P. 1
Seri Tutorial AutoCAD Untuk Pemula

Seri Tutorial AutoCAD Untuk Pemula

|Views: 445|Likes:

More info:

Published by: Pretty Angelina Tambunan on Dec 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

Seri Tutorial AutoCAD untuk Pemula: Interface dan Penggunaan Tool

By Edwin Prakoso Banyaknya permintaan mengenai ‘belajar AutoCAD’, membuat saya ingin juga mengulas seri tutorial untuk AutoCAD ini. Mulai hari ini, saya akan mengulas ‘teknik belajar AutoCAD sendiri’. Jangan berharap bahwa tutorial ini sama dengan buku-buku yang beredar dipasaran, karena saya akan membahasnya secara berbeda. Saya tidak akan membahas secara detail untuk setiap tool dan fitur, karena menurut saya itu hanya akan membuang-buang waktu. Ada ratusan tool, dan belum tentu semua akan anda pakai. Saya akan lebih membahas mengenai konsep cara penggunaan AutoCAD, sehingga anda dapat mencoba sendiri menggunakan tool-tool yang ada. Untuk tutorial ini, saya menggunakan AutoCAD 2009, yaitu versi terbaru. Karena menurut saya tidak efektif jika saya membuat tutorial untuk versi lama. Harapan saya, umur tutorial ini akan lebih panjang daripada jika saya menulis tutorial untuk AutoCAD 2004, misalnya. Bukalah AutoCAD 2009 anda.

Di bagian kanan bawah. Klik tombol workspace (icon seperti gear) dan pilih 2D Drafting & Annotation. Pastikan anda memilih ini agar kita semua dapat melihat interface yang sama. Seharusnya sekarang anda melihat interface berikut (klik untuk melihat gambar besar):

Klik logo AutoCAD di kiri atas. klik line. Kita akan mencoba dari yang paling mudah ini dulu. Sesudah anda mengklik line. dst. Ada home. Mari kita fokus dengan kedua tool ini dulu. Home berisikan toolbar yang paling sering dipakai. Sekarang mestinya anda telah melihat menu-menu tersebut. Pointer. perhatikan bahwa pointer berubah bentuk.’ Pada panel draw. merupakan akses utama untuk mengakses tool AutoCAD yang dapat anda gunakan. annotate. Di sanalah menu AutoCAD berada. Jadi jika bingung saat menggunakan tools baru. anda akan melihat look and feel yang sama. Perhatikan tab di atasnya. Hal yang sama berlaku untuk Microsoft Office yang baru! Ribbon Bar. merupakan tool untuk mendefenisikan titik input. . Mode ini menunjukkan AutoCAD meminta input titik dari anda. Line merupakan tool yang paling dasar.Jika anda telah familiar dengan Windows dan Microsoft Office Vista. ikuti keterangan yang muncul! Klik di area kosong bidang gambar. Masing-masing tab mengelompokkan toolbar yang sejenis. AutoCAD akan membimbing anda untuk menyelesaikan tugas anda. block & references. Defenisikan titik pertama! Bentuk ini disebut dengan dynamic input. Dan disebelahnya terdapat tulisan ‘specify first point’ dan koordinat.

Namun bagi anda yang menggunakan AutoCAD 2006 ke atas. saya akan menetapkan satu aturan.Apa yang terjadi kemudian? Sekarang ada garis dari titik yang anda klik. Di sana ada tulisan yang persis sama dengan di sebelah pointer anda. Kali ini perhatikan juga di area command line. Jangan pikirkan ukuran dan posisi dulu. Jangan lupakan kelak. Menggunakan tool AutoCAD: Klik pada toolbar. Arah dan panjang garis mengikuti pointer anda. ke pointer anda. dan ikuti langkah selanjutnya pada dynamic input atau command line. dapatkah anda mencoba beberapa tool lain. Tulisan di sebelah pointer bertuliskan: specify next point or Kita fokus dulu dengan specify next point. punya pilihan lain. terutama rectangle dan circle? . Challenge: Sebelum meneruskan lagi untuk seri tutorial ini. Klik beberapa kali lagi. Tekan [enter] untuk mengakhiri tool ini. Klik saja titik untuk mendefenisikan titik selanjutnya. Command line dulu adalah satu-satunya pilihan pengguna AutoCAD untuk melihat proses yang sedang berlangsung. AutoCAD Rules: Untuk mengakhiri sesi ringkas hari ini. saat anda meneruskan belajar sendiri.

Masalah template akan dibahas lebih lanjut kelak. Anda juga telah diperkenalkan bagaimana mengaktifkan drawing tool dan menggunakannya. Anda baru saja membuat . tidak hanya saat belajar saja. kira-kira hingga horizontal dari titik awal. Pada dasarnya aturannya sama: Aktifkan toolnya dengan mengkliknya melalui ribbon. anda telah menggambar line. Di tutorial yang lalu. Gerakkan pointer anda. dari menu file>new atau tekan [crtrl] + N. Polar Tracking Aktifkan kembali line. Tapi AutoCAD umumnya dimulai dengan unit imperial. Apa yang terjadi? Pointer anda akan lengket dengan garis horizontal! Fitur ini disebut sebagai polar tracking. Yaitu untuk menggambar dalam satuan feet dan inch. anda telah diperkenalkan pada interface (antar muka) AutoCAD 2009. Kita akan mulai dengan template metric. Meneruskan line. Lho. sudah membuka file baru? Yap. Mungkin anda bahkan telah mencoba menggunakan beberapa drawing tool lainnya. Pastikan polar tracking aktif. gerakkan pointer anda ke kanan dari titik awal. tanpa ukuran yang jelas. kita akan coba menggambar secara presisi. Kita akan mencoba mulai dengan langkah yang benar. Klik dimana saja untuk titik pertama. Coba gerakkan pointer anda berputar 360 derajat dari titik awal. Membuat File Baru Aktifkan AutoCAD. Di tulisan lalu. mengunci pointer dengan sumbu X. Aturan sederhana ini akan selalu anda pakai selama menggunakan AutoCAD.Menggambar Secara Presisi By Edwin Prakoso Melanjutkan seri tutorial AutoCAD untuk pemula sebelumnya. Ketikkan 30. Polar tracking akan aktif setiap kelipatan 90 derajat! Ini akan sangat mempermudah kita membuat garis horizontal dan vertikal. Gunakan template acadiso.dwt. Sekarang. Buat file baru. lalu ikuti petunjuk yang diberikan AutoCAD. namun masih asal-asalan. kan begitu AutoCAD dijalankan. yaitu dengan satuan mm. lalu tekan [enter].

Ketikkan 25 [enter]. Apa yang ditunjukkan? Simbol sumbu koordinat X dan Y. Ke kanan adalah sumbu X (positif) dan ke atas Y (positif). Setelah selesai. tegak lurus dengan garis sebelumnya.garis horizontal sepanjang 30 mm! Gerakkan ke atas. Kita akan melanjutkan ke bagian yang lebih kompleks. ke atas 40. tentu saja. Dimensi ini hanya untuk acuan anda. Perhatikan bahwa ke kanan berjarak 30. Pertama-tama perhatikan simbol ini di area gambar anda. bentuk yang kita gambar tidak selalu dibentuk garis horizontal dan vertikal saja. Terlalu sederhana? Tidak perlu terburu-buru. Bagaimana kalau kita menggambar garis miring? Tidak masalah. tekan [enter] untuk mengakhiri tool. Koordinat Rectangular Menggambar garis horizontal dan vertikal tentu sekarang mudah bagi anda. Lihat bentuk ini? Kita akan menggambar dari kiri bawah ke kanan atas. . Menggambar dengan AutoCAD tidak sulit kan? Teruskan sampai anda dapat membuat bentuk ini. Tapi sayangnya. lebih baik anda membiasakan diri lebih dulu. Jangan berpikir untuk membuat dimensi dulu.

Sederhana saja. Klik titik awal garis. Dengan d=jarak ke titik selanjutnya dan a=sudut terhadap sumbu X positif. Tidak susah kan? Tips: Anda juga dapat mengetikkan d<a. Klik di mana saja sebagai titik awal. Cobalah ketikkan panjang garis (dalam kasus ini 70). jika AutoCAD anda sudah diacak-acak settingnya. Ketikkan 30.y. Perhatikan besar nilai sudutnya. Koordinat Polar What else? Sekarang. Tapi harus didului @.Aktifkan kembali line. ketikkan 30 sebagai besar sudut. Jika ada yang bersedia menyumbangkan gambar latihan untuk sesi ini. Nanti gambarnya akan saya cantumkan di sini. Namun cara ini hanya dapat mengukur besar sudut searah jarum jam. Bandingkan kedua image ini untuk jelasnya. anda tidak mengetikkan x. Ketikkan nilai x. Nilai ini secara default menunjukkan panjang garis dan sudut. tekan [tab] untuk memindahkan fokus ke sudut.40 [enter].y! Garis anda sudah jadi. Kata siapa AutoCAD susah? *Warning! Jika anda menggunakan AutoCAD 2005 atau versi yang lebih tua. Menggunakan tab . That’s it. bagaimana jika anda ingin menggambar garis yang anda tahu panjang dan besar sudutnya dengan sumbu X positif? Coba kembali aktifkan line. Perhatikan nilai di sebelah pointer anda.y. Kecuali. Jadi @x. silahkan kontak saya. Berlatihlah dengan koordinat rectangular ini. Tekan [enter].

Kita melihat semua area bangunan. kita perlu melakukan zoom in. yang mayoritas mungkin C. dan sebagainya. pan. X adalah drive instalasi anda. Jika tidak. Ini adalah gambar denah gedung. Zoom Menggunakan Mouse Mouse anda menggunakan 3 button dan memiliki scroll? Jika tidak. Jangan ragu-ragu untuk mengirimkan file ke saya untuk materi latihan. Untuk bagian ini. Anggaplah zoom in itu mendekatkan mata kita ke kertas gambar. Tapi mungkin ada juga yang sudah melihat sebagian gambarnya ‘keluar’ dari layar. kita tidak akan menggambar. Beberapa pengguna CAD malah sudah sakit .dwg.Menggunakan < ini mengakhiri pelajaran sesi ini. Untuk dapat menggambar pada area tertentu. Bukalah file sample dari instalasi AutoCAD. atau area yang kita butuhkan saja. kita perlu melakukan ‘view navigation’. Bukalah file db_samp. View Navigation Tools By Edwin Prakoso Sampai saat ini. Saya akan coba masukkan ke seri tutorial ini. mungkin sudah waktunya berpikir untuk investasi membeli mouse baru. Melakukan zoom out. zoom in. sehingga kita dapat melihat lebih jelas. File ini ada di folder x:/program files/autodesk/autocad 2009/sample. baru gambar kecil dan sederhana yang dibuat. Untuk dapat melihat semua area. anda dapat menggunakan file drawing manapun yang anda miliki. Tools ini harus dikuasai lebih dulu sebelum kita dapat melangkah ke tutorial selanjutnya. Email saya ke edo [at] tentangcad [dot] com.

Hanya ini sajakah zoom yang dapat dilakukan dengan toolbar? Tidak. Ingat! Perhatikan setiap tulisan yang muncul pada pointer saat anda mengaktifkan tool. Klik titik pertama sebagai ujung window. Mungkin sedikit menyiksa saat anda baru belajar. Klik gambar kaca pembesar. Perhatikan area mana yang diperbesar. sebelah kanan. Dan semakin mahir anda. . Anda akan melihat gambar semakin besar. Zoom Menggunakan Toolbar Perhatikan pada toolbar navigation tools. Posisi pointer menentukan area mana yang akan diperbesar/diperkecil. Lihat di ribbon home. Tapi semakin rajin anda mengexplore panduan ini. AutoCAD akan meminta anda mendefenisikan titik corner.kepala kalau menggunakan mouse kurang dari 5 tombol. dan klik sekali lagi pada ujung satunya. Scroll ke belakang untuk melakukan zoom out. semakin banyak yang akan anda kuasai. akan jarang anda perlu melihatnya. Klik segitiga kecil di bawah kaca pembesar. Putar tombol scroll mouse ke depan. Ini akan memperbesar area yang anda defenisikan pada window tersebut. putar lagi tombol scroll. Geser pointer anda ke titik lain. Tidak ingat yang mana? Coba review lagi gambar ini.

Sekali lagi. Klik icon tersebut. . Persis seperti anda meletakkan tangan anda di atas kertas. Berlatihlah dengan navigation tool ini.Cobalah satu-persatu. klik tombol tengah (kali ini tidak diputar. tahan… geser mouse anda. dan gerakkan mouse anda. Pointer anda akan berubah menjadi gambar tangan. Klik kiri. Geser pointer anda ke layar. tapi sebagian lainnya mungkin tidak akan pernah anda pakai. dan lihat apa saja gunanya. Pan dengan Mouse Panning adalah menggeser ‘kertas’ anda sehingga anda dapat melihat area lain di kertas tersebut. tapi diklik) tahan. Bidang gambar akan bergerak. lalu menggeser tangan anda. Beberapa mungkin berguna bagi anda. jika anda menggunakan mouse dengan 3 tombol. anda akan melihat icon dengan gambar tangan. sebelum melanjutkan ke tutorial selanjutnya. Pan dengan Toolbar Di navigation tool.

lalu radius. Coba sekarang anda aktifkan lagi circle dari ribbon bar. 3. 1 adalah cara anda menggambar circle dengan metode center radius. anda tentu sudah melihat anda akan selalu diminta memberikan titik koordinat. 4. No. arc. anda telah mempelajari beberapa hal paling dasar dalam menggunakan AutoCAD: 1. dan Tangent tangent radius. 2. . Secara default. Interface Cara menggunakan drawing tool Menggambar secara presisi Melakukan navigasi view Jika anda sudah mencoba beberapa tools seperti: line. Anda akan melihat pilihan berikut: Circle memiliki beberapa parameter yang memungkinkan anda membuat circle dengan cara lain. Yaitu dengan mendefenisikan 3 points. circle. polyline. 2 points. Perhatikan ada simbol panah ke bawah setelah or. Yang kedua dengan 2 points. circle dibuat dengan mendefenisikan center.Parameter Tools By Edwin Prakoso Sampai di sini. Cobalah tekan panah ke bawah pada keyboard anda.

Atau jika melihat seluruhnya text (seperti Ttr). Buatlah rectangle seperti di bawah ini.Jika anda aktifkan lagi circle. Gunakan hanya tool rectangle. dan memperhatikan command line. Ukurannya terserah anda. Cobalah buat beberapa bentuk polygon. jika anda mempelajarinya sendiri. Banyak option yang dapat anda lihat di sana. anda akan melihat tulisan berikut: Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: Command line bagaimanapun merupakan ‘core’ dari AutoCAD sejak lama. Adakalanya. Ikuti setiap parameter. Sekarang coba aktifkan polygon. Bagaimana menggunakan parameter di command line? Ketik saja text yang ada. Tantangan: 1. lebih dari dynamic input (text di sebelah pointer). 2. daripada anda dituntun untuk masing-masing tools. Kita tidak menggunakan rotate di sini! . karena di dynamic input tidak tampak. Jika anda ingin menggunakan 3 points. Sekali lagi. saya tidak akan membahas secara detail setiap tools. Percayalah. anda harus melihat pilihan parameter di command line. Jadi mohon di explore sendiri. dan pelajari apa fungsinya. cukup ketik 3 lalu [enter]. t lalu [enter]. akan makin melekat di kepala anda. Setiap text unik. cukup ketikkan huruf yang kapitalnya saja. bahkan tidak ada tanda panah ke bawah.

Jika anda bekerja dengan Microsoft Word. anda tidak bingung apa yang perlu dilakukan. Klik draw. Jangan berkecil hati jika anda yang masih pemula belum terlalu dapat mengikuti bagian ini. Windows Style Windows style alias cara ‘ala Windows seharusnya cara paling populer diantara pengguna komputer. Pilih grup tools yang sesuai. Bagian ini hanya sekedar gambaran mengakses tools yang akan anda gunakan kelak. ikuti pelan-pelan. Alasannya sederhana: semua program yang Windows Compliant memiliki cara yang sama. . Sejak AutoCAD 2009. menggunakan koordinat. Sabar saja. interface AutoCAD pun mengikutinya. Anda sudah diperkenalkan bagaimana mengakses ribbon ini pada awal tutorial. Berikut cara lain yang dapat anda gunakan. seri tutorial AutoCAD untuk Pemula ini sudah membahas masalah mengaktifkan tools. dan mengubah parameter tools. navigasi view. Klik logo ‘A’ AutoCAD di kiri atas. Menu Menu di AutoCAD 2009 juga mengikuti Office 2007. tapi mengetahuinya akan membantu saat anda meneruskan tutorial ini kelak. Masih bicara soal tools. Selama ini anda sudah ditunjukkan mengaktifkan tool menggunakan ribbon bar. Misalkan saya minta anda untuk mengakses menu.Cara-cara Mengaktifkan Tools AutoCAD By Edwin Prakoso Sampai saat ini. kali ini kita akan mencoba mengaktifkan tools AutoCAD dengan cara lain. maka anda akan melihat semua tool untuk menggambar. Anggap masing-masing grup adalah satu container yang memuat perkakas yang sama. andapun akan menggunakan cara yang sama untuk mengakses tools! Ribbon Ribbon adalah interface baru di Vista dan Office 2007. Meski cara-cara ini tidak semua akan anda gunakan dalam waktu dekat.

toolbar tidak ditampilkan lagi secara default.Perhatikan pada menu ini. Di bawah Line ada garis bawah di huruf L. Masalah kebiasaan saja yang membuatnya terlupakan. namun karena toolbar adalah fitur yang ada di semua aplikasi Windows. Mungkin anda juga tahu dulu AutoCAD dirilis untuk sistem operasi DOS. anda dapat memilih melalui menu tools>toolbar>autocad>… dan pilih grup tools yang ingin anda tampilkan. Untuk menampilkan toolbar. Jalan pintas alias shortcut ini tidak terlalu populer di kalangan pengguna AutoCAD senior. Ribbon dianggap lebih rapi dalam menyimpan tools dan lebih dapat merepresentasikan icon dengan lebih jelas. Ini menunjukkan shortcut yang dapat anda pakai. Cobalah tekan [alt] + D diikuti L. Toolbar Toolbar dimiliki semua aplikasi yang Windows Compliant. Di bawah Draw ada garis bawah di huruf D. saya masukkan di Windows Style. Tapi bukan berarti tidak berguna. Namun di versi 2009. Old AutoCAD Style Meski toolbar sudah ada sejak AutoCAD versi lama. Mayoritas tools harus diaktifkan dengan . Ini akan mengaktifkan draw>line.

Warning! Jangan edit apapun jika anda tidak memahaminya. . Cara yang sama juga dapat digunakan di AutoCAD. Semua pasti tahu. Beberapa tools dapat diaktifkan dengan mengetikkan command alias. New Shortcut: AutoCAD + Windows Style Time has changed. dapat mengetikkan CIRCLE lalu [enter]. cara ini yang paling disukai pengguna AutoCAD senior. Misalkan anda ingin mengaktifkan circle. Ngeprint/plot? [ctrl] + P. Windows menyediakan standard shortcut. Misalkan anda ingin mengaktifkan circle.com/history/area51.pgp). Daftar selengkapnya dapat anda lihat dengan mengakses menu: tools>customize>edit program parameters (acad. Justru lama? Anda tidak akan percaya bagaimana cepatnya drafter senior dapat mengetikkan command. Autodesk mengalami kesulitan untuk menggantikan command line sepenuhnya dengan dialog box. (Lihat sejarah AutoCAD di: http://betaprograms. Misalkan save as. bahkan dapat mengalahkan penggunaan menu dan toolbar! Command line selalu mendapat fokus. Untuk LINE. yaitu dengan mendefenisikan singkatan command. (tips: [enter] dapat diganti dengan [spacebar]) Bagaimana anda dapat mengetahui command yang dapat diketikkan? Coba klik salah satu tools. dan perhatikan command untuk tools itu ditampilkan pada command line. Meski tidak sama persis. Shortcut Keys Apa shortcut key untuk memilih semua objek di Windows? [ctrl] + A. Command Alias Ini adalah kunci kenapa penggunaan command line dapat begitu cepat. Anda tidak perlu mengetikkan seluruh kata CIRCLE. tapi cukup C [enter]. Anda cukup mengetikkan command yang anda inginkan. cukup L [enter]. tanpa harus mengklik command line lebih dulu.mengetiknya. Kalaupun anda ingin mengeditnya.autodesk. backup file ini lebih dulu. Command Line Anda dapat mengaktifkan tools dengan mengetikkannya di command line. meski sebagian sudah diarahkan ke palletes. Akhirnya. Meski command line sangat powerful. itu bukan satu-satunya cara untuk menggunakan shorcut. dan terus dipertahankan Autodesk. Namun hebatnya.htm). dapat anda lakukan dengan [ctrl] + S H. Karena itu sebetulnya penggunaan tools dengan cara ini sudah tidak relevan. Anda dapat menggunakannya selain menggunakan command alias.

tidak peduli dimana posisi pointer anda. Gerakkan pointer anda secara bebas. Snap akan non-aktif! Daftar selengkapnya shorcut keys dan temporary snap overrides ada di file ini. Perhatikan bahwa anda akan melihat simbol snap. Tapi begitu anda lepas. dekatkan pointer anda ke garis tersebut. Dengan Mouse Mouse juga dapat digunakan untuk mengaktifkan tools meski terbatas. Anda dapat juga mengaktifkan properties atau edit tools (block. dll) dengan double click. hatch. Cobalah gambar beberapa garis. lalu saat tool line aktif. Cobalah tahan [shift] + [A] dan gerakkan ke titik itu lagi. mode ORTHO akan non-aktif kembali. . Perhatikan bahwa kali ini mode ortho akan ON. Klik tengah untuk pan. Kali ini tahan [shift]. dan coba gerakkan kembali. Hal ini kadang mengganggu. Jika anda klik saat anda melihat simbol itu. Cobalah aktifkan lines. Tidak berlaku seterusnya. titik anda akan diawali dari sana.Temporary Overrides Beberapa shorcut dapat anda gunakan sebagai temporary overrides. Anda sudah lihat bahwa scroll mouse dapat digunakan untuk zoom in dan zoom out. text.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->