SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA MADRASAH ALIYAH NEGERI GUMAWANG KECAMATAN BELITANG KAB.

OKU TIMUR PROPINSI SUMATERA SELATAN
Kehidupan dan peradaban manusia yang senantiasa mengalami perubahan dari waktu- kewaktu, dalam prose situ manusia berpacu mengembangkan kualitas pendidikan karena kualitas pendidikan yang tinggi diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, terbuka, dan demokratis dan mampu bersaing yang pada akhirnya dapat berguna bagi manusia di tengah- tengah kehidupan sosialnya. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang bernaung di bawah Departemen Agama sangat diperlukan keberadaannya dalam mencetak insan yang memiliki akhlak dan kepribadian yang islami. Perubahan paradigma baru dalam sistem pendidikan membawa dampak positif bagi lembaga pendidikan khususnya di Madrasah- madrasah, dampak itu antara lain tersedianya berbagai fasilitas dan sarana yang memadai. Teknologi dan informasi yang cepat dalam menyikapi kondisi dan fenomena di atas maka lahirlah Madrasah Aliyah Negeri Gumawang. Madrasah Aliyah Negeri Gumawang adalah salah satu Lembaga Pendidikan Agama yang berada di wilyah Desa Gumawang Kecamatan Belitang Kab. OKU Timur. Lebih kurang 1 km dari ibukota kecamatan, 60 km dari kabupaten dan 190 km dari ibukota Propinsi dengan luas tanah 8,535 m. Awalnya Madrasah Aliyah Negeri Gumawang adalah relokasi dari Madrasah Aliyh Campang Tiga Kec. Cempaka OKU Timur, dari Yayasan Semendawai Persiapan. Yaitu pendidikan guru agama 4 th Campang Tiga OKU Timur ( P. G. A. 4 th) dan pendidikan guru agama ( PGA 6 th) pada tahun 1963, Para Tokoh Agama

Cempaka OKU di relokasi ke Gumawang Belitang OKU dan diganti nama baru MAN Gumawang Belitang OKU. H. Harun Ali dan kawan. SARNUPITURIN 1979 s/d 1984 th. ketika itu mufakat mendirikan PGA 4 th dan PGA 6 th.Yang akhirnya MAN Campang Tiga berubah status menjadi filial dari MAN Gumawang.Berdasarkan perkembangannya MAN Gumawang sudah mengalami tujuh kali pergantian Kepala Sekolah: 1.Campang Tiga yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.kawan. Dan para guru. 2. antara lain yaitu Bpk. Pada tahun 1963 sampai dengan tahun 1967 PGA Campang Tiga OKU dipimpim oleh Bpk. H. Harun Ali.gurunya antara lain: • • • • • Selamat M. Pada tahun 1979 MAAIN Campang Tiga Kec. Amin Ahmad Hamdan Siti Khodijah Abuzar Zubaidah ( Guru PGA) ( Guru PGA) ( Guru PGA) ( Guru PGA) ( Guru PGA) Menurut informasi yang diterima oleh penyusun setelah PGA 4 th dan PGAL dinegerikan dan dirubah nama MTSAIN dan MAAIN sejak itu pulalah siswa dan siswi sekolah tersebut kian tahun kian merosot sampai dengan tahun 1978 siswa MTSAIN dan MAAIN digabung kedua SLTP dan SLTA tersebut siswa dan siswinya kurang dari seratus orang ( Mahat Husin) inf. Kepala MAN Gumawang Periode Pertama Drs. Kepala MAN Gumawang Periode Kedua .

Kepala MAN Gumawang Periode Kedelapan M. 5. 6. 4. M. H. Kepala MAN Gumawang Periode Keempat Drs. M. Kepala MAN Gumawang Periode Keenam Drs. M. KARTUBI Juli 2000 s/d 2001 th. Kepala MAN Gumawang Periode Ketiga Drs. RIDWAN. M. B. 1994 s/d 1998. Kamad Masa Transisi AZIZAH BA Juni 1999 th. SYAIBONI ISHAK. S. TOYIB ISMAIL Juli 1998 s/d 1999 th. Pd. SYAMSUNI dari 1 Agustus 2005 s/d Juli 2009 8. Kepala MAN Gumawang Periode Kelima Drs. H. A. 3. SURDI TAHIR Oktober 2001 s/d Juli 2005 7. dari 13 Juli 2009 s/d sekarang BAB I PENDAHULUAN . Kepala MAN Gumawang Periode Ketujuh Drs.MUKHTAR WAHAB 1985 s/d 1993 th.

Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 10 tahun 1992 bahwa “ Perguruan Tinggi dapat menyelenggarakan pengabdian kepada masnyarakat sesuai dengan sifat pengetahuan dan tujuan pendidikan yang bersangkutan. Dalam rangka pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. karena mahasiswa wajib belajar banyak hal tentang administrasi pendidikan termasuk bidang perkantoran dan bekerja dengan praktik langsung melalui pemagangan tempat mahasiswa ber-KKL.” Pengabdian kepada masnyarakat adalah kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat. Dengan menjadi tenaga yang mempunyai kompetensi professional . Pelaksanaan program Kuliah Kerja Lapangan pada perguruan tinggi adalah salah satu kegiatan yang bebentuk pengabdian mahasiswa dalam memperdalam dan menerapkan pengetahuan teori maupun praktek sesuai dengan program studi yang diikutinya. Univ PGRI Palembang pada bidang pengabdian masyarakat mewajibkan pada mahasiswa Univ PGRI Palembang yang mengikuti program Strata Satu ( S1) mengambil mata Kuliah Kerja Lapangan ( KKL).A. Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) adalah kegiatan perkuliahan dalam bentuk pemagangan yang dilakukan mahasiswa secara langsung di lapangan di bidang administrasi pendidikan dan bidang lain yang relevan dengan bidang studi. Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) merupakan sebagian realisasi penerapan kurikulum berbasis kompetensi ( KBK) yang dimulai pada tahun akademik 20042005. LATAR BELAKANG Berdasarkan Undang.

Status Universitas PGRI Palembang 7. 19 tahun 2005 tentang Standart Pendidikan Nasional 6. Undang. Administrasi Kesiswaan 4. tanggal 9 Juni 2000 tentang Alih fungsi Universitas PGRI Palembang 3.di bidangnya.Undang Republik Indonesia No. Administrasi Tata Laksana ( Ketata Usahaan) 5. Administrasi Saran dan Prasarana . Administrasi Personal Sekolah/ Kepegawaian 3. RENCANA KEGIATAN Rencana Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Univ PGRI Palembang angkatan ke. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi 2. Pedoman Program Peningkatan Mutu Universitas PGRI Palembang B. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 4.Undang Republik Indonesia No. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. Administrasi Kurikulum/ Pembelajaran 2.3 kelompok 72 tahun 2009/ 2010 berlokasi di MAN Gumawang adalah mencakup semua bidang administrasi sekolah yang ada di sekolah tersebut. bidang administrasi yang mencakup tersebut adalah: 1. 97/ 0D. Undang. Peraturan pemerintah No. Mahasiswa mampu menerima dan mengembangkan serta meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan Visi dan Misi Univ PGRI Palembang: Dasar Kegiatan Pelaksanaan: 1. Surat Keputusan Mendiknas Republik Indonesia No.14 tentang Guru dan Dosen 5.

KKL.3 kelompok 72 tahun 2009/ 2010 yang utama adalah di bidang administrasi sekolah yang ada di MAN Gumawang tempat mahasiswa ber. khususnya secara langsung dan sambil membantu mengisi kelas yang kosong dalam upaya melatih mental mahasiswa untuk menghadapi siswa secara langsung pada saat PPL II nanti. Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) sebagai mata kuliah baru dalam bentuk pemagangan dilakukan mahasiswa secara langsung di lapangan di bidang administrasi pendidikan dan bidang lain yang relevan dengan bidang studi yang sesuai dengan disiplin ilmu yang diikuti mahasiswa ditiap Fakultas melalui metode . Khususnya D. Dengan demikian kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) dilaksanakan dengan cara belajar memanfaatkan dan menerapkan serta penyempurnaan dalam mengembangkan disiplin ilmu maupun kreativitas mahasiswa pada perguruan tinggi dan MAN Gumawang. Ini semua akan menjadi ilmu pengetahuan yang berguna bagi mahasiswa kelompok 72 bila nanti bekerja langsung di sekolah. Administrasi Keuangan 7. Administrasi Penunjang C.6. SASARAN KEGIATAN Sasaran kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Univ PGRI Palembang angkatan ke. teknologi. TUJUAN KKL Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) ini bertujuan menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan dan mengembangkan serta memperkaya khasanah ilmu pemgetahuan. maupun menyebarluaskan dan mengupayakan serta mengembangkannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Memberikan pengalaman dan keterapilan pada mahasiswa sebagai sarana penerapan ilmu pengetahuan dalam menghadapi permasalahan yang timbul. Meningkatkan kerja sama antara Perguruan Tinggi dengan Lembaga Pemerintah dan Non pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. 5. Sebagai ajang belajar beradaptasi bagi mahasiswa di lingkungan masysrakat baru. MANFAAT KKL Melalui kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi mahasiswa dan perguruan tinggi maupun pada instansi itu sendiri antara lain: 1. Dimana mahasiswa dapat belajar mengaplikasikan secara langsung pengetahuan keterampilan di tempat kerja yang sesungguhnya. E. 4. Merupakan ajang pemagangan ( apprenticeship) mahasiswa secara nyata. 2. 3.ilmiah langsung Pengabdian Pada Masyasrakat dalam upaya menyukseskan dan mengembangkan pembangunan yang seutuhnya. Merupakan sarana pengenalan mahasiswa secara langsung dengan aparat pendidikan dimana mahasiswa ber. . 6.KKL. 8. Sebagai saran “ penghubung” langsung antara kampus dan masyarakat. Sebagai saran promosi kampus pada masyarakat luas. 7. Sebagai wadah penyambung rasa antar mahasiswa dari berbagai program bidang studi. sehingga dapat diterapkan dengan baik.

Administrasi Kepegawaian c. Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dan Sarana/ Prasarana: . Administrasi Kesiswaan b. Pembuatan taat tertib siswa e.B. Koperasi sekolah 2. Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan dan Hubungan Masyarakat: a. Pembina OSIS d. Tata Laksana Kantor f. Pemberdayaan sumber lingkungan g. Kegiatan ektra kurikulier c. Penyelenggaraan peringatan Hari Besar dan Upacara Bendera 3. Kepala Tata Usaha: a. Administrasi Keuangan d. Administrasi Perlengkapan e. Penerimaan siswa baru b. TUGAS DAN FUNGSI PEGAWAI UNIT TEMPAT KKL GARIS BESAR URAIAN TUGAS MAN GUMAWANG Desa Gumawang Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur 1. Kerjasama dengan wali kelas murid f.

Penyusunan jadwal kegiatan b. Kerjasama dengan wali kelas untuk urusan siswa dengan wali murid c. Pemeliharaan saran/ prasarana 4. Pencatatan kehadiran siswa minggu dan bulanan e. Penyusunan laporan keadaan kelas pada akhir tahun pelajaran b. Menyusun jadwal pelajaran kelas d. Perencanaan pengembangan d. Petugas Perpustakaan: a. Pendayagunaan sarana/ prasarana h. Pembuatan statistic bulanan siswa c. Koordinator Guru Bimbingan Penyuluhan: a. Kegiatan kurikuler f. Pengurus pelayanan perpustakaan c. Pembagian tugas guru c.barang g.a. Evaluasi pelaksanaan BP 5. Perencanaan pengadaan buku b. Pembuatan catatan khusus 6. Pemeliharaan dan perbaikan bahan pustaka . Pelaksanaan penilaian e. Wali Kelas: a. Pengisian daftar hadir siswa f. Kegiatan belajar mengajar d. Penyusunan dan pelaksanaan program bimbingan penyuluhan b. Inventarisasi barang.

Observasi dan evaluasi dan kemajuan serta kemampuan siswa dalam jurusan yang bersangkutan e. Peningkatan prestasi dalam jurusan yang bersangkutan d. Ketua Program: a. Unggul dalam aktivitas keagamaan 3. Penyusunan laporan pegembangan jurusan VISI DAN MISI MAN GUMAWANG KABUPATEN OKU TIMUR VISI: 1. Penyusunan laporan bulanan 7.e. Penyusunan program pembinaan dan pengembangan jurusan b. Unggul dalam prestasi akademik 2. Koordinasi penggunaan tempat praktik c. Unggul dalam prestasi ektra kurikuler 4. Unggul dalam Wiyata Mandala .

selain itu agar struktur organisasi berjalan dengan baik dan benar haruslah dipegang oleh seorang pemimpin yang bertanggung jawab dan memiki anggota yang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Kelengkapan saran dan prasarana 6. . Penampilan fisik dan lingkungan 2. Peningkatan mutu akademik yang meliputi input dan output 3. Peranan wali kelas dalam proses KBK 5. Pembinaan IMTAQ 4.MISI: 1. METODE PEMECAHAN MASALAH Suatu organisasi yang baik haruslah memiliki struktur yang baik dan jelas. Kesatuan dalam kelembagaan BAB III MASALAH DAN ALTERNATIF PEMECAHAN A.

JADWAL PELAKSANAAN Universitas PGRI Palembang melakukan Kuliah Kerja Lapangan angkatan keIII tahun 2008 / 2009 yang diadakan di sekolah-sekolah yang telah dipilih masingmasing mahasiswa salah satunya yaitu di MAN Gumawang yang beralamatkan di Jl. B.  Diberi pengarahan dan pengertian yang baik agar tidak menimbulkan cemburu sosial yang berlebihan. karyawan ataupun para siswa. Marga Pemuka Bangsa Raja OKU Timur selama kurang lebih satu bulan yang dimulai tanggal 26 Juli 2009 sampai dengan 20 Agustus 2009 yang beranggotakan . Permasalahan yang diangkat oleh Penulis adalah kurang rasanya kekeluargaan antar karyawan sehingga menimbulkan rasa cemburu sosial antara karyawan / dewan guru yang kadang membuat rasa kurang nyaman karena tidak ada keakraban yang terjalin.Dalam hal ini penulis selama kurang lebih satu bulan ber-KKL di MAN Gumawang hamper tidak pernah menemukan permasalahan yang berpengaruh pada organisasi sekolah baik yang timbul dari para dewan guru. MAN Gumawang merupakan sebuah madrasah terfavorit di OKU Timur karena memiliki suatu organisasi yang baik dan terarah. Alternatif pemecahan masalah antara lain :  Meningkatkan rasa kekeluargaan agar tetap terjalinnya silaturahmi yang baik antar guru dan karyawan  Membiasakan diri untuk saling menyapa agar kekeluargaan selalu ada.

29 Juli 2009 Mencatat daftar pengesahan siswa baru Mengisi buku kas harian Mengajar di kelas Kamis. dua dari jurusan Matematika dan tiga dari jurusan Bahasa Indonesia Jadwal pelaksanaan KKL itu sendiri diatur oleh mahasiswa dengan persetujuan pihak sekolah tempatnya ber. 28 Juli 2009 Menyusun ijazah siswa baru Mengajar di kelas Membuat buku pembantu Rabu. Hari/ Tanggal Senin. Kegiatan di MAN Gumawang dilaksanakan pagi hari. 2009 1 3 . Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan dalam satu minggu penuh. 2009 4 Agustus Mencatat administrasi keuangan sekolah Mahasiswa KKL Sabtu.KKL.tujuh orang yaitu dua dari jurusan Bahasa Inggris. 30 Juli 2009 Menyusun ijazah siswa lama Mengajar di kelas Jum’at. 2009 Senin. 31 Juli 2009 Membantu administrasi sekolah Mengajar di kelas Agustus Mengikuti kegiatan isra’ mi’raj Menjadi juri pada lomba isra’ mi’raj Agustus Mengikuti upacara Mencatat RAPBS tahunan Mengajar di kelas Selasa. 27 Juli 2009 Jenis Kegiatan Penyerahan Mahasiswa KKL di sekolah Perkenalan dengan guru dan siswa siswi MAN Pelaksana Selasa.

2009 8 Minggu. 2009 14 15 13 Agustus Mengajar di kelas Membuat laporan KKL Agustus Membuat laporan KKL Agustus Mengikuti SKJ Mengikuti kegiatan 17 Agustus Mahasiswa KKL .Rabu. 5 Agustus 2009 Mencatat buku induk siswa Mengajar di kelas Agustus Mengajar di kelas Mengawasi siswa. 11 Agustus Mengajar di kelas 2009 Rabu. 2009 Senin.siswi latihan upacara Agustus Mengikuti SKJ Mengikuti kegiatan pengembangan diri Mengajar di kelas Mencatat dana bos Agustus Melakukan kegiatan Baksos di MAN Gumawang Agustus Mengikuti upacara Mengajar di kelas Mahasiswa KKL Kamis. 2009 Jum’at. 2009 Jum’at. 2009 12 Mengawasi siswa. 2009 Sabtu.siswi latihan PBB Agustus Membuat laporan KKL Mengajar di kelas Mencatat pengeluaran uang dari pemerintah daerah dan pusat dan lain lain Kamis. 2009 6 7 Sabtu.siswi paduan suara Selasa.siswi latihan PBB Agustus Mencatat buku induk siswa Mengajar dikelas Mengawasi siswa. 2009 9 10 Mengawasi siswa.

Kelompok 72 melakukan KKL selama 6 hari dalam 1 minggu (senin.20 Agustus 2009 dengan bobot 2 ( dua) sks.administrasi sekolah. Ada 3 (tiga) tahap pelaksanaan yang dilakukan antara lain: 1. 2. 2009 20 19 Perpisahan dengan guru dan siswa Agustus Menyelesaikan laporan KKL Mengajar di kelas Agustus Mengajar di kelas BAB IV PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN A. Pembuatan laporan yang menjadi tujuan akhir Kuliah Kerja Lapangan (KKL). 18 Agustus Mengikuti kegiatan 17 Agustus 2009 Rabu.sabtu). 2009 17 Agustus Mengikuti upacara 17 Agustus Mengikuti kegiatan 17 Agustus Selasa. . TAHAP PELAKSANAAN KEGIATAN KKL dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan pada tanggal 27 Juli. dan mengerjakan administrasi sekolah khususnya di bidang administrasi keuangan dan membantu mengajar di kelas apa bila ada guru yang tidak masuk 3. Mempelajari. 2009 Kamis. memahami. Lingkup kerja mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) yang utama adalah bidang administrasi. MAN Gumawang serta penyesuaian diri.Senin. Penyerahan anggota KKl dari dosen pembimbing kepada kepala sekolah.

ADMINISTRASI KEUANGAN A. HASIL PROGRAM KERJA MAHASISWA KKL MAN GUMAWANG OKU TIMUR 1.B.RUTIN  RAPBS tahunan  Buku kas induk dan jurnal  Buku kas harian  Buku kas pembantu  Buku catatan penerimaan dan pengeluaran uang dari pemerintah daerah dan pusat dan lain lain  Buku penerimaan dan pengeluaran uang dari pemerintah daerah dan pusat  Dana bos  RAPBS tahunan  Buku kas umum  Buku kas pembantu  Bukumkas saldo bank  Laporan pertanggung jawaban .

Penulis menjadi lebih banyak tahu tentang administrasi keuangan. PEMBAHASAN Mahasiswa KKL mempunyai tugas utama yaitu untuk mengetahui administrasi apa saja yang dibuat oleh suatu kantor dan mempelajarinya untuk menjadi tahu bagaimana untuk mengerjakan dan mengisi administrasii apa saja yang ada di suatu kantor tersebut . KESIMPULAN .C. MAN Gumawang menjadi tempat yang tepat untuk belajar tentang administrasi perkantoran khususnya tentang administrasi sekolah terutama mengenai administrasi keuangan. yang nantinya sangat berguna bagi penulis disaat sudah bekerja dan menjadi pengajar di suatu sekolah. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A.

antara lain: 1. SARAN Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan beberapa saran demi kelangsungan dan kelancaran kegiatan KKL Universitas PGRI Palembang baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang. Pelaksanaan KKL yang di berikan pihak Universitas PGRI Palembang terhadap mahasiswa sangat baik karna bisa menambah wawasan yang positif terhadap mahasiswa yang ber KKL 2. Dengan di adakan nya KKL sangat berpengaruh baik karna pihak universitas bisa bekerja sama dengan baik dengan pihak sekolah tempat mahasiswa ber KKL 3.KKL.Selama kurang lebih 1 bulan dari taggal 26 juli sampai 20 agustus 2009 mahasiswa PRGI ber KKL di MAN Gumawang dapat kami simpulkan beberapa hal antara lain: 1. Dalam memperkuat rasa persatuan dan kesatuan diantara mahasiswa dengan pihak sekolah ataupun instansi lain yang berhubungan dengan mahasiswa yang ber. ada baiknya pihak instansi dimana kami ber. Dengan di adakanya KKL mahasiswa bisa menumbuh kan rasa kekeluargaan sesama mahasiswa dan bisa mendapatkan pengetahuaan yang baru terutama di bidang administrasi sekolah B.KKL .

Di beri bimbingan yang baik tentang pembuatan laporan yang benar dan baik sehingga mahasiswa tidak kesulitan dalam pembuatan laporan dan di beri kemudahan dalam prosedur penyelesaian laporan.diberitahukan lebih jelas tentang apa dan bagaimana Kuliah Kerja Lapangan itu 2. Para mahasiswa yang ber KKL sebaik nya memilih tempat ber KKL di daerah masing –masing sehinga tidak memerlukan biaya yang ter lalu besar. . 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful