Ekonomi yang bermoral 1.MAHLUK EKONOMI HOMO ECONOMICUS Makhluk / Manusia Ekonomi : Makhluk / Manusia Ekonomi manusia yang dalam melakukan tindakan ekonomi di dorong oleh kepentingan sendiri yang bertindak berdasarkan prinsip ekonomi (Ensiklopedia Mini – Winardi)Makhluk yang selalu mempertimbang-kan manfaat dlm setiap pengorbanan dari tindakan yang dilakukan serta tidak pernah merasa puas Ciri . .ciri Manusia Ekonomi(berdasar konsepnya Winardi) : Ciri .ciri Manusia Ekonomi(berdasar konsepnya Winardi) 1. Dalam melakukan tindakan ekonomi harus berprinsip ekonomi (dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal) 2. Dalam melakukan tindakan ekonomi dilakukan atas dasar kepentingan sendiri bukan karena faktor lain. b. Memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya 2. al : a.

Tindakan yang dilakukan sebaiknya memberikan manfaat / keuntungan bagi masyarakat Tindakan ekonomi selalu dilakukan dengan memperhatikan etikaTindakan ekonomi yang dilakukan berdasarkan prinsip ekonomi & moral Contoh tindakan Makhluk Sosial & Ekonomi yang bermoral : Contoh tindakan Makhluk Sosial & Ekonomi yang bermoral 1. pendidikan) Kemajuan . jabatan. Mengambil ikan di kolam sendiri harus minta ijin orang tua Berlaku jujur dalam setiap kegiatan Membeli kaset / CD yg original Melakukan kerja bakti bersama – sama warga Melakukan penghijauan Menjalankan kegiatan usaha dengan memperhatikan lingkungan sekitar Contoh tindakan Makhluk Sosial & Ekonomi yang Tidak bermoral : Contoh tindakan Makhluk Sosial & Ekonomi yang Tidak bermoral 1. pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal Tidak melakukan hal – hal yang merugikan orang lain. Mencuri ikan di tambak orang lain Membuang sampah sembarangan Beli kaset / CD Bajakan Mengurangi timbangan untuk mendapatkan keuntungan / laba yang besar Menebang pohon di kawasan hutan lindung untuk kepentingan sendiri Faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia : : Faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia : Alam (Tempat) Adat Istiadat (Sosial) Kelas Sosial (kekayaan.3.

IPTEK Jenis Pekerjaan Sifat Alami manusia Keadaan ekonomi (tingkat pendapatan) Perdagangan internasional Prilaku Manusia dalam Memanfaatkan Sumber Daya : : Prilaku Manusia dalam Memanfaatkan Sumber Daya : Pemanfaatan Sumber daya yang saling menguntungkan Pemanfaatan Sumber daya untuk kepentingan bersama Pemanfaatan Sumber daya dengan saling menghormati dan tidak memaksakan kehendak .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful