4.

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif
a. Manfaat ASI untuk Bayi 1) zat gizi yang sesuai untuk bayi 2) Mengandung zat protektif 3) Menyebabkan pertumbuhan yang baik 4) Mengurangi kejadian caries dentis 5) Mengurangi kejadian malokusi b. Manfaat ASI untuk Ibu 1) Mencegah perdarahan 2) Menjarangkan kehamilan 3) Ibu merasa bangga dan diperlukan c. Manfaat ASI untuk Keluarga 1) Penghematan keuangan 2) Kebahagiaan keluarga bertambah 3) Menyusui sangat praktis d. Manfaat ASI untuk Negara 1) Menurunkan angka kesakitan dan kematian anak 2) Mengurangi subsidi untuk rumah sakit 3) Meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa 4) Mengurangi devisa untuk membeli susu formula

1. Pengertian ASI
Suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa, dan garam-garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu, sebagai makanan utama bayi.

- ibu harus menyusui bayinya jika bayi menangis bukan karena sebab lain (kencing, dsb) atau ibu sudah merasa menyusui bayinya. Bayi yang sehat dapat mengosongkan satu payudara sekitar 5-7 menit dan ASI dalam lambung bayi akan kosong dalam waktu 2 jam. - Pada awalnya bayi akan menyusu dengan jadwal yang tidak teratur dan akan mempunyai pola tertentu setelah 1-2 minggu kemudian.

2. Pengertian ASI Eksklusif
Memberikan hanya ASI tanpa memberikan makanan dan minuman lain kepada bayi sejak lahir sampai bayi berusia 6 bulan, kecuali obat dan vitamin.

7. Alasan Pemberian ASI Eksklusif
a. ASI mengandung zat gizi yang ideal dan mencukupi untuk menjamin tumbuh kembang sampai umur 6 bulan. Bayi yang mendapat makanan lain misalnya nasi limat atau pisang hanya akan mendapat banyak karbohidrat, yang dapat menyebabkan anak lebih mudah menderita obesitas. b. Bayi dibawah usia 6 bulan belum mampu mencerna makanan dengan baik. ASI mengandung beberapa enzim yang memudahkan pencernaan makanan. c. Ginjal bayi yang masih muda belum mampu bekerja dengan baik. Makanan tambahan termasuk susu sapi biasanya

3. Komposisi ASI
a. Kolostrum (susu jolong) Air susu ibu yang keluar pada harihari pertama setelah bayi lahir. b. Air Susu Transisi / Peralihan ASI yang keluar setelah kolostrum sampai sebelum menjadi ASI yang matang. c. Air susu matang (mature) Merupakan ASI yang dikeluarkan pada sekitar hari ke-14 dan seterusnya.

6. Lama dan Frekuensi Menyusui
- Sebaiknya menyusui bayi tanpa dijadwal (on demand) karena bayi akan menentukan sendiri kebutuhannya

Makanan tambahan mungkin mengandung zat tambahan yang berbahaya bagi bayi. f. Pada saat ibu di rumah. ASI dikeluarkan di rumah sebelum berangkat bekerja. e. Ketrampilan mengeluarkan ASI dan merubah jadwal menyusui sebaiknya telah mulai . Minum dan makan makanan yang bergizi dan cukup selama bekerja dan selama menyusui bayinya. g. dengan cangkir. 8. d. Sebenarnya ada beberapa cara yang dianjurkan pada ibu menyusui yang bekerja yaitu : a. Makanan tambahan bagi bayi yang muda seringkali menimbulkan alergi. d. Pengosongan payudara di tempat kerja setiap 3-4 jam. misalnya zat warna dan zat pengawet.mengandung banyak mineral yang dapat memberatkan fungsi ginjal. Susuilah bayi sebelum bekerja. c. dipraktekkan sejak satu bulan sebelum kembali bekerja. e. ASI dapat disimpan di lemari pendingin dan dapat diberikan pada bayi saat ibu bekerja. sesering mungkin bayi disusui dan ganti jadwal menyusuinya sehingga banyak menyusui di malam hari. ASI Eksklusif dan Ibu Bekerja Seringkali alasan pekerjaan membuat seorang ibu berhenti menyusui. b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful