P. 1
BIOLOGI SEL

BIOLOGI SEL

|Views: 761|Likes:
Published by abhyi

More info:

Published by: abhyi on Dec 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

BIOLOGI SEL

1. Sel merupakan kesatuan structural makhluk hidup. Teori ini dikemukakan oleh… a. Rudolf Virchow b. Scheiden dan Schwann c. Fransisco Redi d. Aristoteles e. Robert Hooke 2. Semua sel berasal dari hasil pembelahan sel-sel sebelumnya. Sebab Sel merupakan satuan structural dan fungsional dari tumbuhan. 3. Organel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel adalah… a. Lisosom b. Ribosom c. Sentrosom d. Retikulum Endoplasma e. Nukleus 4. Pasangan nama organel dan fungsinya yang benar adalah… a. Membrane sel – Respirasi b. Nukleus – Reproduksi c. Retikulum endoplasma – Eksresi d. Mitokondria – Tranportasi e. Badan Golgi – Regulasi 5. Organel yang terlibat dalam proses pembentukan ATP adalah… 1. Kloroplas 2. Badan Golgi 3. Mitokondria 4. Retikulum Endoplasma

Badan Golgi d. Sebab Dalam protonema dibentuk anteredium dan arkegonium . Plastida 7. Dinding sel 3. Ribosom 9. Jumlah kromosom sel anak 4. Mitokondria d. Lisosom e. Sel fagosit berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Mitokondria b. Retikulum Endoplasma c. Jumlah sel anakan yang dihasilkan 2. Badan Golgi 2. Lisosom e. Inti sel 8. Kloroplas c. Lisosom 4. Besar sel yang sedang membelah 10. Badan Golgi b. Organel yang tidak dijumpai di dalam sel hewan adalah… 1. Pembelahan meiosis sel induk spora pada tumbuhan lumut terjadi di dalam protonema. sehingga organel yang paling banyak terdapat di dalam sel ini adalah… a.6. Perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis terletak pada… 1. Organel yang mengandung enzim pencernaan adalah… a. Tempat berlangsungnya pembelahan 3.

Dua ovum dan dua polosit e. 1 sel spermatozoa fungsional 4. Organ tempat terjadinya sel kelamin 4. Satu ovum dan tiga polosit d. Banyaknya sel kelamin yang dihasilkan 2. Jumlah sel kelamin yang fungsional 3. Proses spermatogenesis dan oogenesis dapat menghasilkan empat sel kelamin haploid yang fungsional. Jumlah kromosom tereduksi menjadi setengah 12. 4 sel spermatozoa fungsional 15. Gamet yang diploid 2.11. Tiga ovum dan satu polosit 14. Sebab Pada saat pembentukan sel kelamin terjadi dua tahap pembelahan meiosis. Persamaan antara spermatogenesis dan oogenesis adalah: 1. Gamet dengan n kromosom 3. sel yang masih bersifat diploid adalah: 1. Satu ovum dan dua polost c. Spermatosit I 3. Dari proses Oogenesis akan dihasilkan: a. Satu ovum dan satu polosit b. Spermatogonia 13. Hasil akhir dari proses spermatogenesis yang terjadi pada testis adalah 1. . Pada proses spermatogenesis. Spermatid 4. Spermatosit II 2.

Suplemen: 1. Spora 2. Tahap haploid pada metagenesis lumut terdapat pada: 1. Now.” “Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan... Arkegonium e.. Zigot d. Meiosis pada tumbuhan lumut terjadi dalam: a. Sporogonium 3. Protonema 4.. Anteredium 2..!!” . Sporangium b. Sporangium K’aBHy “Usaha berbanding lurus dengan hasil. Lets Do It. Gametofit c.

A. Proses yang belum dapat dijelaskan B. Etanol E. Stomata D. FADH2 . 1. Senyawa berenergi tinggi yang dihasilkan dalam siklus Krebs adalah. Mitokondria C. Nukleus B. Asetil. Tempat energi cahaya berubah menjadi energi kimia dalam sel berlangsung dalam organel…. piruvat yang diproduksi pada glikolisis dikonversi menjadi…. Tidak memerlukan energi cahaya D. Oksidasi piruvat C. Sebelum siklus asam sitrat. A. Hanya berlangsung ditempat gelap E.koA D. Tidak dapat berlangsung di siang hari 4. Kloroplas 2. A. Ribosom E. Koenzim A B. Suatu reaksi pada fotosintesis dinamakan reaksi gelap karena….. Sitrat 3.METABOLISME 1. Terjadi terutama pada malam hari C.

32 C. 30 B. Sintesis ATP dalam kloroplas. 34 ATP 7. ADP 5. electron berawal dari P700 dan berakhir pula di P700 D. Sintesis ATP di matriks mitokondria B. maka setelah melalui transfer elektron akan dihasilkan ATP sejumlah… A. Mitokondria. 28 6.2. Yang dimaksud dengan fotofosforilasi siklik ialah… A. 34 ATP e. ATP 4. 4. 10 D. NADH 3. Pada proses fermentasi oleh jamur Saccharomyces terjadi reaksi kimia berikut: C6H12O6 2C2H5OH + 2 CO2 + 28 kkal Berdasarkan reaksi kimia di atas dapat disimpulkan bahwa reaksi tersebut…. electron berawal dari P700 dan kembali di P700 C. Mitokondria. 6 ATP d. electron berawal dari P680 dan tidak kembali ke P680 8. Mitokondria. 2 ATP b. 2 ATP c. electron berawal dari P700 dan tidak kembali ke P700 E. 1. Sitoplasma. Sintesis ATP dalam kloroplas. merupakan reaksi anaerob merupakan proses katabolisme menghasilkan alcohol merupakan proses anabolisme . 20 E. Sintesis ATP dalam kloroplas. 2. Apabila pada tahap siklus Krebs dihasilkan 4 NADH2 dan 4 molekul FADH2. Sitoplasma. Tempat berlangsungnya dan jumlah ATP yang dihasilkan pada tahapan transport electron adalah: a. 3. Sintesis ATP dalam kloroplas.

dihasilkan dari proses-proses pada sistem … (1) fotosentesis (2) respirasi (3) kemosintesis (4) fermentasi 11. 13. karena fermentasi alkohol tidak … (1) dihasilkan CO2 (2) dihasilkan ATP (3) diperlukan enzim (4) dibentuk H2O 12. SEBAB Respirasi merupakan proses yang membutuhkan oksigen dan menghasilkan CO2 sebagai sisa. Pernyataan berikut yang benar dalam proses fermentasi adalah (1) hasil akhir berupa bahan organik (2) berlangsung di dalam sitoplasma (3) berlangsung tanpa oksigen (4) diproduksi ATP dan NADH2 . Respirasi adalah suatu proses yang berlawanan dengan asimilasi. diperlukan glukosa sebagai sumber energi. suatu senyawa kimia berenergi tinggi. 10. SEBAB Di dalam darah. Untuk memperoleh tenaga yang berupa ATP pada peristiwa gerakan tubuh kita. glukosa akan di oksidasi dan menghasilkan energi. karbondioksida dan air.9. Adenosin trifosfat (ATP). Proses respirasi gula secara aerob berbeda dari fermentasi alkohol.

14. kecuali. glukosa dan ATP E. Hal berikut terjadi pada proses fotosintesis. Now.. NADH dan glukosa D.!!” .. asam piruvat dan ATP C. Dihasilkan zat tepung D. asam piruvat NADH dan ATP 15. asam piruvat. asam laktat. Dihasilkan O2 B. Lets Do It. Diperlukan sinar matahari E. asam amino dan ATP B.. Dihasilkan CO2 C. A. asam laktat.. Diperlukan klorofil K’aBHy “Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan. asam laktat. Tiga hasil terpenting dari peristiwa glikosis pada proses respirasi adalah … A.

Pengambilan zat b. Penyusunan zat-zat pembentuk protoplasma oleh makhluk hidup merupakan manifestasi fungsi: a. Ciri itu termanifestasikan dalam: a. Pembentukan energi melalui oksidasi zat d. Pengaturan aktivitas sel c. Menyusun zat pembentuk protoplasma sel e. Eskresi dan Seksresi 3. Pengaturan proses di dalam sel b. Anabolisme dan Katabolisme c. Ekskresi 4. Reproduksi e. Pertumbuhan dan Perkembangan b. Regulasi merupakan salah satu ciri khas makhluk hidup.Konsep tentang hidup 1. Regulasi c. Mengeluarkan sisa-sisa metabolism dari dalam tubuh . Adaptasi 2. Sintesis d. Salah satu ciri khas makhluk hidup adalah melakukan ekskresi yang berarti: a. Pembentukan energi d. Pertumbuhan e. Adaptasi adalah contoh kegiatan makhluk hidup dalam melakukan: a. Perkembangbiakan e. Respon terhadap rangsangan d. Nutrisi b. Pertambahan volume sel c.

Redi c. Antoni van Leeuwenhoek 9. Lazzaro Spallanzani 2. Lazzaro Spallanzani 2. Transportasi 3.5. Teori biogenesis yang menyatakan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya dikemukakan oleh… a. Pasteur . Louis Pasteur 4. Franscesco Redi 3. L. Urey 8. Louis Pasteur 4. Reproduksi 4. H. Ekskresi 2. Francesco Redi 3. F. Dibawah ini adalah nama tokoh-tokoh terkemuka yang menentang pernyataan Aristoteles tentang Generatio Spontanea: 1. Antoni Van Leeuwenhoek 7. 3. Dibawah ini adalah nama tokoh-tokoh terkemuka yang menentang pernyataan Aristoteles tentang “Generatio Spontanea” 1. Spallazani d. Spallanzani diadakan penelitian dengan menggunakan air kaldu oleh… 1. L. Regulasi 6. Oparin 2. Pasteur e. Aristoteles b. Untuk membuktikan adanya biogenesis. Miller 4. Sesuatu dianggap sebagai makhluk hidup apabila mampu melaksanakan kegiatan: 1.

Menggunakan bentuk tabung yang sama 3. N. Metana 2. Omne vivum ex vivo berarti: a. Energi matahari 3. Memperoleh hasil yang sama 11. metana adalah satu-satunya senyawa sebagai sumber hidrogen. Sebab Percobaan Lazzaro Spallanzani membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari benda tak hidup. Telur berasal dari makhluk hidup d. Makhluk hidup berasal dari benda mati c. Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup 13. Reaksi kimia 15. Percobaan Spallanzani dan percobaan Pasteur mempunyai persamaan yaitu… 1. Lazzaro Spallanzani adalah ilmuwan pendukung teori abiogenesis yang dikemukakan oleh Aristoteles.10. Makhluk hidup terjadi secara spontan e. Oksigen 14. Zat hidup yang mula-mula terbentuk menurut Harold Urey tersusun dari: 1. Menurut hipotesis evolusi kimia. dan O dalam atmosfer terjadi oleh pengaruh… 1. . Hidrogen 4. Menurut teori Urey terbentuknya zat hidup dari unsur-unsur C. Menggunakan kaldu sebagai medium 2. H. 12. Amonia 3. Lecutan listrik alami 4. Makhluk hidup berasal dari telur b. Sebab Metana adalah zat organik yang paling banyak terdapat di atmosfer. Radiasi sinar kosmik 2. Bertujuan membuktikan ketidakbenaran teori abiogenesis 4.

.Suplemen: 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->