KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK

)

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Media dan Sumber Belajar Dosen Pengampu: Sri Wahyuni, M.KPd.

Disusun Oleh III G PGSD

Dwi Hestiningrum

(201010430311513)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2011

4. 4.Dalam kegiatan pembelajaran. penggunaan media berbasis TIK memungkinkan peserta didik dapat mempelajari suatu kompetensi dasar (KD) secara runtut. Memanfaatkan Pertukaran Data (Information sharing) yang secara interaktif dapat dilihat setiap saat di komputer. interaktif dan inovatif sehingga diharapkan semua kompetensi tercapai secara utuh dan terpadu. peserta didik dan sesama peserta didik atau pendidik dan sesama pendidik dapat berkomunikasi dengan relatif mudah tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler. 5. Keunggulan Media Berbasis TIK Media berbasis TIK memiliki keunggulan antara lain sebagai berikut: 1. Pendidik dan peserta didik dapat menggunakan media atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui jaringan intranet atau internet. 2. Beberapa karakteristik Media berbasis TIK antara lain : 1. di mana pendidik dan peserta didik. A. 2. Memanfaatkan teknologi elektronik. Memanfaatkan teknologi multimedia. sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh media dipelajari. Peserta didik dapat belajar atau menelaah media sewaktu-waktu karena media dapat tersimpan di komputer. Berubahnya peran peserta didik dari yang biasanya pasif menjadi aktif serta mempunyai ketertarikan pada materi yang sedang dibahas. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media ataupun teknologi jaringan / computer network). sistematis. Karakteristik Media Berbasis TIK Peran penting Media berbasis TIK dalam proses pembelajaran didasari oleh karakteristik Media yang lebih kompleks dibanding jenis media lain. Memberikan kemudahan bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk menjelaskan hal-hal yang abstrak. 3. Menggunakan media bersifat mandiri (self learning materials) disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh pendidik dan peserta didik kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya. tidak membosankan dan pada akhirnya memotivasi peserta didik untuk belajar mandiri 3. B. sehingga suasana pembelajaran menjadi menarik. .

pendidik dapat mengawasi proses pembelajaran peserta didik di mana waktu dan tempat sudah ditetapkan. tempat dan waktu. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TIK merupakan hal yang tidak mudah. 2002. media dikelompokkan dalam dua jenis. peserta didik dapat menggunakan media berbasis TIK di mana mereka belajar pada waktu dan dengan kecepatan yang diinginkan. Dengan demikian. . Dalam menggunakan media tersebut harus memperhatikan beberapa teknik agar media yang dipergunakan itu dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tidak menyimpang dari tujuan media tersebut. dalam hal ini media yang digunakan adalah Komputer dan LCD Proyektor. Soekartawi. Tersedianya fasilitas e-moderating di mana pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak. Dari pernyataan tersebut di atas dapat dikategorikan bahwa media Komputer dan LCD Proyektor meupakan media rancangan yang mana didalam penggunaannya sangat diperlukan perancangan khusus dan didesain sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan. Dengan demikian media ini hendaknya menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran khususnya PKn. diperlukan media yang interaktif agar peserta didik menjadi tertarik sehingga tidak meninggalkan pembelajaran. 1999. 6. yaitu media jadi karena merupakan komoditi perdagangan yang terdapat di pasaran luas dalam keadaan siap pakai ( media by utilization ) dan media rancangan yang perlu dirancang dan dipersiapkan secara khusus untuk maksud dan tujuan pembelajaran tertentu”. 1997. Berbeda halnya di luar ruang kelas. 1997) Di ruang kelas. (Elangoan. Utarini. Arief S. Perangkat keras ( hard ware ) yang difungsikan dalam menginspirasikan media tersebut adalah menggunakan satu unit computer lengkap yang sauah terkoneksikan dengan LCD Proyektor. Sadiman ( 1996 : 83 ) mengatakan bahwa : “Ditinjau dari kesiapan pengadaannya.5. C. Baik pendidik maupun peserta didik dapat melakukan diskusi dan berinteraksi melalui fasilitas-fasilitas internet yang dapat dilakukan secara kelompok/group. Mulvihil.

Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping). komputer dapat diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara otomatis. tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi mahasiswa yang lebih cepat (fast learner). Komputer memungkinkan mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.a. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan. 1. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Dengan kata lain. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat mahasiswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Komputer juga dapat dirancang agar dapat memberikan . Komputer sebagai Media Pembelajaran Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Kelebihan Komputer Heinich dkk. yang diistilahkan dengan "kesabaran komputer". komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar mahasiswa. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang lambat (slow learner). Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan. (1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada medium komputer. dapat membantu mahasiswa yang memiliki kecepatan belajar lambat.Disamping itu.

Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer. dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Masalah lain adalah compatabilitydan incompability antara hardware dan software. musik dan animasi grafik (graphic animation).preskripsi atau saran bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar tertentu. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan. (Benny A. pemeliharaan. terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Hal ini me-nyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat simulasi. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada . komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Penggunaan program simulasi dapat mengurangi biaya bahan dan peralatan untuk melakukan percobaan. Disamping itu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual learning). Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahu-an dengan tingkat realisme yang tinggi. Keuntungan lain dari penggunaan komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif kecil. pengadaan. Lebih jauh. kapasitas memori yang dimiliki oleh komputer memungkinkan penggunanya menayangkan kembali hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya. Disamping memiliki sejumlah kelebihan. Pribadi dan Tita Rosita. 2002:11-12) 2. Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna. Hasil belajar sebelumnya ini dapat digunakan oleh siswa sebagai dasar pertimbangan untuk melakukan kegiatan belajar selanjutnya. Kekurangan Komputer Selanjutnya Benny dan Tita (2000) memberi penjelasan. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Contoh yang tepat untuk ini adalah program komputer simulasi untuk melakukan percobaan pada mata kuliah sains dan teknologi.

Informasi dan Komunikasi memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. merancang dan memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah. CCF memberi kemungkinan bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan interaksi pembelajaran langsung antar individu. misalnya dalam mengolah kata. 2002:13-14) D. Interaksi pembelajaran dengan menggunakan jaringan komputer tidak saja dapat dilakukan secara individual. yaitu (1) teknologi berfungsi sebagai alat (tools). Jaringan komputer/internet memberi kemungkinan bagi pesertanya untuk melakukan komunikasi tertulis dan saling bertukar pikiran tentang kegiatan belajar yang mereka lakukan. 2) Teknologi berfungsi sebagai . Hal ini dimungkinkan dengan diciptakannya sebuah alat bernama modem. individu dengan kelompok. dan kelompok dengan kelompok (Mason. b. tetapi juga untuk menunjang kegiatan belajar kelompok. Biasanya sistem ini dilakukan melalui surat elektronik atau E-mail. Jaringan komputer dapat dirancang sedemikian rupa agar dosen dapat berkomunikasi dengan mahasiswa dan mahasiswa dapat melakukan interaksi belajar dengan mahasiswa yang lain. Fungsi dan Manfaat Media berbasis TIK Teknologi. Pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan jarak jauh dikenal juga dengan istilah Computer Conferencing System (CCF). Beberapa kelebihan pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan jarak jauh yaitu: dapat memperkaya model-model tutorial. 1994 dalam Benny A. dapat memecahkan masalah belajar yang dihadapi mahasiswa dalam waktu yang lebih singkat dan dapat mengatasi hambatan ruang dan waktu dalam memperoleh informasi. Penggunaan Jaringan Komputer untuk Pembelajaran Teknologi jaringan komputer/internet memberi manfaat bagi pemakainya untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan pemakai lainnya. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus. Disamping kedua hal di atas. untuk membantupembelajaran. Pribadi dan Tita Rosita.komputer yang spesifikasinya tidak sama.

yaitu: 1. dan lain-lain. Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir 2. mendemonstrasikan. dan evaluator. yaitu sebagaisuplemen. Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.transmitter. 7. 3. Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar 4. Encyclopedia of Educational Research dalam Hamalik (1994:15) merinci tentang fungsi media pembelajaran sebagai berikut: 1.2) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalamproses belajar siswa. sehingga siswa tidak bosan dan mengajar pada setiap jam pelajaran. komplemen. motivator. 3. Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru. Memperbesar perhatian siswa. . Metode mengajar akan lebih bervariasi . 5. dan substitusi (Riyana. Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain. 2008).Sebagai bagian dari pembelajaran. melakukan. Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa. memerankan. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran. 4.ilmu pengetahuan(science). tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru. teknologi/ICT memiliki tiga kedudukan. Dalam hal ini posisi teknologi tidakubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai: fasilitator. 2. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa hingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. (3) Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran(literacy).Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untukmenguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Sudjana dan Rivai (1992. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu 6. tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati. dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.

Program instruksional dengan menggunakan berbagai media yang didasarkan pada suatu pendekatan sistem. seringkali memudahkan siswa dalam belajar secara lebih efektif.Moldstad (dalam Harsya W Bachtiar. 1984) menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran akan dapat menimbulkan kondisi-kondisi positif. . Belajar lebih banyak terjadi jika media diintegrasikan dengan program instruksional yang tradisional. 2. 3. 4. seperti : 1. Program-program multimedia dan atau tutorial audio untuk pembelajaran biasanya lebih disukai siswa bila dibandingkan dengan pengajaran tradisional. Jumlah belajar yang setara sering dapat tercapai dalam waktu yang lebih singkat dengan menggunakan teknologi instruksional.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful