DK 1

Unclearterm Winda : procurement Etha: proses persiapan bahan baku untuk persiapan proses produksi, seperti penentua.... (SAP logistik) Cindy: kegiatan penyediaan bahan makanan/ peralatan berdasarkan jumlah, jenis dan spesifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di institusi (intro...., 2009) Winda: penyusunan permintaan/order BM berdasarkan menu/ pedoman menu dan rata2 jumlah pasien yang dilayani. (ratna utari, 2009) Urfi: semua aktivitas yg melibatkan aktivitas mendapakkan barang yang meliputi pembelian dan kegiatan logistik di dalamnya (tri pujadi , 2009) Bagus: kegiatan pengadaan bahan2 makanan yg di butuhkan dalam oprasional food and bevarage departement baik yang bersifat perishable maupun groceries (nurmahani, 2009)

Etha: instalasi Hafizah: unit pelayanan nonstuktural yang menyediakan fasilitas.... (permenkes RI 647, 2010)

2011) Urfi: tempat untuk memberikan pelayanan gizi sesuai fungsinya baik medik maupun nonmedik (fuad alhamidi. Diperuntukkan bagi pasien yg memerlukan penanganan pelayanan kesehatan dan pelayanan tertentu serta pasien dituntut untuk membayar lebih tinggi( farida. distribution and service. pada RS internasional dengan kamar VIP dan VVIP dan dapat menampung 1000 pasien PI . 2009) Cues Hafiza : AG dapat membuat usulan awal penyelenggaraan makan sistem konvensional di instalasi gizi di instalasi gizi terkait dengan procurement....Petika: Salah satu unit fungsional RS yang diaman menyelenggarakan makan pasien dan karyawan . (rahmi. 2005) Service: pelayanan Cindy: menyatukan item2 menu dan mendistribusiakannya ke pasien (intro.. 2006) Urfi: kamar VIP dan kamar VVIP Winda: ruang dengan privasi tinggi dmn di dlamnya di huni oleh 1 pasien dengan kamar mandi sendiri..

identifikasi dan define problem .Identikasi alternative . Meity: bagaimana tahapan dalam membuat usulan awal PM terkait dengan procurement. 2005) 2. Bagaimana tahapan pelaksanaan procurement.Menentukan sumber pengambilan bahan ..Select best alternative .menentukan bahan baku yang dibutuhkan . distribution and service? PROCESING Etha : procurement .Pemeriksaan ulang tagihan . distribution and service? Lina: ..Pemeriksaan bahan baku di gudang .Membuat pemesanan bahan baku .Evaluasi alternative .Memilih suplier untuk bahan baku .1.Implement the alternative - Evaluate (a guide to sentralized.Memonitor pesanan .

.Memilih suplier .Disesuaikan berdasarkan kulitas dan kuantitas (chapter 2 UI) Urfi: procurement . menerima barang dan memeriksa .Pembayaran tagihan (SAP vundamental logistik) Petika: procurement – meminta informasi pada staf .Memonitor pengiriman barang.Menentukan jumlah masing2 item yang akan di beli .Membuat syarat kontrak kerja .Melakukan pembayaran serta menyimpan - Didistribusikan barang dari suplier kepada instansi (fuad alhamidi 2006) Lina: .masukan dalam kontrak .indetivikasi kebutuhan .Menyesuaikan dengan situasi keuangan .mereview daftar bahan yang mau diadakan .Seleksi .Memilih metode pengadaan .

. berat.. satuan dan ukuran . (introduction to food service.Mengisi formulir penerimaan dan mebuat laporan penerimaan harian dan membuat berita acara .Estimasi jumlah kebutuhan .Melihat stok .2009) Reciving Ratih: procuremnent .Membuat spesivikasi standar kualitas .Indentifikasi kebutukan .pengecekan bahan makanan: pemeriksaan faktur penerimaan.Membuat laporan BM yang didiskualivikasi kepada atasan .. tanggal kadarluarsa.Melakukan pencatatan semua bahan makanan yang diterima .Menandatangani faktur .. tanggal pengiriman. 2009) DISTRIBUSI .. jumlah.Jika tidak langsung digunakan= disimpan(maya riqi.Cek bahan makanan baik yang segar maupun yang kering .

pemilihan vendor .Standar kualitas makanan .Penyusunan dan kontrak kerja .Energi yang digunakan .Spesifikasi BM Distribusi .Faktor ekonomi .Food service sistem .Membandingkan kebutuhan dan ketersediaan tempat .Waktu makan . distribution and service.Ukuran dan layout .SERVICE 3.Keamanan makanan .Metode - Lokasi food service . jika ada apa saja? Meity: procurement – metode pengadaan yang dipilih .Skill personal .Order pemesanan Cindy: procurement . Cindy: apakah ada faktor2 yang mempengaruhi dalam membuat usulan awal terkait dengan procurement.

. 1990). . Urfi n Lina: Apasaja macam procurement. . Dimana harga bahan makanan ditetapkan menurut harga saat ini.Subject approval of price (SAOP) Dimana harga bahan makanan ditetapkan pada transaksi berlangsung (Mukrie. distribution and service pada PM di RS.(intro. serta kelebihan dan kekurangan? Nina: procurement 1) Pembelian langsung ke pasar (the open market of buying) Pembelian ini digolongkan sebagai pemelian setengah resmi. jumlahnya terbatas dan merupakan bahan makanan yang dibutuhkan klien. yang tidak dapat dikendalikan secara pasti. karena banyak hal-hal yang merupakan kesepakatan antara pembeli dan penjual. 3) Pembelian dengan musyawarah (the negosation of buying) Cara pembelian ini termasuk pembelian setengah resmi pembelian ini hanya dilakukan untuk bahan makanan yang hanya tersedia pada waktu-waktut tertentu.. terpecaya mutu.. keadaan dan harganya karena produk bahan makanan yang dibatasi.Firm at the opening of price (FOP). maka pembeli berjanji membeli bahan makanan tersebut dengan kesepakatan harga saat ini tetapi bahan makanani pesan sesuai dengan waktu dan kebutuhan pembeli dan institusi. 5) Kontrak tanpa tanda tangan (unsign contanc = quction) . 4) Pembelian yang akan datang (future contract).) 4. Pembelian ini dirancang untuk bahan makanan yang telah terjamin pasti. 2) Pembeliaan dengan pelelangan (the formal competitive of bid) pembelian bahan makanan dengan pelelangan adalah cara pembelian yang resmi dan mengikuti prosedur pembelian yang telah ditetapkan.

. Kelemahan dari sentralsiasi adalah: . kereta pemanas mempunyai rak). 2.Makanan dapat disampaikan langsung ke pasien dengan sedikit kemungkinan kesalahan pemberian. (desenteralisasi) Keuntungan cara desentraliasi . sehingga lebih menghemat biaya dan pengawasan. akibat perjalanan dari dapur utama ke dapur ruangan.Adanya tambahan biaya untuk peralatan. . perlengkapan serta pemeliharaan. . . . 2009 Distribusi 1. (sentralisasi) Keuntungan dari sentralisasi adalah: . .Memerlukan tempat.Makanan mungkin sudah tercampur serta kurang menarik. . peralatan dan perlengkapan makanan yang lebih banyak (tempat harus luas.Tidak memerlukan tempat yang luas. .Makanan sampai ke pasien sudah agak dingin. .Ruangan pasien terhindar dari keributan pada waktu pembagian makanan serta bau masakan.Memerlukan tenaga lebih banyak di ruangan dan pengawasan secara menyeluruh agak sulit.Makanan dapat dihangatkan kembali sebelum dihidangkan ke pasien.Sumber : MAYA RIQI RATNA.Pengawasan dapat dilakukan dengan mudah dan diteliti.Tenaga lebih hemat.Pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat. peralatan makan yang ada di dapur ruangan tidak banyak.Makanan dapat disajikan lebih rapi dan baik serta dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan pasien Kelemahan desentralisasi . .

2009. . http://www. .00.co.google. http://www.Maya Riqi. 3. Sumber : Ariani .ac. Pukul 20. Gambaran Kinerja. Pukul 20.Makanan dapat rusak bila petugas lupa untuk menghangatkan kembali .Besar porsi sukar di awasi khususnya bagi pasien yang menjalankandiet. Evaluasi Manajemen Penyelenggaraan Makanan Institusi Di Rumah Sakit Ortopedi. Diakses tanggal 27 november 2011.id%2Ffile%3Ffile %3Ddigital%2F125852-S-5820-Gambaran%2520kinerjaLiteratur.id %2F5722%2F1%2FJ_300_060_027. pemproduksiannya dilakukan setelah sampai diruang perawatan.00.google.Pengawasan harus lebih banyak dilakukan ..Ruangan pasien dapat terganggu oleh keributan pembagian makanan serta bau makanan. 2009.pdf&ei=8b3STuHZLsz4mAXFneG9AQ&usg=AFQj CNF1gKupzN9mktpRNMadQ8xnM08mxg.lontar. Sumber : Ratna .ac.eprints.Fika Kartika. Diakses tanggal 27 november 2011. kombinasi antara sentralisasi dan desentralisasi Sebagian makanan ditempatkan langsung dalam alat makan pasien sejak dari tempat produksi dan sebagian lagi dimasukkan dalam wadah besar.id/url? sa=t&rct=j&q=usulan%20awal%20penyelenggaraan%20makanan %20instalasi%20gizi%20rumah%20sakit %20pdf&source=web&cd=3&ved=0CCgQFjAC&url=http%3A%2F %2Fetd.id/url? sa=t&rct=j&q=usulan+penyelenggaraan+makanan+di+ru mah+sakit+pdf&source=web&cd=13&ved=0CDMQFjACOA o&url=http%3A%2F%2Fwww.ums.ui.PDF&ei=BL7STtjkKOnHmQXuks2gD Q&usg=AFQjCNE1JxgGhJFpwHYV4hnaQaZIuHdT6Q&cad=rja.co.

dan Rumah makan biasa? Etha (brainstorming): tidak ada.lama)dan invoice (efektif.. tapi perlu dite)(IFS.2009) 5. Regina : Apakah ada perbedaan sistem konvensional di RS inter.Drive thru .Cafetaria style .team perencana ada tidak hadir Kendala Cara .Tray service (intro. RS biasa. jika ada bagaimana cara meminimalkan kendala tersebut?  Kendala pembuatan usulan awal secara umum Nina(brainstorm): .2009) Lina: service .Self service .. hanya satu prinsip Yang membedakan: proses distribusinya Hafizah: RS biasa dan internasional: harga RS dan Institusi lain: fungsinya 6.Machine vended .Buffet .Regina: Recieving: blind (+ minim bias. Nina: apakah ada kendala dalam membuat usulan awal PM. .

team n SDm yg ada perencana ada tidak hadir distributiuon Egi: Egi: update keterbatasan referensi referensisuplier dan terbatasnya ketersediaan Equipment .Memilih suplier berdasarka n SOP Lina: belajar dari RS yg sudah ada Bagus: referensi banyak equipment Ratih: Nina(brainstorm mengoptimalka ): . service .minimalkan procurement Winda:Rentan penipuan Lina: belum pernah uji coba Bagus: dana terbatas Urfi: tenaga kerja kurang Ratih: pembatasan SDM Winda: -membangun kepercayaan .

Pengolahan . 2009 . Winda: apakah ada metode dan tools yg tepat yg dapt digunakan untuk membuat usulan awal? Tidak dijawab 8.Perencanaan anggaran .Perencanaan anggaran .Penyimpanan .Perencanaan menu dan siklus menu .Menentukan cara pemesanan dan pembelian . Nina: bagaimana alur dalam PM sampai makanan sampai pada pasien(scr umum)? Tahapan PM: .Cara pemesanan .7.Distribusi makanan Icha(andra.Perencanaan menu dan siklus menu .Perhitungan keb BM .2010) Windha: Maya riqi.Penerimaan .Persiapan .Perhitungan keb BM .

Pembuatan master menu . Urfi: bagaimana cara AG dalam menentukan standar menu di RS? Penyusunan standar makanan .Penyimpanan .Pengolahan .Menu dibuat ahli gizi.Penetapan standar kecukupan gizi/ hari/orang ..Pembelian .Standar makanan untuk diet tertentu .Persiapan . tanpa melibatka dokter gizi(RS fatmawati) .Penerimaan .Semi selective menu untuk pasien vip dan vvip 10.Pembuatan standar porsi Perencanaan menu .Distribusi dan penyajian 9.Pembuatan menu dengan siklus (sesuai keinginan) . Petika: perbedaan PM dalam VIP dan VVIP? Regina: .Standar makanan/ kelas perawatan .

keuanagan. distribution and service yang tepat pada kasus? .kepala ruang rawat inap. koordinator logistik gizi.lauk nabati . koordinator produksi gizi. peralatan makanan) 11.makanan pokok .minuman Peralatan makan vvip Vip 1 2 1 1 1 1 Cinaware 1 1 1 1 1 0 Melamin (andra. 2009) PERATURAN PEMERINTAH UNTUK PROCUREMENT. DISTRIBUTION AND SERVICE= CARRRIIIII!!!! 12.buah . 2010) Lina: PM sama. panitia tander gizi. jalan. Nina: siapa saja yang berperan dalam pembuatan usulan PM selain kepala instalasi gizi dan apa perannya? Urfi: . dan koordinator pelayanan gizi(fuad.item Kerangka menu -lauk hewani . Petika : Bagaimana usulan awal yang terkait dengan procurement.sayur . fasilitas beda (menu.

performance specification tahapan: . tipe spesifikasi.PURCHASING: supplier RECEIVING: invoice Distribution: desentralized Service: tray service 13. Fungsi dari spesifikasi.makanan kalengan .ukuran dan tipe .makanan beku .nama n ukuran konteiner .spesifikasi bahan makanan cindy: . tahapan membuat spesifikasi.produk daging .buah n sayuran .perkiraan jumlah konteiner .Opproved brand specification . spesifikasi informasi bahan yang harus ada? Etha: tipe spesifikasi – teknical spesivication: digunakan untuk bahan yang dapat diukur secara objektif .penetapan dari pusat .nama produc .

produk diary Hipotesis Etha: Sasaran: VIP & Menampung 1000 pasien 10 Jenis: rumah Service: pesien memilih sendiri Desentralisation distribution Metode: konvensional Plannning ..

Urfi: Sasaran: VIP & Menampung 1000 pasien 10 Jenis: rumah Service: pesien memilih sendiri Desentralisation distribution Metode: konvensional Telaah kelebihan dan kekurangan Menentukan metode yang dipilih Menetapkan metode Mengadakan feasibility study Hasil evaluasi/ saran rekomendasi Membuat usulan PM .