PENGERTIAN MANAJEMEN 1.

Harold Knoontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul “Principles Of Management” mengemukakan, “Manajemen adalah berhubungan dengan pencapainan suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain”. 2. George R Terry dalam bukunya yang berjudul “Principles Of Manjemen” memberikan definisi: “Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan , dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”. 3. Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN 1. Fungsi Perencanaan / Planning Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut. 2. Fungsi Pengorganisasian / Organizing Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan. 3. Fungsi Pengarahan / Directing / Leading / Actuating Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya. 4. Fungsi Pengendalian / Controling Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

UNSUR-UNSUR MANAJEMEN Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools). Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja. materials. selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. faktor manusia adalah yang paling menentukan. machines. mesin sangat diperlukan. · Money (uang) Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. · Machines (mesin) Dalam kegiatan perusahaan. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki. method. .Fungsi-fungsi tersebut harus ada agar mendapatkan hasil manajemen yang maksimal untuk perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. yaitu men. dan markets. alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. money. sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Tools tersebut dikenal dengan 6M. · Man (SDM) Dalam manajemen. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan. · Materials (bahan) Materi terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi.

materials.dan atau manusia objek pelaksana 2. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. yaitu man. fasilitasfasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu. money. Artinya. UNSUR-UNSUR MANAJEMEN UMUM UNSUR-UNSUR MANAJEMEN unsur manajemen adalah sesuatu yang menjadi bagian mutlak sebagai pembentuk manajemen banyak yang mengemukakan bahwa unsur manajemen seperti yang dikemukakan oleh G. maka proses produksi barang akan berhenti. serta uang dan kegiatan usaha. proses kerja tidak akan berlangsung. Oleh sebab itu. Dengan demikian. peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.R Terry dengan istilah the six M’S in management (6M didalam manajemen).· Methods (metode) Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan.manusia pelaksana. market. Suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Perlu diingat meskipun metode baik. manusia (manusia pemimpin. tujuan yang hendak divapai sebagai pemegangan titik pengarahan . and methods. · Market (pasar) Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku. sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. sesuai dengan pengertian manajemen yaitu suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melalui kerja sama orang lain serta denga pemanfaatan sumber-sumber lain yang tersedia maka unsur-unsur manajemen meliputi : 1.

maka akan terjalin satu sistem terpadu yang lebih besar dari pada jumlah bagiannya. Bersifat Dinamis Sistem menunjukan sifat yang dinamis. penggerakan dsb Unsur-unsur Manajemen 1. Money (ketersediaan dana) 3. Unsur-Unsur Manajemen Komponen-komponen sistem yang berupa unsur atau subsistem terkait satu dengan yang lain dalam suatu rangkaian yang membentuk sistem Fungsi dan efektifitas sistem dalam usaha maencapai tujuannya tergantung dari ketepatan susunan rangkaian atau struktur tehadap tujuan yang telah ditentukan.apabila diperlukan) 4.Mempunyai Sasaran yang Jelas Salah satu tanda keberadaan sistem adalah adanya tujuan atau sasaran yang jelas. pengorganisasian. alat atau sarana mencapai tujuan 5. D. . pemasyarakatan dan pembudayaan) I. A. Umumnya identifikasi tujuan merupakan langkah awal untuk mengetahui perilaku suatu sistem dan bagiannya. dengan prilaku tertentu. tergantung siapa yang mengamatinya dan untuk kepentingan apa. Mesin (perlengkapan mesin-mesin sebagai alat bekerja. kegiatan /aktivitas seperti perencanaan. Manusia (pelaksana yang handal dan terampil) 2. C.3. Prilaku sistem umumnya dapat diamati pada caranya mengkonversikan masukkan (input) menjadi hasil (output ). Material (sarana dan prasarana) 6. B. wadah yakni badan /organisasasi sebagaai tempat orang-orang melakukan kerja sama 4. Metode (cara) 5. Mempunyai Arti yang Berbeda Satu sistem yang sama mungkin dipandang atau diartikan berbeda. Market (pemasaran. Sistem Terpadu Lebih Besar Daripada Jumlah Komponenkomponennya Bila elemen atau bagian tersebut tersusun atau terorganisir secara benar.

a.E. sedangkan factor dari dalam adalah keterbatasan sumber daya. adminmistrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi 3. administrasi lebih luas dari pada manajemen karena manajemen sebagai salah satu unsurt dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifar operasional melainkan mengatur tindakan -tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuanny INTI MANAJEMEN inti manajemen menurut para ahli adalah sbb 1. dimork dan koening (1960) “leadership is the key to management (kepemimpinan adalah inti dari manajemen) 2. Siklus dan Proses system Aspek penting dari pendekatan system terletek pada siklus system dan prosesnya. Mempunyai Keterbatasan Disebabkan oleh factor luar dan dalam. siagian (1981) mengemukakan ” kepemimpinan merupakan motor penggerak dari semua sumber-sember dan alat-alat (resoures)yang mendisahkan sebuah buah -buahan yang dikulitnya diumpamakan dengan admnistrasi. Faktor luar berupa hambatan dari lingkungan. Penahapan Dalam Siklus Sistem Proses mewujudkan sisrtem untuk keperluan operasi atau produksi sampai siklus system berhenti berfungsi dikelompokan menjadi beberapa tahap yang dibedakan atas jenis kegiatan yang dominant. HUBUNGAN ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN hubungan administrasi dan manajemen adalah 1. dagingnya . yaitu perubahan teratur yang mengikuti pola dasar tertentu dan terjadi selama system masih aktif. b. dalam penerapan adminstrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan 2.

EFISIENSI SEBAGAI FAKTOR KUNCI KEGIATAN MANAJEMEN Miftah thoha dalam aneka sari ilmu administrasi (1980 : P A28) bahwa dimanapun administrasi itu dijalankan maka erja haruslah merupakan dasar pertimbangan untuk melakukan segala kegiatan dalam rangka menapai tujuan organisasinya Luther Gullick (1957 : P 191 -192) berpendapat bahwa dalam pengetahuan administrasi masalah yang menjadi intinya adalah efisien tujuan pokok dari ilmu administrasi didalam pelaksanaan pekerjaan yang ada dengan pembiayaan minimal untuk tenaga kerja dan barang-baragn kesimpulan dari kedua pendapat tesebut bahwa tidak ada artinya suatu pembangunana negara kalau administrasinya hanya merupakan sumber / akibat utang bertumpuk sehingga administras dalan hai ini mempunyai tujuan atau motif tak lain dan tak bukan hanyalah tercapainya tujuan secara efisien the liang ge berpendapat bahwa efisiensi sebagai perbandingan terbaik antara sesuatu usaha dengan hasilnya perbandingan ini dapat dilihat dari 2 segi yaitu segi hasil dan segi usaha • dilihat dari segi hasil suatu usaha dapat dikataka efisien kaau usaha itu memberikan hasil yang terbaik • dilihat dari segi usaha suatu usaha dapat dikatakan efesien kaau sesuatu hasil yang dikehendaki dapat tercapai dengan usaha yang teringan. mengadakan dan menjadikan ) .diumpamakan dengan manajemen dan bijinya adalah kepemimpinan maksudnya sama halnya dengan manajemen maka yang pertama tama disoroti adalah kulitnya bagian luar “administrasi ” kemudian intinya yaitu manajemen selanjutnya bertemu denga inti dari manajemen disebut denga kepemimpinan (leadership) maka baik tidaknya buah itu nantisangat bergantung pada kwalitas 3. teringan dalam hubungannya dengan pemakaian waktu benda atau ruang yang digunakan untuk melakukan usaha walter W skeat dalam The laing Gie mengemukakan bahwa perkataan itu sendiri berasal dari bahasa latin efficere (menghasilkan. bijinyakaitannya dengan manajemen baik tidaknya manajemen bergantung pada baik tidaknya kepemimpinan.

perencanaan manajemen (top manajer).low manajemen pengendalian operasional. tepaat. banyak tugas atau fungsi yang fundamarntal fungsi fundamental ini oleh beberpa ahli brlainan pendapat tetapi pada hakikatnya yang jadi klasifikasi pokok yaitu perencanaan. efisien kemudian dalam perkembangannya sampai sekarang ini para ahli memberikan bermacammacamrumusan. merencanakan jangka panjang. dan selamat PROSES MANAJEMEN proses manajemen adalah suatu kegiatan yang terus menerus tetapi sistematis tidak sembarangan atau asal saja melainka secara teratur dalam keraturan yang terus menerus itu manajemen tidak tanpa tujuan melainkan ada tujuan yang adakn dicapai tetapi meskopun tujuan telah tercapai tidak berarti kegaitan berhenti karena dalam dinamika manajemen suatu tujuan yang telah dicapaidisusul atau dilanjutkan dengna tujuan berikutnya manajemen sebagai suatu proses. ibrahim lubis efisiendi adalah perbandingan antara pendapatan dan pengeluaran . perbandingan yang dimaksudkan disini adalah daya guna yang berarti cep[a. penggerakan dan pengawasan berhubungan dengan pencapaian tujuan melalui kerja sama orang lain titik beratnya ada usaha pemanfaatan orang-orang yang berarti ia yang melakukan perfomencenya akan tetapi melalui sumber-sumber yang tersedi untuk itu sebagai sarana dan prasaran usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tersebut yang dimaksud sumber-sumber yang tersedia ialah segenap potensi yang dapai dimanfaatkan dalam rangka penyelesaian pekerjaan – pekrjaan usaha kerja sama yang bersangkutan • Tingkatan Manajemen a. pengorganisasian . . b. hemat. c.dan dalam istilah indonesia “effesiensi”.middle manajemen bertanggung jawab dalam hal pelaksanaan.

Tingkatan manajemen 1. Ricky W. bekerjasama dan memotivasi orang lain. Misal: manajer wilayah. mandor. Mary Parker Follet. artinya keahlian untuk berkomunikasi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis. wakil direktur. teknik. . Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan. direktur produk. mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. dan sesuai dengan jadwal. Misal: Direktur. dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. misalnya. Manajemen Menengah (Middle Management) Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi. atrinya keahlian yahng mencakup prosedur. 3. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Misal: 2. kepala divisi. Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement. yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajer bertanggungjawab melaksanakan reana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi. terorganisir. Manajemen Puncak (Top Management) Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusankeputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar. Manajemen Bawah/Lini (Low Management) Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. pengorganisasian. artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya. direktur utama. pengkoordinasian. definisi yang mapan dan diterima secara universal.

keuangan. Kepuasan Konsumen Manajemen sumber daya manusia. Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton. dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler. Konsep pemasaran Sebagai falsafah bisnis. Orientasi pada Konsumen 2. Fungsi pemasaran Pemasaran berfokus kepada aktivitas kompleks yang harus menampilkan tujuan yang jelas dan pertukaran yang umum. dan penjualan. Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan. adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta . disingkat MSDM. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk.Secara definisi. transportasi. penjualan. Aktivitas ini termasuk pembelian. 1978). konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. perencanaan. pelaksanaan. dan pengambilan risiko. 1980). penelitian pemasaran. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral 3. Tiga unsur konsep pemasaran: 1.

MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia . dll. pengelolaan karier. pencarian dan . pengembangan karyawan.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi. kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan. penganggaran.dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya. karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Unsur MSDM adalah manusia. pengendalian. sosiologi. penyusunan karyawan.dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan.bukan mesin . pengelolaan. evaluasi kinerja. pemeriksaan.

. Perencanaan Keuangan Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu 2.Pencarian Keuangan Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan 5.Penyimpanan Keuangan Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman 6.Pengendalian Keuangan Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan 7. Aktivitas pengelolaan aktiva yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva harus dikelola seefisien. yaitu : 1. Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas.Pemeriksaan Keuangan Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan. Aktivitas penggunaan dana yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva 2. Fungsi Manajemen Keuangan Penjelasan Singkat Masing-Masing Fungsi Manajemen Keuangan : 1. baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan 3.penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.Penganggaran Keuangan Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan 3. Aktivitas perolehan dana yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana.Pengelolaan Keuangan Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara 4.

Rasio Likuiditas Rasio ini untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka pendeknya 2. Melakukan pengawasan atas biaya 2. Alat analisa yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangan perusahaan adalah analisa rasio dan proporsional. Menetapkan kebijaksanaan harga 3. Suatu laporan yang menggambarkan asal sumber dana dan penggunaan dana. maka fungsi manajer keuangan meliputi hal-hal sebagai berikut : 1. Mengukur atau menjajaki biaya modal kerja Tujuan Manajemen Keuangan Tujuan dengan adanya manajer keuangan untuk mengeloka dana perusahaan pada suatu perusahaan secara umum adalah untuk memaksimalisasi nilai perusahaan. Laporan tersebut menggambarkan perubahan dari masing-masing elemen tersebut yang mencerminkan adanya sumber atau penggunaan dana. Pada umumnya rasio keuangan yang dihitung bisa dikelompokkan menjadi enam jenis yaitu : 1. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui bagaimana dana digunakan dan asal perolehan dana tersebut. Analisis Sumber Dana dan Penggunaannya Analisis sumber dana atau analisis dana merupakan hal yang sangat penting bagi manajer keuangan. Langkah pertama dalam analisis sumber dan penggunaan dana adalah laporan perubahan yang disusun atas dasar dua neraca untuk dua waktu. Rasio Leverage . Meramalkan laba yang akan datang 4.Bila dikaitkan dengan tujuan ini.

4. 6.Rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang disupply oleh pemilik perusahaan dalam proporsinya dengan dana yang diperoleh dari kreditur perusahaan. Semua rasio aktifitas melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan investasi pada berbagai jenis harta. 3. Rasio Pertumbuhan Rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya pertumbuhan ekonomi dan industri. Rasio Penilaian Rasio ini merupakan ukuran prestasi perusahaan yang paling lengkap oleh karena rasio tersebut mencemirkan kombinasi pengaruh dari rasio risiko dengan rasio hasil pengembalian. Rasio Aktivitas Rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya. 5. Rasio Profitabilitas Rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan. .