Urgensi Mengetahui Fiqh Muamalah

“DINUL ISLAM”
Konpre hensif

SEMPURNA
AL-AN’AM:38

‫كافة‬
AN-NAHL:89

AL-MAIDAH:3

‫83 : ‪Al-Maidah :3, An-Nahl 89, Al-A‟nam‬‬

‫ال َي ْوم أَكم ْلت لكم دي َنكم وأَ ْتممْ ت عل ْيكم نعْ متي ورضيت لكم •‬ ‫ْ َ ْ َ ُ َُْ ِ ُْ َ َ ُ ََ ُْ ِ َِ َ َ ِ ُ َُُ‬ ‫ْاإلِسْ الَم دي ًنا‬ ‫َ ِ‬ ‫و َنز ْل َنا عليْك الك َتاب ت ْب َيا ًنا لِّكل شىْ ء وهدى ورحْ مة وبشرى •‬ ‫َ َّ َ َ َ ْ ِ َ ِ‬ ‫ُ ِّ َ ٍ َ ُ ً َ َ َ ً َ ُ ْ َ‬ ‫لِ ْلمُسْ لِمين‬ ‫ِ َ‬

‫َ ْ‬ ‫مَّافرَّ ط َنا فِي الك َتاب من شىْ ء •‬ ‫ِْ ِ ِ َ ٍ‬

AQIDAH IBADAH SYARIAH ALKHLAK MUAMALAH HUKUM PIDANA/ PERDATA EKONOMI & FINANSIAL POLITIK ASURANSI BANK PASAR MODAL LEASING PEGADAIAN SEKTOR RIEL DLL MLMS AHAD NET .

KEDUDUKAN MUAMALAH DALAM ISLAM .

Abdul Sattar Fathullah Sa’id dalam kitab Al-Muamalah fil Islam (1406 hlm.16) berkata ‫ومن ضرورات هذا االجتماع االنسان وجود معامالت ما بين‬ ‫أفراده و جماعته‬ ‫ولذالك جاءت الشريعة االلهية لتنظيم هذه المعامالت وتحقيق‬ ‫مقصودها والفصل بينهم‬ Di antara unsur dharurat (masalah paling penting) dalam masyarakat manusia adalah “Muamalah”. yang mengatur hukum antara individu dan masyarakat Karena itu syariah ilahiyah datang untuk mengatur muamalah di antara manusia dalam rangka mewujudkan tujuan syariah dan menjelaskan hukumnya kepada mereka .KEDUDUKAN MUAMALAH DALAM ISLAM Dr.

‫قد أتفق العلماء على أن المعامالت نفسها ضرورة‬ ‫بشرية‬ Ulama sepakat bahwa muamalat itu sendiri adalah masalah kemanusiaan yang maha penting (dharuriyah basyariyah) .

Keduanya terkait laksana satu tubuh dan keduanya satu tujuan. hlm.‫ان شقى الشريعة االسالمية و هما العبادات و المعامالت‬ ‫يرتبطان ارتباطا عضويا و موضوعيا ببعضهما البعض‬ Sesungguhnya dua sisi syariah Islam ialah ibadat dan muamalat. Cairo. Aswaq al-Awraq al-Maliyah. 166) . (yaitu dalam rangka ibadah dan ketaatan kepada Sang Khalik Allah Swt). IIIT. (Samir Abdul Hamid Ridwan. 1996.

Mabahits fil Iqtishad al-Islamiy. Setiap ketaatan terhadap aturan ini merupakan ketaatan kepada Allah Swt.55) ‫قال تعالى وما خلقت الجن و االنس اال ليعبدون‬ . hlm. Kuwait Darun Nafas. 2000. Jadi menerapkan sistem ekonomi Islam adalah ibadah (Muhammad Rawwas Qal‟ah. Setiap ketaatan kepada Allah adalah ibadah.‫ان االقتصاد االسالمي نظام رباني وكل طاعة لبند من بنود‬ ‫هذا النظام هو طاعة هللا تعالى وكل طاعة هلل هي عبادة‬ ‫فتطبيق النظام االقتصاد االسالمى عبادة‬ Sesungguhnya ekonomi Islam adalah aturan Tuhan.

2002)I . Dalam bidang muamalah maliyah ini. maka ia akan terperosok kepada sesuatu yang diharamkan atau syubhat. tanpa ia sadari.Mesir. (Buku Al-Iltizam bith-Thawabith asy-Syar’iyah fil Muamalat alMaliyah.Menurut Husein Shahhatah. Jika ia tidak memahami muamalah maliyah ini. seorang muslim berkewajiban memahami bagaimana ia bermuamalah sebagai kepatuhan kepada syari‟ah Allah.

menduduki posisi yang penting dalam Islam.FARDHU „AIN MEMPELAJARI MUAMALAH Fiqh Muamalah Ekonomi. Hampir tidak ada manusia yang tidak terlibat dalam aktivitas muamalah. bahkan negara. Bahkan sebagian besar waktu yang dihabiskan seorang manusia adalah untuk kegiatan muamalah. . ia mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan diri. keluarga. karena itu hukum mempelajarinya wajib „ain(fardhu) bagi setiap muslim Kewajiban itu disebabkan setiap muslim tidak terlepas dari aktivitas ekonomi.

Jangan ikuti hawa nafsu orang-orang yang memahami syari’ah (Al-Jatsiyah : 18) . Maka ikutilah syari’ah itu.SISTEM SYARI’AH ADALAH SISTEM TERBAIK CIPTAAN ALLAH YANG HARUS DIIKUTI ‫ثم جعلناك على شريعة مه األمر فاتبعها وآل تتبع أهىاء الذيه ال يعلمىن‬ Kemudian kami menjadikan bagi kamu suatu syari’ah.

Perbandingan Alokasi Waktu untuk Ibadah dan Muamalah Ibadah Mahdhah 5 x 10 menit = 50 menit Muamalah (mencari nafkah/kerja) Mulai jam 7 pagi sd jam 19.00 = 12 jam 1 : 12 Banyak kitab Yang membahasnya Ayat Terpanjang Dalam Alquran tentang muamalah Banyak kitab Yang membahasnya .

Realitas Kajian Islam (Ibadah) 1 : (muamalah) 12 Materi ini yang dominan Dibahas para Ustadz saat ini Materi ini Cenderung diabaikan dalam pengajian .

Akibat mengabaikan kajian Muamalah • Umat Islam tidak memahami fungsi uang. sehingga tanpa rasa berdosa mempraktekkan riba di bank. future trading • DPR/DPRD muslim tidak faham kebijakan fiskal Islam dalam menyusun APBD/APBN . pasar modal dan kredit-kredit lainnya • Umat Islam (bahkan tokoh agama) ikutan money game berkedok MLM. arisan berantai. asuransi. Tabungan haji di Bank Riba • Umat Islam ikutan spekulasi mata uang • Umat Islam ikutan spekulasi di pasar modal. margin trading.

dll • Ekonomi Islam sama saja dengan ekonomi konvensional . asuransi Islam dan konvensional.• Umat Islam memandang sama saja bank Islam dan bank konvensional.

(semau gue) sebagaimana larangan pada umat Nabi Syuaib Tetapi mesti sesuai dengan syari‟ah Allah.R.Tarmizi) Mengembangkan harta. kecuali orang yang telah mengerti fiqh (muamalah) dalam agama Islam” (H.Oleh karena itu. berinvestasi dan berbisnis. . Khalifah Umar bin Khattab berkeliling pasar dan berkata : ‫ال يبع في سوقنا اال من قد تفقه في الدين‬ “Tidak boleh berjual-beli di pasar kita. tidak boleh sekehendak hati.

Dalam konteks ini Allah Berfirman : َ ‫قالُوا َياشعيْبُ أَصلواتك َتؤْمرُك أَن ن ْترُك ما َيعْ بد ءا َبآإُ َنآ أَ ْو أَن‬ َ ُ ُ َ َ َّ َ ُ َ ُ ََ َ َُ َ َ َ َ َْ ُ ِ ‫نفعل َ فِي أَموالِنا مانشاؤُ ا إ َِّنك ألَنت الحلِيم الرَّ شيد‬ َ َ ْ َّ ُ َ ْ َ Mereka berkata. Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang penyantun lagi berakal (Hud:87)” . apakah agamamu yang menyuruh kamu agar kamu meninggalkan apa yang disembah oleh nenek moyangmu atau melarang kami memperbuat apa yang kami kehendaki tentang harta kami. “Hai Syu‟aib.

melainkan mesti sesuai dengan kehendak dan tuntunan Allah.• Dua ayat di atas mengisahkan perdebatan kaum Nabi Syu‟aib yang mengingkari agama yang dibawanya yang mengajarkan I‟tiqad dan iqtishad (aqidah dan ekonomi) • Ayat ini berisi dua peringatan penting. • Ayat ini juga menjelaskan bahwa pencarian dan pengelolaan rezeki (harta) tidak boleh sekehendak hati. yaitu aqidah dan muamalah • Nabi Syu‟aib mengingatkan mereka tentang kekacauan transaksi muamaah ekonomi yang mereka lakukan selama ini. yang disebut syari‟ah .

Pengertian Muamalah menurut Istilah Pengertian Luas Muamalah Pengertian Sempit .

Pengertian Muamalah (secara Luas) Menurut Ad-Dimyathi : “Suatu aktivitas keduniaan untuk mewujudkan keberhasilan akhirat” Menurut Yusuf Musa : “Peraturan-peraturan Allah yang harus diikuti dan dita‟ati dalam hidup bermasyarakat untuk menjaga kepentingan manusia” “Segala peraturan yang diciptakan Allah untuk mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam kehidupannya” .

Kesimpulan Pengertian Muamalah Secara Luas “Muamalah adalah : “Aturan-aturan Allah untuk mengatur manusia dalam kaitannya dengan urusan duniawi dalam pergaulan sosial”. .

Pengertian Sempit Khudari Semua akad yang membolehkan manusia saling menukar manfaatnya Rasyid Ridha : “Tukar menukar barang atau sesuatu yang bermanfaat dengan cara yang ditentukan” .

55) . 1966-1967. hlm. AlAdib.Mustafa Ahmad Zarqa. hak-hak dan penyelesaian sengketa”. Damaskus. “Hukum-hukum tentang perbuatan manusia yang berkaitan dengan hubungan sesama manusia mengenai harta kekayaan. (Al-Madkhal al-Fiqh Al-Am.Pengertian Muamalah secara Sempit (Khusus) Dr.

Kesimpulan Muamalah ialah : “Aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam memperoleh dan mengembangkan harta benda” Muamalah ialah “aturan tentang kegiatan ekonomi manusia” .

30. 4. pemberian fee) 21. 25. 29. 5. 35. Buyu‟ (tentang jual beli) Ar-Rahn (tentang pegadaian) Hiwalah (pengalihan hutang) Ash-Shulhu (perdamaian bisnis) Adh-Dhaman (jaminan. asuransi) Syirkah (tentang perkongsian) Wakalah (tentang perwakilan) Wadi‟ah (tentang penitipan) „Ariyah (tentang peminjaman) Ghasab (perampasan harta orang lain dengan tidak shah) Syuf‟ah (hak diutamakan dalam syirkah atau sepadan tanah) Mudharabah (syirkah modal dan tenaga) Musaqat (syirkah dalam pengairan kebun) Muzara‟ah (kerjasama pertanian) Kafalah (penjaminan) Taflis (jatuh bangkrut) Al-Hajru (batasan bertindak) Ji‟alah (sayembara. 22. 9. 41. Ba‟i Murabahah Bai‟ Salam Bai Istishna‟ Ba‟i Muajjal dan Ba‟i Taqsith Ba‟i Sharf dan Konsep Uang ‟Urbun (panjar/DP) Ijarah (sewa-menyewa) Riba Sukuk (surat utang) Faraidh (warisan) Luqthah (barang tercecer) Waqaf Hibah Washiat Iqrar (pengakuan) Qismul fa‟i wal ghanimah (pembagian fa‟i dan ghanimah) َََََََُQism ash-Shadaqat َ َ َ َ َ َ (tentang pembagian zakat) Ibrak (pembebasan hutang) Muqasah (Discount) Kharaj. 36. 7. 16. 18. Dharibah.Ushur Baitul Mal . 23. 17. 15.Ruang Lingkup Fiqh Muamalah 1. Harta dan ‟Ukud (akad-akad) 2. 37. 28. 12. 38. 24. 8. 26. 40. 32. 39. 31. 27. 13. 11. 6. Jizyah. 33. 10. 19. 34. 14. 3.

MLM Syari‟ah 10. Koperasi 8.Fungsi Uang (Moneter) 11. 6. 3.Ruang Lingkup di era Modern 1.Kebijakan Fiskal 12. 4. Perbankan Asuransi Pasar Modal Obligasi Reksadana BMT (Baitul Mal wat Tamwil) 7. Pegadaian 9. 2. 5.Kebijakan Moneter.dll .

Dalam konteks ini berkaitan dengan ekonomi Prinsip dasar paling fundamental dan vital dalam muamalah adalah mewujudkan kemaslahatan manusia ‫ان األصل فيها هو تحقيق مصالح الناس وااللتفات الى العلل‬ ‫واألسباب والظروف التي هي مناط الحكم‬ .Maslahat sebagai prinsip Muamalah Muamalat adalah aturan syari‟ah tentang hubungan sosial di antara manusia.

teori dan model ekonomi.• Sesungguhnya. Maka dalam merumuskan hukum ekonomi. prinsip dasar dalam muamalah (ekonomi syariah) adalah mewujudkan kemaslahatan manusia • Maslahah dalam muamalah itu memperhatikan (mementingkan) alasan-alasan rasional dan situasi kondisi. Illat atau alasan-alasan rasional ini merupakan tempat bergantung hukum syariah. syariah Islam memberikan perhatian sangat besar terhadap kemaslahatan manusia . konsep.

waktu dan tempat tertentu. rahasia dan tujuan kemaslahatan suatu hukum muamalat. . adat. dijelaskan secara luas illat.• Dalam muamalat. Ini mengandung indikasi agar manusia memperhatikan kemaslahatan dalam bidang muamalat dan tidak hanya berpegang pada tuntutan teks nash semata. kondisi. karena mungkin suatu teks ditetapkan berdasarkan kemaslahatan tertentu.

. .. sebagian besarnya merupakan hasil ijtihad para ulama terdahalu dalam upaya mereka merumuskan dan mengembangkan prinsip tersebut dalam bentuk praktis yang detail. Tentunya formulasi fiqh mereka banyak dipengaruhi atau setidaknya diwarnai oleh situasi dan kondisi sosial ekonomi yang ada pada zamannya Lihat Kaidah Hukum Syari‟ah berikut !!!.Rumusan fiqh muamalah yang sangat lengkap dan mendatail yang terdapat dalam kitab-kitab fiqh klasik...

keadaan. tempat.KAEDAH HUKUM SYARIAH ‫اآلحكام يتغير بتغير اآلزمنة و األمكنة‬ ‫. adat dan niat .و األحوا ل و العادات والنيات‬ Hukum dapat berubah karena perubahan zaman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful