TUGAS INDIVIDU MATA KULIAH POLITIK DUNIA Mengenai: PENGKAJIAN KRISIS GLOBAL DI AMERIKA MELALUI TEORI STABILITAS HEGEMONI

Dosen: ALIYUNA

Disusun oleh:

Mega Mustika/170210070067

JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PADJADJARAN JATINANGOR 2009

liberalisme.htm>[23/02/09] melainkan juga memberikan keuntungan bagi negara lain seperti negara berkembang dan . Adanya keinginan dari negara tersebut untuk membuat kebijakan yang dibutuhkan agar menciptakan dan memelihara tatanan ekonomi liberal. 2004. neoliberal. neorealis. dan investasi internasional. Realisme. Mempunyai sumberdaya yang cukup sehingga memungkinkan dirinya menjadi pemimpin.com/about/njweekly/stories/2006/1201nj1. The Theory of Hegemonic Stability. Hampir semua perspektif dalam hubungan internasional mengambil bagian dalam pengembangan teori ini sehingga sulit untuk menjelaskan teori ini secara teratur. namun menerangkan mengapa Teori stabilitas hegemoni menjelaskan bukan penting di hirarki tertinggi termotivasi tidak hanya bagi dirinya mengenai perang dan damai yang menjadi inti dari sub-bidang kaji hubungan internasional negara-negara mempromosikan rejim internasional yang menguntungkan terbelakang. dia memfokuskan pandangannya kepada peranan dari kepemimpinan negara1 Paul Starobin. Hegemonic stability theory. Teori stabilitas hegemoni menaksir bahwa sistem internasional yang relatif terbuka dan stabil sangat dimungkinkan untuk terjadi jika terdapat sebuah dominasi atau negara hegemoni. pertama kali didukung oleh Charles Kindleberger pada tahun 1970an. keuangan. Adanya komitmen kepada sistem yang dipercaya memiliki keuntungan bersama untuk mayoritas negara-negara. teori struktural ikut menuangkan ide-idenya dalam teori ini. Melalui <http://nationaljournal. 2. Sebuah negara dapat dikatakan sebagai hegemoni apabila memenuhi beberapa kriteria di antara lain:1 1.Realisme dan Teori Stabilitas Hegemoni Hegemonic Stability Theory merupakan sebuah teori hibrid yang ditulis oleh berbagai perspektif hubungan internasional. Teoritisi stabilitas hegemoni membedakan definisi hegemoni dengan menekankan kapasitas kekuatan militer untuk mengendalikan tatanan dunia dan kapasitas kekuatan ekonomi untuk menentukan dan mendikte aturan yang mengendalikan perdagangan. 3.

Melalui <http://www. dan para penstudi realis tradisional lainnya mengidetifikas distribusi power di antara negara-negara sebagai faktor utama dalam menjelaskan keterbukaan dan stabilitas dari ekonomi internasional. The Globalization of World Politics. Sistem internasional tercirikan dalam kondisi anarki yang statis.mtholyoke. dan penciptaan kompetisi blok-blok regional. An Introduction to International Relation. yang menekankan bahwa sebuah sistem 2 Helen Milner.htm>[23/03/09] 3 . Negara merupakan kesatuan dari aktor-aktor rasional. "International Political Economy: Beyond Hegemonic Stability. Stephen Krasner." Foreign Policy.4 Dasar pemikiran ini kemudian menelurkan teori stabilitas hegemonik. cit. 4 Helen Milner. op. 3 John Baylis dan Steve Smith. ia juga menilai bagaimana tuntutan dalam distribusi kapabilitas mempengaruhi ekonomi dunia. 110. Ia harus memperhatikan keamanan negara sendiri (egoisme negara). asumsi realism yang relevan dengan EPI antara lain:3 • • • • Bahwa aktor yang diakui dalam sistem internasional adalah negara yang berdaulat dalam sebuah sistem internasional. self-help untuk survival.negara besar contohnya. ketidakstabilan. hal 162-177.2 Hal yang menarik ketika menganalisis Ekonomi Politik Internasonal (EPI) dari sudut pandang realis adalah gagasan akan pentingnya negara tetap dipertahankan. 2005. akan tetapi tidak boleh melupakan relative gain. Robert Gilpin. Spring 1998. dan distribusi konflik. Selain itu. sehingga negara melakukan. Inggris pada abad ke-19 dan Amerika Serikat pada abad ke-20. Teori stabilitas hegemoni ini berkenaan dengan pentingnya dominasi dari satu negara untuk eksistensi ekonomi dunia yang terbuka dan stabil. Realis sebagai teori tertua dalam studi hubungan internasional menekankan negara sebagai aktor tunggal dalam sistem internasional yang keberadaannya tidak dapat diganggu gugat. keamanan. No. Sebaliknya.edu/acad/intrel/hegstab. teori ini menyatakan bahwa penurunan dari hegemon cenderung untuk diasosiasikan dengan penutupan pasar. Apapun aspek yang berkenan dengan interaksi dalam sistem internasonal selalu berkaitan dengan negara. Ketika hegemon bersedia untuk menyelaraskan dan menertibkan negara-negara lainnya sehingga masing-masing negara merasa cukup aman untuk membuka pasarnya dan terhindar dari kebijakan untuk membiayai negara-negara miskin. Sebagai pendekatan yang memfokuskan diri pada power.

2001. tetapi menjelaskan bagaimana sistem anarki internasional yang melekat dengan realisme tradisional bisa diimbangi dengan keberadaan dari hegemon atau negara yang memiliki power dan legitimasi untuk membuat dan memaksakan aturan-aturan dari sistem internasional. adanya negara kuat yang dapat memenuhi kebutuhan dunia yang disebut dengan “perdagangan bebas” internasional.5 Dalam perkembangan perspektif realis.8 Gilpin menyimpulkan bahwa periode hegemoni Amerika Serikat dalam sistem internasional akan berakhir dan Jepang akan muncul sebagai pemegang potensial hegemoni 5 Rizki S. hal 14 8 Ibid. Gilpin berupaya untuk mengkombinasikan studi politik internasional dengan kekuatan ekonomi internasional. Secara definitif. 2007. Secara fenomenal. and Hegemony: A Critique of Dr. Lima Puluh Pemikir Studi Hubungan Internasional. Melalui < http://id. Ia beranggapan bahwa pertumbuhan ekonomi yang saling bergantung akan merusak suatu negara dan mengurangi pentingnya kekuatan pemaksaan dalam menentukan pengaruh perekonomian dunia. Teori hegemonic stability dari sudut pandang realis tidak akan menjadi fenomenal dengan ketiadaan dari Robert Gilpin. atau dengan membuat (b) rejim dagang yang terbuka.wordpress. .7 Argument dasar dari Gilpin adalah pasar tidak dapat berkembang dalam memperoduksi dan mendistribusi barang dan jasa tanpa keberadaan negara sebagai prasyarat utama. Saputro. Pencapaian-Pencapaian Ekonomi Politik Internasional. teori stabilitas hegemoni berfokus kepada standar asumsi realis mengenai keunggulan negara-negara dan upaya mengejar power. 7 Martin Griffith. 6 Bukan berarti tanpa hegemoni sistem dari anarki tersebut tidak ada. Perdagangan bebas internasional mengandaikan ketergantungan kepada banyak faktor yang diduga kuat sebagai penyebab kehancuran. pasar bergantung kepada pada perpindahan dengan mekanisme harga yang efisien-barang dan jasa yang dapat dibeli dan dijual antar pengusaha-pengusaha swasta yang menggantikan hak kepemilikan. Hal ini bisa dilakukan oleh negara dengan membentuk (a) aliansi ekonomi. 2008. Structure. ia mengeluarkan pendapat yang bertolak belakang dengan para penstudi hubungan internasional lainnya. Daniel Drezner’s Take on the Financial Crisis.com/tag/wacana-dan-pemikiran-barat/>[26/03/09] 6 Galen Smith. hlm 15. Namun pasar itu sendiri bergantung kepada negara yang membuat dengan sedikit intervensi dari negara tersebut berupa peraturan dan pajak yang tidak dapat dibuat oleh pasar itu sendiri.ekonomi internasional yang terbuka dapat stabil manakala power terdistribusikan secara hegemoni. misalnya. Theory.

Gilpin percaya bahwa keruntuhan kekuasaan Amerika disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Gramsci menjelaskan bahwa hegemoni merupakan sebuah proses penguasaan kelas dominan kepada kelas bawah. Melalui <http://synaps. yang di dalamnya sebuah konsep tentang kenyataan disebarluaskan dalam masyarakat baik secara institusional maupun perorangan. Di sini penguasaan dilakukan tidak dengan kekerasan. (ideologi) mendiktekan seluruh cita rasa. Bentuk-bentuk persetujuan masyarakat atas nilai-nilai masyarakat dominan dilakukan dengan penguasaan basis-basis pikiran. mengganggu keutuhan ekonomi liberal antarnegara. atau kekuasaan yang melebihi kekuasaan yang lain10. 11NN.dalam hubungan internasional.wordpress.htm. hlm 19 10 Andrew Heywood. hal 190. kemampuan kritis. kebiasaan moral. 2008. 1997.com/2008/08/teori-hegemoni. Konsep hegemoni menjadi trend setelah digunakan sebagai penyebutan atas pemikiran Gramsci yang dipahami sebagai ide yang mendukung kekuasaan kelompok sosial tertentu. John Storey menjelaskan konsep hegemoni untuk mengacu kepada proses sebagai berikut:13 …sebuah kondisi proses di mana kelas dominan tidak hanya mengatur namun juga 9 Ibid. Teori Hegemoni. Pengantar Hegemoni.12 Di sini terlihat adanya usaha untuk menaturalkan suatu bentuk dan makna kelompok yang berkuasa . 9 Amerika sebagai Hegemoni Istilah hegemoni berasal dari bahasa Yunani. 2005.com/2008/08/teori-hegemoni. Politics. khususnya dalam makna intelektual dan moral. melainkan melalui bentuk-bentuk persetujuan masyarakat yang dikuasai. Adapun teori hegemoni yang dicetuskan Gramsci adalah:11 Sebuah pandangan hidup dan cara berpikir yang dominan. S.htm>[24/03/09] 12 Harry W. yaitu hegemonia yang berarti memimpin. Melalui <http://utchanovsky. kepemimpinan. cit 5 . prinsipprinsip religius dan politik. serta seluruh hubungan-hubungan sosial. op. dan kelas bawah juga aktif mendukung ide-ide kelas dominan. dan kemampuan-kemampuan afektif masyarakat melalui konsensus yang menggiring kesadaran masyarakat tentang masalah-masalah sosial ke dalam pola kerangka yang ditentukan lewat birokrasi (masyarakat dominan).com>[24/03/09] 13 http://utchanovsky.

Kemunculan ekonomi yang dinamis dan kompetitif yang menantang posisi dominan dari Amerika Serikat. Hegemoni terjadi pada suatu masyarakat di mana terdapat tingkat konsensus yang tinggi dengan ukuran stabilitas sosial yang besar di mana kelas bawah dengan aktif mendukung dan menerima nilai-nilai. ide. namun Amerika Serikat masih dianggap sebagai negara hegemon. Amerika Serikat masih sanggup memenuhi kebutuhannya sendiri dalam hal penyediaan energi dan bahan-bahan 14 Hegemony. norma. dan rezim yang terbuka dan stabil. “salah satu keistimewaan dari hegemoni Amerika Serikat adalah keringkasannya. Walaupun Amerika Serikat telah mencapai kedudukannya sebagai hegemon.mengarahkan masyarakat melalui pemaksaan “kepemimpinan” moral dan intelektual. Jepang setelah mengalami kehancuran di segala aspek mulai merangkak naik menjadi salah satu negara yang kuat. 3. Kecenderungan dari Amerika Serikat untuk mengembangkan dirinya secara berlebihan dalam aspek militer dan ekonomi. Efek-efek yang dtimbulkan oleh semakin meningkatnya kekuatan negara lain seperti Jepang dan negaranegara di Eropa. Kecenderungan dari free riders untuk meningkatkan pembukaan ekonomi lebih daripada yang dilakukan oleh Amerika Serikat. tujuan dan makna budaya yang mengikat dan menyatukan mereka pada struktur kekuasaan yang ada. tetap tidak menggoyahkan hegemoni negara tersebut. 2. perdagangan. Amerika Serikat juga memberikan dorongan bagi negara-negara lainnya untuk patuh terhadap rezim. Amerika Serikat sebagai hegemoni memainkan peranan sebagai pembuat dan pemelihara dari sistem moneter. Ini dikarenakan kriteria dari negara hegemon masih dapat dipenuhi oleh Amerika Serikat. hegemoni bukan merupakan sebuah keadaan yang stabil. Negara-negara di Eropa juga mulai melebarkan sayapnya ke berbagai aspek dengan peningkatan kemampuan teknologi. Kegoncangan yang terjadi di dalam negeri dan penguatan pengaruh dari negara lain dapat meruntuhkan keadaan relatif tersebut.”14 Alasan-alasan yang mengakibatkan kemunduran dari hegemoni Amerika Serikat adalah:15 1. dan aturan dalam sistem internasional melalui penghargaan dan pemaksaan.pdf 15 Ibid . Berdasarkan pandangan Robert Keohane. Ketika hegemoni Amerika Serikat dirasa mengalami penurunan power-nya sejak tahun 1970an.

melainkan memberi dukungan atas pernyataannya tersebut. kebijakan politik. Sehingga fokus dari ketertarikan para penstudi teori stabilitas hegemoni saat ini adalah kebangkitan Amerika Serikat sebagai negara super power. Terpenting. Pasar dari Amerika Serikat dianggap sebagai salah satu pasar yang fleksibel terutama dalam hal tenaga kerja. nilai-nilai demokrasi yang menjadi ideologi Amerika Serikat dianut oleh berbagai negara di dunia. Dalam hal kepemilikan modal. menjadikan Amerika Serikat sebagai negara paling kuat dalam bidang militer maupun ekonomi. Pemboman atom yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Nagasaki-Hiroshima menjadikan Amerika Serikat sebagai negara yang paling ditakuti di dalam perpolitikan internasonal. Situasi ini mengembalikan kekuatannya sebagai negara hegemon. Selain itu Amerika Serikat merupakan negara yang paling maju dalam hal teknologi informasi dan efek dari budaya Amerika yang disalurkan melalui media cetak mapun elektronik telah berkembang seemikian rupa hingga masih diadaptasi oleh kebudayaan negara lain. Krisis Global Amerika Serikat Krisis ekonomi yang menimpa Amerika Serikat pada awal tahun 2008 menjadi 7 . Ketika masyarakat dunia membutuhkan barang dan jasa untuk mempertahankan dirinya setelah perang yang parah. Amerika Serikat masih dianggap sebagai negara yang menjanjikan untuk investasi sehingga jumlah investasi luar negerinya tetap tinggi. Dengan berakhirnya Perang Dingin dengan keruntuhan Uni Soviet. Amerika Serikat mampu untuk menyediakan semua ketiadaan yang diperlukan oleh negara-negara di Eropa. Namun ini tidak berlangsung lama ketika Great Depression dan Perang Dunia II mengguncang hegemoni Amerika Serikat. Sesudah Perang Dunia II berakhir. keruntuhan Amerika Serikat dan dampaknya bagi sistem ekonomi internasional.mentah. Di samping itu. Perekonomian Amerika Serikat kembali berkembang pesat. ekonomi. Masyarakat dunia pun tidak ambil pusing. keberadaan Amerika Serikat sebagai hegemoni. Kejayaan yang kembali diraih oleh Amerika Serikat semakin menguatkannya untuk beranggapan bahwa dunia berada dalam kepemimpinannya. Amerika Serikat telah menjadi negara hegemon semenjak berakhirnya Perang Dunia II. dan keamanan Amerika Serikat tetap diperhitungkan oleh negara-negara di dunia karena dianggap berkaitan dengan kepentingan masing-masing negara terkait dengan pengaruhnya dalam sistem internasional.

Seluruh negara di dunia mengalami kegemparan. 4. 6. Berbagai kerja sama internasional dan regional digalang untuk menyelesaikan masalah ini. ketakutan akan kemerosotan ekonomi yang baru saja dirasakan telah terasa dapat diatasi setelah 10 tahun yang lalu mengalami krisis ekonomi yang dianggap parah.35 trilyun dollar yang mengurangi pendapatan negara. Mitsubishi UFJ. Hal-hal yang disinyalir menjadi penyebab krisis ekonomi Amerika Serikat adalah:16 1. krisis ekonomi global ini diramalkan akan tetap berlangsung hingga tahun 2010 atau bahkan lebih parah di tahun-tahun selanjutnya jika penanganan yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Krisis Global dan Teori Stabilitas Hegemoni Mengkaji hubungan antara teori stabilitas hegemon dengan krisis global yang dialami oleh negara Amerika Serikat. Terdapat progam pengurangan pajak korporasi sebesar 1. Walau demikian. Northern Rock. 3. Subprime Mortgage: Kerugian surat berharga property sehingga membangkrutkan Merryl Lynch.98 trilyun dollar AS sedangkan PDB hanya 13 trilyun dollar AS.kejadian paling fenomenal pada abad ke-21 ini. Goldman Sachs. UBS. Penumpukan hutang nasional hingga mencapai 8. 2. Keputusan suku bunga murah yang mendorong spekulasi. Semua negara dunia sekarang ini berusaha agar imbas dari krisis ekonomi Amerika Serikat tidak menghempaskan perekonomian dunia seperti Great Depression yang terjadi pada tahun 1927. merupakan sebuah hal yang kompleks. Pembengkakan biaya Perang Irak dan Afganistan. Tidak hanya mengkaji 16Kompas 27 Januari 08 . CFTC (Commodity Futures Trading Commision) sebuah lembaga pengawas keuangan tidak mengawasi ICE (Inter Continental Exchange) sebuah badan yang melakukan aktifitas perdagangan berjangka dimana ECE juga turut berperan mengdongkrak harga minyak hingga lebih dari USD 100/barel 5. Krisis ekonomi yang menimpa Amerika Serikat tidak hanya mengakibatkan kerugian bagi negara ini tetapi juga kerugian bagi negaranegara di dunia yang secara tidak langsung telah bergantung kepada Amerika Serikat.

memberikan pemaparan yang fenomenal mengenai jatuh bangun negara ini serta ramalannya akan masa depan Amerika Serikat melalui bukunya yang berjudul The Political Economy of International Relation (1987). namun juga bagaimana dampak dari krisis global ini bagi Amerika Serikat sendiri dan bagi negara-negara yang bergantung kepadanya serta ketidakstabilan sistem internasional dikarenakan ketidakmampuan dari hegemon untuk menciptakan pasar yang terbuka dan stabil. Amerika Serikat dianggap sebagai hegemoni yang memiliki kekuasaan dominan dalam percaturan sistem internasional. Ketergantungan yang terjalin antarnegara-negara di dunia dengan sumberdaya yang dimiliki Amerika Serikat menciptakan hubungan yang semakin kompleks dalam sistem internasional itu sendiri. Perspektif realis berkenaan dengan teori stabilitas hegemoni mencenderungkan dirinya kepada negara sebagai aktor yang menentukan keberlangsungan dari sistem internasional. Penstudi hubungan internasional seperti Robert Gilpin. Melalui teori stabilitas hegemoni ia mampu meramalkan hal demikian dikarenakan teori ini merupakan pendekatan historikal. negara-negara berkembang dan terbelakang mau tidak mau harus patuh terhadap semua kebijakan yang dibuat oleh negara tersebut baik melalui bujukan ataupun pemaksaan. Dalam berbagai hal. keruntuhan dari hegemoni negara ini telah diramalkan sebelumnya. Keberadaan hegemoni dalam sistem internasional yang anarki menciptakan perekonomian internasional yang lebih terbuka dan kondusif dikarenakan adanya sebuah kekuatan dominan yang mengatur. Akibat dominasi dari Amerika Serikat. Walaupun demikian. Amerika Serikat berusaha menciptakan pasar yang terbuka dan stabil sebagai bentuk komitmennya menjadi negara hegemon. Amerika Serikat setelah Perang Dunia I merupakan negara yang paling berpengaruh 9 . Rezim yang dihasilkan melalui hegemoni ini semakin menguatkan posisi Amerika Serikat sebagai super power. Ia mengkaji fenomena-fenomena yang pernah terjadi sebelumnya di masa lampau kemudian mesinkronisasikan dengan realita yang terjadi sekarang ini. Jauh sebelum jurang kehancuran menghampiri Amerika Serikat. Hingga saat ini. Gilpin menyimpulkan bahwa periode hegemoni Amerika Serikat akan berakhir dan Jepang muncul sebagai pemegang potensial hegemoni dalam hubungan internasional.tentang bagaimana perekonomian Amerika hingga mengalami kemerosotan. posisi sebagai hegemon yang diambil oleh Amerika Serikat mampu menciptakan ketertiban dalam sistem internasional.

Kekayaan penduduknya melebihi rata-rata kekayaan penduduk lainnya di belahan negara manapun. Namun keadaan ini tidak berlangsung lama ketika terjadi Great Deppression dan Perang Dunia II meletus. Amerika Serikat tetap sibuk memproduksi barang-barang kebutuhan. Pada saat itu. Industri tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Anggapan Gilpin bahwa Jepang mampu untuk menggantikan dominasi dari Amerika Serikat dikarenakan ia melihat kekuatan ekonomi Jepang yang lebih stabil daripada Amerika Serikat jika terjadi guncangan ekonomi kembali. Ketika negara-negara di Eropa sibuk berperang. Pada saat itu. Amerika Serikat tidak mengalami kekurangan apapun karena ketidaksertaannya dalam perang tersebut. pasar tidak cukup kondusif untuk menyalurkan faktor produksi.dalam sistem internasional. menjadikannya sebagai hegemoni global. faktor internal dan eksternal yang tidak bersahabat tersebut muncul Amerika Serikat telah mengganggu keutuhan ekonomi liberal antarnegara. Menurut Gilpin. Walaupun Jepang mengalami . Masalah internal yaitu kurangnya konsumsi dari produksi yang berlebihan mengakibatkan kerugian di berbagai sektor produksi dan keadaan eksternal yang tidak memungkinkan pasar untuk terbuka dan stabil karena Perang Dunia II menyulitkan negara ini untuk mengekspor hasil produksi. muncullah Amerika Serikat sebagai negara yang telah memiliki kemajuan teknologi dan kelimpahan produksi. Amerika Serikat terlalu serakah dalam hal kekayaan sehingga terus memproduksi barang dalam jumlah besar tanpa memikirkan pasar yang tidak kondusif. Pengaruh dari Amerika berkurang dan memasuki masa suram. Eropa mengalami kehancuran besar-besaran setelah terjadinya perang. Untuk memenuhi kebutuhannya. dan pemerintahan masih berusaha untuk membangun negaranya sesudah kehancuran. Negara yang besar sekalipun jika tidak memiliki pondasi yang kokoh akan hancur seiring waktu. Ia terlalu berharap akan laba yang tinggi dengan memaksakan keadaan yang tidak kondusif sedangkan negara tersebut tidak siap untuk mengantisipasi faktor eksternal yang mungkin terjadi. Ketika negara-negara di Eropa kekurangan bahan mentah dan tenaga kerja akibat perang. negara-negara di Eropa mengimpor semua kebutuhan hidupnya dari Amerika Serikat. Teori stabilitas hegemoni melihat ini dikarenakan ketidaksiapan dari Amerika Serikat untuk menanggung beban sebagai negara dominan dalam sistem internasional. Pada tahun 1980an. Amerika Serikat menjadi negara peminjam utama sementara Jepang telah menanamkan nilai surplus kapitalnya dalam jumlah besar yang diinvestasikan ke Amerika Serikat. Kemakmuran tak pelak lagi diperoleh Amerika Serikat.

Keserakahan para pemilik modal untuk memperoleh laba yang semakin besar dari hari ke hari malah menekan perekonomian Paman Sam ini. Tetapi. Jepang menjadi salah satu negara yang bergantung kepada kebaikan Amerika Serikat. Pemerintah Jepang pada 22 Maret 2009 mengatakan bahwa ekonomi negara itu sedang berada dalam krisis terdalam sejak Perang Dunia II. setelah mengalami kemerosotan ekonomi tahunan sebesar 12. Jatuhnya perekonomian Amerika Serikat ini merupakan bentuk penurunan dari hegemon yang mengakibatkan penutupan pasar. Alamak! Jepang Kian Sekarat. ketidakstabilan. melainkan perekonomian seluruh negara d dunia diakibatkan ketergantungan yang telah dibentuk oleh Amerika terhadap negara-negara di dunia. Tak pelak lagi. 2009. Sejak berakhrirnya Perang Dunia II.html>[29/03/09] 11 . Melalui <http://www. Sebelumnya Jepang dipandang sebagai yang relatif kebal terhadap krisis gobal. Negara yang telah hancur lebur akibat pemboman atom tidak akan mudah membangun negaranya kembali tampa campur tangan pihak ketiga. Berbagai faktor internal kembali meruak sebagai penyebab dari kegagalan pasar di Amerika. Amerika Serikat kembali mengalami guncangan dengan krisis ekonomi yang melanda.inilah.7% pada kuartal terakhir 2008. ternyata ekonomi Jepang telah menjadi salah satu korban terparah dari krisis ekonomi global terburuk dalam satu dasawarsa terakhir. Pada awal tahun 2008. Tidak hanya perekonomian Amerika Serikat saja yang jatuh. kinerja terburuk dalam hampir 35 tahun.17 Kemerosotan perekonomian yang dialami oleh Jepang merupakan bukti bagaimana ketergantungan terhadap hegemoni menjadi titik tolak keberhasilannya atau keruntuhannya. Jepang dan Uni Eropa yang merupakan sekutu dari Amerika Serikat ikut mengalami kepahitan dari imbas krisis global. teori Gilpin yang kontroversial sepertinya tidak berhasil walaupun telah terjadi guncangan ekonomi seperti yang diharapkannya.kehancuran setelah Perang Dunia II.com/rubrik/ekonomi/makro. Sementara jumlah uang yang dikeluarkan Amerika Serikat untuk melawan Uni Soviet pada masa itu menimbulkan kesulitan bagi Amerika untuk menjaga kemampuannya bersaing sekaligus menjaga eksistensinya sebagai hegemoni. Dengan 17 NN. Perekonomian Jepang dari hari ke hari mengalami kemerosotan. dan penciptaan kompetisi blok-blok regional. Amerika Serikat membantu pemulihan perekonomian Jepang sehingga mengalami kemajuan yang pasti. perekonomian Amerika jatuh dan menggoyahkan statusnya sebagai negara hegemon.

segala bantuan yang diberikan oleh Amerika dan investasi yang ditanamkan di Negeri Sakura tersebut. Pada akhirnya. negara tersebut mensubsidi diri mereka sendiri tanpa kejelasan seberapa besar jumlah subsidi yang harus dikeluarkan negara untuk memulihkan perekonomian negaranya sendiri. semakin memperjelas kedudukannya di kawasan Asia Tenggara. Pandangan Gilpin yang kontroversial telah mengalami penyimpangan yang jauh. teori stabilitas ekonomi ini harus dikembalikan kepada akarnya. hubungan regional antarnegara semakin kuat dengan ketidakmampuan hegemon untuk menciptakan pasar yang terbuka dan stabil. mempermudah akses kredit termasuk trade financing. Uni Eropa sebagai institusi regional semakin menguatkan proteksi terhadap perekonomian negaranegara anggotanya. para pemimpin ASEAN menyambut peningkatan kebijakan makroekonomi. Bahkan krisis global yang terjadi pada tahun tersebut semakin memantapkan eksistensi Amerika serikat dalam perekonomian internasional. Dampak yang dirasakan oleh negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa tidaklah begitu dahsyat. Pada penutupan ASEAN summit di Hua Hin. Tetapi. Sesuai dengan inti teori stabilitas hegemoni. Sekarang. Yang sebenarnya terjadi sekarang ini adalah jika terjadi kegagalan pada negara hegemon akan mengakibatkan kehancuran pasar dan ketidakstabilan dari politik dunia. pelonggaran kebijakan moneter. Ketika krisis global tahun 1997. Saham-saham milik perusahaan multinasional yang berada di Amerika Serikat turut ambruk begitu gelombang krisis ekonomi melanda seperti yang dialami oleh Mitsubishi UFJ. termasuk stimulus fiskal. dan langkah-langkah untuk mendukung sektor swasta . Berbagai negara termasuk Indonesia disubsidi oleh Amerika Serikat dan sekutunya guna memulihkan kemerosotan perekonomian domestik. Jepang menjadi salah satu negara yang disegani di Kawasan Asia. yang mengalami imbas paling parah adalah kawasankawasan di benua Asia. ketergantungan ekonomi yang dimiliki oleh Jepang terhadap Amerika juga memberikan dampak buruk dimana kala Amerika mengalami krisis moneter. ASEAN yang tampak diam-diam saja dalam satu dekade ini. Tidak hanya Uni Eropa. Berbagai suntikan dana dan pembuatan kebijakan sehubungan dengan moneter diambil untuk memulihkan kembali perekonomian di negara-negara anggota. Thailand. Kehancuran perekonomian Amerika Serikat telah menciptakan kehancuran perekonomian negara-negara di seluruh dunia melalui efek domino yang tak terbayangkan.

dengan kemenangannya pada Perang Dingin. Tidak akan mudah jika masyarakat dunia berniat untuk mengganti mata uang yang selama ini telah dipakai dengan mata uang lain sekalipun telah dibentuk kesepakatan penggunaan mata uang global. Upaya yang dilakukan oleh Amerika Serikat untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh US Dollar. masih dapat ditemui penggunaan US Dollar ketika dibentuk kesepakatan untuk kerjasama. sistem internasional anarki tidak akan dapat diimbangi. Uang yang disimpan dalam bentuk investasi atau deposito di bank-bank internasional memiliki satuan mata uang US Dollar. Telah puluhan dekade masyarakat dunia menggunakan US Dollar sebagai satuan mata uang.guna menstimulasi permintaan domestik. Selain itu. Negara akan saling berebut kekuasaan demi mengejar kepentingan negaranya masing-masing sehingga tatanan dunia tidak akan kondusif untuk mencptakan keterbukaan dan kestabilan 18 NN. Melalui <http://www. jauh sebelum kehancurannya sekarang ini. Walaupun demikian. Setiap transaksi internasional dihitung dengan satuan US Dollar.inilah. Walaupun di daerah Eropa telah menggunakan Euro sebagai satuan dalam transaksi internasional. apakah dominasi dari Amerika Serikat akan berlanjut? Melalui analisis rezim dari teori stabilitas hegemoni. Amerika Serikat telah menciptakan satuan mata uang dunia yaitu mata uangnya sendiri. Inilah Langkah ASEAN Hadapi Krisis. Krisis global ini memberikan contoh bahwa keberadaan suatu negara sebagai hegemon bisa bergeser dengan kemunculan faktor eksternal dan internal yang tidak diduga.htm>[24/03/09] 13 .18 Yang menjadi perhatian. Hampir seluruh negara di dunia menganut nilai-nilai demokrasi dengan Amerika Serikat sebagai percontohannya. semakin memantapkannya sebagai mata uang internasional. hegemoni bukanlah suatu yang stabil. hegemoni tetaplah harus ada. Amerika Serikat telah melebarkan sayap ideologi demokrasi ke berbagai penjuru dunia. Melalui Bretton Wood System. 2009.com/rubrik/ekonomi/makro. Hal ini memberikan peluang bagi Amerika Serikat untuk tetap memegang kendali di tahuntahun berikutnya. US Dollar. Satu hal yang patut digarisbawahi. Tanpa hegemoni. Amerika Serikat telah membentuk berbagai rezim yang sulit untuk dihapuskan. Tidak pelak lagi jika setiap kebijakan luar negeri bahkan kebijakan domestik yang diambil oleh Amerika Serikat akan mempengaruhi kebijakan negara-negara lainnya di dunia. goncangangoncangan yang terjadi bisa melumpuhkan negara dominan kapan saja.

pasar. .

com/rubrik/ekonomi/makro. Melalui <http://www. 2009. "International Political Economy: Beyond Hegemonic Stability.com/tag/wacana-dan-pemikiran-barat/>[26/03/09] Harry W. Alamak! Jepang Kian Sekarat. 2001. 2005. The Globalization of World Politics.inilah.wordpress.htm>[24/03/09] NN. Melalui <http://utchanovsky. and Hegemony.com/2008/08/teorihegemoni. Institute of Business and Economic Research. Structure.edu/acad/intrel/hegstab. 2009." Foreign Policy. John Baylis dan Steve Smith. Teori Hegemoni. 1997. 2007. Hegemonic Stability Theory and Economic Analysis: Reflections on Financial Instability and the Need for an International Lender of Last Resort. Lima Puluh Pemikir Studi Hubungan Internasional. S. 2008.com/rubrik/ekonomi/makro. 2005.com>[24/03/09] NN. Saputro.htm>[23/03/09] Rizki S. Inilah Langkah ASEAN Hadapi Krisis. Berkeley) Paul Starobin. An Introduction to International Relation.mtholyoke.DAFTAR PUSTAKA Andrew Heywood. No. Spring 1998. Melalui <http://www.inilah. Galen Smith. 2004. Melalui < http://id. Politics. Pencapaian-Pencapaian Ekonomi Politik Internasional. 2008. The Theory of Hegemonic Stability. Oxford: Oxford University Press Martin Griffith.htm>[24/03/09] Hegemony. Melalui <http://www.html>[29/03/09] NN. 110. Pengantar Hegemoni. Melalui <http://nationaljournal.wordpress. London: Bath Press. PT. Theory.com/about/njweekly/stories/2006/1201nj1. Melalui <http://synaps. Raja Grafindo Persada: Jakarta Barry Eichengreen.pdf Kompas 27 Januari 08 15 . Center for International and Development Economics Research (University of California.htm>[23/02/09] Helen Milner.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful