KEANEKARAGAMAN BUDAYA DALAM BENTUK RUMAH ADAT DI SELURUH INDONESIA

SDN KRATON PEKALONGAN 2011
Rumah Adat seluruh di Indonesia | 0

RUMAH ADAT NAD (NANGRAO ACEH DARUSSALAM)

RUMOH ACEH
Rumah tradisonal suku Aceh dinamakan RUMOH ACEH. Rumah adat ini bertipe rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu SEURAMOË KEUË

(SERAMBI DEPAN), SEURAMOË TEUNGOH (SERAMBI TENGAH)
dan SEURAMOË LIKÔT (SERAMBI BELAKANG). Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu RUMOH DAPU (rumah dapur).

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 1

RUMAH ADAT SUMATERA UTARA

RUMOH BOLON
Rumah tradisonal Sumatera Utara dinamakan

RUMOH

BOLON. Rumah adat ini merupakan rumah pertemuan keluarga besar.
Berbentuk panggung dan ruang atas sebagai tempat tinggal. Pada ruang ini tidak ada kamar-kamar, dan biasanya digunakan sebagai tempat tinggal 8 keluarga bersama-sama. Tempat tidur lebih tinggi dari dapur.

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 2

menonjol seperti tanduk kerbau. Rumah Gadang ini dibuat berbentuk empat persegi panjang dan dibagi atas dua bahagian muka dan belakang. Rumah Bagonjong ini menurut masyarakat setempat diilhami dari tambo. Ciri khas lain rumah adat ini adalah tidak memakai paku besi tapi menggunakan pasak dari kayu. yang mengisahkan kedatangan nenek moyang mereka dengan kapal dari laut. Tidak jauh dari komplek rumah gadang tersebut biasanya juga dibangun sebuah surau kaum yang berfungsi sebagai tempat ibadah dan tempat tinggal lelaki dewasa kaum tersebut namun belum menikah. namun cukup kuat sebagai pengikat. masyarakat setempat menyebutnya Gonjong dan dahulunya atap ini berbahan ijuk sebelum berganti dengan atap seng.RUMAH ADAT SUMATERA BARAT RUMOH GADANG Rumah adat Sumatera Barat khususnya dari etnis Minangkabau disebut RUMAH GADANG. Rumah Gadang biasanya dibangun diatas sebidang tanah milik keluarga induk dalam suku/kaum tersebut secara turun temurun. umumnya berbahan kayu. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 3 . dan sepintas kelihatan seperti berbentuk rumah panggung dengan atap yang khas.

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 4 . Ruangan rumah ini terdiri dari ruangan besar untuk tempat tidur.RUMAH ADAT RIAU SELASO JATUH KEMBAR Rumah adat di daerah Riau bernama SELASO JATUH KEMBAR. Rumah adat ini dilengkapi pula dengan BALAI ADAT yang dipergunakan untuk pertemuan dan musyawarah masyarakat. anjungan dan dapur. ruangan bersila.

SERAMBI BELAKANG. SERAMBI DEPAN. SERAMBI DALAM. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 5 . merupakan rumah tinggal yang terbagi dalam 8 ruangan. KAMAR AMBEN MELINTANG. RUANG GARANG dan RUANG TENGGANAI. Ruang JOGAN. RUANG LAREN.RUMAH ADAT JAMBI KAJANG LAKO Rumah adat Jambi dinamakan RUMAH PANGGUNG dengan model KAJANG LAKO.

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 6 . Yaitu Keagungan. Rukun dan Damai. Sopan Santun. Aman dan Subur.RUMAH ADAT SUMATERA SELATAN RUMAH LIMAS Rumah adat Sumatera Selatan bernama RUMAH LIMAS. Merupakan rumah panggung berjenjang lima bermakna Lima Emas. serta Makmur dan Sejahtera.

yaitu : KAMAR ORANG TUA. Terdiri dari 3 kamar. Kolong bawahnya untuk menyimpan kayu dapur dan barang lainnya.RUMAH ADAT BENGKULU RUMAH RAKYAT Nama rumah adat daerah Bengkulu adalah RUMAH RAKYAT. dan KAMAR BUJANG. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 7 . KAMAR GADIS.

Digunakan untuk musyawarah tertinggi antara marga-marga.RUMAH ADAT LAMPUNG RUMAH SESAT Rumah adat di Lampung adalah RUMAH SESAT. JAMBAL AGUNG atau LORONG AGUNG adalah nama tangga menuju RUMAH SESAT. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 8 .

Hal ini dimaksudkan untuk ruangan yang lebih luas. Atapnya berbentuk Joglo. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 9 . Pembagian ruangannya. serambi depan disebut PASEBAN.RUMAH ADAT DKI JAKARTA RUMAH KEBAYA Rumah tradisional khas JAKARTA dinamakan RUMAH KEBAYA. Dindingnya terbuat dari panil-panil yang dibukabuka dan digeser-geser ketepi. Bila suatu waktu diadakan acara semalaman atau hajatan.

Keraton ini terdiri dari 4 ruangan.RUMAH ADAT JAWA BARAT KERATON KASEPUHAN CIREBON KERATON KASEPUHAN CIREBON merupakan model rumah adat Jawa Barat. PRINGGODANI. JINEM atau PENDOPO. RUANG PROBAYASA dan RUANG Rumah Adat seluruh di Indonesia | 10 . PANEMBAHAN.

RUMAH ADAT JAWA TENGAH PADEPOKAN PADEPOKAN Jawa Tengah merupakan sebuah bangunan induk dari istana Mangkunegaran di Surakarta. PRINGGITAN dan DALEM. Rumah penduduk dan keraton di Jawa Tengah umumnya terdiri atas 3 ruangan. PENDOPO. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 11 .

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 12 . Di depan BANGSAL KENCONO terdapat dua patung batu GAPOLO yang memegang gada (sejenis alat pemukul).RUMAH ADAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BANGSAL KENCONO BANGSAL KENCONO Kraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan Pendopo model rumah adat daerah Yogyakarta.

Mereka masuk dari samping rumah. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 13 . Serambi depan tempat menerima tamu laki-laki dan tamu perempuan diterima di serambi belakang. Rumah itu tidak memiliki pintu belakang dan tanpa kamar-kamar pula.RUMAH ADAT JAWA TIMUR RUMAH SITUBONDO Model rumah adat di Jawa Timur adalah RUMAH SITUBONDO yang mendapat pengaruh dari rumah Madura.

dan BALAI WANTIKAN adalah tempat adu ayam atau pagelaran kesenian. KORI AGUNG adalah pintu masuk pada waktu upacara besar dan KORI BABETELAN merupakan pintu masuk untuk keperluan keluarga. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 14 . BALAI BENGANG adalah tempat istirahat.RUMAH ADAT BALI GAPURA CANDI GAPURA CANDI merupakan pintu masuk rumah adat di Bali.

Sedangkan Lantai Ketiga disediakan untuk para putri dan keluarga lainnya. terbuat dari kayu jati dan beratap strap.RUMAH ADAT NUSA TENGGARA BARAT ISTANA SULTAN SUMBAWA ISTANA SULTAN SUMBAWA merupakan model rumah adat daerah Nusa Tenggara Barat. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 15 . Bangunan tersebut berlantai 3. Lantai bawah tempat penggawalan. Lantai Kedua tempat kediaman Sultan dan Permaisuri.

sehingga tidak perlu ditanam di dalam tanah. Tiang-tiangnya berdiri pada landasan batu besar. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 16 . Rumah itu berbentuk panggung dan dibawahnya terdapat BALAI PANJANG tempat menerima tamu.RUMAH ADAT NUSA TENGGARA TIMUR RUMAH MUSALAKI Rumah adat Nusa Tenggara Timur adalah RUMAH MUSALAKI.

Pada kiri kanan rumah terdapat kamar-kamar dan ditengahnya merupakan ruang upacara dan pertemuan. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 17 . Bangunan tersebut terbuat dari kayu dan atapnya dari sirap.RUMAH ADAT KALIMANTAN BARAT ISTANA KESULTANAN PONTIANAK Model rumah adat Kalimantan Barat yang berbentuk panggung. Bagian kolongnya tidak dipergunakan karena tanahnya berawa-rawa.

RUMAH ADAT KALIMANTAN TENGAH RUMAH BETANG Rumah adat Kalimantan Tengah dinamakan RUMAH BETANG. bawah kolongnya digunakan untuk bertenun dan menumbuk padi. Satu bangunan rumah dihuni oleh kurang lebih 20 kepala keluarga. Rumah itu panjang. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 18 .

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 19 .RUMAH ADAT KALIMANTAN SELATAN RUMAH BANJAR Rumah adat Kalimantan Selatan disebut Rumah Banjar. Bagian depan berfungsi sebagai terasyang dinamakan PELATAR. Rumah ini merupakan rumah panggung dan dibawahnya untuk menyimpan padi dan sebagainya.

Halaman rumah dihiasi oleh patung-patung BLONTANG yang menggambarkan dewa-dewa sebagai penjaga rumah atau kampung. Rumah itu berbentuk panggung 3 meter dan dihuni oleh 25 – 30 kepala keluarga. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 20 .RUMAH ADAT KALIMANTAN TIMUR RUMAH LAMIN RUMAH LAMIN adalah rumah adat suku DAYAK KENYAH.

ruang keluarga dan kamar-kamar. tangga sebelah kanan untuk memasuki rumah sedangkan untuk keluar rumah menuruni tangga disebelah kiri. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 21 . rumah ini mempunyai ruang tamu. Di kanan kiri rumah terdapat tangga.RUMAH ADAT SULAWESI UTARA RUMAH PEWARIS Rumah adat Sulawesi Utara adalah RUMAH PEWARIS.

RUMAH ADAT SULAWESI TENGAH RUMAH TAMBI Rumah adat Sulawesi Tengah adalah RUMAH TAMBI. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 22 . Tangga untuk naik terbuat dari batang kayu bulat dan atap rumah terbuat dari daun rumbai atau bambu dibelah dua. Rumah tersebut berbentu panggung dan atapnya sekaligus bergungsi sebagai dinding.

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 23 .RUMAH ADAT SULAWESI SELATAN RUMAH TONGKONAN Rumah adat suku Toraja di Sulawesi Selatan adalah TONGKONAN. Tongkonan terdiri dari tiga ruang : ruang tamu.di depan rumah tersusun tanduk-tanduk kerbau sebagai lambang pemiliknya telah berulang kali mengadakan upacara kematian secara bersama-sama. Kolong rumah itu baerupa kandang kerbau belang atau TEDONG BONGA. ruang makan dan ruang belakang.

Atapnya besar dan tinggi terbuat dari daun rumbia. Rumah ini dipakai untuk pertemuan. sedangkan dindingnya dari tangkai rumbia. musyawarah. Rumah tersebut merupakan rumah panggung. dan upacara yang disebut SENIRI NEGERI. yang disebut GABA-GABA. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 24 .RUMAH ADAT MALUKU RUMAH BAILEO Rumah adat Maluku dinamakan BAILEO.

RUMAH ADAT PAPUA RUMAH HANOI Rumah tradisonal Suku Dani dari daerah Papua adalah RUMAH HANOI. Rumah tersebut terdiri dari dua lantai. Rumah Adat seluruh di Indonesia | 25 . Lantai pertama sebagai ruang tidur. sedangkan lantai kedua sebagai ruang bersantai dan tempat makan. Rumah Honai berbentuk seperti jamur yang tingginya mencapai 4 meter.

RUMAH ADAT KEPULAUAN BANGKA BALITUNG Rumah Adat seluruh di Indonesia | 26 .

RUMAH ADAT KEPULAUAN RIAU Rumah Adat seluruh di Indonesia | 27 .

RUMAH ADAT BANTEN Rumah Adat seluruh di Indonesia | 28 .

RUMAH ADAT SULAWESI TENGGARA Rumah Adat seluruh di Indonesia | 29 .

RUMAH ADAT GORONTALO Rumah Adat seluruh di Indonesia | 30 .

RUMAH ADAT SULAWESI BARAT Rumah Adat seluruh di Indonesia | 31 .

Rumah Adat seluruh di Indonesia | 32 .

Aceh Banda Aceh Rumoh aceh Sumatera Utara Medan Rumah balai batak toba Sumatera Barat Padang Rumah gadang Riau Pekanbaru Rumah melayu selaso jatuh kembar
 Jambi Jambi Rumah panggung Sumatera Selatan Palembang Rumah limas Bengkulu Bengkulu Rumah bubungan lima
 Lampung Bandar Lampung Nuwo sesat Kepulauan Bangka Belitung Pangkal Pinang Kepulauan Riau Tanjung Pinang Jakarta Jakarta Rumah kebaya Yogyakarta Yogyakarta Rumah joglo
 Jawa Barat Bandung Kesepuhan
 Jawa Tengah Semarang Rumah joglo
 Jawa Timur Surabaya Rumah joglo
 Banten Serang Bali Denpasar Gapura candi bentar Nusa Tenggara Timur Kupang Sao ata mosa lakitana
 Nusa Tenggara Barat Mataram Dalam loka samawa Kalimantan Barat Pontianak Rumah panjang Kalimantan Tengah Palangka Raya Rumah betang Kalimantan Selatan Banjarmasin Rumah banjar
 Kalimantan Timur Samarinda Rumah lamin
 Sulawesi Utara Manado Rumah bolaang mongondow Sulawesi Tengah Palu Souraja / Rumah besar
 Sulawesi Selatan Makassar Tongkonan
 Sulawesi Tenggara Kendari Laikas
 Sulawesi Barat Mamuju Gorontalo Gorontalo Maluku Ambon Baileo
 Maluku Utara Ternate Papua Jayapura Rumah honai
 Papua Barat Manokwari - Rumah Adat seluruh di Indonesia | 33 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful