P. 1
Kalibrasi Alat Gelas Volumetri

Kalibrasi Alat Gelas Volumetri

|Views: 1,043|Likes:
Published by LaLe Teethiez

More info:

Published by: LaLe Teethiez on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

KALIBRASI ALAT GELAS VOLUMETRI Dalam praktik kimia analitik di laboratorium, kita perlu mengkalibrasi tiga jenis alat

gelas yaitu labu ukur, pipet volume, dan buret. Dalam semester ini kita akan sering menggunakan alat-alat tersebut ketika melakukan analisa gravimetri dan analisa titrimetri. Untuk menghindari kesalahan dalam proses analisis, maka perlu dilakukan kalibrasi terhadap alat-alat yang akan digunakan. Selain itu juga harus dipahami cara penggunaan alat-alat tersebut berikut dengan perawatannya. Kualitas hasil analisa sangat bergantung pada kalibrasi dan cara penggunaan alat yang benar. Dalam pekerjaan, tidak aman menganggap bahwa angka yang ditunjukkan oleh suatu alat merupakan persis jumlah yang ditunjukkan oleh tanda kalibrasi. Oleh Karena itu, diperlukan kalibrasi ulang untuk memastikan bahwa jumlah yang ditunjukkan oleh alat sudah tepat, dengan cara menimbang jumlah air atau zat yang terdapat pada alat volumetri berdasarkan tabel kepadatan air. Volume = massa / kepadatan air. Semua perlatan volumetri harus memiliki sertifikat kalibrasi atau dikalibrasi sendiri oleh seorang analis dengan cara tersebut.

KESALAHAN SISTEMATIS MEMPENGARUHI PENGUKURAN VOLUMETRI Suhu untuk volume suatu massa cairan tertentu bermacam-macam. Suhu normal untuk kalibrasi alat-alat gelas volumetri adalah 20° C. . . . . . . .

Penggunaan alat gelas secara benar 1. Pipet Pipet digunakan untuk memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain. Sebagian besar kalibrasi pipet volume yaitu untuk meneruskan cairan yang tersisa diujung pipet dan di sepanjang pipet volume. Sisa cairan yang ada di ujung pipet sebaiknya jangan ditiup.

Bilas pipet terlebih dahulu dengan cairan yang akan dipipet dengan cara . . pastikan ujung pipet kering terlebih dahulu. .. Setelah pipet dibersihkan dan akan digunakan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->