P. 1
manajemen keperawatan

manajemen keperawatan

|Views: 294|Likes:
Published by Shufriyah Sundu

More info:

Published by: Shufriyah Sundu on Dec 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2014

pdf

text

original

1.

Latara Belakang

Manajemen keperawatan pada dasarnya berfokus pada perilaku manusia. Untuk mencapai tingkat tertinggi dari produktivitas pada pelayanan keperawatan, pasien membutuhkan manajer perawat yang terdidik dalam pengetahuan dan ketrampilan tentang perilaku manusia untuk mengelola perawat profesional serta pekerja keperawatan non profesional. (Anonim. 2006. Manajemen keperawatan Dalam, http://www.jmpk online.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006.pdf.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. Pukul 22 : 39 wita) Setiap manusia merupakan kehidupan individu secara keseluruhan yang selalu mengadakan interaksi dengan dunia individu lainnya. Apa yang terjadi dengan orang tersebut merupakan akibat dari perilaku orang lain. Sikap dan emosi dari orang lain mempengaruhi orang tersebut. Bawahan sangat tergantung pada pimpinan dan berkeinginan untuk diperlakukan adil. Suatu hubungan akan berhasil apabila dikehendaki oleh kedua belah pihak. (Anonim. 2006. Manajemen keperawatan Dalam, http://www.jmpk online.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006.pdf.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. Pukul 22 : 39 wita) Bawahan memerlukan rasa aman dan akan memperjuangkan untuk melindungi diri dari ancaman yang bersifat semu atau yang benar – benar ancaman terhadap tidak terpenuhinya kebutuhan dalam situasi kerja. Atasan / pimpinan menciptakan kondisi untuk mewujudkan kepemimpinan yang efektif dengan membentuk suasana yang dapat diterima oleh bawahan, sehingga bawahan tidak merasa terancam dan ketakutan. (Anonim. 2006. Manajemen keperawatan Dalam, http://www.jmpk online.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006.pdf.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. Pukul 22 : 39 wita) Untuk dapat melakukan hal tersebut di atas, baik atasan maupun bawahan perlu memahami tentang pengelolaan kepemimpinan secara baik, yang pada akhirnya akan terbentuk motivasi dan sikap kepemimpinan yang profesional.

1. 2.

Rumusan Masalah

Apakah ada masalah yang berhubungan dengan kepemimpinan keperawatan? 1. 3. Metode Penulisan

Adapun penulisan makalah ini kelompok menggunakan metode deskriptif dalam bentuk Diskusi kelompok. Kelompok mengadakan diskusi sekaligus konsultasi dengan dosen pembimbing, yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Studi kepustakaan merupakan literatur dasar dalam mengenal masalah yang dibutuhkan, dengan melakukan studi kepustakaan kelompok menggunakan beberapa sumber serta literatur yang berhubungan dengan masalah yang dimaksud.

4. Tujuan Penulisan

1. Tujuan Umum, Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen Keperawatan. 2. Tujuan Khusus: a. Pengertian Kepemimpinan b. Teori Kepemimpinan c. Gaya Kepemimpinan d. Pemimpin yang efektif d. Kepemimpinan dan kekuasaan e. Karakteristik dari proses keperawatan f. Tahap- tahap dalam proses keperawataan g. Manajeman Keperawatan h. Fungsi – Fungsi Manajemen i. Prinsip – Prinsip Manajemen j. Proses Manajemen Keperawatan k. Prinsip-Prinsip yang Mendasari Manajemen Keperawatan l. Lingkup Manajemen Keperawatan BAB II TINJAUAN TEORITIS KEPEMIMPINAN KEPERAWATAN 1. A. Teori-teori dan Konsep Kepemimpinan dan Manajement Keperawatan 1.1 Pengertian Kepemimpinan Adabeberapa batasan tentang kepemimpinan , antara lain : Kepemimpinan adalah perpaduan berbagai perilaku yang dimiliki seseorang sehingga orang tersebut mempunyai kemampuan untuk mendorong orang lain bersedia dan dapat menyelesaikan tugas – tugas tertentu yang dipercayakan kepadanya ( Ordway Tead ). (Anonim.2010.Dalam,Teori-teori kepemimpinan http://blog tentang ilmu keperawatan.blogspot.com/2010/09/model-praktik-keperawatan profesional.html.Diakses hari senin Tanggal 12 september 2011 pukul 07 : 10 wita)

2010. dan ataupun berbuat sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkannya.2 Teori Kepemimpinan Adabeberapa yang pernah dikemukakan. namun ketrampilan ini dapat dipelajari sehingga selalu dapat diterapkan dan ditingkatkan. Ken Blanchard ). bersikap. Di dalam keperawatan kepemimpinan merupakan penggunaan ketrampilan seorang pemimpin ( perawat ) dalam mempengaruhi perawat – perawat lain yang berada di bawah pengawasannya untuk pembagian tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan sehingga tujuan keperawatan tercapai. menunjukkan. . yang mencakup interaksi antar manusia dan berfokus pada kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain. Di sini disebutkan bahwa seorang pemimpin dilahirkan.Dalam.Teori-teori kepemimpinan http://blog tentang ilmu keperawatan.Teori-teori kepemimpinan http://blog tentang ilmu keperawatan.sifat dan perilakunya mempunyai kemampuan untuk mendorong orang lain untuk berpikir.blogspot.com/2010/09/model-praktik-keperawatan profesional.com/2010/09/model-praktik-keperawatan profesional. Teori orang besar atau teori bakat Teori orang besar ( the great men theory ) atau teori bakat ( Trait theory ) ini adalah teori klasik dari kepemimpinan.(Anonim. dan memotivasi bawahan. Terry ). Kepemimpinan dalam konteks organisasi utamanya menekankan pada fungsi pengarahan yang meliputi memberitahu.2010. Teori situasi Bertolak belakang dengan teori bakat ialah teori situasi ( situasional theory ). Dapat dipahami dari empat batasan di atas bahwa kepemimpinan akan muncul apabila ada seseorang yang karena sifat. dimana seseorang sekalipun bukan keturunan . antara lain : 1.Diakses hari senin Tanggal 12 september 2011 pukul 07 : 10 wita) Kepemimpinan adalah hubungan yang tercipta dari adanya pengaruh yang dimiliki seseorang terhadap orang lain sehingga orang lain tersebut secara sukarela mau dan bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan ( Georgy R. Teori ini muncul sebagai hasil pengamatan. Setiap perawat mempunyai potensi yang berbeda dalam kepemimpinan. Fungsi manajemen ini sangat terkait dengan faktor manusia dalam suatu organisasi. (Anonim.html.Diakses hari senin Tanggal 12 september 2011 pukul 07 : 10 wita) 1. Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan dalam suatu situasi tertentu ( Paul Hersay.blogspot. 1.html.Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas seseorang atau sekelompok orang untuk mau berbuat dan mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan ( Stogdill ). artinya bakat – bakat tertentu yang diperlukan seseorang untuk menjadi pemimpin diperolehnya sejak lahir.Dalam.

Hasil pengamatan yang seperti ini melahirkan teori ekologi. dan karena itu masalah kepemimpinan banyak menjadi bahan studi. .Dalam.com/2010/09/model-praktik-keperawatan profesional. karena mereka dianggap hanya sebagai pelaksana dan pekerja saja.com/2010/09/model-praktik-keperawatan profesional.(Anonim. c. Pada .(Anonim. GayaKepemimpinan Autokratis Pada gayakepemimpinan ini ( autocratic leadership style ) segala keputusan berada di tangan pemimpin.blogspot. maka gayakepemimpinan ( leadership style ) yang diperlihatkanpun juga tidak sama.html. . ternyata dapat pula menjadi pemimpin yang baik. tetapi untuk menjadi pemimpin yang baik memang ada bakat – bakat tertentu yang terdapat pada diri seseorang yang diperoleh dari alam. namun dalam kehidupan sehari – hari sering ditemukan adanya seorang yang setelah berhasil dibentuk menjadi pemimpin. Teori Ekologi Sekalipun teori situasi kini banyak dianut. maka dalam membicarakan gaya kepemimpinan yang untuk bidang administrasi sering dikaitkan dengan pola manajemen ( pattern of management ). 1. sering dikaitkan dengan pembicaraan tentang perilaku.Diakses hari senin Tanggal 12 september 2011 pukul 07 : 10 wita) 1.2010. Pendapat atau kritik dari bawahan tidak pernah dibenarkan.Teori-teori kepemimpinan http://blog tentang ilmu keperawatan. ternyata tidak memiliki kepemimpinan yang baik. yaitu : 1. Berbagaigayakepemimpinan tersebut jika disederhanakan dapat dibedakan atas empat macam. Bertitik tolak dari pendapat adanya hubungan antara gaya kepemimpinan dengan perilaku tersebut.3 Gaya Kepemimpinan Telah disebutkan bahwa gaya kepemimpinan tersebut dipengaruhi oleh sifat dan perilaku yang dimiliki oleh pemimpin.Teori-teori kepemimpinan http://blog tentang ilmu keperawatan.Dalam. Karena sifat dan perilaku antara seorang dengan orang lainnya tidak persis sama. sehingga ia memiliki kesempatan untuk muncul sebagai pemimpin.html.Diakses hari senin Tanggal 12 september 2011 pukul 07 : 10 wita) Tegantung dari sifat dan perilaku yang dihadapi dalam suatu organisasi dan atau yang dimiliki oleh pemimpin.2010.blogspot.pemimpin. maka gaya kepemimpinan yang diperlihatkan oleh seorang pemimpin dapat berbeda antara satu dengan yang lainnya. yang menyebutkan bahwa seseorang memang dapat dibentuk untuk menjadi pemimpin. Hasil pengamatan tersebut menyimpulkan bahwa orang biasa yang jadi pemimpin tersebut adalah karena adanya situasi yang menguntungkan dirinya. Tidak ada hubungan dengan bawahan. GayaKepemimpinan Diktator Pada gayakepemimpinan diktator ( dictatorial leadership style ) ini upaya mencapai tujuan dilakukan dengan menimbulkan ketakutanserta ancaman hukuman.

serta terbinanya moral yang tinggi.Diakses hari senin Tanggal 12 september 2011 pukul 07 : 10 wita) 1.Dalam. dan bermakna bagi kelompok. 1982 ) Mengidentifikasi empat kemampuan penting bagi seorang pemimpin. Menentukan tujuan yang jelas. Mengerahkan energi yang cukup untuk kegiatan kepemimpinan 5. Memilih pengetahuan dan ketrampilan kepemimpinan dan dalam bidang profesinya. 1. rasa tanggung jawab kurang.4 Pemimpin yang efektif Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang pemimpin yang dapat mempengaruhi orang lain agar dapat bekerja sama untuk mencapai hasil yang memuaskan bagi terjadinya perubahan yang bermanfaat. Trapper (1989 ). 6. Memiliki kesadaran diri dan menggunakannya untuk memahami kebutuhan sendiri serta kebutuhan orang lain. Bennis ( Lancaster dan Lancaster. Hellander ( 1974 ) Dikatakan efektif bila pengikutnya melihat pemimpin sebagai seorang yang bersama – sama mengidentifikasi tujuan dan menentukan alternatif kegiatan. GayaKepemimpinan Santai Pada gayakepemimpinan santai ( laissez – faire leadership style ) ini peranan pimpinan hampir tidak terlihat karena segala keputusan diserahkan kepada bawahan. jadi setiap anggota organisasi dapat melakukan kegiatan masing – masing sesuai dengan kehendak masing – masing pula. membagi menjadi 6 komponen : 1. 1.html. serta keputusan yang dibuat terkadang bukan suatu keputusan yang terbaik. (Anonim. Hubungan dengan bawahan dibangun dengan baik. 1. GayaKepemimpinan Demokratis Pada gayakepemimpinan demokratis ( democratic leadership style ) ditemukan peran serta bawahan dalam pengambilan keputusan yang dilakukan secara musyawarah. yaitu . Mengambil tindakan. 2.dasarnya sifat yang dimiliki sama dengangaya kepemimpinan dictator tetapi dalam bobot yang agak kurang.Teori-teori kepemimpinan http://blog tentang ilmu keperawatan. 3. Segi positif dari gaya kepemimpinan ini mendatangkan keuntungan antara lain: keputusan serta tindakan yang lebih obyektif.com/2010/09/modelpraktik-keperawatan profesional.blogspot. Sedangkan kelemahannya : keputusan serta tindakan kadang – kadang lamban. cocok. 4.2010.Adabeberapa kepemimpinan yang efektif antara lain menurut : 1. Berkomunikasi dengan jelas dan efektif. tumbuhnya rasa ikut memiliki. Ruth M.

1.1. Menerapkan pengetahuan tentang pengembangan dan pembinaan bawahan. pola komunikasi. tetapi sebenarnya justru telah menghambatnya. Mempunyai sekelompok nilai dan kemampuan yang memungkinkan seseorang mengenal orang lain dengan baik. 3.html. 4. Dasar – dasar kekuasaan Franch dan Raven mengemukakanlimadasar kekuasaan interpersonal. nilai – nilai kemampuannya. 5. Mempunyai pengetahuan yang luas dan kompleks tentang sistem manusia ( hubungan antar manusia ).blogspot. 1. Kekuasaan legitimasi Kekuasaan yang sah adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi sehubungan dengan posisinya.com/2010/09/model-praktik-keperawatan profesional.Diakses hari senin Tanggal 12 september 2011 pukul 07 : 10 wita) 1. ekspresi dan keakraban kelompok. Karakteristik individu Pemahaman tentang karakteristik individu juga sangat penting karena setiap individu unik dan masing – masing mempunyai kontribusi yang berbeda. Seseorang dengan posisi yang lebih tinggi dalam organisasi mempunyai kekuasaan pada orang – orang yang di bawahnya.Dalam. (Anonim. 1.2010. Mempunyai kemampuan hubungan antar manusia. yaitu : 1.1982 ) Seorang pemimpin harus mempertimbangkan : 1.5 Kepemimpinan dan kekuasaan Menurut Gardner yang dikutip oleh Russel ( 2000 ) mendefinisikan kekuasaan sebagai suatu kapasitas uuntuk memastikan hasil dari suatu keinginan dan untuk menghambat mereka yang tidak mempunyai keinginan. 2.Teori-teori kepemimpinan http://blog tentang ilmu keperawatan. Kekuasaan penghargaan . terutama dalam mempengaruhi orang lain. Karakteristik kelompok Seorang pemimpin harus memahami karakteristik kelompok meliputi : norma. Gibson ( Lancaster dan Lancaster. tujuan. Kewaspadaan diri ( self awarness ) Kewaspadaan diri berarti menyadari bagaimana seorang pemimpin mempengaruhi orang lain. Kadang seorang pemimpin merasa ia sudah membantu orang lain. Kekuasaan legitimasi tidak tergantung kepada bawahan.

Pimpinan ini diutamakan memiliki proporsi peranan technical skill yang terbesar dan konseptual skill yang terkecil. pemberian hari libur dan lain – lain. Kekuasaan ini tidak terikat pada urutan tingkatan. namun seringkali menghasilkan akibat yang sebaliknya. Kelima dari tipe kekuasaan interpersonal di atas adalah saling ketergantungan karena tipe – tipe tersebut dapat dipakai dengan cara dikombinasikan dengan berbagai cara dan masing – masing dapat mempengaruhi yang lainnya. 1. Pimpinan ini menjadi saluran informasi dan komunikasi timbal balik antara Lower Manager dan Top Manager . pemberian bonus. Bawahan akan tunduk karena ketakutan. Walaupun kekuasaan paksaan mungkin digunakan untuk memperbaiki perilaku yang tidak produktif dalam organisasi. Kekuasaan kharisma Seseorang pemimpin yamg kharismatik dapat mempengaruhi orang karena benar – benar dari pribadi dan tingkah laku dari pimpinan tersebut. Kekuasaan paksaan Kekuasaan paksaan adalah kekuasaan dengan hukuman. Kekuasaan ahli Seseorang yang mempunyai keahlian khusus mempunyai nilai yang lebih tinggi. 1.6 Pimpinan dan kepemimpinan Manajer atau kepemimpinan adalah orang yang bertugas melakukan proses atau fungsi manajemen.com/./ makalah+ Manajemen + keperawatan. yakni pimpinan puncak ( di atas Middle Manager ) sehingga .Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.Pimpinan yang menggunakan kekuasaan legitimasi dapat menggunakan penghargaan untuk memperoleh kerja sama dari bawahan.(Anonim.pusat informasionline. 1.Dalam. Pimpinan tingkat pertama ( Lower Manager ) Adalah pimpinan yang langsung berhubungan dengan para pekerja yang menjalankan mesin peralatan atau memberikan pelayanan langsung pada konsumen.2011. Bawahan mungkin akan menanggapi petunjuk atau permintaan apabila pimpinan dapat menyediakan penghargaan yang bernilai . Pimpinan tingkat menengah ( Middle Manager ) Adalah pimpinan yang berada satu tingkat di atas Lower Manager. Berdasarkan hierarki tugasnya pimpinan dikelompokkan sebagai berikut : 1. Pukul 22 : 13 wita) 1. misalnya: kenaikan gaji. 1. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www.

Public Relations Adalah hubungan antar manusia ekstern keluar organisasi. dan diplomat. Hubungan antara manusia merupakan ketrampilan dalam melakukan komunikasi dengan sesama manusia lain. identifikasi. 2. Mempertahankan kegiatan 9. Human Relations Adalah hubungan antar manusia intern dalam organisasi guna membina lancarnya tim kerja. 3. Sebagai pengambil keputusan Sebagai pemikul tanggung jawab Mengerahkan sumber daya untuk mencapai tujuan sebagai pemikir konseptual Bekerja dengan atau melalui orang lain Sebagai mediator. yaitu merupakan simbul suatu kelompok dalam melakukan tugas secara hukum dan sosial. Pimpinan puncak ( Top Manager ) Pimpinan puncak adalah manajer yang menduduki kewenangan organisasi tertinggi dan sebagai penanggung jawab utama pelaksanaan administrasi. mengatur tenaga dan mengadakan pengembangan serta merupakan penghubung jaringan kerja di luar kelompok. Memelihara formaf desentralisasi organisasi 10. 4. yaitu memonitor informasi yang ada di lingkungan organisasi. 4. Konseptual skill adalah ketrampilan dalam penyusunan konsep – konsep. mempunyai tanggung jawab dan memotivasi. a. Sedangkan techmnical skill adalah ketrampilan dalam melakukan pekerjaan secara teknik. Sebagai pemberi informasi. b. 5. Mendapatkan dan mengembangkan data penelitian yang terbaik . bertindak di saat yang tepat 8. menyebarluaskan informasi dari luar kepada bawahan dan mewakili kelompok sebagai pembicara. Tugas – tugas pimpinan : 1. Peranan pemimpin terhadap kelompok: 1. Memilih suatu strategi utama yang paling efektif. Sebagai inovator atau pembaharu 3. Hubungan antar manusia ada dua jenis : 1. dan penggambaran hal – hal yang abstrak. 1. Menghimpun kekuatan 5. politikus. Sebagai penghubung interpersonal. 1. Pimpinan ini memiliki proporsi peranan konseptual skill yang terbesar dan technical skill yang terkecil. 2.pimpinan ini diutamakan memiliki kemampuan mengadakan hubungan antara keduanya. Membuat kedudukan perawat di mediamassa 7. Merangsang perdebatan masyarakat 6.

1986). Kemudian dapat dirumuskan diagnosa keparawatannya. Beberapa pengertian proses kaparawatan adalah sebagai berikut Suatu metoda pemberian asuhan keperawatan yang sistematis dan rasional (Kozier. http://www.pusat informasionline.pdf. B.jmpk online.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.pdf. dan cara pemecahan masalah. dan komunitas. Bersifat saling bergantung satu dengan yang lain. kita harus memahami langkah langkah dari proses keperawatan. 1. Pukul 22 : 39 wita) Metoda pemberian asuhan keperawatan yang terorganisir dan sistematis. Jangan menyerah tanpa mencoba. Manajemen keperawatan Dalam. Proses perawatan merupakan suatu metode bagi perawat untuk Memberikan asuhan keperawatan kepada klien. Pengkajian .Dalam.jmpk online./ makalah+ Manajemen + keperawatan.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006. Pukul 22 : 39 wita) 1.8 Tahap.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. http://www. (Anonim. 2006. Pukul 22 : 13 wita) 1. Manajemen keperawatan Dalam.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011.com/. Proses Keperawatan dan Manajemen Keperawatan Proses keperawatan Sebelum menyusun suatu asuhan keperawatan yang baik. 2006. Suatu aktifitas yang dinamika dan berkelanjutan yang meliputi interaksi perawat klien dan proses pemecahan masalah (Schultz dan Videbeck). keluarga. Bersifat teratur dan sistematis. (Anonim.7 Karakteristik dari proses keperawatan Merupakan kerangka berpikir dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien. http://www.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www.jmpk online. (Anonim. berfokus pada respon yang unik dari individu terhadap masalah kesehatan yang actual dan potensial (Rosalinda.tahap dalam proses keperawataan 1.2011.11. Manajemen keperawatan Dalam. Pukul 22 : 39 wita) Proses keperawatan bukan hanya sekedar pendekatan sistematik dan terorganisir melalui enam langkah dalam mengenali masalah-masalah klien. Mempelajari pengalaman 12.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006. 1991) (Anonim. 2006.pdf. dapat digunakan dalam keadaan apapun. Memberikan asuhan keperawatan secara individual klien menjadi puas dan menghargai kekuatan klien. namun merupakan suatu metode pemecahan masalah baik secara episodic maupun secara linier.

Dalam.2011. Sumber informasi sekunder meliputi anggota keluarga./ makalah+ Manajemen + keperawatan. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. dan spiritual. kemampuan mengobservasi dengan akurat. Pada dasarnya tujuan pengkajian adalah mengumpulkan data objektif dan subjektif dari klien. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www.pusat informasionline. Metode pengumpulan data meliputi : Melakukan interview/wawancara.2011.Dalam. Proses keperawatan dan manajemen .Pengkajian merupakan tahap awal dan dasar utama dari proses keperwatan. atau kebudayaan. Memahami secara keseluruhan situasi yang sedang dihadapi oleh klien dengan cara memperhatikan kondisi fisik.2011.Dalam. sosialkultural. Mengumpulkan semua informasi yang bersangkutan dengan masa lalu. keluarga.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. 2. 1992) mendefinisikan diagnosa keperawatan semacam keputusan klinik yang mencakup klien.Pemeriksaan fisik. psikologi.2011. Riwayat kesehatan/keperawatan. Pukul 22 : 13 wita) Data yang terkumpul berasal dari perawat-klien selama berinteraksi dan sumber yang lain. Mengumpulkan data penunjang hasil laboratorium dan diagnostik lain serta catatan kesehatan (rekam medik) (Anonim. saat ini bahkan bahkan sesuatu yang berpotensi menjadi masalah bagi klien guna membuat suatu database yang lengkap. (Mc Farland & mc Farlane./ makalah+ Manajemen + keperawatan. psikologis. Diagnosa keperawatan adalah diagnosis yang dibuat oleh perawat profesional yang menggambarkan tanda dan gejala yang menunjukan masalah kesehatan yang dirasakan klien dimana perawat berdasarkan pendidikan dan pengalaman mampu menolong klien.com/.Dalam. Tahap pengkajian terdiri atas pengumpulan data dan perumusan kebutuhan atau masalah klien. social. rekam medik.Dalam. Pukul 22 : 13 wita) 1.pusat informasionline.com/. The North American Nursing Diagnosis Association (NANDA. Data yang dikumpulkan meliputi data biologis.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. (Gordon.pusat informasionline. dan respon komunitas terhadap sesuatu yan berpotensi sebagai masalah kesehatan dalam proses kehidupan.pusat informasionline. Adapun data yang terkumpul mencakup klien. Pukul 22 : 13 wita) Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan selama pengkajian. 1997) (Anonim. orang yang berperan penting dan catatan kesehatan klien. (Anonim. Pukul 22 : 13 wita) Kemampuan perawat yang diharapkan dalam melakukan pengkajian adalah mempunyai kesadaran / tilik diri . (Anonim. Diagnosa Keperawatan Diagnosa keperawatan adalah menganalisis data subjektif dan objektif untuk membuat diagnosa keperawatan.com/. dan spiritual yagn bisa mempengaruhi status kesehatannya. (Anonim.1994). keluarga./ makalah+ Manajemen + keperawatan. kemampuan berkomunikasi terapeutik dan senantiasa mampu berespon secara efektif. emosi.2011.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. 1987. keluarga. Diagnosa keperawatan melibatkan proses berpikir kompleks tentang data yang dikumpulkan dari klien. lingkungan./ makalah+ Manajemen + keperawatan. masyarakat. dan pemberi pelayanan kesehatan yang lain.com/.

Pukul 22 : 13 wita) Perumusan masalah Setelah perawat menyelesaikan pengkajian.pusat informasionline.Dalam. Proses diagnosa keperawatan dibagi menjadi kelompok interpretasi dan menjamin keakuratan diagnosa dari proses keperawatan itu sendiri./ makalah+ Manajemen + keperawatan.pusat informasionline. Diagnosa keperawatan resiko. (Anonim. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www.2011.com/. yaitu respon manusian terhadap kindisi kesehatan atau proses kehidupan yang didukung oleh sekelompok batasan karakteristik dan termasuk factor yang berhubungan (etiologi) yang mempunyai kontribusi terhadap perkembangan atau pemeliharaan kesehatan. Tujuan dalam criteria hasil akan memberikan petunjuk bagi perawat untuk menentukan tindakan keperawatan dan untuk meningkatkan evaluasi dari perawat.com/. yaitu menunjukan respon manusia yang dapat timbul pada seseorang atau kelompok yang rentan dan ditunjang dengan factor resiko yang memberi konstribusi pada peningkatan kerentanan.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.keperawatan http://www. mencakup proses diagnosa keperawatan dan perumusan dalam pembuatan pernyataan keperawatan.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.pusat informasionline. perawat kemudian menyeleksi outkom menggunakan skala pengukuran dan pengidentifikasi rating yang diinginkan untuk bisa dicapai melalui intervensi. Pukul 22 : 13 wita) 1. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www./ makalah+ Manajemen + keperawatan. Ini berarti kata kerja digunakan untuk menunjukan tujuan yang menggambarkan tingkah laku yang mungkin diobservasi dan harus mempunyai sedikit interpretasi. risiko.pusat informasionline.2011. dan potensial dalam diagnosa keperawatan./ makalah+ Manajemen + keperawatan.2011.2011.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.Dalam. 1995) (Anonim. Tujuan harus realistic menggambarkan apa yang perawat ingin selesaikan dengan waktu yang spesifik.pusat informasionline./ makalah+ Manajemen + keperawatan.Dalam. yaitu menguraikan respon manusian terhadap tingkat kesehatan pada individu atau kelompok yang mempunyai potensi peningkatan derajat kesehatan lebih tinggi. Diagnosa keperawatan kesejahteraan.Dalam. Pukul 22 : 13 wita) Tujuan seharusnya ditulis dalam terminology tingkah laku. 3.com/.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. Pukul 22 : 13 wita) Diagnosa keperawatan actual./ makalah+ Manajemen + keperawatan.com/. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. Intervensi . (Anonim.Tipe Diagnosa keperawatan Ada tiga tipe diagnosa keperawatan menurut NANDA yaitu: (Anonim.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. Pukul 22 : 13 wita) Dalam membuat diagnosa keperawatan dibutuhkan ketrampilan klinik yang baik. (Stuart dan Sundeen. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. Perumusan pernyataan diagnosa keperawatan memiliki beberapa syarat yaitu mempunyai pengetahuan yang dapat membedakan antara sesuatu yang aktual.com/.

dan perbaikan. Hal ini sangat membahayakan klien dan perawat jika berakibat fatal. Implementasi tindakan keperawatan disesuaikan dengan rencana tindakan keperawatan. Pukul 22 : 13 wita) 4. pendidikan kesehatan. tindakan kolaborasi (terapi somatic dan psikofarma). Pada dasarnya tindakan keperawatan terdiri dari tindakan observasi dan pengawasan.Dalam. Rencana tindakan disesuaikan dengan standar asuhan keperawatan jiwa Indonesia atau standar asuhan keperawatan Amerika yang membagi karakteristik tindakan berupa: tindakan konseling.2011. Perawat menemukan reaksi klien terhadap intervensi keperawatan yang telah diberikan dan menetapkan apa yang menjadi sasaran dari rencana keperawatan dapat diterima. Pukul 22 : 13 wita) 5. dirasakan. Sebelum meleksanakan tindakan yang sudah direncanakan. (Anonim./ makalah+ Manajemen + keperawatan. dan penilaian rangkaian asuhan keperawatan pada klien berdasarkan analisis pengkajian agar masalah kesehatan dan keperawatan klien dapat diatasi. (Alfaro-LeFevre. Pada tahap ini perawat menemukan penyebab mengapa suatu proses keperawatan dapat berhasil atau gagal. pendidikan kesehatan dan tindakan kolaborasi. 1995). Implementasi Implementasi adalah pengolahan dan perwujudan dari rencana keperawatan yang telah disusun pada tahap perencanaan (Effendi. intelektual. apakah mempunyai kemampuan interpersonal. atau intervensi keperawatan.2011.Dalam.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.2011.com/.Rencana tindakan keperawatan merupakan serangkaian tindakan yang dapat mencapai tiap tujuan khusus. saling ketergantungan / kolaborasi.com/. 1994). Pada situasi nyata sering implementasi jauh berbeda dengan rencana. Proses keperawatan dan manajemen . tindakan. Pukul 22 : 13 wita) Yang biasa adalah rencana tidak tertulis yaitu apa yang dipikirkan.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. Menetapkan kembali informasi baru yang diberikan kepada klien untuk mengganti atau menghapus diagnosa keperawatan.Perencanaan merupakan dasar yang mendukung suatu evaluasi. Jenis tindakan pada implementasi ini terdiri dari tindakan mandiri.com/. Hal ini terjadi karena parawat belun terbiasa menggunakan rencana tertulis dalam melaksanakan tindakan keperawatan./ makalah+ Manajemen + keperawatan.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.pusat informasionline. itu yang dilaksanakan.Dalam.Dalam. tahapan./ makalah+ Manajemen + keperawatan. (Anonim.2011.pusat informasionline. (Anonim. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. teknik sesuai dengan tindakan yang akan dilaksanakan (Anonim. tujuan. dan tindakan rujukan / ketergantungan. perawatan berkelanjutan. Evaluasi Evaluasi mengacu kepada penilaian. Perawat juga menilai diri sendiri. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. perawat perlu memvalidasi dengan singkat apakah rencana tindakan masih sesuai dan dibutuhkan klien sesuai dengan kondisi saat ini.pusat informasionline. terapi modalitas keperawatan. dan juga tidak memenuhi aspek legal. Perencanaan keperawatan meliputi perumusan tujuan. perawatan mandiri dan aktifitas hidup sehari-hari. terapi perawatan.

Persiapan pencapaian tujuan 3.9 Manajeman Keperawatan Manajemen adalah proses untuk melaksanakan pekerjaan melalui upaya orang lain. keluarga dan masyrakat.jmpk online.(Anonim. Sedangkan Liang Lie mengatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu dan seni perencanaan. http://www. Kita ketahui disini bahwa manajemen keperawatan adalah suatu tugas khusus yang harus dilaksanakan oleh pengelola keperawatan untuk merencanakan. Gambaran apa yang akan dicapai 2.pusat informasionline. Proses evaluasi memerlukan beberapa keterampilan dalam menetapkan rencana asuhan keperawatan. Evaluasi berfokus pada individu klien dan kelompok dari klien itu sendiri. pengorganisasian dan pengontrol dari benda dan manusia untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya. termasuk pengetahuan mengenai standar asuhan keperawatan. Manajemen keperawatan Dalam. pengarahan.. Pukul 22 : 13 wita) 1. 2006.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. manajemen berfungsi untuk melakukan semua kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas – batas yang telah ditentukan pada tingkat administrasi.2011. pengobatan dan rasa aman kepada pasien. dan pengetahuan konsep teladan dari keperawatan. (Anonim./ makalah+ Manajemen + keperawatan.pusat informasionline. Pukul 22 : 13 wita) Menentukan target dari suatu hasil yang ingin dicapai adalah keputusan bersama antara perawat dank lien (Yura & Walsh.com/. Menurut P. Perenacanaan (planning).pdf. mengorganisasikan. respon klien yang normal terhadap tindakan keperawatan. Siagian. keluarga dan masyarakat. Rumusan suatu persoalan untuk dicapai . baik sumber daya maupun dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif baik kepada pasien. mengarahkan serta mengawasi sumber -sumber yang ada. Pukul 22 : 39 wita) 1. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www.pdf. (Gillies.keperawatan http://www. perncanaan merupakan : 1. (Anonim. 1988).Diakses jumat Tanggal 16 september 2011.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. Manajemen keperawatan Dalam. 2006.com/./ makalah+ Manajemen + keperawatan.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. Pukul 22 : 39 wita) Sedangkan manajemen keperawatan adalah proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui upaya staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006. 1989).10 Fungsi – Fungsi Manajemen Secara ringkas fungsi manajemen adalah sebagai berikut : a.jmpk online.Dalam. http://www.

mengatur dan menentukan apa tugas pekerjaannya. Centralization (sentralisasi) .(Anonim.jmpk online. http://www. material. Penggerak (actuating). merupakan fungsi pengawasan agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan rencana. Pengorganisasian (organizing). Pengendalian / pengawasan (controling). Division of work (pembagian pekerjaan) b. Tiap-tiap organisasi perlu perencanaan b. sebagai korektif dan pengobatan ditujukan pada fungsi organik administrasi dan manajemen. cara dan waktunya tepat. apakah orang – orangnya.4. Penilaian (evaluasi). Authority dan responsibility (kewenangan dan tanggung jawab) c. merupakan pengaturan setelah rencana. alat – alat. Adapun unsur yang dikelola sebagai sumber manajemen adalah money. minute dan market. Pukul 22 : 39 wita) 1. Ciptakan suasana bekerja bukan hanya karena perintah.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006.Sub ordination of individual to generate interest (kepentingan individu tunduk pada kepentingan umum) g. keuangan dan fasilitas. Persiapan tindakan-tindakan 5.11 Prinsip – Prinsip Manajemen Prinsip – prinsip manajemen menurut Fayol adalah a. menggerakkan orang – orang agar mau / suka bekerja. sebelum. merupakan proses pengukuran dan perbandingan hasil-hasil pekerjaan yang seharusnya dicapai. c. Hakekat penilaian merupakan fase tertentu setelah selesai kegiatan. tetapi harus dengan kesadaran sendiri.pdf. Pengendalian juga berfungsi agar kesalahan dapat segera diperbaiki. unit kerja. Unity of command (kesatuan komando) e. Renumeration of personal (penghasilan pegawai) h. macam. 2006. Dicipline (disiplin) d. Manajemen keperawatan Dalam. jenis. termotivasi secara interval d. machine. Unity of direction (kesatuan arah) f. Rumusan tujuan tidak harus tertulis dapat hanya dalam benak saja 6. methode. e.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011.

/ makalah+ Manajemen + keperawatan. Mekanisme timbal balik berupa laporan finansial. Kontrol yang digunakan dalam proses manajemen keperawatan termasuk budget dari bagian keperawatan.pusat informasionline. Pukul 22 : 13 wita) Input dari proses manajemen keperawatan antara lain informasi. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www./ makalah+ Manajemen + keperawatan.13 Prinsip-Prinsip yang Mendasari Manajemen Keperawatan Prinsip – prinsip yang mendasari manajemen keperawatan adalah : a.Dalam. Karena merupakan suatu sistem maka akan terdiri dari lima elemen yaitu input. evaluasi penampilan kerja perawat. audit keperawatan.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.pusat informasionline. prosedur yang standar dan akreditasi.i. Manajemen keperawatan seyogyanya berlandaskan perencanaan karena melalui fungsi perencanaan.12 Proses Manajemen Keperawatan Proses manajemen keperawatan sesuai dengan pendekatan sistem terbuka dimana masing – masing komponen saling berhubungan dan berinteraksi dan dipengaruhi oleh lingkungan. Manajemen keperawatan dilaksanakan melalui penggunaan waktu yang efektif. survei kendali mutu dan penampilan kerja perawat. http://www. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. pimpinan dapat menurunkan resiko pengambilan keputusan. Manajemen keperawatan Dalam. 2006.pdf.com/.com/. Pukul 22 : 39 wita) 1.2011. (Anonim. personel.com/./ makalah+ Manajemen + keperawatan. pengembangan staf dan riset. pengorganisasian. Pukul 22 : 13 wita) Output adalah asuhan keperawatan. kontrol dan mekanisme umpan balik. Stability of tenure of personal (stabilitas jabatan pegawai) k. Proses keperawatan dan manajemen keperawatan http://www. Manajer keperawatan yang menghargai waktu akan menyusun perencanaan yang terprogram dengan baik dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. (Anonim.jmpk online. . Pukul 22 : 13 wita) 1.2011. output.pusat informasionline. Equity (keadilan).Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. Proses dalam manajemen keperawatan adalah kelompok manajer dari tingkat pengelola keperawatan tertinggi sampai ke perawat pelaksana yang mempunyai tugas dan wewenang untuk melakukan perencanaan.Dalam.(Anonim. proses. (Anonim.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011.Diakses hari jumat Tanggal 16 Semtember 2011. pemecahan masalah yang efektif dan terencana.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006.Dalam. Order (ketertiban) j. pengarahan dan pengawasan dalam pelaksanaan pelayanan keperawatan. b. peralatan dan fasilitas.2011.

koordinasi dan pengendalian pelaksanaan rencana yang telah diorganisasikan. Manajemen keperawatan harus terorganisir. arah dan pengertian diantara pegawai. d. pemberian instruksi dan menetapkan prinsip – prinsip melalui penetapan standar. Memenuhi kebutuhan asuhan keperawatan pasien merupakan fokus perhatian manajer perawat dengan mempertimbangkan apa yang pasien lihat. Pelayanan kesehatan kemudian menjadi hak yang paling mendasar bagi semua orang dan memberikan pelayanan kesehatan yang memadai akan membutuhkan upaya perbaikan menyeluruh sistem yang ada.pdf. Pengendalian merupakan elemen manajemen keperawatan yang meliputi penilaian tentang pelaksanaan rencana yang telah dibuat. Pengorganisasian dengan kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan. g. Pukul 22 : 39 wita 1. Manajemen keperawatan menggunakan komunikasin yang efektif. fikir.14 Lingkup Manajemen Keperawatan Mempertahankan kesehatan telah menjadi sebuah industri besar yang melibatkan berbagai aspek upaya kesehatan. dilakukan sesuai f. supervisi. Pengarahan merupakan elemen kegiatan manajemen keperawatan yang meliputi proses pendelegasian. . Manajemen keperawatan akan melibatkan pengambilan keputusan. Kepuasan pasien merupakan poin utama dari seluruh tujuan keperawatan. Pengembangan staf penting untuk dilaksanakan sebagai upaya persiapan perawat – perawat pelaksana menduduki posisi yang lebih tinggi atau upaya manajer untuk meningkatkan pengetahuan karyawan.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. h. i. 2006. Anonim.c. yakini dan ingini. Divisi keperawatan yang baik memotivasi karyawan untuk memperlihatkan penampilan kerja yang baik.jmpk online. membandingkan penampilan dengan standar dan memperbaiki kekurangan.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006. e. Berdasarkan prinsip-prinsip diatas maka para manajer dan administrator seyogyanya bekerja bersama-sama dalamperenacanaan danpengorganisasian serta fungsi-fungsi manajemen lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen keperawatan Dalam. http://www. Komunikasi yang efektif akan mengurangi kesalahpahaman dan memberikan persamaan pandangan. Berbagai situasi maupun permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kegiatan keperawatan memerlukan pengambilan keputusan di berbergai tingkat manajerial. j.

net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006. Pukul 22 : 39 wita Keperawatan merupakan disiplin praktek klinis. Manajemen menengah 3. Anonim. Manajemen asuhan keperawatan . Berdasarkan gambaran diatas maka lingkup manajemen keperawatan terdiri dari: a. Menetapkan penggunakan proses keperawatan b. Kemampuan menerapkan pengetahuan 2. Manajemen bawah Tidak setiap orang memiliki kedudukan dalam manajemen berhasil dalam kegiatannya. Kemampuan melaksanakan fungsi manajemen b. Mengendalikan lingkungan praktek keperawatan Seluruh pelaksanaan kegiatan ini senantiasa di inisiasi oleh para manajer keperawatan melalui partisipasi dalam proses manajemen keperawatan dengan melibatkan para perawat pelaksana. http://www.Pelayanan kesehatan yang memadai ditentukan sebagian besar oleh gambaran pelayanan keperawatan yang terdapat didalamnya. Melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan diagnosa c. yaitu: 1. Menerima akuntabilitas untuk hasil – hasil keperawatan e. Kegiatan perawat pelaksana meliputi: a.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011. Menerima akuntabilitas kegiatan keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat d. Faktor – faktor tersebut adalah: 1. Manajer keperawatan yang efektif seyogyanya memahami hal ini dan memfasilitasi pekerjaan perawat pelaksana. Ada beberapa faktor yang perlu dimiliki oleh orang – orang tersebut agar penatalaksanaannya berhasil. Manajemen puncak 2. Kemampuan menjalankan peran sebagai pemimpin 4. 2006. Ketrampilan kepemimpinan 3. Manajemen keperawatan Dalam. Manajemen operasional Pelayanan keperawatan di rumah sakit dikelola oleh bidang keperawatan yang terdiri dari tiga tingkatan manajerial.jmpk online.pdf.

Manajemen asuhan keperawatan merupakan suatu proses keperawatan yang menggunakan konsep – konsep manajemen didalamnya seperti perencanaan. pengarahan dan pengendalian atau evaluasi. pasien membutuhkan manajer perawat yang terdidik dalam pengetahuan dan ketrampilan tentang perilaku manusia untuk mengelola perawat profesional serta pekerja keperawatan non profesional. baik atasan maupun bawahan perlu memahami tentang pengelolaan kepemimpinan secara baik. pengorganisasian. Anonim. http://www.pdf. Untuk mencapai tingkat tertinggi dari produktivitas pada pelayanan keperawatan. Pukul 22 : 39 wita BAB III PENUTUP 1. Manajemen keperawatan Dalam. Untuk dapat melakukan hal tersebut.Diakses jumat Tanggal 16 september 2011.jmpkonline. yang pada akhirnya akan terbentuk motivasi dan sikap kepemimpinan yang profesional. . Kesimpulan Manajemen keperawatan pada dasarnya berfokus pada perilaku manusia. 2006.net/Volume_9/Vol_9_No_03_Sept_2006. 1.

Dari waktu ke waktu kepemimpinan menjadi perhatian manusia. Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi dibanding makhluk Tuhan lainnya.PENDAHULUAN Latar Belakang Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. dan dapat dimulai dari sudut mana saja ia akan diteropong. Membicarakan kepemimpinan memang menarik. kemampuan untuk memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Persoalan kepemimpinan selalu memberikan kesan yang menarik. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik. Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri. Dengan kelebihan itulah manusia seharusnya mampu mengelola lingkungan dengan baik. kelompok dan lingkungan dengan baik. Demikian juga pemimpin dimanapun letaknya akan selalu mempunyai beban untuk mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik dan sulit. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. sikap dan gaya yang sesuai dengan situasi kepemimpinan. mengorganisasikan dan . manusia selalau berinteraksi dengan sesama serta dengan lingkungan. Hal ini menunjukkan bahkan suatu ungkapan yang mendudukkan posisi pemimpin dalam suatu organisasi pada posisi yang terpenting. dan mengawasi. Suatu organisasi akan berhasil atau bahkan gagal sebagian besar ditentukan oleh kepemimpinan. mengorganisasikan. menggerakkan. Sumber daya yang berjiwa pemimpin. PEMBAHASAN A. Tidak hanya lingkungan yang perlu dikelola dengan baik. dan syarat-syarat pemimpin yang baik. Suatu ungkapan yang mulia mengatakan bahwa pemimpinlah yang bertanggungjawab atas kegagalan pelaksanaan suatu pekerjaan. Dalam hidup. Agar orang-orang yang dipimpin mau bekerja secara erektif seorang pemimpin di samping harus memiliki inisiatif dan kreatif harus selalu memperhatikan hubungan manusiawi. Ada yang berpendapat bahwa kepemimpinan sama tuanya dengan sejarah manusia. Tugas Pokok Kepemimpinan Tugas pokok—seorang pemimpin yaitu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen seperti yang telah disebutkan sebelumnya yang terdiri dari: merencanakan. Manusia di anugerahi kemampuan untuk berpikir. tetapi dengan menggerakan orang-orang yang dipimpinnya. Terlaksananya tugas-tugas tersebut tidak dapat dicapai hanya oleh pimpinan seorang diri. paling tidak untuk memimpin dirinya sendiri. Kepemimpinan dibutuhkan manusia. karena adanya suatu keterbatasan dan kelebihan-kelebihan tertentu pada manusia. Literatur-literatur tentang kepemimpinan senantiasa memberikan penjelasan bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Secara lebih terperinci tugas-tugas seorang pemimpin meliputi: pengambilan keputusan menetapkan sasaran dan menyusun kebijaksanaan. kehidupan sosial manusiapun perlu dikelola dengan baik.

Fungsi Instruktif. secara operasional dapat dibedakan lima fungsi pokok kepemimpinan. dsb. Dalam upaya mewujudkan kepemimpinan yang efektif. bukan berada diluar situasi itu Pemimpin harus berusaha agar menjadi bagian didalam situasi sosial keiompok atau organisasinya. . mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan baik secara vertikal (antara bawahan dan atasan) maupun secara horisontal (antar bagian atau unit). Secara umum. Sehubungan dengan hal tersebut. Menjadi wakil dalam membina hubungan dengan pihak luar B. menurut Hadari Nawawi (1995:74). yang terlihat pada tanggapan orang-orang yang dipimpinya. maka kepemimpinan tersebut harus dijalankan sesuai dengan fungsinya. yang dijabarkan dan dimanifestasikan melalui keputusan-keputusan dan kebijakan pemimpin. organizing.Pelaporan b. Menjadi penggerak yang baik dan dapat menjadi sumber kreatifitas h. Membina bawahan agar dapat memikul tanggung jawab tugas masing-masing secara baik d. Fungsi kepemimpinan menurut Hadari Nawawi memiliki dua dimensi yaitu: 1) Dimensi yang berhubungan dengan tingkat kemampuan mengarahkan dalam tindakan atau aktifitas pemimpin. Pada dasarnya fungsi kepemimpinan memiliki 2 aspek yaitu : > Fungsi administrasi. Melaksanaan Fungsi Managerial. Fungsi Kepemimpinan Fungsi pemimpin dalam suatu organisasi tidak dapat dibantah merupakan sesuatu fungsi yang sangat penting bagi keberadaan dan kemajuan organisasi yang bersangkutan. directing. yaitu: 1. fungsi kepemimpinan berhubungn langsung dengan situasi sosial dalam kehidupan kelompok masing-masing yang mengisyaratkan bahwa setiap pemimpin berada didalam.menempatkan pekerja.Penyusunan Organisasi Pengarahan Organisasi Pengendalian Penilaian . 2) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksnakan tugas-tugas pokok kelompok atau organisasi. tugas-tugas pokok pemimpin antara lain : a. staffing. menurut Hadari Nawawi. yaitu berupa kegiatan pokok meliputi pelaksanaan : . > Fungsi sebagai Top Manajemen. Menciptakan iklim kerja yang baik dan harmonis f. serta memimpin dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan. yakni mengadakan planning. yakni mengadakan formulasi kebijaksanaan administrasi dan menyediakan fasilitasnya. Menyusun fungsi manajemen secara baik g. Membina bawahan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien e. Sehubungan dengan kedua dimensi tersebut.Penyusunan Rencana . controling. Mendorong (memotivasi) bawahan untuk dapat bekerja dengan giat dan tekun c. commanding.

pemimpin memberikan pelimpahan wewenang membuay atau menetapkan keputusan. Fungsi kepemimpinan yang hakiki adalah : • • • • Selaku penentu arah yang akan ditempuh dalam usaha untuk pencapaian tujuan Sebagai wakil dan juru bicara organisasi dalam hubungan dengan pihak luar. Dengan demikian. Selain itu. Hal ini terutama terikat dengan fungsi mengatur hubungan antara individu atau kelompok dalam organisasi. memiliki semangat tinggi. Fungsi konsultatif. • Mengawasi. bilamana (waktu memulai. Fungsi Delegasi Dalam menjalankan fungsi delegasi. Sebagai integrator yang efektif. melaksanakan dan melaporkan hasilnya). baik dalam pengambilan keputusan maupun dalam melaksanakannya. Sebagai komunikator yang efektif. 4. sesuai dengan posisi masing-masing. Fungsi pokok pimpinan adalah: • Memberikan kerangka pokok yang jelas yang dapat dijadikan pegangan oleh anggotanya. rasional. melainkan bagaimana pemimpin melaksanakan fungsinya sebagai pemimpin. mengendalikan dan menyalurkan perilaku anggota yang dipimpin . inti kepemimpinan bukan pertama-tama terletak pada kedudukannya daiam organisasi. dan pengawasan. dan netral. Hal tersebut digunakan manakala pemimpin dalam usaha menetapkan keputusan yang memerlukan bahan pertimbangan dan berkonsultasi dengan orang-orang yang dipimpinnya. dan memotivasi tinggi guna mencapai tujuan organisasi. Sehingga fungsi orang yang dipimpin hanyalah melaksanakan perintah. Dalam menjaiankan fungsi partisipasi pemimpin berusaha mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya. 5.Pemimpin berfungsi sebagai komunikator yang menentukan apa (isi perintah). Pemimpin dapat menggunakan fungsi konsultatif sebagai komunikasi dua arah. dan dimana (tempat mengerjakan perintah) agar keputusan dapat diwujudkan secara efektif. objektif. 2. pemimpin dapat mewujudkan melalui kegiatan bimbingan. Setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan yang dijabarkan dari tugas-tugas pokok. bagaimana (cara mengerjakan perintah). sehingga memungkinkan tercapainya tujuan bersama secara maksimal. Fungsi Pengendalian. Dalam melaksanakan fungsi pengendalian. 3. Fungsi pengendalian berasumsi bahwa kepemimpinan yang efektif harus mampu mengatur aktifitas anggotanya secara terarah dan dalam koordinasi yang efektif. harus diwujudkan karena kemajuan dan perkembangan kelompok tidak mungkin diwujudkan oleh seorang pemimpin seorang diri. Fungsi pendelegasian ini. pengarahan. fungsi pemimpin dalam mempengaruhi dan mengarahkan individu atau kelompok bertujuan untuk membantu organisasi bergerak kearah pencapaian sasaran. Fungsi delegasi sebenarnya adalah kepercayaan ssorang pemimpin kepada orang yang diberi kepercayaan untuk pelimpahan wewenang dengan melaksanakannya secara bertanggungjawab. koordinasi. Fungsi Partisipasi. Kemudian menurut Yuki (1998) fungsi kepemimpinan adalah usaha mempengaruhi dan mengarahkan karyawan untuk bekerja keras.

Pengambilan keputusan b. Pengembangan imajinasi c. Pelaksanaan kontrol dan perbaikan kesalahan-kesalahan i. penggiatan dan pengendalian rencana-rencana f. Fungsi-fungsi kepemimpinan meliputi kegiatan dan tindakan sebagai berikut: a. yaitu menyediakan suatu sistem komunikasi. Prinsip dan Fungsi Kepemimpinan. memelihara kesediaan bekerja sama dan menjamin kelancaran serta keutuhan organisasi atau perusahaan.• Bertindak sebagai wakil kelompok dalam berhubungan dengan dunia luar Fungsi kepemimpinan itu pada pokoknya adalah menjalankan wewenang kepemimpinan. Tugas Pokok Pemimpin . Pelaksanaan keputusan dan pemberian dorongan kepada para pelaksana h. Pendelegasian wewenang kepada bawahan d. Pemberian tanda penghargaan kepada bawahan yang berprestasi j. Pengembangan kesetiaan para bawahan e. Pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya g. Pertanggungjawaban semua tindakan Posted by Aynul at 3/20/2009 06:04:00 PM Labels: Makalah. Pemrakarsaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->