Latar belakang, pengertian, dan implikasi

 Gerakan liberalisme dalam bidang ekonomi.  .gerakan individualisme di Eropa khususnya Inggris.

Ide pasar bebas yang bergerak menurut mekanisme pasar. Adam Smith (1723-1790) ◦ lewat bukunya “The Wealth of Nations (1776) menjadi awal munculnya politik ekonomi modern yang kemudian menjadi ideologi kapitalisme. . menolak campur tangan pemerintah di bidang bisnis dan pasar.

sumber daya alam boleh dikuasai oleh perorangan. pabrik. ◦ Negara hanya diperkenankan mengelola sektor jasa saja (kantor pos. mesin. pendidikan. Pemilikan Perorangan (individual ownership) ◦ Alat-alat produksi seperti tanah. dll). .

 Perekonomian Pasar (market economy) ◦ mekanisme penawaran dan permintaan barang diserahkan pada kebutuhan naik turunnya pasar (produsen dan konsumen). ◦ negara sama sekali tidak diperbolehkan ikut campur dalam penentuan harga tersebut. .

ia yang menang (survival of the fittest) . siapa yang bermodal kuat. Persaingan (competition) ◦ Implikasi obyektif dari kebebasan berproduksi produsen dan kebebasan memilih konsumen. ◦ Monopoli tidak dilarang. sehingga berlaku hukum rimba.

.  Keuntungan menjadi ciri pokok kapitalisme karena adanya tiga kebebasan dalam sistem kapitalis :  ◦ kebebasan berdagang dan menentukan pekerjaan ◦ kebebasan hak pemilikan ◦ kebebasan mengadakan kontrak.Keuntungan (profit).

   .   Masyarakat yang serakah Industrialisasi Kolonealisasi ◦ Gold ◦ Gospel ◦ Glory  Masyarakat terbagi dalam dua: ◦ KAPITALIS (BORJUIS) ◦ PROLETAR (BURUH) .