Nama / NIM Tanggal Praktikum

: Lukita Octavia Lukman Putri / 208 203 935 : 23 September 2011

Judul Praktikum : Pembuatan Tape Ketan Tujuan Praktikum :

HASIL PENGAMATAN Gambar Keterangan

Beras ketan yang sudah ditanak selama 30 menit.

Beras ketan yang sudah ditanak di biarkan dingin hingga siap ditaburi ragi.

Beras ketan yang sudah ditaburi ragi Saccaromyces cerevicae.

terutama orang sunda. Persamaan Reaksi Kimia C6H12O6 → 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP (Energi yang dilepaskan:118 kJ per mol) Tape merupakan makanan tradisional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. akan tetapi. dan digunakan pada produksi makanan.org/wiki/fermentasi : 26 September 2011). PEMBAHASAN Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Tape ketan yang telah disimpan selama 4 hari. Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi. Secara singkat. Tape ini dibuat dengan cara difermentasikan selama 2-3 hari. fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik.com/2010/03/26/makalah/ : 26 . Mucor chlamidosporus dan Endomycopsis September 2011). fibuligera (http://edukasi. Reaksi dalam fermentasi berbeda-beda tergantung pada jenis gula yang digunakan dan produk yang dihasilkan.kompasiana. Secara umum. melalui fermentasi akan menghasilkan etanol (2C2H5OH). terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal (http://www.wikipedia. glukosa (C6H12O6) yang merupakan gula paling sederhana .Ketan dibungkus dalam balutan daun pisang dan didiamkan selama 3-4 hari. dengan bantuan bakteri saccharomyces cerivisiae.

wikipedia. areal tempat melekatnya tunas pada induk sedemikian kecilnya sehingga seolah tidak pernah terbentuk septa (tidak dapat dilihat oleh mikroskop biasa) 3.Ragi atau istilah resminya adalah yeast merupakan organisme bersel tunggal berjenis eukariotik. Berkembang biak dengan membelah diri. Pelczar dan E. (http://.wordpress. Pada Saccharomyces. memiliki membran inti sel.id. 2006). Spora berbentuk bulat atau oval dengan permukaan halus September 2011). yeast secara evolusi lebih maju ketimbang bakteri semacam E. Saccharomyces cerevisiae berkembang biak dengan cara berikut: 1. kemudian terbentuk septa yang memisahkan tunas dari induk selnya. dimana tunas muncul dari sekitar ujung sel 2. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Berbeda dengan bakteri. Pada khamir diploid seperti Saccharomyces cerevisiae. Singkatnya. Saccaromyces memperbanyak diri dengan aseksual dengan bertunas (Michael J. meiosis dapat terjadi langsung dari sel vegetatif. Pertunasan multipolar. Ragi ini banyak dimanfaatkan untuk bidang industri (Subandi. Chan. Ini menyebabkan yeast bisa melakukan fungsi-fungsi sel yang berbeda-beda di tiap lokasi dalam selnya. 2010). Pada proses ini mula-mula terbentuk tunas. Dengan kata lain. Saccaromyces cerevisiae termasuk ke dalam sub kelas Hemiascomycetidae.com/2008/11/23/mengenalragi-saccharomyces-cerevisiae/ : 26 September 2011). Pembelahan tunas. . memiliki organ-organ. 2006. Michael. yeast memiliki ukuran sel lebih besar (sekitar 10x). UI Press : Jakarta.Pembentukan askospora. yaitu gabungan antara pertunasan dan pembelahan. tetapi tempat melekatnya tunas pada sel induk relatif besar.org/wiki/saccaromyces_cerevisiae : 26 DAFTAR PUSTAKA Pelczar. sel yeast lebih mirip sel organisme tingkat tinggi seperti hewan. dan DNA terlokalisasi di dalam kromosom dalam inti sel.C. Coli (http://yalun.S.

wordpress.com/2010/03/26/makalah/ http://.wikipedia.org/wiki/fermentasi http://yalun.kompasiana.com/2008/11/23/mengenal-ragi-saccharomyces-cerevisiae/ .id.wikipedia.org/wiki/saccaromyces_cerevisiae http://www. 2010. http://edukasi. Mikrobiologi.Subandi. Rosda : Bandung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful