Oleh : Ir. Bambang Sulardiono, Msi.

Definisi :  Pernafasan : pertukaran CO2 (sisa-sisa proses metabolisme tubuh yg harus dibuang) dengan O2 (berasal dari perairan. dimana memecahnya diperlukan oksigen yang diperoleh melalului pernafasan.  Zat makanan merupakan senyawa yang mengandung energi.  Zat makanan yang diserap oleh jonjot usus kemudian oleh darah dan getah bening diangkut ke organ-organ tubuh yang membutuhkan.  Energi yg dimanfaatkan oleh tubuh harus dipecah terlebih dahulu. . dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme dsb).

 Pernafasan atau respirasi mempunyai arti : .proses pengambilan O2.pertukaran gas antara sel dengan lingkungannya .pernafasan eksternal (luar) : adalah difusi gas luar masuk ke dalam aliran darah (pertukaran O2 dari darah) . pengeluaran CO2 dan penggunaan energi yang dihasilkan oleh tubuh . sebab dalam proses tersebut ada satu enzim yang memegang peranan penting yaitu sitokrom (enzim pernafasan)  Pernafasan berlangsung melalui 2 tahap.pernafasan internal (dalam) : adalah difusi gas atau pertukaran gas dari darah ke sel tubuh . yaitu : .reaksi enzimatis.

pertumbuhan dan gerakan. aktivitas ikan : yang aktif berenang perlu O2 >> 3. O2 sangat penting untuk proses metabolisme. o Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan ikan akan O2: 1. yang menghasilkan energi. Jenis kelamin : ikan betina membutuhkan O2 >> 4.  KH + O2 ----------. Stadia reproduksi .CO2 + H2O + Energi + sisa pembakaran o E untuk aktivitas reproduksi. ukuran dan umur (standia hidup) : ikan-ikan kecil membutuhkan O2 >> 2.

dsb o pada embrio dan larva : pada kulit dan kantung kuning telur o Insang.organ tambahan mengambil O2 dari udara.tulang lengkung insang . .tulang tapis insang . labirin.paru-paru.terutama insang .Organ-organ pernafasan :  mengambil O2 dari perairan  letak? .daun insang . bagian-bagiannya : .

berfungsi dalam sistem pencernaan untuk mencegah keluarnya organisme makanan melalui celah insang 3.Fungsi bagian-bagian insang : Tulang lengkung insang sebagai tempat melakatnya tulang tapis insang dan daun insang. berfungsi sebagai dalam sistem pernafasan dan peredaran darah. Tulang tapis insang. mempunyai banyak saluran-saluran darah dan saluran syaraf 2. 1. tempat terjadinya pertukaran gas O2 dengan CO2. Daun insang. .

terdorong ke arah daerah insang.Mekanisme pernafasan :  Pertukaran gas CO2 dan O2 terjadi secara difusi ketika air dari habitat yang masuk melalui mulut. sedangkan CO2 yang dikandung di dalam darah akan dikeluarkan ke perairan.  Darah yang sudah banyak mengandung O2 kemudian diedarkan kembali ke seluruh organ tubuh dan seterusnya.  O2 yang banyak dikandung di dalam air akan diikat oleh hemoglobin darah. .

menuju tempat pemasukan air c. Perairan harus mengandung O2 cukup banyak 2.Hal-hal yang berkaitan dg sistem pernafasan : 1. menuju tempat air yg berarus 3. menuju permukaan b. Bila perairan kurang O2. Daun insang harus dalam keadaan lembab . ikan akan mengalami : a.

Tiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamen yang banyak mengandung lamela (lapisan tipis). .  Pada filamen terdapat pembuluh darah yang mengandung kapiler sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran gas O2 dan CO2. Alat pernafasan ikan berupa insang (branchia).  Inspirasi : O2 dari air masuk ke dalam insang yang kemudian diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan tubuh.  Ekspirasi : CO2 dari jaringan bersama darah menuju ke insang dan selanjutnya dikeluarkan dari tubuh.

200 ml/l Oleh karena itu untuk ikan befrbeda dengan di darat.d. Air mengandung O2 kurang dari 10 ml/liter (air laut     kira2 9 ml/l) Udara . . hingga yg aktif hanya 4 pasang. Insang ikan sebenarnya ada 5 pasang. namun 1 pasang mengalami rudimenter. lipatan-lipatan halus yg banyak sekali. yg t. Harus mempunyai permukaan yang luas . – dengan insangnya.

 Bagian dalam dari insang menghadap pharynx. sedang bag luar ditutup oleh tutup insang. . yaitu mengatur pengeluaran air dalam rangka pernafasan tersebut. disebut operculum  Pada ikan elasmobranchia tidak ada operculum. Dan insangnya langsung berhub dg air disekitarnya. berfungsi sepeeti operculkum.  Sebagai gantinya terdapat spiracle .

Daun insang.  CO2 dari darah reduksi & O2 dari darah oksi – mengalami pertukaran. disebut gill filament : merupakan lembaran halus yang dijumpai kapiler2 darah. dan dibawahnya terdapat pipa-pipa kapiler darah yg dindingnya t.  bercabang-cabang yg lebih halus lagi. pipa kapiler darah membentuk anyaman. bagian luarnya terbalut oleh selaput tipis yg terdiri dari sel-sel epitheel. disebut lamell.  Pada lamell . disebut anyaman “jala kapiler”  Lamell.Bagian-bagian insang 1. .  Anyaman jala kapiler .d sel-sel endotheel. antara darah dan air hanya terpisah oleh 2 selaput tipis epitheel & endotheel.

arteria btranchial afferent . o Terdapat jar pengikat (melekatnya 2 jar pembuluh darah). Lung insang Sering disebut “gill arch” atau lengkung ionsang o Fungsi : . jalan bagi darah reduksi dari jantung dibersihkan di insang. pembuluh darah yg membawa (jalan ) dari insang –ke aorta dorsal.arteria branchial efferent. .2. yaitu . unt kemudian dibagikan ke seluruh tubuh. . . o Terdapat baik pada ikan elasmobranch atau teleostei. .tempat melekatnya bagian ionsang yg lain.penyangga insang secara keseluruhan.

d.3. tulang kecil-kecil berbentuk duri halus 9pada ikan pemakan fitoplankton).  Fungsi : menyaring makanan yg masuk  Pemilihan makanan atas dasar ukurannya. Saringan insang  T. bukan jenisnya. . Dan kasar pada ikan predator.

Proses pernafasan  Inspirasi : membuika mulut – rongga mulut diperbesar.hingga tek diluar (air) lebih besar daripada tek dari dalam mulut. – air masuk dalam mulut dan poperculum ditutup. o Expirasi : mulut ditutup – rongga mulut diperkecil-tek dalam rongga mulut menjadi lebih besar dari tek air diluar. sehingga air keluar melalui celah-celah insang .

. Ikan yang hidup di tempat berlumpur mempunyai labirin yang merupakan perluasan insang berbentuk lipatan berongga tidak teratur.  Misal pada ikan lele dan ikan gabus.  Labirin berfungsi untuk menyimpan cadangan oksigen sehingga ikan tahan pada kondisi kekurangan oksigen.