PROPOSAL USAHA ROTI BAKAR BOHAI

FITRIA HELMAYENI PIMPINAN

SMK N 1 PANTAI CERMIN JLN.LINTAS PADANG – MUARA LABUH KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT 2011 – 2012

Padang.13 juni 2011 Mengetahui Kepsek Manajement Guru Pembimbing (Sumerina Ully) (Susan Andriani) .HALAMAN PENGESAHAN Setelah membaca dan memperhatikan proposal usaha fitria Helmayeni dengan judul “Roti Bakar Bohai” Kami memandang bahwa proposal usaha “Fitria Helmayeni” dengan judul “Roti Bakar Bohai” kami memandang bahwa proposal usaha tersebut sudah memenuhi syarat sebagai tugas kewirausahaan.

Herman. selaku pembimbing Orang tua.kesulitan sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan-kesalahan Penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya sehingga tersusunnya proposal ini kepada: 1.KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukr kepada Allah Swt. selaku kepala sekolah Susan Andriani. Drs. 3. selaku pemberi motivasi dan dorongan Rekan-rekan . 4. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini tidak lepas dari kesulitan .sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal usaha “Roti Bakar Bohai” ini dengan baik dan lancar.yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat Nya. 2.

enak dan lezat. Dasar gagasan usaha Dengan melihat perkembangan zaman akhir-akhir ini banyak masyarakat yang berniat untuk mendirikan suatu usaha. Usaha roti ini dapat memberikan rasa yang nikmat pada setiap gigitan Tersedia peluang usaha .BAB 1 LATAR BELAKANG A.produk ini tidak hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan tetapi juga untuk membantu mengurangi adanya pengguran. 2. Tujuan Tujuan usaha Roti Bakar Bohai ini adalah 1. diharapkan dapat membantu meningkatkan beban masyarakat dalam memproduksi makanan Dengan adanya usaha ini dapat meningkatkan perekonomian C. B. 2.karena setiap manusia cendrung pada rasa dan bentuk produk yang menarik. Manfaat 1. disini penulis akan memperkenalkan produk yang penulis dirikan yaitu “ roti bakar bahai “ dimana usaha yang penulis dirikan adalah suatu usaha yang disukai banyak orang. Disamping itu usaha juga memiliki rasa yang manis.

Bentuk perusahaan 4. padang-muara labuh 6 orang Roti ini sangat efektif dalam memberikan energi tubuh manusia disamping itu juga memberikan kesan yang menarik pada acara pesta atau acara lainnya BAB 3 “ASPEK PRODUKSI” Produksi ini diproduksi dengan spesifik tanpa bahan pengawet. Nama produk 8. Bidang usaha 5. Nama perusahaan 2.proses dalam pembuatan “Roti Bakar Bohai” ini adalah sebagai berikut: Bahan-Bahannya : .BAB 2 “INFORMASI UMUM” 1. Lokasi usaha 6. Pemilik perusahaan 3. Jumlah tenaga kerja 7.sehingga asli kemurnianya. Mamfaat : : : : : : : : Roti Bakar Boha Fitria Helmayeni Perserorangan Home industri Jln.

000 Rp 150. Dimana 3 orang petugas memproduksi roti bakar bohai.000 Rp 300. Tepung yang sudah di aduk dimasukan ke dalam cetakan.000 Rp 900.000 Dalam pengelolahan “Roti Bakar Bohai” ini dibutuhkan 6 orang karyawan. 2 orang bagian pelayanan dan 1 orang bagian keuangan. .peren.di dalam suatu wadah 2.000 jumlah Rp 100. Tunggu beberapa menit tepung yang sudah dimasukan ke dalam cetakan akan matang dan menjadi roti yang dinamakan “Roti Bakar Bohai” 4.000 Rp 75. Tepung terigu 2. Jumlah pengelolahan produk ini minimal 2800 buah per bulan.000 Rp 1.dan bumbu-bumbu lainya yang diperlukan Cara pembuatannya : 1.1.gula. Aduk tepung bersamaan dengan bumbu-bumbunya hingga merata. 3. 2.setelah itu langsung dibakar 3. Setelah matang roti tersebut siap disajikan dan dijual si pasaran.150. Untuk mengolah tepung dan bahan lainnya menjadi “Roti Bakar Bohai” yang sempurna maka diprlukan alat-alat sebagai berikut : no 1. Garam.spekuk. uraian wadah cetakan Beli oven banyaknya 5 buah 2 lusin 3 buah harga Rp 20.vanile.

baik dari segi mutu.000 Perkiraan laba Perkiraan laba yang dihasilkan dalam pembuatan roti bakar bohai dengan membandingkan harga jual produk dengan harga pokok produk adalah sebagai berikut : C.000/bulan Biaya pengadaan produk a) Tepung terigu 15 kg x 6000 = Rp 90.kualitas serta kemasan dan penempatan harga yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Penetapan harga jual Harga jual “Roti Bakar Bohai” ditetapkan dengan menghitung harga pokok produk ditambah biaya yang dikeluarkan untuk roti bakar bohai yang sudah dalam kemasan dapat ditetapkan harga sebagai berikut:  Penjualan 1 buah roti bakar bohai Rp. Keunggulan produk ini terletak pada rasa.000 . Gambaran umum pasar Pasar yang dituju dalam produksi usaha ini adalah semua kalangan masyarakat secara induvidu.800 x 3.BAB 4 “ASPEK PEMASARAN” A.karena dengan ukuran tersebut dapat dijangkau oleh konsumen manapun.000 = 8.3.dan kemasan yang ditawarkan Strategis pemasaran yang digunakan oleh pemilik adalah selalu mempertimbangkan pengembangan produk sesuai permintaan konsumen.sedangkan kemasan yang digunakan adalah kemasan yang berukuran sederhana. B. Rencana penjualan 400 buah roti bakar bohai 2.bentuk produk.400.

000 3.000 Rp 3.000 Perkiraan laba dalam penjualan 2.000 Jumlah Laba = = = harga jual .000 Gaji karyawan 500.b) c) d) e) f) Biaya bahan pembantu Gula 8 kg x 11.678.000 Rp 1.722. Rencana tindak lanjut usaha .modal 8.000 Rp 88.400.722.000 BAB 5 “ASPEK PENGEMBANGAN USAHA” A.000 .sementara yang menjadi faktor kesulitan daslam pengadaan kemasan yang dibuat dari plastik sehingga kemasan yang digunakan selalu berganti-ganti.4.000.150.678. B. Faktor pendukung dan penghemat Unsur yang menjadi faktor pendukung dari pengelolah roti bakar bohai ini adalah ketersedian bahan yang mudah diperoleh.000 Rp 200.000 x 6 Beli alat Biaya konsumsi & transportasi = = = = = Rp 150.000 Rp 4.800 buah roti bakar bohai setiap bulan adalah 3.

. Untuk perkembangan pemerintahan diharapkan memberikan dukungan penuh terhadap wirausahawan yang ingin membuka usaha baru. Saran Dengan kondisi ekonomi disaat ini diharapkan banyak bermunculan wirausaha muda yang sudah bisa berfikir beranjak dewasa bagaimana melihat peluang usaha yang berkembang disekitar wilayahnya.pamplet dan surat kabar.promosi yang digunakan adalah seperti yang digunakan adalah seperti spanduk.enak dan lezat yang bisa menarik minat konsumen B. Disini penulis mendirikan sebuah usaha makanan yaitu usaha “Roti Bakar Bohai” roti bakar ini adalah semacam usaha makanan yang memiliki rasa yang manis. Kesimpulan Kebiasaan manusia dari hari ke hari tidak selalu tidak selalu tetap karena usaha yang berdiri. BAB 6 “PENUTUPAN” A.Untuk pengembangan usaha kedepannya penulis berusaha akan memperbaikan kualitas produk.penetapan harga.pemasaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful