ABSTRAK Rendahnya prestasi belajar matematika siswa, dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah siswa

kurang termotivasi dalam belajar yang disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang tepat. Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) merupakan bagian dari matematika, pada umumnya, prestasi siswa pada materi SPLDV sangat rendah. Maka untuk mengatasi masalah tersebut penulis akan mengajarkan materi SPLDV dengan model Quantum Teaching, karena dalam Quantum Teaching mempunyai kerangka belajar yang sesuai dengan materi SPLDV, dan dapat dijadikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Quantum Teaching dapat secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi SPLDV di kelas X MAN Model Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah 9 kelas dari 11 kelas yang ada di kelas IX MTsN Model Banda Aceh pada tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 396 orang siswa. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas IX7 sebagai kelas eksperimen dan IX8 sebagai kelas kontrol.
Pengambilan kelas ini dilakukan dengan cara acak, dan hasil diskusi dengan guru yang bersangkutan. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan α = 0,05 atau 5%.

Dari hasil pengolahan data, ternyata thitung > ttabel yaitu 8,31 > 1,67 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan teori Polya Plus meningkat dibandingkan tanpa menggunakan teori Polya Plus.

Kemudian hasil observasi aktifitas siswa juga efektif serta respon siswa juga positif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. . Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes awal dan tes akhir. Ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model Quantum Teaching secara signifikan meningkat daripada siswa yang diajarkan tanpa menerapkan model Quantum Teaching dalam memahami materi SPLDV di kelas X MAN Model Banda Aceh. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan α = 0.67 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. ini menjadi suatu masalah sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi SPLDV.50 sudah masuk dalam katagori baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi peningkatan prestasi belajar dengan model Quantum Teaching dalam pembelajaran materi SPLDV di kelas X MAN Model Banda Aceh. Dari hasil pengolahan data tes siswa. Demonstrasikan. model pembelajaran ini mempunyai enam kerangka tahapan belajar yaitu Tumbuhkan. dan angket respon siswa. Ulangi dan Rayakan (TANDUR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Model Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Quantum Teaching dapat secara signifikan meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran materi SPLDV di kelas X MAN Model Banda Aceh. Hasil observasi terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Quantum Teaching diperoleh rata-rata 4.05 atau 5%. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. ternyata thitung > ttabel yaitu 2. Dalam proses pembelajaran matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) siswa mengalami kesulitan mengaitkan pengalaman sehari-hari dengan materi yang diajarkan. observasi guru dan observasi siswa.ABSTRAK Untuk menarik minat belajar siswa dalam belajar matematika diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik yang diajarkan. aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching. Pembelajaran yang menarik minat siswa dapat menimbulkan motivasi siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa sesuai dengan apa yang diharapkan. Namai. Sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas kontrol. kemudian melakukan evaluasi terhadap siswa dengan melakukan tes dan yang terakhir melihat respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan model Quantum Teaching. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah model Quantum Teaching.83 > 1.

10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful