P. 1
Guru Agen Sosialisasi[1]

Guru Agen Sosialisasi[1]

|Views: 341|Likes:

More info:

Published by: Mohd Zubir Amiruddin on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2014

pdf

text

original

SAPIE BIN SABILAN FAKULTI PENDIDIKAN KOLEJ UNIVERSITI ISLAM ANTARABANGSA SELANGOR

 Masyarakat penyayang  Role model kepada masyarakat  Penghubung kepada masyarakat.ibubapa dan kerajaan .GURU DAN SOSIALISASI  Penyebar ilmu kemasyarakatan  Pembentuk sahsiah dan sesuai dengan norma dan nilai masyarakat.

Jadi. sedangkan sosial adalah segala sesuatu mengenai masyarakat yang peduli terhadap kepentingan umum. individu dengan kelompok. proses sosial adalah tahap-tahap dalam suatu peristiwa untuk membentuk manusia bermasyarakat yang memperhatikan segi kehidupan bersama. kelompok dan kelompok. . Proses adalah tahap-tahap dalam suatu peristiwa untuk membentuk jalannya rangkaian kerja.INTERAKSI SEBAGAI PROSES SOSIAL Interaksi sosial adalah proses saling mempengaruhi dalam hubungan timbal balik antara individu dengan individu.

Pendapat Sarjana Islam Tentang Proses Sosial  * Imam al-Ghazali :  Proses sosial dapat di artikan sebagai hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia sebagai segi kehidupan bersama . ( Habl min al-nas )  * Dr Yusof Qaradawi :  Sebagai pengaruh timbal balik antara pelbagai kehidupan sebagai khalifah bersama seperti antara sosial . politik.keagamaan dan pendidikan.ekonomi . .

Salah satu macam interaksi sosial dalam pendidikan. .

Salah satu contoh proses sosial .

.PROSES SOSIALISASI .

Z. dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial  Dengan kata lain. (1985):  Bahawa proses sosialisasi adalah proses mempelajari norma.Pendapat Para Ahli Tentang Proses Sosialisasi  Laurence (1988):  Bahwa proses sosialisasi adalah proses pendidikan atau latihan seseorang yang belum berpengalaman dalam suatu kebudayaan belajar dan dalam berusaha menguasai kebudayaan sebagai aspek perilakunya  Lawang. peranan. Robert M. nilai.Proses sosialisasi adalah suatu tahap dalam pembentukan sikap atau perilaku seorang anak sesuai dengan perilaku atau norma norma dalam kelompok atau keluarga .

Proses sosialisasi sekunder adalah proses sosialisasi yang terjadi di luar lingkungan keluarga dan dapat berlangsung selama hidup seseorang. Proses sosialisasi primer adalah proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan keluarga. . Proses ini diharapkan banyak ditanamkan perilaku perilaku positif pada anak anak agar mereka tumbuh dengan perbuatan perbuatan yang sesuai dengan harapan masyarakat 2.Proses sosialisasi dibahagi menjadi dua: 1.

Keluarga 2.Agen Sosialisasi  Dalam proses sosialisasi. Teman bermain 3. Sekolah 4. terdapat pihak-pihak yang berfungsi sebagai pelaksana proses sosialisasi atau yang sering disebut sebagai agen sosialisasi  Ada 4 agen sosialisasi sebagaimana yang disebutkan oleh Fuller dan Jacobs yaitu: 1. Media massa .

yakni berinteraksi dengan ayah. Karena melalui orang tua seorang anak diberi pendidikan tentang dasar-dasar bersosialisasi pertama kali.Keluarga  Sejak seorang anak lahir. dan saudara kandungnya (keluarga inti) maupun dengan kakak. nenek . Peranan keluarga juga sangat penting karena mendidik seorang anak menjadi individu yang siap bersosialisasi di luar keluarga.  Peranan yang paling penting di dalam proses sosialisasi adalah orang tua. sepupu saudara. keluarga merupakan lingkungan pertama seorang anak memulai proses sosialisasinya . dan lainnya (keluarga luas). . ibu.

Salah Satu Contoh Gambar Agen Sosialisasi di Lingkungan Keluarga .

Tidak hanya di lingkungan keluarga. sehinga kemudian teman bermain dapat berkembang menjadi suatu huibungan yang bersahabat . teman bermain juga merupakan media sosialisasi di luar lingkungan keluarga. yang cenderung memiliki kesamaan minat ayau kepentingan . lingkungan berinteraksi seorang anakpun semakin luas.Teman Bermain  Seiring dengan bertambahnya usia. seorang aonak dapat berinteraksi dengan lingkungan sebayanya. Pada agen sosialisasi ini.

Salah Satu Contoh Gambar Agen Sosialisasi di Lingkungan Keluarga .

dan teman sebaya adalah sekolah. rumah kedua bagi seorang anak yang juga merupakan peranan penting sebagai ssrana belajar untuk seorang anak.  Guru juga merupakan agen sosialisasi di sekolah yang berperan penting terhadap penmbentukan kepribadian seorang anak .Sekolah  Agen sosialisasi yang dikenal seorang anak selain keluarga.

film. dan sebagainya) . Selain media cetak. television. internet. dan sejenisnya. majalah. brosur. juga terdapat media elektronilk seperti: Radio.Media Massa  Agen sosialisasi media massa dapat berupa media cetak yaitu (Quran. .

terdapat dua pola sosialisasi. yaitu pola sosialisasi yang bersifat represif dan partisipartoris a. Pemberian materi sebagai hukuman atau imbalan 3. Pola sosialisasi yang bersifat {represive socialization} 1. Pemberian sanksi atau hukuman terhadap kesalahan. Penekanan pada kepatuhan seorang anak terhadap orang tua  . 2.Pola Sosialisasi Menurut para ahli sosiologi.

Hukuman dan imbalan yang bersifat simbolis 2. Pusat atau fokus terletak pada anak dan keperluan anak . dan berisi perintah 2. Komunikasi yang berjalan satu arah. fisik. Komunikasi berjalan dua arah 5.1. Pemberian imbalan ketika anak berperilaku baik 3. Kebebasan yang di berikan anak 4. Pusat atau fokus terletak pada orang tua dan keinginan orang tua  Pola sosialisasi yang bersifat partisipatoris {participatory socialization} 1.

.Soalan kuiz….  Bagaimana peranan guru dalam agen sosialisasi di sekolah?  Terhadap  Terhadap  Terhadap  Terhadap  Terhadap  Terhadap pelajar Majikan rakan sejawatan kakitangan sokongan alam pendidikan islam masyarakat .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->