Membuat Poster Ilmiah yang Efektif

Putu Aditya Saputra Disampaikan dalam Pelatihan Dasar Kelompok Ilmiah Hippocrates 2011 Introduksi Poster merupakan salah satu bentuk presentasi khusus. Poster bukanlah sekedar catatan yang ditempel di papan, bukan juga sebuah kumpulan presentasi visual. Namun sebuah poster, ketika didesain dengan efektif merupakan sesuatu diantaranya. Umumnya, poster ilmiah bertujuan untuk mempresentasikan catatan ilmiah (hasil kerja, karya tulis, hasil penelitian) kepada pengunjung yang berjalan melalui aula ketika adanya konferensi atau kegiatan ilmiah sejenisnya. Biasanya presenter berdiri disebelah poster sehingga memungkinkan orang yang lewat untuk langsung berdiskusi mengenai isi poster. Namun terdapat juga situasi dimana tidak ada presenter disamping poster, sehingga sebenarnya poster diharapkan mampu mengkomunikasikan dirinya sendiri. Dalam orientasi diatas, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, ada beberapa poster (biasanya puluhan bahkan ratusan) poster yang dipresentasikan. Kedua, audience/ para pengunjung merupakan jenis pengunjung yang berdiri, tidak memiliki banyak waktu, dan banyak mengalami gangguan-gangguan seperti suara yang gaduh dan pergerakan dari orang lain. Sehingga sebuah catatan ilmiah yang sekedar ditempel di papan gagal sebagai poster yang efektif karena pengunjung tidak mampu berkonsntrasi dalam waktu yang cukup untuk membaca catatan ilmiah tersebut. Faktanya, dengan gangguan yang dialami pengunjung, banyak dari mereka tidak akan berniat untuk membaca catatan ilmiah yang ditempel di papan. Poster yang Efektif

. Fokus (Focused) : fokus pada satu pesan utama yg ingin disampaikan. daripada sekedar menaruh “hasil” tapi membiarkan pembaca mencari-cari atau lebih buruk lagi menciptakan pesan yang ingin disampaikan. kop (heading) utama dan grafis. visual grammar. • Menghindari penggunaan jargon dan akronim kecuali anda yakin bahwa pembaca/ pengunjung yang hadir berkecimpung khusus dalam bidang yang sama. dengan hierarki struktur yang menonjolkan pesan utama. It shows. berkecimpung khusus dalam bidang anda  berkecimpung dalam bidang yang masih berhubungan/ terkait dengan bidang anda  berkecimpung dalam bidang yang tidak terkait Untuk memuaskan ketiga kategori pembaca diatas. sering terlontar pertanyaan “bagaimana membuat poster ilmiah yang efektif?” Pertanyaan ini tidak mudah untuk dijawab. Sebagai contoh..An effective poster is not just a standard research paper stuck to a board. Sebuah poster yang efektif juga menggunakan sebuah visual grammar. termasuk legenda harus terbaca dari jarak 1 meter. poster seharusnya: • Menyediakan konteks dari karya anda. Dihadapkan pada kondisi tersebut diatas. Jelaskan gambaran besar dan kenapa masalah tersebut penting. yaitu: • • • • It shows. A poster uses a different. menggunakan tipe-bentuk teks yang lebih kecil. Heading utama menjelaskan poin-poin penting. • Gunakan bahasa yang umum. Poster menampilkan konten yang esensial dan pesan-pesannya pada judul. not tells. Sebuah poster ilmiah yang efektif adalah poster yang mampu memenuhi minimal tiga kriteria berikut: 1. It avoids visual chaos. apa yang diharapkan oleh pengunjung sebuah sesi poster ilmiah di bidang medis jauh berbeda dengan apa yang diharapkan dari sesi poster ilmiah dibidang teknik. karena hal ini sangat bergantung dari harapan pengunjung sendiri sesuai dengan bidangnya masing-masing. Sebuah poster seharusnya menampilkan poin-poin pesan yang disampaikan dalam bentuk-bentuk grafis. Poster seharusnya memandu pembaca dengan menggunakan logika visual. • Intepretasikan penemuan/ hasil yang didapat sehingga pembaca dapat mengerti bagaimana hasil kerja/ karya anda mampu menjadi solusi bagi permasalahan yang diangkat. Pada sebagian besar pengunjung. Semua elemen. not tells.. pembaca dapat dibagi menjadi 3 kategori (Woolsey 1989) : Orang yang. Hal ini mengindikasikan hubungan penting dari elemenelemen tersebut secara grafis: setiap poin utama ditampilkan dalam tipe-bentuk heading teks yang besar. detail-detailnya disubordinasi secara visual.

setiap bagian poster harus bergantung pada gambar-gambar: fotografi. hal ini berlaku untuk hampir semua bidang keilmuan. dan deadline. Banyak dari pembaca hanya akan membaca latar belakang dari karya. Bagian-bagian khusus seperti hasil harus mudah ditemukan pada poster. Yang lainnya. Layout Desain poster sesuai dengan visual grammar yang baik. 3. 3. Sebuah poster yang efektif dari lay-out-nya juga harus: o menggunakan visual grammar untuk memandu pembaca dengan mudah menemukan pesan yang ingin disampaikan. Biasanya ini tercapai apabila poster didesain dengan judul yang bagus dengan didukung oleh gambar. Dalam membuat poster yang efektif ada beberapa hal yang harus diperhatikan. objektif (goal) dari karya. 3. apabila pembaca menaruh perhatian yang dalam terhadap topik yang diangkat. Beberapa panduan untuk hal ini adalah: a. Focus Ingatlah untuk selalu fokus pada pesan utama yang ingin disampaikan dan biarkan sesederhana mungkin (keep it simple). Poster mampu dengan cepat mengarahkan pembaca/pengunjung menuju subjek dan tujuan. hal-hal khusus atau penting dari sebuah karya harus dengan mudah ditemukan pada poster. mereka akan berusaha membca poster dari awal sampai akhir. Judul poster ilmiah harus mampu dengan cepat mengarahkan perhatian pembaca/ pengunjung. untuk. Membuat Poster Ilmiah yang Efektif 1. Oleh karena itulah. format. 2. gunakan teks secukupnya. ukuran papan. 2. Buatlah judul sebagai bentuk teks yang paling menonjol dari poster (tengah/ rata kiri di bagian paling atas poster) b.2. Dengan adanya gangguan yang terjadi ketika membaca poster dalam sebuah simposium/ konferensi. dan grafik. ilustrasi. Hindari penggunaan huruf kapital semua. c. dan untuk memisahkan detail pada judul. poster seharusnya tidak memuat teks dalam porsi yang sangat besar. dll). Planning Tentukan pesan apa yang ingin disampaikan. dengan. Salah satu tes yang dapat dipakai adalah apakah pembaca/pengunjung mampu memahami subjek dan tujuan setelah melihat poster selama 20 detik. Ataupun memuat kalimat-kalimat yang sangat panjang. hanya gunakan huruf kapital pada awal kata non kata sambung/ penghubung. Ingat juga untuk memastikan tulisan cukup besar untuk dibaca dan terdapat cukup kontras dari warna teks dan latar belakang/background. Gunakan kata sambung/ penghubung dari. ilustrasi. ruang yang tersedia (ukuran poster. dan grafik. 4. Desain lah setiap bagian lainnya dari sebuah poster sehingga bagian tersebut mampu dibaca dengan cepat. Hilangkan bagian-bagian yang kurang penting. Jika memungkinkan. . Sistematis (Ordered) : tersusun sistematis dan jelas. Beberapa hal tersebut adalah: 1. dan baru hasil akhir. Pertimbangkan juga anggaran dana yang dimiliki untuk pembuatan poster dan tentukan jadwal pembuatan. Grafis (Graphic) : biarkan bagan dan gambar yang menjelaskan .

menggunakan tanda bantu (nomer. semakin besar tipe teks yang digunakan. Headings – termasuk judul utama. menggunakan sebuah "reader gravity" yang membuat mata pembaca bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan (Wheildon 1995). Headings Gunakan headings/ judul untuk mengarahkan pembaca dan menyampaikan poin utama. • Organize : heading yang baik adalah bagian dari visual grammar yang membantu pembaca bergerak melalui poster Anda. menggunakan headings secara cerdas untuk membantu pembaca menemukan poin-poin utama dan informasi kunci.o o o o o o menggunakan format kolom untuk membuat poster mudah untuk dibaca di keramaian. judul bagian/bab. Seorang pembaca harus bisa secara cepat menemukan poin utama dari judul saja. dsb) untuk memandu pembaca mengeksplorasi poster. image-heavy on right) 4. tanda panah. • Be Bold : sebagai pernyataan terkuat dari laporan penelitian Anda. • Be Hierarchical : semakin penting/ utama poin yang disampaikan. terdapat keseimbangan penempatan teks dan grafis untuk menciptakan daya tarik visual. menggunakan ruang putih/ celah antar kolom secara kreatif untuk membantu menentukan aliran informasi. Grafik . Dan keterangan gambar seharusnya: • Summarize : gunakan judul sebagai peluang untuk meringkas pekerjaan Anda dalam huruf besar. Horizontal Symmetry Horizontal & Vertical Symmetry Diagonal Symmetry Asymmetry (text-heavy on left. 5.

dan memenuhi kriteria sebagai berikut: • Grafik yang baik mengkomunikasikan hubungan-hubungan secara cepat.salah satu yang paling umum adalah ketidakmampuan untuk membedakan hijau dan merah (buta warna). dan perbesar ketika diperlukan. untuk teks. • Setiap paragraf teks diusahakan tidak lebih dari 50 kata. Editing Edit. untuk judul. • Gunakan tidak lebih dari 2 atau 3 tema warna – jika lebih dari itu. akan overload dan dapat membingungkan pemirsa. edit dan revisi dengan rajin untuk mengurangi jumlah teks dan fokus kepada result-oriented message. • Hindari grafik 3 dimensi kecuali Anda menunjukkan data 3 dimensi juga. menghindari rata-tengah dan rata-kanan. • Format teks rata-kiri. • Hindari jargon (tergantung pada audiens). • Teks pada grafik harus sesuai dengan aturan teks jadi masih tetap terlihat jelas. • Sans-serif (misalnya. grafik lingkaran 2 dimensi yang sederhana. Text Minimalisasi teks agar mendukung grafis.mudah dibaca. • Gunakan kalimat aktif. 8. 6. • Gunakan tambahan seni/ ilustrasi – tapi tidak terlalu banyak – untuk menarik perhatian. • Gunakan foto-foto yang membantu menyampaikan pesan dari poster. • Judul setidaknya harus setinggi 5cm. • Jika menggunakan latar belakang gelap. grafik batang. • Pertimbangkan orang yang memiliki masalah membedakan warna. Dan pertimbangkan dengan hati-hati karena grafik 3D susah diinterpretasikan. • Gunakan frasa dan bukan kalimat penuh. • Warna-warna yang terlalu cerah akan menarik perhatian . • Perhatikan juga ukuran teks dalam gambar/ bagan .sangat melelahkan untuk dibaca. • Gunakan grafik garis. hindari menggunakan huruf yang sangat terang . dan 36 pt. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: . • Gunakan font serif (misalnya. • Tulis penjelasan langsung pada gambar/ bagan. • Jika Anda menggunakan beberapa warna. Times) untuk sebagian besar teks . atau sebaliknya.juga harus besar. • Grafik seharusnya simple and clean. Helvetica) OK untuk judul dan heading. • Teks setidaknya besarnya 24 pt. terutama ketika merancang grafik . 7.tapi kemudian akan membuat mata pembaca cepat lelah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: • Gunakan latar belakang warna terang dan huruf warna gelap untuk kontras. Warna Warna dapat membuat sebuah poster menarik dan mempermudah untuk dibaca.grafis yang jelas dan menarik harus mendominasi poster. namun kita perlu hati-hati dalam memilih warna karena dapat berakibat sebaliknya jika salah. gunakan dalam pola yang konsisten atau pembaca akan menghabiskan waktu mereka bertanya-tanya apa pola ini dan itu daripada membaca poster Anda. • Minimalkan teks – gunakan gambar dan grafik sebagai gantinya.

Reference: Hess. Microsoft Office Power Point relatif mudah untuk digunakan. Evaluasi pekerjaan Anda. 2010.R. Atau software desain grafis lainnya seperti Corel Draw. Collin Purrington. Anonim.. Software Terdapat berbagai macam software yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah poster.psu.edu/posters. dan edit lagi sesuai masukan yang diberikan. dan Scribus (Open Source!). Liegel.edu/project/posters. Designing Conference Poster. 2011.html. Adobe Photoshop (biasanya penulis gunakan). dan Omnigraffel. and L. Tosney. Access: 12 Oktober 2011. Software-software terakhir memang membutuhkan sedikit keahlian dalam bidang grafis.ncsu. 2011. Atau Anda dapat memilih software desain poster yang lain seperti QuarkXPress. . namun tidaklah begitu sulit. G. hal ini juga untuk mengurangi kompleksitas teks dan mengurangi detail yang kurang diperlukan.writing. hapus! Buatlah draft dan minta kolega atau teman Anda untuk memberi komen. InDesign. K. Available at http://www. Design of Scientific Poster.com/tips/academic/posterdesign. Freehand. LaTeX. visited 12 Oktober 2011.• • • • • Edit semua teks hingga sesederhana mungkin tanpa meninggalkan pesan utama yang ingin disampaikan. Jika tidak relevan dengan pesan utama. Available at http://www. Adobe Ilustrator.engr. Available at http://colinpurrington. Access: 12 Oktober 2011. Creating Effective Poster Presentations. Bertanyalah! Apakah pesan utama sudah jelas? Apakah pembaca akan mudah memahami poster Anda? 9.