ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA PT.

RR SHIPPING INDONESIA

DEWI JAYANTI ANGKASA NIM: 0604011950

Banyakya karyawan perusahaan yang masuk sehingga sistem informasi yang diterapkan saat ini masih belum dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan sistem yang baik. diperlukan sistem informasi yang dapat mengolah data pegawai sehingga dapat memberikan laporan gaji secara akurat dan terperinci kepada pimpinan.LATAR BELAKANG  PT. RR Shipping Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan kepada perusahaan-perusahaan eskport maupun import untuk menangani cargo yang akan berlayar dari pelabuhan. Insentif pegawai dihitung berdasarkan penilaian kerajinan pegawai bekerja. sehingga hasilnya dapat diketahui saat itu juga. Pihak perusahaan saat ini belum dapat menyajikan laporan perhitungan gaji secara lengkap dan terperinci kepada pimpinan setiap saat. Dengan menerapkan sistem informasi yang didukung aplikasi dan perangkat komputer. . Dengan sistem informasi yang didukung aplikasi dan perangkat komputer. Banyaknya pegawai perusahaan pada saat ini. sistem perhitungan penggajian perusahaan dapat diawasi karena setiap transaksi yang terjadi dapat dimasukkan dengan segera ke dalam komputer.

IDENTIFIKASI MASALAH   Apakah dengan sistem informasi penggajian sekarang ini dapat memberikan kemudahan bagi pihak manajemen untuk pengelolaan gaji karyawan di perusahaan. Apakah sistem informasi yang dirancang dapat memenuhi kebutuhan yang ditetapkan oleh pihak manajemen perusahaan .

Sistem informasi penggajian dirancang dengan menggunakan Visual basic 6. daftar gaji pegawai. data pegawai. slip pinjaman. dan data pinjaman. data absensi. slip gaji. prosedur pinjaman yang terjadi di perusahaan dan prosedur penyajian laporan penggajian karyawan pada perusahaan. prosedur absensi.0 dengan aplikasi pengolah database yang digunakan adalah Microsoft Access 2003 yang dijalankan pada sistem operasi Windows XP dan laporan dirancang menggunakan Seagate Crystal Report 8. laporan absensi. Output yang dihasilkan berupa laporan pegawai.5. Sistem informasi penggajian yang dirancang juga dibatasi hanya sebatas prosedur perhitungan gaji karyawan pada perusahaan. .BATASAN MASALAH     Input yang dirancang berupa data jabatan. laporan pinjaman dan laporan jabatan.

.TUJUAN PENELITIAN   Mengetahui sistem informasi penggajian yang dilakukan oleh PT. RR Shipping Indonesia. RR Shipping Indonesia dengan membuat suatu sistem komputerisasi penggajian. Membantu PT.

. sebagai masukan guna mengambil kebijakan dalam penggunaan komputer untuk menjalankan sistem penggajian karyawan. sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktek yang sebenarnya. Bagi Akademis.MANFAAT PENELITIAN    Bagi penulis. laporan penelitian ini diharapkan dapat acuan dan dorongan dan akademis untuk dijadikan tolak ukur dan keberhasilan selama ini dalam mendidik dan m embekali ilmu bagi penulis sebelum terjun ke masyarakat. Bagi pihak perusahaan.

Observasi Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung pada objek yang diteliti. kartu absensi. RR SHIPPING INDONESIA. Wawancara Wawancara adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan tanya jawab langsung dengan orang yang berwewenang dan berhubungan langsung dengan objek yang diteliti. Penulis melakukan pengamatan secara langsung pencatatan data sumber daya manusia pada bagian personalia di PT.. . Pengumpulan data atau informasi pada metode ini dapat dilakukan dengan wawancara atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada bagian personalia PT. daftar pegawai. 2. RR SHIPPING INDONESIA. atau kepada staf yang berwenang dari PT.TEKNIK PENGUMPULAN DATA 1. RR SHIPPING INDONESIA. Metode penelitian ini dimaksudkan untuk mengambil contoh data yang berhubungan dengan cara kerja dari bentuk sistem informasi sumber daya manusia pada PT. dan laporan gaji. Sampling dan Investigasi Sampling adalah pengambilan contoh dokumen yang digunakan oleh perusahaan sedangkan investigasi adalah pengamatan terhadap dokumen tersebut untuk mendapatkan kelebihan dan kekurangan dari dokumen yang digunakan. Adapun dokumen-dokumen yang diambil sebagai contoh adalah formulir keterangan pribadi calon pegawai. 3. RR SHIPPING INDONESIA.

DIAGRAM KONTEKS Slip Pinjaman Pegawai Data Absensi Daftar Gaji Pegawai Lap. Absensi Finance Controller Data Pegawai Slip Gaji SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN GAJI Data Jabatan Data Pinjaman Pegawai 0 Lap. Pinjaman Pegawai Lap. Pegawai Laporan Jabatan Laporan Pegawai HRD Laporan Jabatan Daftar Gaji Pegawai Kasir Laporan Absensi .

0 Pinjaman Data Pinjaman Pegawai Data Jabatan 1. Pegawai Rec Pinjaman Rec Pegawai Rec Pegawai Rec Gaji D1 Pegawai Rec Pegawai Rec Pegawai Rec Pegawai Rec Pinjaman 3. Pinjaman Pegawai FINANCE CONTROLLER Rec Absensi Data Pegawai Lap. Absensi Lap.DFD LEVEL 0 Laporan Absensi Laporan Jabatan Laporan Pegawai Slip Pinjaman 5.0 Absensi HRD Rec Gaji Slip Gaji Rec Absensi 4.0 Pendataan Pegawai D2 Jabatan Rec Gaji Rec Pegawai 2.0 Lap.0 Penggajian Daftar Gaji Pegawai Kasir . Jabatan Daftar Gaji Pegawai Pegawai Data Absensi Pembuatan Laporan Lap.

pinjaman dan absensi karyawan akan diinput dalam komputer dapat mempengaruhi gaji karyawan. Dengan adanya sistem usulan ini maka dapat menyediakan informasiinformasi yang dapat digunakan oleh bagian personalia dalam mengambil keputusan dengan efekif dan efisien. slip pinjaman. gaji juga dapat dicetak langsung setiap bulan. Dengan sistem yang diusulkan. daftar gaji pegawai. jabatan. setelah komponenkomponennya diinput terlebih dahulu. laporan absensi. laporan pinjaman dan laporan jabatan yang dapat disajikan secara cepat dan akurat kepada pimpinan. Laporan yang dihasilkan adalah berupa laporan pegawai. .KESIMPULAN     Dengan adanya program gaji dengan sistem yang terkomputerisasi maka setiap pekerjaan dapat dilaksanakan dengan lebih baik serta akan lebih memudahkan jika terjadi perubahan data dan dapat menghadapi permasalahan yang dihadapi selama ini. slip gaji.

Sebaiknya sistem usulan dikembangkan lagi dengan menambahkan modul perhitungan PPh No.SARAN    Meningkatkan spesifikasi komputernya agar dalam menjalankan sistem yang diusulkan ini dapat lebih cepat dan selalu membackup data untuk menghindari masalah apabila terjadi kerusakan pada media penyimpan. 21 sesuai dengan standar yang berlaku . Diharapkan perusahaan dapat memberikan pelatihan kepada karyawan dalam menggunakan sistem usulan agar dapat memaksimalkan penggunaan sistem rancangan penulis sehingga meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. .

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful