P. 1
Fakultas Dan Program Studi Iaid Ciamis

Fakultas Dan Program Studi Iaid Ciamis

|Views: 309|Likes:
Published by Aby Setiawan

More info:

Published by: Aby Setiawan on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2014

pdf

text

original

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSALAM (IAID) CIAMIS JAWA BARAT

A. FAKULTAS SYARI’AH Fakultas Syari’ah adalah fakulutas tertua di IAID, bahkan merupkan fakultas pertama yang ada di Kabupaten Ciamis. Fakultas Syari'ah IAID didirikan berdasarkan SK Direktur Direktorat Perguruan Tinggi Agama No. Dd/I/PT/3/Nc.B-IV/3/50.336/1972 tanggal 14 Maret 1972. Visi Fakultas Syari’ah adalah menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang ilmu syari’ah yang berwawasan keindonesiaan, keilmuan yang maju dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memajukan peradaban dan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya. Sementara itu misi Fakultas Syari’ah adalah menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu syari’ah dan ilmu lainnya yang terkait yang berwawasan keIndonesiaan, keilmuan yang maju dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya. Demi mendukung tercapainya visi dan misi tersebut, Fakultas Syari’ah IAID Ciamis Jawa Barat telah memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk kegiatan belajar dan mengajar, seperti ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang dosen yang representatif untuk konsultasi, ruang pertemuan ilmiah, ruang sidang munaqasyah, juga tempat parkir yang luas dan aman. Fakultas Syari’ah memiliki dua jurusan/program studi, yaitu : Al-Akhwal asy-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga). Jurusan/I”rogram Studi ini merupakan pengembangan dari jurusan Peradilan Agama . Jurusan/Program Studi ini mendidik mahasiswa untuk menjadi sarjana yang menguasai ilmu hukum Islam dengan konsentrasi pada hukum keluarga Islam. Mereka diarahkan untuk memiliki kompetensi sebagai praktisi dan konsultan hukum di Pengadilan Agama dan peneliti muda di bidang hukum keluarga Islam.

Jinayah Siyasah (Hukum Pidana dan Ketatanegaraan Islam). Jurusan/Program Studi ini diarahkan untuk mendidik mahasiswa untuk menjadi sarjana yang menguasai ilmu Hukum Islam dengan konsentrasi pada hukum pidana dan hukum tata negara Islam. Mereka diarahkan untuk memiliki kompetensi sebagai praktisi dan konsultan hukum di Pengadilan Agama dan peneliti muda di bidang Hukum Pidana dan Tata Negara Islam.

B. FAKULTAS TARBIYAH Fakultas Tarbiyah diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 109 Tahun 1989 tanggal 27 Mei 1989. Fakultas Tarbiyah dalam perannya sebagai penyelenggara pendidikan bidang kependidikan Islam telah banyak melahirkan pemikir, pengembang dan praktisi pendidikan Islam yang turut berperan membangun Indonesia. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat global, Fakultas Tarbiyah terus menerus melakukan inovasi dan pengembangan secara sistemik dan berkesinambungan sehingga diharapkan dapat memantapkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mampu memberikan pembinaan dan pelayanan kepada sivitas akademika secara profesional. Visi Fakultas Tarbiyah IAID adalah menjadi Fakultas Tarbiyah terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang ketarbiyahan yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat. Misi Fakultas Tarbiyah IAID adalah (1) menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik di lingkungan masyarakat, madrasah/sekolah, pondok pesantren, dan masyarakat luar sekolah, (2) mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, (3) mengembangkan pengelolaan kelembagaan yang kondusif dan atmosfir masyarakat akademis religius dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi Jurusan/Program Studi , (4) mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan teori-teori pendidikan Islam di lingkungan masyarakat, madrasah/sekolah, pondok pesantren dan masyarakat luar sekolah, (5) mengembangkan pengabdian masyarakat dengan fokus pada usaha memberikan kontribusi dalam penyelesaian berbagai persoalan pendidikan aktual yang timbul di masyarakat, (6) mengembangkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, dan (7) meembangkan dan menjaga nilai-nilai, etika profesional, dan moral akademis dalam menyelenggarakan proses pendidikan. Saat ini Fakultas Tarbiyah memiliki tiga Jurusan/Program Studi , yaitu Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) , dan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

C. PROGRAM PASCA SARJANA Program Pascasarjana (PPs.S2) Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama R.I. Nomor DJ.II/306/2003 Tanggal 26 Agustus 2003. Berdasarkan SK Dirjen Bagais tersebut, Program Studi yang diselenggarakan oleh PPs.S2 IAID adalah Program Studi Pendidikan Islam. Melalui Program Studi Pendidikan Islam, orientasi keilmuan PPs.S2 IAID diarahkan pada kegiatan pendidikan untuk menghasilkan tenaga akademik yang ekspertais di bidang kajian pendidikan Islam. Orientasi keilmuan ini ditetapkan berdasarkan etika program magister yang pada hakikatnya adalah pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga dosen (lectures), tenaga ahli (experts), ilmuwan (scientiss), pemimpin bangsa (state leaders), dan pemimpin usaha (business leaders). Sesuai dengan hakikatnya itu, PPs.S2 IAID diarahkan pada orientasi akademik, yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga akademis bidang pendidikan yang memiliki: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Kemampuan mengembangkan pemikiran vertikal (thinking deeply), Kemampuan memecahkan masalah (problem solution), Kemempuan mengembangkan gagasan (idea develop-ment), Kemampuan mengembangkan pemikiran abstrak (thinking abstract), Kemampuan mengembangkan pemikiran reduktif (reductive), Kemampuan mengembangkan pemikiran analitis (analytic), Berorientasi pada penelitian (research orientation), Memiliki sikap independen (independency).

Hakikat, arah dan orientasi program pascasarjana yang dikembangkan pada PPs.S2 IAID Ciamis Jawa Barat, dalam implementasinya disesuaikan dengan visi, misi, tujuan, kompetensi lulusan, dan kurikulum program, selain juga mengacu kepada standar normatif umum (benchmark), serta disesuaikan dengan konteks lokal dan kebutuhan stakeholders. Dalam mengembangkan orientasi program tersebut, juga dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor penting yang terkait meliputi: (1) etika akademik program magister, (2) visi, misi, tujuan, dan kompetensi lulusan yang diharapkan, dan (3) rambu-rambu penyusunan kurikulum program magister.

Sumber : Buku Panduan Ta’aruf Mahasiswa Darussalam 2010

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->