Sejarah kami

Misi korporasi Unilever adalah untuk meningkatkan vitalitas hidup. Hal ini menunjukkan bagaimana perusahaan benar-benar memahami pelanggan abad 21 dan kehidupan mereka.

Maju bersama Unilever Indonesia selama lebih dari tujuh puluh tahun
PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3. Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C21.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39. Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981. Pada Rapat Umum Tahunan perusahaan pada tanggal 24 Juni 2003, para pemegang saham menyepakati pemecahan saham, dengan mengurangi nilai nominal saham dari Rp 100 per saham menjadi Rp 10 per saham. Perubahan ini dibuat di hadapan notaris dengan akta No. 46 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 10 Juli 2003 dan disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan keputusan No. C-17533 HT.01.04-TH.2003. Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik. Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No. 82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000, perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasajasa penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan keputusan No. C-18482HT.01.04TH.2000. Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1933.

Perluasan Unilever Indonesia

untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT Anugrah Lever (PT AL) yang bergerak di bidang pembuatan. Parkiet dan Sakura dan merk-merk lain atas dasar lisensi perusahaan kepada PT Al. perusahaan mengadakan perjanjian dengan PT Anugrah Indah Pelangi. (Unilever) telah menandatangani perjanjian bersyarat dengan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (Ultra) sehubungan dengan pengambilalihan industri minuman sari buah melalui pengalihan merek “Buavita” dan “Gogo” dari Ultra ke Unilever. Jakarta Pabrik komestik – Colibri NV. Surabaya Kendali oleh unilever dihentikan (Perang Dunia II) Di bawah kendali pemerintah Kendali usaha kembali ke Unilever berdasarkan undang-undang penanaman modal Go public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta . Ltd. PT Unilever Indonesia Tbk. Dalam Rapat Umum Luar Biasa perusahaan pada tanggal 8 Desember 2003. Jurgen and Brothers Pabrik sabun – Zeepfabrieken NV Lever – Angke. Pada tanggal 3 Juli 2002. Jakarta Produksi margarin dan minyak oleh Pabrik van den Bergh NV – Angke. Penggabungan ini sesuai dengan persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam suratnya No. Kronologi 1920-30 1933 1936 1941 1942-46 1965-66 1967 asing 1981 Import oleh van den Bergh. yang dalam perjanjian tersebut Texchem Resources Berhad sepakat untuk menjual sahamnya di PT Technopia Lever kepada Technopia Singapore Pte. pemasaran dan penjualan kecap. Texchem Resources Berhad mengadakan perjanjian jual beli saham dengan Technopia Singapore Pte. Pada tahun 2007. Perjanjian telah terpenuhi dan Unilever dan Ultra telah menyelesaikan transaksi pada bulan Januari 2008. untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT Technopia Lever yang bergerak di bidang distribusi. pengembangan. saus cabe dan saus-saus lain dengan merk dagang Bango.Pada tanggal 22 November 2000. perusahaan menerima persetujuan dari pemegang saham minoritasnya untuk mengakuisisi saham PT Knorr Indonesia (PT KI) dari Unilever Overseas Holdings Limited (pihak terkait). Akuisisi ini berlaku pada tanggal penandatanganan perjanjian jual beli saham antara perusahaan dan Unilever Overseas Holdings Limited pada tanggal 21 Januari 2004. ekspor dan impor barang-barang dengan menggunakan merk dagang Domestos Nomos. Ltd. 740/III/PMA/2004 tertanggal 9 Juli 2004. Pada tanggal 30 Juli 2004. perusahaan mengadakan perjanjian dengan Texchem Resources Berhad. Penggabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan metoda yang sama dengan metoda pengelompokan saham (pooling of interest). perusahaan digabung dengan PT KI. Perusahaan merupakan perusahaan yang menerima penggabungan dan setelah penggabungan tersebut PT KI tidak lagi menjadi badan hukum yang terpisah. Pada tanggal 7 November 2003.

Berdasarkan semua alasan ini. Sementara itu. Dengan memiliki keseimbangan pikiran dan tubuh. Untuk Perawatan Tubuh. Citra Liquid Soap dan Citra Body Scrub.1982 1988 1990 1992 1995 1996-98 1999 2000 2001 2002 2003 2004 2005 2008 Pembangunan pabrik Ellida Gibbs di Rungkut. Citra mempunyai dua misi yaitu: Misi pertama. Citra menginginkan Merek Perawatan Kulit Lengkap yang tercermin dari jajaran produk perawatan kulit Citra yang sudah ada. Surabaya Pemindahan Pabrik Sabun Mandi dari Colibri ke Pabrik Rungkut. Citra ingin membantu wanita Indonesia menyeimbangkan pikiran dan tubuh mereka. Citra meluncurkan varian wewangian aromaterapi. Citra sadar bahwa wanita Indonesia memiliki peran ganda dalam menjalani hidup dan ada permintaan tinggi dari masyarakat untuk wanita ini untuk menjalankan peran mereka. karena manfaat aromaterapi sudah dikenal luas untuk membantu mengendurkan ketegangan panca indra dan menenangkan pikiran dan tubuh. Memahami Wanita Indonesia Pada tahun 2006. Citra akan terus menciptakan inovasi strategis yang berkaitan dengan konsumennya. untuk Perawatan Wajah. Misi kedua. . Surabaya Terjun di bisnis teh Membuka pabrik es krim Pembangunan pabrik deterjen dan makanan di Cikarang. wanita dapat memainkan peran dengan lebih baik dan hal ini akan membawa ke hubungan harmonis dengan masyarakat. Citra memiliki Citra Hand & Body Lotion. Bekasi Penggabungan instalasi produksi – Cikarang. Citra memiliki Citra Hazeline Moisturizer dan Citra Face Cleanser. Rungkut Deterjen Cair NSD – Cikarang Terjun ke bisnis kecap Membuka pabrik teh – Cikarang Membuka pusat distribusi sentral Jakarta Terjun ke bisnis obat nyamuk bakar Terjun ke bisnis makanan ringan Membuka pabrik sampo cair – Cikarang Terjun ke bisnis minuman sari buah Citra adalah merek lokal di Indonesia yang mempunyai visi untuk menjadi merek perawatan kulit lengkap yang memberikan kecantikan alami secara keseluruhan.

Citra meluncurkan aktivasi Rumah Cantik Citra (RCC). Citra telah meluncurkan berbagai inovasi seperti: • Pada bulan Februari 2006. Tahukah anda • • • Citra telah ada di pasar produk perawatan kulit Indonesia sejak tahun 1984. Citra yang terus berkomitmen untuk menggali wawasan konsumen dan menciptakan inovasi berdasarkan wawasan telah dianugerahi hadiah ini. nilai dan volume Citra terus tumbuh.Untuk mendukung kedua misi tersebut di atas. Ini tercermin dari berbagai penghargaan yang diraih Citra dalam tiga tahun belakangan ini secara berturut-turut. . Pembersih Wajah dan Pelembab Wajah. antara lain Indonesian Best Brand Awards dan Indonesian Consumer Satisfaction Award. Citra terbuat dari bahan-bahan alami Indonesia dengan warisan kuat budaya Indonesia. Citra dikenal pertama kali sebagai merek Hand & Body Lotion tetapi beberapa tahun belakangan ini telah memperluas merek ke segmen lain seperti Sabun Cair. • Citra akan terus melakukan inovasi terhadap produk-produk perawatan kulit dengan meluncurkan produk-produk yang berhubungan dengan wanita Indonesia. Citra meluncurkan kembali varian Citra Hand & Body Lotion (Citra Bengkoang White Lotion. Body Scrub. Citra Teh Hijau Beauty Lotion dan Citra Mangir Beauty Lotion) dan meluncurkan Citra Sabun Cair (Citra Bengkoang White Milk Bath dan Citra Teh Hijau Refreshing Bath). Untuk mendukung misi ini. Merek kecantikan warisan Indonesia Citra diketahui sebagai merek kecantikan dengan bahan-bahan alami dari warisan kuat budaya Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir. Konsumen sasaran Citra adalah wanita berusia 15 hingga 35 tahun yang ingin menjadi modern tanpa melupakan norma-norma sosial Indonesia. Citra telah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar Hand & Body Lotion di Indonesia. Inovasi terbaru pada bulan Juli 2006 adalah Citra Body Scrub (Citra Bengkoang White Body Scrub dan Citra Teh Hijau Refreshing Body Scrub) yang secara efektif membersihkan kotoran dari kulit dan melepaskan sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak bersih dan segar. Inovasi Salah satu misi Citra 2006 adalah menjadi Merek Perawatan Kulit Lengkap. dan telah beredar di Indonesia selama lebih dari 20 tahun. Mereka juga percaya pada kandungan yang baik untuk merawat kulit mereka yang terdapat dalam produk perawatan kulit alami. Pertumbuhannya didukung oleh inovasi yang berkaitan dengan konsumen Citra. RCC adalah rumah spa untuk merasakan seluruh produk Citra dalam merawat dan mempercantik tubuh dan jiwa. Fakta-fakta utama • • Selama beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan temuan ini.• Menurut Majalah SWA. Pada tahun 2006. Citra memiliki indeks loyalitas tertinggi. Citra meluncurkan Aktivasi Rumah Cantik Citra yang merupakan rumah spa semi permanen untuk merasakan sepenuhnya produk-produk Citra untuk merawat dan mempercantik jiwa. • . dalam pasar Hand & Body Lotion. Citra memperoleh Indonesian Consumer Loyalty Awards pada tahun 2006.